KASKUS

Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Ayo gan hari ini materinya apa
hehehehe
Quote:Original Posted By ishmahmumtazah
صباح الخير....

ماذا ستفعلون اليوم ؟


صباح النور
سأعمل في الشركة اليوم ، إن شاء الله
سهل الله أمور الجميع !
ooh, maaf gan. dopost.
kirain ane blm berhasil posting.
latihan i'rob yuk gan...

nih, siapa yang mau i'rob:


مُحَمَّدٌ مُسَافِرٌ

Ciri-ciri muannats (isim jenis perempuan)

Sebelum kita masuk materi, coba ikhwan/akhwat sekalian menyebutkan ciri-ciri muannats dari kalimat/kata-kata berikut:

1. ??????? (Wanita hamil) ? Isim yang khusus untuk perempuan
2. ?????????? (Kucing betina kecil)
3. ??????? (Paling besar)

4. ????????? (Hitam)
5. ?????????? (Cantik)
6. ??????????? (Wanita yang kemerah-merahan pipinya)
7. ????????? (Masjid-masjid)
8. ?????? (Telinga)
9. ????????????? (Wanita yang belajar)
10. ?????????? (Wanita/istri)
11. ??????? (Unta betina)
12. ??????? (Paling kecil)
13. ??????? (Pemudi)
14. ??????? (Enam)
15. ???????????? (Malaysia)
16. ?????? (Kaki)
17. ????????? (Ruqayyah)
18. ????????? (Nama-nama)
19. ???????? (Istri)
20. ????????? (Saudara-saudara perempuan)

Selamat Mengerjakan!

???? ???????? ?????????????
“Seorang pemalas tak akan berhasil.”
sumber soal: Badar online
Quote:Original Posted By froganokellis
latihan i'rob yuk gan...

Nih, siapa yang mau i'rob:


مُحَمَّدٌ مُسَافِرٌ



محمد : مبتدأ مرفوع و علامة رفعه ضمة ظاهرة في اخره
مسافر : خير المبتدأ مرفوع و علامة رفعه ضمة ظاهرة في اخره
Quote:Original Posted By ishmahmumtazah
Sebelum kita masuk materi, coba ikhwan/akhwat sekalian menyebutkan ciri-ciri muannats dari kalimat/kata-kata berikut:

1. ??????? (Wanita hamil) ? Isim yang khusus untuk perempuan
2. ?????????? (Kucing betina kecil)
3. ??????? (Paling besar)

4. ????????? (Hitam)
5. ?????????? (Cantik)
6. ??????????? (Wanita yang kemerah-merahan pipinya)
7. ????????? (Masjid-masjid)
8. ?????? (Telinga)
9. ????????????? (Wanita yang belajar)
10. ?????????? (Wanita/istri)
11. ??????? (Unta betina)
12. ??????? (Paling kecil)
13. ??????? (Pemudi)
14. ??????? (Enam)
15. ???????????? (Malaysia)
16. ?????? (Kaki)
17. ????????? (Ruqayyah)
18. ????????? (Nama-nama)
19. ???????? (Istri)
20. ????????? (Saudara-saudara perempuan)

Selamat Mengerjakan!

???? ???????? ?????????????
“Seorang pemalas tak akan berhasil.”
sumber soal: Badar online


kok banyak tanda tanya ustadz?

