KASKUS

Quote:Original Posted By sahabatlaptop
Salam agan2 semua,, ane mau sharing pengalaman hari ini nih,, smoga aja ada yang bisa ngasih masukan..
ane tadi pagi meluncur ke suryasumantri 30 untuk benerin AC, yang dilakukan disana :
1. cek keberadaan freon --> ternyata freon abis tak tersisa
2. cek kebocoran, cek depan dan di ac belakang tidak ada kebocoran
3. cek kompresor --> katanya udah jelek dan itu juga kompressor nya cuma 4PK dan bukan ori hyundai... sedih ane..
4. coba diitung-itung klo pergantian kompressor ama yang lainnya berapa.. keluar deh listnya :
- Kompressor 5PK 2.600.000
- Filter Drier 125.000
- Vakum + isi oli 25.000
- isi freon K134A 225.000
- jasa sirkulasi 250.000
jadi total 3.225.000

agak narik napas panjang gan ane,,, kirain teh ngga akan nembus kepala tiga.. ahirnya ane putuskan untuk pending dulu,,, cukup byar biaya cek saja 50rb..
agan2 ada yang bisa ngasih solusi nih,,, moga aja bisa lebih murah,, ane pernah baca thread tentang yang AC jg, lumayan lebih murah,, tapi itu 2011,,,


Seperti yang diceritakan Agan .... yang rusak kompresornya .... emang sih kompresor bisa diperbaiki tetapi hanya untuk sementara (paling lama tahan 3 bulan dan itupun kompresinya / performansinya berkurang).

Kalau TJ nya dipakai dalam jangka waktu lama artinya nggak akan dijual dalam 1-2 tahun ini mending ganti baru kompresor. Beli saja kompresor di Jakarta (toko Sakura - korea) dengan spesifikasi merk Halla 5 PK (sama dengan bawaan TJ) ... harganya dipastikan lebih murah.

Alternatif lainnya bisa membeli AC copotan eks Singapore biasanya merk Denso ... ada perubahan dudukan AC + pipa-pipa .... harga + instalasi .... hampir 2 jutaaan .... beda tipis dengan beli baru merk HCC (halla).

Diperbaiki kompresorpun .... ujung-ujungnya biayanya berkisar 1 jutaan.

Emang pilihannya agak berat .... saya juga pernah ngalaminya (memperbaiki kompresor terus ganti kompresor copotan akhirnya beli kompresor baru) .... ya pada akhirnya dengan ganti kompresor baru sampai saat ini udah 2 tahun lebih masih dingin.

Demikian sekedar sharing saja.

Quote:Original Posted By wenzhi81
Salam kenal agan2 sekalian...
Baru beli trajet 2009 nh...udh cvvt, skrg lagi proses cabut berkas dari jakarta ke surabaya. Udh hbs 5jt buat servis n kaki depan nya, blm kaki yg belakang . Ada yg tau community trajet surabaya?


Selamat gan atas TJ barunya .... silakan sharing ataupun curhat di mari. Komunitas Trajet baik di kota Surabaya ataupun kota yang lainnya tergabung dalam wadah yang namanya TFC (Trajet Family Club) ... dimari banyak petinggi dan pembesar TFC yang joint ... coba aja PM ke Agan iwakpitik atau agan Fatboy atau agan yang lainnya yang sudah bergabung dengan TFC.

Quote:Original Posted By qullah


Seperti yang diceritakan Agan .... yang rusak kompresornya .... emang sih kompresor bisa diperbaiki tetapi hanya untuk sementara (paling lama tahan 3 bulan dan itupun kompresinya / performansinya berkurang).

Kalau TJ nya dipakai dalam jangka waktu lama artinya nggak akan dijual dalam 1-2 tahun ini mending ganti baru kompresor. Beli saja kompresor di Jakarta (toko Sakura - korea) dengan spesifikasi merk Halla 5 PK (sama dengan bawaan TJ) ... harganya dipastikan lebih murah.

