KASKUS

Quote:Original Posted By papakeke07
gan kalo boleh tau kerasanya kyk apa kl engine mounting rusak,soalnya.sun2 ane kl abis masuk gigi lepas gas bunyi jeduk gitu


kalau masukin gigi ada bunyi jedug om,kl nglepas koplingnya gak pelan2 banget...kata orang benkel engine montingnya harus ganti..
pas sy liatin,emang udah diganjel pake karet smua engine montingya...
Quote:Original Posted By no80
kalau masukin gigi ada bunyi jedug om,kl nglepas koplingnya gak pelan2 banget...kata orang benkel engine montingnya harus ganti..
pas sy liatin,emang udah diganjel pake karet smua engine montingya...


mnggu lalu mash ada stok di PJM , hehe,skrng dah g ada ya?
ABSEN PAGI !!!

Quote:Original Posted By A8l3h


Nais inpoh oum Nico...
Ane bbrp waktu lalu ganti kabel busi Ori nya Genesis merk Sumitomo, kata juragan ponjay kalo baru Rp 600rban (oum ical yg pernah beli baru tuh), ane dapet copotan dengan mahar Rp 300rb.

Sebelumnya pernah baca juga, saya lupa di forum ini atau di mana yah..
Untuk GA16 Bisa juga substitusi kabel busi dengan Daihatsu Feroza, pertanyaannya apakah sama kabel businya Feroza dengan Zebra yang sama-2 Daihatsu yah... ada yang punya pengalaman disini..?

-cut-

regards
Mahfud



kabel busi zebra dan feroza sepertinya sama aja bisa substitusi buat b13 deh om... soalnya sebelum dikasih yg zebra, ternyata selama ini nyemplak di mesin ane punya-nyah feroza

Quote:Original Posted By z4ls
Hi Agan-Agan Nisan B13 semua...

Alhamdulilah setelah perjalan panjang berburu B13 dan setelah mendapatkan wejangan dari Om Bazz akhir nya ane ketemu sama si Sunny ini and ane mau ngenalin si Sunny ane ni gan...semoga berkenan yaa..

Spoiler for Bumbleblue:


Mohon bantuan dan nasihat nya dalam merawat si B13 ini...

Regards

-Adi-


wah kinclong sunny nya om
semoga kinclongnya gak di bodi aja ya, semoga kinclong sampe ruang mesin dan kabin

Quote:Original Posted By papakeke07


gan kalo boleh tau kerasanya kyk apa kl engine mounting rusak,soalnya.sun2 ane kl abis masuk gigi lepas gas bunyi jeduk gitu


Quote:Original Posted By no80


kalau masukin gigi ada bunyi jedug om,kl nglepas koplingnya gak pelan2 banget...kata orang benkel engine montingnya harus ganti..
pas sy liatin,emang udah diganjel pake karet smua engine montingya...


sharing pengamatan nubi ya om..., cara paling mudah DIY adalah:
1. lihat secara fisik ke empat EM nya... karetnya ada yg sobek atau pecah atau dah mencang mencong keluar dari rumahannya atau tidak? atau...
2. nyalakan mesin, lihat getaran mesin pada kondisi langsam. mesin bergetar normal? atau mesin bergetar kayak mesin gila (rusuh dan gak beraturan), klo mau pastikan, silahkan dicek satu persatu ke empat EM nya, mana yang paling bergetar parah, gunakan senter biar terang dan jelas...
3. cara terakhir ni butuh kerja 2 orang... satu perhatikan ruang mesin, dan satunya lagi di balik kemudi, namun hati-hati, karena untuk ngetesnya dalam kondisi mesin menyala dan kendaraan di gerakan maju dan mundur...
ada contohnya kok di youtube... search aja

Quote:

mnggu lalu mash ada stok di PJM , hehe,skrng dah g ada ya?


