KASKUS

Share Tempat Wisata di Provinsi Bengkulu

Quote:Daftar tempat wisata Bengkulu serta obyek wisata Bengkulu yang menarik untuk tujuan liburan dan wisata ini mudah mudahan bisa menambah pengetahuan dan Menjadi menjadi salah satu alternatif bagi yang suka berlibur
ke tempat-tempat wisata .



Quote:
Bagi agan yg ingin menampilkan
tempat wisata yang belum di pajang atau ingin menambahkan informasi, gambar terbaru yang ane tampilkan,
ane persilakan disampaikan lewat comeng



jangan lupa menyertakan
Wilayah:
Nama tempat wisata:
Keterangan:
Gambar:

Kota Bengkulu

1. Pantai Panjang
Mengapa disebut Pantai Panjang? Karena garis pantainya yang cukup panjang, yaitu sekitar 7 km. Selain itu, jarak antara garis pasang dan garis surutnya juga panjang, jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. ...

Spoiler for Pantai Panjang:

2 . Pantai Zakat
Pantai Jakat Merupakan pantai dengan kelandaian 0 – 1,5 meter saat pasang surut dan naik.Pantai Jakat Terletak sekitar 1 km dari pusat kota Bengkulu. Di pantai Jakat terdapat aktivitas nelayan tradisional yang berdomisili di sekitar kawasan pantai. Atraksi wisata yang tersedia berupa kegiatan Arena Bermain Banana boat, jet sky. swimming, penangkapan ikan di laut. Pantai ini biasanya selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap minggu sore.
Pantai jakat dapat ditempuh kurang lebih 10 menit dari pusat kota bengkulu karena jaraknya hanya 1KM. Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, pemerintah daerah terus membenahi dan menata kawasan di sekitar pantai ini.
Spoiler for Pantai Zakat:

3. Benteng Fort Marlborough
Banteng Marlborough (Inggris:Fort Marlborough) adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Konon, benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St. George di Madras, India. Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi samudera Hindia. Benteng ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu; sehingga penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras. Mereka kemudian kembali tahun 1724 setelah diadakan perjanjian. Tahun 1793, serangan kembali dilancarkan. Pada insiden ini seorang opsir Inggris, Robert Hamilton, tewas. Dan kemudian di tahun 1807, residen Thomas Parr juga tewas. Keduanya diperingati dengan pendirian monumen-monumen di kota Bengkulu oleh pemerintah Inggris.

Marlborough masih berfungsi sebagai benteng pertahanan hingga masa Hindia-Belanda tahun 1825-1942, Jepang tahun 1942-1945, dan pada perang kemerdekaan Indonesia. Sejak Jepang kalah hingga tahun 1948, benteng itu manjadi markas Polri. Namun, pada tahun 1949-1950, benteng Marlborough diduduki kembali oleh Belanda. Setelah Belanda pergi tahun 1950, benteng Marlborough menjadi markas TNI-AD. Hingga tahun 1977, benteng ini diserahkan kepada Depdikbud untuk dipugar dan dijadikan bangunan cagar budaya.
Spoiler for Benteng Fort Marlborough :

4. Tugu Thomas Parr
Tugu Tomas Parr (Parr Monument) adalah salah satu bangunan bersejarah peninggalan Inggris yang ada di jantung kota Bengkulu. Orang Inggris memberi nama “Parr Mausoleum” (kuburan besar Gubernur Parr). Sedangkan orang Bengkulu menyebutnya sebagai “Kuburan Bulek” (Kuburan Bulat) – mungkin karena bentuk fisik bangunannya yang bulat. Dan setelah kedatangan Sir Thomas Stamford Raffles, lebih popular dengan nama “ Raffles Park” (Taman Raffles).
Spoiler for Tugu Thomas Parr:


5. Monumen Hamilton

Tugu Hamilton Bengkulu adalah salah satu tentara Inggris yang gugur dalam sebuah pertempuran terbuka menghadapi perlawanan rakyat Bengkulu pada masa kolonialisme Inggris di Bengkulu.
Untuk mengenang kegigihan dan semangat patriotismenya yang tinggi maka Pemerintah Kolonial Inggris pada masa itu membangunkan sebuah monumen berbentuk semacam tugu di pesisir pantai Panjang Kota Bengkulu.
Tugu Hamilton Bengkulu

Tempat dimana monumen itu dibangun saat ini menjadi sebuah situs sejarah yang cukup penting hingga akhirya Pemerintah Daerah menempatkannya di titik tengah sebuah bundaran persimpangan arah jalan menuju berbagai situs dan kawasan objek Wisata di Kota Bengkulu. Mengingat patriotisme tentunya akan membuat anak cucu ‘Hamilton’ berbangga pada moyang mereka ini.
Spoiler for Monumen Hamilton:

6. Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi dapat ditempuh kurang lebih sekitar 10 menit dari pusat Kota Bengkulu. Pantai ini berada di antara Pantai Panjang Putri Gading Cempaka dan Pantai Jakat Kota Bengkulu dan bisa terhubung langsung dengan kedua pantai tersebut.

Sejak zaman pendudukan Inggris di nusantara, di daerah sekitar Pantai Tapak paderi dijadikan daerah pusat kota di Bengkulu pada saat itu. Di pinggir pantai ini juga, Pemerintah Inggris pada zaman pendudukan membangun sebuah benteng pertahanan dan juga pusat pemerintahan yang dinamakan Benteng Marlborough atas instruksi Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffless. Di pantai ini juga, terdapat China Town atau Kampung Cina yang merefleksikan kehidupan pada zaman pendudukan dahulu dan merupakan daerah pusat kota pada waktu itu.
Spoiler for Pantai Tapak Paderi:

7. Pantai Teluk Sepang
Kelurahan Teluk Sepang adalah daerah baru yang dibuka pada tahun 1989 untuk memindahkan kelompok masyarakat korban bencana alam gelombang pasang, berjumlah 420 kepala keluarga dari empat kelurahan yaitu, Kelurahan Berkas, Kelurahan Sumur Meleleh, Kelurahan Malabero dan Kelurahan Pasar Pantai Kecamatan Teluk Segara kota Bengkulu

Teluk Sepang merupakan salah satu kelurahan yang secara administratif termasuk ke dalam wilayah kecamatan Kampung Melayu. Kelurahan ini berjarak 24 km dari pusat kota
Spoiler for Pantai Teluk Sepang:

\t\t
8. Dermaga Pulau Baai
Pulau Baai adalah nama pelabuhan laut yang dimiliki oleh Kota Bengkulu, pelabuhan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1984. Kawasan ini memang dikenal sangat indah panorama pantainya, selain itu kehadiran habitat Hutan Bakau yang tumbuh alami disekitar bibir pantai memberikan satu kesan tersendiri bagi pengunjung. Di area ini terdapat pelabuhan penumpang misal untuk menuju Pulau Enggano dan agak jauh terdapat pelabuhan batubara .
Spoiler for Dermaga Pulau Baai:

9. Museum Bengkulu
Museum Bengkulu terletak di bagian selatan dari jalan utama kota Bengkulu, yaitu di jalan Pembangunan. Disini kita dapat melihat berbagai macam benda benda bersejarah. dan juga baju batik buatan Bengkulu yang dinamakan kain Besurek.
Spoiler for Museum Bengkulu:

10. Taman Hutan Raya
Lokasinya sekitar 16 km dari pusat kota Bengkulu yang dapat dicapai oleh berbagai jenis kendaraan roda empat Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk rekreasi bersama keluargadan tempat kemah dengan keadaan alam yang indah.
Spoiler for Taman Hutan Raya :

Kota Bengkulu

11. Danau Dendam Tak sudah
danau ini sengaja dibuat untuk mencegah terjadinya intrusi air laut. Kawasan danau ini memang berjarak kurang lebih dua kilometer dari bibir pantai dan dipergunakan untuk mencegah mengalirnya air laut ke darat. Di masa Belanda, danau ini kemudian dibuat dam, agar lebih tertata dan tidak mudah meluap serta memudahkan pembuatan jalan. Namun setelah merdeka, pembangunan dam terbengkalai. Dam yang tak selesai itu menginspirasikan warga setempat untuk menamainya menjadi Dam Tak Sudah dan kata “Den” di depan kata “Dam” hanyalah merupakan “kerancuan” yang sengaja ditimbulkan untuk menggelitik rasa ingin tahu.

