KASKUS

Sampah Merupakan Hambatan Utama Program GO GREEN

Quote:

Quote:



Quote: Quote:Original Posted By PLEASE RATE



Quote:Original Posted By PLEASE GIVE SOME CENDOL

PLEASE CLICK!

Quote:Original Posted By terimakasih (sedikit pnghargaan dari agan-agan)



Quote:Quote:Quote:DEFINISI SAMPAH
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga (kamus istilah lingkungan, 1994).
Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis. (istilah lingkungan untuk manajemen, ecolink, 1996).
Sampah adalah sesuatu yang tidak berguna lagi, dibuang oleh pemiliknya atau pemakai semula. (tandjung, dr. M.sc., 1982)
Sampah adalah sumberdaya yang tidak siap pakai.(radyastuti, w. Prof. Ir, 1996)
Quote:

JENIS SAMPAH
Berdasarkan asalnya, sampah padat dapat digolongkan sebagai:
Sampah organik

Sampah organik terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan atau yang lain. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam proses alami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik. Termasuk sampah organik, misalnya sampah dari dapur, sisa tepung, sayuran, kulit buah, dan daun.
Sampah anorganik

Sampah anorganik berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi, atau dari proses industri. Beberapa dari bahan ini tidak terdapat di alam seperti plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang sangat lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga, misalnya berupa botol, botol plastik, tas plastik, dan kaleng.


Quote:SUMBER SAMPAH
Sampah dihasilkan dari beberapa sumber utama antara lain:
1. Rumah tangga, Sampah domestik yang dihasilkan berupa sisa makanan, bahan dan peralatan yang sudah tidak dipakai lagi, bahan pembungkus, kertas, plastik dsb.
2. Tempat perdagangan Seperti pasar, supermarket, toko, warung. Sampah yang dihasilkan berupa bahan dagangan yang rusak, buah, sayur, kertas, plastik, karton dsb.
3. Sampah industry yang dihasilkan tergantung dari macam dan jumlah bahan. Industri sering kali membuang sampah disekitar pabrik, sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan.


Quote:LATAR BELAKANG
Sampah selalu menjadi masalah bagi pemerintah dan rakyat indonesia, bahkan diperkirakan sampah setiap harinya di Indonesia ini mencapai 200 ribu ton. Sayangnya tingginya volume sampah itu belum tertangani secara baik oleh pemerintah karena berbagai keterbatasan.
Menurut penelitian pada salah satu kota yaitu DKI Jakarta, dari hasil penelitian Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengatakan kondisi volume timbulan sampah di DKI mencapai 6.594,72 ton per hari per Januari 2009. Dengan rumusan, jumlah penduduk Jakarta 8,7 juta jiwa (malam hari) di tambah jumlah penduduk commuter 1,2 juta kali 2,97 liter per hari.

PREDIKSI TIMBULAN SAMPAH
DKI JAKARTA 2010 – 2020



Sedangkan dari Program pengelohan sampah mandiri terdiri dari sekitar 500 TPA yang ada diindonesia sebanyak 90 persennya bisa dikatakan tidak layak karena belum dikelola dengan sanitasi landfill menurut Asisten Deputi Urusan Pengendalian dan Pengelolaan Limbah Domestik, Kementrian Lingkungan Hidup (KLH).
Berdasarkan hal tersebut, mendorong perhatian dan kepedulian TS (penulis) untuk mengangkat topik tersebut menjadi masalah topic utama yang perlu diperhatikan dan perlu ditindaklanjuti pengendaliannya.
Mengapa ts tidak menulis masalah teknologi yang canggih untuk menciptakan go green,karena Ts memandang jika teknologi yang canggih dapat sia-sia tanpa ada kesadaran dari manusianya khususnya kesadaran terhadap sampah. selain itu TS mengangkat bahan ini menjadi topic utama dikarenakan masalah sampah ini sangat berdampak pada komponen vital kehidupan yaitu mahluk hidup dan lingkungan. Bahaya dan resiko yang ditimbulkan dari sampah tanpa disadari dan telah banyak kita rasakan seperti Bencana, gangguan kesehatan dan kerusakan lingkungan.
Topik tersebut saya beri Judul "Sampah Merupakan Hambatan Utama Program GO GREEN".
Oleh karena itu TS meminta kepedulian rekan-rekan semua thdp masalah ini untuk menuju “Indonesia GO GREEN”, tanpa hal ini program tersebut mustahil dapat terwujud.