Baru aja sabtu kemaren sunny ane nongkrong di PJM ramanda dari pagi ampe tengah hari buat ganti engine mounting belakang dibantuin pak Yayat

salam
Quote:Original Posted By nic03elic
ABSEN PAGI !!!



kabel busi zebra dan feroza sepertinya sama aja bisa substitusi buat b13 deh om... soalnya sebelum dikasih yg zebra, ternyata selama ini nyemplak di mesin ane punya-nyah feroza



wah kinclong sunny nya om
semoga kinclongnya gak di bodi aja ya, semoga kinclong sampe ruang mesin dan kabin





sharing pengamatan nubi ya om..., cara paling mudah DIY adalah:
1. lihat secara fisik ke empat EM nya... karetnya ada yg sobek atau pecah atau dah mencang mencong keluar dari rumahannya atau tidak? atau...
2. nyalakan mesin, lihat getaran mesin pada kondisi langsam. mesin bergetar normal? atau mesin bergetar kayak mesin gila (rusuh dan gak beraturan), klo mau pastikan, silahkan dicek satu persatu ke empat EM nya, mana yang paling bergetar parah, gunakan senter biar terang dan jelas...
3. cara terakhir ni butuh kerja 2 orang... satu perhatikan ruang mesin, dan satunya lagi di balik kemudi, namun hati-hati, karena untuk ngetesnya dalam kondisi mesin menyala dan kendaraan di gerakan maju dan mundur...
ada contohnya kok di youtube... search aja



Baru aja sabtu kemaren sunny ane nongkrong di PJM ramanda dari pagi ampe tengah hari buat ganti engine mounting belakang dibantuin pak Yayat

salam


pagi om ,kl EM ane getar sih kyknya enggak sobek pun nggak, tapi kyk mencong gitu om,posisinya deket gear box mgkin itu yg bikin bunyi jeduk ya stelah lepas gas?
oh ya btw pak yayat di ramanda itu bengkel sebelh mana? trs kena jasa ongkos berapa om ganti EM?

Salam
Dody
Quote:Original Posted By greennarsis


Cut ---

BTW....om" di sini ada yang mudik lebaran gak yah?? kali aja nanti ketemu di jalan atau mungkin bisa / boleh mampir
Absen dong om. InsyaAllah saya mo mudik ke Semarang trus nanti lanjut ke Klaten tapi berangkat tgl 9 Agustus

Moga" si Greennarsis sehat..


## setyo ##


Absen siang ...

Om Setyo klo ketemu di jalan kloksonin yah .. ane rencana juga pulkam pake si Genit ... rute ane Bekasi - Purwokerto - Klaten.

Tapi ada masalah sedikit nih sama mobil. mohon bantuannya Om.

Kemarin tiba2 mobil ngak bisa di starter .. setelah di cek ternyata Fuel pump ngak nyala lagi ... cek sikring ngak putus/kebakar .. akhirnya ane bongkar fuel pump. setelah ane cek di luar dengan dilangsungkan ke aki ternyata fuel pump bekerja baik (nyala).
Cek lagi ternyata arus listrik di kabel + yg ke fuel pump di dekat tangki (dibawah jok belakang) tidak ada arus sama sekali ....
Di cek di sikring arusnya ada .. kira2 arusnya ilang di mana yah .. Apakah masih ada relay utk fuel pump? (lokasi relay dimana?) mohon bantuan infonya.

Sementara ane jumper pake kabel dari kabel sikring utk ambil arus + pake kabel ke tangki utk nyalain fuel pump. Akhirnya fuelpump bekerja dan mobil bisa nyala.

Perbedaan ketika di Jumper dan sebelum di jumper:
Sebelum di jumper:

=> Ketika kontak On standbay dan indikator lampu nyala semua, fuel pump bekerja beberapa detik (terdengar dengung fuel pump on) terus mati. Starter lalu mesin langsung on.

Setelah di jumper:
=> Ketika kontak On standbay dan indikator lampu nyala semua, fuel pump bekerja (terdengar dengung fuel pump on) dan tidak mati ... di test sampai hampir 30 detik fuel pump tidak mati2. Saat di starter mesin langsung nyala.

Mohon analisanya dari Om-om di mari. => analisa sementara saya jika memang pake relay maka relay-nya yang putus (lokasi relay di mana yah?)
Quote:Original Posted By kenziesabrina


Absen siang ...

Om Setyo klo ketemu di jalan kloksonin yah .. ane rencana juga pulkam pake si Genit ... rute ane Bekasi - Purwokerto - Klaten.

