Isuzu Gemini Lovers - (IGL) jilid. 2



THREAD ini adalah sambungan dari berbagai banyak ulasan IHGL Jilid.1 yang sudah habis batas postingannya.....Silahkan Rekan2 GL dilanjutkan sharingnya..
Quote:Original Posted By orangdesain


THREAD ini adalah sambungan dari berbagai banyak ulasan IHGL Jilid.1 yang sudah habis batas postingannya.....Silahkan Rekan2 GL dilanjutkan sharingnya..


dear bro GL,

Terimakasih buat bro ordes dan G-8 yang telah memelihara THREAD ini sehingga kita sesama penunggang Gemini tak ragu dalam merawat peliharaan kita, sekali lagi terimakasih....TYME yg membalas segala kebaikan bro berdua.........

Numpang mejeng di hal. 1 ya, jarang-jarang dapat kesempatan pertama, he...he...he......

salam,



sitepujun
Spoiler for Brochure:


Spoiler for Diesel Engine, power by Isuzu:


Spoiler for Tolerance Chart Spooring Gemini JT:
Spoiler for Daftar toko:


Spoiler for Daftar montir dan Bengkel:


Spoiler for JUnkyard dan Mesin bekas:
Spoiler for Contact Numbers Gemini Lovers:


Spoiler for Gemini Photo Galleries....blom di edit tapinyah:
reserved 4
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=9974


yang merah eks taksi itu ada fotonya ?
Quote:Original Posted By sitepujun
dear bro GL,

Terimakasih buat bro ordes dan G-8 yang telah memelihara THREAD ini sehingga kita sesama penunggang Gemini tak ragu dalam merawat peliharaan kita, sekali lagi terimakasih....TYME yg membalas segala kebaikan bro berdua.........

salam,



sitepujun


Amiin YRA
Quote:Original Posted By HatthakaAlavaka
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=9974


yang merah eks taksi itu ada fotonya ?


Sori Bro,saya ndak sempat foto, karena saya sudah ambil yang silver (akhirnya) coba ditanyakan aja ke bro: Nasgor41, yang bentarlagi akan meminang tuh gemini.
Quote:Original Posted By vwvespamania
Sori Bro,saya ndak sempat foto, karena saya sudah ambil yang silver (akhirnya) coba ditanyakan aja ke bro: Nasgor41, yang bentarlagi akan meminang tuh gemini.


Pertamaxxx.... hehehe pertamax xali posting di halaman 1 jilid 2... heheheh

senangnya ruma baru, masi mulus buat di acak2 ..... ehehhehe kidding de....



manteb.... akhirnya dapet gemini juga...

gimana uda kelar yg tengkar? bikinin ring aja sekalian... aduin, trs buka pasar taruhan... dapet untung lagi kan.... ehhehe otak dagang dot kom...

om vw di mana lokasi? kopdar yuuu... sapa tau bs nyopotin part ente... wkkwkw... maap kiidddiiinggg

kalo di surabaya ane ke sono desember taon ini.. .mao jenguk piaraan... upss... hehehe
mao ke ndolly kog... wkwkkw..
Quote:Original Posted By sitepujun
dear bro GL,

Terimakasih buat bro ordes dan G-8 yang telah memelihara THREAD ini sehingga kita sesama penunggang Gemini tak ragu dalam merawat peliharaan kita, sekali lagi terimakasih....TYME yg membalas segala kebaikan bro berdua.........

salam,



sitepujun


sip...

salut buat bro ordes, nyang miara TS ini dan miara gemini sampe berdarah2... tetep piara....!!!
salut juga buat bro gemini8 yg tanpa pamrih mau ngelola milis ini meski ga di bayar...

hal ini yg ga di dapet di dunia ini yg mau berbuat tanpa pamrih, mengalah tanpa amarah, saling hormat meski tidak kenal, tenggang rasa, kesetiakawanan....

moga2 mereka semua di bales dgn melimpah ruah oleh Tuhan YME.... amien...

moga2 buat kita2... bs melanjutkan itu di kehidupan masing2, ga cuman di milis ini... terutama di jalan...

untuk bro scinit meski jarang ngetik tp mantau... thanks buat persahabatan dr medan... dgn khas medan nya...
buat bro sitepu salut buat mau bantu2 tanpa pamrih buat beliin talang aer....

dan om ketum yg mau dgn senang hati melindungi kite dan jadi buku kuning gemini... hehehhee

kabooor ah sebelum di sambit turbo bekas.... wkwkkwkw

aniwei, i am humblely appriciated all the effort that all you did in chapter 1!!

