KASKUS

Indonesia bangun kapal kawal rudal terbesar dengan dukungan teknologi canggih







Budayakan Rate5 Sebelum Memberi Coment




Quote: INDONESIA bangun Kapal Kawal rudal Terbesar dengan dukungan Teknologi Canggih

Quote:



PT. PAL akan bangun kapal perang Indonesia terbesar. Sebuah kapal perang dengan type Perusak Kawal Rudal (PKR) berukuran yang sangat besar akan mulai dibuat tahun depan. Kapal PKR ini akan menjadi kapal perang terbesar dan dibuat sendiri oleh Indonesia. Kapal perang dengan panjang 105 meter akan memakan waktu 4 tahun dan biaya sebesar 220 juta dollar AS untuk pembuatannya.

INDONESIA BANGUN KAPAL PERANG TEMPUR TERBESAR
Kementrian Pertahanan hari ini melaunching rencana pembangunan kapal perang Perusak Kawal Rudal. Kapal PKR ini merupakan kapal perang tempur terbesar dan pertama yang akan dibuat di Indonesia. "Ini memperkuat kekuatan laut kita dan dengan ini kita memiliki kekuatan yang dapat membuat gentar pihak lain yang mengancam," ujar Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dalam keterangan persnya di kantor Kementerian Pertahanan.

Purnomo melanjutkan, pembangunan kapal perang yang akan dimulai pada tahun depan ini dan selesai dikerjakan selama 4 tahun merupakan cara Indonesia untuk mengembangkan dan memperkuat pertahanan negara. "Bisa digunakan untuk berbagai operasi, misal untuk operasi perdamaian," katanya. Di Asean, lanjut Purnomo, hanya Singapura yang memiliki jenis kapal perang tempur sejenis ini.

Menambahkan pernyataan Menhan, Kepala Staff Angkatan Laut, Letnal Jenderal Erris Heriyanto mengatakan, pengunaan kapal PKR ini tergantung dari intensitas permintaan. "Kapal ini tergantung dari permintaan panglima TNI, bisa untuk patroli mengitari Indonesia karena ancaman yang kita hadapi bisa datang dari seluruh perairan," kata Erris. Kapal perang ini juga bisa untuk mengawal kapal-kapal kecil lainnya.

Kapal perang yang memiliki panjang 105 meter dan berat 2400 ton dan juga peralatan perang avionik-elektronik canggih ini akan dibangun oleh PT. PAL selaku industri pertahanan dalam negeri. Sebagai bagian dari alih teknologi, kerjasama ini juga akan dilakukan dengan negara Belanda. Adapun biaya yang dikeluarkan untuk membangun satu unit kapal perang adalah sebesar $220 juta yang dananya berasal dari APBN.

Kapal perang jenis PKR ini dilengkapi perlengkapan avionik elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai misi operasi peperangan seperti elektronika, peperangan anti udara, peperangan anti kapal selam, peperangan anti kapal permukaan dan bantuan tembakan kapal.

Kapal perang ini dilengkapi peralatan antara lain radar untuk mendeteksi kapal selam dan pesawat udara, perlengkapan persenjataan meriam kaliber 76-100mm dan kaliber 20-30mm, peluncur rudal ke udara dan senjata torpedo.



Berikut rudal yang akan Di Pasang di Kapal :
Spoiler for Rudal:




Quote:Original Posted By update

JAKARTA (SI) – Indonesia membangun kapal perang jenis perusak kawal rudal (PKR) atau light fregat senilai USD220 juta. Diperkirakan, kapal perang terbesar pertama yang dibangun ini akan selesai 2014 mendatang Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro mengatakan, kapal perang terbesar pertama serta termodern di Indonesia ini akan dibangun oleh PT PAL Surabaya.

Pembangunan kapal ini bekerja sama dengan perusahaan galangan kapal Damen,Belanda. “Diperkirakan, kapal perang modern ini akan selesai dibangun pada 2014. Kita akan memulai sekarang dan akan selesai empat tahun ke depan,” kata Purnomo pada acara peluncuran pembangunan PKR di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta,Senin(16/8). Kapal perang tersebut, kata Purnomo,dirancang untuk beberapa misi operasi.