Alternatif lainnya bisa membeli AC copotan eks Singapore biasanya merk Denso ... ada perubahan dudukan AC + pipa-pipa .... harga + instalasi .... hampir 2 jutaaan .... beda tipis dengan beli baru merk HCC (halla).

Diperbaiki kompresorpun .... ujung-ujungnya biayanya berkisar 1 jutaan.

Emang pilihannya agak berat .... saya juga pernah ngalaminya (memperbaiki kompresor terus ganti kompresor copotan akhirnya beli kompresor baru) .... ya pada akhirnya dengan ganti kompresor baru sampai saat ini udah 2 tahun lebih masih dingin.

Demikian sekedar sharing saja.


agan qullah punten.., mau tanya biasa service ac dimana kalo dibandung?kebetulan pengen service evapurator belakang(kadang dingin kadang nggak).
Quote:Original Posted By qullah


Selamat gan atas TJ barunya .... silakan sharing ataupun curhat di mari. Komunitas Trajet baik di kota Surabaya ataupun kota yang lainnya tergabung dalam wadah yang namanya TFC (Trajet Family Club) ... dimari banyak petinggi dan pembesar TFC yang joint ... coba aja PM ke Agan iwakpitik atau agan Fatboy atau agan yang lainnya yang sudah bergabung dengan TFC.



Makasih gan...
Mau tanya nh...ane punya trajet type yg apa ya?di stnk ditulis type G aja. Info harga jam mbl utk trajet brp an ya?cos jam ane rusak, nyala sh, cuman menit nya ga karuan, jln trs, udh bw ke bengkel variasi katanya rusak. Tq.

ada yg tau cara mengiritkan bbm trajet?lumayan kaget nh, sebelum ganti trajet pake granmax, trs granmax kujual ganti ini trajet. Bensin nya lumayan boros nh trajet
Kemaren udh nyba isi full tangki, secara kilometer cuman dpt 325km, padahal isi full tangki 60ltr, lumayan boros nh... memang sh ga bisa dibandingkan dengan granmax, tapi selisih nya hmpr setengahnya granmax, dl granmax 200rb (30ltr) bisa dpt 250-280km
Quote:Original Posted By rully.januar

agan qullah punten.., mau tanya biasa service ac dimana kalo dibandung?kebetulan pengen service evapurator belakang(kadang dingin kadang nggak).


Punten .... telat ngrespon, untuk AC TJ saya biasa service di REI AC Jln. Peta (lingkar selatan) depan Bajaj Motor ... sebelum perempatan terminal leuwihpanjang ... bengkelnya selalu memberikan solusi "yang nggak bikin kantong jebol" ... misalnya evaporator bocor ... kita ditanyai dulu kalau beli baru seharga Rp. 600 kalau dilas seharga Rp 100 dengan ketahanan berkisar 1 tahun ... tinggal menyesuaikan dengan kantong kita. Kalau dari Jln. Otista (tegallega) belok kanan kira-kira 300 meteran sebelah kiri jalan.

Demikian ... semoga ada gambaran.

Quote:Original Posted By wenzhi81


Makasih gan...
Mau tanya nh...ane punya trajet type yg apa ya?di stnk ditulis type G aja. Info harga jam mbl utk trajet brp an ya?cos jam ane rusak, nyala sh, cuman menit nya ga karuan, jln trs, udh bw ke bengkel variasi katanya rusak. Tq.



Untuk type TJ tahun 2009 ... mohon maaf saya kurang tahu type nya. Harga jam TJ genuine .... sangat-sangat mahal harganya di atas 1 jt. Mungkin solusinya adalah membeli jam digital buat motor yang dapat dibeli pada FJB (forum jual beli) kaskus dengan keyword jam digital motor ... harganya berkisar Rp. 100 rb. Caranya buka konsol jam digital (ke bengkel saja) kemudian copot jeroaan jam TJ ... ganti pakai panel jam digital motor ... pemasangan sekitar Rp. 50 rb.

modul jam digital motor.


