Quote:Original Posted By iqinupin
om-om semua ane minta tolong dinatu donk...gimana cara rubah spull CS1 ane jadi full dc yah....


full dc

emang bisa full dc :
Suhu2 mohon infonya dong mengenai spul pengapian

Dulu ane punya pengalaman ngelilit spul pengapian ninja R, api memang luar biasa gedenya sampe warna nya hampir kebiru2an, dan gara2 gede api sampe si selah tuh motor agak susah dan seperti motor kompresi besar.
Setelah hidup kok motor jalannya malah mundur..untung ane cuma ngegas pelan.....info dari temen ane sih katanya kutub nya kebalik....apa bener begitu suhu2, mohon penjelasannya ya
Quote:Original Posted By mbokne.gajah
full dc

emang bisa full dc :


haiyaaahh ... si om

Quote:Original Posted By jembriser
Suhu2 mohon infonya dong mengenai spul pengapian

Dulu ane punya pengalaman ngelilit spul pengapian ninja R, api memang luar biasa gedenya sampe warna nya hampir kebiru2an, dan gara2 gede api sampe si selah tuh motor agak susah dan seperti motor kompresi besar.
Setelah hidup kok motor jalannya malah mundur..untung ane cuma ngegas pelan.....info dari temen ane sih katanya kutub nya kebalik....apa bener begitu suhu2, mohon penjelasannya ya


dalam seper-sekian detik emang bakal bolak balik listriknya ...
AC ... Alternating Current

tp ane baru tau kalo bisa mundur
permisi para suhu... ane kemarin coba gulung ulang sendiri spul pengisian astrea grand pake kawat diameter 1mm niatnya bikin fw sekalian pengen gedein amper buat ngisi aki, yg mau ditanyain :
1. kalo ct di spul di ilangin ngaruh gak ke arus yg keluar? output pengisian cuma 2 kabel yg putih sama kabel dr angkat ground..
2. insulator buat gulungan spul bagus nya pake apa yah supaya awet dr panas? krn bingung kemarin ane semprot hasil gulungan pake pylox clear...
3. hasil output spul ke r/r kalo di ukur nyampe sekitar 50vac lebih tanpa r/r, apakah aman?
kunci kontak on 12.8v
idle stationer 13.2v - 13.8v
rpm 2000 14.8v
hid 35w nyala idle stationer 11.5v -12v

gmn menurut para suhu, tolong dikoreksi para suhu takut ada yg salah... ane nubitol byk belajar dr trit" kelistrikan disini.. trus praktek di motor sendiri..

Met pagi... sugeng enjang...

Quote:Original Posted By mbokne.gajah
full dc

emang bisa full dc :


Pulweb... ane dikit - dikit ngerti...
klo pul dc..... simbok... belum tau ya..... entar belajar bareng yak...



Quote:Original Posted By jembriser
Suhu2 mohon infonya dong mengenai spul pengapian

Dulu ane punya pengalaman ngelilit spul pengapian ninja R, api memang luar biasa gedenya sampe warna nya hampir kebiru2an, dan gara2 gede api sampe si selah tuh motor agak susah dan seperti motor kompresi besar.
Setelah hidup kok motor jalannya malah mundur..untung ane cuma ngegas pelan.....info dari temen ane sih katanya kutub nya kebalik....apa bener begitu suhu2, mohon penjelasannya ya


Hambatannya berapa om.... jangan lebih dari 80 ohm yak....

full dc

Quote:Original Posted By iqinupin
om-om semua ane minta tolong dinatu donk...gimana cara rubah spull CS1 ane jadi full dc yah....


mungkin mangsut ente fullwave... yak.... and tuch.... suhu besar Kot... udah angkat bicara....., tinggal ambil maknanya aja....

spul

Quote:Original Posted By bbuncir08
permisi para suhu... ane kemarin coba gulung ulang sendiri spul pengisian astrea grand pake kawat diameter 1mm niatnya bikin fw sekalian pengen gedein amper buat ngisi aki, yg mau ditanyain :
1. kalo ct di spul di ilangin ngaruh gak ke arus yg keluar? output pengisian cuma 2 kabel yg putih sama kabel dr angkat ground..
2. insulator buat gulungan spul bagus nya pake apa yah supaya awet dr panas? krn bingung kemarin ane semprot hasil gulungan pake pylox clear...
3. hasil output spul ke r/r kalo di ukur nyampe sekitar 50vac lebih tanpa r/r, apakah aman?
kunci kontak on 12.8v
idle stationer 13.2v - 13.8v
rpm 2000 14.8v
hid 35w nyala idle stationer 11.5v -12v

gmn menurut para suhu, tolong dikoreksi para suhu takut ada yg salah... ane nubitol byk belajar dr trit" kelistrikan disini.. trus praktek di motor sendiri..

