KASKUS

bandara kemayoran era 1950-1984 (pic inside)

Quote:sebelumnya biasakan rate dan komen

Quote:
maaf sebelumnya kalau repost cuma share aja


BANDARA KEMAYORAN DARI MASA KE MASA

Quote:andar Udara Internasional Kemayoran merupakan bandar udara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional. Bandara ini dibangun pada tahun 1901 dan secara resmi dibuka pada tanggal 1 Januari 1910 meski mulai tanggal 6 Juli 1910 tercatat bandara ini sudah mulai beroperasi dimulai dengan pesawat pertama yang mendarat jenis DC-3 Dakota milik perusahaan penerbangan Hindia Belanda, KNILM (Koningkelije Nederlands Indische Luchtvaart Maatschapij). Tercatat pesawat ini beroperasi di Kemayoran sampai akhir beroperasi. Bandara Kemayoran dengan kode KMO ini berhenti beroperasi pada 1 Januari 1983 dan resmi berhenti beroperasi pada tanggal 1 Juni 1984. Sedangkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dibuka secara resmi pada tanggal 1 Januari 1984 untuk menggantikan Kemayoran dan Bandara Halim Perdanakusuma yang kemudian digunakan sebagai pangkalan militer dan VVIP serta bandara sipil terbatas.

Bandara ini memiliki dua landasan pacu yang bersilangan, yakni landasan pacu utara-selatan (17-35) dengan ukuran 2.475 x 45 meter dan landasan pacu barat-timur (08-26) dengan ukuran 1.850 x 30 meter.


PENGELOLAAN


Quote:Pengelola Bandara Internasional Kemayoran oleh pemerintah Hindia Belanda dipercayakan kepada KNILM sampai masa pendudukan Jepang, Maret 1942 sampai tahun 1945 (selama Perang Dunia II) diambil alih pemerintah Jepang. Kemudian bandara ini dikelola atau dioperasikan oleh pendudukan sekutu/pemerintah NICA-Belanda selama perang kemerdekaan Indonesia, karena pada saat itu pemerintah Indonesia berkedudukan di Yogyakarta.

Pada tahun 1950-an setelah selesai perang kemerdekaan, pengelolaan penerbangan sipil dan pelabuhan udara langsung dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Kemudian pada tahun 1958 dikelola oleh Djawatan Penerbangan Sipil.

Antara tahun 1960 pengelolaan Bandara Kemayoran diserahkan kepada BUMN yang diberi nama Perusahaan Negara Angkasa Pura Kemayoran. Untuk ini, pemerintah menanam modal awal sebesar Rp 15 Juta Rupiah pada masa itu. Selanjutnya pemerintah menambah modal dengan mengalihkan bangunan terminal, bangunan penunjang lain, runway, taxiway, apron, hanggar dan peralatan operasional. Sampai akhir beroperasi pada tahun 1984 pengelolaan dilakukan oleh Perum Angkasa Pura I setelah berganti nama sesuai perkembangan.

Sebagai bandara, Kemayoran banyak disinggahi pesawat dalam penerbangan domestik dan internasional. Karena semakin padat, pemerintah memindahkan jalur internasional ke Bandara Halim Perdanakusuma yang resmi dibuka pada 1 Januari 1960. Kesibukan bandara itu, pada saat itu hanya ditandingi oleh Bandara Sepinggan di Balikpapan, yang saat itu ramai dalam kegiatan pertambangan, perminyakan dan perkayuan.


Penyelenggaraan pameran udara
Quote:Di Bandara Kemayoran, tercatat dilaksanakannya pameran udara (Air Show). Pameran kedirgantaraan pertama dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 1940 tepat pada hari ulangtahun Raja Belanda. Kemudian pada bulan Juni 1984, setelah bandara tidak dioperasikan, diselenggarakan Indonesian Air Show (Pameran kedirgantaraan Indonesia) yang pertama. Sedangkan pameran kedirgantaraan Indonesia yang kedua pada bulan Juni 1996, diselenggarakan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng.

