KASKUS

Nostalgia Jadul : Mengenang Band Rock Indonesia Era 90'an (+ Cover Album)






Quote:HT PERDANA ANE



Thx 4 Manajemen Kaskus yg Udah Milih Trit Ini Jadi Hot Thread 3-9-2011



Quote:WAJIB RATE


Quote:
PROLOG




Quote:SEKILAS TENTANG PENJELASAN KASET

Compact Cassette, yang biasa disebut kaset, pita kaset, atau tape adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu. Berasal dari bahasa Perancis, yakni cassette yang berarti "kotak kecil". Kaset berupa pita magnetik yang mampu merekam data dengan format suara. Dari tahun 1970 sampai 1990-an, kaset merupakan salah satu format media yang paling umum digunakan dalam industri musik.



Kaset terdiri dari kumparan-kumparan kecil. Kumparan-kumparan dan bagian lainnya ini terbungkus dalam bungkus plastik berbentuk kotak kecil berbentuk persegi panjang. Di dalamnya terdapat sepasang roda putaran untuk pita magnet. Pita ini akan berputar dan menggulung ketika kaset dimainkan atau merekam. Ketika pita bergerak ke salah satu arah dan yang lainnya bergerak ke arah yang lain. Hal ini membuat kaset dapat dimainkan atau merekam di kedua sisinya. Contohnya, side A dan side B.



Quote:SEJARAH KASET

Kaset pertama kali diperkenalkan oleh Phillips pada tahun 1963 di Eropa dan tahun 1964 di Amerika Serikat, dengan nama Compact Cassette. Kemudian kaset semakin populer di industri musik selama tahun 1970-an dan perlahan-lahan menggeser piringan hitam. Produksi besar kaset diawali pada tahun 1964 di Hanover, Jerman.

Selama tahun 1980-an, popularitas kaset tumbuh semakin pesat karena hadirnya rekorder poket portabel pemutarnya seperti Sony’s Walkman. Seperti radio yang menyediakan musik pada 1960-an, pemutar CD portable pada 1990-an, dan MP3 player pada 2000-an, kaset memegang peran besar dalam dunia musik pada 1980-an dan 1990-an, bahkan di era sekarang (setelah 2000-an), kaset masih menjadi salah satu alternatif media musik meski semakin ditinggalkan.

Credit to http://diimaazazza.blogspot.com



Quote:KOLEKSI KASET ANE

Ane mulai ngoleksi kaset pas waktu SMP kelas 2 sekitar taon 1992. Waktu itu harga kaset di kisaran 3 ribuan. Meski rela-relain ngurangi jajan biar bisa beli kaset terutama album grup musik yang beraliran rock. Sampe sekarang koleksi kaset ane ada sekitar 1.400an buah, 85 % album artis Indonesia. Selain ngoleksinya sejak taon 1992 banyak juga kaset yang ane beli via penjual kaset bekas pas lagi ada urusan kerja ke Pulau Jawa. Udah setahun lebih ini ane vakum beli kaset bekas coz album rock Indonesia era 80 dan 90an yang ane cari kayaknya hampir semua dah punya.

Spoiler for koleksi ane 1:


Spoiler for koleksi ane 2:


Spoiler for koleksi ane 3:


Spoiler for koleksi ane 4:




Quote:
GROUP ROCK INDONESIA ERA 90'an



Quote:
1. ELPAMAS



Quote:Nama Elpamas tadinya merupakan kependekan dari "Elektronik Payung Mas", yang merupakan nama sebuah toko elektronik milik Anthony Depamas yang menyuplai peralatan band buat para personel Elpamas. Belakangan, kepanjangan nama Elpamas diplesetkan ke dalam bahasa Jawa, yaitu Elek-elek Pandaan Mas. Karena band ini memang berasal dari daerah Pandaan, Pasuruan (Jawa Timur).