Talking 

Quote:Original Posted By froganokellis
kok banyak tanda tanya ustadz?


jadi jawabannya pasti tanda tanya

Talking 

dopost ga nambah postingan

Talking 

Quote:Original Posted By froganokellis
latihan i'rob yuk gan...

nih, siapa yang mau i'rob:


مُحَمَّدٌ مُسَافِرٌ


saya coba ya

Muhammad: jadi Mubtada, dia marfu' dan tanda marfu'nya adalah Dhommah di akhir kata
Musafirun: jadi Khobar, sama dengan diatas

Quote:Original Posted By empatsembilan
saya coba ya

Muhammad: jadi Mubtada, dia marfu' dan tanda marfu'nya adalah Dhommah di akhir kata
Musafirun: jadi Khobar, sama dengan diatas



shohih... very good gan

coba yang ini:

سَافَرَ مُحَمَّدٌ
Saafaro mohammadun (jumlah fi'liyyah liannaha budi'at bil-fi'li)
Saafaro = fi'il madhi
muhammadun = isim fa'il (marfu'un bid-dhommah)
Quote:Original Posted By ishmahmumtazah

Saafaro = fi'il madhi


shahih
tapi ada yang kurang ustadz... biasanya kalau i'rob harus disebutkan juga:
1. apa dia marfu/majrur/majzum/mansub atau mabni
2. kalau nomor 1 sudah ditentukan, harus disebutkan juga alamatnya. jadi, misalnya sudah ditentukan dia marfu', maka harus disebutkan juga APA ALAMAT MARFU'NYA. kecuali kalo mabni yang lebih simpel, hanya dengan menyebutkan "mabni ala..."

jadi, i'robnya:

سافر : فعل ماضي مبني على الفتح

Quote:Original Posted By ishmahmumtazah
muhammadun = isim fa'il (marfu'un bid-dhommah)

mumtaz... kalo versi arabnya:

محمد : فاعل مرفوع و علامة رفعه ضمة ظاهرة في اخره
i'rob lagi yah... hehee...
siapa mau coba ini:

كَانَ مُحَمَّدٌ مُسَافِرًاً
ayo...agan-agan yg jago...tolong ksh tau i'robnya?
kenapa bahasa arab susah banget sih gan?!??!?! kenapa! KENAPA!!!
kenapa nilai ane gapernah bagus di bhs arab sih
*curhat
nice gan...terus maju untuk kdepanya.....
Quote:Original Posted By cekiwiw
kenapa bahasa arab susah banget sih gan?!??!?! kenapa! KENAPA!!!
kenapa nilai ane gapernah bagus di bhs arab sih
*curhat


sebabnya bisa 3 kemungkinan:
1. metode pembelajarannya kurang pas. banyak metode pengajaran sekarang ini yang masih sulit. belum apa2 sudah belajar nahwu misalnya. padahal yang penting bukan nahwu/shorof dulu. buktinya orang arab banyak yang ga bisa nahwu, tapi bisa bahasa Arab. kayak kita juga. kita bisa lancar berbahasa Indonesia, tapi banyak diantara kita kurang faham kaidah2 bahasa Indonesia.

2. metode sudah baik, tapi gurunya kurang mahir dalam mengajar.

3. perspektif negatif dari pelajar. banyak pelajar yang mempersepsikan bahwa bahasa Arab itu sulit. padahal, menurut saya, bahasa Arab itu mudah. memang harus diakui banyak tata bahasa dan aturan2 dalam bahasa Arab, tapi itu bukan berarti sulit, hanya perlu sedikit usaha lebih di awal2 belajar.

maka, coba dievaluasi. barangkali metode blm pas, atau gurunya kurang pandai menjelaskan (walaupun dia pintar), atau persepsi kita yang negatif.
kalo dipikir sulit, pasti jadi sulit. tapi kalo dipikir mudah, insya Allah jadi mudah gan...
Quote:Original Posted By basofikry
afwan ya akhi,kira kira kalo tempat les bahasa arab di sekitar bandung dan jatinangor tuh dimana ya? syukron


Sekedar info, ini ada tempat kursus bahasa Arab di Jatinangor, namanya ELFUSHA:

http://elfusha.wordpress.com/
Quote:Original Posted By zuhair1410
Sekedar info, ini ada tempat kursus bahasa Arab di Jatinangor, namanya ELFUSHA:

http://elfusha.wordpress.com/


wah di jatinangor
pengajarnya dari mana saja?