Quote:Quote: SAMPAH DISEKITAR KITA
Spoiler for GUNUNG SAMPAH:

Spoiler for GUNUNG SAMPAH:

Spoiler for KOTA KITA:

Spoiler for SELOKAN KITA:

Spoiler for SELOKAN KITA:

Spoiler for SUNGAI KITA:

Spoiler for SUNGAI KITA:

Spoiler for GUNUNG KITA:

Spoiler for GUNUNG KITA:

Spoiler for PANTAI KITA:

Spoiler for PANTAI KITA:

Spoiler for PANTAI KITA:

Spoiler for LAUT KITA:

Spoiler for LAUT KITA:

Spoiler for LAUT KITA:



Quote:TUJUAN
Menggambarkan begitu memperhatikannya masalah sampah diindonesia, disisi manapun dikota, digunung, dipantai dan dilaut terlihat sampah dalam kehidupan kita sekarang ini. Selain itu pula hal ini bertujuan untuk menggambarkan jenis resiko atau bahaya adanya sampah ditinjau dari kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Sehingga dapat mencegah efek berbahaya lebih lanjut.
Quote:VIDEO MENGENAI KEPERIHATINAN TERHADAP SAMPAH



Quote:VIDEO MENGENAI KEPERIHATINAN TERHADAP SAMPAH



Quote:VIDEO MENGENAI KEPERIHATINAN TERHADAP SAMPAH



Quote:VIDEO MENGENAI KEPERIHATINAN TERHADAP SAMPAH




Quote:Silahkan Share dalam Thread ini dan Berikan Kepedulian dan keprihatinan rekan-rekan trhdap masalah ini mlalui komentar2 yg bermanfaat
Quote:[U]Thread berlanjut Ke post 1, post 2 dan 3
Forum Diskusi Post 5, 20, 31 dan 32




[/U]
Quote:BAHAYA DAN RESIKO

Quote:Gangguan Kesehatan

Quote:1.Penyakit pernafasan ; ISPA (infeksi saluran pernafasan atas), bronchitis, pneumonia (infeksi paru), Influenza (flu), ASMA dan gejala awal batuk, sesak nafas, hidung tersumbat.
Spoiler for APAKAH KITA AKAN MEMAKAINYA SETIAP HARI:

Spoiler for TEGAKAH KITA:


Quote:2. Penyakit diare, kolera, tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur air minum. Penyakit demam berdarah (haemorhagic fever) dapat juga meningkat denga cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai.
Quote:Original Posted By PASIEN DBD (MIRISKAH HATI KITA)

Quote:Original Posted By PASIEN DIARE ( BAGAIMANA JIKA SAUDARA KITA)



Quote: 3. Penyakit jamur dapat juga menyebar. (misalnya jamur kulit)Penyakit yang dapat menyebar melalui rantai makanan. Salah satu contohnya adalah suatu penyakit yang dijangkitkan oleh cacing pita (taenia). Cacing ini sebelumnya masuk ke dalam pencernakan binatang ternak melalui makanannya yang berupa sisa makanan/sampah.\t


Quote:Cacat dan Kematian
1. Sampah beracun: Telah dilaporkan bahwa di Jepang kira-kira 40.000 orang meninggal akibat mengkonsumsi ikan yang telah terkontaminasi oleh raksa (Hg). Raksa ini berasal dari sampah yang dibuang ke laut oleh pabrik yang memproduksi baterai dan akumulator

2. Diindonesia kejadian pencemaran merkuri pada Kasus Buyat Lebih dari 75% warga Buyat mengalami radang kulit, pusing, dan kram-kram hingga lumpuh sementara. Kualitas lingkungan di sekitar Buyat Pante mengalami penurunan drastis yang ditandai dengan tingginya kandungan logam berat pada mahluk dasar teluk dan juga menurunnya tangkapan ikan nelayan. .

Quote:Original Posted By KORBAN KASUS MINAMATA
\t

Quote:Original Posted By KORBAN KASUS MINAMATA
\t



Quote:Dampak terhadap Lingkungan


Quote:1. Polusi Udara
Spoiler for PEMBAKARAN SAMPAH:

2. Penipisan Ozon
Spoiler for OZON MENIPIS:

3. Pemanasan Global ( Global Warming )
Spoiler for GLOBALWARMING:



Quote:4. Pencemaran air
Spoiler for PENCEMARAN AIR:

Cairan rembesan sampah yang masuk ke dalam drainase atau sungai akan mencemari air. Berbagai organisme termasuk ikan dapat mati sehingga beberapa spesies akan lenyap, hal ini mengakibatkan berubahnya ekosistem perairan biologis. Penguraian sampah yang dibuang ke dalam air akan menghasilkan asam organik dan gas-cair organik, seperti metana. Selain berbau kurang sedap. Gas ini dalam konsentrasi tinggi dapat meledak.