Spoiler for cover album Elpamas:



Quote:2. GRASS ROCK



Quote:Grass Rock merupakan salah satu band lulusan festival rock yang diselenggarakan oleh Log Zhelebour. Band ini terbentuk pun karena terdorong untuk mengikuti Djarum Super Rock Festival itu. Grass Rock telah merilis empat album Anak Rembulan (1990), Bulan Sabit (1992), Grass Rock (1994), Menembus Zaman (1998), dan satu single Rock Kemanusiaan “Prasangka”. Setelah ditinggal Dayan yang meninggal 1999, Grass Rock tinggal Mando (kibor), Edi Kemput (gitar), Yudi (bas), dan Rere (drum)

Spoiler for cover album Grass Rock:



Quote:3. VOODOO


Quote:
Voodoo terbentuk di Jakarta pada tanggal 12 Juli 1991 oleh Edo Widiz. Kabarnya, band ini dinamakan Voodoo karena semua personilnya saat itu suka terhadap hal-hal yang berbau mistis. Pada awalnya, voodoo beranggotakan Edo Widiz pada gitar, Doddy Katamsi pada vokal, dan Adman Maliawan pada bass kemudian Ossa Sungkar bergabung sebagai drummer. Sebelum rampung album pertama mereka, Dody mengundurkan diri dan memilih bergabung bersama Elpamas, sebagai penggantinya Oppie Danzo. Sebagai band rock 90an yang cukup disegani, Voodoo selama kiprahnya hits yang dikenang adalah Salam Untuk Dia dan Selamanya.


Spoiler for cover album Voodoo:



Quote:4. SKET



Quote:Sket termasuk grup rock yang diperhitungkan di era 90an. Hal ini tak lepas dari booming single Takkan Kembali dan Katakanlah yang sempat rejai chart radio di saentero Indonesia kala itu. Prestasi yang paling membanggakan bagi Sket adalah ketika mereka manggung di Kuala Lumpur sebagai opening act konser grup rock Mr.Big di tahun 1994. Setelah menelurkan 3 album , Sket bubar dimana para personilnya seperti Aldrin bergabung dengan Rampok Naong, Willy Sabena dan Michael Meyer memilih jalur solo karier.

Spoiler for cover album sket:



Quote:5. ADI METAL ROCK



Quote:Adi Metal Rock terbentuk 15 April tahun 1984 di Surabaya. Yang unik dari band pengusung aliran metal klasik ini adalah kelima personilnya berasal dari satu rahim yang sama dan nama Adi disisipkan ditengah-tengah nama lengkap mereka. Adi Sandoyo (Keyboard), Adi Nirwanto (Bass), Adi Sugiarto (Vocals), Adi Prasetyo (Guitar) dan Adi Prastanto (Drums) kerap tampil dengan dandanan ala Kiss dengan kostum nyeleneh dan memakai topeng. Adi Metal Rock secara gamblang mengakui apabila band mereka plagiator Kiss. Nama Adi Metal Rock melambung ketika menyandang predikat jawara pada Festival Rock Se-Indonesia garapan Log Zhelebour tahun 1987.

Spoiler for cover album adi metal rock:

Quote:Quote:5. Whizzkid



Quote:Awal kemunculan Whizzkid dimulai di era 90 an. Besar dari panggung festival yang satu ke panggung yang lain. Kebesaran Whizzkid memang tak lepas dari nama Hengky Supit, the best vocalis festival rock se-indonesia ke VI versi Log Zelebour sedang whizzkid sendiri kala juara ii. Kemenangan ini membawa Whizzkid masuk dapur rekaman dengan lagu nyanyian kehidupan dalam sebuah album kompilasi. Hoki whizzkid dating ketika menelurkan album pertama berjudul "percayalah" yang terjual sekitar 200.000 kopi. Album kedua Whizkid "gadis kecil" dikeluarkan pada tahun 1994. Namun nama Whizzkid tenggelam sejak ditinggal Hengky Supit meski sempat merilis 3 album lagi hingga tahun 2006. Tahun 2010 Hengky Supit bergabung kembali menandai come back Whizzkid dengan melempar album Nothing But Love namun kurang menggaung.

Spoiler for cover album whizzkid:



Quote:6. U’camp



Quote:U’camp merupakan band asal bandung, dihuni iram (gitar), sandy (drum), rudi (vokal), erry (bass), ovy(gitar). Melalui debut di album pertama “bayangan” mampu melambungkan nama U’camp ke puncak popularitas industri musik di indonesia. Lagu “bayangan” di masa itu merupakan lagu wajib penggemar musik rock yang harus di bawakan. Inilah masa keemasan musik rock di tanah air. Kesuksesan album “bayangan” melecut semangat u’camp merilis album-album berikutnya semisal Vol. 2, melangkah, masih ada dan single album Aku Cinta. Namun, karena semakin derasnya kompetitifnya persaingan grup-grup musik dan banyaknya grup musik pendatang baru yang menawarkan warna lain yang akhirnya pula membawa pengaruh kevakuman terhadap berbagai grup rock di Indonesia, termasuk U’camp.

