KASKUS

Poll: GARANSI RESMI paling RECOMMENDED berdasarkan pengalaman KASKUSER

COMTECH/CTN 18% (275 votes)
SELULAR SHOP 17% (268 votes)
TAM 65% (1009 votes)
Voter: 1552 Back to polling
aslmkm agan2x
ane sbnernya nanya nih kali aja ada yg pernh pnya pnglaman sama ane ato yg tau info pertanyaan ane ini.

jadi pcr ane pny bb keppler, namun kondisi nya matot gara2 berenang diair tuh bb, otomastis gransi ilangkan, slahnya ga langsung dibw ke ss, tp ke konter tmn dan smpet dibongkar, tp nyerah gan g bs dibenerin krn kena ic power dan ic flash ktnya, nah dger2 ktnya harus ganti mesin, nah klo di ss kena brp ya klo smpe ganti mesin?? ane mw mastiin biaya nya lbih mhl ganti mesin apa beli baru, soalnya lokasi ss lmyan ckp jauh dr rmh ane..posisi ane di bandung
wsslm.....thx gan
halo agan2... mo tanya nih, bb ane 9790 garansi TAM sering restart2 trz, ane cb upgrade d tmpt tmn ane biar gk restart, skrg malah lebih parah, gk mau idup... nah ane mau claim garansi nya tp posisi ane d palangkaraya... apa bisa d kirim ke service centernya d jakarta ? ane cr2 info nyagk dpt2, kirim email ke cs@teletama pun masih gk ada balasan.... enak nya gmn ya gan ?
Quote:Original Posted By bow126
mw tanya tentang service centre TAM ITC Roxy mas

pada 31 januari 2013 saya coba bawa bb bokap yg mati total ke TAM, karena masih dalam masa garansi, di dalam perjanjian yg di sebutkan itu untuk pemeriksaan itu memakan waktu 14 hari kerja, tidak termasuk hari sabtu - minggu dan hari besar lainnya.

saya juga berikan nomor telf untuk konfirmasi unitnya, tapi semua line telf ga ada yg pernah di angkat,
1. 021 633 5809
2. 021 630 5809
3. 021 630 4973
4. 021 630 4974

karena sudah pass 1 bulan saya inisiatif untuk cek langsung ke TAM Roxy, karena saya binging tidak poernah ada jawaban waktu di tlp,

sesampainya di saya tanyakan unit saya bb belagio,apakah sudah selesai?
dan saya mendapatkan jawaban yg kurang memuaskan masi pending, cuma itu aja, saya juga complain masalah telf yg tidak pernah di jawab, lagi-lagi alasannya tidak memuaskan, " ia pak kita sedang sibuk " setelah itu CS nya kasi informasi unit bakal di ganti baru tapi masi pending di ring 3

sampe sekarang 18 maret 2013 hp yang saya bawa ke TAM belum selesai juga, dengan alasan masih pending di ring 3, maksudnya apa?


mohon pencerahannya juragan
wah sama kayak ane punnyaaa gannn,Mirip 100% ahayyyy...tp ane nelpun diangkat gannn,emang agak susah tp ente telpun 20x an deh dikisaran jam 10.30 liwat dikit..
nama customer servicenya Mba Rena..
ane 2 hari 1x nelpun besok ane disuruh kesana karena onyx 3 kita ud beres.

Quote:Original Posted By KT610-lover
Kalo di sini ada yg punya bb garansi tam yg beli dari baru, ane minta tolong fotoin baterenya dong. Kalo bisa monza/dakota/bellagio. Nanti ane lemparin cendol. Makasih


