KASKUS

All About Yaesu FT-2900R : The King of Mobile

Di threat ini khusus dibahas mengenai rig merek Yaesu type FT-2900R.

Peraturan di threat ini :
1. Hanya diperkenankan untuk membahas rig sesuai dengan judul threat.
2. Gunakan multiquote dalam menjawab pertanyaan yang muncul. Single quote berturut2 yg bertujuan ngejar jumlah postingan ane jamin ane laporin ke momod untuk dibuang ke tempat sampah.
3. Dilarang nyampah di threat ini, setiap postingan sampah akan ane laporin momod untuk langsung ilang dari peredaran. Ane punya hak buat nentuin mana sampah mana bukan.
4. Dilarang jual beli walaupun merek yaesu FT-2900R. Kalo ngasih link silakan.
5. Buat member RAKKUS pastinya udah pada ngerti peraturan posting. Buat yg bener2 nubie pasti dimaklumin asal jangan nyampah.
6. Siapa aja boleh ngejawab pertanyaan yang muncul, ane bukan Dewa Yaesu FT-2900R, ane cuma manusia yang bisanya mencet PTT doang.

Peraturan tambahan :
• Juga jangan nyampah di trit di sub forum radio komunikasi yang lainnya.
• Sub forum rakom dibentuk atas dasar kecintaan kita semua terhadap radio komunikasi

Paham?

Mari kita mulai…
Harga rig ini pertanggal 10 Desember 2011 adalah Rp. 1.900.000 di versakom. Garansi service 2 tahun tidak termasuk spa
reparts.

Harga rig ini relatif stabil dari sejak ane beli. Ane beli di bulan Juni 2009 di harga Rp. 1.475.000. Harga tertinggi adalah sekitar 2 jutaan (by MbahPaijo dan Rerets) dan harga terendah adalah Rp. 1.350.000.

Untuk harga second, tergantung kondisi barangnya. Sebagai patokan aja, dengan barang kondisi mulus, dus buku lengkap kuat terbang di seputaran Rp. 1,2 jutaan.

*Ane akan update harga kalau memang ada informasi yang baru




Yaesu FT-2900 yang beredar saat ini memiliki 2 type yaitu FT-2900E dan FT-2900R. FT-2900E adalah type yang diperuntukkan untuk wilayah Eropa dan Amerika. Sedangkan FT-2900R adalah type yang diperuntukkan untuk wilayah Asia Pasific.

Yaesu FT-2900R dikenal dengan nama The King of Mobile untuk mobile rig yang beredar saat ini. Kenapa? Karena hanya Yaesu FT-2900R yang saat ini memiliki output standard 75 watt pada posisi high, 25 watt pada posisi low 3, 10 watt pada posisi low 2 dan 5 watt pada posisi low 1.

Keistimewaan :
1. Output power standard 75 watt dan bisa ditingkatkan s/d 150 watt !!! tanpa menambah atau merubah hardware, cukup dengan permainan setting software menggunakan tombol2 yang ada pada rig tsb.
2. Tidak membutuhkan kipas pendingan pada saat pengoperasiannya dikarenakan sudah memiliki pendingin dengan kapasitas yang besar di bodynya. Rig ini akan otomatis mati jika sudah mencapai pada suhu 60 derajat celcius. Jangan kuatir, setelah dingin bisa on air lagi kok. Walaupun begitu, ane tetep pake juga kipas pendingin hehehehe….
3. Layar display yang besar terdiri dari 6 digit, Agan nggak perlu melotot buat ngeliat frekuensi yang sedang digunakan sekarang.
4. Audio menggunakan internal speaker 3 watt. Bisa digunakan dilingkungan yang bising.
5. Memory tersedia adalah 200.

Kekurangan :
Berdasarkan pengalaman dari beberapa rekan, jika digabungkan dengan antenna Diamond F23 spleterannya lumayan besar.

Keistimewaan atau kekurangan lainnya silakan ditambahkan.