Spoiler for cover album U'Camp:



Quote:7. ANDROMEDHA



Quote:Andromedha Rock Band, band beraliran rock dari kota Surabaya ini telah meraih prestasi di beberapa ajang festival di Indonesia yaitu pada acara Festival Rock Se-Indonesia ke-V pada tahun 1989 dan ke-VII pada tahun 1993. Dengan formasi awal Pungky Deaz – Vocal, Lucky - Lead Guitar, Hendrik Sanada - Bass Guitar, Denny Ireng – Keyboard dan Yoyok – Drum. Pada formasi inilah menghasilkan single legendaris 'Lamunan' yang tersohor dan konon pula sempat merajai chart radio di Malaysia yang berdampingan dengan 'Isabella' nya SEARCH. Tahun 1992 mengeluarkan album Konser Rock produksi Harpa Record dan itulah album penuh satu-satunya Andromedha.


Spoiler for album Andromedha:



Quote:8. JET LIAR



Quote:Jet Liar adalah band pengusung heavy metal yang tertempa melalui ajang festival. Jet liar kerap juga manggung bareng band-band besar. Yoyok Ragil bergabung bersama Jet Liar setelah Yankson A.I. mengundurkan diri karena ingin fokus ke bersolo karier. Iwan Xaverius (Bass), Gino Irianto (Drums), Yoyok Ragil (Vokal), Tommy YMS (Rhytm guitar) dan Ade Virguna (Lead Guitar)merasa nyaman untuk memainkan musik-musik Judas Friest. Aksi mereka yang energik di atas panggung rock membuat penampilan Jet Liar selalu dielu-elukan para penggemarnya. Meski terbilang junior namun Jet Liar telah mampu menggilas nama-nama besar yang kala itu lebih dahulu eksis seperti SAS, Rolland, Makara, Cockpit, Bharata maupun Mickey Jaguar.

Spoiler for cover album Jet Liar:


Quote:9. KAISAR



Quote:Menyimak single lagu “Kerangka Langit” dan “Garis-Garis Bintang” yang terpilih menjadi lagu Favorit pilihan konsumen dalam 10 Finalis “Festival Rock Se- Indonesia” pada tahun 1989-1991 membuktikan bahwa lagu-lagu Kaisar memang pantas meraih predikat lagu Rock Terbaik pada saat itu. Bermodal predikat juara I “Festival Rock Se-Indonesia ke-6” di Surabaya pada tahun 1991 band asal Solo ini mencoba unjuk gigi meramaikan jagad rekaman musik tanah air dengan merilis album perdana Mulut Angin pada tahun 1994. Ironis album perdana Kaisar direspons dengan nada kekecewaan oleh pecinta music rock Indonesia. Single andalan “Mengejar Bintang” belum kuasa mengangkat penjualan album. Kegagalan ini ternyata berimbas pada stabilitas band. Setelah mengeluarkan album Mulut Angin nama Kaisar tenggelam dalam hingar binger musik rock Indonesia.

Spoiler for cover album Kaisar:


Quote:
10. KAYAKAS



Quote:Kayakas merupakan akronim dari Karunia Yang Kuasa yang berbase camp di Jakarta. Motoris sekaligus roh dalam tubuh Kayakas tak lain si Gitaris Iwan Kayakas. Satu hal yang menarik dari Kayakas dimana terdapat 2 vokalis dengan karakter suara berbeda. Saka Birzha punya suara tinggi dan melengking sedang Rangga Mathias sebaliknya punya karakter suara rendah agak serak-serak. Penguasaan teknik bermusik Kayakas banyak yang mengacungi jempol bahkan dikatakan di atas Red Spider, Alukard, Pumars, Kamikaze maupun Big Panser. Namun karier band ini tidak berumur panjang, disaat sedang berlangsung penggarapan album kedua Kayakas resmi bubar.


Spoiler for cover album Kayakas:


Quote:
11. LOCHNESS



Quote:Lochness merupakan band yang berasal dari Bandung beranggotakan si kembar Hendraman (Gitar) dan Hendrawan (Bass), Irwan CD (Drum), Arie Ness (Vokal), Alain Jeff (Keybord) dan Andre Gustian yang bergabung belakangan. Lochness diasuh dan diorbitkan oleh Denny Sabri (alm). Sepanjang kiprahnya Lochness total menghasilkan 3 album. Single yang berjudul “Mengapa Kau Pergi” setidaknya mampu menembus pasar musik rock lokal di medio 90an.
Spoiler for cover album lochness:



Quote:12. KINDERN

Quote:Personil Kindern Ricky (Gitar), Arya (Vocal), Pechonk (Gitar), Hengky (Drum), Bato (Bass). Pada tahun 1997 mereka mengeluarkan album yang di beri titel "Kamuflase", walaupun tak setenar band-band yang lain namun lagu-lagu dari Kindern cukup enak untuk di nikmati pecinta klasik rock indonesia. Satu-satunya lagu Kindern yang sempat terdongkrat berjudul “masih Ada” dengan paduan unsur slow rock dibalut distorsi gitar yang apik.


