KASKUS

Thumbs up ◄◄ THE LEGEND 11meter band /CB/ 27mhz kumpul di sini. ►►

Trit ini berisikan serba -serbi 11meter band/27mhz atau CB
dimana di dalamnya berisikan :
- seputar radio 11meterband ,
- seputar antenna 11meterband
- seputar kendala /solved 11 meterband




copas dari blog sebelah :

sebagai pembukaan
----Penemuan alat komunikasi radio yang menggunakan band frekuensi 26,968 -27,405 Mhz yang di negara asalnya Amerika terkenal dengan nama radio Citizent Band (CBX) maka di Amerika tersebut pada tahun 1958 secara resmi radio CB telah dilegalisir penggunaannya sebagai alat komunikasi radio antar penduduk.

Sebagai organisasi pengelolaannya adalah Federal Communications Commission (FCC) yang bertugas untuk menangani pengendalian dan pembinaan para penggemarnya yang semakin banyak di masyarakat luas. Keberadaan CB terasa diperlukan oleh masyarakat di Amerika, terutama sebagai sarana komunikasi antar penduduk untuk saling memberikan informasi bila mendapat kesulitan, mohon bantuan/pertolongan dengan segera, atau untuk kepentingan gawat darurat.

Dengan demikian komunikasi radio antar penduduk (CB) di Amerika berkembang dengan baik dan telah memasyarakat, sehingga instansi-instansi resmipun ikut secara aktif terjun didalamnya. Instansi yang ikut terjun antara lain : Kepolisian, SAR, Rumah Sakit, Pemadam Kebakaran, Perusahaan Listrik, dan lembaga sosial kemasyarakatan lain yang semuanya memonitor dengan menggunakan jalur/aluran 9. Disamping itu keperluan tersebut, alat komunikasi ini juga banyak digunakan untuk membantu keperluan komunikasi pada acara/event penting seperti acara olahraga maupun bentuk bentuk keramaian lainnya, demi kelancaran penyelenggaraan dan untuk mengantisipasi apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan. Perkembangan komunikasi radio CB, telah merambah ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia pun mulai dimasuki radio CB sejak dasawarsa 70-an.
Kehadiran CB di Indonesia teryata terus berkembang dalam jumlah maupun penggemarnya yang penggunaannya masih bersifat liar, karena belum ada ketentuan yang mengaturya. Melihat kenyataan ini, Pemerintah mulai menyadari jikalau penggunaan CB secara liar dan jumlahnya semakin bertambah banyak tetap dibiarkan,
bisa mengakibatkan timbulnya dampak negatif, karena alat komunikasi radio CB apabila oleh pemilik yang tidak bertanggungjawab dan liar dapat digunakan untuk tindakan yang bersifat kriminal, bahkan mungkin sampai tindakan subversif dan Iain-lain.

Akhirnya Pemerintah mengambil tindakan penertiban terhadap pemilik dan pengguna radio CB di Indonesia, oleh karenanya Pemerintah mengambil kebijaksanaan untuk melegalisir penggunaan perangkat tersebut dengan ketentuan-ketentuan persyaratan serta perijinan untuk Komunikasi Radio Antar Penduduk (KRAP).

Kebijaksanaan Pemerintah melalui Menteri Perhubungan telah menetapkan SK MENHUB RI Nomor : SI. 11/HK 501/Phb-80 tertanggal 6 Oktober 1980, tentang Perizinan Penyelenggaraan Komunikasi Radio Antar Penduduk. Untuk pelaksanaan keputusan tersebut, maka perlu didirikan suatu organisasi yang bertugas membantu Pemerintah dalam pengawasan dan pembinaan terhadap penyelenggara Komunikasi Radio Antar Penduduk (KRAP).
Memperhatikan begitu pentingnya suatu organisasi pendukung atas keputusan itu maka Dirjen Postel pada tanggal 31 Oktober, menunjuk Team Formatur dengan suratnya Nomor : 6356/OT.002/Dirfrek/80, untuk membentuk Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia yang mempunyai kepentingan pembinaan, pengelolaan, dan pengendalian Komunikasi Radio Antar Penduduk. Team Formatur yang ditunjuk, yaitu :


SUDARTO
EDDIE M. NALAPRAYA
SUTIKNO BUCHARI
A. PRATOMO, Be T.T.
LUKMAN ARIFIN, SH
[/CENTER]

source:
rapi 11meterband/ CB/ 24mhz on telomoyo blog

literatur lain :

kode Internasional
ada di sinijuga


silahkan sharing seputar 11meter
mudah2 dengan adanya trit ini sangat berguna bagi temen2 yang akan menggunakan atau sudah menggunakan 11 mc

