KASKUS

Ask Your Doctor ( Konsultasi Online )

Assalamulaikum wr.wb, salam sejahtera untuk agan-agan semuanya

Di thread ini agan-agan dapat bertanya secara langsung mengenai keluhan-keluhan yang agan rasakan dan kami dari pihak dokter/koas/mahasiswa FK akan berusaha memberikan solusi atau paling tidak mengarahkan pemeriksaan dan memberikan support.

Sebelumnya saya minta maaf, jikalau sudah ada thread semacam ini di kaskus, Thread ini saya buat setelah beberapa bulan ini saya bergabung di thread Anda bertany...namun ada beberapa alasan yang menjadikan saya membuat thread baru, antara lain :
  • Saya terlalu sering mengulang penjelasan yang sama dari pasien satu ke pasien yang lain
  • tidak ada standard pelaporan keluhan, sehingga saya sering harus bertanya lagi nama, usia, pekerjaan, dll
  • Tidak jelas siapa TS, siapa dokter dan siapa pasiennya
  • adanya poling yang membuat saya kurang nyaman disana
  • Keluhan saya kepada moderator untuk menggabungkan thread semacam ini tidak ditanggapi (momodnya masih ngaskus ga sih?)
  • Dan beberapa alasan lain yang tidak bisa saya sampaikan satu persatu


Bagi rekan-rekan sejawat yang ingin bergabung di thread ini, silahkan saja, saya juga ingin berbagi pengalaman, pengetahuan dan informasi-informasi terbaru dunia medis.

Berikut adalah nama-nama dokter/koas/Mahasiswa FK yang sementara menjadi responder di thread ini :

Quote:dr. syarif, ID: syaarif
dr. yan, ID: yanwilliam
dr Shanti Ika Sari, ID:UNAIR1
dr. Irzan gustanto, ID:drxichan


Bagi para kaskuser harap memaklumi jika thread ini adalah thread konsultasi gratis, jadi pada kehidupan nyata sebenarnya kami juga memiliki pekerjaan sama seperti anda-anda semuanya, dan diantara waktu-waktu luang pekerjaan kami tersebut jika sedang tidak capek, sakit, pusing, dlsbgnya kami akan menjawab konsultasi agan-agan kaskuser sekalian

kemudian, mengenai penyampaian keluhan, akan lebih baik jika mengikuti format berikut, karena selain memudahkan bagi kami berkomunikasi juga akan sangat membantu bagi kami untuk dapat menentukan diagnosa ataupun solusi lainnya.


Quote:
Usia, Jenis Kelamin, Tinggi badan, Berat badan, Pekerjaan, Domisili
Keluhan utama
Riwayat penyakit : Sekarang, dahulu, keluarga
Riwayat Pengobatan
Riwayat Operasi
Informasi tambahan lainnya (merokok? alkohol? sex bebas? dll yang menurut anda ada hubungannya dengan penyakit)

jika anda ingin konsultasi untuk berikutnya, dimohon untuk memultiquote konsultasi sebelumnya beserta jawaban dari responder sehingga kita tahu perjalanan penyakit anda



Contoh:

25, laki-laki, 170 cm, 65 kg dokter, jakarta
Nyeri kepala
Saya sudah nyeri kepala sejak 3 hari yang lalu, nyerinya hanya sebelah kiri saja, Dulu saya juga pernah sakit seperti ini terutama saat saya sedang stress dan banyak pekerjaan, Dikeluarga saya kakek saya juga memiliki penyakit yang serupa
Saya sering mengkonsumsi obat bodrex jika sakit kepala saya kambuh, namun sekarang sepertinya tidak mempan. Dulu saya sering berobat ke Spesialis saraf dan diberi obat vastigo.
Dulu saya pernah mengalami kecelakaan lalu lintas dan mendapatkan 6 jahitan dikepala
Saya seorang perokok aktif dengan konsumsi rokok 12 batang/hari, konsumsi alkohol 3 gelas aqua (300 cc) perminggu, riwayat sex selalu menggunakan kondom atau untuk riwayat sex saya PM saja.