1.keknya klo pulwep emang ndak ada ct-nya to...
2. ane biasa pake.... pelapis gulungan warnanya abu - abu... (mau aplot... lagi males...sorry yak), coba pake kertas pelapis gulungan spul yang sering dipakai tukang spul dinamo.
3. keknya udah lumayan...... output ampe 50v ntu tanpa regulator... yak... keknya spulnya sip...., tapi klo untuk isi aki pastinya pakai regulator kan.... hehehe. dari jawaban ane ,.... mohon koreksi... para suhu dimarih....
Quote:Original Posted By bbuncir08
permisi para suhu... ane kemarin coba gulung ulang sendiri spul pengisian astrea grand pake kawat diameter 1mm niatnya bikin fw sekalian pengen gedein amper buat ngisi aki, yg mau ditanyain :
1. kalo ct di spul di ilangin ngaruh gak ke arus yg keluar? output pengisian cuma 2 kabel yg putih sama kabel dr angkat ground..
2. insulator buat gulungan spul bagus nya pake apa yah supaya awet dr panas? krn bingung kemarin ane semprot hasil gulungan pake pylox clear...
3. hasil output spul ke r/r kalo di ukur nyampe sekitar 50vac lebih tanpa r/r, apakah aman?
kunci kontak on 12.8v
idle stationer 13.2v - 13.8v
rpm 2000 14.8v
hid 35w nyala idle stationer 11.5v -12v

gmn menurut para suhu, tolong dikoreksi para suhu takut ada yg salah... ane nubitol byk belajar dr trit" kelistrikan disini.. trus praktek di motor sendiri..


  1. no problemo. kalo gulung ulang, bekas CT yg ane pake sbg tab solderan kawat dan kabelnya bekas gnd kosong melompong.
  2. insulator ane biasa pake hitachi. kalo ga salah sekaleng 60rb. insulator juga bisa pake lem gasket (autosealer klabermann) 17rb. lemnya dibalurin ke lilitan kawat. pylox dan sebagainya yg mengandung thinner, gak rekomen. uap thinner bakal merusak seal2 ente. lagian pylox jg ga taham panas. kalo sampe lapisannya rontok, masuk ke jalur oli dll. wassalam. rontokan pylox tajem2 loh ya
  3. normal.


jangan takut berkreasi lagi yak. cara2nya udah bener semua. tinggal disempurnakan lagi.
Quote:Original Posted By jembriser
Suhu2 mohon infonya dong mengenai spul pengapian

Dulu ane punya pengalaman ngelilit spul pengapian ninja R, api memang luar biasa gedenya sampe warna nya hampir kebiru2an, dan gara2 gede api sampe si selah tuh motor agak susah dan seperti motor kompresi besar.
Setelah hidup kok motor jalannya malah mundur..untung ane cuma ngegas pelan.....info dari temen ane sih katanya kutub nya kebalik....apa bener begitu suhu2, mohon penjelasannya ya


masak timingnya kebalik ? kalo kutub kebalik, mestinya ga masalah. kalo arah gulungan kebalik, biasanya jadi masalah.
Quote:Original Posted By mbokne.gajah
  1. no problemo. kalo gulung ulang, bekas CT yg ane pake sbg tab solderan kawat dan kabelnya bekas gnd kosong melompong.
  2. insulator ane biasa pake hitachi. kalo ga salah sekaleng 60rb. insulator juga bisa pake lem gasket (autosealer klabermann) 17rb. lemnya dibalurin ke lilitan kawat. pylox dan sebagainya yg mengandung thinner, gak rekomen. uap thinner bakal merusak seal2 ente. lagian pylox jg ga taham panas. kalo sampe lapisannya rontok, masuk ke jalur oli dll. wassalam. rontokan pylox tajem2 loh ya
  3. normal.


