KASKUS

Persenjataan dan Perlengkapan Polri

Selamat siang semuanya, di sini saya akan memberikan gambaran tentang Persenjataan dan Perlengkapan yang dimiliki oleh Polri sebagai gambaran kepada para kaskuser semuanya
Dimulai dari jenis senjata dan perlengkapan yang sering ditemui sehari hari, maupun yang jarang kita lihat.
Kepada rekan-rekan yang mau menambahkan, silahkan saya dengan senang hati
Salam
Kategori
Senjata
-Senjata api genggam: Revolver dan Pistol
-Senjata api bahu: SS1, SS V2, M16, AK 47, dll
Perlengkapan
-Perlengkapan perorangan
-Kendaraan
-Kendaraan Khusus/Ransus, dll
Reserve for update

Revolver


Ini adalah tulisan pertama saya dalam Sub Kategori Persenjataan di dalam Kategori Polri yang memuat informasi berbagai senjata yang dimiliki oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Tentunya saya akan prioritaskan kepada jenis-jenis senjata yang pernah saya pergunakan dalam kegiatan operasional kedinasan, pernah saya lihat di Gudang Logistik, ataupun digunakan oleh rekan2 saya di lapangan. Mulai dari senjata genggam jenis Revolver yang banyak digunakan oleh Polri dan Pistol.

Revolver

Revolver adalah sejenis senjata api di mana peluru dimasukkan ke tabung berputar. pada revolver berkaliber .44 berisi 5-7 peluru. Adapun revolver berkaliber .22 berisi 8-10 peluru. cara pengisian revolver dibagi menjadi 2 menurut design dan bentuk revolver. yang pertama adalah pengisian satu per satu seperti revolver jenis lama seperti colt peacekeeper, dan yang kedua adalah langsung, ketika silinder pengangkut peluru keluar
single action revolver itu adalah revolver dengan palu (palu yang memukul peluru sehingga meledak dan mendorong proyektil peluru keluar)yang harus ditarik kearah belakang dengan ibu jari sebelum menembak, seperti revolver jenis colt. silindernyapun harus diputar secara manual.
double action revolver adalah revolver dengan palu yang bergerak secara otomatis bersamaan dengan ditekannya pelatuk (dan silindernya bergerak ke arah peluru selanjutnya secara otomatis sesudah peluru keluar)

Revolver ini sesuai untuk aparat penegak hukum yang memerlukan kehandalan, ketetapan, dan kekuatan. Ringkas, ringan, daya tahan dan ketepatan dari senjata ini menjadikannya ideal untuk digunakan untuk penegak hukum.

Menurut para Ahli senjata dan amunisi, seorang penembak amatir akan menghadapi kesulitan besar bila menggunakan senjata api (Senpi) jenis revolver. Dibutuhkan 3-4 ribu butir peluru untuk latihan menggunakan senpi yang sama hingga mahir. Selain itu amatiran tidak akan bisa menembak target dalam jarak dekat dengan menggunakan revolver yang hentakannya lebih keras dibanding senjata laras panjang. Apalagi bila sasaran dan penembak sama-sama dalam kondisi bergerak.

Siapa tak mengenal pistol dan revolver? keduanya praktis dinobatkan sebagai senjata genggam paling mematikan abad ini. Sebaliknya, kedua senjata juga berhak atas predikat protektor terhandal karena bisa dipakai untuk menangkis tindak kriminal. Pamor serta aura deterent pistol-revolver tak ayal menyeruak setelah dalam pembuatannya dipakai material serta rancang mekanik yang semakin canggih.

Pada abad ke-15 sampai 17, ketika batu api masih jadi pemantik utama, jarak tembak maksimalnya hanya mencapai 10 meter. Itu pun sering kalah cepat dari panah. Tetapi kini, bisa kits simak bersama seperti apa kedahsyatan Smith & Wesson Model 17 berpeluru Magnum, Glock 17 yang berbodi plastik, atau FN Herstal P90 yang lebih mirip submechine gun ketimbang pistol.

Cara pengisian senjata ini dibagi menjadi dua menurut desain dan bentuk revolver. Cara pertama adalah pengisian satu per satu seperti pada revolver jenis lama misalnya colt peacekeeper. Cara kedua adalah pengisian langsung ketika silinder pengangkut peluru keluar.

Revolver adalah senjata keluaran perusahaan milik Samuel Colt. Colt berusaha menyelamatkan masa depan perusahaan senjatanya dengan memenangi kontrak untuk menyediakan 1.000 buah revolver kaliber .44 untuk pemerintah AS.