Discalimer: Konsultasi online ini bersifat saran dan himbauan yang dapat anda jadikan pertimbangan (2nd/3rd Opinion), namun tidak bisa menggantikan konsultasi langsung dengan dokter. Menjadi hak para kaskuser sekalian untuk mengikuti/tidak mengikuti saran yang kami beri dan menjadi tanggung jawab kaskuser masing2 semua resiko atas tindakan/saran tersebut.

Kami tidak mengharapkan ijo-ijo, cendol ataupun semacamnya bukan berarti kami menolak untuk diberi. Namun sangat naif rasanya jika anda "membayar" kami dengan ijo2, kasihan yang belum ISO, buat kami abu2, ijo2, ataupun hanya sekedar thanks itu sama nilainya.


Spoiler for "dyspepsia":


Spoiler for "GERD(Asam Lambung naik turun)":


Spoiler for "penurunan BB":


Spoiler for "nyeri punggung":


Spoiler for "keputihan":


Spoiler for "Amandel":


Spoiler for "Gonorrhea":


Spoiler for "Asma":


blabala

selamat malam Dok..

umur : 60an tahun
penyakit : susah berjalan (lemas, tidak bertenaga)

sekali lagi, Selamat Malam Dok..
saya mau bertanya sekalian mau konsultasi obatnya..
Ibu saya mengidap penyakit susah untuk berjalan (saya tidak tau apa nama penyakitnya, kira2 gejalanya seperti itu)..
awalnya ibu saya didiagnosa struk ringan, tapi setelah periksa lagi, ternyata kata dokter itu bukan struk, karena tangannya bisa mengepal, dan kakinya sehat..
kemudian pergi ke dokter lainnya, dan didiagnosa rematik, tp ibu saya sama sekali tidak merasakan sakit/nyeri pada sendinya..
tetapi sampai sekarang ibu saya masih susah untuk berjalan, berasa lemas dan tidak bertenaga saat berjalan..
untuk sekarang saya masih bingung, kira2 apa penyakitnya dan bagaimana pengobatannya..

Saya sangat mengharapkan penjelasan dan petunjuk pengobatan dari Dokter..

sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih, dan semoga sukses selalu untuk dokter..

maaf, jika format konsultasi ini tidak sesuai dengan aturannya..
Quote:Original Posted By mr.mboh
selamat malam Dok..

umur : 60an tahun
penyakit : susah berjalan (lemas, tidak bertenaga)

sekali lagi, Selamat Malam Dok..
saya mau bertanya sekalian mau konsultasi obatnya..
Ibu saya mengidap penyakit susah untuk berjalan (saya tidak tau apa nama penyakitnya, kira2 gejalanya seperti itu)..
awalnya ibu saya didiagnosa struk ringan, tapi setelah periksa lagi, ternyata kata dokter itu bukan struk, karena tangannya bisa mengepal, dan kakinya sehat..
kemudian pergi ke dokter lainnya, dan didiagnosa rematik, tp ibu saya sama sekali tidak merasakan sakit/nyeri pada sendinya..
tetapi sampai sekarang ibu saya masih susah untuk berjalan, berasa lemas dan tidak bertenaga saat berjalan..
untuk sekarang saya masih bingung, kira2 apa penyakitnya dan bagaimana pengobatannya..

Saya sangat mengharapkan penjelasan dan petunjuk pengobatan dari Dokter..

sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih, dan semoga sukses selalu untuk dokter..

maaf, jika format konsultasi ini tidak sesuai dengan aturannya..


Selamat malam gan,
Penyakit dengan gejala susah berjalan itu lumayan banyak, seperti yang sudah agan sebutkan diatas salah satunya adalah stroke ringan, rematik, osteoporosis, osteoarthritis dlsbgnya.

Namun pada ibu anda tidak ada nyeri berarti kemungkinan rematik, osteoartritis dan penyakit tulang lainnya bisa disingkirkan.
kalau dilihat dari perjalan penyakitnya yang terserang adalah saraf yang menggerakan kaki, dengan demikian stroke memang lebih memungkinkan, kemungkinan lain yang sangat mungkin yaitu guillen barre syndrome. Untuk pengobatannya guillen barre syndrome dan stroke sendiri harus dilakukan dengan pemantuan spesialis saraf dan obatnya pun harus dengan resep dokter. Untuk sementara dapat menggunakan suplemen vitamin B seperti sohobion 2 kali sehari untuk membantu pemulihan sel sarafnya dan juga dilatih terus supaya tidak semakin banyak saraf penggerak yang kehilangan fungsinya. Kalau sudah ada waktu dan biaya bisa coba konsultasi dengan dokter spesialis saraf. Thx

