KASKUS

Jalur mudik alternatif pantai selatan Jawa Tengah

Buat yg mw mudik k DIY atau Wonogiri lewat jalur selatan, bisa mencoba jalur alternatif pantai selatan Jawa Tengah, yaitu masuk dari wilayah Cilacap, klo dari jalur selatan Jabar di Wangon belok kanan, klo dari arah Pantura via Bumiayu-Ajibarang, di Wangon lurus terus.

Wangon - Jeruklegi - Kota Cilacap utara - Adipala - Ayah - Karangbolong - Petanahan - Ambal - Mirit - Grabag -Karangnongko

Smpai d Karangnongko, bisa kembali bergabung dgn jalur utama k kota Yogyakarta via Kulonprogo, atau kalau mau jalan2, boleh ambil arah ke Bantul, nanti masuk Gunungkidul klo mau ke Wonogiri/daerah Timur.

Kondisi jalan cukup memadai, cma ada sekitar 16 KM yg jalannya masuk perbukitan, cukup berlika-liku dgn tanjakan & turunan, yaitu antara Ayah - Karangbolong.

Sy sudah pernah liwat sana tahun lalu bawa Daihatsu NeoZebra ZSX 1500 cc, alhamdulillah bisa lwat tanpa masalah. Kondisi rute/jalurnya mmg relatif msh sangat sepi, terutama dari Adipala s/d Ambal, jd rekomendasi lewat sana kondisi terang atau berkonvoi. Jalur ini jg ideal utk sepeda motor krn jarang dilalui kendaraan besar -sy jg pernah touring bw Pulsar 200 k Yogya lewat sini.

Regards, dan selamat mudik.

PS: Ini sy kasih gambar petanya




================

EDIT: Beberapa info tambahan dari ane, tolong dibuka cukup informatif & berguna :

Spoiler for info tambahan:


================

Beberapa info & kesaksian kaskuser yg udah pernah lewat jalur tsb:

Spoiler for info kaskuser:
langsung ane bukmak gan,,,bln kmrn abis dr jogja naek motor,,jalur nembak2 aja...tp bkn lwt sini yg pasti,,bndung-jogja 10 jam...klo jalur ini bs lbh cpt?
ane kadang kalo pulang lewat situ gan

ijin titip lapak :
Bisnis Riil Tanpa Cari Downline
Hanya mengetik nama dan email valid
Rp.10.000,- per email valid
Bisa menghasilkan jutaan rupiah per bulan
saya sudah membuktikannya!!!
KLIK GAN
yakinnn gan itu jalan alternatif yg aman..??? kebetulan ane sreing lewat jalan itu ane cuma mau ngingetin aja mana yang titik rawan... hati-hati mulain masuk kecamatan ambal jalan mulai bergelomabang dan berlubang parahnya di begitu keluar kec mirit jalan berlubang parah.. klo malam hindari berkendara sendrian.. usahakan bergerombol... itu aja gan...
itu versi kapan? kok kayanya sama kaya taun2 kmaren!! (kirain alternatif 2011)
wah , mantep infonya oom gun, kebetulan tiap tahun gw pulang ke jogja lewat selatan...ntar di coba deh.

BTW, kalau jalan malam lewat jalur ini aman gak? soalnya gw biasa mudik nya jalan malem...
wah jalannya pesisir ya gan?persis banget pinggir laut keknya tu...patut dicoba nih...nice info gan...
Quote:Original Posted By jarwobewok
langsung ane bukmak gan,,,bln kmrn abis dr jogja naek motor,,jalur nembak2 aja...tp bkn lwt sini yg pasti,,bndung-jogja 10 jam...klo jalur ini bs lbh cpt?


Lewat jalur alternatif ini gak akan lebih cepat vs jalur utama klo kondisi NORMAL gan, alias bukan saat musim puncak arus mudik Lebaran. Tp klo lg puncak arus mudik, apalagi klo lagi kondisi hujan/banjir di daerah Sumpyuh-Kebumen, maka jalur alternatif ini akan sangat2 berguna & efektif memangkas waktu perjalanan.

Quote:Original Posted By saprolf85
yakinnn gan itu jalan alternatif yg aman..??? kebetulan ane sreing lewat jalan itu ane cuma mau ngingetin aja mana yang titik rawan... hati-hati mulain masuk kecamatan ambal jalan mulai bergelomabang dan berlubang parahnya di begitu keluar kec mirit jalan berlubang parah.. klo malam hindari berkendara sendrian.. usahakan bergerombol... itu aja gan...


