KASKUS

Lightbulb [Share] Tutorial CATIA



Permisi agan-agan, ane mau izin share tutorial Catia yang awal mulanya ane bikin sendiri di blog ane TutorialCAD.Net. Thread ini terbuka sekali buat para Catia Expert yang ingin membagikan jurus-jurusnya dalam menguasai software Catia ini.

Mungkin segini dulu post pertamax dari ane. Untuk post selanjutnya akan ane isi dengan tutorial-tutorial yang ane buat sendiri.

Selamat mencoba.


Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net
TutorialCAD.Net Facebook Fans Page

Sponsor:
ForumENGINEER.com

1. Belajar Menggunakan Fungsi Pad Pada Catia V5R20

"Pad" pada Catia berfungsi untuk membuat bentukan 3 dimensi dari sketch/profil 2D yang telah kita buat. "Pad" merupakan salah satu fungsi dasar yang perlu kita ketahui fungsinya jika kita menggunakan software Catia ini. Berikut kami sajikan tutorial terkait fungsi "Pad" ini:

  1. Buka software Catia.
  2. Pilih [Start]>[Mechanical Design]>[Part Design] untuk mengaktifkan modul Part Design pada software Catia ini.




  3. Jendela "New Part" terbuka, Ketik nama part pada kolom Enter Part Name, misalnya "Latihan Pad", kosongkan tanda centang pada option Enable hybrid design dan Create a geometrical set lalu klik [OK].




  4. Sekarang kita sudah masuk ke dalam workbench Part Design dimana semua tools yang berhubungan dengan modul Part Design sudah aktif dan siap digunakan. Kalau dibutuhkan, semua toolbar yang ada di sebelah kanan layar dapat kita tarik keluar sehingga kita dapat dengan mudah mengakses menu-menu yang diinginkan. Adapun jenis toolbar yang sering kita gunakan dalam modul Part Design ini adalah toolbar Sketch, Sketch-Based Features, Dress-Up Features, Surface-Based Features, dan Transformation Features.






  5. Mari langsung saja, klik icon Pad pada toolbar "Sketch-Based Features".




  6. Klik icon Sketch pada jendela "Pad Definition" lalu klik plane XY untuk mendefinisikan letak sketch yang akan kita buat.






  7. Masuk ke dalam workbench Sketcher, disini kita juga bisa men-drag toolbar-toolbat yang biasa digunakan seperti Constraint, Profile, dan Operation.




  8. Klik icon Rectangle pada toolbar "Profile" untuk membuat sketch segi empat. Klik pusat datum pada koordinat (0,0) lalu klik lagi di sebelah kanan atasnya.








  9. Langkah selanjutnya, beri dimensi dengan mengklik icon Constrain lalu klik pada salah satu garis segi empat-nya untuk memberi dimensi. Untuk merubah dimensi yang ada, kita cukup mengklikganda garis dimensinya lalu rubah lah nilai pada jendela yang terbuka.








  10. Setelah selesai membuat sketch-nya, klik icon Exit workbench untuk keluar dari workbench Sketcher lalu kembali ke workbench Part Design.




  11. Kembali ke jendela "Pad Definition", isikan besaran angka pada kolom Length untuk memberi ketebalan (meng-3D-kan) pada sketch yang barusan kita buat. Isikan misal dengan angka 20 lalu klik [OK] untuk meng-generate-nya.




  12. Nah, jadi deh. Sekarang kita telah punya bentukan 3D dari sketch yang telah kita buat.




  13. Terakhir, save-lah pekerjaan kita melalui menu [File]>[Save] lalu tentukan nama dan dimana letak file-nya akan di simpan.






Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net

Sponsor:
ForumENGINEER.com

2. Bagaimana Cara Navigasi Mouse Pada Catia



Banyak orang yang mengakui bahwa sistem navigasi mouse pada Catia itu "lain dari yang lain". Betapa tidak, untuk me-rotate part yang sudah kita design saja harus menggunakan 2 kombinasi tombol mouse. Berbeda dengan software-software lain sebutlah misalnya Solidworks, Pro/ENGINEER, Creo, ataupun Unigraphics NX yang cukup dengan 1 kali tekan tahan tombol mouse tengah maka part yang kita buat akan ter-rotate/berputar sesuai dengan yang kita inginkan.

Berikut TutorialCAD.Net akan menyajikan bagaimana caranya men-select, men-pan/drag, me-rotate, men-zoom dan men-fokus-kan part yang kita design. Check it out!