buka konsol jam .... pakai obeng (-)


jerooan jam trajet


Quote:Original Posted By wenzhi81
ada yg tau cara mengiritkan bbm trajet?lumayan kaget nh, sebelum ganti trajet pake granmax, trs granmax kujual ganti ini trajet. Bensin nya lumayan boros nh trajet
Kemaren udh nyba isi full tangki, secara kilometer cuman dpt 325km, padahal isi full tangki 60ltr, lumayan boros nh... memang sh ga bisa dibandingkan dengan granmax, tapi selisih nya hmpr setengahnya granmax, dl granmax 200rb (30ltr) bisa dpt 250-280km


Untuk perjalanan luar kota TJ CVVT dengan konsumsi 1 : 5-6 km ... termasuk kategori boros .... untuk TJ cvvt normalnya untuk luar kota 1 : 9-11 ... Kudu di tune up dan diperiksa kebersihan saluran supply bbm dan injector cleaner ... soale curiganya supply bbm nya kotor sehingga terlalu boros .... untuk fuel consumption dalkot 1:6-7 adalah normal untuk cvvt.

Demikian semoga membantu.

Quote:Original Posted By qullah


Untuk type TJ tahun 2009 ... mohon maaf saya kurang tahu type nya. Harga jam TJ genuine .... sangat-sangat mahal harganya di atas 1 jt. Mungkin solusinya adalah membeli jam digital buat motor yang dapat dibeli pada FJB (forum jual beli) kaskus dengan keyword jam digital motor ... harganya berkisar Rp. 100 rb. Caranya buka konsol jam digital (ke bengkel saja) kemudian copot jeroaan jam TJ ... ganti pakai panel jam digital motor ... pemasangan sekitar Rp. 50 rb.

modul jam digital motor.


buka konsol jam .... pakai obeng (-)


jerooan jam trajet




Untuk perjalanan luar kota TJ CVVT dengan konsumsi 1 : 5-6 km ... termasuk kategori boros .... untuk TJ cvvt normalnya untuk luar kota 1 : 9-11 ... Kudu di tune up dan diperiksa kebersihan saluran supply bbm dan injector cleaner ... soale curiganya supply bbm nya kotor sehingga terlalu boros .... untuk fuel consumption dalkot 1:6-7 adalah normal untuk cvvt.

Demikian semoga membantu.



Makasih bro atas pencerahannya untuk jam digitalnya, nanti ane beli di fjb...

Tj ane udh di tune up, tempo hari ganti filter bensin, 1set busi, pembersihan injector juga, ganti timing belt, ganti engine mounting 1set. Cuman tempo hari blm ganti oli, soalnya calter bawah buat olie pesok kena dongkrak, ampun dh ini Tj pemakaian nya gradakan banget Sekarang mau nyba isi full tangki lagi, soalnya calter olie udh di las n udh ganti olie juga. Kl msh boros, mau nyba cek di servis resmi hyundai dh. Tq gan, mantap ini trit
Permisi gan mau numpang promo nih,siapa tau ada yg butuh

Saya jual Spare Part untuk mobil Hyundai nih untuk di Pulau Jawa dan Luar Jawa juga bisa,untuk info lebih lanjut bs di lihat di thread kami ,atau hubungi kami langsung di kosambiexpress@gmail.com
www.kosambiexpress.web.id

Thx Gan...
untuk agan yang ini,


kalau bisa jangan cuman info promo aja dong. tapi kalau bisa di infokan juga , spare part apa aja yang ready dijual untuk trajet.

Quote:Original Posted By KosambiExpress
Permisi gan mau numpang promo nih,siapa tau ada yg butuh

Saya jual Spare Part untuk mobil Hyundai nih untuk di Pulau Jawa dan Luar Jawa juga bisa,untuk info lebih lanjut bs di lihat di thread kami ,atau hubungi kami langsung di kosambiexpress@gmail.com
www.kosambiexpress.web.id

Thx Gan...