anggrek pensil yang merupakan flora unggulan Danau Dendam Tak Sudah, hingga kini masih bisa dinikmati pengunjung. Anggrek dengan bunga putih dipadu warna ungu dan bintik-bintik hitam, selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke danau itu.
Spoiler for Danau Dendam Tak sudah:

12. Festifal Tabot
Upacara Tabot merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu yang diadakan untuk mengenang kisah kepahlawan Hussein bin Ali bin Abi Thalib, cucu Nabi Muhammad SAW, yang wafat dalam peperangan di padang Karbala, Irak. Tradisi Tabot dibawa oleh para pekerja Islam Syi‘ah dari Madras dan Bengali, India bagian selatan, yang dibawa oleh tentara Inggris untuk membangun Benteng Marlborough (1713—1719). Mereka kemudian menikah dengan penduduk setempat dan meneruskan tradisi ini hingga ke anak-cucunya.
Perayaan Tahunan dilakukan setiap menyambut Muhharam

terletak sekitar 15 km dari Bandara Fatmawati ke Tapak Paderi. Perjalanan dengan menggunakan mobil ini, akan memakan waktu sekitar 40 menit. Lokasi Tapak Paderi yang berada di Kota Bengkulu
Spoiler for Festifal Tabot:

13. Rumah Bung Karno
Pada zaman koloni Belanda(1939-1942), Soekarno (Yang kemudian menjadi Presiden RI yang pertama) pernah diasingkan di Bengkulu. Selama dalam pengasingan Soekarno tinggal di rumah yang beralamat di Anggut Atas dan sekarang dikenal dengan jalan Soekarno-Hatta. Beberapa peralatan, sepeda, perpustakaan buku-buku, dan yang lainnya yang pernah dimiliki oleh soekarno disimpan di dalam rumah ini. Selama tinggal di Bengkulu
Spoiler for Rumah Bung Karno:

14. Pusat Makanan Khas
lokasi di Jalan penurunan deket dengan simpang 5 Suprapto,
makanannya Halal.
disana jual macam - macam : lempuk, kue siput, kue tart Bengkulu, krupuk palembang, macam 2 makanan khas Bengkulu. Ada juga yang jual pernak pernik
miniatur Tabot dari yang kecil sampe yang besar, tas dari kulit kayu, dompet, topi, semuanya lucu2, gantungan kunci bentuk tabot sampe bentuk bunga Rafflesia, tempat hp semuanya dari kulit kayu yang dikemas menarik dan lucu, Tempuyak, bagar Hiu, dsb
\t
15. Pulau Tikus
Pulau Tikus di Provinsi Bengkulu tidak sepopuler Pulau Bali atau gili-gili di Lombok. Namun, keindahan alamnya, terutama panorama alam bawah laut, adalah mutiara tersembunyi. Pantainya beralas pasir putih. Pada malam hari penyu sisik dan penyu hijau naik ke darat untuk bertelur.

Perjalanan menunju obyek wisata itu bisa ditempuh selama 30 menit dari Pantai Tapak Padri Kota Bengkulu dengan menggunakan kapal nelayan.
Para nelayan setempat selain menyediakan kapal untuk disewa juga siap menjadi pemandu para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tikus.
Menelusuri Pulau Tikus, BALI ke-2 Provinsi Bengkulu
Spoiler for Pulau Tikus:

16. Kampung Tua Cina
Kampung Tua Cina Bengkulu terletak 190 meter di sebelah selatan dari Benteng Marlborough, pada titik koordinat 3o 47? 15,9? LS dan 102o 15? 2,6? BT. Berdasarkan data sejarah kawasan ini merupakan pemukiman Cina sejak masa Kolonial Inggris. Keterangan tersebut mendukung keberadaan tinggalan-tinggalan arkeologi di kawasan tersebut yang berupa rumah tinggal yang mempunyai arsitektur Cina.

Untuk mempertahankan keidentikan dan kekhasan daerah pemukiman Cina tersebut, Pemerintah Daerah Bengkulu mendirikan sebuah gerbang bercorak Cina di depan benteng Marlborough tak jauh dari pemukiman tersebut.\t
Spoiler for Kampung Tua Cina:

17. Rumah Fatmawati Sukarno
Fatmawati adalah seorang wanita yang berasal dari Bengkulu, namanya menjadi harum karena beliau adalah salah seorang istri Ir. Sukarno President Republik Indonesia yang pertama, yang juga ibu dari Megawati Sukarno Putri. beliau pula wanita yang menjahit dan mempersiapkan Sang Saka Bendera pusaka merah putih yang berkibar di hari proklamasi 17 Agustus 1945. Beliau menjadi istri sah Ir. Sukarno saat Ir. Sukarno diasingkan di Bengkulu Tahun 1938.

Terletak di Anggut Kota Bengkulu, berjarak kira-kira 600 meter dari rumah Sukarno. Di rumah terdapat bermacam koleksi antara lain foto-foto Fatmawati, pakaian, mebel dan lain-lain.
Spoiler for Rumah Fatmawati Sukarno:

18. Makam Sentot Alibasyah
Sentot Alibasyah adalah seorang panglima perang pendukung Pangeran Diponegoro, pada perang Diponegoro (1825-1830). Setelah kekalahan Pangeran Diponegoro, Sentot dan para pengikutnya dimanfaatkan oleh Belanda untuk memerangi kaum Paderi di Sumatera Barat. Karena dianggap bersimpati terhadap perjuangan kaum Paderi, akhirnya Sentot Alibasyah dibuang hingga akhir hayatnya di Bengkulu. Makam Sentot Alibasyah berlokasi di Desa Bajak, Kecamatan Teluk Segara
Makam Sentot Alibasyah ini terletak pada koordinat 03o 47l 20,7ll Lintang Selatan dan 102o 15l 48,4ll Bujur Timur. Pada masa kolonial Belanda letak makam ini berada agak di luar kota. Saat ini karena adanya perluasan kota, makam ini berada di dalam kota.

Pada makam Sentot tertulis tanggal pemakaman 17 April 1885. Makam ini berada di ketinggian 38 m diatas permukaan laut. Berjarak sekitar 1,2 km dari Benteng Marlborough dengan sudut kemiringan 94o. Bangunan cungkup makam Sentot Alibasyah bergaya bangunan “tabot” dan memiliki keistimewaan, yaitu di dalam cungkup tidak memperlihatkan adanya nisan kubur, sebagaimana biasanya kubur muslim di Indonesia.
Spoiler for Makam Sentot Alibasyah :

19. Wisata sejarah Masjid Jamik
Masjid Jamik ini terletak di jalan utama kota Bengkulu dan merupakan kenang-kenangan dari Bung Karno semasa pengasingannya dan juga sebagai seorang arsitek, bangunan mesjid yang masih aktif dipergunakan ini memiliki atap berbentuk Limas dan menggambarkan perkimpoian budaya lokal, budaya thionghoa dan budaya islam. Masjid ini terletak di ujung jalan soeprapto tepat di pusat keramaian kota Bengkulu.
Spoiler for Masjid Jamik:


Quote:Original Posted By hary.suhendar
Wisata Sejarah British Cementary

Spoiler for British Cementary:

Komplek pemakaman Inggris dan Belanda ini berjarak 640 m di sebelah timur Benteng Marlborough dengan keletakan geo*grafis 03o47'37,1" LS dan 102o15'12,2" BT. Komplek makam ini berada di tengah-tengah pemukiman. Pada komplek makam ini terdpat 15 buah makam dengan bentuk makam yang berupa bangunan monumental.

Pada beberapa bangunan terlihat lebih dari 1 nisan, umumnya terdapat 2 sampai 4 nisan. Berdasarkan pembacaan terhadap nisan-nisan yang terdapat di komplek makam ini diketahui kronologi dari nisan-nisan tersebut berkisar antara tahun 1775 sampai 1940.