Thanks
ento********
Quote:Original Posted By entotanenag
Pertamaxxx.... hehehe pertamax xali posting di halaman 1 jilid 2... heheheh

senangnya ruma baru, masi mulus buat di acak2 ..... ehehhehe kidding de....



manteb.... akhirnya dapet gemini juga...

gimana uda kelar yg tengkar? bikinin ring aja sekalian... aduin, trs buka pasar taruhan... dapet untung lagi kan.... ehhehe otak dagang dot kom...

om vw di mana lokasi? kopdar yuuu... sapa tau bs nyopotin part ente... wkkwkw... maap kiidddiiinggg

kalo di surabaya ane ke sono desember taon ini.. .mao jenguk piaraan... upss... hehehe
mao ke ndolly kog... wkwkkw..



weleh, kalo peliara ngapain jauh2 ditaruh disby bos? saya aja di gang sebelah aja wkwkwkwkwk. ayo kalo mau kopdar, nunggu nasgor dulu jd beli gemini merah

Talking ijin bergabung

Permisi agan2 Gemini lovers, salam kenal & ijin bergabung yah....

Id : Parjo1
Nama : Parjo
Lokasi : Cibitung Bekasi - Cilacap - Kebumen
No hp : 0818-2851-09
Mobil : Isuzu Holden Gemini Diesel 1,5 Turbo th 1988 - Warna Hijau tua

Udah lama mantau thread ini, kira2 1 tahunan, baru bulan juli 2011 kena racunnya Gemini diesel, itu jg gara2 investasi sapi simental gua rugi, jadi gua jual tuh sapi, uangnya gua beliin isuzu holden gemini, drpd investasi tp rugi, mending gua beliin mobil aja sekalian, soalnya beli mobilkan emang bukan buat cari untung, ya gak sih.....
Spoiler for Tampilan gemini ane:

Trouble ke 1 yg gua alamin Alternatornya gak ngisi, diservisin di tukang dynamo Cuma bertahan 1 jam doang, udah langsung tewas lg, pas dibongkar alternatornya, ternyata diodanya lepas dr solderannya / timahnya meleleh krn panas, krn mobil pas ada di kebumen, jd cari sparepart daleman alternator rada susah akhirnya diganti segelondong sama body2nya, nemu di toko sarinah Yogyakarta, harganya Rp 975.000 bukan barang baru tp rekondisi.
Berikut kondisi dioda / kiprok yg udah ilang penjepitnya shg timah soldernya meleleh kl kepanasan:
Spoiler for kondisi dioda:

Dan ini photo kardus alternator holden Gemini diesel Rekondisi
Spoiler for kardus alternator:

Cara Kerja Alternator
Prinsip dasar Alternator pada kendaraan
Coba anda perhatikan gambar dibawah ini..

Kunci kontak dialiri arus listrik (+) pada saat posisi ON
Lampu indikator menyala menandakan adanya arus dari battery (aki) ke alternator (saat ini alternator bersifat sebagai groound karena belum bekerja mensuply arus listrik ke accu)

Pada saat mesin dihidupkan, maka alternator akan berkerja untuk menggantikan fungsi aki – lampu indikator mati karena sekarang alternator bekerja dan menghasilkan arus listrik.