Brosur Yaesu FT-2900R - The King of Mobile




Review FT2900 dari Om Rakkuser :

Iseng2 muter2 nyari2 info mengenai review FT2900. Dapet nih... ternyata sumbernya nggak jauh2, dari website Rakkuser juga. Ijin copas ya gan :

Yaesu FT-2900R – tepat seperti yang dibayangkan

Kemaren barang pesanan saya, Radio Komunikasi RIG Yaesu FT-2900R sampai di rumah. Dengan penuh semangat, langsung saja saya buka paket tersebut dan langsung memasangnya di ruangan kamar. Seperti tulisan-tulisan saya terdahulu, beberapa waktu belakangan ini saya sedang kembali menekuni hobi lama, yakni berkomunikasi menggunakan radio komunikasi amatir, dan kebetulan saya akhirnya bisa membeli pesawat RIG ini setelah cukup lama mempertimbangkan pilihan-pilihan yang ada.

Jika dibandingkan dengan pesawat lain yang sejenis (IC-2200H, IC-V8000, Kendwood TM-271), pesawat ini tergolong paling besaar untuk ukuran daya pancar (75 wattt!!!), namun dengan harga yang relatif jauh lebih terjangkau.

Fitur lengkapnya adalah sebagai berikut:

75 Watts Power Output

75 Watt Solid RF Power tanpa perlu Kipas Pendingin! Ada empat tingkat pilihan power output: 75/25/10/5 Watt. Pemilihan power bisa disimpan ke dalam memory, sehingga dapat menghemat daya ketika menggunakan repeater yang kuat.

Large LCD Display

LCD backlit 6 digit pada the FT-2900R menjamin tampilan layer yang sempurna

Loud Audio with Internal Speaker

FT-2900R dilengkapi dengan speaker besar 3W untuk pengoperasian di lingkungan yang bising.

Excellent Receiver Performance

Teknologi Advanced Track Tuning RF input filtering pada FT-2900R memungkinkan pesawat ini mencegah distorsi intermodulasi dengan sempurna.

CTCSS and DCS Encode/Decode Built In

Untuk akses repeater yang mudah, atau memonitor busy channels secara sunyi, baik sirkuit Encoder/Decoder CTCSS maupun DCS (Digital Code Squelch) sudah tertanam di dalamnya. Data konfigurasi CTCSS dan DCS dapat disimpan secara terpisah pada setiap kanal memory. Mode “Split Tone” juga memungkinkan pengoperasian system dimana CTCSS dan DCS digunakan secara terpisah pada repeater uplink/downlink.

Extensive Memory System


FT-2900R menyediakan sebanyak 221 kanal memory, termasuk 200 “regular” memory, sepuluh pasang band-limit memory, dan kanal “Home” dengan instant-recall yang dapat dipasang untuk frekuensi yang sering anda gunakan. Memory dapat menyimpan informasi shift, data CTCSS/DCS, tingkat outout power, status pemindaian (“Skip”), dan label Alpha-Numeric.

Alpha-Numeric Channel Display

Kanal memory dapat ditampilkan dengan kanal frekuensi maupun label Alpha-Numeric pilihan anda, untuk memudahkan pengenalan kanal. Andan dapat menggunakan sampai dengan enam huruf, karakter, atau angka untuk memberi label pada kanal.

MH-48A6J DTMF Direct Access Microphone

Mikrofon MH-48A6J yang dilengkapi dengan lampu latar, memungkinkan anda untuk memasukkan frekuensi secara langsung dari tombol mikrofon, atau untuk memanggil kanal memory. Pada saat transmit, MH-48A6J memungkinkan anda untuk memasukkan nada DTMF secara manual, dan FT-2900R juga memiliki sembilan memory nada DMTF, 16-digit DTMF Autodialer. Empat tombol yang dapat diprogram sendiri pada mikrofon dapat digunakan untuk kemudahan kontrol pada sejumlah fitur, dan kunci [A]//[C]/[D] menggandakan fungsi tombol di depan pesawat sehingga memaksimalkan kenyamanan dalam mengemudi.

Dilengkapi dengan antena Diamond F22, hasil yang dicapai benar-benar memuaskan, apalagi saya berada di Malang, yang notabene cukup tinggi datarannya, meski ada penghalang pegunungan di bagian barat dan selatan. Namun untuk sementara waktu saya belum bisa mengoptimalkan daya pancar seperti yang tertulis dalam spesifikasi karena kebetulan saya masih belum memiliki power supply dengan Amper yang memadai. Saat ini saya menggunakan PSU komputer sebagai power supply, dengan keluaran 12.3Volt dan 14Ampere (spesifikasi yang dibutuhkan adalah keluaran 13.8Volt pada continuous 15Ampere murni). Sehingga tadi malam saya hanya bisa test sampai Low 3 di posisi 25 watt.