Di antaranya, peperangan elektronika, antiudara, antikapal selam, antikapal permukaan, dan bantuan tembakan kapal. Menurut dia, kapal tersebut akan dioperasikan di zona terluar kawasan zona ekonomi eksklusif seperti di Laut Cina Selatan dan wilayah timur Indonesia.“Adanya kapal ini akan menimbulkan efek gentar terhadap siapa pun yang akan mencoba mengganggu kedaulatan kita,”ujarnya.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Agus Suhartono menambahkan, untuk kawasan Asia Tenggara baru Singapura yang memiliki kapal perang yang memiliki kemampuan setara dengan PKR. “Malaysia kapal perangnya lebih kecil dari kapal ini,”ujarnya.


Quote:Original Posted By raihan.ziyu
indonesia udah punya 4 gan
KRI Diponegoro (365)
Spoiler for Diponegoro:

KRI hasanuddin (366)
Spoiler for Hasanuddin:

KRI sultan iskandar muda (367)
Spoiler for sultan iskandar muda:

KRI frans kaiseipo (368)
Spoiler for Frans kaiseipo:

semuanya dibuat di galangan kapal Schelde Naval Shipbuilding (SNS), Vlissingen, Belanda
mungkin indonesia mau bikin yang asli indonesia


UPDATE

Quote:


http://pelayaran.net/ksal-kapal-sela...mber.png[/IMG]


Quote:
Kaskuser Yang Baik Adalah Kaskuser Yang Meninggalkan :

Coment + +

Semoga Thread ini Bermanfaat


Quote: GALERY Thread JRprohunter :
8 Tips Membuat Pasangan Kita Senang

Manfaat Menanam Bakau [ Go Green ]

9 Tank Tercanggih Sedunia [ INDO juga Punya ]

Indonesia bangun kapal kawal rudal terbesar dengan dukungan teknologi canggih

Film Gagal Dengan Modal Besar

AMAZING !! 10 Peradaban Yang Hilang

Pentingnya Mengkonsumsi Yoghurt

Update

Quote:Original Posted By Airpie

Kapal INDONESIA Yang Telah Berhasil Di buat


Nih gan kapal perang buatan Indonesia yang udah jadi, namanya KRI Clurit 641...

Spoiler for KCR:


Quote:Original Posted By choopy
itu model nya kok mirip korvet kelas sigma kaya gini ya??



indonesia udh punya 4 KRI yang kaya gt.
salah satu nya dikirim ke lebanon buat bergabung dengan pasukan perdamaian PBB.



Quote:Original Posted By Captain.Teague
ini dia gan..
KSAL: KAPAL SELAM BARU TNI AL BERBODY U-209-1500 TON TEKNOLOGI U-214
Kapal Selam TNI AL Paling Mutakhir

KAPAL selam untuk mendukung pelaksanaan tugas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam mengamankan wilayah laut Indonesia akan memiliki sistem senjata paling mutakhir. Kapal selam ini merupakan buatan Korea Selatan yang dilakukan dalam bentuk joint production Indonesia-Korsel. “Kapal selam yang paling canggih saat ini tipe 214. TNI AL akan memadukannya dengan mengambil bodi kapal tipe 209 1.500 ton, tapi dengan sistem persenjataan 214,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Soeparno kepada wartawan usai menghadiri gladi bersih upacara peringatan HUT TNI di Markas Besar (Mabes) TNI di Cilangkap Jakarta, Senin (3/10). KSAL menambahkan, Indonesia telah memiliki kapal selam jenis 209 berbobot 1.300 ton.