Spoiler for cover album Kindern:

Quote:
Quote:13. SAHARA



Quote:Sahara adalah sebuah band yang berdiri tahun 1989 atas rintisan Richard Mutter dan Ahmad Sebastio. Setelah sejumlah podium festival rock berhasil diduduki, Sahara kemudian menapaki karirnya di dunia rekaman di tahun 1994 dengan album perdana bertajuk Insomnia. Bervokalkan Ixan dan didukung oleh gitaris Dion, bassis Ahmad Sebastio serta drummer Agus Aziz, pada tahun 1995 grup asal Bandung ini berhasil menorehkan namanya di blantika musik negeri dengan single manis “Biarlah Sepi” di album keduanya.Kesibukan tiap personilnya perlahan mulai meredupkan kemilau Sahara hingga mereka menyatakan vakum dari gemerlapnya panggung dan dunia rekaman. Sahara merilis lagi yang bertajuk Kemarin, Kini dan Nanti di penghujung tahun 2006 dengan hits Kau Bukan Untukku yang lumayan sukses. Namun kiprah mereka berhenti lagi setelah musibah meninggalnya vokalis baru mereka Why akibat kecelakaan.


Spoiler for cover album Sahara:



Quote:14. KIDNAP



Quote:Kidnap didirikan pada 28 Oktober 1991 dengan personil Anang Hermansyah (vocal), Damon Koeswoyo (gitar), Kcho (gitar), Gorgha Pasaribu (bass), Teguh Sutomo (Keyboard) dan Massto Sidharta (drum). Kidnap hanya sempat merilis satu album yang bertajuk Katrina. Lirik-lirik di album Katrina banyak menyentil realitas kehidupan sosial, tak hanya terpaku dengan modal lirik-lirik bernafaskan cinta. Sebagai bagian dari promosi album Katrina, Kidnap mempercayakan singel Biru yang hanya dipromosikan lewat media radio.

Spoiler for cover album Kidnap:


Quote:
15. PROTONEMA



Quote:Protonema sebenarnya adalah istilah Biologi yang artinya ‘tunas lumut’. Band ini diawali oleh gabungnya Doddy (bas), Gun gun (kibor), Didiet (dram) dan Sidik (gitar), tanggal 5 November 1991 di Bandung. Jumlah personel Protonema bertambah setelah Benny (kibor) dan Ozie (vokal, perkusi) bergabung. Mereka pun manggung di berbagai cafe di Bandung. Mereka juga sempat menjadi homeband Radio Oz dalam format acara "Pub On The Air" setiap malam Jum’at serta acara "Music Cafe" di Radio Ardan Bandung. Band ini sempat menelurkan hits Kiranya dan Rinduku Adinda.

Spoiler for cover album Protonema:


Quote:
16. ROXX



Quote:Roxx adalah sebuah band rock dari Jakarta yang terbentuk pada awal tahun 1986 atas inisiatif drummer Arry Yanuar. Roxx memulai debutnya sebagai band glam rock '80an, band ini merupakan pecahan dari dua band lokal ternama saat itu yaitu Skull dan Navy. Skull personelnya antara lain Arry (drums), Iwan Achtandi (gitar) dan Trison Manurung (vokal). Sementara Navy yang memainkan nomor-nomor dari AC/DC digawangi oleh Wijaya (gitar), Tony Agusbekti (bass), Jalu (drummer) dan Parlin (vokal). Roxx mulai terkenal setelah berhasil masuk 10 besar Festival Rock se-Indonesia yang diselenggarakan Log Zhelebour pada 1980-an. Lagu hits mereka berjudul “Rock Bergema” sempat pula digunakan sebagai tema program musik beberapa stasiun radio. Setelah merilis album Roxx (Album Hitam) dan Nol, Trison hijrah ke EdanE. Namun setelah ditendang EdanE di tahun 2003, Trison kembali lagi dan mereka pun merilis album Bergema Lagi di tahun 2004.