Tapi ada masalah sedikit nih sama mobil. mohon bantuannya Om.

Kemarin tiba2 mobil ngak bisa di starter .. setelah di cek ternyata Fuel pump ngak nyala lagi ... cek sikring ngak putus/kebakar .. akhirnya ane bongkar fuel pump. setelah ane cek di luar dengan dilangsungkan ke aki ternyata fuel pump bekerja baik (nyala).
Cek lagi ternyata arus listrik di kabel + yg ke fuel pump di dekat tangki (dibawah jok belakang) tidak ada arus sama sekali ....
Di cek di sikring arusnya ada .. kira2 arusnya ilang di mana yah .. Apakah masih ada relay utk fuel pump? (lokasi relay dimana?) mohon bantuan infonya.

Sementara ane jumper pake kabel dari kabel sikring utk ambil arus + pake kabel ke tangki utk nyalain fuel pump. Akhirnya fuelpump bekerja dan mobil bisa nyala.

Perbedaan ketika di Jumper dan sebelum di jumper:
Sebelum di jumper:

=> Ketika kontak On standbay dan indikator lampu nyala semua, fuel pump bekerja beberapa detik (terdengar dengung fuel pump on) terus mati. Starter lalu mesin langsung on.

Setelah di jumper:
=> Ketika kontak On standbay dan indikator lampu nyala semua, fuel pump bekerja (terdengar dengung fuel pump on) dan tidak mati ... di test sampai hampir 30 detik fuel pump tidak mati2. Saat di starter mesin langsung nyala.

Mohon analisanya dari Om-om di mari. => analisa sementara saya jika memang pake relay maka relay-nya yang putus (lokasi relay di mana yah?)


ane mudik om,ke cirebon tgl 4 dini hari mudah2an lancar

salam
Dody
Quote:Original Posted By papakeke07


pagi om ,kl EM ane getar sih kyknya enggak sobek pun nggak, tapi kyk mencong gitu om,posisinya deket gear box mgkin itu yg bikin bunyi jeduk ya stelah lepas gas?
oh ya btw pak yayat di ramanda itu bengkel sebelh mana? trs kena jasa ongkos berapa om ganti EM?

Salam
Dody


salam om Dody... maksudnya yang mencong itu EM nya ya?
klo posisi deket gear box itu mksdnya EM sebelah kiri ya yg di bawah aki? hehehe...
kemaren pak Yayat itu mekanik yang nongkrongin lapak PJM, jadi dia yang nawarkan jasa mekanik langsung di tempat om, klo dari bengkel mananya ane juga kurang ngerti, tapi dari sekitaran ramanda kayaknya...
klo ongkos jasa bongkar pasang EM, kemaren deal 125rb... soalnya ane bongkar EM belakang, yang dalam prosesnya rada susah karena kudu ngolong ngebongkar chassis tengah dan sekalian bisa ganti EM depan klo emang rusak, tapi EM depan ane baru ganti jadi msh bagus .
klo ganti EM kanan atau kiri harusnya sih bisa DIY om

salam
Quote:Original Posted By kenziesabrina


Absen siang ...

Om Setyo klo ketemu di jalan kloksonin yah .. ane rencana juga pulkam pake si Genit ... rute ane Bekasi - Purwokerto - Klaten.

Tapi ada masalah sedikit nih sama mobil. mohon bantuannya Om.

Kemarin tiba2 mobil ngak bisa di starter .. setelah di cek ternyata Fuel pump ngak nyala lagi ... cek sikring ngak putus/kebakar .. akhirnya ane bongkar fuel pump. setelah ane cek di luar dengan dilangsungkan ke aki ternyata fuel pump bekerja baik (nyala).
Cek lagi ternyata arus listrik di kabel + yg ke fuel pump di dekat tangki (dibawah jok belakang) tidak ada arus sama sekali ....
Di cek di sikring arusnya ada .. kira2 arusnya ilang di mana yah .. Apakah masih ada relay utk fuel pump? (lokasi relay dimana?) mohon bantuan infonya.