Yupz, ane gak bilang jalur ini setara jalur utama, namanya jg jalur alternatif. Tp yg jelas gak ada jalannya yg offroad, masih sangat pantas dilewati kendaraan yg mengangkut keluarga, bahkan tipe minibus murmer sekalipun (spt mobil ane tsb).

Tahun lalu ane lewat belum ada yg berlubang parah, paling di daerah perbukitan Karangbolong yg rada jelek jalannya. Namun agan mungkin lebih up to date, so thx utk informasinya.

Prinsipnya, klo lewat jalur alternatif, ya jgn menganggap bisa jalan spt di jalur utama, aturan2 umum yg msti diperhatikan adalah:

1. Selalu isi tanki bensin full tank setiap ketemu SPBU, krn SPBU pasti lebih jarang
2. Pastikan kondisi mobil top form, benar2 fit, krn klo ada apa2 susah servis & jasa dereknya
3. Klo blm begitu pengalaman bw luar kota lwt jalur yg sepi, lebih baik lewat saat kondisi terang/berkonvoi

Quote:Original Posted By westsidejakarta
wah , mantep infonya oom gun, kebetulan tiap tahun gw pulang ke jogja lewat selatan...ntar di coba deh.

BTW, kalau jalan malam lewat jalur ini aman gak? soalnya gw biasa mudik nya jalan malem...


Klo jalan malam kurang recommended bila bro gak benar2 yakin dgn skill mengemudi luar kotanya (no offence) atau kondisi mobil gak 100% sehat. Tp klo yakin & mobil totally fit, monggo. Kebetulan tahun lalu sy bolak-balik lewat kondisi malam hari, rute yg benar2 perlu perhatian & kewaspadaan lebih adalah antara Ayah - Karangbolong sekitar 16 KM, krn jalurnya berbukit2 dgn kelokan2 & tanjakan/turunan yg lumayan tajam.

Quote:Original Posted By zona_tampan
wah jalannya pesisir ya gan?persis banget pinggir laut keknya tu...patut dicoba nih...nice info gan...


Nah, ini dia kelebihannya gan, jalur ini bisa dibilang jalur wisata juga, krn ada sederet pantai2 yg indah sepanjang jalan, mulai dari Pantai Ayah, pantai Karangbolong, Pantai Ambal, Pantai Glagah, dll. Makanya recommended lewat udah terang, klo cape bs sekalian berwisata dulu, terutama klo arus balik menuju Jakarta, hehehe.
Ane pernah lewat gan kira2 3 tahun lalu, jalannya sebagian sempit, waktu mendekati wates, jalannya guedeee kaya jalan tol moga aja ini jalan di bagusin kaya jalur utama lainnya..
inponya bagus banget buat yang mau pulkam,,
tapi taun ini ane kayanya kaga pulkam gan
nice inpoh gaann
FYI.. ane mahasiswa yang kuliah di jogja tapi kampung di purwokerto... ane cuma mau nambahin disini.. ane udah sering banget lewat situ... ada puluhan kali mungkin.. karena ane emang suka touring gitu...
jalur selatan itu bagus banget buat alternatif.. malah mungkin bisa lebih cepet... dulu emang jalannya berlubang parah... tapi sekarang gag begitu parah... buat agan2 yang pake mobil... enak banget kalo lewat situ... ane mau share nih... jogja-purwokerto biasa ditempuh antar 3,5 jam-4 jam... ane pernah naek mobilnya cewe ane cuman 2,5 jam lewat situ... oia, ada jalan yang alus banget n lurus.. ( orang setempat namainnya "jalan tol") taro depan ya TS
Quote:Original Posted By sigitcool
Ane pernah lewat gan kira2 3 tahun lalu, jalannya sebagian sempit, waktu mendekati wates, jalannya guedeee kaya jalan tol moga aja ini jalan di bagusin kaya jalur utama lainnya..


Yupz betul sekali gan, yg lurus lebar mulus itu adalah sekitar 8 KM, bisa bwt ngetes top speed kendaraan.