Quote:5. Pencemaran Tanah
Spoiler for PENCEMARAN TANAH:

Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya


Quote:Dampak terhadap Keadaan Sosial dan ekonomi

1. Pengelolaan sampah yang kurang baik akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat: bau yang tidak sedap dan pemandangan yang buruk karena sampah bertebaran dimana-mana.
2. Memberikan dampak negatif terhadap kepariwisataan.
3. Pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. Hal penting di sini adalah meningkatnya pembiayaan secara langsung (untuk mengobati orang sakit) dan pembiayaan secara tidak langsung (tidak masuk kerja, rendahnya produktifitas).
4. Pembuangan sampah padat ke badan air dapat menyebabkan banjir dan akan memberikan dampak bagi fasilitas pelayanan umum seperti jalan, jembatan, drainase, dll.
5. Infrastruktur lain dapat juga dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai, seperti tingginya biaya yang diperlukan untuk pengolahan air. Jika sarana penampungan sampah kurang atau tidak efisien, orang akan cenderung membuang sampahnya di jalan. Hal ini mengakibatkan jalan perlu lebih sering dibersihkan


Quote:REGULASI DAN PERATURAN PEMERINTAHQuote:DAFTAR PERATURAN PERUNDANGAN LINGKUNGAN HIDUP

UNDANG-UNDANG MENGENAI SAMPAH

1. UU NO 23 TAHUN 1997 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP
2. UU NO 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP
3. UU NO 18 TAHUN 2008 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH
4. PP 27 TAHUN 1999 ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP
5. PP 18 TAHUN 1999 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA BERACUN (B3)
6. KEPMEN LH NO.86 TAHUN 2002 UPAYA PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN LINGKUNGAN HIDUP
7. SNI 19-2454-1991 TENTANG TATA CARA PENGOLAHAN TEKHNIK SAMPAH PERKOTAAN
8. SNI 03-3241-1994 TENTANG TATA CARA PEMILIHAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH


Quote: Quote:Original Posted By PLEASE RATE


Quote:Original Posted By PLEASE GIVE SOME CENDOL

PLEASE CLICK!
________PLEASE AND HELP________


Quote:Quote:UPAYA PENGENDALIAN DAN PENCEGAHAN

Quote:Konsep 3R
(Reduce, Reuse, Recycle)

Merupakan dasar dari berbagai usaha untuk megurangi limbah dan mengoptimalkan proses produksi.

1. Reduce
berarti menggunakan input yang lebih sedikit -termasuk bahan baku dan energi- sehingga pengaruhnya terhadap lingkungan hidup menjadi lebih kecil karena limbah produksi yang dihasilkan juga lebih sedikit.
2. Reuse
berarti menggunakan kembali limbah produksi secara berulang-ulang untuk menghasilkan produk atau jasa yang sama.
3. Recycle
mendaur-ulang berarti memasukkan kembali limbah produksi ke dalam sistem produksi, baik untuk menghasilkan produk yang sama seperti yang diproduksi sebelumnya, maupun untuk menghasilkan produk baru lainnya.
Spoiler for BAGAIMANA PROSESNYA:

Spoiler for BAGAIMANA PROSESNYA:

Spoiler for BAGAIMANA PROSESNYA:


Konsep 3R mempunyai makna yang lebih luas dari hanya sekedar aktifitas atau program, karena 3R sesungguhnya merupakan filosogi perusahaan yang 'ditularkan' ke semua jajaran karyawan. Konsep 3R tidak hanya dimaksudkan untuk meningkatkan indeks produktivitas, tetapi juga membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik. Namunkonsep 3R dapat diaplikasikan dimana saja dalam kehidupan kita.


Quote:Pengelompokan Sampah
mengelompokan sampah yang dikumpulkan, agar dapat mempermudah dalam proses pengelolaanya. Pengelompokan terdiri dari kategori jenis :
1. Sampah Organik
sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dsb. Sampah ini dapat membusuk atau hancur secara alami. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos atau energi alternatif berupa biogas melalui serangkaian proses pengolahan.
2. Sampah Anorganik
sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pmbungkus makanan, kertas, plastik, mainan, botol, gelas, kaleng, dsb. Sampah ini tidak dapat hancur secara alami. Walaupun demikian, sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk lainya sehingga apabila diolah lebih lanjut dapat menghasilkan keuntungan. Selain dijual sampah anorganik dapat diolah menjadi barang hiasan rumah tangga, peralatan rumah tangga, dan bahan dalam pembuatan karya seni.
3. Sampah Bahan Berbahaya Beracun(B3)
sampah dari alat-alat pemeliharaan kesehatan, sampah sisa industri, dan sampah dalam pengolahan bahan kimia adalah sampah yang termasuk B3. B3 berbeda dengan sampah-sampah lainya yang dalam pengolahannya B3 memerlukan metode khusus agar tidak membahayakan lingkungan sekitar. Sampah ini dapat berupa padat, cair, maupun gas.
Spoiler for WAJIB DIPRAKTEKAN (PEMBAGIAN SAMPAH):

Spoiler for WAJIB DIPRAKTEKAN (PEMBAGIAN SAMPAH):

Spoiler for WAJIB DIPRAKTEKAN (PEMBAGIAN SAMPAH):



Quote:Konsep 3M
Konsep 3 M adalah konsep sederhana yang dapat menghasilkan sesuatu yang besar yang dapat dilakukan oleh seseorang individu dalam menghadapi suatu kendala,termasuk dalam usaha pencegahan dan pengendalian sampah.


