KASKUS

Tips & Trik Cara Berenang Gaya Punggung

Quote:









Spoiler for di buka:










RENANG GAYA PUNGGUNG (BACK CRAWL STROKE)



Renang merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896.
Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renang Olimpiade. Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali diperlombakan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang diperlombakan setelah gaya bebas. Merupakan gaya yang paling berbeda dengan yang lainnya karena kita dengan posisi wajah menghadap ke atas, sehingga kita tidak bisa melihat ke depan.

1. Gerakan kaki

a. Kaki kanan dan kiri digerakkan naik turun secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan /seperti gaya bebas tetapi dengan posisi wajah menghadap ke atas)
b. Kaki digerakkan bergantian dengan cukup cepat agar arah renang Anda tidak melenceng/berbelok

2. Gerakan tangan

a. Posisi awal satu tangan lurus di atas kepala
b. Kemudian langsung mengayuh ke belakang menuju pinggang
c. Kemudian angkat keluar dari permukaan air dan kembalikan ke posisi awal
d. Lakukan hal yang sama dengan tangan yang satunya
Jadi tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian, ketika tangan kiri keluar dari dalam air, tangan kanan masuk ke dalam air, begitu seterusnya.

3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas

Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas.
Dengan gaya ini, tidak akan ada masalah kesulitan dalam pengambilan nafas karena wajah kita berada di atas air.
Mungkin yang jadi masalah adalah apakah kita sudah sampai ujung kolam atau belum, karena kita tidak bisa melihatnya (mata kita menghadap ke atas). Hal ini bisa diatasi dengan menghitung gerakan tangan.


Tips :

1) Posisi kaki jangan terlalu di permukaan air, melainkan agak ke dalam masuk ke dalam air (hal ini akan membantu kecepatan ..juga memudahkan kepala tetap berada di atas)

2) Kaki terus bergerak, jangan berhenti (hal ini agar arah renang kita tidak melenceng/berbelok).

3) Telapak kaki agak diluruskan sedemikian rupa sehingga menjadi lurus / sejajar dengan tulang kaki

4) Posisi kedua kaki berdekatan satu dengan yang lainnya.

5) Dagu agak didekatkan ke dada, hal ini akan membantu kecepatan dalam berenang.

6) Gerakan tangan ketika masuk ke dalam air, maka sisi telapak tangan yang masuk ke dalam air terlebih dulu (hal ini memperkecil tahanan dari air)


Quote:Sekian aja ilmu yang bisa di berikan TS
Semoga Bermanfaat bagi yang belum bisa berenang


Spoiler for di buka:

Spoiler for di buka:

Spoiler for di buka:


Spoiler for cekidot:



Thread Supported By :

"RUMAH BATIK"
Update.. :

Gaya Kupu-kupu

Spoiler for gambar:


Gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Spoiler for sejarah:


Berenang gaya kupu-kupu juga menuntut kekuatan yang lebih besar dari perenang. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. Dibandingkan dalam gaya berenang lainnya, perenang gaya kupu-kupu tidak dapat menutupi teknik gerakan yang buruk dengan mengeluarkan tenaga yang lebih besar.
wah, nice inpo gan, advance nih, ane mah cukup gaya kodok n bebas aje. yg ptg kl diajak brenang ma wece gag malu2xin lah..
Quote:Original Posted By OLAULI
wah, nice inpo gan, advance nih, ane mah cukup gaya kodok n bebas aje. yg ptg kl diajak brenang ma wece gag malu2xin lah..


hahaha..
nanti kapan2 di update gaya lain ko
ada triknya juga yah







jujur ane cuma bisa berenang satu gaya itupun cuma gaya katak/dada
ane juga pegen belajar gaya punggung tapi gabisa bisa
ada yang bisa membantu/share?
Quote:Original Posted By makerzMIND.
ada triknya juga yah









ya ada dong gan
setiap gaya ada triknya

Quote:Original Posted By samataro
jujur ane cuma bisa berenang satu gaya itupun cuma gaya katak/dada
ane juga pegen belajar gaya punggung tapi gabisa bisa
ada yang bisa membantu/share?


makasih gan udah mampir di sini..
bantu dong gan
sayang nya ane ga bisa berenang

bantu rate aje gan
ane bisanya gaya campuran gan... kaki KODOK... tangan bebas :



berani KLIK ??? guaranteed :

TOLENK's JOKES
ane gaya batu aja dech gan
ajarin yang gaya batu dong gan
Quote:Original Posted By FreezyFrenzy
sayang nya ane ga bisa berenang

bantu rate aje gan


makasih Rate nya gan

Quote:Original Posted By .Birdy
ane bisanya gaya campuran gan... kaki KODOK... tangan bebas :



berani KLIK ??? guaranteed :

TOLENK's JOKES


wah ada gaya campuran ya?
ane baru tau tuh

Quote:Original Posted By LadyNovell
ane gaya batu aja dech gan


coba belajar gaya yg lain gan pasti bisa

Quote:Original Posted By MixMix
ajarin yang gaya batu dong gan


hahaha
gaya batu gampang gan
wah trit bagus neh

aplgi yg gk bisa berenang gaya punggung, termasuk ane

coz, ane berenang, cmn bisa gaya batu

byuurrrr
Quote:Original Posted By gilabozz
wah trit bagus neh

aplgi yg gk bisa berenang gaya punggung, termasuk ane

coz, ane berenang, cmn bisa gaya batu

byuurrrr


makasih gan
semoga bermanfaat buat ente yaa
wahhh ane kagak hobi juga gan renang
video gan, biar mantep
plus tambahan gambar-gambarnya step by step
haha ane nggak bisa berenang gan
ane bantu sundul yang tinggi aja :
Quote:Original Posted By icARTky
video gan, biar mantep
plus tambahan gambar-gambarnya step by step s


ane belum dapet video yg bagus buat di upload di sini

Quote:Original Posted By Zakurata
haha ane nggak bisa berenang gan
ane bantu sundul yang tinggi aja :


makasih gan
wah susah tuh gaya kayak gituan

kalau gaya dada atau kodok mah gampang
Quote:Original Posted By cavaliers
wah susah tuh gaya kayak gituan

kalau gaya dada atau kodok mah gampang


lumayan sih gan.. makan nya ane share gaya itu di sini
×