cara send fotonya bijimana gan?nuwbiee gan..hehehe
Quote:Original Posted By infamousrian
gini ceritanya gan
ane beli bb montana belum 2 bln dah gak bisa nyala gan..
crita gini..tuh bb dah ampir abis batrex(kuningg) trus ane matiin sambil cas..ane cek sejam tau2x indikator led ga nyala2..ta cabut cas trus nyalain ga mau jg..buka pasang batre masi ga mau nyala jg..
oh yaa ane pk bb jarang bnget cas sambil nyala (betul apangak sih klo gini)..n slalu pke cas ori bb(ane bawa kemana2), ga pnah pake power bank atau sejenisnya..
trus bawa ke toko belinya (ka*ebosi link-makassar) singkat crita penjual bilang ok bbku dibawa ke pusat distro ks* itu dijakrta..tapi tiba2 seminggu kemudian ane tiba2 ditlpon ama pnjual toko klo bbku dah void..tanpa sepengetahuan ane bbku udah tiba dimkssar saat itu jg..nahh yg ane heran knp pihak distro ga hbungi ane dlu perihal bb yg void itu,lgsung aja dibalikin..pas ane minta dikirim ke jakarta lgi tau2nya malah disuruh kirim sndiri..ane sampe brdebat smpe sipenjual ngalah..dia nawarin ga usah dikirim lagi,cukup diservis ditmpat yg bagus katanya biaya -+ 500rb jamin bagus lagi..ane ga ada masalah..tapi smpe skrg tuh bb matot ga bisa dibenerin lagi setelah diservis ama temen penjual toko..sampe skrg ga mau tnggung jawab tuh penjual..coba bawa ketmpat servis yg bagus jg ga mau terima alasannya mesin udah diutak atik...proses ini sndiri udah sebulan lebih sampe akhirnya ane curiga jgn2 bb yg dijual ke ane emang dah void trus dibenerin ama si penjual..

mohon saran ya agan2 sekalian

sama kyk ane gan masalah u pas gw pke montana.. tp gw grnsi Bles* d gnti mesin.. nunggu nya 1 bulan
Quote:Original Posted By a5enk
buat apaan ini


Kena tipu nih.. Cek thread ane yg surat terbuka deh.. Katanya tam, ternyata barang tam palsu. Kalo liat voice data sebenarnya baru. Tapi ketipunya itu loh.. Baterenya mau utk cek keaslian jg. Btw, udah beli yg ori garansi resmi royal. Udah dicek. Beneran palsu..
WTA

mau nanya dong gan
kalau garansi CTN dan blackberry kena dead pixel kalau dead pixel bisa minta ganti unit gak di CTN?

tolong bantu jawab yang pernah ngeklaim garansi di CTN
pasti saya cendolin yang bantu jawab
terimakasih
Temen ane service BB Dakota ke TAM, udh 3 bulan lebih belum beres juga...
mungkin gara" terlalu banyak yg pake Garansi TAM, jadi layanan AFTER SALESnya jadi buruk, padahal di kertas servicenya di tulis 4 weeks...

CTN kemaren temen ane service Dakota White cuma 1 Bulan, Replace Baru...
Jadi menurut ane, ga mesti TAM lah klo beli BB, yang lain juga OKE..
YANG PENTI GARANSI RESMI
Quote:Original Posted By lantai.putih




Gak bisa yach....jadi pengen nangis nich



iya, klo sempet....klo nggak

btw ane sengaja fotoin biar lebih jelas (dan mudah-mudahan bisa dijadikan bahan pembelajaran buat semuanya)

Spoiler for penampakan segel yang rusak:



Oya...sekalian nanya kartu garansi dari TAM nih. Ane kebetulan ada lebih dari satu blackberry dari TAM (bukan punya ane semuanya ) dan baru sadar klo kartu garansinya beda. Yang satu ukurannya gede, yg satu lagi lebih kecil. Kira-kira dua-duanya ntu beneran dikeluarin sama TAM atau cuma salah satu saja?

btw ini penampakannya.....

Spoiler for Wujud penampakan kartu garansi TAM:





bener nih ane jg bingung kartu garansi yg mana yg bener ya? punya ane yg kecil gan, mohon pencerahannya ya gan, PM ke ane ya buat para suhu
Quote:Original Posted By boyink.311



bener nih ane jg bingung kartu garansi yg mana yg bener ya? punya ane yg kecil gan, mohon pencerahannya ya gan, PM ke ane ya buat para suhu


yg kecil?
bukannya itu BB rombongan baru [u/ OS7 (pernah lihat pas mampir ke TAM). u/ OS10 aku belum pernah lihat kartu garansinya]

udah 7 minggu

BB ane rusak lagi torch.. udah 7 minggu ga selesai2, katanya emang mau diganti baru, dan Barangnya lagi gak ada karena utk tipe torch, barangnya dipegang COMTECH utk masalah garansi2nya, dulu pake comtech, 4 minggu udah diganti baru, kali ini udah 7 minggu bahkan telpon gak diangkat, (ni telpon nya ke TAM Surabaya, udah message ke fanpage TAM, tapi gak dibales..