Quote:SEKILAS RENUNGAN




3M ini terdiri dari:
M ulai dari diri sendiri
1. Tanamkan kedisiplinan dalam diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan dikelompokan sesuai dengan jenisnya. Dimanapun kita berada, kapanpun waktunya, bagaimanapun besar kecilnya sampah dan siapapun yang melihat sampah harus dibuang pada tempatnya.
2. Jangan mencontoh hal yang tidak baik dan kita mengikutinya. Misalnya kita melihat orang lain membuang sampah sembarangan. Lalu kita mencontoh perbuatan tersebut, dan bila ditegur untuk membuang sampah ditempatnya ia bekilah “orang lain aja buang sampah sembarangan nggak apa-apa kok, kenapa saya jadi masalah”
3. Bila dalam kondisi kita tidak melihat tempat sampah dan kita ingin membuang sampah. Maka sebelumnya kita taruh dahulu sampah tersebut ditempat yang dapat kita ingat misalnya kantong/saku, kantong tas, ataupun yang lainnya. Namun setelah kita menemukan tempat sampah baru kita buang
Spoiler for MULAI DARI DIRI SENDIRI:


M ulai dari yang kecil
1. Jangan pernah berpikir sampah yang kecil itu sepele, coba pikirkan berapa banyak jumlah penduduk indonesia. Apabila semua berpikiran sama seperti itu apakah itu masih disebut sampah kecil. Dan bagaimana bila kita menyepelekan sampah yang besar.
2. Budaya membuang sampah pada tempatnya diindonesia tidak dapat terwujud jika kita tidak mulai dari lingkup kecil misalnya kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dimulai dari kebisaan dalam keluarga atau yang paling kecil lagi dari diri sendiri
3. Jangan pernah bilang, “bagaimana sih pemerintah indonesia menangani masalah sampah saja nggak bisa”. Bagaimana mau tertangani, rakyatnya saja masih cuma ngomong saja, nggak ada action. Coba mulai dari yang kecil.
Spoiler for MULAI DARI DIRI HAL YANG KECIL:


M ulai dari sekarang
1. Jangan menunda-nunda jika ingin membuang sampah, segerakan membuangnya setelah melihat tempatnya.
2. Bila tidak memulai dari sekarang, kapan kita mau mulai? Apakah kita mau menunggu setelah dampak atau bencananya baru muncul. Misalnya banjir, coba kita lihat kenapa orang kita senangnya bersih-bersih atau repotnya setelah terjadi banjir. Kenapa tidak dari awal seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga saluran air agar tidak tersumbat dan tidak membuang sampah sembarang tempat.
3. Jangan menyesal setelah kerugian atau dampak terjadi. Misalnya hal yang terjadi setelah banjir surut akan timbul masalah baru yaitu misal penyakit demam berdarah (dbd). Bayangkan bila salah satu keluarga kita ada yang terkena penyakit tersebut, anak, orang tua, adik atau kakak kita. Bayangkan berapa uang yang dikeluarkan, waktu yang terbuang, beban hati dan pikiran dan sebagainya. Hal itu tidak akan terjadi kalo kita mau berpikir dan bertindak simple dari awal.
Untuk itu ane menghimbau kepada diri saya beserta rekan-rekan semua untuk merenungkan bersama masalah sampah yang ada disekitar kita, begitu besar dampak dan kerugian yang dapat terjadi untuk kehidupan kita.
Selain itu pula marilah kita menjalankan tips-tips diatas untuk pengendaliannya. Jika memang sulit mulailah dengan konsep 3M (mulai dari diri sendiri, dari hal yang kecil dan mulai dari sekarang)
Spoiler for MULAI DARI SEKARANG:



Quote:Original Posted By sumber
Spoiler for SUMBER:

Quote:Quote: Quote:Original Posted By PLEASE RATE


Quote:Original Posted By PLEASE GIVE SOME CENDOL

PLEASE CLICK!
mari buang sampah pada tempatnya
COMMENT YANG BERMANFAAT DARI AGAN-AGAN


Quote:Quote:Original Posted By SenAtDorm
diminta dateng lagi
sebenernya konsep dan niat pengolahan sampah yg baik udah ada,tinggal pelaksanaannya aja.
dimana2 udah diusahain tempat sampah ada beberapa jenis,ada organik dan non organik,tapi mirisnya masih ada yg ga sadar (meskipun dia sadar kl sampah harus dibuang ke tempat sampah) kl tempat sampah plastik dan kertas dipisah.lalu begitu udah terkumpul dan terpisah di tempat sampah,eh tukang sampahnya yg nyatuin (pernah liat di depan mata)..
lalu apa gunanya dipisah kl ternyata yg ngelola pun masih belum sepenuhnya mengerjakan :
okelah kita sadar diri dulu (harus sadar) tapi yg kayak gini (kebijakan dan pengelolaan) harus di'suara'kan.