Dari pengamatan terhadap kronologi nisan diperkirakan komplek makam ini juga digunakan ketika Belanda menguasai Bengkulu. Hal ini terlihat dari nama dan bahasa yang terdapat pada nisan-nisan tersebut. Pada nisan-nisan yang tertua sampai awal abad XIX yang tercantum adalah nama-nama orang Inggris dan keterangan-keterangan lainnya ditulis dalam Bahasa Ing*gris; sedangkan pada nisan-nisan yang lebih muda nama-nama yang tercantum adalah nama-nama orang Belanda dan keterangan-keterangan lainnya ditulis dalam Bahasa Belanda

Kab Muko-Muko

1. Pantai Muko-Muko\t
jika kita melakukan perjalanan darat dari bengkulu dapat ditempuh dalam 7 jam perjalanan, panjangny waktu perjalanan & letihny dikendaraan dapat terbalaskan dengan keindahan yg disuguhkan oleh Pantai Muko-muko
Spoiler for Pantai muko-muko:

Spoiler for Pantai muko-muko:

2. Bendungan Air Manjunto\t
Objek wisata Air Manjunto adalah merupakan bendungan irigasi yang berada di sungai Manjunto yang dikelilingi oleh panorama alam yang sangat indah sebagai tempat rekreasi bersama keluarga, Objek wisata Air Manjunto berada di kecamatan Lubuk Pinang sekitar 20 Km dari kota Mukomuko kabupaten mukomuko provinsi Bengkulu.

Bendungan Air Manjunto merupakan salah satu bendungan terbesar yang berada di propinsi Bengkulu, yang diresmikan oleh Mantan Presiden RI ke2, Bapak Alm. Soeharto.

Bendungan air Manjunto berfungsi sebagai irigasi dan sumber air bersih masyarakat di kabupaten Muko-muko,dan juga sekarang bendungan tersebut juga menjadi salah satu obyek wisata unggulan Mukomuko.
Spoiler for Bendungan Air Manjunto:

3. Sungai Air Berau \t
Objek wisata Sungai Air Berau yang berada di bantaran jalan lintas Barat (Jalinbar) Bengkulu ini berpotensi menjadi lokasi kegiatan berburu ikan.
Sungai Air Berau berjarak 30 Km dari Kota Mukomuko sangat cocok untuk wisata arung jeram, karena debit air deras dan penuh rintangan jika dijadikan lokasi arung jeram.

Selain air sungai yang jernih, di tempat ini juga banyak terdapat spesies ikan. Wisatawan bisa melakukan kegiatan menangkap ikan. Di bagian hulu sungai Air Berau terdapat air terjun dalam hutan perawan dan belum tersentuh masyarakat, sehingga para wisaatwan dapat menikmati kesejukan alam.

Pesona alam yang indah dan mempesona ini diyakini bisa mengundang para wisatawan dari luar Provinsi Bengkulu, terlebih sekarang sudah didukung adanya penerbangan rutin ke Kabupaten Mukomuko. Bahkan di hari jati kota Muko muko yang lalu diadakan lomba dayung sampan di sungai ini.
Spoiler for Sungai Air Berau:

4. Pantai Batung Badoro
Objek wisata pantai batung badoro dan Pantai Pandan Wangi adalah satu objek wisata andalan kabupaten mukomuko Pantai ini sangat terkenal bagi masyarakat Sumatra khususnya Bengkulu karena pantainya yang unik dan pemandangan yang sangat indah menjorok kearah laut.

Di sepanjang pantai banyak sekali batu kecil yang menghiasi daratan pantai sehingga sering disebut pantai batu. wah sangat eksotis sekali bukan...beda dari pantai biasanya bagi yang hobi koleksi batu layak dicoba

Selain pohon cemara yang mendiami sekitar pantai juga banyak pohon sawit dan pohon bakau sehingga seperti berada di taman pantai. lokasinya di sepanjang jalan kota mukomuko kecamatan mukomuko utara, kabupaten mukomuko atau sekitar 300 kilometer dari kota Bengkulu.
Pantai ini terlatak krang lebih 3 km dari pusat kota Mukomuko. Pantai Batung Badoro memiliki area pantai yang panjang. Pantai yang sejuk nan indah.. .
Spoiler for Pantai Batung Badoro:

5. Pantai Air Rami
Objek Wisata Pantai air rami adalah pantai berpasir putih dengan panorama alam vegetasi hutan cemara.Sebagian daerah ini merupakan kawasan cagar alam.

Letaknya tepat dipinggir jalan lintas barat, sekitar 10 km dari kota Ipuh Kabupaten Muko-muko.

Bagi yang menggunakan jalur lintas barat dapat singgah untuk beristirat disini sebelum malanjutkan perjalan ke kota Bengkulu atau Provinsi Sumatera Barat.
Spoiler for Pantai Air Rami:

6. Danau Nibung
Letak Danau Nibung berada di Pusat Kota Mukomuko di Kawasan Kantor Bupati, lokasi objek wisata Danau Nibung ini mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua dan hanya berjarak sekitar 6 km dari Kota Muko Muko, ibu kota Kabupaten Muko Muko,Bengkulu.

Sedangkan dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu, berjarak sekitar 300 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum. Kedepannya,objek wisata Danau Nibung ini bisa menjadi objek wisata andalan kabupaten mukomuko.

Danau Nibung mempunyai Panorama Alam perbukitan. dengan dikelilingi oleh hutan tropis sebagai pemandangan utamanya. Selain aktifitas memancing, kita juga dapat menyaksikan satwa liar, seperti burung, Bagi yang pencita “bird watching” dapat berburu foto disini.
Spoiler for Danau Nibung:


Quote:Original Posted By hary.suhendar
Objek Wisata Pantai indah
Spoiler for pantai Indah:

Pantai indah merupakan salah satu objek wisata tujuan baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah, kelebihan pantai ini adalah cocok sebagai tujuan wisata keluarga karena pantai indah ini merupakan pantai yang aman dan sejuk.

Pantai yang ditumbuhi cemara laut ini sangatlah sejuk walau di siang hari, kedepannya pemerintah muko-muko akan menjadikan pantai indah ini sebagai gerbang wisatawan pariwisata Bengkulu dari luar Bengkulu karena letak muko muko yang memang berbatasan dengan propinasi Sumatera barat.

Kab. Seluma

1. Bendungan Seluma\t
merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Seluma yang cukup terkenal. Selain tempat irigasi, Bendungan Seluma juga menyajikan pemandangan alam yang sangat menarik untuk dinikmati, tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat kunjungan para wisatawan dari berbagai daerah di Kabupaten Seluma dan sekitarnya. Bendungan Seluma terletak di Jalan Bendungan Hulu di perbatasan antara Desa Lubuk Kebur, Desa Lubuk Lintang,kabupaten Kabupaten Seluma Wisata Bendungan Seluma

Bendungan ini terletak di daerah Lubuk Kebur Kecamatan Seluma Kota. Lokasi Bendungan Seluma yang dekat dengan Ibu Kota Kabupaten Seluma yaitu Tais, sehingga pada sore hari banyak pengunjung yang datang. Jika Anda kebetulan berada di daerah ini, sudilah kiranya untuk mampir ke tempat ini
Spoiler for Bendungan Seluma:

2. Pantai Seluma\t
eluma terletak di desa Pasar seluma,Sukasari Kecamatan Sukaraja, +/-12 Km dari pusat kota Tais.Pantai Seluma Sangat terkenal karena pantainya yang landai, dengan pasir putih yang luas membentang serta ombaknya yang bervariasi. Memanjang dari Muara Sungai Seluma ke arah Selatan dan sangat cocok bila dikembangkan menjadi lokasi olahraga Selancar (surfing) dan memancing.wisata pantai seluma sangat cocok di gunakan untuk liburan di akhir pekan bersama keluarga
Spoiler for Pantai Seluma:


3. Susur Goa Resam
Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara memiliki potensi yang bagus untuk kawasan wisata alam maupun kegiatan untuk aktivitas kelompok pecinta alam. Potensi itu didukung dengan adanya aset hutan lindung register 37 Bukit Sanggul, arus deras Sungai Seluma, goa besar di Bukit Gasing, dan kondisi alam yang mendukung lainnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri.
pecinta Caving layak dicoba. Indah dan Menawan
Spoiler for Susur Goa Resam:

4. Taman Buru Nasional Semidang Bukit Kabu \t
Kawasan Semidang Bukit Kabu merupakan Taman Buru Nasional yang mempunyai luas sekitar 15.300Ha. yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian. Dikawasan ini masih banyak terdapat satwa langka yang dilindungi, seperti : Harimau Sumatera, Rusa, Menjangan, babi hutan dan berbagai jenis hewan langka lainnya.
Spoiler for Semidang Bukit Kabu:

5. Batu bekinyau (Batu Berkilau) \t
Dinamakan Batu Bekinyau karena sesuai dengan namanya “Bekinyau” yang berarti memantulkan cahaya. Terletak di desa Lunjuk Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma.
Spoiler for Batu bekinyau (Batu Berkilau):

