KASKUS

[Discuss] THREAD Konsultasi Masalah Urologi (Batu Ginjal, Prostat, dsb)



Quote:
Selamat Datang Di Thread Tanya Jawab Mengenai Masalah Urologi

Thread ini disediakan untuk anda yang ingin bertanya masalah seputar penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih dan genitalia.

Pastikan anda telah Membaca

Kaskus Health and Medical Disclaimer



Bagi yang belum tahu apa itu penyakit urologi, ini penjelasannya:

Quote:
Urologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari kelainan pada saluran kemih dan genital pada laki-laki dan saluran kemih wanita.

Dalam penatalaksanaan kelainan saluran kemih dan genital ini, ilmu urologi mendalami aspek medis dan aspek operatif.

Sebagian masyarakat belum mengetahui atau belum akrab dengan dokter urologi (urologist) walaupun kasus-kasus urologi sangat banyak.

Sebagian kita barangkali ada yang mengeluh:

  1. berkemih jadi sering, berkemih mengedan dan tidak tuntas, atau menetes pada akhir berkemih.
  2. nyeri kolik dengan urine kemerahan atau berdarah, nyeri saat berkemih
  3. urine keruh, atau pernah kencing berpasir atau berbatu.
  4. beser atau inkontinensia.
  5. atau ada kelainan bawaan pada alat genital, spt testis tidak satu atau kedua sisi, muara uretra tidak pada ujung kemaluan(hypospadia).
  6. Kelainan ereksi/disfungsi ereksi dalam kelompok disfungsi seksual
  7. kelainan infertilitas atau kemandulan pada laki-laki


Hal tersebut diatas adalah beberapa contoh keluhan atau kelainan yang berhubungan dengan urologi. Aspek medis dalam urologi dimaksudkan penatalaksanaan suatu kelaianan urologi dilakukan secara preventif atau pengobatan (medikamentosa)yang bukan tindakan operasi, sedangkan aspek operatif meliputi tindakan operasi yang dimulai dari yang tidak invasif sampai kepada tindakan yang sangat invasif. Sebagai contoh; seorang yang di diagnosis dengan batu ginjal dengan ukuran batu kecil (<0.5 mm)dan tidak ditemukan tanda-tanda sumbatan secara radiologis orang tersebut dapat dianjurkan pengobatan ekspektatif yakni menunggu selama 2 mgg dengan banyak minum dan oleh raga, sebaliknya bila batu cukup besar mungkin terdapat banyak pilihan tindakan dapat mulai yang tidak atau kurang invasif seperti ESWL (extra-corporal shock wave lithotripsy, PCNL, URS dengan litotriptor/pemecah batu khusus atau menggunakan laser. Tindakan yang paling invasif adalah dengan operasi terbuka.

http://id.wikipedia.org/wiki/Urologi


Quote:
NB:
TS adalah dokter yang sedang akan menjalani pendidikan spesialis urologi

Karena TS juga masih newbie, masih harus belajar dan banyak baca, TS sangat sangat senang jika ada yang lebih berpengalaman dan lebih senior bersedia ikut sharing di thread ini.
Oke, makasih banyak atas perhatiannya



Tiga Penyakit Terbanyak Dalam Bidang Urologi

Quote:
BPH (Benign Prostate Hyperplasia)
Spoiler for Penjelasannya:

Bismillah, reserved for further update
Reserved
reserved
reserved

Oke, saya rasa cukup reservednya.
Silakan dimulai diskusinya
okey..
saya mulai saja..
saya ingin menanyakan mengenai urine saya yang berbuih / berbusa sangat banyak....
dan saya telah melakukan tes lab..
dan hasil ny protein dalam urine selama 24jam adalah 0.17gr ..sedangkan untuk normal adalah dibwah 0.15..
dan untuk kreatinin urine 61.4mg sedangkan normal adalah 15-30
lalu untuk klirens kreatin adalah 144.4...sedngkan yang normal adalah 70-120
dan albumin urine adalah 3.32...
apakah hasil tersebut menandakan saya mengalami gangguan ginjal?
Quote:Original Posted By angelevil
okey..
saya mulai saja..
saya ingin menanyakan mengenai urine saya yang berbuih / berbusa sangat banyak....
dan saya telah melakukan tes lab..
dan hasil ny protein dalam urine selama 24jam adalah 0.17gr ..sedangkan untuk normal adalah dibwah 0.15..
dan untuk kreatinin urine 61.4mg sedangkan normal adalah 15-30
lalu untuk klirens kreatin adalah 144.4...sedngkan yang normal adalah 70-120
dan albumin urine adalah 3.32...
apakah hasil tersebut menandakan saya mengalami gangguan ginjal?