Perhatikan lampu CHG untuk mengetahui apakah alternator bekerja atau tidak. Bila lampu CHG menyala pada saat mesin hidup berarti alternator tidak bekerja.. segera periksa kerusakan ini, karena bila tidak mobil dapat mogok dijalan karena kehabisan setrum.

lampu CHG terdapat di meter set jadi satu dgn speedometer dll di dashboard, kl meter set nya dilepas kemudian mesin dihidupkan, alternator tdk bekerja krn tidak ada arus yg mengalir ke rotornya alternator, arus ini yg akan membuat rotor menjadi magnet dan akan menginduksi gulungan stator shg gulungan stator menghasilkan tegangan yg digunakan utk mengisi aki, pd saat mesin sdh hidup, arus yg menuju gulungan rotor disuplay langsung oleh tegangan yg dihasilkan dr gulungan stator.
Sumber : http://duniabengkel.com/cara-kerja-alternator.asp

Trouble ke 2 : central lock nya gak kerja, jd kl mau ngunci pintu harus diteken satu2 secara manual tombol lock pintunya, cape dech….. setelah dibongkar ternyata tempat dudukan baut yg di lock actuator pd pecah krn terbuat dr plastic yg mutunya rendah, solusinya bautnya diganti pake kawat buat ngiket lock actuator ke body pintu. kl mau lebih lengkap ini ada panduannya cr memperbaiki central lock :
http://www.saft7.com/panduan-pemasan...l-lock-system/
Spoiler for kerusakan pd central lock:

Trouble ke 3 : Power windownya loyo, kl naek turunin kaca sering brenti2 ditengah, kadang harus dibantu pake tangan baru kuat, solusinya dikasih 2 Relay buat nengendalikan motor power windownya. berikut artikel cara membuatnya :

Wiring Diagram & Cara Pasang Relay Power Window
Spoiler for Wiring Diagram & Cara Pasang Relay Power Window:

Wiring Diagram Relay Power Window ini memanfaatkan 2 buah relay dengan cara kerja saling bergantian sesuai dengan signal pengendali yang masuk pada up/down dari switch power window.

Setiap pintu/ setiap motor power window membutuhkan 2 relay untuk mengendalikan motor power window sehingga kaca mampu naik turun dengan arus dan tegangan yang setabil sehingga menjadikan switch awet serta power window kenceng.

Tegangan sumber memanfaatkan Plus aki 12volt dan up/down merupakan driver relay, apabila input UP mererima teganagan 12v dari switch maka kaca akan bergerak naik, dan apabila input down menerima tegangan 12volt dari switch maka kaca akan bergerak turun.

Relay bisa kita pergunakan relay dengan aplikasi khusus untuk power window atau mempergunakan relay elektronik, tentunya kemampuan mengalirkan arusnya perlu diperhitungkan dalam memilih relay, min 10Ampere agar aman dan awet. sumber : http://autotuhu.com/belajar-otomotif...y-power-window

Iseng-iseng nyoba ngerendem paku pake air biasa & pake coolant, ini hasilnya setelah didiamkan selama 2 minggu, paku yg direndem air biasa, berkarat banyak bgt, dan yg direndem coolant tdk berkarat sedikitpun, itulah yg akan terjadi dg radiator si Gemini kl diisi air biasa, tadinya paku terendam air, Cuma karena airnya menguap jd tinggal sedikit kaya yg di photo

air biasa VS coolant



Cara mengatasi nomor mesin yg bermasalah krn bekas swap engine / ganti mesin

Nomor mesin Gemini turbo yang terletak di bawah pipa / selang turbo, sangatlah sulit untuk digosok sewaktu diperlukan saat kita harus memperpanjang STNK setiap 5 tahun sekali. Nah, tips berikut dapat dijadikan pertimbangan jika kita tidak ingin mengalami kerepotan saat harus menggosok nomor mesin. bagi gemini lover yg mesinnya udah diganti dan mesin lamanya udah gak tau kemana, mungkin bisa minta tolong biro jasa supaya minta arsip foto copyan gosokan nomor mesin di samsat.