[B]Kesan awal menggunakan Yaesy FT-2900R


1. PTT sangat empuk … seperti tidak terasa kalo sedang pencet PTT
2. Speaker sangat keras meskipun letaknya ada di bagian bawah, namun untuk modulasi cenderung ke treble.. oleh karena itu saya menambahkan speaker bekas creative 5.1. biar terasa lebih empuk dan cenderung ke bass
3. Pengoperasionalan pesawat ini sangat mudah, hanya dalam beberapa menit saya sudah bisa memprogram split tx rx karena fasilitas duplex shift diatur dengan selisih tertentu sebesar 0.50 sehingga tidak bisa untuk duplex RPU yang menggunakan angka ganjil, tapi hal ini tidak jadi masalah karena dalam 1 memory kita bisa split tx dan rx (sama saja seperti duplex).
4. Hanya dengan berbekal power suplly komputer 12 Volt, 14A Simbada Sim Cool, untuk sementara waktu bisa tx sampe low 3 (25 watt).
5. Tx menggunakan low 1 (5 watt), bisa sampai ke Pasuruan (+/- 50km), di terima di sana S5 ke 7
6. Selama tx direct menggunakan low 3 (25 watt), pesawat tidak menunjukkan adanya gejala panas… suhu internal pesawat cuman di kisaran 34 derajat celcius (ruangan berAC, di set pada suhu 23 derajat.
7.Awal menggunakan dengan settingan pabrik, mic gain ada di posisi 5, diterima direct agak terlambat untuk modulasi sehingga saya ubah ke angka 7, modulasi menjadi ciamik (sudah saya monitor lewat RPU menggunakan V68), dan modulasi cenderung middle ke treeble.
8. Colokan extra speaker agak susah untuk dijangkau, tapi bagi yang sudah pengalaman mencari lubang dalam kegelapan hal ini tidak jadi soal
9. Dibandingkan dengan V68, gejala hujan spleteran jauh berkurang meski masih tetap ada (mungkin karena faktor sensitifitas antena).
10. Pada saat menyalakan pesawat untuk pertama kali, ada indikator voltase sehingga sangat membantu dalam memonitor kondisi voltase.
11. Untuk sementara waktu masih belum berani tx High Power 75 wattt dikarenakan keterbatasan PSU. Saat saya coba tx High Power, UPS APC 600va langsung menyala indikator merahnya, alias tanda kalo overload. Rencana nanti akan saya bypass dan liat seberapa mampu PSU komputer untuk ngangkat 75 watt…

Semoga jika nanti untuk masalah power supply sudah terasi, kemampuan pesawat ini bisa benar-benar maksimal. Kan enak kalo bisa berkomunikasi tanpa pulsa ke hampir seluruh wilayah di Jawa Timur, he he he

Sumber : Thanks to Om Rakkuser

*ID Rakkusnya nggak ane cantumin, buat menjaga privasi beliau, tapi kalau nggak keberatan silakan pemilik web tsb muncul disini hehehe....

Indeks

Harga per 29 September 2011
Adjust Power up to 120 watt
Review dari Rakkuser Malang
Setting Frekuensi Repater (Duplex)

Quote:Original Posted By leo.dxjorr
Kumpulan postingan subforum rakom: All about Yaesu FT-2900R
Baca dari page1 sekalian di summary, mudah2an berguna...

