KASKUS

[hot]nama-nama tokoh pahlawan dunia wayang yang hebat(sering dipake buat namai anak).


Quote:
Quote:
Setelah membaca beberapa cerita wayang, sering mendengarkan melalui radio, televisi dan menonton langsung pertunjukan wayang (kulit dan orang), saya jadi lebih tahu karakter beberapa tokoh wayang yang sering ditampilkan. Sebagaimana diketahui, ada 707 nama-nama pelaku dalam wayang (pelaku manusia saja), ditambah sekitar 30 nama pelaku dari dunia atas/dewa. Namun, jumlah minimal yang biasa dimainkan ada 200 wayang, sedangkan 114 wayang lainnya dipajang di kiri-kanan layar.
Semua nama itu mempunyai keterhubungan (cerita) yang erat, sedangkan bahasa wayang adalah bahasa drama, sehingga bisa dikata wayang menjadi repertoire yang paling lengkap di antara bentuk-bentuk drama yang ada di dunia. Berbeda dengan drama-drama umumnya yang hanya beberapa lakon dan melibatkan beberapa nama pelaku saja. Buku Ensiklopedi Wayang Indonesia mencatat sinopsis wayang sejumlah 274 lakon pakem dan carangan. Lakon itu misalnya: Jagad Gumelar, Rama Tambak, Anoman Obong, Gatotkaca Lair, Wahyu Makutarama, Yudayana Ical, Semar Mbabar Jatidiri, Banjaran Kumbakarna, dll.
Orangtua yang memberi nama anaknya dengan nama wayang, tentunya sebagai ungkapan tokoh favoritnya. Ada juga yang mengidolakan tokoh wayang karena kesamaan jabatan. Seorang pejabat negara atau manager perusahaan mengidolakan sosok raja di pewayangan. Seorang motivator atau guru, mengidolakan sosok resi atau pertapa yang bijaksana. Dll.
Beberapa komunitas tertentu mengidolakan tokoh wayang sesuai dengan sifat komunitas itu. Para petani mengidolakan Dewi Sri, dewi padi lambang kesuburan. Komunitas mahasiswa Arsitektur suatu PTN mengidolakan Batara Wiswakrama, dewa seniman dan ahli bangunan di kahyangan. Komunitas orang-orang kembar mengidolakan Nakula dan Sadewa sebagai wayang kembar (sebetulnya ada wayang lain yang kembar, yaitu Batara Aswi dan Aswin, dewa-dewa yang menitis pada Nakula dan Sadewa; Anak Sri Rama dan Dewi Sinta juga kembar, yaitu Lawa dan Kusa). Perkumpulan pencak silat bisa mengidolakan Anoman, kera putih yang lincah dan sakti. Pencinta burung bisa mengidolakan Jatayu, burung yang setia dan berani mati menyelamatkan Dewi Shinta dari Rahwana, IPTN/PTDI Bandung pernah mengidolakan Gatotkaca/Tetuka yang bisa terbang, dll. Boleh jadi seseorang mengidolakan tokoh wayang bisa berubah-ubah seiring waktu dan pengetahuannya. Mungkin saat kecil mengidolakan Gatotkaca yang sakti dan bisa terbang; saat remaja mengidolakan Dewi Wara Sumbadra yang cantik, saat tua mengidolakan Semar yang penuh keilmuan dan kebijaksanaan.


Quote:
Berikut adalah tokoh-tokoh wayang yang biasa dijadikan idola atau favoritnya, dengan ringkasan lambang atau sifat ideal yang dominan dan sifat negatifnya kalau ada. Tentang profil lengkapnya, silahkan di-browsing saja.
Quote:
WAYANG GOLONGAN DEWA

Spoiler for BATARA GURU:

Spoiler for BATARA WISNU:

Spoiler for BATARA INDRA:

Spoiler for BATARA BAYU:

Spoiler for BATARA KAMANJAYA:

Spoiler for DEWI SRI:

Spoiler for DEWI RATIH:


Quote:
WAYANG GOLONGAN PANDITA

Spoiler for RESI BISMA:

Spoiler for RESI ABIYASA:

Spoiler for RESI SETO:

Spoiler for BEGAWAN MINTARAGA/CIPTANING:



Quote:
jangan lupa di rate
menerima semua cendol..
dan
menolak semua bata..