NB: Kalau anda berdomisili di kota besar, anda dapat periksa kerumah sakit pendidikan dimana dokter2nya sudah sangat berpengalaman dan pemeriksaannya cenderung lengkap. Usahakan tidak shoping dokter setelahnya.
dok saya pria usia saya 26 tahun saya mau bertanya apakah penyakit magh bisa menimbulkan sesak napas?terima kasih sebelumnya
Quote:Original Posted By anglin
dok saya pria usia saya 26 tahun saya mau bertanya apakah penyakit magh bisa menimbulkan sesak napas?terima kasih sebelumnya


iya, bisa, namun tetap harus diperiksa jantung dan parunya, hanya untuk memastikan bahwa sesak nafas tidak berasal dari sana.
Informasi lengkapnya anda bisa baca di post#2 spoiler mengenai dyspepsia dan GERD
Pindah lapak kesini aja dok,

Saya laki2 17th, berat 50kg awalnya 55kg turun 5kg gara2 tifus, tinggi badan 175cm.

Keluhan saya, yang seperti tadi? emang klo gak dihabiskan amoxannya jadi gimana dok ? terus lagi apa mungkin gak gara2 kurang tidur tifus bisa kambuh ?
Oke flashback aja dlu, ane kena tifus bulan july tanggal 20an. Ane awalnya cuman dehidrasi gara2 kecapean pas diperiksa ke dokter, ane disuruh dirawat di RS selama satu hari, yang sialnya di RS itu ane sama gak bsa tidur, udah badan drop gak tidur lagi. Pas bsoknya di periksa darah, sama rontgen perut. Kata dokter ane langsung dinyatakan tifus positif. Oke, ane pulang tuh dari RS, menuju di rumah, sambil membawa obat2tan ntah apa lupa lagi yang pasti ada obat maag. Emang pas awal2 kondisi itu lemes banget pening, tapi ane gak pernah mual malah justru nafsu makan tinggi. Lepas seminggu kemudian kndisi ane juga belum membaik diganti obat sama bernoflox, elsazym, sama paracetamol. awal2 itu ane ngalamin menggigil yang luar biasa hebat sampai gak bisa tidur juga. Bbrapa hari berselang ane kontrol lagi, kata dokter ane bebas dari gejala2 tifus. Oke, betapa senangnya ane pas waktu itu. Oya, pada saat itu makan cuman bubur tambah telur rebus aja ditambah makanan bayi kalau laper. Ok, gara2 dikatakan bebas gejala, ane nyoba makan nasi sama kaldu ayam. Emang pas awal2 makan nasi rasanya enak banget, tenaga ada, tapi sayang perut ane jadi gak enak dan lagi perut sering panas disertai meriang. Ok, gara2 itu ane kontrol lagi, katanya jangan makan yang keras2 dlu yauda ane ganti lagi ke bubur. Selama seminggu ane makan bubur lagi disiplin dalam gerak juga, oya obat udah lepas dari antibiotik jadi minum obat trypanzim sama vitamin neurosanbe 5000mg tambah susu milo. Selain itu pas dlu awal2 sering di selingin minum air rebusan cacing. Masih dalam waktu itu, emang skrng demam udah gak ada, cuman meriangnya yang hilang pergi kalau ane emosi sama gerak2 pasti ada. Selama ini ane gak pernah mual apalagi muntah, yang ada justru pengen makan2. Nah pas 4 hari yang lalu ane kontrol lagi, ane ngeluh ane jadi kaku gerak (mungkin terlalu lama di tempat tidur cuman berbaring doang kerjaannya) sama meriangnya masih ada, yauda tuh ane di kasih amoxan. Pas hari pertama minum amoxan tidak ada keluhan lancar dan rasanya kaku di tubuh ane menghilang. Nah pas besoknya ane minum amoxan itu emang jadi mencret2 tapi malah muncul kedinginan di punggung sama tangan pas bagian kening terasa ada udara panas gitu. Ane gak bisa tidur, ane jadi mondar mandir, ditambah lagi perut selalu bunyi terus,dan kyk klutuk klutuk gitu. Pokoknya sampai skrng ane gak bisa tidur.

tambahan sebelum kena tifus, memang pola hidup ane gak teratur di urusan jam makan sama kurang olahraga. Tapi ane jarang makan yang pedas2 kecuali pas 2 hari sebelum kena tifus, ane nyoba makan kripik pedas ma icih.