  • Men-Select bagian yang kita kehendaki : Dilakukan dengan cara meng-klik tombol mouse MB1 sambil menunjuk pada bagian yang akan kita select.
  • Men-Pan/Drag : Dilakukan dengan cara meng-klik-tahan tombol mouse MB2 lalu drag ke arah manapun sesuai dengan keinginan anda.
  • Me-Rotate : Dilakukan dengan cara meng-klik-tahan tombol MB2 lalu setelahnya klik-tahan tombol MB3. Terakhir drag/geser mouse hingga bagian yang kita kehendaki terlihat.
  • Men-Zoom : Dilakukan dengan cara meng-klik-tahan tombol MB2 lalu setelahnya klik-lepas tombol MB3. Terakhir drag/geser mouse hingga bagian yang kita fokuskan menjadi diperbesar/diperkecil.
  • Men-Fokus-Kan detail part : Dilakukan dengan cara meng-klik-lepas tombol MB2 pada bagian yang hendak kita fokuskan pandangannya.


Ya itulah caranya bagaimana menavigasikan mouse pada software Catia ini. Sebagai tambahan, perlu anda ketahui bahwa fungsi tombol MB3 diatas juga dapat digantikan dengan menekan tombol MB1. Misalnya untuk Me-Rotate dapat dilakukan dengan cara meng-klik-tahan tombol MB2 lalu setelahnya klik-tahan tombol MB1, terakhir drag/geser mouse hingga bagian yang kita kehendaki terlihat.

Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net

Sponsor:
ForumENGINEER.com

3. Mengcustomize Peletakan Modul Pada Start Menu Catia V5R20



Aplikasi Catia memiliki banyak modul yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri. Misal modul Part Design yang sangat berguna dalam proses pendesignan bentuk solid yang tidak terlalu rumit, modul Generative Shape Design untuk membangun surface, modul Assembly Design untuk membuat part assy, modul Drafting untuk membuat gambar 2D, dan lain sebagainya.

Peletakan modul-modul ini sudah dikelompokkan dalam aplikasi Catia, misal modul Part Design, Assembly Design, dan Drafting masuk dalam kelompok Mechanical Design, sedangkan modul Generative Shape Design masuk ke dalam kelompok Shape. Namun, bila kita mau, peletakkan modul-modul ini dapat kita customize sendiri. Misal kita sering bekerja bolak-balik, masuk modul sana keluar modul sini, mungkin akan lebih efektif bisa modul-modul yang sering digunakan diletakkan di bagian depan start menu sehingga kita akan lebih mudah dalam mengaksesnya.





Proses customizing peletakan modul-modul ini dapat kita lakukan melalui menu [Tools]>[Customize...] lalu masuk ke tab Start Menu. Pada kotak Available, pilih modul-modul yang sering kita gunakan (misal modul Part Design, Generative Shape Design, Assembly Design, dan Drafting) lalu klik tanda panah atas yang mengarah ke kanan layar agar modul-modul ini masuk ke dalam kotak Favorites. Setelahnya, lalu klik [Close].



Nah, coba lihat di menu Start. Modul-modul yang tadi kita pindahkan ke dalam kotak Favorites akan muncul di Start paling atas sehingga kita akan lebih mudah dalam mengaksesnya.

Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net

Sponsor:
ForumENGINEER.com

4. Memunculkan Axis Pada Setiap Pembuatan Dokumen Baru Di Catia V5R20



Axis pada Catia sangat berguna sekali dalam pembuatan setiap feature yang membutuhkan suatu inputan direction atau arah seperti pada feature Pad, Pocket, Extrude, dan lain sebagainya. Axis ini tidak muncul secara default ketika Catia pertama kali dibuka, tetapi kita harus memasukkannya melalui menu [Insert]>[Axis System...] lalu klik [OK] pada jendela "Axis System Definition" yang terbuka.





Jika kita ingin agar Axis ini muncul secara default setiap pembuatan dokumen baru, maka kita harus melakukan sedikit pengaturan di menu [Options...] Catia. Pergi ke [Tools]>[Options...] lalu telusuri submenu [Infrastructure]>[Part Infrastructure] dan masuk ke tab [Part Document]. Beri tanda check list pada options Create an axis system yang terletak pada kolom When Creating Part lalu klik [OK] untuk menyetujui perubahannya.





That's it. Kita telah berhasil memberikan pengaturan kepada Catia agar axis system disertakan pada setiap dokumen yang dibuat.

Selamat mencoba.

Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net

Sponsor:
ForumENGINEER.com

5. Setting Resolusi Gambar Di Catia V5R20



Pernahkan anda melihat gambar lingkaran di Catia yang ketika di-zoom akan nampak patah-patah pada bagian edge-nya? Jika pernah, hal itu pertanda bahwa settingan resolusi Catia di komputer anda belum dimaksimalkan.





Untuk memaksimalkan resolusigambar di Catia kita perlu menelusuri menu [Tools]>[Options...] lalu masuk ke dalam submenu [General]>[Display] pada tab [Performance]. Klik pada radio button Proportional lalu geser slidernya ke arah kiri layar hingga angkanya berubah menjadi 0,01. Terakhir kita tinggal klik tombol [OK] untuk mengkonfirmasi perubahannya.