Quote:Original Posted By 12170
untuk agan yang ini,


kalau bisa jangan cuman info promo aja dong. tapi kalau bisa di infokan juga , spare part apa aja yang ready dijual untuk trajet.




banyak pa spare part yg kami jual,tidak bisa kami masukan disini semua terlalu banyak
yang bisa saya bantu bila bapak membutuhkan,sebutkan saja barang ny nanti saya informasikan harga dll nya
Terima kasih gan saran nya

kalau untuk forum trajet ini, di share list ketersediaan partnya misalnya di share via google doc atau lainnya gimana pak ? dan kalau bisa harganya juga , jadi pengguna trajet bisa melakukan estimasi biaya dan minta sama 'menteri keuangan' di rumah bisa mulus
Quote:Original Posted By KosambiExpress

banyak pa spare part yg kami jual,tidak bisa kami masukan disini semua terlalu banyak
yang bisa saya bantu bila bapak membutuhkan,sebutkan saja barang ny nanti saya informasikan harga dll nya
Terima kasih gan saran nya



Quote:Original Posted By KosambiExpress

banyak pa spare part yg kami jual,tidak bisa kami masukan disini semua terlalu banyak
yang bisa saya bantu bila bapak membutuhkan,sebutkan saja barang ny nanti saya informasikan harga dll nya
Terima kasih gan saran nya



Quote:Original Posted By 12170
kalau untuk forum trajet ini, di share list ketersediaan partnya misalnya di share via google doc atau lainnya gimana pak ? dan kalau bisa harganya juga , jadi pengguna trajet bisa melakukan estimasi biaya dan minta sama 'menteri keuangan' di rumah bisa mulus


Paling ngga parts yg fast moving aja, seperti :
- Timing belt set
- Filter oli/bensin/cabin
- Shockbreaker
- Kampas rem
- Koil
- Thermostat
- Selang radiator
- Tabung radiator
- Master kopling, master rem
- Pompa bensin
- Sensor2 (CKP, CMP, Solenoid matic, PGA, PGB, VSS, dll)
- Kabel handbrake
- Kabel speedometer
- Kaki2 (ball joint, tie rod, bushing arm, laher roda)
- Repair kit (power steering, engine packing set, master rem, dll)

* monggo dilanjut oleh RR sekalian
* utk kosambi silahkan list parts yg disebutkan diatas dikasih price sebelahnya
permisi agan qullah dan para suhu trajeter, mau numpang shering dikit nih...

Trajet MT 2.0 ane ada dikit masalah nih butuh pencerahan dari agan

abis kotak katik TJ ane nih.

awalnya penyakit di RPM idle, awal mesin distater RPM naik di 1500, tunggu sampe mesin langsam RPM langsung turun dan suka drop di 100. tapi mesin tetep idup langsam ngga mati, terus kalo saya hidupkan ac rpm naik ke 600 tapi langsung drop ke 100 dan ac jadi kgak dingin . saya sdh bersihin :

- Air intake HOSE dan selang" semua sudah di bongkar dan dibersihin.
-. FIlter udara jg sdh di bersihin.
-. Intake sdh di bersihin pake CARBURATOR CLEANER CONDISINER
-. coba" sensor ISA di copot dan di bersihin. trus pasang lagi.
-. idle up speed sdh di puter ampe mentok.
-. ganti busi baru

al hasil :

-. starter awal RPM naik di 1500 , nunggu sampe langsam RPM tutun di 900.
-. kalo pedal gas nya di injek RPM naik dan langsung turun ke 500.
-. Nyalain AC RPM drop ke 0 , trus naik lagi ke 400.idle
- AC masih tetep kagak dingin ( angin blower doang yg keluar )
-. kalo pedal kopling di injek dan nahan ( pada waktu macet ) RPM suka naik ke 1500.
-. FC ps. minggu - bogor ciawi TOL . rata" 1: 9. 10 penumpang ( 7 dewasa + 3 anak" ) speed rata" 80-90km/jam


kira" apalagi ya harus di cek ? dan sparepart apa yg harus di beli atau di ganti.

para trajeter yg tau spare part subsitusi untuk trajet mohon di share dimari dong. lumayan kan bisa buat perbandingan. dari segi harganya dan kemudahan mencari sparepart di toko / bengkel terdekat.



terima kasih

Quote:Original Posted By ozanx
permisi agan qullah dan para suhu trajeter, mau numpang shering dikit nih...