Dok, menurut analisa dokter gimana ? apakah tifusnya masih ada gak ? apakah kurang tidur bisa menyebabkan tifus kambuh ? atau malah skrng penyakitnya merambat ke asam lambung ? maaf kalau kepanjangan.
Dok, maaf nih sebelumnya, saya bukan sakit, hanya mau menanyakan tentang vitamin.
Namanya Vit.B Complex IPI.
Tapi kandungannya kok hanya Vit B1, B2, B6, Calcium Pantothenate, dan Nicotinamide.
Sedangkan mengacu pada artikel disini, vit B complex seharusnya lengkap bukan?
FYI, usia saya seperempat abad Female, 155/49, freelancer, Bdg.
Saya pernah konsultasi Accolate untuk asma di thread sebelumnya. Asma saya sudah sangat2 terkendali sejak 1 bulan ini menggunakan Seretide Diskus 250mcg. Penggunaan inhaler Berotec jadi sangaaatt jarang. Selama 1 bulan ini kalo ga salah cuma 4-5 pake Berotec, itupun bukan saat sesak berat. Intinya, riwayat penyakit asma saya tidak terlalu menjadi masalah disini.
Saya berniat minum vit B complex untuk saat2 sedang merasa kelelahan saja (sering bolak-balik Bdg-Jkt dan udara yg berubah2 ekstrim dari panas ke dingin dan sebaliknya), bukan untuk dikonsumsi teratur. Supaya saya tidak drop n bisa tetap konsentrasi saat jadwal padat.
Pastinya punggung n seluruh badan jadi berasa sedikit pegal n lelah. Tapi biasanya besoknya saya harus udah siap untuk konsentrasikan pikiran lagi (saya harus fokus bkerja di depan laptop, bisa seharian). Saya jadi berpikir untuk minum vit B complex untuk membantu pemulihan badan.
Menurut dokter bagaimana?
Thank a bunch
dok, usia saya 16th..
saya mau tanya kok didalam hidung saya ada jerawat ya? gimana cara mengatasinya?
Quote:Original Posted By syaarif

iya, bisa, namun tetap harus diperiksa jantung dan parunya, hanya untuk memastikan bahwa sesak nafas tidak berasal dari sana.
Informasi lengkapnya anda bisa baca di post#2 spoiler mengenai dyspepsia dan GERD


Maaf dok, ikutan nanya heheheheh...

Kalo sesek akibat GERD itu, sebenernya gara2 apa yah?

Saya sudah cek ke dokter, ronsen thorax, gak ada masalah dgn paru2 n jantung.. cm skarang saya seseknya tuh kayak nafas gak plong n kadang2 kayak gak kerasa ada oksigen yg dihirup..

Udah konsultasi katanya, gara2 asam lambung yg naek, jadinya saluran pernapasan mengecil dan hidung menjadi mampet.. apakah benar yah?

Cara mengatasinya gimana yah dok?

Terima kasih banyak atas jawabannya

Usia: 29thn
BB: 80kg
Tinggi:179cm

Sudah lebih dari 4bulan terkena GERD, obat2 yg pernah dan masih diminum,
obat2 ppi : Omeprazole 20mg 2x1, pantoprazole 2x1, lansoprazole 30mg 1x1 (yg sekarang diminum lansoprazole)
Mucosta, vometta, acpulsif << udah gak pernah minum 3 obat ini lagi
Makan teratur sehari 4kali, porsi stengah piring setiap makan, sudah jauhin pantangan, tidur jg tidak pernah malam2 bgt dan tiap tidur posisi setengah duduk. Minum herbal (kunyit + madu) sehari 3 kali@setengah gelas aqua. Minum air putih 3liter sehari atau lebih. BAB normal, sehari minimum sekali.