Sementara ane jumper pake kabel dari kabel sikring utk ambil arus + pake kabel ke tangki utk nyalain fuel pump. Akhirnya fuelpump bekerja dan mobil bisa nyala.

Perbedaan ketika di Jumper dan sebelum di jumper:
Sebelum di jumper:

=> Ketika kontak On standbay dan indikator lampu nyala semua, fuel pump bekerja beberapa detik (terdengar dengung fuel pump on) terus mati. Starter lalu mesin langsung on.

Setelah di jumper:
=> Ketika kontak On standbay dan indikator lampu nyala semua, fuel pump bekerja (terdengar dengung fuel pump on) dan tidak mati ... di test sampai hampir 30 detik fuel pump tidak mati2. Saat di starter mesin langsung nyala.

Mohon analisanya dari Om-om di mari. => analisa sementara saya jika memang pake relay maka relay-nya yang putus (lokasi relay di mana yah?)


siang om,... ane tadi iseng baca baca primbon... untuk model B13 GA16DE alias Sentra genesis injeksi... cekidot om...

itu kinerja idealnya...

terus kalo mau coba ngurut kabelnya juga kira kira seperti ini...


nah klo liat diagram sih memang ada relay Fuel pump, cuma karena ane gak make genesis, jadi ane kurang paham soal tata letaknya di sebelah mananya tapi ane nemu diagram berikut...

itu yang ane merahin itu harusnya letak dari relay fuel pump... kalo liat gambarnya sih ane juga gak ngerti itu ada di mana , cuma disebutkan ada di ENGINE ROOM HARNESS... tapi kalo sebagai nubi ane lihatnya mirip di kabin sisi pengemudi.. di kolong dashboard sebelah kanan ngumpul sama kotak sekring dan teman-temannya

CMIIW
Quote:Original Posted By nic03elic


siang om,... ane tadi iseng baca baca primbon... untuk model B13 GA16DE alias Sentra genesis injeksi... cekidot om...
Spoiler for :

itu kinerja idealnya...

terus kalo mau coba ngurut kabelnya juga kira kira seperti ini...
Spoiler for :


nah klo liat diagram sih memang ada relay Fuel pump, cuma karena ane gak make genesis, jadi ane kurang paham soal tata letaknya di sebelah mananya tapi ane nemu diagram berikut...
Spoiler for :

itu yang ane merahin itu harusnya letak dari relay fuel pump... kalo liat gambarnya sih ane juga gak ngerti itu ada di mana , cuma disebutkan ada di ENGINE ROOM HARNESS... tapi kalo sebagai nubi ane lihatnya mirip di kabin sisi pengemudi.. di kolong dashboard sebelah kanan ngumpul sama kotak sekring dan teman-temannya

CMIIW


Terimakasih banget Om Nico .. nanti ane runut lagi deh utk nyari relay itu .. mudah2an bisa normal lagi.
Quote:Original Posted By kenziesabrina


Terimakasih banget Om Nico .. nanti ane runut lagi deh utk nyari relay itu .. mudah2an bisa normal lagi.


iya om sama-sama... semoga genesisnya cepet sehaatt
mau..?





~dimas@palembang~
Quote:Original Posted By papakeke07
mnggu lalu mash ada stok di PJM , hehe,skrng dah g ada ya?


masih ada om,stoknya dipjm td pagi baru dibles smsnya..
sy psen yg belakang,depan kanan sma depan tengah kena 520k
rincianya:
belakang : 190
depan kanan : 190
depan tengah : 140
kl yg depan kiri : 220
sm onkir kebekasi jadi 550k.
Quote:Original Posted By papakeke07
ane mudik om,ke cirebon tgl 4 dini hari mudah2an lancar

salam
Dody


sy juga mudik om,kegombong..
inssaalloh tgl 3 malem..
mudah2an sunny gak ngambek dijalan...
ABSEN SUBUH ...


Quote:Original Posted By disha6610
mau..?





