KASKUS

ask: prospek pemotongan ayam (RPA)

Sore agan2 yg baik...
Ane newbie nih...
Minta saran dan masukan mengenai prospek usaha pemotongan ayam (RPA)
Mohon di kasih pencerahan...
Tengkyu gan...
PERTAMAX NEH.....

Usaha pemotongan Ayam bagus gan.

Tapi ini pendapat saya gan, mending jgn cuma ayam tapi unggas jenis lain juga seperti bebek misal nya.. soal nya prospek pemotongan bebek juga bagus.. bahkan saat ini lagi tinggi2nya. saya aja pernah dapet informasi bahwa ada peternak bebek yang motong bebek 2500 ekor/hari.

btw lokasi dimana ya? kalo misal di mojosari boleh dunk kita kerjasama soal nya lagi ada pengembangan ternak bebek neh..

heheheheh

salam sukses buat usaha agan ya...
sampe skr yg masih menjadi pertanyaan besar bagi gua...

sebenarnya mana yg lebih berdosa sih org yg potong ayam atau orang yg makan ayam???

orang motong ayam karna butuh duit..buat makan..karena ada permintaan dari orang lain...tapi mereka membunuh secara langsung..mengakhiri hidup mereka secara langsung..

orang yg jual ayam..seperti kfc..mereka membuat resep dan mengolah ayam tersebut sehingga ayam itu nikmat dan membuat org2 lain pengen makan ayam..dan secara ga langsung..permintaan ayam jadi besar..makanya ada org yg bisa ampe potong ayam..tapi kfc ga potong ayam secara langsung..

orang makan ayam..karna udah tau kalo ayam itu enak..mengapa enak?karena udah dikasih tau dari jaman dulu kalo ayam ini emang makanan manusia yg paling enak..

jadi siapa yang harus disalahin dan yang paling berdosa??jawabannya bukan org yg makan ayam,bukan kfc,bukan org yg potong..tapi org didunia ini yg pertama kali makan ayam dan kasih tau ke yg lain kalo ayam itu enak..

jadi bisnis ini sangat prospek..bantai terus jutaan ayam didunia ini..ga ada dosa..dosa itu cuma ilusi...seperti waktu..waktu itu cuma sebuah ilusi...semua bikinan manusia..

anda ga akan masuk neraka karna potong ayam,..karena neraka itu memang ga ada..surga dan neraka sama saja..anda bantai ayam,anjing,babi,sapi,anjing,kucing..semua binatang itu tidak berdosa.

kenapa binatang2 harus dibantai?apakah mereka ga punya hati nurani,otak,dll seperti manusia?coba liat anjing..anjing merupakan sahabat manusia yg paling setia..kucing..kucing kalo liat temannya sesama kucing,.pasti samperin..dan masih bisa merasa sedih..ayam,ayam kalo merasa dirinya terancam..dia masih bisa lari..kalo lapar..dia akan cari makan..demikian juga dgn simpanse..masih bisa menyusui anak macan.

http://www.detiknews.com/read/2011/0...acan?881101934

jadi kenapa mereka harus dibantai?apakah kita manusia ga ada makanan lagi yg bisa dimakan selain harus bantai mereka???
Tengkyu agan2 masukan dan supportnya....
Ane rencana baru mo buka abis lebaran ini, ane mo buka didaerah magelang gan...emang rencana ane ga cuma ayam aja, tp ada bebek ma enthok...
Tp yg masih jadi pertanyaan ane masalah ngebuang tu ayam gan...secara ane baru pindah dari jakarta...
Ane blm begitu paham dengan karakter masyarakat sini gan..
Any idea gan..
Kita coba sharing ya gan..

Tengkyu banyak agan2...
Quote:Original Posted By ayam0805
Tengkyu agan2 masukan dan supportnya....
Ane rencana baru mo buka abis lebaran ini, ane mo buka didaerah magelang gan...emang rencana ane ga cuma ayam aja, tp ada bebek ma enthok...
Tp yg masih jadi pertanyaan ane masalah ngebuang tu ayam gan...secara ane baru pindah dari jakarta...
Ane blm begitu paham dengan karakter masyarakat sini gan..
Any idea gan..
Kita coba sharing ya gan..