1. Siapkan lembar ekstra saat pertama kali kita menggosok nomor rangka dan mesin, atau bisa jg digosok menggunakan kertas tanda bukti yg keluar dr mesin ATM.
2. Scan kedua nomor tersebut menggunakan scanner.
3. Gambar ulang menggunakan program pengolah gambar, coreldraw / photoshop (sesuai dengan posisi sebenarnya). kl kesulitan bisa minta tolong orang percetakan / yg sudah mahir menggunakan program tsb.
4. Cetak dengan printer.
5. Buat plat aluminum atau kuningan dengan emboss ke arah dalam, biasanya ditoko percetakan menerima bikin beginian.
6. Untuk selanjutnya kita cukup menggesek nomor mesin pada plat tersebut.

cara ini udah gue praktikan ternyata bisa, dan mendekati nomor mesin aslinya, tinggal bikin platnya aja yg belum gua coba.
sumber : http://www.trooperindonesia.com/list...or-rangka.html

Sharing investasi emas


Bagi yg punya duit banyak di Bank, penting nih untuk dipertimbangkan, masalahnya nilai Rupiah cenderung mengalami penurunan / inflasi dr tahun ke tahun. nah utk mensiasati hal tsb maka salah 1 cara yg cukup ampuh utk menjaga nilai uang kita adalah dgn berinvestasi emas batangan.

ambil contoh : pd thn 1997

1 motor bebek harganya = +- Rp 6 jt
1 dolar US = +- Rp 2000
1 gram emas 24 karat = +- Rp 30.000

Jadi kl kita punya uang Rp 6 jt dibeliin dolar US dapat = US $ 3000
kl dibeliin emas dapat = 200 gr

Keadaan skrg september 2011 :
1 motor bebek harganya = +- Rp 12 jt
1 dolar US = +- Rp 9.000
1 gram emas 24 karat = +- Rp 515.000

Kesimpulannya :
1. kl disimpan dlm bentuk Rupiah, uang kt tetap Rp 6 jt (udah ga dpt motor baru)
2. kl disimpan dlm bentuk dolar, US $ 3000 = (3000 x Rp 9000 = 27 jt) = dpt motor bebek 2 masih sisa 3 jt
3. kl disimpan dlm bentuk emas, 200 gr = (200 x Rp 515.000 = 103 jt) = dpt motor bebek 8 masih sisa 7 jt
Hayo.... pilih mana ?
Tips : Kl mau beli emas sebaiknya di PT aneka tambang, divisi Logam Mulia, beli disini ada sertifikatnya & murni 24 karat.

nih ada website nya
http://www.logammulia.com/news.php?id=9
ini alamat PT. Antam


Untuk berinvestasi menurut robert kiyosaki sebaiknya investasinya harus yg bisa kita kontrol sendiri, contoh : beli emas, tanah, rumah kontrakan, sarang walet, ternak kambing, tanam sengon / jabon dsb, intinya kita berkuasa atas investasi kita, mau kita jual, simpen atau di apain aja masih dalam kendali kita.

hindari investasi yg di luar kendali kita, contoh : Reksadana, saham, obligasi swasta, MLM, dan macam2 yg lainnya. ini berbahaya krn harga jual & belinya dikendalikan oleh pasar bebas, kita cuma jd penonton " apakah anda rela investasi anda dikendalikan orang lain? "


Proses balik nama tp no. Mesin lamanya sdh tdk ada

Kira2 udah seminggu, gemini ane diproses balik nama, hari ini stnk nya br jadi, tinggal nunggu bpkb.

proses dilakukan melalui birojasa, gemini ane, mesinnya udah diganti, nomer mesin yg lama udah gak tahu kemana, yg ada cuma nomer mesin bikinan bengkel, keadaannya udah kaya gitu, waktu dibeli.

berikut rincian biayanya:
1. bbn + pkb + swdkllj + adm stnk = Rp 595rb
2. ganti bpkb baru = Rp 100rb

sub total 1 = Rp 695rb

biaya lain-lain :
1. ACC chek phisik = Rp 500rb (no. mesin & no. rangka tdk digesek, namanya di ACC)
2. ongkos biro jasa = Rp 325rb

sub total 2 = Rp 825rb

total seluruhnya = Rp 695rb + Rp 825 rb = Rp 1.520.000

kl ada yg butuh biro jasa utk urusan spt tsb di atas

namanya : ucok stnk, hp 0816 1946 805, rumahnya di jl kampung baru, depan pesantren al wasilah, kembangan utara, jakarta barat, deket samsat jakarta barat.