~dimas@palembang~


wah master rem ORI nissan punya tuh

Quote:Original Posted By no80


masih ada om,stoknya dipjm td pagi baru dibles smsnya..
sy psen yg belakang,depan kanan sma depan tengah kena 520k
rincianya:
belakang : 190
depan kanan : 190
depan tengah : 140
kl yg depan kiri : 220
sm onkir kebekasi jadi 550k.


wah jadinya beli di atrium atau pjm om
sabtu lalu ane beli di pjm dikasi 170rb doang buat EM belakang Sunny... usut punya usut, punya ane yg lama yg dah sobek ternyata dipasangin punya Genesis... dudukan baut sama, bedanya diameter rumahan yang bundar tempat karet mountingnya nemplok. Nah katanya harga EM punya genesis dan sunny pun berbeda



Quote:Original Posted By disha6610
mau..?


berapa om plus ongkir bekasi ? PM ya..hehe..

sekalian mau tanya sama para suhu

beberapa bulan belakangan ini getaran mesin sunny saya terasa banget di stir dan stir pun jadi sedikit getar juga, tp kalo dibuka kap mesin, suara dan getaran mesinnya masih terlihat normal..
kira2 apanya ya om...
2 minggu lalu udah di tune up n carbon cleaner di ponjay, tapi getarannya tetap ada...
mungkinkah engine mountingnya juga?

terima kasih sebelumnya atas pencerahannya...

=moko=



~dimas@palembang~


Quote:Original Posted By ghirie


kayanya yg 175 bukan ori dene deh om,,kmren ane sempet ke kemayoran yg 175 itu yg KW, kalo yg ori jg harganya 300rb lebih..



belinya dimana Om Setyo??bisa kirim gak y??saya jg nih skr dilepas soket sensornya,,kalo dipasang RPM pake AC jadi 1600 lebih,,bisa sampe 2000..



Absen pagi...
Maaf om Ghirie, saya baru OL lagi.
Kalau memang problemnya benar dari sensor ECT nanti siang coba saya tanyakan ke tokonya om. Moga" masih punya stock


## setyo ##
Quote:Original Posted By kenziesabrina


Absen siang ...

Om Setyo klo ketemu di jalan kloksonin yah .. ane rencana juga pulkam pake si Genit ... rute ane Bekasi - Purwokerto - Klaten.

Tapi ada masalah sedikit nih sama mobil. mohon bantuannya Om.

Kemarin tiba2 mobil ngak bisa di starter .. setelah di cek ternyata Fuel pump ngak nyala lagi ... cek sikring ngak putus/kebakar .. akhirnya ane bongkar fuel pump. setelah ane cek di luar dengan dilangsungkan ke aki ternyata fuel pump bekerja baik (nyala).
Cek lagi ternyata arus listrik di kabel + yg ke fuel pump di dekat tangki (dibawah jok belakang) tidak ada arus sama sekali ....
Di cek di sikring arusnya ada .. kira2 arusnya ilang di mana yah .. Apakah masih ada relay utk fuel pump? (lokasi relay dimana?) mohon bantuan infonya.

Sementara ane jumper pake kabel dari kabel sikring utk ambil arus + pake kabel ke tangki utk nyalain fuel pump. Akhirnya fuelpump bekerja dan mobil bisa nyala.

Perbedaan ketika di Jumper dan sebelum di jumper:
Sebelum di jumper:

=> Ketika kontak On standbay dan indikator lampu nyala semua, fuel pump bekerja beberapa detik (terdengar dengung fuel pump on) terus mati. Starter lalu mesin langsung on.

Setelah di jumper:
=> Ketika kontak On standbay dan indikator lampu nyala semua, fuel pump bekerja (terdengar dengung fuel pump on) dan tidak mati ... di test sampai hampir 30 detik fuel pump tidak mati2. Saat di starter mesin langsung nyala.

Mohon analisanya dari Om-om di mari. => analisa sementara saya jika memang pake relay maka relay-nya yang putus (lokasi relay di mana yah?)



Waah....sama" ke Klaten nih om Kenzie . Om Kenzie lebih prefer jalur selatan yah, kalau saya suka lewat pantura aja om karena Klatennya juga di daeran utara (Delanggu).