Revolver tersebut pertama kali dijual pada 4 Januari 1847. Sebelum Colt memulai produksi massal revolver pada 1847, pistol belum memainkan peran signifikan. Senjata laras pendek yang mahal dan tidak akurat dianggap tidak praktis walau kelompok elite masih menggunakannya.

Dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber di internet

Sekedar berbagi pengalaman… Revolver lebih akurat ditembakkan dgn sistem single action (SA), bila ditembakkan berkali2 dgn sistem doble action (DA) akan mengurangi akurasi… kecuali mereka yg benar2 pengalaman menembak dgn jam tembak yg tinggi… tarikan trigger di sistem SA lbh ringan, sedangkan DA tarikan trigger nya mengupayakan pergerakan hammer terlebih dahulu… bagi amatir, pastilah akan menggeserkan sudut elevasi laras… hal yg dapat diminimalisir pada sistem penembakan di pistol, tapi… recoil tembakan pistol yg dihasilkan blowback mecanism jg mempengaruhi akurasi… alhasil… silahkan pilih sendiri deh… hehehe…
repost dari blog saya

Senjata Api Genggam


Kita tentu sering mendengar kata ‘pistol’ atau ‘revolver’. Sayangnya, banyak diantara kita masih sering salah mengartikan perbedaan pistol dan revolver sebagai sebuah kata yang mengandung arti sama. Bahkan, dibeberapa media cetak seperti koran, atau majalah masih sering ditemui kesalahan pengertian tersebut.

Kadangkala, pistol disebut sebagai FN, atau revolver disebut sebagai pistol, dll. Padahal keduanya merupakan jenis senjata genggam atau senjata laras pendek yang berbeda.

Senjata api genggam merupakan senjata api yang digunakan dengan satu tangan. Biasanya orang awam salah menyebutnya dengan Pistol untuk sebutan secara umum senjata api genggan, padahal Pistol adalah jenis senjata yang kamar pelurunya menyatu dengan laras. Ada juga yang salah menyebutnya FN, FN bukanlah jenis senjata api tapi merupakan nama pabrik yang memproduksi senjata api. Sistem kerja senjata api pun berbeda antara pistol dengan revolver. Kata ‘pistol’ mulai digunakan untuk menggambarkan senjata api genggam pada abad ke-18. Pada abad ke-15 pistol bererti sebuah pisau kecil yang boleh disembunyikan di dalam pakaian.

Senjata genggam atau senjata laras pendek lazim disebut ‘firearms‘ atau ‘handgun‘ sampai saat ini dikategorikan menjadi 2 jenis utama yaitu.

Contoh gambar bagian-bagian Revolver S&W

1. Revolver, yang menggunakan kamar peluru yang berputar, terdiri dari beberapa bagian utama yaitu: (tulisan tentang revolver klik di sini)

frame
laras
silinder

Revolver adalah jenis senjata api yang paling banyak dimiliki oleh Polri, berikut adalah type/merk senjata api jenis Revolver yang dimilki oleh Polri yang saya tahu (kaliber 38):

1.Smith & Wesson atau S&W, jenis ini yang banyak dimiliki oleh polri baik dengan laras 2 inchi atau 4 inchi
2. Colt
3. Taurus
4. Pindad
5. …

Contoh gambar bagian-bagian Pistol Glock 17

2. Pistol, yang kamar pelurunya menyatu dengan laras, terdiri dari beberapa bagian utama yaitu:

Slide
frame
laras / barrel
magasen

Berikut adalah type/merk senjata api jenis Pistol yang dimilki oleh Polri yang saya tahu:

1. Glock, jenis ini biasanya digunakan oleh rekan-rekan di Gegana terutama yang bergabung di DENSUS 88 ANTI TEROR (Awas ya, jangan sampai salah sebut DENSUS 86 ANTI TEKOR!!!) dan para pimpinan di Brimob Polri.
2. SIG Suer jenis P226 (digunakan walpri kedubes asing, saya belum tahu apakah ini punya Polri atau inventaris dari kedutaan tersebut)
3. ……

Demikian uraian singkat mengenai senjata api genggam, buat rekan-rekan yang mau memberikan masukan, silahkan tinggalkan komentar beserta referensi link/url sumbernya.

Terima kasih.