jangan takut berkreasi lagi yak. cara2nya udah bener semua. tinggal disempurnakan lagi.



wah thank's atas pencerahan nya suhu..
sptnya bakalan di bongkar lagi ntar malem tu spul takut rontok & masuk ke jalur oli, ngeri...mdh2an blm telat.. baru di pake 2 hari motonya.
kalau kawat pake yg 1,2mm sptnya lebih mantep ya suhu selama jumlah lilitan minimal tdk dikurangi / dilebihi jumlah lilitan nya?
oh ya kalo nyari insulator hitachi belinya dimana nih?
maaf kalo byk nanya..
Quote:Original Posted By bbuncir08
wah thank's atas pencerahan nya suhu..
sptnya bakalan di bongkar lagi ntar malem tu spul takut rontok & masuk ke jalur oli, ngeri...mdh2an blm telat.. baru di pake 2 hari motonya.
kalau kawat pake yg 1,2mm sptnya lebih mantep ya suhu selama jumlah lilitan minimal tdk dikurangi / dilebihi jumlah lilitan nya?
oh ya kalo nyari insulator hitachi belinya dimana nih?
maaf kalo byk nanya..


gak perlu 1.2. ntar tambah berat lari motornya. 1mm aja cukup. varnish insulator biasa ane dapat di toko yang jual kawat tembaga spul juga.
Quote:Original Posted By mbokne.gajah
gak perlu 1.2. ntar tambah berat lari motornya. 1mm aja cukup. varnish insulator biasa ane dapat di toko yang jual kawat tembaga spul juga.


ok matur nuwun pencerahan nya om mbokne.gajah...
emang top para suhu disini ga pernah pelit ngasih ilmu..
Quote:Original Posted By bbuncir08
ok matur nuwun pencerahan nya om mbokne.gajah...
emang top para suhu disini ga pernah pelit ngasih ilmu..


ngapain jg pelit2 ?
kalo ada niat, ada usaha, ane gak pelit ilmu. ane pelit kalo ada yg nanya, tapi cuman nanya doang, gak pernah nerapin ilmunya

typical No Action Asks Only
Quote:Original Posted By mbokne.gajah
ngapain jg pelit2 ?
kalo ada niat, ada usaha, ane gak pelit ilmu. ane pelit kalo ada yg nanya, tapi cuman nanya doang, gak pernah nerapin ilmunya

typical No Action Asks Only


sip setuju banget suhu ...
btw kalo om gajah gendut sama om mbokne.gajah itu masih sedulur atw orang yg sama? (oot dikit ya suhu) maaf kalo ane gak tau...
ane byk praktek dari postingan om gajah gendut...
motor ane yg jd kelinci percobaan..
hehe.. oh iya hapir lupa salam kenal om, ane dari Bandung.. mohon bimbingan nya ya kalo ane ada pertanyaan seputar kelistrikan motor..

nyimak

Quote:Original Posted By jembriser
Suhu2 mohon infonya dong mengenai spul pengapian

Dulu ane punya pengalaman ngelilit spul pengapian ninja R, api memang luar biasa gedenya sampe warna nya hampir kebiru2an, dan gara2 gede api sampe si selah tuh motor agak susah dan seperti motor kompresi besar.
Setelah hidup kok motor jalannya malah mundur..untung ane cuma ngegas pelan.....info dari temen ane sih katanya kutub nya kebalik....apa bener begitu suhu2, mohon penjelasannya ya


Newbe ijin nyimak para suhu..........

Baru denger yah...gara gara pengapian trus motor bisa jalan mundur....gimana ceritanya tu Suhu.............

hitachi... ntu

Quote:Original Posted By mbokne.gajah
  1. no problemo. kalo gulung ulang, bekas CT yg ane pake sbg tab solderan kawat dan kabelnya bekas gnd kosong melompong.
  2. insulator ane biasa pake hitachi. kalo ga salah sekaleng 60rb. insulator juga bisa pake lem gasket (autosealer klabermann) 17rb. lemnya dibalurin ke lilitan kawat. pylox dan sebagainya yg mengandung thinner, gak rekomen. uap thinner bakal merusak seal2 ente. lagian pylox jg ga taham panas. kalo sampe lapisannya rontok, masuk ke jalur oli dll. wassalam. rontokan pylox tajem2 loh ya
  3. normal.


jangan takut berkreasi lagi yak. cara2nya udah bener semua. tinggal disempurnakan lagi.