6. Air Terjun Resam
Wisata Air terjun lubuk Resam dengan keaslian alam yang masih terjaga ini Terletak +/- 35 Km dari pusat kota kabupaten, tepatnya di desa Lubuk resam Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, karena terdiri dari 5 baris air terjun pada satu dinding karang dengan ketinggian +/- 70 m
Spoiler for Air Terjun Resam:

7. Sungai seluma\t
Wisata Arung Jeram di Hulu Sungai Seluma. Batu-batu besar, alur sungai yang sempit dan deras serta berbagai macam tantangan dapat dijadikan sebagai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Salah satunya Hulu Sungai Seluma di desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma.
Spoiler for Sungai seluma:

Kab. Bengkulu Selatan

1. Pantai Pasar Bawah/Duayu Sekundang\t
Objek wisata ini terletak dibagian pesisir kota Manna, berkarak sekitar 3km daripusat kota auat sekitar 15 menit menggunakan kendaraan umum
selain pemandangan yg indah tempat ini bisa juga sebagao objek Kuliner, memancing, Kolam renang, Lap Tenis.
Spoiler for Pantai Pasar Bawah:

2. Sungai Manna\t
Arung jeram merupakan perpaduan antara wisata dan olah raga. Mengarungi jeram di hulu Sungai Manna (sebelah Tenggara Gunung Dempo) sangat mengasyikkan dan sekaligus mendebarkan. Rafting, paling sering digunakan di Pelatihan dan Kejuaran\t

Sungai Manna yang membelah bagian Selatan Provinsi Bengkulu ini bagian hulunya berada di wilayah Sumatera Selatan. Kondisi geografis wilayah sebelah barat Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Bukit Barisan, menjadi “surga” bagi Petualang yang suka dengan tantangan dan pengalaman baru. Sejumlah anak sungai yang berarus deras dan berjeram (white water) tersebar di berbagai lokasi.
Lokasi start awal Jeram Manna berada di wilayah Kecamatan Tanjungsakti Kabupaten Lahat, atau sekitar 40 Km dari Kota Pagaralam.
Spoiler for Sungai Manna:

3. Meriam "Honisuit" Meriam Terbesar Di Indonesia peninggalan Inggris
Meriam " Honisuit " adalah peninggalan Inggris pada masa pendudukan di Kota Manna Bengkulu Selatan jenis meriam ini hanya satu satunya dan terbesar yang ada di Indonesia, panjang laras 3,4 m, panjang .dapur mesiu 2,5 m. diameter 90cm lokasi meriam berada di sekitar pantai pasar bawah
Tambahan dari agan hary.suhendar
Spoiler for Meriam "Honisuit":

4. Bendungan Air Nipis\t
Objek wisata Bendungan air nipis adalah sebuah bendungan yang dijadikan tempat kunjungan wisata di Bengkulu Selatan, Bendungan yang dibangun tahun 1986 ini menjadi sasaran kunjungan wisatawan lokal dan memiliki potensi pariwisata yang baik dengan pengolahan yang baik pula tentunya.

Bendungan yang terletak di Seginim Bengkulu Selatan ini memiliki fungsi utamanya sebagai irigator bagi sawah-sawah disekitarnya, oleh sebab itu panorama persawahan menjadi pemandangan yang dominan di tempat ini.
Spoiler for Bendungan Air Nipis:

5. Air Terjun Geluguran\t
Terjun Geluguran ini terletak di desa Pino,kecamatan ulu manna kabupaten Bengkulu Selatan, kira-kira dari kota mana 45 menit dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. biasanya tempat ini banyak didatangi anak muda dan para orang tua juga pada musim liburan.untuk melepas lelah.Tempat wisata air terjun geluguran persis di pingir jalan raya yang menghubungkan kota manna ke pagar alam besemah. pengunjung juga bisa mandi disini yang airnya sendiri tidak terlalu dalam sekitar +-2m kedalamannya.
Para wisatawan, selain bisa menyaksikan air terjun juga dapat menikmati pemandangan alam dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.
Spoiler for Air Terjun Geluguran:

6. Pantai Muara Kedurang
merupakan salah satu Pantai yang menjadi salah satu obyek wisata andalan di kabupaten Bengkulu Selatan. Letaknya persis di jalur simpang tiga antara Kota Manna Bengkulu selatan, Jalur lintas barat Sumatera ( arah Padang Guci ) dan wilayah Kedurang.
Spoiler for Pantai Muara Kedurang:

7. Goa Suluman Kedurang
Objek wisata ini berbentuk gua ini terkenal dengan nama Suluman Ulu Kedurang,letaknya persis di hulu sungai Kedurang, tepatnya di Desa Batu Ampar. Tempat ini baru dapat di capai setelah separuh perjalanannya kita lalui dengan angkutan umum sampai desa Palak Siring kemudian dianjutkan dengan berjalan kaki menuju desa Batu Ampar.
Spoiler for Goa Suluman Kedurang:

Kab. Kaur

1. Pantai Laguna Ujung Lancang Samudera\t
Pantai laguna ujung lancang samudera terletak di desa merpas kecamatan nasal,30 km dari kota Bintuhan.
Luas area objek wisata Pantai Laguna ini lebih kurang 7 hektar.dan jalan menuju lokasi ini lebih kurang 1 km dari jalan raya utama.
Pantai Laguna Ujung lancang samudera ini juga memiliki keunggulan, selain memiliki Pagar Ombak (fenceWave) alamiah sehingga laut di depanya membentuk semacam LAGUNA dan karena itu dapat direnangi dengan relatif aman.
Dari segi alam pantai laguna juga memiliki keunggulan di bandingkan dengan Pantai lain di Provinsi Bengkulu yaitu memiliki Pagar Ombak (reef berier).taman yang ada telah di tumbuhi pepohonan dengan vegetasi menyerupai hutan kecil.beberapa aktifitas bahari dapat di lakukan seperti melihat kehidupan bawah laut atau wisata taman laut.
Di lokasi ini juga dapat di jumpai KOLAM AIR MERAH konon menurut cerita kolam mengandung misteri dan berwarna merah seperti darah,penduduk setempat menamakanya "kolam air merah"
Jadi..,buat teman-teman yang penasaran dengan pantai laguna ini,bisa berkunjung langsung ke kab.KAUR.
Spoiler for Pantai Laguna Ujung Lancang Samudera:

2. Sungai Padang Guci\t
Sngai air padang yang mana sungai ini merupakan sumber irigasi masyarakat untuk perairan sawah.Sungai ini sangat panjang yang mana muara sungai ini berhakir di muare padang guci,yang lansung hakir dari sungai ini betemu di laut muare padang guci.
Spoiler for Sungai Padang Guci:

\t
3. Gunung Patah\t
Gunung Patah adalah gunung berapi yang terletak di sebelah timur laut Gunung Dempo di Sumatera, Indonesia. Pada 1 Mei 1989 terjadi aktivitas fumarol yang terjadi di dekat puncak gunung. Lokasi pasti dari kawah dan kapan terjadinya gunung belum diketahui secara pasti. ketinggian 2817 mdpl
Spoiler for Gunung Patah:
\t
4. Pantai Linau
erletak di sisi jalan lintas Kaur menuju Lampung yang berjarak sekitar 20 Km dari pusat kota Bintuhan kabupaten Kaur. Daya tarik wisata pantai Linau berupa teluk dengan pantai berpasir putih dan pemandangan bawah laut.pantai Linau juga merupakan dermaga pelabuhan kapal
Spoiler for Pantai Linau:
\t
5. Pantai Way Hawang
Objek wisata Pantai Way Hawang di Desa Way Hawang dan Pantai Linau di tepi jalan lintas Bengkulu-Lampung yang memiliki pasir putih dan merupakan teluk sehingga airnya tenang dan bersih.Obyek wisata pantai ini terletak di Way Hawang antara Bintuhan dengan Merpas.

Menurut mitos batu ini berasal dari sebuah kapal, hal ini terjadi karena kutukan si pahit lidah. Pada saat itu ada sebuah kapal yang sedang mencari ikan, tetapi ada seorang bapak( si pahit lidah ) yang sedang berjalan disekitar tepi pantai.