Trajet MT 2.0 ane ada dikit masalah nih butuh pencerahan dari agan

abis kotak katik TJ ane nih.

awalnya penyakit di RPM idle, awal mesin distater RPM naik di 1500, tunggu sampe mesin langsam RPM langsung turun dan suka drop di 100. tapi mesin tetep idup langsam ngga mati, terus kalo saya hidupkan ac rpm naik ke 600 tapi langsung drop ke 100 dan ac jadi kgak dingin . saya sdh bersihin :

- Air intake HOSE dan selang" semua sudah di bongkar dan dibersihin.
-. FIlter udara jg sdh di bersihin.
-. Intake sdh di bersihin pake CARBURATOR CLEANER CONDISINER
-. coba" sensor ISA di copot dan di bersihin. trus pasang lagi.
-. idle up speed sdh di puter ampe mentok.
-. ganti busi baru

al hasil :

-. starter awal RPM naik di 1500 , nunggu sampe langsam RPM tutun di 900.
-. kalo pedal gas nya di injek RPM naik dan langsung turun ke 500.
-. Nyalain AC RPM drop ke 0 , trus naik lagi ke 400.idle
- AC masih tetep kagak dingin ( angin blower doang yg keluar )
-. kalo pedal kopling di injek dan nahan ( pada waktu macet ) RPM suka naik ke 1500.
-. FC ps. minggu - bogor ciawi TOL . rata" 1: 9. 10 penumpang ( 7 dewasa + 3 anak" ) speed rata" 80-90km/jam


kira" apalagi ya harus di cek ? dan sparepart apa yg harus di beli atau di ganti.

para trajeter yg tau spare part subsitusi untuk trajet mohon di share dimari dong. lumayan kan bisa buat perbandingan. dari segi harganya dan kemudahan mencari sparepart di toko / bengkel terdekat.

terima kasih



Coba bantu jawab ... mudah-mudahan analisanya tepat.
1. Sensor ISA sudah dibersihkan .... tetapi rpm masih drop .... otomatis nggak bisa menghidupkan AC ... coba periksa kabel sensor CMP (gambar terlampir) .... ada 3 kabel disitu ... biasanya kalau gejala seperti yang disebutkan Agan .... penyebabnya kabel pada sensor CMP kendor .... untuk mengencangkannya kabel di lem (pakai lem merah kenyal kaya karet ..... lupa namanya) kemudian diikat kawat baja pada konektornya agar nggak goyang jika kena getaran .... mudah-mudahan hanya kabel konektor sensor cmp nya saja yang kendor.

Sensor CMP Trajet


2. AC nggak dingin .... coba nyalakan mesin, kemudian buka kap mesin ... hidupkan mesin .... kalau 2 kipas (kipas radiator dan kipas ac) mutar berarti freon ac masih ada ... tetapi kalau dua-duanya kipas nggak mutar sudah pasti freon habis.

3. Penyebab AC nggak dingin bisa dari :
a. Freon habis .... yang keluar cuma angin doang ... paling gampang sih tambah freon .... tetapi kalau jangka waktu 2 hari AC nggak dingin lagi ... dipastikan ada kebocoran .... kudu diperiksa ke bengkel untuk mengetahui kebocorannya di sebelah mana ?
b. Lebih baik di periksakan ke tukang ac untuk mengetahui Kompresor, kondensor, magnet, sekering, evaporator, ekspansi atau pipa-pipanya masih bagus.

4. Beberapa part TJ yang bisa disubstitusi dengan part lain misalnya fuelpump ... bisa pakai fuelpump "baleno 97" , pada bagian injector "O" ring bisa sama plek dengan "O" ring X-trail.