Keluhan: sesak nafas, nafas gak plong, sakit punggung/pinggang yg kadang2 muncul kadang2 ilang.
permisi dok.. saya mau ikutan konsultasi juga

saya perempuan usia 18 tahun. dari sejak kelas 2 smp setiap saat bangun tidur saya sering mengalami pusing dan itu cukup mengganggu krn membuat penglihatan saya kabur kira2 selama 2-3 detik. lalu saya pergi ke klinik terdekat dan saya dikatakan memiliki anemia.

dokter disana manyarankan saya agar minum suplemen penambah darah setiap hari, sampai sekarang. pernah saya berinisiatif selama 2-3 minggu tidak minum suplemen tersebut karena takut ketergantungan. ternyata setelah itu pusing setiap bangun tidur pun muncul kembali.

pertanyaan saya.. apakah dampak positif dan negatif bagi tubuh saya jika suplemen tsb dikonsumsi setiap hari? apa benar anemia bisa menyebabkan kematian? dan apa benar gejala penyakit leukimia sama dengan anemia?

mohon dijawab dok, sebelumnya terima kasih. maaf merepotkan
Quote:Original Posted By .PanDa
dok, usia saya 16th..
saya mau tanya kok didalam hidung saya ada jerawat ya? gimana cara mengatasinya?


jerawatnya sebesar apa? kalau kecil dibiarin aja, atau di kopek juga ga papa, trus kasi betadin, ga kliatan juga fleknya.
Quote:Original Posted By BasilHawksin
Pindah lapak kesini aja dok,

Saya laki2 17th, berat 50kg awalnya 55kg turun 5kg gara2 tifus, tinggi badan 175cm.

Keluhan saya, yang seperti tadi? emang klo gak dihabiskan amoxannya jadi gimana dok ? terus lagi apa mungkin gak gara2 kurang tidur tifus bisa kambuh ?
Oke flashback aja dlu, ane kena tifus bulan july tanggal 20an. Ane awalnya cuman dehidrasi gara2 kecapean pas diperiksa ke dokter, ane disuruh dirawat di RS selama satu hari, yang sialnya di RS itu ane sama gak bsa tidur, udah badan drop gak tidur lagi. Pas bsoknya di periksa darah, sama rontgen perut. Kata dokter ane langsung dinyatakan tifus positif. Oke, ane pulang tuh dari RS, menuju di rumah, sambil membawa obat2tan ntah apa lupa lagi yang pasti ada obat maag. Emang pas awal2 kondisi itu lemes banget pening, tapi ane gak pernah mual malah justru nafsu makan tinggi. Lepas seminggu kemudian kndisi ane juga belum membaik diganti obat sama bernoflox, elsazym, sama paracetamol. awal2 itu ane ngalamin menggigil yang luar biasa hebat sampai gak bisa tidur juga. Bbrapa hari berselang ane kontrol lagi, kata dokter ane bebas dari gejala2 tifus. Oke, betapa senangnya ane pas waktu itu. Oya, pada saat itu makan cuman bubur tambah telur rebus aja ditambah makanan bayi kalau laper. Ok, gara2 dikatakan bebas gejala, ane nyoba makan nasi sama kaldu ayam. Emang pas awal2 makan nasi rasanya enak banget, tenaga ada, tapi sayang perut ane jadi gak enak dan lagi perut sering panas disertai meriang. Ok, gara2 itu ane kontrol lagi, katanya jangan makan yang keras2 dlu yauda ane ganti lagi ke bubur. Selama seminggu ane makan bubur lagi disiplin dalam gerak juga, oya obat udah lepas dari antibiotik jadi minum obat trypanzim sama vitamin neurosanbe 5000mg tambah susu milo. Selain itu pas dlu awal2 sering di selingin minum air rebusan cacing. Masih dalam waktu itu, emang skrng demam udah gak ada, cuman meriangnya yang hilang pergi kalau ane emosi sama gerak2 pasti ada. Selama ini ane gak pernah mual apalagi muntah, yang ada justru pengen makan2. Nah pas 4 hari yang lalu ane kontrol lagi, ane ngeluh ane jadi kaku gerak (mungkin terlalu lama di tempat tidur cuman berbaring doang kerjaannya) sama meriangnya masih ada, yauda tuh ane di kasih amoxan. Pas hari pertama minum amoxan tidak ada keluhan lancar dan rasanya kaku di tubuh ane menghilang. Nah pas besoknya ane minum amoxan itu emang jadi mencret2 tapi malah muncul kedinginan di punggung sama tangan pas bagian kening terasa ada udara panas gitu. Ane gak bisa tidur, ane jadi mondar mandir, ditambah lagi perut selalu bunyi terus,dan kyk klutuk klutuk gitu. Pokoknya sampai skrng ane gak bisa tidur.