ane pernah ke tempat pengelohan sampah plastik,dan itu pun masih dikelola oleh pribadi.
sisi baik : ada orang yg sadar lingkungan (dan berkahnya dapet penghasilan) walaupun mereka lulusan S1 (kaka kelas ane).

yg ane masih sesalkan,dimana dukungan DKP (dinas kebersihan dan perkotaan) yg sebagian besar cuma menumpuk sampah (TPS galuga).
kita masih bersyukur ada mereka yg mau mulung sampah,tapi apa hanya bisa proud of them?

bener2 dah pengolahan sampah ini kompleks,ga cuma bisa menyalahkan diri sendiri (kesadaran) dan saya pun ga menyalahkan pemerintah,tapi SISTEM yg juga harus dibangun dengan baik dan didukung semua elemen

capek well,ini masih sampah perkotaan.belum sampah elektronik,sampah pabrik,sampah perkebunan,industri,dll


terimakasih gan,sudah menyempatkan kembali untuk mampir kembali dan memberikan komment yang bermutu.

mengenai yang agan alami dan pernah liat sama seperti yang ane alami dikantor ane, kita udah fasilitasi dengan banyak tempat sampah tpi pas awal program itu berjalan berat,masih ada tempat sampah yang tercampur. trus ane mensosialisasikan kembali untuk membuang sampah sesuai dengan jenisnya, melalui toolbox pagi yang dilakukan sebelum bekerja ditempat ane. dengan waktu yang nggak sebentar akhirnya itu sampah terkumpul sesuai dengan jnisnya. karyawan dikantor ane akhirnya sedikit dmi sedikit udah memahami. tp stelah itu timbul masalah baru yaitu masalah pmbuangan selanjutnya, saat kita membuang kepengepul itu malah dicampur2 lg itu sampahnya .
sebelumnya ane rada putus asa karna kita udah sadar namun para pngepulnya malah menyatukan itu sampah lg. (nah ini harus ada kepedulian dari BLH daerah msing).
tp karna sampah kita trus berjalan ane dan rekan2 memikirkan cara penyelesaiannya. akhirnya kita berinisiatif membuang sampah yang kita udah pisahkan kepada masing2 pengepul. misalnya sampah kardus dan kertas kita buang kepengepul kardus dan kertas, kaleng plastik dan kaca kepengepulnya, besi (scrap) kepengepulnya dan sampah b3 kepihakk3 yng dapat mengelolanya.
akhirnya program itu sudah berjalan ditempat ane, dan ane mendapatkan bukti pembuangannya dan setiap 6 bulan sekali ane melaporkannya ke BLH kota ane.
alhamdulillah sudah 1 tahun ini program ini berjalan dengan baik. wlpn ane pikir begitu berat implementasinya. klo dipikir2 prusahaan ane udah melakukan tp bgmn dengan prusahaan lain? apakah mereka sdh melakukan yang sama? tp ane merasa sudah brusaha melakukan yang terbaik wlpn cm utk lingkup yg kecil (perusahaan ane).

"Berusaha utk yg kecil itu lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali. kalo kita ada kemauan pasti disutu ada jalan".

noteh iya,gan alhamdulillah diperusahaan ane udah sertifikasi ISO 14001 loh (sertifikasi internasional utk lingkungan) lho.


Quote:Quote:Original Posted By kantaloop
OK : sampe gak beranjak ane baca pembahasannya... :mahos
Ane coba dukung kampanye Go Green di KASKUS ini gan
makin banyak yg baca, smoga banyak yg makin tahu lingkungan hidup & bukan hanya slogan
semoga jg lebih dr sekedar wacana (meski masih jg untung dpt wacana baru bt menggugah mindset nantinya)
mengingat "waste treatment" tuh prakteknya cm jd "syarat" tanpa penyadaran pentingnya
ane share uneg2 ane yg pernah diposting di GTS laen, msh hubungannya sm kegelisahan pd "sampah" A.K.A timbunan JUNK
Spoiler for uneg2 ane gan...:

Smoga ada solusi dr uneg2 td
excellent topic gan
>>> originally by kantaloop <<<


terimakasih gan untuk dukungannya untuk kampanye Go Green Ini khususnya masalah keperhatinan terhadap sampah ini.
ane udah menjalanin program 3R yang ane utarakan, sekarang ane mau mencontohkan kepada orang2 klo ane bisa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dimulai dari ane sendiri
ane berharap kepada rekan-rekan kaskuser yang baca thread ini (mudah2an lebih banyak lagi) untuk mau berkontribusi untuk kelestarian lingkungannya mari kita mulai konsep 3M.