Bengkel rekomendasi diesel yg lain :
http://www.kaskus.co.id/show_post/00...66786645/1347/

Sedia lengkap part copotan Gemini, Bang Fi'i Sanjaya 0852-6208-5226 medan - sumut
cara pasang duct tail di kap mesin gmana ya?
Quote:Original Posted By parjo1
ARTIKEL DLM BENTUK PDF TENTANG TANYA JAWAB DI FORUM GEMINI LOVERS JILID 1
ww.4*shared.com/document/RArrJf7m/ISUZU_HOLDEN_GEMINI_LOVERS_mas.html

catatan : copy paste link di atas ke jendela alamat baru di browser anda, jgn lupa tambahkan huruf w 1 lagi pd huruf ww.4*shared.com dan hilangkan tanda * pada tulisan www.4*shared.com, tanda bintang ini otomatis ditambahkan oleh kaskus yg merupakan proteksi dr kaskus utk menghindari pembajakan sofware.
Spoiler for tampilan pdf:


ARTIKEL PDF, WORKSHOP MANUAL FOR ISUZU 4J SERIES ENGINE, YG KHUSUS ISUZU GEMINI BLM NEMU, JD SEMENTARA PAKE INI DULU
ww.4*shared.com/document/jrMgVy-_/ISUZU_Workshop_Manual_for_ISUZ.html

catatan : copy paste link di atas ke jendela alamat baru di browser anda, jgn lupa tambahkan huruf w 1 lagi pd huruf ww.4*shared.com dan hilangkan tanda * pada tulisan www.4*shared.com, tanda bintang ini otomatis ditambahkan oleh kaskus yg merupakan proteksi dr kaskus utk menghindari pembajakan sofware.


SOFTWARE PETA JAKARTA DLM BENTUK FLASH PLAYER
ww.4*shared.com/file/d4OCBKae/peta_jakarta.html

catatan : copy paste link di atas ke jendela alamat baru di browser anda, jgn lupa tambahkan huruf w 1 lagi pd huruf ww.4*shared.com dan hilangkan tanda * pada tulisan www.4*shared.com, tanda bintang ini otomatis ditambahkan oleh kaskus yg merupakan proteksi dr kaskus utk menghindari pembajakan sofware.

Spoiler for Berikut penampakan Programnya:


Quote:Original Posted By vwvespamania
cara pasang duct tail di kap mesin gmana ya?


gampang...

masalanya ente punya duct tail nyang mane?
ada yg karet
ada yg fiber

kalo karet ya musti ada dudukan baut 3 biji.... biasanya c 5... ujung ama tengah la minimal... tingal bor terus pasang de... tp mesti di sealer bawahnya biar ga bocor masup bagasi ntar karatan...

kalo yg fiber di bor nya di samping bagasi.....

semua sama kondisinya... kap bagasi jgn sampe melengkung... kl dapet yg melengkung ya ga bs duduk dengan manis om...

om... di gang sebela mane? ayo sabtu yuuu ane mao ke ko fifi mao benerin rem neh.... sekalian ane mo cek ban dan aparat kakikaki...
Quote:Original Posted By parjo1
Permisi agan2 Gemini lovers, salam kenal & ijin bergabung yah....