KSAL menuturkan, saat ini kemampuan industri pertahanan dalam negeri belum mampu untuk membangun kapal selam. Karenanya pengadaan kapal selam ini dilakukan dalam bentuk joint production dengan Korsel. Kerja sama yang akan menghasilkan tiga unit kapal selam ini akan dilakukan di kedua negara. Pembangunan kapal selam pertama dilakukan di Korea disertai pengiriman ahli dari Indonesia untuk mempelajari teknologinya. “Yang kedua separuh-separuh oleh kedua negara, dan yang ketiga baru di bangun di Indonesia,” jelas KSAL.

Dijelaskan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di tempat yang sama, pengadaan alat utama sistem senjata (Alutsista) harus dibeli dari produksi dalam negeri. “Kalau belum bisa, kita lakukan joint production. Kalau joint production pun tidak bisa, boleh membeli, seperti kapal selam ini,” kata Panglima. Namun demikian, kata Panglima, pembelian kapal selam buatan Korsel ini menguntungkan Indonesia karena dapat dilanjutkan dengan joint production sehingga terjadi transfer teknologi.

Pada Jumat (30/9) lalu KSAL mengatakan, biaya pembangunan tiga kapal selam ini menghabiskan dana Rp9,5 triliun. Pengadaan kapal selam untuk TNI AL ini menjadi prioritas setelah pengadaannya terlambat 2-3 tahun. Untuk menyusul keterlambatan ini, pengadaan kapal Selam tersebut akan dipercepat dari 30 bulan menjadi hanya 1,5 tahun.



sumber: http://pelayaran.net/ksal-kapal-sela...knologi-u-214/

fyi, teknologi U-214 ini merupakan teknologi yang lebih canggih dari kapal selam kita yang sedang beroperasi sekarang lho..

monggo di share kedepean biar yang lain bisa baca juga


Quote:Original Posted By Bigz_20
setau ane, kita dah mau bikin ini gan



sama



mau kerjasama ma Rusia n Korea Selatan katanya

Keren ya




Quote:Original Posted By Bigz_20
loh kita kan sistemnya gado2

kan ane dah bilang kalo kita kerjasamanya sama Rusia n Korsel

Ma rusia kita mau kerjasama bikin kapal dengan tonase besar, sedangkan sama korsel, kan kita dah bikin LPD, tinggal nunggu aja besok bikin apa lagi

mungkin TOT king sejong class






Quote:Original Posted By Update
VIVAnews - Pemerintah Indonesia meresmikan pembangunan kapal perang produksi dalam negeri, 'Light Fregat-Perusak Kawal Rudal'. Kapal ini merupakan kapal perang tempur modern pertama yang akan dibuat Indonesia.

"Ini adalah langkah awal industri pertahanan Indonesia untuk maju," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin 16 Agustus 2010.

Meski pembangunan kapal Fregat seperti ini telah dilakukan di tempat lain, namun ini bukti keseriusan Indonesia mempertahankan kedaulatan dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Purnomo, pembangunan kapal perang ini diperkirakan menghabiskan dana sebesar US$ 220 juta dengan lama pembangunan selama empat tahun.

Kemenhan akan menyerahkan sepenuhnya pembangunan kapal ini kepada PT PAL selaku industri pertahanan dalam negeri. "Pembangunan diserahkan sepenuhnya pada PT PAL dengan memaksimalkan konten lokal," kata dia.

Menurut dia, kapal PKR ini dibangun di divisi kapal perang. "Dimana manajemen dan organisasi proyek yang meliputi mesin, pengadaan, konstruksi, dan keuangan dikelola secara terpisah dari kegiatan korporasi PT PAL," kata dia.

Dalam pembangunan kapal Fregat ini, kata dia, PT PAL tak akan sendirian, tapi akan bekerja sama dengan perusahaan galangan dari Belanda, Damen-Schelde sebagai pemenang tender pembangunan kapal.

Ada beberapa kesepakatan antara Kemenhan dengan Damen-Schelde, Belanda sebagai pemenang tender. Seperti, hak paten desain kapal perang PKR yang dipersenjatai dengan berbagai jenis rudal menjadi milik bersama Kemenhan dengan pemenang tender.