Quote:"Mari Kita mulai Konsep 3M untuk membuang sampah, Mulai dari diri kaskuser,
Mulai dari sesuatu yang kecil (Kaskus Community) dan
Mulai dari sekarang (Agustus 2011)"


Quote:Quote:Quote:Original Posted By ranger1kondor
sharing sedikit gan tentang pemilahan sampah di himpunan ane.

sampah di himpunan ane udah ga dibagi menjadi 3 itu lagi gan tapi udah di bagi menjadi 6.
1. sampah kertas
2. sampah tetrapack (teh kotak, susu ultra)
3. sampah kemasan (chiki, indomie)
4. sampah plastik (bungkus jajanan yang ga dibuka secara sempurna)
5. sampah organik (sisa makanan, dan daun2an)
6. sampah botol plastik (aqua, dkk)

dengan bgini pengelolaan sampah akan lebih jelas alur perjalanan sampahnya dari mulai dia di angkut dari tempat sampah hingga ke TPA atau ke tempat yg daur ulang.

ditambah lagi skrng di himpunan ane ada yang namanya takakura, itu tuh sejenis keranjang yang digunakan untuk mendaur ulang sampah sisa makanan menjadi kompos.

oh iya, selain sudah di pisah seperti itu, kebetulan di kampus ane juga udah mulai memilah sampah, tujuannya ya tadi agar penanganannya lebih mudah dan lebih terarah, jadi kita yang udah milah sampah menjadi 6 kategori ga jadi sia2

CMIIW mohon di pajang di depan hehe


terimakasih gan untuk koment bermanfaatnya,
pembagian yang agan share disini, memang betul adanya harus seperti itu. namun untuk mempraktekannya agak berat gan. dikantor ane juga udah ngejalanin nih program gan, tp emang agak susah ngejalaninnya. pertama tempat sampahnya harus banyak dan dibutuhkan kepedulian yang tinggi (membuang sampah sesuai dengan jenisnya )
walaupun agak berbeda namun konsep pembagian sampah namun, intinya sama point 1,2,3,4,6 (sampah anorganik) dan point 5 (sampah organik). memang dengan konsep pembagian agan lebih mudah untuk mendaur ulangnya tidak memilah2 lagi sedangkan di konsep ane hrs dipilah lagi. namun konsep yang agan perlu pengorbanan juga dengan membeli 6 tempat smpah, yg agak berat untuk dipraktekan dirumah. kalo diane nggak terlalu susah hanya 2-3 tmpt smpah.


Quote:"Mari Kita mulai Konsep 3M untuk membuang sampah, Mulai dari diri kaskuser,
Mulai dari sesuatu yang kecil (Kaskus Community) dan
Mulai dari sekarang (Agustus 2011)"


jangan lupa dan nya


Quote:Quote:Original Posted By pro12
yg pertama dimulai dari mental sdm nya gan... dari kecil sdh diharuskan buang sampah pd tempatnya, tdk hanya omongan atau sebatas slogan aja..
lalu benahi juga sarananya.. klu tempat sampah ada dimana2, kemungkinan org buang sampah sembarangan pasti lebih kecil persentasenya
yg terakhir peraturan dan sanksi... peraturan beserta sanksinya harus benar2 dijalankan tanpa pandang bulu... ga ada tuh yg namanya sogok menyogok..
setelah semua berjalan, baru kita lakukan inovaasi.. seperti mulai mengkampanyekan penggunaan barang2 yg bisa di daur ulang.. pengolahan sampah menjadi barang yg lebih berguna dan lain sebagainya

anda siap membantu go green? yuuk kita mulai dari diri sendiri dan keluarga disekitar anda

cmiiw


WAH NICE COMMENT NIH
sesuai dengan program ane dithread ini, jangan terlalu muluk-muluk kita mau membuat perubahan besar-besaran yang belum tentu efektif. metode yang ane sosialisasikan sangat simple yaitu program untuk merubah kesadaran dan kebiasaan. karena masalah penumpukan sampah dimana-mana itu terjadi disebabkan oleh prilaku manusia tersebut. walau program semahal apapun, kebijakan yang keras dengan memberikan sanksi sekalipun tapi tidak ada kesadaran tidak mungkin akan terjadi perubahan, malah akan menimbulkan masalah baru karena pasti ada cost yang besar untuk membuat kebijakan.

ane menghimbau sekali lagi, jika agan pengen hari yang siang ini adem, nggak kipas2, nggak ngeluh panas, nggak ngeluh bau, nggak ngeluh sakit, tidur malem pules, nggak kekurangan air,dll
kita rubahlah pola kebiasaaan yang buruk dari kita terhadap lingkungan.
yaitu dengan program 3M,
1.mulai dari diri sendiri (membuang sampah ditempatnya)
2. mulai dari yang kecil (dimulai dari diri kita dan keluarga)
3. mulai dari sekarang (setelah membaca thread ini, hrs berubah. Jangan buang sampah sembarangan lg)
jangan lupa dan nya
daerah ane juga banyak banget sampahnya gan..
banyak gunung2 sampah juga baunya kaga nahan
Jangan buang sampah sembarangan... Buang pada tempatnya, makin sering banjir ntar
lautan sampah gan..!!
paraah gtu..!!