Tengkyu banyak agan2...


coba cari informasi peternak ayam ato unggas di daerah agan..
biasanya seh peternak dah punya langganan buat lempar ayam ato bebek
nah rumah potong itu selain jual sendiri bisanya juga terima jasa potong aja..

inti nya selain agan jual sendiri tuh karkas ayam ato bebek ya agan sekalian buka jasa potong nya. Hal ini biasa dilakukan oleh RPH di sekitar peternakan saya.

kalo mau jual sendiri mesti tawarin/buat kerjasama ke resto ato hotel ato ke warung makan, kalo diliat2 seh kapasitas untun resto n hotel besar tapi kalo warung makan tenda pinggir jalan kapasitasnya kecil tapi kalo warung makan nya banyak ya jatuh nya besar... hehheh
Quote:Original Posted By ayam0805
...Tp yg masih jadi pertanyaan ane masalah ngebuang tu ayam gan...secara ane baru pindah dari jakarta...
Ane blm begitu paham dengan karakter masyarakat sini gan...
maaf 'gan, alasan agan mau bikin RPU (U=Unggas hehehe) kenapa 'gan?
apa karena lihat potensi banyaknya peternak unggas di magelang?
atau karena banyaknya konsumen unggas di Magelang?
atau punya lokasi bagus di Magelang?
atau punya pengalaman/jago potong/jagal unggas?
atau punya info mesin cabut bulu bagus?
atau gimana/kenapa 'gan?

hehehe...kalo' gue emang pingin punya RPU/Jagalan gitu tapi karena pingin jualan unggas sendiri sekiranya punya ternak sendiri.

Gimana tuh 'gan?
Quote:Original Posted By walyaw
maaf 'gan, alasan agan mau bikin RPU (U=Unggas hehehe) kenapa 'gan?
apa karena lihat potensi banyaknya peternak unggas di magelang?
atau karena banyaknya konsumen unggas di Magelang?
atau punya lokasi bagus di Magelang?
atau punya pengalaman/jago potong/jagal unggas?
atau punya info mesin cabut bulu bagus?
atau gimana/kenapa 'gan?

hehehe...kalo' gue emang pingin punya RPU/Jagalan gitu tapi karena pingin jualan unggas sendiri sekiranya punya ternak sendiri.

Gimana tuh 'gan?


Tengkyu gan masukannya..
Awalnya ane belajar ternak dulu gan sebelum ane kenal dengan RPA, ane belajar ternak di daerah Turi Sleman Jogja..ane belajar ma om ane..
Tp atas saran dari om ane, ane disuruh belajar dipemotongan gan...ternyata dipemotongan ane liat lebih simple, dan om ane nyaranin supaya ane dipemotongan dulu...
Kebetulan di magelang ane punya lahan...makanya ane skr fokusin dipemotongannya...
Sambil masi nyari informasi2 mengenai pendistribusiannya...
InsyaAllah abis lebaran ane bulatin tekad untuk buka RPU gan...
Bantu doanya gan...
Kl ada yg mo sharing lagi juga monggo...
Mudah2an bisa saling kasih informasi2 dan berguna..
°•·?·? ??än? ?öü ?·?·•°
Quote:Original Posted By ayam0805
Tengkyu gan masukannya..
Awalnya ane belajar ternak dulu gan sebelum ane kenal dengan RPA, ane belajar ternak di daerah Turi Sleman Jogja..ane belajar ma om ane..
Tp atas saran dari om ane, ane disuruh belajar dipemotongan gan...ternyata dipemotongan ane liat lebih simple, dan om ane nyaranin supaya ane dipemotongan dulu...
Kebetulan di magelang ane punya lahan...makanya ane skr fokusin dipemotongannya...
Sambil masi nyari informasi2 mengenai pendistribusiannya...
InsyaAllah abis lebaran ane bulatin tekad untuk buka RPU gan...
Bantu doanya gan...
Kl ada yg mo sharing lagi juga monggo...
Mudah2an bisa saling kasih informasi2 dan berguna..
°•·?·? ??än? ?öü ?·?·•°
nice 'gan,
Sepengamatan gue, Jalagan alias RPH/RPA/RPU di saat dan lokasi yg tepat justru dapetnya jauh lebih bagus dibanding peternaknya sendiri 'gan

saat puasa gini, di seputaran jabodetabek aja, tukang jagal (cabut bulu) pasang tarif 5-10rb/ekor 'gan, dahsyat kan ya?
nah saat hari biasa di kandang mereka umumnya pasang tarif 2rb/ekor

dahsyat kan?