tambahan sebelum kena tifus, memang pola hidup ane gak teratur di urusan jam makan sama kurang olahraga. Tapi ane jarang makan yang pedas2 kecuali pas 2 hari sebelum kena tifus, ane nyoba makan kripik pedas ma icih.


Dok, menurut analisa dokter gimana ? apakah tifusnya masih ada gak ? apakah kurang tidur bisa menyebabkan tifus kambuh ? atau malah skrng penyakitnya merambat ke asam lambung ? maaf kalau kepanjangan.


amoxan harus dihabiskan karena jika tidak nanti bakteri akan resisten terhadap amoxicilin, sehingga anda tidak bisa menggunakan obat tersebut lagi, tapi ya semua ditangan anda, kalau anda menganggap insomnia ini karena amoxan ya dihentikan tidak apa, tapi resikonya seperti saya sebutkan diatas.
Kalau kecapean bisa saja tifus itu kambuh kembali.

Kalau menurut saya penyakit anda lebih ke asam lambung daripada tifus, lagian sapa sih yang nyuruh minum air rebusan cacing? ada-ada saja.
Gejala-gejalanya juga cocok sekali dengan penyakit asam lambung. silahkan baca spoiler di post #2 mengenai dyspepsia, GERD dan tifus.
Anda bisa menggunakan pengobatan di spoiler dyspepsia.
untuk masalah nyeri punggung, silahkan anda baca spoiler yang nyeri punggun di post #2
Quote:Original Posted By miarora
Dok, maaf nih sebelumnya, saya bukan sakit, hanya mau menanyakan tentang vitamin.
Namanya Vit.B Complex IPI.
Tapi kandungannya kok hanya Vit B1, B2, B6, Calcium Pantothenate, dan Nicotinamide.
Sedangkan mengacu pada artikel disini, vit B complex seharusnya lengkap bukan?
FYI, usia saya seperempat abad Female, 155/49, freelancer, Bdg.
Saya pernah konsultasi Accolate untuk asma di thread sebelumnya. Asma saya sudah sangat2 terkendali sejak 1 bulan ini menggunakan Seretide Diskus 250mcg. Penggunaan inhaler Berotec jadi sangaaatt jarang. Selama 1 bulan ini kalo ga salah cuma 4-5 pake Berotec, itupun bukan saat sesak berat. Intinya, riwayat penyakit asma saya tidak terlalu menjadi masalah disini.
Saya berniat minum vit B complex untuk saat2 sedang merasa kelelahan saja (sering bolak-balik Bdg-Jkt dan udara yg berubah2 ekstrim dari panas ke dingin dan sebaliknya), bukan untuk dikonsumsi teratur. Supaya saya tidak drop n bisa tetap konsentrasi saat jadwal padat.
Pastinya punggung n seluruh badan jadi berasa sedikit pegal n lelah. Tapi biasanya besoknya saya harus udah siap untuk konsentrasikan pikiran lagi (saya harus fokus bkerja di depan laptop, bisa seharian). Saya jadi berpikir untuk minum vit B complex untuk membantu pemulihan badan.
Menurut dokter bagaimana?
Thank a bunch


boleh-boleh saja meminum vit. B Complex walaupun sebenarnya vitamin2 ini sudah banyak terkandung di makanan kita sehari-hari terutama yang berasal dari kacang-kacangan. Complex disini yang dimaksud adalah campuran jadi tidak harus complete, banyak merek-merek lain yang lebih complete dan juga ada yang lebih menekankan B1,B6, dan B12.
Quote:Original Posted By aweep
Maaf dok, ikutan nanya heheheheh...

Kalo sesek akibat GERD itu, sebenernya gara2 apa yah?