Intro
Intro di page 1
User review-TraderB
User review-bsuroyo
User review output power tiap level-ichoenTRUST
User test 200km-ichoenTRUST
Info tempat beli: Mirusa-TraderB
Info tempat beli: Versakom-TraderB
Info tempat beli: Cikapundung-bdg
User review-altashar
Kekurangan dan kelebihan1-netbigz
Kekurangan dan kelebihan2-netbigz

Setting Menu
Kumpulan Setting Freq ke Memory, Detail-leo
Setting memory utk repeater-TraderB
Setting memory utk repeater dgn tone1-netbigz
Setting memory utk repeater dgn Tone2-art3m1s
Setting duplex tumpuk-winana
FT2900R utk mesin repeater-mbahpaijo
Setting Kualitas rx-ft2800
Menghapus channel di memory-netbigz
Kegunaan RF-SQL-netbigz
Apa itu home memory-bujangan80

Modif dan Troubleshoot
Link info menaikkan power tx ke 110W-rerets
Step by step menaikkan power-JZ09IYY
Power dan voltase Max-w4gon
Warning menaikkan power-rerets
Rusak setelah power up-diskusi FB ft2800
Reset all hanya utk parameter setting-JZ09IYY
Troubleshoot modif power tx-JZ09IYY
Final FT2900R type dan max power-Hexxer
Menghindari spleteran-TraderB
Tambah mic compressor-byesetiadi
Tempat service-rerets

Instalasi
Pasang di jip buat nyemplung-bsuroyo
Link ke diskusi antena mobil-arowana
Toleransi Voltase input-TraderB
Mobile Station: Zafira-poppop
Sound mixer utk FT2900R-ichoenTRUST
PSU, Kabel, antenna utk FT2900R-netbigz

Kendala Masalah
Kabel mic mengelupas-YB3TD
Indikator rx sinyal berupa bar
Over heat-budim
Over heat test-z1us
Speleteran berat-budim
Konektor mic rusak-art3m1s
Bug channel stepping-z1us
Kurang puas dengan RX-poppop
RX kurang karena antenna-Chuya
Tiba2 Mati kemudian idup sendiri-vanisa78
Mendengung pada posisi HIGH gara2 listrik cm 200V-bujangan80
layar berkedip saat PSU di on kan-jkalvari
Pengunci soket mic patah-mbahengarso
FT2900R tidak ada PTT ID-puguhw

Compare
Diskusi perbandingan di page 2
Pilih FT2900R atau IC-2200H - JZ09IYY
Pilih FT2900R atau FT1900-highprofit
Pilih FT2900R atau IC V8000-Kudaputihspoor
Pilih FT2900R atau DR135-iananta
Pilih FT2900R atau IC2300-jam.unik
Pilih apa: Ys/Ic/Kw-byesetiadi
Kenapa pakai FT-2900R-budim
Tes ketahanan panas-JZ09IYY
Info tes tahan panas-Traderbule
indikator signalnya ga ada angkanya( lampu sent item )
kalo temen nanyain diterima berapa dB hanya kira2 saja kalo signallnya ga mentok. perlu kebiasaan baca2 s meter hehehe
Quote:Original Posted By Bryan_2472
indikator signalnya ga ada angkanya( lampu sent item )
kalo temen nanyain diterima berapa dB hanya kira2 saja kalo signallnya ga mentok. perlu kebiasaan baca2 s meter hehehe


Setuju gan, hampir semua rig jaman sekarang termasuk FT2900 semuanya pake sinyal bar. Ada 12 bar untuk rig ini. Kecuali untuk rig type jadul seperti rig Trio/Kenwood seri 9000 dan 9130 baru bisa keliatan penerimaannya berapa db karena pake indicator jarum.
tipe external mic nya apaan ya gan? kalo mh48, ati-ati ama kabel spiralnya. bbrp bulan lalu, mh48 ane ngelupas karet luarnya. bentuk kelupasannya persis kayak kita kupas pisang gitu. padahal radionya lebih sering di dalem dus nya daripada mejeng di meja (maksud ane, emang udah gitu sifat karetnya mh48).
Om, share cara menaikan powernya dong.
Hiks jadi inget dulu pertama beli 2 jt lebih, skr jauh terjunya.




Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.... By MBAHPAIJO
Quote:Original Posted By mbahpaijo
Om, share cara menaikan powernya dong.
Hiks jadi inget dulu pertama beli 2 jt lebih, skr jauh terjunya.

@Pecotot: Mohon taati aturan TS. Thread ini hanya untuk FT2900R,




Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.... By MBAHPAIJO


simbah mengingatkanku waktu dulu beli kita mbah,,,melihat harga sekarang ampunn...

nitip link buat adjustment power,, nyoba cuma sampai 110W saja,, sayang mau di gas lagi

http://radiodantvtransmitter.blogspo...0-110watt.html
Quote:Original Posted By mbahpaijo
Om, share cara menaikan powernya dong.
Hiks jadi inget dulu pertama beli 2 jt lebih, skr jauh terjunya.