Repost dari blog saya
berapa banyak sih alokasi untuk latihan peluru per personel sekarang ini ??
om,,ini perlengkapannya,,ane bantu tambahin
Spoiler for :



Original from
peminumsusu
reserved buat tambahan dari ane yah bang daniel, kebetulan ane di bag sarpras, jadi tau dikit lah tentang persenjataan dan perlengkapan nya.
Quote:Original Posted By Le CheF
berapa banyak sih alokasi untuk latihan peluru per personel sekarang ini ??

Ijin menjawab bang,
Alokasi peluru disesuaikan dengan keadaan stock amunisi yang ada digudang gan, dikarenakan tiap wilayah tidak sama, tapi seandainya amunisi mencukupi, tiap orang diberikan masing masing 15 butir untuk rev, dan 15 butir untuk laras panjang @ senjata, minimal nya lo bang, itu saja jawaban yg bisa ane berikan ya bang,
sory do post gan, nanti buat tambahan yg lain aja deh.

Steyr

PERSENJATAAN FPU INDONESIA DALAM MISI PBB DI UNAMID

Steyr AUG A3

Steyr AUG A3

Persenjataan adalah hal yang paling penting dan mutlak dalam suatu misi/penugasan, khususnya dalam misi PBB yang bersenjata seperti dalam missi FPU Indonesia ke UNAMID…. persenjataan tersebut harus mengalami berbagai macam uji coba apakah sesuai dengan daerah penugasan, dari berbagai macam jenis yang telah di ujicoba Mabes Polri terpilihlah senjata STEYR AUG A3, senjata ini dipandang sangat cocok dalam daerah penugasan nantinya, alasannya : Jenisnya mudah digunakan, tahan cuaca (khususnya daerah panas seperti di Darfur), dan sudah terbukti tangguh dalam setiap penugasan.

Steyr AUG adalah rangkaian senapan yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977 oleh perusahaan senjata Austria Steyr Mannlicher. AUG adalah singkatan dari Armee Universal Gewehr, yang berarti “Senapan Tentara Universal”. Nama Steyr AUG sendiri lebih sering digunakan untuk menyebut versi yang spesifik, yaitu varian senapan serbu bullpup kaliber 5.56 mm NATO, dengan warna hijau dan teleskop yang terintegrasi. Senapan ini sebenarnya telah memiliki banyak varian, mulai dari senapan submesin, senapan penembak jitu, sampai senapan mesin ringan. Senapan ini telah diadopsi menjadi senapan utama angkatan bersenjata Austria, Australia, Selandia Baru, Luxembourg, Irlandia, dan juga sempat dipakai oleh Malaysia. Satuan Polisi Khusus Indonesia yaitu Gegana Brimob Polri dan Detasemen 88 juga menggunakan Steyr AUG.

Steyr AUG A3

Bagaimana kemampuan AUG ?…… AUG adalah salah satu senapan pertama yang menggunalan desain bullpup, yang membuatnya 25% lebih pendek dari senapan lain yang panjang larasnya sama, tanpa mengorbankan performa dan akurasi. Sebagian besar varian AUG dilengkapi dengan bidikan teleskopik 1.5x yang terintegrasi. AUG dianggap memiliki desain ergonomis yang modern. Fitur lain misalnya kemampuan dipakai oleh penembak tangan kanan maupun kidal, dan pengunaan bahan-bahan plastik transparan.

Steyr AUG A2, laras 407 mm.

Laras Steyr AUG bisa ditukar-tukar dengan mudah, misalnya ke laras karabin atau ke laras lebih panjang. Bahkan AUG memiliki perangkat modifikasi yang bisa merubahnya menjadi senapan submesin. Varian lain, seperti varian senapan mesin ringan yang memiliki laras lebih berat, tak bisa dimodifikasi dan sudah diatur dari pabrik.

Steyr AUG 9 mm.

Berikut ini berbagai varian dari Steyr :