Dia meminta api pada sang pemilik kapal itu dia memanggil-mangil tapi seperti tak dihiraukan, sebenarnya bukan karena tak dihiraukan tetapi jarak kapal itu cukup jauh dari tepi pantai sehingga tidak terdengar oleh pemilik kapal itu. Sipahit lidah murka dan dikutuknya lah kapal itu menjadi batu, maka berubahlah kapal itu menjadi batu. kalau dilihat bentuk batu itu mirip sekali dengan sebuah kapal / perahu.
Spoiler for Pantai Way Hawang:

Kab. Bengkulu Tengah

1. Air Terun Datar Lebar\t
Objek wisata Air terjun desa Datar Lebar ini terletak di kabupaten Bengkulu Tengah Tepatnya di Kawasan Hutan Lindung taba penanjung Desa Datar Lebar. Air terjun setinggi 15 meter ini berada kurang lebih 10 Km dari jalan raya. Karena aksesnya yang masih relatif susah ditempuh, maka objek wisata ini kurang diminati, padahal jikalau kita mau berusaha sedikit dan menikmati suasana hutan yang masih asri, rasa letih tersebut dapat terobati dengan pemandangan alam air terjun tersebut
Spoiler for Air Terun Datar Lebar:

\t2. Tebing Alam Bukit Kandis\t
Wisata alam Bukit Kandis Dan Gunung Bungkuk merupakan bagian Hutan Lindung kabupaten Bengkulu Tengah, Wisatawan ditawarkan rekreasi Alam Bebas.Banyak pelancong dua tempat ini memanfaatkan ke-dua tempat ini menjadi tempat kegiatan alam bebas baik hiking, mountainiring, jelajah alam bebas, berkemah dan hill climbing.

Tempat yang cocok dan merupakan surga bagi penggiat alam bebas ini sedang digiatkan menjadi wisata andalan kabupaten Bengkulu Tengah untuk kedepanny
Spoiler for Tebing Alam Bukit Kandis:

3. Gunung Bungkuk
Gunung Bungkuk,yang tepatnya berada di Desa Cawang Baru Kecamatan Selupu Rejang bengkulu tengah.Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 1162 meter ini berada di Kabupaten Bengkulu Tengah, dan dapat terlihat jelas dari Kota Curup
Gunung Bungkuk" Adalah sekumpulan bukit karang yang tinggi menjulang hingga setinggi gunung. Berlokasi di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah. Bentuknya yang tegak - tinggi dan sedikit mencerminkan seperti tubuh manusia yang sudah ‘bungkuk’ menyebabkan bukit ini dinamai oleh masyarakat lokal sebagai ‘Gunung Bungkuk’
Melakukan lawatan ke situs ini akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan baik tentang bukit Bungkuk sendiri, dan segala pesona sejarahnya
Spoiler for Gunung Bungkuk:

4. Wisata Bunker Coa Sako\t
Situs budaya Bunker Coa Sako adalah sebuah Cagar Budaya berbentuk sebuah bunker atau tempat perlindungan di bawah tanah yang dibangun pada jaman penjajahan Inggris di Bengkulu, saBangunan bunker berjumlah 3 ruangan yang ruangannya tidak saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Situs yang berkepemilikan adalah milik pribadi atas nama ajisul ini sangat memprihatinkan karena terbengkalai dan tak terurus karena tidak mendapatkan perhatian dari pemerintahan setempat.
Lokasi: taba penanjung kab. Bengkulu tengah Bengkulu Indonesia

Letak Situs ini berada jauh dari perkotaan, tepatnya berada di perbukitan dan di pinggir jalan yang menghubungkan antara Bengkulu - Bengkulu Tengah dan Kabupaten kepahiang.
Dari segi peta pemerintahan, situs ini masih masuk ke dalam lingkungan Kabupaten Bengkulu tengah. Situs ini dapat anda tempuh menggunakan kendaraan baik mobil maupun motor karena situs ini terletak di pinggir jalan utama. Rute yang bisa anda tempuh setelah mendarat di lapangan udara Fatmawati Bengkulu adalah menuju ke Kabupaten Bengkulu Tengah arah Kota Curup. Kurang lebih 1,5 jam perjalanan darat tepatnya 50 meter sebelum taman Gunung Liku sembilan, di sebelah kiri adan jalan anda akan menemukan situs ini.
Spoiler for Wisata Bunker Coa Sako:

5. Taman Liku Sembilan
ni berada di kawasan cagar alam Hutan lindung Taba penanjung yang luasnya kurang lebih 46 ha. Taman Liku Sembilan Dibelah oleh jalan raya yang menghubungkan kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah dan Kepahiang. Wisata Alam, itu yang ditawarkan bagi para pecinta alam dan penggiat lingkungan. Hutan tropis yang kaya akan mata air ini menjadi habitat asli Rafflesia arnoldii dan menjadi rumah yang nyaman bagi binatang Seperti monyet yang ada di kawasan ini.\t
Spoiler for Taman Liku Sembilan:

6. Bunga Rafflessia
Rafflesia Arnoldii merupakan salah jenis tanaman langka yang hanya tumbuh di kawasan Sumatra bagian selatan, terutama di Provinsi Bengkulu. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Bengkulu pada tahun 1818, oleh seorang letnan dari Inggris, yang pada saat itu tengah menjabat sebagai Gubernur Bengkulu, Thomas Stamford Raffles dan Dr. Arnoldy, seorang ahli botani.

Oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, bunga ini ditetapkan sebagai lambang provinsi. Karena Refflesia Arnoldii merupakan tanaman langka, maka sejak tahun 2000 Pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkannya sebagai tanaman yang dilindungi dan harus dilestarikan. Selain itu, sejak tahun 2001, beberapa kawasan hutan yang menjadi habitat Rafflesia Arnoldii ditetapkan sebagai kawasan hutan yang dilindungi.
Di Provinsi Bengkulu ada beberapa tempat yang menjadi habitat Rafflesia Arnoldii. Salah satunya terletak sekitar 52 km sebelah timur Kota Bengkulu, yakni di kawasan Hutan Lindung Register 5 Bukit Daun, Taba Penanjung, Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Kawasan hutan lindung ini berada di sisi jalan raya Kota Bengkulu Kepahiang. Terkadang, bunga yang sedang mekar hanya berjarak sekitar 5—10 meter dari jalan raya tersebut. Sehingga, wisatawan dapat melihat Rafflesia Arnoldii yang sedang mekar dari pinggir jalan ini.
Spoiler for Bunga Rafflessia:


6. Sungai Suci
Objek wisata pantai Sungai Suci merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah,di pantai ini juga merupakan salah satu lokasi mencari batu akik (batu cincin), karena cukup banyak bertebaran di sepanjang pantai.

Objek wisata tersebut berlokasi di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, atau berada di perbatasan antara Kota Bengkulu dengan Bengkulu Utara.

Transportasi ke lokasi cukup lancar dan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum, dengan jarak tempuh hanya 15 km dari Kota Bengkulu dan sekitar 20 km dari Bandara Fatmawati.
Spoiler for Sungai Suci:

Kab. Kepahyang

1. Kebun Teh Kabawetan\t
Objek Agrowisata Perkebunan teh Kabawetan adalah perkebunan teh peninggalan kolonial Belanda, Kabawetan terletak tidak jauh dari pusat kota Kepahiang.letak perkebunan teh ini mungkin lebih kurang 5 km dari pusat kota Kepahiang.
Spoiler for Kebun Teh Kabawetan:

2. Flora langka Amorphophallus.\t
Konservasi flora Amorphophallus di Wisata Hutan tropis yang ditawarkan oleh Kepahiang ini terletak di Desa Tebat Monok. kawasan yang masih masuk daerah Hutan Lindung ini menyimpan kekhasan yang bernilai tinggi yaitu merupakan daerah habitat flora langka Amorphophallus.

Daerah ini juga menjadi daerah konservasi flora langka lainnya yaitu Rafflesia arnoldii . Seperti diketahui, bunga yang memiliki ukuran raksasa ini dapat mencapai diameter 1,5 meter. Sedangkan Amorphophallus ini mencapai tinggi 2 meter.