Id : Parjo1
Nama : Parjo
Lokasi : Cibitung Bekasi - Cilacap - Kebumen
No hp : 0818-2851-09
Mobil : Isuzu Holden Gemini Diesel 1,5 Turbo th 1988 - Warna Hijau tua

Udah lama mantau thread ini, kira2 1 tahunan, baru bulan juli 2011 kena racunnya Gemini diesel, itu jg gara2 investasi sapi simental gua rugi, jadi gua jual tuh sapi, uangnya gua beliin isuzu holden gemini, drpd investasi tp rugi, mending gua beliin mobil aja sekalian, soalnya beli mobilkan emang bukan buat cari untung, ya gak sih.....



wah cibitung neh... deket ama si om ya2n.... monggo om.... welkom2... coba tungangan di poto, sapa tau ketemu di jalan...

wah sapi ga ikut ah... e e nya banyak n gede2, uda gitu bauk lagi... wkkwkw... mending piara gemini, kaga e e om... hehehe
Quote:Original Posted By entotanenag
gampang...

masalanya ente punya duct tail nyang mane?
ada yg karet
ada yg fiber

kalo karet ya musti ada dudukan baut 3 biji.... biasanya c 5... ujung ama tengah la minimal... tingal bor terus pasang de... tp mesti di sealer bawahnya biar ga bocor masup bagasi ntar karatan...

kalo yg fiber di bor nya di samping bagasi.....

semua sama kondisinya... kap bagasi jgn sampe melengkung... kl dapet yg melengkung ya ga bs duduk dengan manis om...

om... di gang sebela mane? ayo sabtu yuuu ane mao ke ko fifi mao benerin rem neh.... sekalian ane mo cek ban dan aparat kakikaki...



Sori gan, yang saya maksud itu lubang angin yang dipasang di kap mesin sperti gemini irmscher itu lho
Quote:Original Posted By parjo1
Permisi agan2 Gemini lovers, salam kenal & ijin bergabung yah....

Id : Parjo1
Nama : Parjo
Lokasi : Cibitung Bekasi - Cilacap - Kebumen
No hp : 0818-2851-09
Mobil : Isuzu Holden Gemini Diesel 1,5 Turbo th 1988 - Warna Hijau tua

Udah lama mantau thread ini, kira2 1 tahunan, baru bulan juli 2011 kena racunnya Gemini diesel, itu jg gara2 investasi sapi simental gua rugi, jadi gua jual tuh sapi, uangnya gua beliin isuzu holden gemini, drpd investasi tp rugi, mending gua beliin mobil aja sekalian, soalnya beli mobilkan emang bukan buat cari untung, ya gak sih.....
Spoiler for Tampilan gemini ane:

Trouble ke 1 yg gua alamin Alternatornya gak ngisi, diservisin di tukang dynamo Cuma bertahan 1 jam doang, udah langsung tewas lg, pas dibongkar alternatornya, ternyata diodanya lepas dr solderannya / timahnya meleleh krn panas, krn mobil pas ada di kebumen, jd cari sparepart daleman alternator rada susah akhirnya diganti segelondong sama body2nya, nemu di toko sarinah Yogyakarta, harganya Rp 975.000 bukan barang baru tp rekondisi.
Berikut kondisi dioda / kiprok yg udah ilang penjepitnya shg timah soldernya meleleh kl kepanasan:
Spoiler for kondisi dioda:

Dan ini photo kardus alternator holden Gemini diesel Rekondisi
Spoiler for kardus alternator:

Cara Kerja Alternator
Prinsip dasar Alternator pada kendaraan
Coba anda perhatikan gambar dibawah ini..

Kunci kontak dialiri arus listrik (+) pada saat posisi ON
Lampu indikator menyala menandakan adanya arus dari battery (aki) ke alternator (saat ini alternator bersifat sebagai groound karena belum bekerja mensuply arus listrik ke accu)

Pada saat mesin dihidupkan, maka alternator akan berkerja untuk menggantikan fungsi aki – lampu indikator mati karena sekarang alternator bekerja dan menghasilkan arus listrik.