* Steyr AUG A1 — Versi standar yang diperkenalkan pada tahun 1977. Awalnya hanya berwarna hijau dengan laras 20 inci.
* Steyr AUG A2 — Serupa dengan A2, tetapi alat bidiknya bisa dicopot dan diganti dengan picatinny rail.
* Steyr AUG A3 — Sudah banyak dimodifikasi. Memiliki picatinny rail yang terintegrasi pada bagian atas dan samping. Menggunakan peluru 6.8 mm Remington SPC.
* Steyr AUG P— AUG A1 dengan laras lebih pendek.
* Steyr AUG P Special receiver— AUG P dengan picatinny rail.
* Steyr AUG 9 mm (AUG SMG/AUG Para)— AUG yang dimodifikasi untuk menggunakan peluru 9 x 19 mm.
* Steyr AUG M203 — AUG dimodifikasi untuk menggunakan pelontar granat M203.
* Steyr AUG LSW (Light Support Weapon) — AUG sebagai senjata pendukung ringan.
* Steyr AUG HBAR (Heavy-Barreled Automatic Rifle) — AUG dengan laras lebih panjang dan berat, bolt tertutup, sebagai senapan mesin ringan.
* Steyr AUG LMG (Light Machine Gun)— Berdasarkan AUG HBAR, tapi dengan bolt terbuka, dan alat bidik 4X bukan 1,5x seperti AUG biasa.
* Steyr AUG LMG–T— Sama dengan LMG, tapi dengan picatinny rail.
* Steyr AUG HBAR–T— Senapan penembak jitu berdasarkan HBAR.
* Steyr AUG Z— AUG A2 versi semi-otomatis untuk pasar sipil.
* Steyr USR— AUG A2 yang disesuaikan untuk pasar sipil Amerika Serikat.
* F88 Austeyr — AUG yang dimodifikasi untuk Australia.
Steyr AUG


Steyr AUG A1
Tipe \tSenapan serbu
Negara asal \tAustria
Sejarah pemakaian
Digunakan \t1978–sekarang
Pemakai \tAustria, Australia, Timor Timur,
Irlandia, Indonesia, Luxembourg,
Malaysia, Oman, Pakistan, Filipina,
Selandia Baru, Arab Saudi, Tunisia,
Amerika Serikat, Inggris
Perang \tTimor Timur, Afghanistan, Irak
Sejarah produksi
Tahun \t1977
Produsen \tSteyr Mannlicher
Diproduksi \t1978—
Varian \tLihat Varian
Spesifikasi
Berat \t3,6 kg (kosong)
Panjang \t790 mm
Panjang laras \t508 mm
Peluru \t5.56 x 45 mm NATO,
9 x 19 mm (AUG SMG)
Mekanisme \tOperasi gas, bolt berputar
Kec. tembak \t650 butir/menit
Kec. peluru \t992 m/s
Jarak efektif \t450–500 m
Pengisian \tMagazen 30 atau 42-butir

Sumber : pribadi dan wikipedia
Sumber tulisan : http://reinhardjambi.wordpress.com/2.../#comment-3473

Glock

PERSENJATAAN FPU : PISTOL GLOCK


Saya pernah membahas persenjataan FPU untuk perorangan yaitu Styer AUG A3.. sekarang saya membahas kembali persenjataan untuk anggota FPU khusus untuk perwira, yaitu pistol Glock.

Pistol Glock adalah pistol terbaik yang pernah dibuat di dunia dan juga paling banyak terjual… banyak agen – agen penegak hukum dan militer di dunia yang memakainya termasuk Indonesia… dan semuanya puas dengan pistol ini…. bentuknya yang stylish tidak mengurangi keakuratan, kecepatan dan kekuatan pistol ini… dan ada yang lebih istimewa dari pistol ini… karena komponen besi dalam pistol ini hanya 30 % selebihnya berbahan dasar polymer atau plastik keras… jadi ringan sekali, lebih ringan 86% dari besi…. dan satu … lagi pistol ini juga mempunyai keamanan yang baik sehingga jarang terjadi “salah ledak” kalau kita mengikuti prosedur standar….


Glock merupakan nama dari jenis – jenis pistol yang di produksi pabrik Glock GmbH dari Deutsch Wagram, didirikan tahun 1963 oleh seorang insinyur bernama Gaston Glock.

SEJARAH

Pada bulan mei 1980, perusahaan ini mendapat undangan untuk bersaing mendapat kontrak dari pemerintah Austria untuk menyuplai Militer Austria dengan senjata pistol baru menggantikan pistol ex perang dunia ke II yaitu pistol Walther P38, beberapa sampel dari beberapa perusahaan diberikan dan setelah menjalani beberapa test kekuatan, perusahaan ini memenangkan tender dengan model glock 17 nya. Dan masuk sebagai pistol standar Militer Austria pada tahun 1982 dengan nama P80 (pistole 80). Beberapa saat kemudian dipakai juga oleh angkatan bersenjata Belanda, Norwegia dan Swedia. Glock 17 terus dikembangkan dengan beberapa modifikasi dan beberapa alternatik kaliber dan beberapa variasi dimensi dan berat namun tetap mengacu pada bentuk dasar. Pistol Glock mendapatkan sukses penjualan yang luar biasa, pada tahun 1992 tercatat kurang lebih 350 ribu pistol di 45 negara dan sekitar 200 ribu di Amerika Serikat sendiri. Di Indonesia berdasarkan data yang memakainya ialah Kopassus TNI AD, PasKhas TNI AU, Korps Brimob Polri dan Detasemen 88 Polri.

