Quote:Original Posted By mjbr
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
ada yang punya rangkuman tentang salah berjema'ah gak ?
dari syarat2 tuk imam dan makmum apa aja ?
kalo bisa dalam bentuk .pdf ato sejenisnya,,
kalo mau di share melalui posting boleh juga,,

terima kasih banyak


Wa'alaikum salam Wr.Wb.

bisa di download disini gan :

Download

Semoga bermanfaat
Quote:Original Posted By ariaGADING
Wa'alaikum salam Wr.Wb.
bisa di download disini gan :
Download
Semoga bermanfaat

wow, makasih banget gan,,
soalnya mau ane bagi-bagi anak-anak TPA nih,,
Kang aria, setelah ane cek koq ada yang aneh ya,,
di point 4 tentang saf jema'ah,,

disana urutannya, imam - makmum pria - makmum pria kecil - makmum wanita - makmum wanita kecil,
bukannya imam - makmum pria - makmum pria kecil - makmum wanita kecil - makmum wanita (DEWASA),
Quote:Original Posted By mjbr
Kang aria, setelah ane cek koq ada yang aneh ya,,
di point 4 tentang saf jema'ah,,

disana urutannya, imam - makmum pria - makmum pria kecil - makmum wanita - makmum wanita kecil,
bukannya imam - makmum pria - makmum pria kecil - makmum wanita kecil - makmum wanita (DEWASA),


itu menurut hadist dibawah ini gan :
dari Ibn Mas’ud radliallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda:
Hendaknya orang yang berada di belakangku adalah orang dewasa yang berakal, kemudian orang tingkatan berikutnya, kemudian berikutnya.” (HR. Muslim)

hadist ini tidak melarang anak kecil namun menganjurkan agar posisi orang dewasa berada di depan dari pada anak kecil

lebih baik lagi jika anak2 mereka berada disamping mereka karena jika anak2 disatukan dengan anak2 akan tidak terkontrol dan dapat mengganggu pelaksanaan sholat berjamaah..

ni baru di ceramahin nih kemaren pas pengajian rutin di tempat ane
Nambahin ah..kalo maho aka bencis di blakang anak laki2 dan di depan wanita dewasa.
Bencis boleh ngimamin smua wanita dan ga sah brmakmum pada wanita.
Cendol me iiw
Quote:Original Posted By mjbr
Kang aria, setelah ane cek koq ada yang aneh ya,,
di point 4 tentang saf jema'ah,,

disana urutannya, imam - makmum pria - makmum pria kecil - makmum wanita - makmum wanita kecil,
bukannya imam - makmum pria - makmum pria kecil - makmum wanita kecil - makmum wanita (DEWASA),


Quote:Original Posted By ariaGADING
itu menurut hadist dibawah ini gan :
dari Ibn Mas’ud radliallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda:
Hendaknya orang yang berada di belakangku adalah orang dewasa yang berakal, kemudian orang tingkatan berikutnya, kemudian berikutnya.” (HR. Muslim)

hadist ini tidak melarang anak kecil namun menganjurkan agar posisi orang dewasa berada di depan dari pada anak kecil

lebih baik lagi jika anak2 mereka berada disamping mereka karena jika anak2 disatukan dengan anak2 akan tidak terkontrol dan dapat mengganggu pelaksanaan sholat berjamaah..

ni baru di ceramahin nih kemaren pas pengajian rutin di tempat ane


Maf nambahin. Saya rasa benar maksud mjbr.

Karena kalau laki-laki, memang diutamakan dari depan ke belekang. Sedangkan untuk wanita diutamakan shof belakang dahulu diisi, kemudian baru makin ke depan.
Mungkin ini maksudnya:
sebaik2 shaf laki2 adalah yg paling depan,sebaik2 shaf wanita adalah yg paling belakang.
Krn wanita rawan fitnah.
Tapi menurut ane ini hanya option bagi yg mau.
Sedangkan standartnya wanita dewasa didepan anak2 perempuan.
Jadi,sebaik2 shaft wanita dewasa adalah yg diantara wanita dewasa dan anak2 perempuan.
Misal shaft wanita dewasa ada 5 shaft,maka shaft ke-5 adalah yg trbaik.
Wallahu a'lam.
Quote:Original Posted By ariaGADING
hadist ini tidak melarang anak kecil namun menganjurkan agar posisi orang dewasa berada di depan dari pada anak kecil

lebih baik lagi jika anak2 mereka berada disamping mereka karena jika anak2 disatukan dengan anak2 akan tidak terkontrol dan dapat mengganggu pelaksanaan sholat berjamaah..

Untuk alasan bisa di terima
tapi kan sekarang antara makmum laki-laki dan wanita udah ada hijabnya,
jadi menurut ane sih sah-sah aja di buat saff perempuan kecil di dpan dewasa,,
*sepertinya ane edit dulu isi pdf-nya
Quote:Original Posted By proxymighty
Nambahin ah..kalo maho aka bencis di blakang anak laki2 dan di depan wanita dewasa.
Bencis boleh ngimamin smua wanita dan ga sah brmakmum pada wanita.
Cendol me iiw

ada juga yang seperti ini ya
bukannya yang dilihat dari mereka kelamin aslinya,
tapi gak tau lah
Quote:Original Posted By proxymighty
Mungkin ini maksudnya:
sebaik2 shaf laki2 adalah yg paling depan,sebaik2 shaf wanita adalah yg paling belakang.
Krn wanita rawan fitnah.
Tapi menurut ane ini hanya option bagi yg mau.
Sedangkan standartnya wanita dewasa didepan anak2 perempuan.
Jadi,sebaik2 shaft wanita dewasa adalah yg diantara wanita dewasa dan anak2 perempuan.
Misal shaft wanita dewasa ada 5 shaft,maka shaft ke-5 adalah yg trbaik.
Wallahu a'lam.