Pertama tolong sebutin jenis kelamin sama umur ya gan.
Terus ada keluhan lain selain kencing yang berbuih?
Kencing berbuihnya sudah berapa lama?
Saya minta data kreatinin darah ada?
Yang abnormal di Urinalisis (pemeriksaan urine) apa aja?

Urine berbuih adalah tanda adanya protein dalam urine. Protein normalnya tidak dikeluarkan lewat urine.
Punya penyakit gula (diabetes melitus) ga?
Badan bengkak?

Nah saran saya adalah periksakan ke dokter spesialis urologi terdekat di kota anda ya.
Jangan takut, semakin cepat dideteksi semakin bagus.
Soalnya kalo memang benar kerusakan ginjal, mesti dilihat penyebabnya apa.

Semoga membantu. Jika ada pertanyaan lain silakan.
Cepat sembuh ya
Sory..
Lupa saya sebutkan..
Umur 22 thn,
Bert bdn 95kg..
Dan belm pernh kena diabetes..
Akan tetapi kakek saya mengidap pnykit diabetes jg..
Dan untuk kreatinin dalam darah normal..
Yaitu..0.8
Lalu untuk keluhan yang lain tidak ada..
Badan n bagian tubuh lain tidak mengalim pembengkakan..
Dan hasil lab yg tidak normal hanya yg saya sebutkan di atas..
Sisany normal...
Protein lebih dr normal 0.7
Yg sehrsny di bwh 0.5
Quote:Original Posted By angelevil
Sory..
Lupa saya sebutkan..
Umur 22 thn,
Bert bdn 95kg..
Dan belm pernh kena diabetes..
Akan tetapi kakek saya mengidap pnykit diabetes jg..
Dan untuk kreatinin dalam darah normal..
Yaitu..0.8
Lalu untuk keluhan yang lain tidak ada..
Badan n bagian tubuh lain tidak mengalim pembengkakan..
Dan hasil lab yg tidak normal hanya yg saya sebutkan di atas..
Sisany normal...
Protein lebih dr normal 0.7
Yg sehrsny di bwh 0.5


Udah berapa lama sih urine berbuihnya?
Tiap kencing seperti itu?
Kalo cuma baru-baru ini terus ga tiap kencing seperti itu, kemungkinan dari makanan dan minuman juga bisa menyebabkan urine berbuih.
Gula darahnya normal?
Sering kencing malam hari ga?

Coba dibawa ke dokter deh bro. Biar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Quote:Original Posted By kayubakar
Udah berapa lama sih urine berbuihnya?
Tiap kencing seperti itu?
Kalo cuma baru-baru ini terus ga tiap kencing seperti itu, kemungkinan dari makanan dan minuman juga bisa menyebabkan urine berbuih.
Gula darahnya normal?
Sering kencing malam hari ga?

Coba dibawa ke dokter deh bro. Biar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


say tidak bergitu memperhatikan sudah berp lama..
akan tetapi baru 3buln terkhr ini saya perhatikan...
gula darah normal..
malam plg cmn sekali z kencing..
t pun jarng bgt..
Quote:Original Posted By angelevil
say tidak bergitu memperhatikan sudah berp lama..
akan tetapi baru 3buln terkhr ini saya perhatikan...
gula darah normal..
malam plg cmn sekali z kencing..
t pun jarng bgt..


Oke sementara ini makanan yang mengandung protein dikurangin dulu deh.
Terus dilihat beberapa hari ke depan bro.
Quote:Original Posted By kayubakar
Oke sementara ini makanan yang mengandung protein dikurangin dulu deh.
Terus dilihat beberapa hari ke depan bro.


iya...
sempat berkonsultasi dengn dokter kenln orang tua saya..
dan katany gak ada maslh cmn kebnykan makan daging....
yah... memg sudah saatny diet..
dengn berat badang 98kg...ini....benar2 harus di kurangi....
thnx..alot...
Quote:Original Posted By angelevil
iya...
sempat berkonsultasi dengn dokter kenln orang tua saya..
dan katany gak ada maslh cmn kebnykan makan daging....
yah... memg sudah saatny diet..
dengn berat badang 98kg...ini....benar2 harus di kurangi....
thnx..alot...


Oke bro, yang penting hidup sehat ya bro.
Minum air putih minimal 3 L per hari.
Semangat bro.
permisi puh saya ada keluhan nih..
beberapa hari yg lalu pinggang saya terasa sakit..
setelah saya cek ke rumah sakit ternyata saya di vonis kena inveksi ginjal

yang saya mau tau..
cara pengobatannya gimana yah..??
dan kalau ada obat2 tradisional nya apa saja..

terimakasih sebelumnya..
maaf sudah merepotkan..
Quote:Original Posted By rezpect0r
permisi puh saya ada keluhan nih..
beberapa hari yg lalu pinggang saya terasa sakit..
setelah saya cek ke rumah sakit ternyata saya di vonis kena inveksi ginjal

yang saya mau tau..
cara pengobatannya gimana yah..??
dan kalau ada obat2 tradisional nya apa saja..

terimakasih sebelumnya..
maaf sudah merepotkan..