Aku senewen banget gan T_T


ada yang tau emailnya TAM ga? kapan hari baca di thread ini tapi kok ilang ga ketemu..

sebeeeeelllll udah 7 minggu telpon tak satupn diangkat !!

bahkan message fanpage udah aku ancam segala.. gak tau apa kalau lagi butuh HP..

Pelayanan yang sangat tidak memuaskan dari TAM !!! Kapok Pake TAM !!

Mending Comtech saran kalau mau beli yang garansi Resmi..

garansi Tam yg asli?

Quote:Original Posted By Teomate


yg kecil?
bukannya itu BB rombongan baru [u/ OS7 (pernah lihat pas mampir ke TAM). u/ OS10 aku belum pernah lihat kartu garansinya]


thank's for respone buat agan Teomate



punya ane yg kaya gini gan kartu garansinya.. kira2 ini asli apa palsu ya gan? soalnya ane beli bb di counter2 biasa gan bukan di erafone. bb ane torch 1 saat ini keadaannya kalo dicolokin batre panas bb ane n ga mau booting (masuk ke os) knp ya gan?

barang kali ada masalah yg sama ma ane.. b4 thank's

DAKOTA

wah gw baru tau kl garansi resmi lsg diganti unit...
dakota gw beli di gerai blackberry resmi (MKG)..udah pake setaon, huruf dikeybaord nya jadi keras..akhirnya gw bawa ke tempat service..
diganti keyboardnya aja..

2 bulan kemudian..keyboard kembali bermasalah..keyboard tombol alt nyala terus..alhasil kl mau bbman jd gak bs..kl ketik a yg keluar jadi *, ketik Q jadi # dst..akhirya masuk lagi ketempat service dan ditukar keyboard lagi..

gw jadi bingung, diganti sparepart baru apa bekas?coz malah tambah rusak ..

Yg mau gw tanyain..kok org service nya gak ngmg ya kl bs diganti unit? atau ada syarat khusus spy unit diganti baru??

gimana nih service resmi nya
Quote:Original Posted By boyink.311


thank's for respone buat agan Teomate



punya ane yg kaya gini gan kartu garansinya.. kira2 ini asli apa palsu ya gan? soalnya ane beli bb di counter2 biasa gan bukan di erafone. bb ane torch 1 saat ini keadaannya kalo dicolokin batre panas bb ane n ga mau booting (masuk ke os) knp ya gan?

barang kali ada masalah yg sama ma ane.. b4 thank's


Cek vendor id nya. Kalo 613 berarti ori.
Ane pake BB Bellagio yang dibeli bulan April 2012 dengan garansi Selular Shop 2 tahun.
Mulai bulan lalu tuh BB masalah mulu, mulai dari restart sendiri, sering gak bisa nge-charge dan harus tiap hari cabut batere.
Minggu lalu puncaknya kena error 545 dan layarnya putih doank.
Cari-cari di internet katanya bisa dicolok ke Blackberry Desktop ternyata gak efek.

Ane ke selular shop MKG deh buat claim garansi.
Pertama-tama HP-nya dibawa masuk ke ruang servis-nya katanya emang rusak dan gak bisa nge-charge.
Front desk-nya nganjurin supaya HP-nya ditinggal supaya biar diperbaiki katanya 21 hari kerja.
Ya udah ane tinggalin tuh HP dengan mendapatkan bukti penyerahan barang.

Setelah 3 hari berlalu, eng ing eng... Ane dapet sms kalo Garansi ane void karena kena cairan.
Nih sms bikin esmosi aje kok bisa-bisanya bilang kena cairan setelah 2 hari nginep di SS.
Kemaren ane ke SS minta klarifikasi kok bisa-bisanya ada sms kayak gini padahal tuh HP kagak pernah kecebur atau kecipratan air.
Lagipula waktu serah terima gak ngomong apa-apa dan di surat penerimaan barangnya gak ada komentar hape kena air

Mereka berdalih bahwa kemaren gak ada teknisi buat ngecek baru dicek 2 hari yang lalu,
WTF... Enak banget garansi SS, tinggalin HP dulu dan input ke sistem kalo kita mau reparasi terus tinggal bilang Void karena kena cairan.
Gw juga pernah claim garansi ipod touch tapi mereka ngecek waktu sebelum serah terima servis apakah gadget-nya kena air atau jatuh.
Beda banget ama SS, terima OK2 aja begitu menurut mereka rusaknya parah langsung bilang kena cairan. Kan bisa aja mereka nyeburin HP ane untuk alasan void.
Setelah ngoceh-ngoceh hampir 2 jam gak bawa hasil, ane ambil lagi tuh HP.
Herannya selama 2 jam itu kagak ada yang beli di SS. Apakah banyak yang udah tahu kalo garansi SS itu abal-abal?