11meterband berbeda dengan 2 m band ,
dengan adanya trit ini bisa sharing perbedaan tersebut ..


happy posting kaskus'ers


Group FB 27mhz

for Pict Rig nya ...

radio yang akan di gunakan TS
Spoiler for GE 3-5813A AM mode :


magnum

aries super star 120

radio cb centronix mark IX

superstar2000

inunwd Super Star 360 FM

Avanti WS150

boster 27mhz + HF

kumpulan literatur Antenna 11meter

tazwacky posting on peki II
Spoiler for Vertical CB Antenna:


Spoiler for niksenh:

Info lain + Freq Channel CB

Spoiler for tentang konektor:


Spoiler for freq CB:


Spoiler for freq CB:


Spoiler for freq CB:




Spoiler for freq CB:

CB terms and slang

CB terms and slang

"10" signals\tMeaning
10-1\tReceiving poorly
10-2\tReceiving well
10-3\tStop transmitting
10-4\tOK, message received
10-5\tRelay message
10-6\tBusy, stand by
10-7\tOut of service, leaving air
10-8\tIn service, subject to call
10-9\tRepeat message
10-10\tTransmission completed, standing by
10-11\tTalking too rapidly
10-12\tVisitors present
10-13\tAdvise weather/road conditions
10-16\tMake pickup at...
10-17\tUrgent business
10-18\tAnything for us?
10-19\tNothing for you, return for base
10-20\tMy location is...
10-21\tCall by telephone
10-22\tReport in person to...
10-23\tStand by
10-24\tCompleted last assignment
10-25\tCan you contact...
10-26\tDisregard last information
10-27\tI am moving to channel...
10-28\tIdentify your station
10-29\tTime is up for contact
10-30\tDoes not conform to FCC rules
10-32\tI will give you a radio check
10-33\tEmergency traffic at this station
10-34\tTrouble at this station, help needed
10-35\tConfidential information
10-36\tCorrect time is
10-37\tWrecker needed at...
10-38\tAmbulance needed at...
10-39\tYour message delivered
10-41\tPlease tune to channel...
10-42\tTraffic accident at...
10-43\tTraffic tieup at...
10-44\tI have a message for you/or...
10-45\tAll units within range, please report
10-46\tAssist motorist
10-50\tBreak channel...
10-60\tWhat is next message number?
10-62\tUnable to copy, use phone
10-63\tNet directed to...
10-64\tNet clear
10-65\tAwaiting your next message/assignment
10-67\tAll units comply
10-70\tFire at...
10-71\tProceed with transmission in sequence
10-73\tSpeed trap at...
10-75\tYou are causing interference
10-77\tNegative contact
10-81\tReserve hotel room for...
10-82\tReserve room for...
10-84\tMy telephone number is...
10-85\tMy address is...
10-89\tRadio repairman needed at...
10-90\tI have TVI
10-91\tTalk closer to mike
10-92\tYour transmitter is out of adjustment
10-93\tCheck my frequency on this channel
10-94\tPlease give me along count
10-95\tTransmit dead carrier for 5 seconds
10-99\tMission completed, all units secure
10-200\tPolice needed at...


Slang\tMeaning
A big 10-4\tOK, over and out
Apple\tA CB addict
Back door\tLast rig in convoy
Ballet dancer\tA swaying antenna
Bear's den\tPolice station
Bear in the air\tPolice helicopter
Beast\tA CB rig
Breaker nn\tCut into CB channel nn
Bug out\tLeaving a channel
Chopped top\tShort antenna
Chicken coop\tWeighing station
County mounty\tLocal police
Cub scouts\tSheriff's men
Double nickels\t55 Mph (US national speed limit)
Drop the hammer\tStep down on the gas
Flappers\tEars
Flip side\tReturn trip
Four wheeler\tPassenger car
Front door\tFirst rig in convoy
Good buddy\tAny other CB'er
Green stamps\tToll roads
Local yokel\tSmall town policeman
Negatory\tNo
One eyed monster\tTelevision
Plain wrapper\tUnmarked police car
Play dead\tStand by
Rodger\tOK
Seat cover\tGirl in car
Shakytown\tLos Angeles, California
Smokey bear\tHighway patrol
Tijuana taxi\tPolice car with light flashing
Kalo radio 11 meter-an ini biasanya jangkauan-nya sampe berapa km ya gan?
Quote:Original Posted By ft2800
bawa ke jakarta om,..kita ramaikan yuk
antenna masih nyimpen ga om?