Pasang SWR/Power Meter + dummy load terlebih dahulu agar pengukurannya akurat.

To enter the Alignment mode:
1. Press and hold in the [MHz(SET)] key while turning
the radio on.
2. Press and hold in the [PWR( )] switch for 1/2 second
to turn the radio off.
3. To enter the Alignment mode, press and hold in the
[REV(DW)] and [D/MR(MW)] keys while turning the
radio on. Once the radio is on, release these two key.
The transceiver is now in the “Alignment Mode.”


TX Power (High)
1. Rotate the DIAL knob to set the alignment parameter
to “B0101 HP.”
2. Press the [D/MR(MW)] key to enable adjustment
of the “TX Power (High).”
3. Press the PTT switch to activate the transmitter,
adjust the DIAL knob so that the RF Power Meter
reading is 75 W (±3.0W).
4. Press the [D/MR(MW)] key.

TX Power (Low 3)
1. Rotate the DIAL knob to set the alignment parameter
to “B0101 L3.”
2. Press the [D/MR(MW)] key to enable adjustment
of the “TX Power (Low 3).”
3. Press the PTT switch to activate the transmitter,
adjust the DIAL knob so that the RF Power Meter
reading is 30 W (±1.5 W).
4. Press the [D/MR(MW)] key.


TX Power (Low 2)
1. Rotate the DIAL knob to set the alignment parameter
to “B0101 L2.”
2. Press the [D/MR(MW)] key to enable adjustment
of the “TX Power (Low 2).”
3. Press the PTT switch to activate the transmitter,
adjust the DIAL knob so that the RF Power Meter
reading is 10 W (±1.0 W).
4. Press the [D/MR(MW)] key.


TX Power (Low 1)
1. Rotate the DIAL knob to set the alignment parameter
to “B0101 L1.”
2. Press the [D/MR(MW)] key to enable adjustment
of the “TX Power (Low 1).”
3. Press the PTT switch to activate the transmitter,
adjust the DIAL knob so that the RF Power Meter
reading is 5 W (±0.5 W).
4. Press the [D/MR(MW)] key.

Do at your own risk
DIMENSI:

Sekilas dimensi Yaesu FT-2900 ini lebih besar daripada pesaingnya yaitu Icom IC-2200H, karena panas yang dihasilkan cukup besar tanpa adanya kipas bawaan pabrik, maka body yang dipergunakan cukup berat dan tebal berfungsi sebagai heatsink (pendingin).

Syukur2 ada yang berkenan mengupload foto perbandingan dimensi kedua rig ini, dari depan dan atas *toel om bule*

Modulasi FT-2900 ini cenderung bass yang empuk, lebih enak didengar dibandingkan dengan produk Icom yang setara.
Silahkan pilih FT2900 jika anda butuh:
- Power besar
- RX sensitif
- Harga terjangkau

+ bisa buat mentung maling dijamin KO
Quote:Original Posted By budim
Silahkan pilih FT2900 jika anda butuh:
- Power besar
- RX sensitif
- Harga terjangkau

+ bisa buat mentung maling dijamin KO


Dapet jaminan buat mentung cikunir gak gan?
ICUB4UCME
Quote:Original Posted By SUBZ3R0
Dapet jaminan buat mentung cikunir gak gan?
—ICUB4UCME™


tentu bisa disambungin dengan
Mirage minimal tipe 5030 ya
Pernah test untuk ketahanan panas waktu TX gak bro?
Apa ada protector panas kalau overheat akan cut off sendiri?
kalau IC-2200 high pow kalau gak pakai kipas, atasnya ditaruh telor bisa matang kali.
Bagaimana dengan FT2900 ini yang katanya tahan panas.
Apa jika digunakan untuk TX continue dalam waktu yg lama akan overheat spt 2200?
---(tx continue bukan ngejam yah, tp diselang seling rx)


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.... By MBAHPAIJO
Quote:Original Posted By mbahpaijo
Pernah test untuk ketahanan panas waktu TX gak bro?
Apa ada protector panas kalau overheat akan cut off sendiri?
kalau IC-2200 high pow kalau gak pakai kipas, atasnya ditaruh telor bisa matang kali.
Bagaimana dengan FT2900 ini yang katanya tahan panas.
Apa jika digunakan untuk TX continue dalam waktu yg lama akan overheat spt 2200?
---(tx continue bukan ngejam yah, tp diselang seling rx)


Menurut pengalaman saya, sama-sama cepet panas jika memakai high power tanpa kipas tambahan di body.