Mohon sarannya gimana supaya HP ane bisa dibetulin.
Apakah perlu ke cabang SS laen supaya bisa tetep claim garansi?
Kalaupun tetep gak bisa apakah ada service center yang bisa langsung benerin gak perlu nunggu lama-lama?
Soalnya ane ngeri ke tempat reparasi gak resmi takut malahan daleman dipretelin dan gak mau beli BB lagi.
Quote:Original Posted By dipaa02
ane mau download app d appworld kok malah muncul tulisan seperti ini "blackberry app world having problems connecting to server blackberry app world. verify your network connection and try again" mohon pencerahannya gan ?

sekedar sharing gan,ane prnh ngalamin hal gitu. kemungkinan appworld ente ud lama ga diupgrade.

agan upgrade aja. gratis kok
gan nanya
baterai bb garansi tam yg asli itu apa pasti tulisan tam di baterainya nggabung jadi 1 sama baterai (bukan sticker yg bisa di lepas)
Quote:Original Posted By ndrablank29
aslmkm agan2x
ane sbnernya nanya nih kali aja ada yg pernh pnya pnglaman sama ane ato yg tau info pertanyaan ane ini.

jadi pcr ane pny bb keppler, namun kondisi nya matot gara2 berenang diair tuh bb, otomastis gransi ilangkan, slahnya ga langsung dibw ke ss, tp ke konter tmn dan smpet dibongkar, tp nyerah gan g bs dibenerin krn kena ic power dan ic flash ktnya, nah dger2 ktnya harus ganti mesin, nah klo di ss kena brp ya klo smpe ganti mesin?? ane mw mastiin biaya nya lbih mhl ganti mesin apa beli baru, soalnya lokasi ss lmyan ckp jauh dr rmh ane..posisi ane di bandung
wsslm.....thx gan


sama aja gan mending beli baru

Quote:Original Posted By ocean23
halo agan2... mo tanya nih, bb ane 9790 garansi TAM sering restart2 trz, ane cb upgrade d tmpt tmn ane biar gk restart, skrg malah lebih parah, gk mau idup... nah ane mau claim garansi nya tp posisi ane d palangkaraya... apa bisa d kirim ke service centernya d jakarta ? ane cr2 info nyagk dpt2, kirim email ke cs@teletama pun masih gk ada balasan.... enak nya gmn ya gan ?


CEK halaman satu cari yang paling dekat aja
atau coba bisa maen maen ke FANPAGE TAM

Quote:Original Posted By KT610-lover
Kena tipu nih.. Cek thread ane yg surat terbuka deh.. Katanya tam, ternyata barang tam palsu. Kalo liat voice data sebenarnya baru. Tapi ketipunya itu loh.. Baterenya mau utk cek keaslian jg. Btw, udah beli yg ori garansi resmi royal. Udah dicek. Beneran palsu..


oke ane cek TKP

Quote:Original Posted By bessgurning182
WTA

mau nanya dong gan
kalau garansi CTN dan blackberry kena dead pixel kalau dead pixel bisa minta ganti unit gak di CTN?

tolong bantu jawab yang pernah ngeklaim garansi di CTN
pasti saya cendolin yang bantu jawab
terimakasih


Bisa gan kalo unit nya tidak terindikasi bekas benturan,jatuhan,kena air
dibaca aja semua kelengkapannya

Quote:Original Posted By profits.makers
Temen ane service BB Dakota ke TAM, udh 3 bulan lebih belum beres juga...
mungkin gara" terlalu banyak yg pake Garansi TAM, jadi layanan AFTER SALESnya jadi buruk, padahal di kertas servicenya di tulis 4 weeks...