Kemenhan dan PT PAL juga memiliki hak untuk menjual kapal yang sama ke negara ASEAN dan Asia.

Spesifikasi Kapal PKR
Kapal PKR dirancang untuk bisa digunakan dalam beberapa misi operasi, antara lain peperangan elektronika, peperangan anti udara, peperangan anti kapal selam, peperangan anti kapal permukaan, bantuan tembakan kapal. Kapal perang PKR juga dilengkapi dengan rudal SAM, SSM, dan rudal anti kapal selam.

Kapal tersebut dilengkapi dengan perlengkapan persenjataan diantaranya meriam kaliber 76 sampai 100 mm dan kaliber 20 sampai 30 mm, peluncur rudal ke udara, helipad di deck kapal, dan senjata torpedo serta perlengkapan pendukung lainnya.

Panjang keseluruhan kapal 105 meter, lebar 14 meter, kedalaman 8,8 meter, kecepatan 30/18/14 knot dengan kekuatan mesin utama 4 X 9.240 kekuatan kuda (horse power).

Kapal mampu menampung 100 hingga 120 awak kapal. Kapal ini juga mampu beroperasi hingga batar terluar Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, baik sendirian maupun mengawal kapal lainnya.


Quote:Original Posted By ning2000
KS kita itu tipe u-209 buatan korea, tapi mengadopsi sistem persenjataan tipe u-214 yang lebih canggih.nanti ada yang bakal dibuat di indonesia juga.udah itu aja,kalo yang lain masih rahasia gan,ga elok nyebar di sini. oh iya,jumlahnya 3 unit.


Mantap, seMoga terwujud deh...
wow...
wah indonesia tabh maju
Quote:Original Posted By Nu9ee
Mantap, seMoga terwujud deh...


Quote:Original Posted By GwKeceLoeGa
wow...


Quote:Original Posted By png


Quote:Original Posted By moeissalam
wah indonesia tabh maju


Makasih Buat agan-agan Yang Udah Berkunjung, Bantu ya gan
update dong gan mantap dah indonesia.
Quote:Original Posted By NightKiss
update dong gan mantap dah indonesia.


Permintaan Updatenya Tentang apa gan ?

Gambarnya atau info-infonya ?
Mantab gan, semoga terwujud biar kita lebih dihargai oleh bangsa asing
Quote:Original Posted By judy
Mantab gan, semoga terwujud biar kita lebih dihargai oleh bangsa asing


Iya gan, Bantu do'a aja gan, Semoga indonesia Makin di Hormati dan di kagumi Negara lain
bru miniaturnya aje keren kyk gt gan
buat apaan kapal perang kalo disuruh "perang" sm bajak laut kemaren2 kagak berani...
Quote:Original Posted By vellfire007
bru miniaturnya aje keren kyk gt gan


Iyah OM, Pasti Aslinya Bakal Lebih Memukau

Quote:Original Posted By bang iful
buat apaan kapal perang kalo disuruh "perang" sm bajak laut kemaren2 kagak berani...


Kemarin itu Indo bukan Gak Berani Dalam Mental,

Tapi PakPres Gak Berani Ngambil Resiko Nyawa.
mangstap.... maju terus negriku
Quote:Original Posted By onned
mangstap.... maju terus negriku


Oke gan

and bantu ya gan
mantab emang om
lanjutkan
wah canggih negara kita mengalami kemajuan nihh syukur moga aja menjamah di segala bidang kedepanya
.. kapan bikin pesawat tempur sendiri
Quote:Original Posted By w205
mantab emang om
lanjutkan


Iya gan, bantu do'a ya

Quote:Original Posted By adit.jco
wah canggih negara kita mengalami kemajuan nihh syukur moga aja menjamah di segala bidang kedepanya


Ya gan, Ane sangat Berdo'a Semoga indonesia Makin Maju

Quote:Original Posted By ahmadainun
.. kapan bikin pesawat tempur sendiri


Sabar ya gan, Kapal dulu nih

Dengan ini Saya Nyatakan Page One di tutup
Reserved For Update in Page two