KASKUS

Lightbulb Penyebab Motor jadi Boros & Kiat hemat BBM

SELAMAT DATANG DI THREAD ANE

Spoiler for BUKA YA GAN:


Spoiler for Buka Lagi :


Spoiler for Buka Lagi:


Quote:Permisi gan...
berhubung BBM udah pada naik....
ane mau ngasih tips2 nih bagi agan2 yang sering pake kuda besi....
apalagi sekarang udah mau musim mudik... semoga tips ini bisa bermanfaat buat agan-agan



dijamin gak repost deh

Spoiler for NOREPOST:


Quote:Quote:
A. Penyebab Motor Boros
Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?
setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:
Quote:a. MACET
Spoiler for ...:

Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi
motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.

Quote:b. KONDISI JALAN
Spoiler for ...:

Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut
pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai
atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi
bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau
cenderung rusak.

Quote:c. MEMAINKAN GAS TERUS-MENERUS
Spoiler for ..:

Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika
motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara
terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor
lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah
mengalami perubahan.

Quote:d. SUHU
Spoiler for ..:

Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah
suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin
tinggi.

Quote:e. KONDISI MOTOR
Spoiler for ...:

Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,
penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya
hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.


Quote:B. Kiat-kiat untuk menghemat BBM
:BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. “Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah,” jelas Freddy.

Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.

:KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKE (BUKAN GAK PAKE, TAPI KURANGI)
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. “Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar.

:HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.

:HARAM GEBER DI LAMPU MERAH
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. “Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,”

:JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.
lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit aja

Quote:sumber: http://www.kcdj.org/forums/lofiversi...php?t1113.html

Quote:UPDATE BUAT MATIC

gini gan.. memang sulit pungkiri.. emang metik agak boros.. tapi ada loh triknya..
KLO MENURUT ANE
motor metik itu kalo mau hemat ya kita musti sabar gan...
maksudnya??? motor metik itu biasanya klo kita di gas pasti kita langsung tancep aja gitu.. nah supaya gak boros.. kita gas aja pelan2 gan.. nikmati alurnya...::
satu lagi kec. max nya itu 60 km/jam.. jadi klo agan pake metik pelan2 aja nge gas nya... ampe batas kec. max nya 60 km/jam..
gitu gan menurut ane.. :

silahkan dicoba gan...


TAMBAHAN DARI JURAGAN

POST 4
POST 5

PARA JURAGAN YANG UDAH MENCOBA
Quote:
1.Quote:Original Posted By TheNewMan
hhmm nice tips gan..
motor ane uda irit gan...

2.Quote:Original Posted By Andis95
Bener gan semakin cepet kita berkendara semakin, semakin boros konsumsi bahan bakarnya
ane udh uji sendiri fakta antara Yamaha Meong sama Honda Super Fit (Ane Tes Itu perjalanan dari pekalongan - jogja)
ketika kita mengendarai dengan kecepatan standard(stabil)konsumsi yg dihabiskan kedua motor tersebut sama.

3.Quote:Original Posted By neechaayee
nice tips gan

ane sekarang jadi nyaman, yang biasanya seminggu 20 rebu sekarang bisa seminggu 10 rebu


4.Quote:Original Posted By ITC.Cempaka.Mas
ane udah ngejalaniinya gan

emang bisa lebih irit lohh



JANGAN LUPA BAGI CENDOL YA GAN
pertamax gan....
Oke gan ane coba.

Thanks infonya.

Buat hemat pengeluaran.

Lightbulb Tambahan dari agan-agan yang baik hati

Quote:
1.Quote:Original Posted By mujay
KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKE

kalo ini ane sangat tidak setuju, TS malah cenderung membuat saran yang kurang baik untuk para rider, ini bukan masalah sedang balapan or dipake harian, tapi masalah safety riding, ingat dalam berkendaran safety riding itu paling utama, Engine Brake itu sangat membantu proses pengereman, jgn mengandalkan rem satu2nya, bayangkan dengan kecepatan tinggi kita rem mendadak, di jamin langsung oleng, beda jika kita perlu menggunakan Engine Brake, jauh lebih stabil, jadi Boros Irit kendaraan bukan jadi acuan, Tapi Safety Riding, Istri dan anak2 menanti kita di rumah


bener gan, utamakan keselamatan... tapi menurut ane sih kalo dikurangi gak apa2 kan... bukan malah gak pake sama sekali


2. Quote:Original Posted By oLizt
ada satu lagi faktor alami gan .. yaitu berat badan pengendara juga .. logikanya semakin berat pengendara semakin berat kinerja mesin


3.Quote:Original Posted By intelegence
Tekanan angin dan berat badan mempengaruhi bbm juga gan...