Perjalanan dan perkembangannya

Quote:Bandara Kemayoran mengalami masa fase-fase bersejarah Indonesia dari masa pemerintahan Hindia Belanda, pendudukan Jepang hingga kemerdekaan Indonesia (Orde Lama, dan Orde Baru), terutama sekali di dunia penerbangan. Dari pesawat-pesawat sipil hingga pesawat militer mulai awal perkembangannya dengan bermesin piston, propeler hingga turbojet mendarat di sini. Misalkan tercatat pesawat jenis Fokker dari mulai Fokker F-VIIb-3 dengan mesin torak, Fokker Friendship dengan mesin turbo hingga Fokker F-28 yang bermesin jet mendarat di sini. Kemudian pesawat jenis DC-3 Dakota yang tercatat mendarat dan terbang dari sejak awal dan akhir dioperasikannya bandara ini. Serta hadirnya pesawat berbadan lebar generasi awal seperti Boeing 747 seri 200, DC-10 dan Airbus A-300.

Selain itu, beberapa peristiwa kelam juga mewarnai pengoperasian bandara ini. Antara lain pesawat Beechcraft yang kecelakaan ketika mendarat, kemudian Convair-340 yang mendarat tanpa roda, pesawat DC-3 Dakota yang terbakar dan pesawat DC-9 yang mengalami patah badan ketika mendarat di landasan. Kemudian pesawat Fokker F-27 yang ketika tinggal landas menukik dan membelok kebawah hingga hancur terbakar dalam penerbangan latihan. Tercatat pula pesawat yang tidak pernah kembali setelah lepas landas dari bandara Kemayoran.

Bandara Kemayoran juga dikenal dan menyebut-nyebut Bandara Kemayoran dalam salah satu episode cerita dalam komik Tintin yakni Penerbangan 714 ke Sydney, dengan menampilkan menara pemandu lalu lintas (tower) Kemayoran. Gambar yang ditampilkan sesuai dengan kondisi sebenarnya.


Perkembangan setelah bandara tidak dioperasikan
Quote:Setelah dihentikan kegiatan operasionalnya, Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah No 31 tahun 1984, untuk menghindarkan perebutan kewenangan antar instansi terhadap areal bekas bandara itu, berdasarkan peraturan itu, kekayaan negara yang merupakan sebagian modal Perum Angkasa Pura I ditarik kembali sebagai kekayaan negara.

Untuk pemanfaatan lebih lanjut, maka dibentuklah Badan Pengelola Komplek Kemayoran (BPKK) berdasarkan Keputusan Presiden RI no. 53 Tahun 1984 jo Keppres No. 73 tahun 1999. Sebagai pelaksana, diunjuklah DP3KK yang melaksanakan pembangunan dengan memanfaatkan pihak swasta di Indonesia. Pembangunan dimulai pada 1990-an dengan rumah susun sederhana ditahun 1988 di bekas Apron bandara dengan nama jalan-jalan yang mengambil nama pesawat seperti Jl. Dakota. Kemudian pembangunan kondominium dan proyek kotabaru Kemayoran yang sempat menuai masalah. Juga sempat diselenggarakan proyek Menara Jakarta (Jakarta Tower) dengan ketinggian 558 meter di depan gedung perkantoran PT Jakarta International Trade Fair Corporation. Namun rencana ini kandas karena badai Krisis Asia pada tahun 1990. Bahkan ironisnya, pada saat krisis ekonomi tersebut, menara ini dijuluki masyarakat sebagai Menara Kesenjangan.

Selain itu, di bekas Bandara Kemayoran juga diselenggarakan Jakarta Fairground Kemayoran (JFK) yang dulu dikenal sebagai Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang sebelumnya diselenggarakan di taman Monumen Nasional (Monas) Jakarta yang diselenggarakan setiap hari ulang tahun DKI Jakarta setiap 22 Juni.

Rencana lain, kawasan ini adalah dijadikan sebagai kawasan hutan wisata yang selanjutnya akan dijadikan sebagai suaka margasatwa atau bird sanctuary bagi burung-burung di kawasan ini, namun karena banyaknya proyek konstruksi, maka kawasan bird sanctuary ditempatkan di Pulau Rambut, salah satu dari gugusan Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta. Suaka Margasatwa ini juga akan memelihara menara pemandangan serta bekas tower bandara yang akan dipertahankan sebagai kawasan situs bersejarah bahwa dahulunya tempat ini adalah Bandara Internasional.