mumpung pejwan..
selamat ye gan juara 2..
bagaimanapun juga kita ngak mungkin terlepas dari yang namanya sampah,
jadi bagaimana kita mengolah sampah itu yang terpenting,
wah ane gan kalo ngebayanginya
Jgn smpe dhe gan
Ane bantu :
harus nya klo buang sampah sembarangan kena denda gan .
kek peraturan d balikpapan .
orang bijak biasa nya membuang sampah pada tempat nya
mari membuang sampah pada tempatnya
bakar bakar bakar olah olah olah. Olah ramlan kalo bisa
sampah ada di mana mana
gan saran ane hasil mengkhayal sebelom tidur.....kenapa semua sampah2 itu gak dibuang saja atau dibakar di dalam magma nya gunung gan...kan magma bisa ngancurin baja, siapa tw semua sampah an organik tu bisa hancur semua.....CMIIW
Nice Info . . .
LANJUTAN COMMENT YANG BERMANFAAT DARI AGAN-AGAN


Quote:Quote:Original Posted By galangARCHI
3 M dan 3 R
bener bgt gan...

semoga TS sudah mulai melakukan ini dari diri sendiri...
jelas2 kita sudah dikenalkan dalam pembagian sampah. biasanya di tong sampah udah ada tnda khusus sampah organik dan non

menurut TS sampah2 seperti sampah berbahaya(zat kimia) harus di apakan?


Menurut ane untuk pengelolaan limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) intinya harus dihilangkan dahulu sifat B3-nya agar tidak beracun dan tidak berbahaya sehingga aman jika ingin dibuang kelingkungan, caranya melalui pengolahan secara fisika atau kimia, proses stabilisasi dan insenerasi.
Untuk lebih jelasnya yuks mari kita bisa baca diperaturan badan pengendalian dampak daerah (BAPEDAL)
KEP-03/BAPEDAL/09/1995 PERSYARATAN TEKNIS PENGOLAHAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN

Jadi untuk pengelolaan sampah/limbah B3 itu sedikit berbeda jika dibandingkan dengan sampah organik ataupun anorganik, yg bs langsung diolah dan dimanfaatkan. untuk penanganan limbah b3 itu agak spesifik yaitu dengan menghilangkan terlebih dahulu sifat b3nya sebelum dibuang kelingkungan. prinsipnya tetap sama 3R,
1. Reduce: mengurangi jumlah bahan b3 yang dipakai (disesuaikan dengan kebutuhan)
2. Reuse : menggunakan/ memanfaatkan kembali limbah (tanpa dibuang)
3. Reycyle: mendaur ulang kembali limbah b3 menjadi bahan yang tidak berbahaya.

Jika agan ingin berkonsultasi mengenai limbah B3, agan bisa berkonsultasi dengan konsultan lingkungan dan jika agan ingin membuang limbah B3 mungkin ini Pihak ke-3 bisa membantu untuk mengolah limbah B3 anda.
semisal PPLI BOGOR

Noted: TS Memang belum bisa menyumbang banyak untuk kelestarian lingkungan
tp ts sudah menyumbangkan sesuatu yang kecil untuk lingkungan, yaitu dengan membiasakan diri ts untuk membuang sampah sampah pada tempatnya, khususnya sampah yang dihasilkan ts sendiri.


Quote:"Mari Kita mulai Konsep 3M untuk membuang sampah, Mulai dari diri kaskuser,
Mulai dari sesuatu yang kecil (Kaskus Community) dan
Mulai dari sekarang (Agustus 2011)"


Quote:Quote:Original Posted By hardyyy
kira² sampah yg numpuk di TPA itu diapakan biar ada manfaat?

Menurut ane sampah yang di TPA itu emang udah nggak bs diapa2ain gan udah tercampur2 nggak karuan. apalagi di TPA yang besar seperti bantar gebang. saran ane sih dimusnahin satu persatu dengan menggunakan mesin incenerator yang ada diindonesia. wlpn lama tapi klo dijalankan dengan progresif dan pemerintah serius menanganinya. pasti dapat mengurangi. pencegahan berikutnya dengan pemilahan sampah, 3R dan 3M sehingga tidak menumpuk ditempat pembuangan akhir (TPA)

Quote:Original Posted By hardyyy



mesin incenerator itu apa sih?
apakah mesin itu cukup efektif?


mesin incenerator adalah mesin pembakar yang ramah lingkungan,artinya dia tidak menimbulkan polusi udara dan hasil akhir pembakaran yang hampir tidak mempunyai sisa limbah.wlpn ada bisa langsung dibuang kelingkungan

Spoiler for contoh mesin incenerator:


bantu dan bagi nya gan.