Gimana? Apakah perubahan tampilannya terasa? Perlu dicatat bahwa semakin meksimal detail tampilan yang diinginkan maka semakin banyak juga resources yang digunakan hingga sedikit banyak akan mengurangi performa komputer.

Selamat mencoba.

Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net

Sponsor:
ForumENGINEER.com

6. 4 Macam Bentuk Tree Pada Catia V5R20



"Tree" pada Catia merupakan tempat berkumpulnya history dari feature, hieraki part assembly, formula, dan lain sebagainya.





Jika ditelusuri, "Tree" ini memiliki 4 format bentuk yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan penggunaannya. Proses customizing ini dapat dilakukan melalui menu [Tools]>[Options...] lalu masuk ke submenu [General]>[Display] pada tab [Tree Appearance]. Kita dapat memilih format "Tree" yang diinginkan pada kolom Tree Type. Adapun pilihan bentuk dan gambarnya adalah sebagai berikut:

  1. Classical Windows Style




  2. Structure




  3. Constructive Historic




  4. Relational




Jika pilihan format "Tree" telah ditetapkan, klik [OK] untuk mengkonfirmasi perubahannya.

Selamat mencoba.

Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net

Sponsor:
ForumENGINEER.com

7. Menggunakan Fungsi Drafted Filleted Pad di Catia V5R20



Pada tutorial kali ini kita akan belajar menggunakan fungsi "Drafted Filleted Pad" pada Catia V5R20. "Drafted Filleted Pad" pada Catia berfungsi untuk membuat model 3D yang langsung ter-draft dan ter-fillet. Jadi, jika kita bertemu dengan bentukan 3D yang memiliki draft angle dan fillet disekelilingnya, kita tidak perlu mejalankan fungsi "Pad", "Draft Angle", dan "Edge Fillet" satu per satu. Berikut tutorialnya:

  1. Buka aplikasi Catia.
  2. Buka file Drafted Filleted Pad.CATPart melalui menu [File]>{Open...]. Adapun file ini dapat anda download disini.






  3. Setelah file-nya terbuka, klik icon Sketch pada toolbar "Sketcher" lalu klik permukaan atas dari model 3D-nya untuk penentukan plane sketching.






  4. Masuk ke Sketcher Workbench, klik icon Centered Rectangle, klik titik pusat dari model 3D-nya, lalu klik lagi disekitar kanan atasnya untuk membentuk profil centered rectangle.








  5. Beri dimensi 50x50 pada sketch yang kita buat dengan cara klik icon Constraint lalu beri dimensi pada garis horizontal maupun vertikalnya.










  6. Klik Exit workbench untuk keluar dari area Sketcher Workbench.




  7. Mari mulai masuk ke menu "Drafted Filleted Pad", klik icon-nya di toolbar "Sketcher-Based Feature" lalu klik pada sketch yang kita buat tadi.






  8. Masuk ke jendela "Drafted Filleted Pad Definition" kita akan langsung ditanya option Second Limit yang merupakan face dimana feature drafted filleted pad ini berdiri. Klik pada face dimana sketch tadi diorientasikan.



  9. Isikan semua options yang ada seperti screenshoot dibawah ini. Seperti 50 pada First Limit, 10 pada Draft, dan 10 pada semua Fillets (Lateral radius, First limit radius, dan Second limit radius). Setelahnya klik [OK].




  10. Yup jadi deh, terakhir save pekerjaan melalui menu [File]>[Save].






Selamat mencoba.

Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net

Sponsor:
ForumENGINEER.com
Kedelapanx..
Ada link download nih software ga..?
Ada yg baru to dimari

Ijin merapat gan

Da ada tridnya CATIA si sbnrnya,tpi di lock momod
Quote:Original Posted By GMNI
Ada link download nih software ga..?

coba ini gan:
Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=63459303&postcount=315
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7241848
Mantep gan, sesama CATIAholic...
Bedewe ane nunggu tutorialnya buat bikin surface dengan geometrical constraint...
Sebenernya dah bisa, cuma untuk bentuk2 yg susah masih agak kesulitan. Kalo bisa dikasi sampelnya yak
Quote:Original Posted By berNavas
Ada yg baru to dimari

Ijin merapat gan, wah ane baru tau itu kalo sebelumnya ada thread tentang catia

Da ada tridnya CATIA si sbnrnya,tpi di lock momod


silakan sob

Quote:Original Posted By nicolevicius
Mantep gan, sesama CATIAholic...
Bedewe ane nunggu tutorialnya buat bikin surface dengan geometrical constraint...
Sebenernya dah bisa, cuma untuk bentuk2 yg susah masih agak kesulitan. Kalo bisa dikasi sampelnya yak


iya tenang aja sob. tapi mungkin untuk ke surface masih jauh, maunya ane tuh seluruh tutorial disajikan secara bertahap dari mulai yang paling mudah sampai yang paling susah biar semua kaskuser dapat ngikutin semua tutorial yang ane sajikan