CTN kemaren temen ane service Dakota White cuma 1 Bulan, Replace Baru...
Jadi menurut ane, ga mesti TAM lah klo beli BB, yang lain juga OKE..
YANG PENTI GARANSI RESMI

betul gan
yang penting GARANSI RESMI


Quote:Original Posted By ALMAHYRA
BB ane rusak lagi torch.. udah 7 minggu ga selesai2, katanya emang mau diganti baru, dan Barangnya lagi gak ada karena utk tipe torch, barangnya dipegang COMTECH utk masalah garansi2nya, dulu pake comtech, 4 minggu udah diganti baru, kali ini udah 7 minggu bahkan telpon gak diangkat, (ni telpon nya ke TAM Surabaya, udah message ke fanpage TAM, tapi gak dibales..

Aku senewen banget gan T_T


ada yang tau emailnya TAM ga? kapan hari baca di thread ini tapi kok ilang ga ketemu..

sebeeeeelllll udah 7 minggu telpon tak satupn diangkat !!

bahkan message fanpage udah aku ancam segala.. gak tau apa kalau lagi butuh HP..

Pelayanan yang sangat tidak memuaskan dari TAM !!! Kapok Pake TAM !!

Mending Comtech saran kalau mau beli yang garansi Resmi..


datangi langsung gan setiap hari kalo perlu
biar mereka cepet FOLLOW UP nya

Quote:Original Posted By 1united
wah gw baru tau kl garansi resmi lsg diganti unit...
dakota gw beli di gerai blackberry resmi (MKG)..udah pake setaon, huruf dikeybaord nya jadi keras..akhirnya gw bawa ke tempat service..
diganti keyboardnya aja..

2 bulan kemudian..keyboard kembali bermasalah..keyboard tombol alt nyala terus..alhasil kl mau bbman jd gak bs..kl ketik a yg keluar jadi *, ketik Q jadi # dst..akhirya masuk lagi ketempat service dan ditukar keyboard lagi..

gw jadi bingung, diganti sparepart baru apa bekas?coz malah tambah rusak ..

Yg mau gw tanyain..kok org service nya gak ngmg ya kl bs diganti unit? atau ada syarat khusus spy unit diganti baru??

gimana nih service resmi nya


option replace unit adalah pilihan terakhir gan ,dan tergantung juga dengan ketersediaannya stock unit replace yang ada
kalo unit agan rusak ya klaim lagi aja selama masa Garansi nya masi berlaku


Quote:Original Posted By DeepSubmerge
Ane pake BB Bellagio yang dibeli bulan April 2012 dengan garansi Selular Shop 2 tahun.
Mulai bulan lalu tuh BB masalah mulu, mulai dari restart sendiri, sering gak bisa nge-charge dan harus tiap hari cabut batere.
Minggu lalu puncaknya kena error 545 dan layarnya putih doank.
Cari-cari di internet katanya bisa dicolok ke Blackberry Desktop ternyata gak efek.

Ane ke selular shop MKG deh buat claim garansi.
Pertama-tama HP-nya dibawa masuk ke ruang servis-nya katanya emang rusak dan gak bisa nge-charge.
Front desk-nya nganjurin supaya HP-nya ditinggal supaya biar diperbaiki katanya 21 hari kerja.
Ya udah ane tinggalin tuh HP dengan mendapatkan bukti penyerahan barang.

Setelah 3 hari berlalu, eng ing eng... Ane dapet sms kalo Garansi ane void karena kena cairan.
Nih sms bikin esmosi aje kok bisa-bisanya bilang kena cairan setelah 2 hari nginep di SS.
Kemaren ane ke SS minta klarifikasi kok bisa-bisanya ada sms kayak gini padahal tuh HP kagak pernah kecebur atau kecipratan air.
Lagipula waktu serah terima gak ngomong apa-apa dan di surat penerimaan barangnya gak ada komentar hape kena air

Mereka berdalih bahwa kemaren gak ada teknisi buat ngecek baru dicek 2 hari yang lalu,
WTF... Enak banget garansi SS, tinggalin HP dulu dan input ke sistem kalo kita mau reparasi terus tinggal bilang Void karena kena cairan.
Gw juga pernah claim garansi ipod touch tapi mereka ngecek waktu sebelum serah terima servis apakah gadget-nya kena air atau jatuh.
Beda banget ama SS, terima OK2 aja begitu menurut mereka rusaknya parah langsung bilang kena cairan. Kan bisa aja mereka nyeburin HP ane untuk alasan void.
Setelah ngoceh-ngoceh hampir 2 jam gak bawa hasil, ane ambil lagi tuh HP.
Herannya selama 2 jam itu kagak ada yang beli di SS. Apakah banyak yang udah tahu kalo garansi SS itu abal-abal?