Saya sudah cek ke dokter, ronsen thorax, gak ada masalah dgn paru2 n jantung.. cm skarang saya seseknya tuh kayak nafas gak plong n kadang2 kayak gak kerasa ada oksigen yg dihirup..

Udah konsultasi katanya, gara2 asam lambung yg naek, jadinya saluran pernapasan mengecil dan hidung menjadi mampet.. apakah benar yah?

Cara mengatasinya gimana yah dok?

Terima kasih banyak atas jawabannya

Usia: 29thn
BB: 80kg
Tinggi:179cm

Sudah lebih dari 4bulan terkena GERD, obat2 yg pernah dan masih diminum,
obat2 ppi : Omeprazole 20mg 2x1, pantoprazole 2x1, lansoprazole 30mg 1x1 (yg sekarang diminum lansoprazole)
Mucosta, vometta, acpulsif << udah gak pernah minum 3 obat ini lagi
Makan teratur sehari 4kali, porsi stengah piring setiap makan, sudah jauhin pantangan, tidur jg tidak pernah malam2 bgt dan tiap tidur posisi setengah duduk. Minum herbal (kunyit + madu) sehari 3 kali@setengah gelas aqua. Minum air putih 3liter sehari atau lebih. BAB normal, sehari minimum sekali.

Keluhan: sesak nafas, nafas gak plong, sakit punggung/pinggang yg kadang2 muncul kadang2 ilang.


tenggorokan terasa sakit pada penderita GERD karena seringnya asam lambung naik sampai ke tenggorokan, jadinya melukai saraf-saraf dan jaringan disana (oesophagitis). saran saya tetap konsumsi PPI, 5 NO, dan jika sering terasa asam lambung yang sedang naik bisa minum mylanta, vometa dan inpepsa lagi. Silahkan baca spoiler GERD dan dyspepsia pada post #2. Untuk pastinya bisa dilakukan endoskopi, dan jika memang jarak antara ring diaphragma dan ring oesophagus terlalu jauh bisa dilakukan operasi sedang untuk mengoreksi ring-ring tersebut.
Spoiler for "perbedaan lambung normal dengan lambung GERD":


baca juga info lengkap GERD dan barret's oesphagus ini
Quote:Original Posted By serebutiga
permisi dok.. saya mau ikutan konsultasi juga

saya perempuan usia 18 tahun. dari sejak kelas 2 smp setiap saat bangun tidur saya sering mengalami pusing dan itu cukup mengganggu krn membuat penglihatan saya kabur kira2 selama 2-3 detik. lalu saya pergi ke klinik terdekat dan saya dikatakan memiliki anemia.

dokter disana manyarankan saya agar minum suplemen penambah darah setiap hari, sampai sekarang. pernah saya berinisiatif selama 2-3 minggu tidak minum suplemen tersebut karena takut ketergantungan. ternyata setelah itu pusing setiap bangun tidur pun muncul kembali.

pertanyaan saya.. apakah dampak positif dan negatif bagi tubuh saya jika suplemen tsb dikonsumsi setiap hari? apa benar anemia bisa menyebabkan kematian? dan apa benar gejala penyakit leukimia sama dengan anemia?

mohon dijawab dok, sebelumnya terima kasih. maaf merepotkan


Tidak ada dampak negatif mengkonsumsi obat-obatan tersebut, namun lebih baik jika kita tidak tergantung pada obat, sehingga obat tersebut digantikan dengan makanan. Makanan-makanan yang bisa menambah darah antara lain sayur-sayuran hijau (kangkung, bayam, dkk), daging2an (sapi, ikan, ayam). yang terbaik yaitu daging-dagingan dari sapi ataupun mamalia yang lain karena kandungan zat besinya yang banyak dan siap serap. Kemudian pantangannya yaitu teh, karena teh menghambat penyerapan zat besi hingga 40%.
Jangan lupa iringi dengan olahraga yang rutin, olahraga disini tidak harus berat yang penting rutin, karena dengan berolahraga tubuh juga akan lebih bisa memproduksi sel-sel darah yang lebih sehat dan lebih banyak. Anemia bisa menyebabkan kematian namun bukan anemia yang kita bicarakan disini, anemianya yaitu anemia gravis atau anemia aplastic.
Quote:Original Posted By syaarif
Tidak ada dampak negatif mengkonsumsi obat-obatan tersebut, namun lebih baik jika kita tidak tergantung pada obat, sehingga obat tersebut digantikan dengan makanan. Makanan-makanan yang bisa menambah darah antara lain sayur-sayuran hijau (kangkung, bayam, dkk), daging2an (sapi, ikan, ayam). yang terbaik yaitu daging-dagingan dari sapi ataupun mamalia yang lain karena kandungan zat besinya yang banyak dan siap serap. Kemudian pantangannya yaitu teh, karena teh menghambat penyerapan zat besi hingga 40%.
Jangan lupa iringi dengan olahraga yang rutin, olahraga disini tidak harus berat yang penting rutin, karena dengan berolahraga tubuh juga akan lebih bisa memproduksi sel-sel darah yang lebih sehat dan lebih banyak. Anemia bisa menyebabkan kematian namun bukan anemia yang kita bicarakan disini, anemianya yaitu anemia gravis atau anemia aplastic.