8. Menggunakan Fungsi Multi-Pad di Catia V5R20



Fungsi "Multi-Pad" pada Catia berguna untuk membuat multiple pad pada 1 buat sketch yang terdiri dari beberapa profil. Dengan hanya satu kali menjalani fungsi ini, kita dapat berhemat beberapa langkah pad maupun pocket. Berikut tutorialnya:

  1. Download file latihan Multi-Pad.CATPart disini.
  2. Buka Catia lalu buka file hasil download tadi melalui menu [File]>[Open...].






  3. Setelah terbuka file-nya, klik icon Multi-Pad pada toolbar "Sketch-Based Features" lalu klik pada Sketch.1.






  4. Jendela "Multi-Pad Definition" terbuka guna menanyakan tinggi dari masing-masing profil. Dalam Sketch.1 terdapat 3 buah profil yaitu 1 profil segi empat besar, 1 profil segi empat kecil, dan 1 profil lingkaran. Klik [More>>] untuk melihat jendela "Multi-Pad Definition] secara lengkap.




  5. Nah sekarang kita akan memasukkan tinggi dari masing-masing profil. Klik Extrusion domain.1 lalu isikan 30 pada kolom First Limit Length, klik Extrusion domain.2 lalu isikan 20 pada kolom First Limit Length, dan klik Extrusion domain.3 lalu isikan 10 pada kolom First Limit Length. Setelahnya klik [OK].










  6. Finish. Dengan 1 sketch yang terdiri dari beberapa profil kita dapat membuat beberapa kontur dengan satu perintah "Multi-Pad"






Selamat mencoba.

Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net

Sponsor:
ForumENGINEER.com

9. Menggunakan Fungsi Pocket di Catia V5R20



Feature "Pocket" pada Catia berfungsi untuk membuang bentukan 3D yang tidak kita inginkan. Layaknya seperti membuat kolam, "Pocket" itulah seperti menggali kolam. Berikut tutorialnya:

  1. Download file latihan Pocket.CATPart disini.
  2. Buka Catia, buka file yang tadi di-download melalui menu [File]>[Open...], lalu pastikan kita sedang bekerja di modul Part Design melalui menu [Start]>[Mechanical Design]>[Part Design].






  3. Klik icon Pocket yang terletak di toolbar "Sketch-Based Features", klik icon Sketch ketika jendela "Pocket Definition" terbuka lalu klik surface teratas dari balok 3D yang ada untuk masuk ke menu Sketcher Workbench.








  4. Setelah masuk ke menu Sketcher Workbench, klik icon Centered Rectangle untuk membuat sketch persegi panjang yang dimulai dari titik tengah.




  5. Klik titik (0,0) lalu klik lagi disekitar atas kanan titik (0,0) untuk men-generate sketch persegi panjang.






  6. Langkah selanjutnya beri dimensi 50x50 pada sketch persegi panjang tersebut. Klik icon Constraint, klik salah satu garis horizontal, klik di area luar persegi panjang, double-click angka yang muncul lalu rubah dimensinya menjadi 50. Lakukan juga hal tersebut terhadap salah satu garis vertikal yang ada untuk menjadikan ukurannya 50x50.












  7. Setelah memberi dimensi, klik icon Exit workbench untuk keluar dari mode Sketcher Workbench.




  8. Kembali ke mode Part Design kita akan langsung dihadapkan dengan jendela "Pocket Definition", isikan kolom Depth dengan angka 20 lalu klik [OK].




  9. Nah jadi deh kolam yang kita buat dengan feature "Pocket".




Selamat mencoba.

Quote:Sumber:
TutorialCAD.Net

Sponsor:
ForumENGINEER.com
Quote:Original Posted By leeleenk
gan mau nnya nie, catia bwt seven bisa gk ya?? mslhnya pnya ane yg r14..


Bantu jawab
Bisa gan, tp harus yang seri R16 ke atas klo ga salah.
CeMiWiWi
Quote:Original Posted By botailocious
silakan sob



iya tenang aja sob. tapi mungkin untuk ke surface masih jauh, maunya ane tuh seluruh tutorial disajikan secara bertahap dari mulai yang paling mudah sampai yang paling susah biar semua kaskuser dapat ngikutin semua tutorial yang ane sajikan



Oke dah bro...
Sekalian ane juga mw ngereview klo aja ada materi yg blom pernah ane pelajari.
mantep nih gan, ane nunggu tutorial yang lainnya gan
gan ada info download software catia gratis ga ane mau nyoba kayanya mantap tuh,ane biasa pake autocad.thinks ya
×