Untuk auto cut-off jika terlalu panas, saya belum pernah mengalami karena saya jarang memakai high power untuk rag-chewing (mengobrol).
Quote:Original Posted By Bryan_2472
indikator signalnya ga ada angkanya( lampu sent item )
kalo temen nanyain diterima berapa dB hanya kira2 saja kalo signallnya ga mentok. perlu kebiasaan baca2 s meter hehehe


Quote:Original Posted By TraderBule
Setuju gan, hampir semua rig jaman sekarang termasuk FT2900 semuanya pake sinyal bar. Ada 12 bar untuk rig ini. Kecuali untuk rig type jadul seperti rig Trio/Kenwood seri 9000 dan 9130 baru bisa keliatan penerimaannya berapa db karena pake indicator jarum.


Indikator S-meter untuk FT-2900 ini lebih susah untuk dibaca/ diterjemahkan dibandingkan dengan indikator pada IC-2200H, dimana ada penunjuk angka S1 - 5 - 9 di bawah bar.
Quote:Original Posted By mbahpaijo
Pernah test untuk ketahanan panas waktu TX gak bro?
Apa ada protector panas kalau overheat akan cut off sendiri?
kalau IC-2200 high pow kalau gak pakai kipas, atasnya ditaruh telor bisa matang kali.
Bagaimana dengan FT2900 ini yang katanya tahan panas.
Apa jika digunakan untuk TX continue dalam waktu yg lama akan overheat spt 2200?
---(tx continue bukan ngejam yah, tp diselang seling rx)


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.... By MBAHPAIJO


Quote:Original Posted By JZ09IYY
Menurut pengalaman saya, sama-sama cepet panas jika memakai high power tanpa kipas tambahan di body.

Untuk auto cut-off jika terlalu panas, saya belum pernah mengalami karena saya jarang memakai high power untuk rag-chewing (mengobrol).



Reret pernah cerita ke ane, pernah teken PTT terus2an pake posisi high. Beberapa menit kemudian radionya cutt off. Bodynya dipegang panas banget. Setelah dingin bisa hidup lagi dan masih dipake sampe sekarang.
Quote:Original Posted By yb3td
tipe external mic nya apaan ya gan? kalo mh48, ati-ati ama kabel spiralnya. bbrp bulan lalu, mh48 ane ngelupas karet luarnya. bentuk kelupasannya persis kayak kita kupas pisang gitu. padahal radionya lebih sering di dalem dus nya daripada mejeng di meja (maksud ane, emang udah gitu sifat karetnya mh48).

punya saya bawaan as;inya makai MH 48 gan
kalo dipasangin Micomp dengan mengganti kabel spiral tsb, ntar bilang ke mbak yg toko konektor bilangnya konektor apa ya gan? RJ apa bukan?
Quote:Original Posted By SUBZ3R0
Maaf Kalo OOT

Ane ada rencana mau beli RIG,
cuma dihadepin beberapa pilihan yaitu FT-2800, IC-2200H, TM-271,
apa nilai tambah FT-2900 dari 3 pilihan tadi, kalo boleh kasih rating buat 4 pilihan yang ada, atau kalo ada pilihan lain boleh gan tapi yang sekelas.

Makasih ya gan


—ICUB4UCME™


klo dari pilihan ft2800 ic2200 dan tm271 dengan mata merem saya pilih ic2200. untuk ft2800 dan tm271 hampir sama trubelnya yaitu kualitas modulasi kurang gedhe jadi agak teriak-teriak waktu gomong-gomong, kemudian ada perbaikan di ft2900 yaitu adanya audio gain (buat nambah ato kurangi modulasi). klo antara ic2200 dengan ft2900 saya ga koment deh soale masing-masing punya nilai plus dan minus nya, klo mau garang pilih ft2900 klo mau maskulin pilih ic2200
×