Semoga si Genit segera sembuh om


## setyo ##
Sekalian mau review hasil masalah AC
Problem : kompresor ngorok
Sebenarnya suara ngorok dari kompresor sudah ada dari 3 ato 4 bulanan yang lalu setelah ganti evaporator. Tapi sebelumnya suaranya kadang ilang kadang bunyi lagi. Makanya didiamin dulu (memang dasar ndableg sih... )

Akhirnya hari minggu kemarin dibawa ke tukang AC. Dugaan awal saya bisa diservice ganti bearing, setelah di-cek lagi ma tukang AC ternyata bunyi berasal dari pistonnya.
Ternayata kompresor sudah diganti pakai Sanden, dan celakanya merk Sanden gak bisa diganti pistonnya melainkan harus satu glundung kompresor

Yo wis lah...akhir diputuskan ganti kopresor baru Sanden dengan mahar: kompresor Sanden ori 1.750rb + jasa 200rb sdh termasuk oli dan freon
Spoiler for Sanden 01:


Spoiler for Sanden 02:


Alhamdulillah sekarang AC jadi maknyuuss....
Berarti sekarang AC kondisinya baru semua kecuali blower


## setyo ##


Quote:Original Posted By nic03elic


iya om sama-sama... semoga genesisnya cepet sehaatt


Alhamdulillah Si Genit udah ketawan penyakitnya berkat info yg disampaikan Om Nico dari Primbon .. hehehe.
Setelah ane lihat primbon yg di copas Om Nico dan ane urut lagi kabelnya akhirnya ketemu juga relay fuel pumpnya
Spoiler for lokasi relay fuel pump:


terus saya coba kembalikan jalur nya dan saya coba pasang pake relay yg lain (utk ngetes saya copot relay yg warna biru => saya pasang di slot relay fuel pump) ternyata berhasil ... fuelpump bekerja normal .. saat kontak on standby fuel pump nyala selama 5 detik dan mati ... starter di kick mesin langsung nyala.

Masalahnya sekarang adalah nyari relay-nya masih ada yg jual ngak yah.?
Saya juga sedang nyari switch power window .. nyarinya di mana yah atau ada yg punya stock kampakan .. ?

Spoiler for Relay & switch power window:



Quote:Original Posted By greennarsis



Waah....sama" ke Klaten nih om Kenzie . Om Kenzie lebih prefer jalur selatan yah, kalau saya suka lewat pantura aja om karena Klatennya juga di daeran utara (Delanggu).

Semoga si Genit segera sembuh om


## setyo ##


Iya lah Om klo rutenya ke Semarang dulu emang paling pas lewat PANTURA .. klo ane kan mampir ke Purwokerto dulu jadi emang enakan lewat Selatan. Medan naik turun dilibas sama Si Genit.
Absen menjelang siang.........
Quote:Original Posted By kenziesabrina


Alhamdulillah Si Genit udah ketawan penyakitnya berkat info yg disampaikan Om Nico dari Primbon .. hehehe.
Setelah ane lihat primbon yg di copas Om Nico dan ane urut lagi kabelnya akhirnya ketemu juga relay fuel pumpnya
Spoiler for lokasi relay fuel pump:


terus saya coba kembalikan jalur nya dan saya coba pasang pake relay yg lain (utk ngetes saya copot relay yg warna biru => saya pasang di slot relay fuel pump) ternyata berhasil ... fuelpump bekerja normal .. saat kontak on standby fuel pump nyala selama 5 detik dan mati ... starter di kick mesin langsung nyala.


Waaahhhh muantabb daya telusur Om Kenzie neeh, ketemu juga akhirnya tuuh relay fuel pump. Ane gak kepikiran kalo ada relay nyempil dibawah sana, thanks to Om Kenzie and Om Andes jadi tau deeh TKP nya relay fuel pump.....

Quote:Original Posted By kenziesabrina

Masalahnya sekarang adalah nyari relay-nya masih ada yg jual ngak yah.?
Saya juga sedang nyari switch power window .. nyarinya di mana yah atau ada yg punya stock kampakan .. ?

Spoiler for Relay & switch power window:


---CUT---


Ane rasa kalo cuma relay doang dan utk emergency gpp pake relay yang universal dulu (relay Hella yang merakyat di hampir semua toko sparepart mobil ataupun motor), dipasangin sekalian pake rumah relainya. Tinggal disamain aja posisi kaki2 relay nya....


~Prianto~
go go