Sebenarnya klo agan2 kurang suka lwat jalan yg berbukit2, di daerah Petanahan, ada pertigaan bisa belok kanan balik ke jalur utama lagi, shg ga perlu lewat Karangbolong - Ayah yg jalurnya demikian.

Quote:Original Posted By iusernem
inponya bagus banget buat yang mau pulkam,,
tapi taun ini ane kayanya kaga pulkam gan


Yg penting ttp menjaga silaturahmi dgn sanak saudara gan. Menyapa tidak mesti bersua.
mudah2an bermanfaat buat yang mau mudik...

selamat menjalankan ibadah puasa






Originally Posted by: 3178400™ —

naiss inpo'a gan
kalo ane kagak mudik gan, ane bantu up saja ya, siapa tahu ada yang butuh nih jalur
betul sekali agan ini, ane malah sering lewat jalur ini
Quote:Original Posted By gunawanspurs
Lewat jalur alternatif ini gak akan lebih cepat vs jalur utama klo kondisi NORMAL gan, alias bukan saat musim puncak arus mudik Lebaran. Tp klo lg puncak arus mudik, apalagi klo lagi kondisi hujan/banjir di daerah Sumpyuh-Kebumen, maka jalur alternatif ini akan sangat2 berguna & efektif memangkas waktu perjalanan.



Yupz, ane gak bilang jalur ini setara jalur utama, namanya jg jalur alternatif. Tp yg jelas gak ada jalannya yg offroad, masih sangat pantas dilewati kendaraan yg mengangkut keluarga, bahkan tipe minibus murmer sekalipun (spt mobil ane tsb).

Tahun lalu ane lewat belum ada yg berlubang parah, paling di daerah perbukitan Karangbolong yg rada jelek jalannya. Namun agan mungkin lebih up to date, so thx utk informasinya.

Prinsipnya, klo lewat jalur alternatif, ya jgn menganggap bisa jalan spt di jalur utama, aturan2 umum yg msti diperhatikan adalah:

1. Selalu isi tanki bensin full tank setiap ketemu SPBU, krn SPBU pasti lebih jarang
2. Pastikan kondisi mobil top form, benar2 fit, krn klo ada apa2 susah servis & jasa dereknya
3. Klo blm begitu pengalaman bw luar kota lwt jalur yg sepi, lebih baik lewat saat kondisi terang/berkonvoi



Klo jalan malam kurang recommended bila bro gak benar2 yakin dgn skill mengemudi luar kotanya (no offence) atau kondisi mobil gak 100% sehat. Tp klo yakin & mobil totally fit, monggo. Kebetulan tahun lalu sy bolak-balik lewat kondisi malam hari, rute yg benar2 perlu perhatian & kewaspadaan lebih adalah antara Ayah - Karangbolong sekitar 16 KM, krn jalurnya berbukit2 dgn kelokan2 & tanjakan/turunan yg lumayan tajam.



Nah, ini dia kelebihannya gan, jalur ini bisa dibilang jalur wisata juga, krn ada sederet pantai2 yg indah sepanjang jalan, mulai dari Pantai Ayah, pantai Karangbolong, Pantai Ambal, Pantai Glagah, dll. Makanya recommended lewat udah terang, klo cape bs sekalian berwisata dulu, terutama klo arus balik menuju Jakarta, hehehe.

i

ini info beneran gan hati-hati lewat jalur selatan... gini gan begitu pemudik masuk kec ambal jalan masih aman lancar mulus trus masuk kecamatan mirit masih mulus naaah begitu keluar kec mirit hati - hati bener banyak lubang dan tambalan jalan yg nda rata kurang lebih hampir 30am km kndisi jalan spt itu nah begitu kurang lebih sekitar 20an km masuk masuk wates itu jalan udh halus dan 4 jalur..... ane kemring lewat situ dan sering lewat situ hampir tiap minggu klo plng ke mirit....

tapi denger-denger seh baru dalam perbaikan H-6 udh siap ktanya... oya satu lagi disitu tidak ada POM bensin mulai dari karang bolong sampai perbatasan jogya purworejo...kecuali klo udh masuk ke WATES... itu pun agak jauuh jaraknya
mantap gan jalurnya....
ane thn 2009 pernah mudik lewat situ....
lewat pinggir pantai, pemandangannya mantap dah....
cuma bnyk tanjakan & turunan tajem, jadi harus extra hati2....
ane pencet ctr+d .... hehe