Masih om. Vertical polarisasi. Cuman gak tau mereknya. Masih dibungkus plastik... Dulu yang punya terlanjur beli....eh orang-orang udah beralih ke 2m band. Saya tuker ama antenna telex bekas, dianya mau....hehehe....coba dech saya bawa ke Jakarta.

DX-zone-kaskus | 27mhz | CB | 11meterband


-whopost in this trit-


PHP Code:
bye_setiadit
tazwacky
t  
ft2800
t   
niksenh 
t  
Hexxer
t   
misteriwan
t   
sentral372    
JZ09IYY
t   
racal
t           
radio_balap  
dohansyah
t
yb3td
t
kr15n4_5
t
k0jak
t
Komaryono
t
herrysus
t
rudpels
t
budim
t
rae_sinekti
t
kzrongatus
t
mbahpaijo
t
TraderBule
t
kang dicky14
t
am27
t
krisanputih
t
jivevava
t
Mac Gyver
t
IGO B 2525
t
Unforgeten
t
bozminyak



Junior Om Hexx


Quote:Original Posted By ft2800
cukup luas om,.tergantung propagasi juga bisa se-indonesia loh

kasih saya aja om,.kalau masih ada nanti di tuker ma rembang pati


Hehehe.....makasih banyak,om. Kayanya enggak saya lepas dulu. Soalnya bingung mo nyari lagi yang kaya gitu dimana? Cuman punya satu soalnya,om. Ntar dech,kalo ada temen yang punya lebih. :-)

Antenna PArt II

Spoiler for sigma tazwacky room:
Quote:Original Posted By ft2800
bawa ke jakarta ya biar bisa ber-Dx An


Beres. Insyaallah bulan depan pulang. Jadi bisa bawa-bawa....BTW tau dimana harus cari kristal 26 ama 27 Mhz om? Di Jogja dulu masih ada yang jual, sekarang tokonya udah tutup!

index trit

reserved for index
link balun bysentra372
lilitan kumparan
kabel ke balun

Spoiler for event:
Quote:Original Posted By ft2800
bawa ke jakarta om,..kita ramaikan yuk
antenna masih nyimpen ga om?


cek kulkas gan ada yg seger2 buat nambah semangat
Quote:Original Posted By krisanputih
cek kulkas gan ada yg seger2 buat nambah semangat s


makasih om,..
:

Talking Aries 120

Bongkar bongkar gudang nemu Aries 120............enaknya diapain yah ??
Quote:Original Posted By rae_sinekti
Bongkar bongkar gudang nemu Aries 120............enaknya diapain yah ??


wahhhh ,manteb nih yuk kita hidupkan kembali masa2 11meter band
CB aries ane br dateng dr sebrang, blum smpt dibongkar, msh diluar kota.
Mdh2n rame nih maen cb lg, gak perlu gila2n maen wat. Yg penting kedengeran.
Klo dibikin ripiter bisa gak ya, seru kali digandeng ke 2m
Quote:Original Posted By ft2800
di glodok ga ada kah?


Belum sempet tanya-tanya,om. Gak tau tokonya juga...hehehehe....

Quote:Original Posted By rae_sinekti
Bongkar bongkar gudang nemu Aries 120............enaknya diapain yah ??


Wuihhh.....ada yang masih simpen Aries 120! Enaknya ON AIR lagi,om.....
Quote:Original Posted By Hexxer
CB aries ane br dateng dr sebrang, blum smpt dibongkar, msh diluar kota.
Mdh2n rame nih maen cb lg, gak perlu gila2n maen wat. Yg penting kedengeran.
Klo dibikin ripiter bisa gak ya, seru kali digandeng ke 2m


iya OM Hexx
semalem sempet menimba ilmu 11mc dan 11meterband
kayak akan di wujudkan bikin antenna sederhana ala JZ 09 AAB
Quote:Original Posted By tazwacky
Belum sempet tanya-tanya,om. Gak tau tokonya juga...hehehehe....


Wuihhh.....ada yang masih simpen Aries 120! Enaknya ON AIR lagi,om.....


bikin antenna yuk kang ,kapan nih janjian kita bikin bareng .
Quote:Original Posted By Hexxer
CB aries ane br dateng dr sebrang, blum smpt dibongkar, msh diluar kota.
Mdh2n rame nih maen cb lg, gak perlu gila2n maen wat. Yg penting kedengeran.
Klo dibikin ripiter bisa gak ya, seru kali digandeng ke 2m


Dulu pernah om,ada yang coba di buat seperti itu. Di awal rame-ramenya 11m band. Saya juga pernah di kasih tau ama sesepuh 11m band,kalo bikin repeater 11m band,rada aneh dikit....mo menuju aceh,repeater-nya ada di maluku! Gak tau bener ato enggak.
×