Untuk spare part mesin .... pengalaman pribadi sih .... lebih baik pakai yang genuine .... soale sayang biaya jasa pemasangan ... sebagai contoh .... misalnya memakai kopling set KW (kopling, dekrup, laher) harganya kurang dari 1 juta biaya pasang kopling set berkisar Rp. 700 an .... umur kopling ini cuma 1 tahun .... nah kalau pakai genuine .... harga kopling set memang rada mahal ... nah ketahanannya lebih dari 1 tahun .... ujung-ujungnya kualitas berbanding lurus dengan umur spare part.

Demikian sekedar sharing pengalaman, semoga membantu.
Quote:Original Posted By arif_tyo




Paling ngga parts yg fast moving aja, seperti :
- Timing belt set
- Filter oli/bensin/cabin
- Shockbreaker
- Kampas rem
- Koil
- Thermostat
- Selang radiator
- Tabung radiator
- Master kopling, master rem
- Pompa bensin
- Sensor2 (CKP, CMP, Solenoid matic, PGA, PGB, VSS, dll)
- Kabel handbrake
- Kabel speedometer
- Kaki2 (ball joint, tie rod, bushing arm, laher roda)
- Repair kit (power steering, engine packing set, master rem, dll)

* monggo dilanjut oleh RR sekalian
* utk kosambi silahkan list parts yg disebutkan diatas dikasih price sebelahnya


Shockbreaker belakang brp an nh?

Quote:Original Posted By KosambiExpress
Permisi gan mau numpang promo nih,siapa tau ada yg butuh

Saya jual Spare Part untuk mobil Hyundai nih untuk di Pulau Jawa dan Luar Jawa juga bisa,untuk info lebih lanjut bs di lihat di thread kami ,atau hubungi kami langsung di kosambiexpress@gmail.com
www.kosambiexpress.web.id

Thx Gan...


Brp an bro shockbreaker belakang?
salam kenal..ane pengguna baru hyundai trajet 2001..menurut ane mobil ini cukup nyaman dengan harga relatif murah..ane beli bekas tentunya ada perbaikkan2 wajar,tapi so far masih bisa ditangani..mohon bantuannya agan2 sekalian untuk bisa share ilmu dan pengalamannya untuk ane yg nubie ini

oya kalo ada info spoiler sama rackroof buat TJ bisa di-infokan brp kira2 harganya?

tks agan2
Quote:Original Posted By qullah


Coba bantu jawab ... mudah-mudahan analisanya tepat.
1. Sensor ISA sudah dibersihkan .... tetapi rpm masih drop .... otomatis nggak bisa menghidupkan AC ... coba periksa kabel sensor CMP (gambar terlampir) .... ada 3 kabel disitu ... biasanya kalau gejala seperti yang disebutkan Agan .... penyebabnya kabel pada sensor CMP kendor .... untuk mengencangkannya kabel di lem (pakai lem merah kenyal kaya karet ..... lupa namanya) kemudian diikat kawat baja pada konektornya agar nggak goyang jika kena getaran .... mudah-mudahan hanya kabel konektor sensor cmp nya saja yang kendor.

ac bisa langsung idup walau baru ngidupin mesin. CMP kendor....akan saya coba copot dan pasang ulang ( semprot pake contact cleaner )
apakah kalo nyopot sensor CMP harus reset ECU ? cara yg benar reset ECU trajet bagaimana om?


Sensor CMP Trajet


2. AC nggak dingin .... coba nyalakan mesin, kemudian buka kap mesin ... hidupkan mesin .... kalau 2 kipas (kipas radiator dan kipas ac) mutar berarti freon ac masih ada ... tetapi kalau dua-duanya kipas nggak mutar sudah pasti freon habis.

kipas keduanya muter , kipas radiator muternye kenceng, kipas ac muternye sedikit pelan.