Spoiler for cover album Roxx:



Quote:17. POWER SLAVES



Quote:Powerslaves berdiri tahun 1991 saat sekumpulan mahasiswa Undip Semarang ingin menyatukan visi & misi bermusik mereka. Mereka adalah Heydi [Vokal], Anwar [Bas], Kolem [Gitar], Randy [Gitar], Vidi [Drum] dan Wiwik [Keyboard]. Nama Powerslaves diambil dari ensiklopedia yang artinya sekelompok tentara Nabi Musa yang memiliki kekuatan dari dalam. Sebagai band rock, festival panggung ke panggung sudah mereka lakoni untuk mengasah skill, dan tak sedikit yang menyabet penghargaan. Hingga puncaknya tahun 1994 mereka merilis album pertama bertajuk Metal Kecil. Seperti band lain gonta-ganti personil kerap mewarnai perjalanan karier musik mereka dari sang ikon Heidy hingga vokalis baru Njet.

Spoiler for cover album Power Slaves:




Quote:18. POWER METAL



Quote: Lebih dari lima belas tahun adalah sebuah perjalanan cukup panjang bagi sebuah grup rock macam Power Metal yang mampu bertahan dan tetap eksis. Tak bedanya dengan kebanyakan grup band lainnya, dalam perjalanannya kelompok musik ini juga mengalami gelombang pasang-surut. Di tengah popularitas dan kharismanya sebagai band heavy metal, ternyata grup ini sering diguncang oleh persoalan yang terjadi dalam intern tubuh mereka, seperti sering terjadinya pergantian personel. Bahkan hampir tiga tahun belakangan ini grup band ini gaungnya kurang terdengar lagi. Sampai akhirnya muncul spekulasi bahwa grup ini sudah bubar.

Spoiler for cover album Power Metal:



Quote:19. LOST ANGEL a.k.a BOOMERANG



Quote: Band bernama Lost Angels yang beranggotakan John Paul Ivan (gitar), Inno Daon (vokal), Pet Agusty (dram) dan Hubert Henry (bas) merupakan cikal lahirnya Boomerang. Setahun setelah terbentuk, Roy Jeconiah masuk mengisi vokal menggantikan Inno Daon yang hengkang. Di penghujung tahun 1992, Lost Angel mengikuti festival musik rock yang diselenggarakan oleh Log Zhelebour dan berhasil masuk 10 besar. Band ini sendiri kemudian mengganti nama menjadi Boomerang, 8 Mei 1994. Pengubahan nama dilakukan karena pada saat diambil keputusan tersebut mereka benar-benar ingin memulai segalanya dengan suasana yang baru. Nama Boomerang sendiri diambil dari salah satu judul lagu di album perdana mereka yang mampu melejitkan lagu Kasih dan No More. Mereka konsisten tampil di jalur rock, meskipun demikian mereka tidak membatasi pengaruh berbagai macam aliran/style musik. Itu semua menjadi semacam trade mark atau ciri musik yang berbeda dari kelompok ini. Meski kini pamor Boomerang semakin tenggelam seiring beralihnya selera pasar konsumen musik Indonesia.

Spoiler for cover Boomerang:

Quote:
Quote:20. EdanE



Quote:Nama EdanE berasal dari singkatan nama Eet Sjahranie dan Ecky Lamoh, yang akhirnya menjadi E dan E. Saat terbentuk tahun 1991, EdanE terdiri atas Eet Sjahranie (gitar), Ecky Lamoh (vokal), Iwan Xaverius (bass), dan Fajar Satriatama (drum).

Setelah ikut bersama EdanE dalam merilis album pertama, "The Beast" (1992), Ecky sebagai vokalis meninggalkan EdanE, namun EdanE tak berganti nama. Heri Batara (Ucok) masuk untuk menggantikan Ecky, Heri Batara menjadi vokalis utama dalam dua album Edane, "Jabrik" dan "Borneo" - namun dalam pengerjaan album "Borneo" Heri Batara sempat sakit dan digantikan oleh "Fatah Mardiko" untuk beberapa lagu dalam album tersebut. Setelah dua album tersebut,posisi Heri Batara diambil alih oleh Trison Manurung, mantan vokalis band Roxx. EdanE telah merilis tujuh album, antara lain The Beast (1992), Jabrik (1994), Borneo (1996), 9299 (1999), 170 Volts (2002), Time To Rock (2005) dan Edan (2010)