Selain menjadi daya tarik pengunjung untuk melihat langsung bunga yang mekar sekitar maret - november ini, daerah konservasi ini acap kali dijadikan wisata edukasi oleh bebrapa institusi dan ilmuan.

kawasan hutan yang masih asri ini menambah sense petualangan bagi yang berjiwa petualang dan bagi mereka yang mencintai alam bebas. Kawasan yang terletak 65 km dari kota Bengkulu ini dapat dengan mudah dicapai karena dekat dengan jalur transportasi.
Spoiler for Flora langka Amorphophallus:
\t
5. Air Terjun & kawah air panas Bukit Hitam\t
untuk menuju lokasi sekitar 3 jam perjalanan santai dari kebun teh Kabawetan
masih berjalan setapak untuk menuju lokasi
sidana terdapat Kawah air panas & 3 air terjun (2 air terjun yg menyatu membentuk 1 lagi air terjun)
Spoiler for Kawah:
\t
Spoiler for Air terjun:
\t
\t
6. Air Terjun Curug Embun
Objek wisata Air terjun Curug Embun Kabawetan ini memiliki daya tarik Wisata Air terjun curug Embun yang merupakan air terjun dengan ketinggian 100 meter dan panorama pegunungan dengan udara yang sejuk. Air terjun Curug Embun merupakan obyek wisata alam yang ada di Provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Kepahiang, yang menawarkan kesejukan bagi wisatawan yang berkunjung.
Spoiler for Air Terjun Curug Embun:

7. Danau Suro
wisata Danau Suro adalah salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang adalah Danau Suro yang terletak di Desa Suro Kecamatan Ujan Mas. Danau ini merupakan hasil pembendungan Sungai Musi yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
lokasi berjarak sekitar 15km kearah curup desa.suro
Tambahan dari agan hary.suhendar
Spoiler for Danau Suro:

8. PLTA Musi
Musi terletak di 11 Kilometer dari pusat kota Kepahiang dengan jarak tempuh 20 Menit dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Sarana transportasi menuju lokasi PLTA Musi Ujan Mas ini Aspal Hotmix berliku dan dikelilingi panorama hutan dan perkebunan yang indah. PLTA ini berupa jaringan transmisi berkekuatan 3 X 70 MW.

Selain sebagai pembangkit Tenaga Listrik lokasi ini sering dijadikan objek wisata yang banyak di kunjungi wisatawan pada hari libur.
Tambahan dari agan hary.suhendar
Spoiler for PLTA Musi:

8. Kepahiang Alami
Berada di kota kepahiang ini merupakan ikon Kabupaten Kepahiang
kita bisa melihat pemandangan kota kepahiang dari atas bikit ini, jika malam hari akan terlihat pemandangan lampu22 yg sangat indah, perjalanan akan sedikit mendaki sekitar 15 menit
Spoiler for Kepahiang Alami:

Spoiler for Kepahiang Alami:


Quote:Original Posted By hary.suhendar
Objek wisata tirta Muara langkap
Spoiler for tirta Muara langkap:

Objek wisata tirta Muara langkap yang terletak di Kecamatan Bermani Ilir ini sangatlah banyak diminati pengynjung lokal, terlebih di sore hari. Objek wisata yang telah dilengkapi dengan gedung pertemuan dan villa ini dapat ditempuh kurang lebih 15 menit dari Kota Kepahiang.

Kondisi alam yang masih sangat alami, merupakan potensi yg dapat dikembangkan. Akses ke jalan utama sangat lancar. Kedepan dibutuhkan investor dengan pengelolaan yang profesional untuk mamaksimalkan potensi yg ada.

Kab. Rejang Lebong

1. Danau Mas Bestari\t
Kawasan wisata Danau Mas di Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, itu terasa

menyimpan potensi keindahan alami yang menawan. Meskipun obyek wisata yang ditawarkan hanyalah berupa danau di perbukitan, kawasan

itu tetap menawan bagi pengunjung yang datang.
Danau Mas terletak sekitar 19 kilometer dari Curup, ibu kota Kabupaten Rejang Lebong, atau sekitar 25 kilometer dari Lubuk

Linggau, Sumatera Selatan. Danau ini terletak di tepi jalan yang menghubungkan dua kota bertetangga tetapi lain provinsi tersebut.
Lokasi Danau Mas akan dengan mudah terlihat oleh para pengguna jalan yang tengah melintas. Letak danau yang berada di lembah,
persis di bagian bawah tepi jalan, memudahkan pemakai jalan untuk melihatnya.
Tambahan dari agan hary.suhendar
Spoiler for Danau Mas Bestari:

2. Bukit Kaba\t
BUkit Kaba adalah gunung berapi yang terletak di perbatasan Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Dari Kota Curup, gunung ini berada di sebelah tenggara dengan jarak sekitar 15 km.
Lokasi disekitar Bukit Kaba merupakan salah satu cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia.

kondisi alam yang berbukit dan berudara sejuk serta pemandangan yang indah. Obyek Wisata Bukit Kaba merupakan salah satu obyek

wisata alam dengan luas + 100 ha Yang sangat potensial dengan ketinggian 1964 m dari permukaan laut dan terletak 18 km dari

ibukota Kabupaten, Curup, dan 42 km dari Kota Lubuk Linggau, dari Puncak Bukit kaba ini kita dapat menyaksikan panorama Alam yang

menawan yang jarang dijumpai didaerah lain. Untuk mencapai Puncak Bukit Kaba dapat ditempuh dengan dua cara yaitu dengan berjalan

kaki melewati jalan setapak dan dengan menggunakan kendaraan double gardan dengan cepat dikarenakan jalan telah diaspal.

Flora dan Fauna yang terdapat di OW. Bukit Kaba antara lain :
Flora : Bunga Rafflesia Arnoldy dan Bunga Bangkai.

Fauna : Bunglon, Tupai, Burung Tanah, Monyet, Musang, Siamang, Beruk, Burung Raja Udang, Burung Kutilang Emas, Burung Elang dan

Satwa Langka yang Dilindungi Seperti Harimau Kumbang, Harimau Belang, Kijang, Rusa.

Daya tarik dan keistimewaan yang dimiliki objek wisata Bukit Kaba adalah sangat Cocok bagi pengunjung yang memiliki hobi

bertualang, udaranya yang sejuk, Keunikan dan keutuhan sumber daya alam serta panorama alam dengan pandangan lepas, selain itu di

bukit kaba terdapat kawah vulkanik yang masih aktif.
Spoiler for Bukit Kaba:

3. Suban Air Panas\t
Objek Wisata Suban Air panas merupakan obyek wisata alam yang sudah lama diminati masyarakat Bengkulu, Kelebihan objek wisata ini

sangatlah banyak, itu dikarenakan objek wisata ini menawarkan berbagai keunikan di dalamnya. Obyek wisata ini masih terus

dikembangkan dan ditata dengan baik sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara.

Obyek wisata ini terletak + 6 km dari Kota Curup. Selain merupakan tempat rekreasi yang menyenangkan, air panas di obyek wisata

ini dipercaya berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit, pegal linu dan rematik.

Dilokasi ini juga terdapat air terjun yang indah dengan ketinggian + 90 m dengan air yang jernih dan dingin.

Selain itu terdapat pula batu yang dianggap keramat yang diberi nama Batu Menangis oleh masyarakat setempat.

Konon mitosnya orang-orang tertentu membawa sejumlah hewan peliharaan dan memotongnya untuk mendapatkan keberkahan dari Tuhan Yang

Maha Kuasa.

Jumlah pengunjung ke obyek wisata Suban Air panas ini mencapai + 7500 orang/bulan dan untuk menuju obyek wisata alam Suban Air

Panas tersebut tidaklah sulit karena jaraknya + 3 km dari jalan Negara, maka lokasi dapat dengan mudah diakses menggunakan

kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4.

Obyek wisata alam Suban Air Panas ini merupakan wisata unggulan di Propinsi Bengkulu pada umumnya dan Kabupaten Rejang Lebong pada

khususnya.
Spoiler for Suban Air Panas:
\t
4. Air Terjun Kepala Curup
Objek Wisata Air Terjun Kepala Curup, Daya tarik yang dimiliki objek wisata ini berupa air terjun dengan ketinggian 100 meter

serta memiliki keindahan pemandangan alam dan udara sejuk dan asri. Selain menikmati keindahan alam, kita juga dapat melihat jenis

flora dan fauna seperti berbagai jenis burung, monyet dan habitat bunga Rafflesia.

Lokasi obyek wisata terletak 29 km dari kota Curup Atau sekitar 80 km dari Ibu kota Bengkulu.
Spoiler for Air Terjun Kepala Curup:

5. Air Terjun Sindang Kelingi
Objek Wisata Air terjun sindang kelingi,air terjun yang cukup tinggi berada di desa sindang jati,air terjun ini masih alami dan

memiliki sisi tebing yang sangat curam pada bagian kiri dan kanannya.