JENIS KALIBER GLOCK

TEST OLEH SAYA

Wow … memang pistol ini luar biasa…. sangat ringan, akurat, aman… saya mencoba zeroing pada jarak 10 M…. pada sebuah lesan target statis… ledakan tidak terlalu memekakkan telinga, tidak begitu terasa “hentakannya” dan hasilnya akurat sekali…. titik hitam dengan perkenaan 1 mm sampai 2 mm, memang sih… kata orang “not the gun” but “the man behind the gun”… tapi dengan pistol sesempurna ini sepertinya tidak ada kesulitan sama sekali bagi pemula yang baru belajar menembak pistol Glock….. termasuk saya……

(sumber : situs Glock dan Wikipedia)
Sumber tulisan : http://reinhardjambi.wordpress.com/2...-pistol-glock/

Pepper Ball Launcher

PERSENJATAAN FPU : Non Lethal Weapon (Pepper Ball Launcher)


Salah satu persyaratan FPU untuk ditugaskan dalam Mission Area adalah : Kemampuan Pengendalian Huru Hara (PHH), karena dalam penugasan pasukan perdamaian tidak mungkin diturunkan unsur Militer dalam menangani huru – hara/demonstrasi, salah satu contoh pada Missi PBB di Kosovo (2002), pada saat itu polisi masih usur sipil tidak bersenjata (Unarmed), pada saat itu PBB dihadapkan demostrasi besar – besaran yang melibatkan hampir 200 rb orang, karena pada saat itu polisi hanya sebagai Police Observer yang bekerja perseorangan dan bukan ikatan kelompok apalagi mempunyai kemampuan PHH, akhirnya pada saat itu diturunkanlah UN Military yang tentu saja tidak punya kemampuan PHH…. hasilnya dapat diduga….. sapu bersiiiiih…. pada saat itu terdata kurang lebih 200 (dua ratus) demonstran tewas karena kekurang mampuan militer menangani PHH (dan memang mereka tidak dilatih untuk itu…) Setelah peristiwa Kosovo PBB berpikir untuk menugaskan kepolisian berseragam (Formed Police Unit) yang dapat menangani huru – hara dan ganguan kriminalitas bersenjata…. Semenjak saat itu FPU selalu ada dalam setiap missi perdamaian PBB seperti di Timor Leste, Haiti, Liberia dan terakhir di Sudan….


Dalam tulisan ini saya akan membahas salah satu persenjataan Non Lethal (tidak mematikan) yang digunakan oleh FPU Indonesia dalam penugasan ke Darfur, yaitu Pepper Ball Launcher ….. senjata ini adalah modifikasi dari senjata permainan perang – perangan anak muda sekarang yaitu Paint Ball atau Soft Gun, cuma peluru cat diganti dengan Pepper Ball yaitu gas air mata…. yang menimbulkan rasa pedih di kulit dan mata, ini terasa lebih menjamin terlindunginya HAM (he he he), Penggunaan Pepper Ball Launcher berkaca dari pengalaman buruk penggunaan Peluru Karet yang ternyata bisa juga menimbulkan Kematian atau setidaknya Luka Parah apabila ditembakkan dari jarak dekat……

Pepper Ball launcher ini menggunakan Gas untuk penembakannya…. bisa melesatkan 3 peluru per detik…. dan apabila terkena tubuh, peluru bulat plastik akan pecah dan mengeluarkan gas air mata…. (aduuuh periiih…. ), Tempat peluru bola dalam senjata bisa memuat 100 (seratus) peluru, Pepper Bal Launcher adalah persenjataan PHH tingkat peleton, dalam setiap peleton minimal ada 2 orang penembak …. Sekarang bagaimana keiistimewaan PBL dibandingkan Pelontar Gas Air Mata ?…. Menggunakan PBL adalah lebih efektif karena sasaran (para demonstran) dapat dibidik sesuai target, sedangkan penggunaan Gas Air Mata dengan Pelontar, akan menghasilkan ledakan dari tabung Gas Air Mata, menyebabkan Gas Air Mata Tersebar ke udara secara meluas tetapi dampak gas air mata seperti senjata makan tuan, karena petugas polisi pun terkena dampaknya….