Spoiler for cover album EdanE:



Quote:21. CYNOMADEUS



Quote:Cynomadeus (Cycle Neo Amadeus) adalah band Indonesia dengan warna musik rock. Dibentuk oleh Iwan Madjid dan Eet Syahranie, untuk kemudian mengikut-sertakan Arry Syaff (vokal) dan Fajar Satritama (drum), dan akhirnya dilengkapi dengan kehadiran Todung Panjaitan (bass). Memulai perjalanannya dengan menggunakan nama Hush yang kemudian dirubah menjadi Cynomadeus. Pada awalnya dapur rekaman tidak menjadi tujuan utama Cynomadeus. Band hanya tertarik untuk memainkan karya cipta sendiri dari pada terus menerus memainkan karya musik musisi lain. Akan tetapi research mewujudkan kemungkinannya, akhirnya Cynomadeus sepakat untuk mengabadikan karya musiknya dengan peran ganda Todung Panjaitan sebagai bassis dan eksekutif produser untuk Cynomadeus. Tepatnya pada tahun 1990, Cynomadeus merilis album dengan judul Cynomadeus.

Spoiler for cover album Cynomadeus:


Quote:
UPDATE !!!

JAMRUD ROTOR ROLLAND BAND GETAH RED SPIDER
PAGE #9

GARUX FARGAT 727
PAGE #11



Pesan dan Harapan TS
Quote:
Mari Budayakan pemberian cendol sebagai bentuk apresiasi
atas kerja keras TS
dalam membuat trit


Quote:AGAN YANG KASIH CENDOL























Terima kasih buat 59 kaskuser yang udah ikhlas kasih ijo serta sekitar 40an yang kasih abu-abu. Semoga kemurahannya dapat dilapangkan rezeki. Bagi agan yang lainnya ditunggu cendolnya jika dianggap trit ane menghibur



BEBERAPA KOMENG TERPILIH DARI KASKUSER


Quote:Original Posted By muldi

ane juga byk koleksi gan,tp dah ga sempet ane itung.
boro2 ngitung,dengerin isinya aja hampir kaga ada waktu lg
kebanyakan koleksi ane kaset dance gan



SUMBANGAN VIDEO KLIP YOUTUBE DARI AGAN thrishelle

Quote:Original Posted By thrishelle
Karena saya hidup pada jamannya
jadi kl yang mau denger2 ini salah satu lagu2 hit mereka

dulu sih saya dibandung denger lagu lagu mereka di RADIO GMR 104.4 FM

Spoiler for lihat video:






*** GOOD LUCK ALL THE DAY ***



ane demen jg tuh yg lagunya voodoo...
Mantaps gan ane jadi ingat masa2 dulu ketika rock merajai musik Indonesia

Bantu
Trit yang sangat bermutu gan

Ane salut liat trit agan juga rapi


Ane gak bisa kasih cendol coz blm ISO
wah... banyak banget koleksinya... btw Power Metal
ketinggalan ya gan

masih banyak kok gan.. Rudal, Rajawali, Sanksekerta..

yg di bawah tambahin ya

update !!!

Quote:
Quote:22. Jamrock a.k.a Jamrud



Quote:Band ini awalnya bernama Jamrock merupakan band rock fenomenal Indonesia yang berdiri pada tahun 1989 di Cimahi,Jawa Barat. Dimotori Azis Siahaan (lead guitar), Ricky Teddy (bass), AGUS (drum),OPPIE (vokal). Beberapa kali mengalami perubahan personil salah satu diantaranya adalah Budi Haryono (Ex-drumer GIGI) sempat juga menggantikan posisi Agus. Karena di bawah mangement Log, Jamrock pun harus merubah nama grup band mereka menjadi JAMRUD sesuai keinginan Log dengan materi personil Azis, Ricky, Sandy, Krisyanto dan Fitra. Alhasil album pertama Nekad diluncurkan tahun 1995 dan mendapat apresiasi di hati pencinta rock Indonesia yang melejitkan hits Nekad. Dilanjutkan dengan kesuksesan pada album Putri (1997), album Terima Kasih (1999) yang berhasil menjual 750ribu keping. Kebahagian atas kesuksesan pada album Terima Kasih tak sempat di rasakan oleh Shandy Handoko dan Fitra Alamsyah yang meninggal dunia pada tahun 1999 di karenakan over dosis obat-obatan terlarang. Meski ditinggal dua personilnya, Jamrud mencapai hasil fenomenal di album Ningrat yang terjual 1 juta kopi, hasil yang fantastik bagi sebuah band yang mengusung aliran rock.Memasuki medio 2000an popularitas Jamrud menurun seiring dengan redupnya pamor musik rock. Anti klimaks terjadi setelah ditinggalkan icon Jamrud Krisyanto yang memilih mundur di tahun 2008. Praktis kini kejayaan mereka tinggal kenangan dan suit untuk bangkit lagi.