Mohon sarannya gimana supaya HP ane bisa dibetulin.
Apakah perlu ke cabang SS laen supaya bisa tetep claim garansi?
Kalaupun tetep gak bisa apakah ada service center yang bisa langsung benerin gak perlu nunggu lama-lama?
Soalnya ane ngeri ke tempat reparasi gak resmi takut malahan daleman dipretelin dan gak mau beli BB lagi.

coba ente klaim nya di BLACKBERRY EXPERT CENTER aja
ALAMAT ada di PAGE ONE


Quote:Original Posted By Al-Mighty
gan nanya
baterai bb garansi tam yg asli itu apa pasti tulisan tam di baterainya nggabung jadi 1 sama baterai (bukan sticker yg bisa di lepas)


tetep stiker gan
Quote:Original Posted By ocean23
halo agan2... mo tanya nih, bb ane 9790 garansi TAM sering restart2 trz, ane cb upgrade d tmpt tmn ane biar gk restart, skrg malah lebih parah, gk mau idup... nah ane mau claim garansi nya tp posisi ane d palangkaraya... apa bisa d kirim ke service centernya d jakarta ? ane cr2 info nyagk dpt2, kirim email ke cs@teletama pun masih gk ada balasan.... enak nya gmn ya gan ?


gk lama abis gw posting ini eh rupanya email gw d balas ma tam, minta nomor telp yg bisa di hubungin trz d telp deh... ane d suruh kirim ke service center nya d jkt dengan alamat :
PT TELETAMA ARTHA MANDIRI
jL. Danau Agung 1 No. 20
DEPAN GEREJA HKBP
JAKARTA UTARA
Phone (021)6514355

sebelum di kirim ane lacak dl alamat nya sm mbah google dan ternyata mmg benar alamat itu sesuai dengan PT Erajaya Group trs y lsg ane kirim... 3 hari kemudian d telp lg klo unit akan d swap dengan yg baru, skrg sisa H2C aja nih nunggu unit baru datang

menanggapi respon yg lain ttg TAM kaya nya mesti sabar deh, kaya nya TAM mmg gk bisa telp, sebelum mo kirim barang ke jkt dah cb gw telp tp gk d angkat2, jadi drpd maen telp mending lsg datangin aja gerai nya n coba d cek klo sdah waktu yg d janjikan...

tar gw update begitu barang datang, and skalian iklan deh, ni barang datang mo lsg gw jual aja, mo beliin laptop jd sp yg minat bisa PM ane klo barang dah datang ya

to agan a5enk trims respon nya...
ade ane pny onyx 2. ga nyampe setaon pemakaian, keypad ud mulai ngadat,kdg2 suka double typing. trackpad juga suka bergeser sendiri. ditambah 1 masalah lagi, batere kalo uda abis,terus pas dicharge eh malah diblg full,ga berapa lama tiba2 mati sendiri.

ane td ke OKeshop,krn garansi bb onyx 2 ade ane itu comtect,tapi ktnya kudu ditinggal 3minggu. ade ane agak keberatan,karena butuh banget,ga bisa ditinggal. disuruh pergi kepusat,katanya kemungkinan swap atau bkn,keputusan pusatnya. malah bisa sehari kelar prosesnya,tanpa perlu ditinggal. emang benaran gan? soalnya sebelumnya yah,pas dia bilang 3minggu ditinggal,ane langsung aja ngomong yakin apa engga 3minggu,saya sring dengarnya suka lebih dari 3minggu soalnya,dia malah berubah lagi jwbnnya,katanya bisa kemungkinan lebih dari 3 minggu


selain itu kejadian bb error juga nimpa cow ane ,gan. bb nya orlando,ga nyampe setaon,suka sim card reject,kirain emang sim card nya rusak,karena uda lama. nah pas ke xl center tukar sim card,emang uda ga error lagi,kirain uda benar. ehh ga berapa lama ,muncul lagi penyakitnya. haisss.. terus bb nya suka banget restart sendiri
kira-kira kemungkinan diswap bisa ga sih?

sory kalo pertanyaan ane pernah ditanyakan sebelumnya,atau pertanyaan ane kesannya nubie abis. mohon pencerahannya. thank you ane kasi cendol deh.. hehe