4.Quote:Original Posted By kiss.my.ass
tambahan gan ga usah dipake kalo deket tujuannya jalan kaki ato sepda ontel aja

irit pasti jaminan 100%


5.Quote:Original Posted By indragiordano
1 lagi gan .."lupa nutup tangki bensin"


6.Quote:Original Posted By ikyeye
ane ga setuju kalau engine brake dihapus dari kebiasaan berkendara.
ane pernah nggelinding 80km/jam tanpa engine brake, dan rasanya bener2 ngeri gan. motor kayak mblandang ga terhentikan. ngeremnya perlu jarak yang agak jauh.

manfaatkan engine brake sesuai keperluan. boros bensin dikit gapapa yang penting bisa ngerem dan terkendali dan nyawa selamat.


7.Quote:Original Posted By Andis95
Bener gan semakin cepet kita berkendara semakin, semakin boros konsumsi bahan bakarnya
ane udh uji sendiri fakta antara Yamaha Meong sama Honda Super Fit (Ane Tes Itu perjalanan dari pekalongan - jogja)
ketika kita mengendarai dengan kecepatan standard(stabil)konsumsi yg dihabiskan kedua motor tersebut sama.


8.Quote:Original Posted By bluehc
Tambahan lagi gan.. kalo bisa kecepatan semaksimal mungkin tapi menggunakan putaran mesin rendah.. pengalaman ane sih biasanya 40-60km/jam


9.Quote:Original Posted By qwibowo
thanks infonya gan, ane tambahin klo beli bensin lebih baik saat suhu udara dingin, karena oktan yang terkandung dalam bensin akan lebih padat saat udara dingin, dan ini bisa bikin hemat gan....


10.Quote:Original Posted By jouseba
Mau kasih pendapat ya gan. faktor kecepatan pada saat mengemudi juga mempengaruhi konsumsi bbm. jangan ragu untuk segera pindah gigi tinggi apabila putaran mesin sudah mencukupi. jgn ditunggu sampe mesin merongrong, hal ini membuat kinerja mesin sangat berat. akibatnya boros bahan bakar. Aplikasi ane pada motor pulsar 180, dengan kecepatan maks 70km (gigi 5) jarak tempuh dapet 1:42 km. *kondisi jalanan jakarta pada hari kerja.


11.Quote:Original Posted By S2402KK
saran dari ane,
- kecepatan harap stabil 60 kpj
- jangan tarik ulur gas
- jangan sering tarik langsung [nariknya yang slow aja gan ]
- jalanlah di jalan yang sepi, bebas hambatan tidak macet
- DLL

sebenarnya kalo ingin kendaraan kira irit BBM,
selain faktor kendaraannnya, juga ada faktor pada pengendaranya [riding style]

contoh aja ane sendiri ne :
di iklan katanya kendaraan tersebut cukup irit BBM,
lha cara mengemudi ane ngebut,sering buka-tutup gas,sering rem mendadak,sering gas langsung/mendadak, pokoknya cara mengemudi ane boros banget dah di konsumsi BBM gan


12.Quote:Original Posted By samolet
thanks infonya gan
nambahin sedikit dari pengalaman berkendara..
1. motor/mobil harus dalam keadaan fit,gak telat ganti oli,gak telat servis
2. tekanan ban harus sesuai
3. cara pamungkas : kaki/tangan kanan disekolahin dulu


13.Quote:Original Posted By pascal_gunners
yups bener sekali gan, meskipun sebenernya motornya irit, kalo makenya gak bener juga bisa jadi boros

kudu pinter2 maenin gigi juga, itu kuncinya biar irit BBM

yang penting jangan alay kalo naik motor, main gas sembarangan

sayang belum bisa praktek ilmunya, maklum gak punya motor


14. Quote:Original Posted By agung.saputra
1 lagi gan isi bensin kalo bisa full tank , jangan separo / sedikit - sedikit soalnya biar bensin ga cepet abis karena penguapan di tanki gan . ane pake honda rempong irit gan 3 liter bisa buat sebulan pake pertamax . Isi bensin juga kalo bisa sore aja gan kalo kata temen ane biar dingin ga cepet nguap jadi hemat bbm


15. Quote:Original Posted By ibelindua
irit lagi kalo motornya udah pake teknologi Hybrid . . .
infonya membantu. . . sangat. thanks ya gan.


16. Quote:Original Posted By Oni.maru
kalo mau lebih irit, naek motornya temen aja


17. Quote:Original Posted By Clylone
Sama jangan sering2 matiin nyalain motor gan, soalnya setiap motor dinyalain butuh bensin yg sedikit lebih banyak


18. Quote:Original Posted By haikalqrnz
nice info gan, ane uda ngelakuin kok gan,

ane tambahan lagi klo mau irit pake bahan bakar beroktan tinggi gan



19.Quote:Original Posted By LostWorlds
ane tambahin gan yg bikin motor boros itu di MODIF



20. Quote:Original Posted By yuzantiexe
ane sering bnget mainin gas tuh...
emang kerasa banget tuh bros nya...
secara motor ane vespa lagi...
keseringan ane juga ngebut di lampu merah kaya yg siap2 mau ngdrug gtu..
ane terlalu bangga sama vespa ane yg bisa maju kenceg di lapu merah...

mungkin sekarag harus lebih tenang ane makenya irit bensin bbm mahal..