Spoiler for cover album Jamrud:



Quote:23. ROTOR



Quote:Rotor adalah sebuah grup musik thrash metal asal Jakarta. Dibentuk pada tahun 1991, yang digawangi oleh Irvan Sembiring. Band ini makin meroket namanya setelah sukses menjadi supporting act konser Metallica selama dua hari berturut-turut di stadion Lebak Bulus, Jakarta pada tahun 1993. Selama delapan tahun karier bermusik, Rotor menelorkan empat album. Sebelum bubar secara resmi, Judapran sang pemain bas Rotor tewas karena over dosis karena obat bius. Terakhir, mantan vokalis mereka Jodie (vokalis Getah) yang kharismatik juga meninggal dunia. Anggota tersisa kini hanya sang pendiri sekaligus gitaris Rotor, M. Irvan Sembiring, yang telah menggantungkan gitar untuk selamanya dan menekuni lembaran hidupnya yang baru sebagai seorang pendakwah.

Spoiler for cover album Rotor:



Quote:24. ROLLAND BAND



Quote:Rolland Band merupakan grup musik rock asal dengan Jogya sebagai base camp band yang berdiri 22 Desember 1984. Perform mereka meniru gaya Judas Priestnya sehingga digelari Judas Priest Indonesia. Tidak kalah dengan gayanya, lagu-lagunyapun bernuansa ala Judas Priest seperti lagu yang direfleksikan dalam lagu Teror. Band ini ditunggangi Petrus S. (voca), Bento Jepang (lead guitar), Lugudz Nugroho (bass/vocal) dan Yoyok (drum). Beberapa lagu mereka seperti "Gigolo", "Teror", dan "Percakapan Satu Kamar", sengaja ditoleransi sehingga bisa diterima kalangan penikmat non rock. Sayang karir mereka berakhir bad ending, karena adanya konflik internal band, Rolland Band menyatakan bubar dari hingar bingar musik Indonesia kala itu.

Spoiler for cover album Rolland Band:



Quote:25. GETAH



Quote:Getah adalah sebuah grup band beraliran rock yang dibentuk tahun 1995 di Jakarta oleh Marcel Marcive (bass), Jodie Gondokusumo (vokal), Reeve (drums) dan Boy Faisal (gitar). Beberapa peristiwa akhirnya mengubah formasi Getah. Arah musik yang mereka mainkan banyak terpengaruh dengan permainan musisi luar seperti Sex Pistols, Testament, Jimi Hendrix, dan Black Sabbath. Tak lama, mereka pun merilis album debut self titled tahun 1996. Reeve keluar karena harus kembali ke USA tak lama setelah album rampung direkam. Posisinya digantikan Tyo Nugros. Sayangnya album yang mengandalkan lagu "Api" ini kurang mendapat dukungan promosi yang memadai sehingga kurang terdengar gaungnya di peta musik Indonesia. Antara tahun 1998 – 2005, merupakan masa gelap bagi Getah, Jodie sang vokalis, yang mantan suami Ayu Azhari, meninggal dunia tahun 2002. Getah mengalami masa vakum cukup panjang. Marcel bahkan sempat merangkap sebagai pemain bass dan juga vokalis. Tahun 2008, bisa disebut sebagai tahun kebangkitan Getah. Getah sempat mengisi OST film In The Name of Love. Di tahun yang sama, tepatnya bulan Juni, Getah merilis album baru bertajuk Release is Peace.