Untuk menjangkau daerah ini tidak begitu sulit karena lokasinya tepat berada di pinggir jalan, namun untuk mencapai dasar dari air

terjun ini sangatlah sukar karena tidak ada jalan menuju ke dasar air terjun tersebut,kita harus menelusuri puing-puing sisa

bangunan belanda, yang mana jalan tersebut sangat curam dan licin.
Spoiler for Air Terjun Sindang Kelingi:

6. Kebun Teh Bukit Daun
Perkebunan teh ini terletak di Kampung Sajad, Bermani Ulu. Terletak 22 km dari Curup. Untuk menuju ke sini, kita dapat melalui jalur persimpangan Tabarenah-Talang Gambir, atau persimpangan Pal Seratus.
Perkebunan teh ini dikelolah oleh PT.Agrotea. Perkebunan teh ini memproduksi teh cap Dandang.
Dari perkebunan teh ini kita dapat melihat kota Curup dan sekitarnya.
Spoiler for Kebun Teh Bukit Daun:

7. Taman wisata Diobagotte\t
Objek Taman wisata Diobagotte ini terletak 4 km dari pusat kota Curup. Tempat wisata yang cukup representatif ini, memiliki beberapa sarana antara lain kolam pemancingan, kolam renang, kolam air panas, mandi uap, dan memiliki koleksi binatang antara lain beruang, gajah, berbagai jenis burung, kuda, kera, monyet kura-kura, biawak, dan lain sebaginya. Juga terdapat sarana bermain anak-anak, motor anak, dan lain-lain.
Spoiler for Taman wisata Diobagotte:
\t
8. Wisata Lubuk Beso
Objek Wisata Lubuk Beso kalau diterjemahkan dari bahasa Lembak, berarti Lubuk Besar. Terletak di desa Apur, 3 km dari Kepala Curup-Rejang Lebong. Di sini kita dapat menikmati pemandangan alam sambil memancing ikan di lubuk ini.
Spoiler for Wisata Lubuk Beso:

Kab. Lebong

1. Danau Tes\t
Hutan Suaka Alam Danau Tes memiliki luas 3.230 Ha. Berdasarkan SK Menteri Pertanian Nomor: 148/Kpts/UM/1974 tanggal 27 Maret 1974.
Debit air Danau Tes merupakan Sumber Penggerak Turbin yang berkapasitas 16 Mega Watt. Di danau tes banyak terdapat jenis ikan baik yang asli/lokal maupun yang sengaja ditebar. Sedang fauna khas adalah burung belibis (Cairina Scutulata), yang biasa terbang dari Danau Test ke Danau Menghijau atau sebaliknya, obyek yang bisa dinikmati yaitu memancing dan bersampan mengarungi danau

Cara mencapai lokasi:
• Dengan Kendaraan Umum atau pribadi dari Bengkulu ke Tes sekitar 138 km, kondisi jalan bagus.
Spoiler for Danau Tes:

Spoiler for Danau Tes:

2. Bukit Kacamata\t
Lebong Kacamata merupakan lokasi penambangan emas peninggalan Belanda, yang meninggalkan lubang seperti goa dengan bentuk yang tidak beraturan. Ada tiga buah lubang yang menembus kedalam goa dengan diameter sekitar 2 meter, posisi lubang dari dasar ketinggian sekitar 4 meter. Saat ini oleh masyarakat dijadikan tempat penambangan emas tradisional. Aktifitas penambangan emas tradisional ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Lebong Kacamata. Tambang yang berada di Kecamatan Lebong Utara + 2 Km dari Pusat Kota
Spoiler for Bukit Kacamata:

3. Air Putih
merupakan tempat wisata sumber air panas yang sangat menarik yang terletak ± 10 Km sebelah Timur dari Kota Muara Aman di Desa Air Kopras,kabupaten Lebong. Adapun untuk menjangkau lokasi tersebut ada dua alternatif jalan menuju kawasan yaitu dari jalur Bengkulu Utara dengan melewati kecamatan giri mulya yang terdapat perkebunan kopi di sisi jalan.Alternatif kedua yaitu melalui curup menuju muara amandengan melalui Danau Tes. Wisata ini menawarkan atraksi air panas yang keluar dari perut bumi, dengan pemandangan alam indah yang bernuansa pedesaan.
Spoiler for Air Putih:
\t
4. Telaga 7 warna
wisata yang menjadi kebanggan masyarakat kabupaten Lebong yang bukan saja karena keunikannya, tapi juga karena keindahannya. Objek wisata Telaga tujuh warna ini dapat ditempuh kira2 memakan waktu sekitar 35 km dari kota curup menuju muara aman tepatnya di daerah desa sumber bening, rimbo pengadang. Dari simpang jalan di sumber bening ini dilanjutkan perjalanan selama 6 km perjalanan.
Spoiler for Telaga 7 warna:


5. Air Picung
Obyek wisata yang berada di Desa Tanjung Agung Kecamatan Pelabai atau tepatnya berada persis di belakang rumah dinas Bupati Lebong ini, sepintas memang tak jauh berbeda dengan obyek wisata danau yang ada di daerah lain. Namun keasrian dan kealamiannya, tak tertandingi. Apalagi jika kita menyempatkan diri untuk menikmati lembayung di danau ini. Saat fajar menyingsing dan senja menjelang, ungu bersemburat jingga.
merupakan tempat Wisata Danau Alami yang belum tersentuh tangan-tangan jail dan sangat cocok bila digunakan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga untuk berakhir pekan. Objek wisata Air Picung terletak disebelah Utara Kota Muara Aman kabupaten Lebong, dengan jarak kira-kira ± 5 Km. Untuk mencapai Objek wisata Air Picung ini dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan darat dari bandara fatmawati Bengkulu.
Spoiler for Air Picung:

Spoiler for Air Picung:

Kab. Bengkulu Utara

1. Air Terjun Kepala Siring\t
Air Terjun Kepala Siring adalah salah satu tujuan wisata baik lokal maupun wisatawan luar daerah di daerah kabupaten Bengkulu Utara dan memiliki daya Tarik berupa air terjun dan irigasi peninggalan Belanda serta pemandangan alam hutan konservasi sebagia tempat tumbuhnya tumbuhan Rafflesia.

Di sekitar air terjun ini terdapat sungai dengan bebatuan dan air yang sangat dingin karena Air Terjun Kepala Siring merupakan Air Terjun yang berada di daerah pegunungan.tepatnya berada di Kemumu, Arga Makmur,Bengkulu utara.

dari arga makmur cuman memerlukan waktu sekitar kurang lebih sekitar 15 menit menuju Objek wisata Air Terjun Kepala siring. di sepanjang jalan menuju lokasi kita akan disuguhi pemandangan sawah2 teras siring dan bukit barisan.
Spoiler for Air Terjun Kepala Siring:

2. Pantai Lais\t
Pantai Lais merupakan obyek wisata yang berada di Desa Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, dan menjadi salah satu tempat banyak dikunjungi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Edi Nevian di Bengkulu, menjelaskan, objek tersebut banyak dikungjungi wisatawan selain memang indah juga mudah dijangkau.
"Pantai tersebut berada di tepi jalan rayat Lintas Barat Sumatra, jadi sangat mudah bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi itu,
selama ini objek wisata itu kurang dipromosikan karena itu belum cukup dikenal terutama oleh wisatawan dari luar daerah.