terima kasih atas jawabannya dok :

oiya dok 1 lagi, apakah gejala leukimia sama dengan gejala anemia?
Salam hangat kaskuser
22, laki-laki, 170, 55, mahasiswa, Malang

(1) saya sudah 3 tahun (mulai jadi mhsswa) merasa ada yang berubah dengan ketahanan tubuh saya. Saya sangat sangat sering capek, pusing, ngantuk, dan bangun tidur kurang fresh, berbeda sekali dengan sebelum 3 tahun ini. Kadang pernafasan saya gampang sesak jika dibuat aktifitas fisik terlalu banyak (ex.: olahraga) dan hidung saya selalu keluar lendir saat pagi hari (maaf,dalam bentuk sudah kering) dan makan agak pedas (dulu tidak pernah).
Sejak kuliah, hampir setiap minggu, saya bolak-balik rumah saya, lebih kurang 120 km pp dan setahun ini saya merokok (kondisional, 1 pak per minggu).
Saya takut jika ada masalah dengan paru-paru saya.

(2) untuk tinggi badan 170 cm dan berat badan 55 kg, saya cukup kurus dan ringkih padahal makan saya lumayan banyak. Kira-kira apa penyebabnya, Dok, dan apa solusi agar badan saya ideal?

Mohon atas pencerahannya, Dok. Ketika saya curhat tentang ini, kebanyakan orang-orang di sekitar saya hanya menganggapnya sepele, padahal saya sangat tersiksa

thanks
Quote:Original Posted By syaarif
amoxan harus dihabiskan karena jika tidak nanti bakteri akan resisten terhadap amoxicilin, sehingga anda tidak bisa menggunakan obat tersebut lagi, tapi ya semua ditangan anda, kalau anda menganggap insomnia ini karena amoxan ya dihentikan tidak apa, tapi resikonya seperti saya sebutkan diatas.
Kalau kecapean bisa saja tifus itu kambuh kembali.

Kalau menurut saya penyakit anda lebih ke asam lambung daripada tifus, lagian sapa sih yang nyuruh minum air rebusan cacing? ada-ada saja.
Gejala-gejalanya juga cocok sekali dengan penyakit asam lambung. silahkan baca spoiler di post #2 mengenai dyspepsia, GERD dan tifus.
Anda bisa menggunakan pengobatan di spoiler dyspepsia.
untuk masalah nyeri punggung, silahkan anda baca spoiler yang nyeri punggun di post #2


Makasih dok atas penjelasannya, iya kayaknya setelah kemarin ke dokter ane kena asam lambung soalnya dikasih obat asam lambung, dan dokter malah suruh di stop amoxannya soalnya ane klo ane tifus, kenapa ane gak panas ?

mungkin kemarin2 cuman kekhawatiran ane yang berlebihan.

sekali lagi makasih dok
dok teman saya cewe' usia 21, dia obesitas dok bbx 98 tinggix 156. kadang dia ngeluh sm saya ktax dadanya sesak,susah bwt napas trus rasa nyerinya smpe k'punggung jg dok,,kasian dok saya jadinya ma tmn saya... .

tu kira" knpa ya dok? penyebabnya apa? apa itu gejala jantung? trus cara ngatasi N obatnya apa ya dok? thanks before.