21. Quote:Original Posted By ceperistbekasi
kalo ane sih itu semua udah diterapin, tapi ane lebih menitik beratkan kepada settingan karburator (karburator PE 28)

sebagai catatan, mau kebut ane setting ulang, jadi 10rb pertamax bisa abis jalan kisaran dari buah batu - cimahi.

mau irit? ane setting lagi, 10 rebu pertamax bisa nyampe kota baru parahyangan. tapi juga ya motor ane gak lemot lemot amat. cape ati juga kalo gak mau kebut

sekian sharing ane

#info : motor ane satria f tahun 2009


22. Quote:Original Posted By mylvdr
tambahan dari ane gan : perhatikan rante nya juga gan ,sering" kasih oli sama di kencengin

taro pejwan gan klo berkenan


23. Quote:Original Posted By Muselimin
soal ngerem nih
klo make rem depan usahain 3-4 jari yg neken tuas rem untuk menghindari gas masih kebuka saat ngerem, klo cuma pake satu jari biasa nya gas masih kebuka dikit...

trus pake bahan bakar yg sesuai sama spek motor
klo yg spek nya oktan 92 atau lebih ya jgn pake yg oktan 88

beban juga ngaruh gan
gw kalo boncengan bisa lbh boros drpd sendiri


24. Quote:Original Posted By 100311
motor ane mio gan
ane setuju sama ente gan
ane pake kecepatan max 60 km/jam
kalo macet y buka gasnya pelan-pelan aja jgn digeber langsung gan
ane sdh buktiin gan ane pake t motor untuk jalan kira-kira sehari 25km dalam sehari dalam 25km it dalam sehari cuma habis 1 kotak gan,paling boros y 2 kotak itu kalo ane jalannya lebih dari 30km gan dalam sehari,ane ngisi minyak tiap 2 hari sekali paling cepet y lamanya 3hari sekali
namanya juga mio termasuk boros gan


25. Quote:Original Posted By rizqiiiw
Nice info gan.
Ane pake matic nih kebetulan motor ane ada 2 tipe yg carburator(biasa) + injeksi
Nah kesimpulan ane matic biasa lebih boros gan beda banget ama yg injeksi lebih irit. Walaupun lebih besar yg injeksi CC motornya tetep lebih irit gan


26. Quote:Original Posted By dekifadilla
gw pake motor beat Injection. Waktu itu make motor jarak 2 KM ane gass poll eh bensin kurangnya banyak banget, trus ane coba hal yang sama dengan kec 40-50 KM/H teryata dikit gan keluar bensinya. btw kalau bawa motor kenceng jangan sekali gus ngeremnya, maksudnya pelan pelan aja


27. Quote:Original Posted By BERB
Mood Kita Saat Berkendara Juga Sangat Berperan Penting Dalam Menentukan Boros/Hemat Kendaraan Kita
Kalo Suasana Hati Lagi Tenang, Otomatis Bawa Kendaraan Juga Kalem
Nah Kalo Lagi Bad Mood, Ya Bad Juga Cara Kita Bawa Kendaraan


28. Quote:Original Posted By modjodjodjo
motor ane bisa tembus 10km,20km,30km,50km/Lato lebih jauh dari itu juga bisa gan..

nih ane kasih tau trik nya


Spoiler for TRIK:




ane baru tau gan,tapipoint yg 1 dan 2 yg engine brake ane gak ngerti gan
boleh d coba neh gan..

nais share gan..

Wahana Angry Bird Real Gan
waaah, nice infoh gan. ane mau nyoba mraktekin aaah
Quote:Original Posted By tukangzzz
waaah, nice infoh gan. ane mau nyoba mraktekin aaah


Quote:Original Posted By m_vincs
boleh d coba neh gan..

nais share gan..

Wahana Angry Bird Real Gan


di rate ya gan \t\t\t

Peranan tangan kangan dan cara ngerem emang penting banget gan
tapi kalo matic sih digimain juga boros gan
Quote:Original Posted By audisemlehe
tapi kalo matic sih digimain juga boros gan


bener banget gan
ane aja pake M*o borosnya gannnnn
wew , sayang ane gak punya motor
wah ada yg bikin thread bagus lagi ni btw ane jajal ya gan tipsnya
wah trit bagus nih, semoga bermanfaat gan
Nice inpo
oooo , gitu ya gan
ane baru tau
makasih bgt gan info nya..
pngalaman motor ane boros pas perjalanan dr jogja k jatim tu trnyta karena ane lupa g matiin AC nya gan
ane tiap hari pasti ngisi bensin , tp thx gan saran nya :
wah nice info gan
besok2 ane coba gan...sipp dah