Quote:Original Posted By hardyyy
ga ada asapnya?
bahan bakarnya apa?


Asapnya sih sebenernya yah ada ga sebanyak asep saat ngebakar sampah gan, dan asep hasil pembakaran incenerator aman dibuang kelingkungan.
Untuk dapat incenerator beroperasi mulai dari 800 s/d 4000 derajat Celcius dengan menggunakan berbagai pilihan bahan bakar seperti: minyak diesel, minyak karosen, gas, batubara atau plasma (listrik), bahkan untuk limbah tertentu dapat pula diproses secara pirolisa/gasifikasi untuk menghasilkan gas buatan (synthetic gas), agar incinerasi tidak memerlukan bahan bakar.

mungkin artikel ini bs sedikit membantu gan,
artikel

Quote:Quote:Original Posted By hardyyy
ok thx

sama2 gan, klo ada uneg2 yang mau disampein atau didiskusiin lg silahkan dishare yah gan?


Quote:Quote:Original Posted By gerae1
gila ternyata dampaknya banyak juga ya .. itu klo berbulan bulan bisa berton ton lebih tuh sampah ...

bener ganz, semakin lama semakin menumpuk dan pasti menumouk masalah besar juga tinggal nunggu bencananya aja kaya bom waktu.
informasi untuk mendaur ulang sampah plastik dalam tanah diperlukan waktu 3000tahun buat mengurainya.
bgmn ganz masih tertari buat buang sampah senbarangan?

jangan lupa bantu dan nya


Quote:Quote:Original Posted By bankxian
nice thread gan,,
mudah2an makain bnyak org yg sadar akan lingkungannya,,

betul ganz, ane juga sangat berharap diri agan juga ikut bergabung memberikan perhatian terhadap lingkungan ,
terimakasih ganz utk kommentnya.
sungguh suatu kehormatan crew GTS mau datang kesini.
bantu dan nya ganz kalo berkenaan.


Quote:Quote:Original Posted By 13tigabelass
Sampah itu harus kesadaran diri sendiri gan

Orang yng sering kena banjir aj sebenrnyaa tau kalo masalah mereka itu sampah, tp mereka gak kapok buang sampah sembarangan

Apalagi orang2 kaya baru yng suka buang puntung rokok dr mobil

bener tuh gan, ane juga nggak abis pikir gan kenapa orang2 sebenarnya udah sadar penyebab dan dampaknya tapi malah cuek aja. aneh disebut apa yah orang yg kya gitu?
udahlah, kita mulaidari dri kita dulu yuk gan, yang jelek jangan kita contoh. tp klo mang ada kita harus nasihatin tuh.

Quote:Original Posted By hybrit
bener gan 80% sampah yang di buang di bantar gebang adalah sampah plastik yang tidak bisa hancur oleh alam, seharusnya pemerintah kita mencontoh negara2 lain yang lebih care dengan lingkungan seperti jerman sampah plastik di buat bangku taman, tong sampah dan halte sehingga pemerintah ga perlu repot2 nyediain anggaran buat tong sampah

ada benernya, namun ada kekurangannya gan tp makasih uadah koment.
Memang dinegara maju seperti jerman udah bagus sistem mereka dalam mengendalikan sampah selain itu pula didukung oleh program serta teknologi yang canggih, namun peran penting dari kesadaran masyarakatnya adalah yang no.1 tanpa peran serta masyarakat mustahil teknologi itu dapat berjalan.

mari gan ikut gerakan 3M bersih bersama ane dan kawan2 kaskuser semua. untuk kepentingan lingkungan dan kehidupan kita.

Quote:"Mari Kita mulai Konsep 3M untuk membuang sampah, Mulai dari diri kaskuser,
Mulai dari sesuatu yang kecil (Kaskus Community) dan
Mulai dari sekarang (Agustus 2011)"


jangan lupa dan nya


Quote:Quote:Original Posted By abanx.alnas
seharusnya kita malu kalau membuang sampah sembarangan, Kebersihan adalah sebagian daripada Iman, jadi bisa disamakn orang yang buang sampah sembarangan = orang yang tidak beriman


betul gan sangking pentingnya Kebersihan agama menegaskan bahwa kebersihan adalah Setengah dari iman. bayangin tuh gan, begitu besarnya kebersihan dimata Islam, sangking pentingnya dia berdiri sendiri, yang setengah lg dr iman baru amal2 yang lain. karena kebersihan adalah kunci sahnya ibadah gan, klo kita kotor bgmn gan?apa Allah mau terima?

Quote:"Mari Kita mulai Konsep 3M untuk membuang sampah, Mulai dari diri kaskuser,
Mulai dari sesuatu yang kecil (Kaskus Community) dan
Mulai dari sekarang (Agustus 2011)"