Pepper BAll berisi Gas Air Mata…… Bentuk Peper Ball yang dimasukkan dalam Launcer

GO FPU’ers !!!!, FYI : FPU Indonesia mendekati keberangkatannya karena KEPPRES tentang keberangkatan telah ditanda – tangani oleh Presiden……….

Sumber tulisan : http://reinhardjambi.wordpress.com/2...n-pepper-ball/
Quote:Original Posted By Le CheF
berapa banyak sih alokasi untuk latihan peluru per personel sekarang ini ??

wahhhh kalo saya kurang tau masalah logistik anggota gan, maaf
Quote:Original Posted By peminumsusu
om,,ini perlengkapannya,,ane bantu tambahin
Spoiler for :



—Original from
peminumsusu
™

terima kasih, tapi kalo bisa dibuat ulasannya satu persatu aja gan, bisa kan?
supaya lebih sistematik dan rapih
ijin brgabung kumendan
wah, tmpat agan udah canggih bener. tempat ane (tempat ane jd juru parkir) senpi masih warisan eyang , ex: SKS, MAUSER, RM bahkan LA
tp soal kehandalan gak kalah ama buatan jaman sekarang
SKS

SKS, singkatan dari Samozaryadnyi Karabin sistemi Simonova (bahasa Rusia: Самозарядный карабин системы Симонова, adalah karabin semi-otomatis Rusia yang dirancang pada tahun 1945 oleh Sergei Gavrilovich Simonov. Senapan ini direncanakan untuk, bersama AK-47, menjadi senapan standar baru untuk Uni Soviet, menggantikan senapan Mosin-Nagant yang sudah dipakai sejak tahun 1891. Tapi dengan meningkatnya produksi masal AK-47, senapan ini akhirnya berhenti dipakai dan secara menyeluruh digantikan AK-47. Senapan ini menggunakan peluru dengan kaliber 7.62 x 39 mm, peluru kaliber menengah yang juga dipakai oleh senapan-senapan Kalashnikov.
wow....mantap tritnya gan....
kok gambar mobilnya ilang gan
ane yah gan....blm iso
gan ane blm naik pangkat nih gan....

itu yg iptu,foto agan yah....
Quote:Original Posted By wijaya182
ijin brgabung kumendan
wah, tmpat agan udah canggih bener. tempat ane (tempat ane jd juru parkir) senpi masih warisan eyang , ex: SKS, MAUSER, RM bahkan LA
tp soal kehandalan gak kalah ama buatan jaman sekarang
SKS

SKS, singkatan dari Samozaryadnyi Karabin sistemi Simonova (bahasa Rusia: Самозарядный карабин системы Симонова, adalah karabin semi-otomatis Rusia yang dirancang pada tahun 1945 oleh Sergei Gavrilovich Simonov. Senapan ini direncanakan untuk, bersama AK-47, menjadi senapan standar baru untuk Uni Soviet, menggantikan senapan Mosin-Nagant yang sudah dipakai sejak tahun 1891. Tapi dengan meningkatnya produksi masal AK-47, senapan ini akhirnya berhenti dipakai dan secara menyeluruh digantikan AK-47. Senapan ini menggunakan peluru dengan kaliber 7.62 x 39 mm, peluru kaliber menengah yang juga dipakai oleh senapan-senapan Kalashnikov.

kata papa saya, kalo disuruh milih SKS vs SS1, dia akan lebih memilih SKS om, tinggal di modif magazennya aja, sudah menyerupai AK 47 untuk kebandelannya
Izn nambhn bang,
Qt jg pnya snjata scorpion,ak 2000p,ak 101,shot gun,sprng field,m4a1,
Non lethal weapon: teaser gun.papper spray,
Quote:Original Posted By uja87
Izn nambhn bang,
Qt jg pnya snjata scorpion,ak 2000p,ak 101,shot gun,sprng field,m4a1,
Non lethal weapon: teaser gun.papper spray,

kalo ada bahannya, om juga boleh koq mengulasnya
Quote:Original Posted By uja87
Izn nambhn bang,
Qt jg pnya snjata scorpion,ak 2000p,ak 101,shot gun,sprng field,m4a1,
Non lethal weapon: teaser gun.papper spray,



scorpion ?? yg seperti dipake AU ??

denger 2x ada pake Mac 10 juga yaa ??
reserved buat kendaraan pengurai masa, yang baru saja saya dengar kabar di salah satu media, di bagikan oleh Kapolri kepada jajaran POLRI. :
×