Jiiaahh puh. Ane masih newbie bro

Oke, Umur ente berapa bro?
Sudah berapa hari?
Sebelah mana?
Nyerinya terus2an apa hilang timbul?
Menjalar ga?
Rasanya kayak nyeri tumpul atau gimana?
Dulu pernah seperti ini ga?
Pernah kencing keluar batu?
Infeksi ginjal tepatnya diagnosanya apa?
Pielonefritis akut?

Sudah dilakukan pemeriksaan apa saja?
Periksa urinalisis sudah?
Leukosit berapa?
Ureum dan kreatinin?
USG?

Buat melengkapi data bro.
Terapinya yaitu menghilangkan penyebab infeksi
Kalo memang ada batu ya mesti diterapi.
Kalo ga ada penyebab lain, hanya adanya infeksi dari bawah yang naik ke atas ya diterapi antibiotik.
Pengobatan tradisional saya kurang tahu ya bro. Tapi yang jelas mesti banyak minum jika fungsi ginjalnya bagus. Itu gunanya juga untuk eradikasi kuman juga.
Lihat fungsi ginjal bagus bisa dari kreatininnya, makanya saya tanya.
BEgitu.
Semoga membantu.
Misi gan,mau tanya nih
gw waktu sd pernah perih pas buang air kecil gan.
nah semenjak itu,pas buang air kecil jadi kadang2 suka bercabang,dan ngerasa di ujung ada kyk yg ganjel sampe skarang (10 tahun lebih sampe sekarang gw alamin)

Wktu itu gw checkup urin sih ga ada masalah gan.
terus ada tukang pijijt dateng,eh pas di pijijt dia tau gan,gw ada masalah buang air kecil,disuruh sering minum air putih.

Sampe sekarang sih gw kadang mash suka bercabang gitu gan,tapi ga ganggu banget,itu kenapa ya gan?apa emg normal?soalnya gw tanya tmen gw jg kadang2 gitu.trims gan.
Quote:Original Posted By Karamiko
Misi gan,mau tanya nih
gw waktu sd pernah perih pas buang air kecil gan.
nah semenjak itu,pas buang air kecil jadi kadang2 suka bercabang,dan ngerasa di ujung ada kyk yg ganjel sampe skarang (10 tahun lebih sampe sekarang gw alamin)

Wktu itu gw checkup urin sih ga ada masalah gan.
terus ada tukang pijijt dateng,eh pas di pijijt dia tau gan,gw ada masalah buang air kecil,disuruh sering minum air putih.

Sampe sekarang sih gw kadang mash suka bercabang gitu gan,tapi ga ganggu banget,itu kenapa ya gan?apa emg normal?soalnya gw tanya tmen gw jg kadang2 gitu.trims gan.


Kalo ereksi bisa lurus ga gan? Atau bengkok?
Bercabangnya sakit ga?
Pernah kencing keluar darah?
Atau batu?
Kalo ngeraba penis dirasa ada benjolan ga?
Quote:Original Posted By kayubakar
Kalo ereksi bisa lurus ga gan? Atau bengkok?
Bercabangnya sakit ga?
Pernah kencing keluar darah?
Atau batu?
Kalo ngeraba penis dirasa ada benjolan ga?


kadang bengkok gan,tapi sering lurus
kencing keluar darah kyknya pas waktu kecil itu gan,pas perih,ada bercak2,entah itu darah apa gmn,yg jelas itu pas abis sunat jg,jadi rada bingung,itu krn perih,apa krn luka abis sunat.kecing keluar batu nggak gan.

kalo kencing nya kadang agak sakit kalo langsung dicur,harus pelan2 dulu,tapi jarang sih sakit.penis bagian mananya gan dipegang?
itu gmn ya?gw jadi ngeri gan.Gw pengen beli tempuyang gan,obat tradisional yg buat hipertensi sama batu ginjal,bagus nggak tuh?ngeri kalo ke dokter di vonis macem2 >.<
^^^

Ga usah ngeri gan. Ntar dilihat deh ada kelainan ga di penisnya.
Dipegang di daerah batangnya gan.
Tapi kalo emang ga ada benjolan kayak batu ya ga papa berarti.
Lubang kencingnya di ujung kemaluan kan gan?
Quote:Original Posted By kayubakar
^^^

Ga usah ngeri gan. Ntar dilihat deh ada kelainan ga di penisnya.
Dipegang di daerah batangnya gan.
Tapi kalo emang ga ada benjolan kayak batu ya ga papa berarti.
Lubang kencingnya di ujung kemaluan kan gan?

Ya gan,nanti gw coba,wah diujung gan,masa di tengah,kyk monster ntar gw gan :maho