Jarak dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu ke Pantai Lais, sekitar 60 km dan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum.
Spoiler for Pantai Lais:

3. Lebong Tandai\t
"Batavia Kecil" (nama lain untuk kawasan Lebong Tandai yang digunakan Belanda waktu menguasai lokasi tambang emas di desa Lebong Tandai). Mengingatkan kita pada kejayaan masa lalu, dimana tempat ini pernah menjadi incaran banyak pihak, baik pada masa Belanda, Jepang maupun Investor pada masa kemerdekaan ini"

Menuju lokasi penambangan emas didesa Lebong Tandai Kecamatan Napal Putih Kabupaten Bengkulu Utara Propinsi Bengkulu cukup mudah karena angkutan umum relatif lancar, karena kita dapat memilih apakah melalui rute Kota Bengkulu- Napal Putih atau melalui rute Muara Aman (Ibu Kota Kabupaten Lebong) – Napal Putih. Perjalanan dari kota Bengkulu memakan waktu sekitar 3, 5 jam dengan menggunakan angkutan umum menuju desa Napal Putih, dengan ongkos Rp 30.000, desa itu adalah desa terakhir yang kita singgahi sebelum melakukan perjalanan ke desa Lebong Tandai. Demikian juga jika kita memilih rute Muara Aman-Napal Putih kita akan menempuh perjalanan dengan angkutan umum sekitar 4 jam.
Spoiler for Lebong Tandai:

4. Kereta Lori Molek\t
Dari Napal Putih kemudian menuju ‘Stasiun’ Molek (sebutan bagi kereta lori berukuran 5 x 1 m, bermesin diesel 10 PK yang bermuatan maksimal 10 penumpang). Ongkos perorang adalah Rp 20.000. Stasiun ini terletak diujung desa, dipinggir sungai ketahun. Banyak Molek yang menunggu penumpang namun rata-rata terminal ini ramai pada hari Senin dan Kamis karena pada hari itu para penambang dari luar Kabupaten Bengkulu Utara misalnya dari Kabupaten Lebong dan Rejang Lebong berdatangan menuju desa Lebong Tandai. Perjalanan dengan menggunakan Molek menuju Lebong Tandai dilakukan sore hari yaitu sekitar pukul 17.00 WIB hal ini guna menghindari terjadinya tabrakan dikarenakan Molek dari Lebong Tandai tiba di Napal Putih pukul 16.00 WIB. Meningat jalur rel hanya satu, jika terpaksa bertemu dengan Molek yang lain yang berlawanan arah atau ada Molek yang macet dijalan maka salah satu Molek dapat disingkirkan keluar rel, cukup hanya dengan tenaga 3 orang Molek itu dapat diangkat keluar rel.
Spoiler for Kereta Lori Molek:

5. Pulau Enggano\t
Pulau Enggano adalah kelompok kepulauan yang terletak di Samudera Indonesia. Enggano terdiri dari 6 buah pulau, dan Enggano merupakan pulau yang terbesar dengan ukuran sekitar 29Km x 18Km dan luas keseluruhan termasuk pulau-pulau kecil sekitarnya adalah 443Km bujur sangkar.

Kepulauan ini banyak menyimpan potensi alam yang luar biasa besarnya, seperti sumber alam berupa kawasan hutan wisata dan konservasi hutan buru gunung Nanu’ua seluas 10.000 Ha, dengan aneka jenis flora dan fauna langka dan target sasaran pemburuan adalah babi hutan, sapi liar dan kerbau liar.

Pantai yang indah dengan taman laut yang mengandung beraneka ragam ikan hias dengan karang laut yang indah dan berwarna-warni.

Pulau Enggano berjarak sekitar 97 mil dari Kota Bengkulu atau ditempuh dengan transportasi KM Raja Enggano selama sepuluh jam perjalanan. Sebelum sampai ke pulau terpencil itu para pemancing bisa memanfaatkan hobinya memancing ikan dalam perjalanan.
Spoiler for Pulau Enggano:

6. Pusat Pelatihan Gajah Seblat\t
Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat merupakan lokasi yang digunakan untuk melatih dan membantu proses perkembangbiakan gajah-gajah liar sumatra (elephas maximus sumatrensis) yang terdapat di Propinsi Bengkulu. Tempat yang menjadi salah satu tujuan wisata di Propinsi Bengkulu ini berdiri pada bulan Oktober 1992 melalui SK Menhut No. 658/Kpts-ll/1995 tanggal 8 Desember 1995, memiliki luas sekitar 6800 hektar, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Selain sebagai kawasan konservasi bagi sekitar 200 ekor gajah liar sumatra, PLG Seblat juga merupakan habitat bagi beberapa flora dan fauna langka khas Pulau Sumatra.

Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat terletak di Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu, Indonesia.

Akses menuju kawasan PLG Seblat tidak terlalu sulit. Dari arah Kota Bengkulu, pengunjung dapat meluncur ke arah Air Muring, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum (bus), dengan jarak tempuh sekitar 150 km. Setelah sampai di Air Muring, terdapat 3 jalur yang dapat dipilih untuk sampai di kawasan PLG Seblat, yaitu:
1. Lewat PT. Agricinal dengan jarak tempuh sekitar 20 km, atau memakan waktu sekitar 1 jam.
2. Lewat Seblat (samping Kantor Kecamatan Putri Hijau) Blok C, Suka Baru, PLG Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 15 km.
3. Lewat Air Muring, Suka Merindu, Suka Baru, PLG Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 17 km.
Spoiler for Pusat Pelatihan Gajah Seblat:

7. Air Terjun Curug Sembilan\t
Propinsi Bengkulu sangat kaya dengan objek wisata alam yang masih sangat alamiah dan belum tersentuh oleh tangan profesional. Salah satunya adalah Air Terjun Curug 9, merupakan salah satu air terjun yang unik dan khas, karena air yang mengalir membentuk sembilan tingkatan dan masing-masing tingkatan membentuk beberapa air terjun sehingga memberikan pemandangan alam yang spektakuler.
Air Terjun Curug 9 berlokasi di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk mencapai lokasi ini menempuh jarak sekitar 120 km dari kota Bengkulu dengan menggunakan kendaraan roda 4.
Air Terjun ini terletak di kawasan hutan lindung yang alami dan sangat menarik untuk dikunjungi oleh para pecinta alam. Disini juga dapat ditemui berbagai macam flora dan fauna langka dengan habitat yang alami.
Spoiler for Air Terjun Curug Sembilan:


Quote:Original Posted By hary.suhendar
Objek Wisata Danau Gedang
Spoiler for Danau Gedang:

Objek Wisata Danau Gedang adalah sebuah danau yang menjadi tujuan wisata Bengkulu Utara dengan daya tarik pemandangan alam danau ditepi laut, terletak di desa padang betuah.

fasiilitas : Jalan aspal ke lokasi dan shelter, sekitar 24 km dari kota Bengkulu.
Quote:Original Posted By giegiie


ada info untuk penginapannya juga ga? losmen ato hotel yang murah tapi ga murahan hehe.. rencana minggu depan mo ke bengkulu. tengkyuu..
waaa boleh thu gan... di daerah mana nih maunya...

klo daerah bengkulu, di sepanjang pantai panjang banyak penginapan2 yg berhadapan langsung dengan pantainya. agan tinggal pilih aja thu mau yg gmn
Quote:Original Posted By giegiie
waaa boleh thu gan... di daerah mana nih maunya...

klo daerah bengkulu, di sepanjang pantai panjang banyak penginapan2 yg berhadapan langsung dengan pantainya. agan tinggal pilih aja thu mau yg gmn


ooo gituu ya? sekitar berapaan ya gan? trus kalo mo snorkling ke pulau tikus berapa biayanya? jauh ga dari pantai panjang? di kota bengkulu aja keknya
Quote:Original Posted By jiayu
ooo gituu ya? sekitar berapaan ya gan? trus kalo mo snorkling ke pulau tikus berapa biayanya? jauh ga dari pantai panjang? di kota bengkulu aja keknya


kalo hargny ane kurang tau gak jarang bgt sih berkunjung ke hotel..
agan bisa cek kesini aja yg non bintang biasany lebih murah
http://wisatabengkulu.com/index.php?...3&limitstart=1

kalo kepulau tikus biasanya kita langsung ke t4 nelayan nya aja di pulau baai banyak gan nelayan yg siap mengantar
terakhir tmn ane kesana 800rb mereka 10 orang, tergantung lobby bisa dapet 750rb jga....

selamat berwisata
Quote:Original Posted By giegiie
kalo hargny ane kurang tau gak jarang bgt sih berkunjung ke hotel..
agan bisa cek kesini aja yg non bintang biasany lebih murah
http://wisatabengkulu.com/index.php?...3&limitstart=1

kalo kepulau tikus biasanya kita langsung ke t4 nelayan nya aja di pulau baai banyak gan nelayan yg siap mengantar
terakhir tmn ane kesana 800rb mereka 10 orang, tergantung lobby bisa dapet 750rb jga....

selamat berwisata


manttabbsss infonya. thank you gan..
Quote:Original Posted By jiayu
manttabbsss infonya. thank you gan..


sepp moga bermanfaat buat agan
Quote:Original Posted By jiayu
manttabbsss infonya. thank you gan..


kalo mau ke pulau tikus kabar2 gan...ndak ikut e
Quote:Original Posted By mcdoel
kalo mau ke pulau tikus kabar2 gan...ndak ikut e



wadoh..aye batal ke bengkulu gan, sayang banget.
×