Spoiler for cover album Getah:



Quote:26. RED SPIDER



Quote:Surabaya sebagai barometer musik rock di Indonesia banyak melahirkan band rock potensial salah satu diantaranya Red Spider. Red Spider memainkan corak Heavy Metal yang membutuhkan skill bermusik lebih dengan tingkat kesulitan tinggi. Musik mereka terinfluence gaya permainan Slayer. Band ini awalnya diawaki Erwin Spider (Vocal), Hariawan Spider (Guitar), Munir RM (Guitar), Bobby RM (Drums) dan Nikky Sugesthi (Bass). Namun pada perjalanan band ini meretas dapur rekaman terjadi perubahan formasi di posisi guitar Andi Muathi masuk menggantikan Munir RM dan Drummer Bobby RM keluar kemudian digantikan oleh Dicky Thras. Red Spider sudah mulai dikenal ketika ikut terlibat dalam album kompilasi “Indonesian Rock & Metal Vol. 1 tahun 1990 membawakan single Damai dan Agenda Nona. Tahun 1992 akhirnya secara resmi Red Spider mengeluarkan album “Harapan Yang Hilang” menjagokan sebuah tembang berjudul Gemuruh. Meski single Gemuruh sempat menjadi hits tapi secara umum album “Harapan yang Hilang” tak begitu menjual di pangsa musik tanah air. Red Spider masih kalah bersaing dengan band asal Surabaya lainnya Power Metal dan SAS maupun popularitas Grass Rock serta Elpamas. Merekapun terbilang miskin kreativitas.

Spoiler for cover album Red Spider:

sedikit saja yang aku kenal.... gak banyak ngikutin festival rook..... paling yang kenal LA( cikal bakal Bommerang) Elpamas... GoodBless..... apalagi ea.... Theasar. dll

Update lagi !!!

Quote:Quote:26. Garux

Quote:empat orang anak muda (febry, tommy, roni dan rowman) yang bernaung di bawah panji garux menjajal kemampuan mereka di peta permusikan indonesia dengan merilis debut album “doping”. Obsesi mereka terealisasi setelah pihak grammy records setuju melakukan kerjasama dengan garux. Dengan menawarkan konsep musik rock mereka berharap mendapat tempat di hati konsumen musik indonesia. Debut album yang bertajuk “doping” dirilis tahun 1994 yang kental bernuansa rock ‘n roll. Suara vocal khas dari roni yang jreng jreng menjadi satu kekuatan band ini. Lagu “doping” disodorkan sebagai best cut pada album ini. Suatu pilihan yang tepat dimana lagu tersebut berhasil booming dan cukup popular. Album kedua garux diproduksi tahun 1997 dengan judul "2"dengan mengandalkan hits "dengarkan kata mereka". Album kedua tersebut direspons biasa saja. Setelah vakum sekitar 10 tahun, garux nongol lagi dengan mengeluarkan album poligami di tahun 2007. Namun masa kejayaannya sudah berakhir hingga album terakhir itu tenggelam tergerus ombak band-band masa kini.

Spoiler for cover album garux:



Quote:27. Fargat 727

Quote:banyak yang tak mengetehui grup yang bernama fargat 727.grup ini dibentuk oleh parlin burman siburan alias pay,yang saat itu,sekitar akhir tahun 1990, masih tergabung sebagai gitaris slank.
Pay memainkan gitar dan menulis lagu. Didukung drummer ronald yang kelak tergabung dalam gigi.lau ada almarhum andy liani yang tampil sebagai vokalis dan memetik bass. Dan once bertindak sebagai penyanyi utama. Jauh sebelum bergabung dengan dewa 19 ternyata once telah berhasil menembus bilik rekaman.dari sinilah cikal bakal lahirnya musisi-musisi top di kancah permusikan indonesia. Sebuah formasi band yang cukup menjanjikan dan tak lepas dari kejelian deddy dores yang bertidak sebagai supervisor dari fargat 727. Tapi sayang album “seribu angan” hanya sebuah mini album saja dan tak berlanjut dengan album selanjutnya.


Spoiler for cover album fargat 727:

ane taunya cuma sket doang gan
Sadis koleksi ente gan.sayang koleksi kaset ane seiring perjalanan waktu dah rusak,ilang,kebanjiran.yang pasti meski jadul layak dikoleksi gan drpd sekarang ini ane .
ane suka lagu jadul.. judu lagunya biarlah sepi
SAHARA.....
emang sudah jadul semua gan.. TOP banget do eranya dulu
ini trit ya plg ane suka bgt gan, tq buat info musik rocknya
kebetulan ane jg penggemar musik rock lawas gan ...::
Mantapzzz...calon Ht nih gan...ane bantu rate...


Grazz Rock ane suka gan lagu2 nya keren abiess...

tapi tetap gan Godbless di hati...
wew mantap nih threadnya. calon HT kayaknya
ane kelahiran tahun 93....juga demen ama SAHARA, Power Metal, Roxx.....(tau lagunya beberapa sih...) temen2 ane kagak ada yg tau..padahal era dulu era rock musik berkualitas..ga kayak sekarang gan