Mangsudnya hitachi ntu.... berupa lem atau cairan atau apa suhu..., klo pakai resin + catalys.... efek negatifnya apa suhu... mohon pencerahan

Mbokne

Quote:Original Posted By bbuncir08
sip setuju banget suhu ...
btw kalo om gajah gendut sama om mbokne.gajah itu masih sedulur atw orang yg sama? (oot dikit ya suhu) maaf kalo ane gak tau...
ane byk praktek dari postingan om gajah gendut...
motor ane yg jd kelinci percobaan..
hehe.. oh iya hapir lupa salam kenal om, ane dari Bandung.. mohon bimbingan nya ya kalo ane ada pertanyaan seputar kelistrikan motor..


Ini gajah... nyang ntu mbokne gajah..... udah jelas tow....

Tanya

Ane Tanya suhu....., sebenarnya cara yang paling bagus dan akurat... guna mengukur spul pengapian..... pegimane yak....
Quote:Original Posted By bbuncir08
sip setuju banget suhu ...
btw kalo om gajah gendut sama om mbokne.gajah itu masih sedulur atw orang yg sama? (oot dikit ya suhu) maaf kalo ane gak tau...
ane byk praktek dari postingan om gajah gendut...
motor ane yg jd kelinci percobaan..
hehe.. oh iya hapir lupa salam kenal om, ane dari Bandung.. mohon bimbingan nya ya kalo ane ada pertanyaan seputar kelistrikan motor..



idem. kluarga gajah semua.


Quote:Original Posted By NANANGLESTIAWAN
Mangsudnya hitachi ntu.... berupa lem atau cairan atau apa suhu..., klo pakai resin + catalys.... efek negatifnya apa suhu... mohon pencerahan



cairan kang. persis pernis bentuknya. biasanya ane abis gulung spul, langsung ane celup 5 menitan. ditiriskan, trus diangin2. ga sampe 30 menit udah kering, proses ane ulangi 2-3x. toh sekaleng (0.5L, 60rb baru habis terpakai 50-an spul), ane seneng pake metode celup daripada dikuas ke lilitan spul. soalnya lebih merata dan bisa masuk sela2 kawat spulnya (cirinya gampang, kalo dicelup, ntar muncul gelembung2 udara dari sela2 spul, biarin aja sampe gelembungnya ilang, kalo udah gak kluar gelembungnya berarti udah rata kena insulator semua). cari yg grade suhu tinggi kang. kisaran 200C cukup, biar tahan kalo spulnya dipasang dalam mesin.


pake resin dan catalyst bisa. cuman karena macam resin banyak sekali (ada ratusan), dan ane ga bisa bedain , maka ane gak milih pake resin. ada resin yg cuman tahan gesekan, ada yg tahan panas aja tapi rapuh, ada yg liat/lentur aja tapi gak tahan panas, ada yang gak tahan minyak dll.

takutnya kalo pas kebagian resin yg gak tahan panas dan getaran, resin bisa rontok, serpihan masuk jalur oli dan wassalam.

pemakaian insulator ini sebenarnya memiliki banyak fungsi
  • melapisi kawat tembaga spul, biar gak mudah ngelontok.
  • jadi perekat antar gulungan, biar gulungan gak gampang melorot
  • memberikan perlindungan dari panas mesin
  • mencegak short antar tumpukan
  • dll... a je er


Quote:Original Posted By NANANGLESTIAWAN
Ane Tanya suhu....., sebenarnya cara yang paling bagus dan akurat... guna mengukur spul pengapian..... pegimane yak....


ane juga nyimak niy. soalnya ane jg lom bisa ngegulung spul pengapian. kalo dengar2 menurut kabar tit*t, kawatnya semakin kecil semakin bagus, tahanan semakin besar semakin bagus. tapi ane juga belum yakin. masalahnya cdi kan juga punya batasan input. kalo tegangan dari spul terlalu tinggi, takutnya CDI jebol duluan.

nyimak dulu ahhh ...

semuanya numpang nanya
akhir2 ini mio saya lampu rating interval kedipnya lebih cepat dari biasanya,
terus kalo lagi nge rating sambil klakson, klaksonnya meler...
kadang2 kecil suaranya
apa mungkin karena spul??