3. Penyebab AC nggak dingin bisa dari :
a. Freon habis .... yang keluar cuma angin doang ... paling gampang sih tambah freon .... tetapi kalau jangka waktu 2 hari AC nggak dingin lagi ... dipastikan ada kebocoran .... kudu diperiksa ke bengkel untuk mengetahui kebocorannya di sebelah mana ?
b. Lebih baik di periksakan ke tukang ac untuk mengetahui Kompresor, kondensor, magnet, sekering, evaporator, ekspansi atau pipa-pipanya masih bagus.

yg keluar ac di gril kabin depan cuma hembusan angin saja.tetapi ac yg dibagian kursi belakang masih ada terasa dingin. saat awal nyalain ac ada bunyi soosssssssssss gitu. apa lagi kalo abis matiin ac nya, bunyinya kosooossss kossoosssss

4. Beberapa part TJ yang bisa disubstitusi dengan part lain misalnya fuelpump ... bisa pakai fuelpump "baleno 97" , pada bagian injector "O" ring bisa sama plek dengan "O" ring X-trail.

Untuk spare part mesin .... pengalaman pribadi sih .... lebih baik pakai yang genuine .... soale sayang biaya jasa pemasangan ... sebagai contoh .... misalnya memakai kopling set KW (kopling, dekrup, laher) harganya kurang dari 1 juta biaya pasang kopling set berkisar Rp. 700 an .... umur kopling ini cuma 1 tahun .... nah kalau pakai genuine .... harga kopling set memang rada mahal ... nah ketahanannya lebih dari 1 tahun .... ujung-ujungnya kualitas berbanding lurus dengan umur spare part.

katanya mitshubishi galant. subsitusi mereka banyak yg pakai punya nya trajet.... tapi saya blom ketemu contoh sparepart apa saja yg mreka pakai untuk subsitusi bener gak yah

Demikian sekedar sharing pengalaman, semoga membantu.


terima kasih om qullah atas responnya.

Quote:Original Posted By ozanx

ac bisa langsung idup walau baru ngidupin mesin. CMP kendor....akan saya coba copot dan pasang ulang ( semprot pake contact cleaner )
apakah kalo nyopot sensor CMP harus reset ECU ? cara yg benar reset ECU trajet bagaimana om?

kipas keduanya muter , kipas radiator muternye kenceng, kipas ac muternye sedikit pelan.

yg keluar ac di gril kabin depan cuma hembusan angin saja.tetapi ac yg dibagian kursi belakang masih ada terasa dingin. saat awal nyalain ac ada bunyi soosssssssssss gitu. apa lagi kalo abis matiin ac nya, bunyinya kosooossss kossoosssss

katanya mitshubishi galant. subsitusi mereka banyak yg pakai punya nya trajet.... tapi saya blom ketemu contoh sparepart apa saja yg mreka pakai untuk subsitusi bener gak yah

Demikian sekedar sharing pengalaman, semoga membantu.

terima kasih om qullah atas responnya.



Mencopot sensor CMP .... nggak perlu ngereset ECU. Cara yang paling gampang ngereset ECU dengan mencopot kepala aki yang (-) saja biarkan selama 3 menit, ECU akan balik ke defaultnya lagi.

Untuk AC .... freonnya masih ada, dipastikan nggak ada kebocoran .... soale kalau ada kebocoran pasti freonnya habis .... dugaan sementara evaporator depan dan filter ac kotor.

Mesin yang dipakai TJ adalah satu tipe dengan mitsubishi galant tahun 1992, saya nggak tahu spare part apa saja yang bisa substitusi ke TJ. Saya sendiri pernah mencoba ganti "Auto Tensioner" ... membawa contoh spare part lama kemudian oleh tokonya dikasi kepunyaan "Galant" .... emang dari luar bentuk dan ukurannya sama .... begitu dipasang ke TJ ... lidahnya kepanjangan 2 mm ... akhirnya saya kembalikan lagi (sesuai janji .... kalau nggak cocok balikin).

Demikian Agan Ozanx .... semoga AC dan RPM yang drop dapat segera tersolusikan.

×