Quote:
thread ane yang lain gan :
*[amazing]AKROBATIK PALING NEKAT DI DUNIA.
*[amazing]MUSEUM KARYA PARA MAESTRO SENI DUNIA DI PRANCIS.
*[amazing]MISTERI DANAU DI TENGAH SALAH SATU GURUN TERBESAR DI DUNIA.
*[amazing]satu-satunya di dunia sebuah desa tanpa jalan (HOT THREAD)
*[hot]sejarah mata uang dollar
*[ngakak] beda arti,...(dijamin guling-guling)
*[hot]jalur rel kereta api paling aneh di dunia
*[hot] menyambut ulang tahun kota yogyakarta yang ke-255 tahun.
*[hot]formasi perang raja-raja jawa
*dalang yang bisa nge-rap
*[hot]dengan rotoscoping orang yang mati bisa hidup kembali
*[hot] lelucon hari ini (dijamin ngakak)
*tokoh-tokoh sejarah bangsa indonesia hadir kembali (no hoax)
*penjelasan logis kenapa lebaran 31 agustus 2011



LANJUTANNYA DI BAWAH,..
lanjutannya,..
Quote:
Quote:
WAYANG GOLONGAN RAJA

Spoiler for prabu sri rama:

Spoiler for prabu pandu:

Spoiler for prabu puntadewa:

Spoiler for kresna:

Spoiler for prabu baladewa:

Spoiler for prabu parikesit:

Spoiler for prabu salya:

Spoiler for rahwana:


Quote:
WAYANG GOLONGAN KSATRIA

Spoiler for sumantri:

Spoiler for bima:

Spoiler for arjuna:

Spoiler for nakula:

Spoiler for sadewa:

Spoiler for karna:

Spoiler for wibisana:

Spoiler for antareja:

Spoiler for antasena:

Spoiler for gatotkaca:

Spoiler for wisanggeni:

Spoiler for abimanyu:

Spoiler for setyaki:

Spoiler for burisrawa:

Spoiler for aswatama:

Spoiler for leksmana:

Spoiler for hanoman:




LANJUTANNYA DI BAWAH,.
Quote:
Quote:
WAYANG GOLONGAN PUTRI

Spoiler for dewi sinta:

Spoiler for dewi kunti:

Spoiler for dewi madrim:

Spoiler for dewi drupadi:

Spoiler for dewi wara sumbadra:

Spoiler for dewi srikandi:

Spoiler for dewi banowati:

Spoiler for dewi anggraini:

Spoiler for dewi setyawati:

Spoiler for dewi sawitri:


Quote:
WAYANG DARI GOLONGAN RAKYAT BIASA

Spoiler for SEMAR:

Spoiler for PETRUK:

Spoiler for GARENG:

Spoiler for BAGONG:

Spoiler for TOGOG:



Quote:
WAYANG GOLONGAN RAKSASA

Spoiler for KUMBAKARNA:



terserah deh gan, soalnya ane gak tau sama sekali tentang pemawayangan . .
umm bener juga ya gan
Quote:Original Posted By Amru.AlFirdaus
terserah deh gan, soalnya ane gak tau sama sekali tentang pemawayangan . .

Quote:Original Posted By sukro.addict
umm bener juga ya gan


THANKS BRO DAH MAMPIR KEMARI,..
selamat sore
selamat sore agan2
Kok sepi ya

wah mantep gan, budaya kita nih wajib bangga
Quote:Original Posted By Celestica

wah mantep gan, budaya kita nih wajib bangga


Yoi , kudu di lestarikeun ..
wah nama indra keren gan,tapi biasanya yang namanya indra itu orangnya semaunya gan
wah, keren nih infonya, baru tau ane

wah komplit nih. baru pertama ane liat
ane sukanya wayang golek gan...dlu bokap punya buku cerita bergambar(komik dlu x yah ) cerita perang baratayuda getto..dh dh dibkar m nenek ane tuk masak dlu pernah cari di TMII ada c,,,cuma harganya...
komplit bangett nih wayangnya
BEGAWAN MINTARAGA/CIPTANING punya sifat yang jarang banget menurut ane kesatria banget sifat2nya
Yang ane kenal cuma gatot kaca,jagad rama, gareng sama petruk... Sisanya ngantuk kalo nonton wayang..
info yg keren gan
ane baru tau
ada beberapa temen ane dari nama tokoh pahlawan dunia wayang gan

banyak tuh wayang

waw,, ternyata banyak yah, keren deh gan