Sementara dua landasan pacu tetap dipertahankan sebagai jalan utama dengan median (pembatas jalan) yang tidak permanen untuk sewaktu waktu digunakan sebagai landasan pacu guna kepentingan militer karena struktur landasannya yang menggunakan konstruksi standar landas pacu bandara internasional yang kuat. Pada bekas landas pacu utara-selatan diberi nama Jalan Benyamin Sueb, nama seorang tokoh dan artis serbabisa kelahiran Jakarta yang merupakan warga asli Kemayoran, oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta.


Sumber:
Majalah Angkasa No. 5 Februari 1992, No. 4 Januari 1996 dan No.2 November 1999.


Quote:beberapa pic :

pembangunan bandara



suasana bandara th 1950 an



beberapa pic maskapai yg pernah singgah


Spoiler for KLM - Royal Dutch Airlines th 1950 an:



Spoiler for merpati airlines 1979:


Spoiler for merpati airlines 1984:


Spoiler for bouraq airlines 1984:



Spoiler for caltex aircraft 1984:



Spoiler for garuda airlines 1984:



Spoiler for pesawar tni ad 1984:



Spoiler for mandala airlines 1984:



Spoiler for national aircharter 1984:



Spoiler for pelita air 1984:



Spoiler for trashna air:


Spoiler for de long corp:



sumber pic:airliners.net



Quote:kalau bermanfaat minta bagi yg sdh iso gan\t
Quote:




join grup kami!!
>> ISENG ISENG PERTAMAX <<


Spoiler for komeng ane nih gan:


Spoiler for bunus:
nice trit calon HT

sekarang kemayoran banyak jablay nya,terutama puteran deket palazzo
Quote:Original Posted By frozst


cepet bener pertamax
Quote:Original Posted By felix fererro
nice trit calon HT

sekarang kemayoran banyak jablay nya,terutama puteran deket palazzo


dulu ama sekarang beda ya gan.....
oh ternyata PRJ itu bekas bandara toh?? baru tau ane gan... pantesan luas bgt...
PRJ yang gede itu ternyata bekas bandara
baru tau ane gan
wuih jadul banget gan
dan pesawatnya pun masih kecil kecil






Quote:Original Posted By skalian nitip lapak ya gan

kopi luwak KAHWA dari lampung barat, Kopi Luwak yang dijamin keasliannya 100%, HALAL, RASA yang MENGGODA, dan dengan harga yang lebih terjangkau di semua kalangan

*klik gambar untuk menuju link terkait

buset dah fotonya jadul banget



Kunjungi ya

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=9999514
mantab gan
banyak pesawatnya yg jadul
Ih mantep gan jadoel
Quote:Original Posted By dikycong
oh ternyata PRJ itu bekas bandara toh?? baru tau ane gan... pantesan luas bgt...


Quote:Original Posted By namatakdipakai
PRJ yang gede itu ternyata bekas bandara
baru tau ane gan


ya gan sekarang jadi prj..

Quote:Original Posted By wicksz
wuih jadul banget gan
dan pesawatnya pun masih kecil kecil


Quote:Original Posted By EllenRestriana
buset dah fotonya jadul banget



Kunjungi ya

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=9999514


foto th 1984 sebelum bandara ditutup fungsinya

Thumbs up 

waahh gan,,kebetulan bgt ane penasaran sama bandara kemayoran ini,,ehh pas bgt nemu tritnya agan,,makasih yaa gan
kl bisa ditambahin pic penampakan bandaranya lg dong,,
wow jadul banget calon HT gan
Quote:Original Posted By plaosan6


dulu ama sekarang beda ya gan.....

gatau,soalnya dulu ane jg belom lahir
Quote:Original Posted By rianrama
waahh gan,,kebetulan bgt ane penasaran sama bandara kemayoran ini,,ehh pas bgt nemu tritnya agan,,makasih yaa gan
kl bisa ditambahin pic penampakan bandaranya lg dong,,


coba ntar ane update lagi kebetulan ane suka pic2 tempo dulu..thx dah mampir
Quote:Original Posted By thermoking
wow jadul banget calon HT gan


thx gan
cakep gan fotonya
dekat rumah ane ini gan
wah... pesawatnya jadul-jadul ya om... masih bisa ngerokok dalem pesawat tuh...
wah ternyata dulu kemayoran adalah salah satu bandara yang besar juga ya gan,...keren