alasannya bisa di terima juga
--
tapi intinya kan kalo kaum wanita lebih afdhol kalo solat di rumah aja,
tidak di anjurkan tuk ke masjid,
--
terima kasih atas tanggapannya
Yg dibahas kan sholat jama'ah scara umum dan ga mesti di masjid.
Seperti saat sholat 'ied,istisqo,jenazah,dll.
Yup,bencis jg laki2,makanya harus didepan wanita.tapi tdk boleh didepan pria krn bencis pake mukenah.
Terima kasih kembali.
Quote:Original Posted By proxymighty
Yg dibahas kan sholat jama'ah scara umum dan ga mesti di masjid.
Seperti saat sholat 'ied,istisqo,jenazah,dll.
Yup,bencis jg laki2,makanya harus didepan wanita.tapi tdk boleh didepan pria krn bencis pake mukenah.
Terima kasih kembali.

Ia juga yah, kalo udah kena salat ied dan sejenisnya otomatis tata cara ini kepake juga,
kalo ane sih lebih memililih hukum yang perempuan dewasa di belakang,,
soalnya udah di kasih hijab antara makmum perempuan dan laki-laki,
sehingga kerusuhan antara perempuan kecil dan laki-laki kecil bisa di hindari,
---
kalo alasan tuk banci seperti itu sih, masuk akal juga sih,
tapi gak pernah lihat yang seperti ini
---
sama-sama kang
Quote:Original Posted By mjbr
Untuk alasan bisa di terima
tapi kan sekarang antara makmum laki-laki dan wanita udah ada hijabnya,
jadi menurut ane sih sah-sah aja di buat saff perempuan kecil di dpan dewasa,,
*sepertinya ane edit dulu isi pdf-nya

ada juga yang seperti ini ya
bukannya yang dilihat dari mereka kelamin aslinya,
tapi gak tau lah

alasannya bisa di terima juga
--
tapi intinya kan kalo kaum wanita lebih afdhol kalo solat di rumah aja,
tidak di anjurkan tuk ke masjid,
--
terima kasih atas tanggapannya


silahkangan di edit
bukan lebih afdol gan lebih baik wanita sholat di kamarnya daripada di masjid
Quote:Original Posted By ariaGADING
silahkangan di edit
bukan lebih afdol gan lebih baik wanita sholat di kamarnya daripada di masjid

oh iya itu maksudnya
terima kasih udah di koreksi

Talking 

Quote:Original Posted By proxymighty
Nambahin ah..kalo maho aka bencis di blakang anak laki2 dan di depan wanita dewasa.
Bencis boleh ngimamin smua wanita dan ga sah brmakmum pada wanita.
Cendol me iiw


maho itu laki2, jadi aturannya sama dengan laki2 lain

bencis itu banci ya? Islam gak mengenal banci. Kalo ada orang yang sejak lahir punya alat kelamin ganda, maka untuk menentukan laki2 atau perempuan, diliat dari mana yang berfungsi sebagai alat kencing.
Assalamu'alaikum

Permisi agan2 ane mau tanya
kalo ngutang di bank menurut hukum islam gimana ya ?
keperluan hutang itu untuk memajukan bisnis/usaha

mohon pencerahanya
Quote:Original Posted By Betaks
Assalamu'alaikum

Permisi agan2 ane mau tanya
kalo ngutang di bank menurut hukum islam gimana ya ?
keperluan hutang itu untuk memajukan bisnis/usaha

mohon pencerahanya


Saat ini sudah banyak bank syariah. Pinjam di bank syariah saja.
Quote:Original Posted By naisinpo
maho itu laki2, jadi aturannya sama dengan laki2 lain

bencis itu banci ya? Islam gak mengenal banci. Kalo ada orang yang sejak lahir punya alat kelamin ganda, maka untuk menentukan laki2 atau perempuan, diliat dari mana yang berfungsi sebagai alat kencing.


yup benar,aslinya cowok..ini hanya penjelasan fiqh yg dapat mengakomodir smua strata.
Emang ada 2 jenis maho.yg tampil sbgai pria dan yg tampil sbgai wanita.
Yg pertama gak ada masalah.
Nah yg ke2 ini yg ribet krn mreka sholat pake mukenah.
Makhluk jenis ini menganggap dirinya wanita entah krn gen atau pergaulan.
bencis ini exist shingga diperlukan penyelesaian fiqhnya.
Masa iya,ada 10 shaft laki2,shaft trdepan ada beberapa yg make mukenah.
Mengembalikan mreka ke fitrah laki2 ga smudah membalik tapak tangan.
Smua ada proses.
Nah,saat dalam proses tersebutlah hukum ini diperlukan.
Quote:Original Posted By reza9686
numpang tanya gan

secara islam kita boleh gak melihara ular?

thanks gan


ada yg nanya begini
bantuain ane dong gan
Quote:Original Posted By kucingpejantan
Saat ini sudah banyak bank syariah. Pinjam di bank syariah saja.


oh gitu ya gan
setau ane sih yg namanya ngutang di bank riba gan
walaupun kedoknya bank syariah

soalnya ane baca trit ini gan :

Spoiler for :
Quote:Original Posted By ariaGADING
ada yg nanya begini
bantuain ane dong gan


Saya belum nemu hadits yang melarang memelihara ular
Quote:Original Posted By Betaks
oh gitu ya gan
setau ane sih yg namanya ngutang di bank riba gan
walaupun kedoknya bank syariah

soalnya ane baca trit ini gan :

Spoiler for :


Anda itu mau tanya apa mau iklan?