Perhatikan lampu CHG untuk mengetahui apakah alternator bekerja atau tidak. Bila lampu CHG menyala pada saat mesin hidup berarti alternator tidak bekerja.. segera periksa kerusakan ini, karena bila tidak mobil dapat mogok dijalan karena kehabisan setrum.

lampu CHG terdapat di meter set jadi satu dgn speedometer dll di dashboard, kl meter set nya dilepas kemudian mesin dihidupkan, alternator tdk bekerja krn tidak ada arus yg mengalir ke rotornya alternator, arus ini yg akan membuat rotor menjadi magnet dan akan menginduksi gulungan stator shg gulungan stator menghasilkan tegangan yg digunakan utk mengisi aki, pd saat mesin sdh hidup, arus yg menuju gulungan rotor disuplay langsung oleh tegangan yg dihasilkan dr gulungan stator.
Sumber : http://duniabengkel.com/cara-kerja-alternator.asp

Trouble ke 2 : central lock nya gak kerja, jd kl mau ngunci pintu harus diteken satu2 secara manual tombol lock pintunya, cape dech….. setelah dibongkar ternyata tempat dudukan baut yg di lock actuator pd pecah krn terbuat dr plastic yg mutunya rendah, solusinya bautnya diganti pake kawat buat ngiket lock actuator ke body pintu. kl mau lebih lengkap ini ada panduannya cr memperbaiki central lock :
http://www.saft7.com/panduan-pemasan...l-lock-system/
Spoiler for kerusakan pd central lock:

Trouble ke 3 : Power windownya loyo, kl naek turunin kaca sering brenti2 ditengah, kadang harus dibantu pake tangan baru kuat, solusinya dikasih 2 Relay buat nengendalikan motor power windownya. berikut artikel cara membuatnya :

Wiring Diagram & Cara Pasang Relay Power Window
Spoiler for Wiring Diagram & Cara Pasang Relay Power Window:

Wiring Diagram Relay Power Window ini memanfaatkan 2 buah relay dengan cara kerja saling bergantian sesuai dengan signal pengendali yang masuk pada up/down dari switch power window.

Setiap pintu/ setiap motor power window membutuhkan 2 relay untuk mengendalikan motor power window sehingga kaca mampu naik turun dengan arus dan tegangan yang setabil sehingga menjadikan switch awet serta power window kenceng.

Tegangan sumber memanfaatkan Plus aki 12volt dan up/down merupakan driver relay, apabila input UP mererima teganagan 12v dari switch maka kaca akan bergerak naik, dan apabila input down menerima tegangan 12volt dari switch maka kaca akan bergerak turun.

Relay bisa kita pergunakan relay dengan aplikasi khusus untuk power window atau mempergunakan relay elektronik, tentunya kemampuan mengalirkan arusnya perlu diperhitungkan dalam memilih relay, min 10Ampere agar aman dan awet. sumber : http://autotuhu.com/belajar-otomotif...y-power-window

Iseng-iseng nyoba ngerendem paku pake air biasa & pake coolant, ini hasilnya setelah didiamkan selama 2 minggu, paku yg direndem air biasa, berkarat banyak bgt, dan yg direndem coolant tdk berkarat sedikitpun, itulah yg akan terjadi dg radiator si Gemini kl diisi air biasa, tadinya paku terendam air, Cuma karena airnya menguap jd tinggal sedikit kaya yg di photo
Spoiler for air biasa VS coolant:


Silahkan mas parjo1, selamat bergabung dan salam kenal dari Medan.

Senang dapat berjumpa dengan mas parjo1 yang mau berbagi pengalaman dalam dunia per-Gemini-an, banyak info menarik untuk diketahui

salam,



sitepujun
Wah mantap Sekarang Masuk Rumah Baru Lg...

Semoga terus semakin ramai, dan semakin bermanfaat bagi seluruh pemilik Gemini...

Pantauan dari Berastagi sudah ada 7 org yg make gemini...yg berseliweran di Jalan, harapan semuanya bisa mantau GL di thread ini, meskipun cukup kesulitan karena rata2 pemiliknya berusia 45thn keatas dan tdk pernah berinteraksi dengan Internet. Setidaknya mereka mau utk diajari.

Thanx buat Pendiri Thread ini Bro Ordes dan Gem8 yg sering mengedit...

Saran kedepan supaya GL buat rangkuman hal2 Penting selama di Forum ini dalam Format Pdf, Kayak yg dibuat tetangga kita di Daihatsu Zebra.