pdhl yg ternak broiler aja, palingan dapet BERSIH-nya cuma 1-2rb/ekor/bulan hehehehe...

dapet kontrak dari supermarket/restoran besar sih syik 'gan, tapi nggak asyiknya justru karena umumnya pembayarannya mundur itu lho duhhhh...hehehe
makanya bikin Jagalan utk konsumsi langsung pasar tradisional atau langsung ke konsumen meskipun relatif kecil per order-nya tapi umumnya kan bayarnya langsung JRENG ya 'gan hehehe
Quote:Original Posted By walyaw
nice 'gan,
Sepengamatan gue, Jalagan alias RPH/RPA/RPU di saat dan lokasi yg tepat justru dapetnya jauh lebih bagus dibanding peternaknya sendiri 'gan

saat puasa gini, di seputaran jabodetabek aja, tukang jagal (cabut bulu) pasang tarif 5-10rb/ekor 'gan, dahsyat kan ya?
nah saat hari biasa di kandang mereka umumnya pasang tarif 2rb/ekor

dahsyat kan?

pdhl yg ternak broiler aja, palingan dapet BERSIH-nya cuma 1-2rb/ekor/bulan hehehehe...

dapet kontrak dari supermarket/restoran besar sih syik 'gan, tapi nggak asyiknya justru karena umumnya pembayarannya mundur itu lho duhhhh...hehehe
makanya bikin Jagalan utk konsumsi langsung pasar tradisional atau langsung ke konsumen meskipun relatif kecil per order-nya tapi umumnya kan bayarnya langsung JRENG ya 'gan hehehe


Bener tu gan...emang pas puasa gini lagi banyak permintaan...
Ane juga dah mempelajari kelemahan dan kelebihannya gan...
Menurut penilaian ane sampe skr sih ni usaha masih bisa dibilang layak untuk dijalankan...
Intinya InsyaAllah ane akan terus maju gAn...

Bantu doanya ya para agan2 sekalian...
Dan tetep sharing dan bertukar informasi...


Salam Sukses gan...tetap semangat...!!!
Tengkyu
Quote:Original Posted By opetkhung
sampe skr yg masih menjadi pertanyaan besar bagi gua...

sebenarnya mana yg lebih berdosa sih org yg potong ayam atau orang yg makan ayam???

orang motong ayam karna butuh duit..buat makan..karena ada permintaan dari orang lain...tapi mereka membunuh secara langsung..mengakhiri hidup mereka secara langsung..

orang yg jual ayam..seperti kfc..mereka membuat resep dan mengolah ayam tersebut sehingga ayam itu nikmat dan membuat org2 lain pengen makan ayam..dan secara ga langsung..permintaan ayam jadi besar..makanya ada org yg bisa ampe potong ayam..tapi kfc ga potong ayam secara langsung..

orang makan ayam..karna udah tau kalo ayam itu enak..mengapa enak?karena udah dikasih tau dari jaman dulu kalo ayam ini emang makanan manusia yg paling enak..

jadi siapa yang harus disalahin dan yang paling berdosa??jawabannya bukan org yg makan ayam,bukan kfc,bukan org yg potong..tapi org didunia ini yg pertama kali makan ayam dan kasih tau ke yg lain kalo ayam itu enak..

jadi bisnis ini sangat prospek..bantai terus jutaan ayam didunia ini..ga ada dosa..dosa itu cuma ilusi...seperti waktu..waktu itu cuma sebuah ilusi...semua bikinan manusia..

anda ga akan masuk neraka karna potong ayam,..karena neraka itu memang ga ada..surga dan neraka sama saja..anda bantai ayam,anjing,babi,sapi,anjing,kucing..semua binatang itu tidak berdosa.

kenapa binatang2 harus dibantai?apakah mereka ga punya hati nurani,otak,dll seperti manusia?coba liat anjing..anjing merupakan sahabat manusia yg paling setia..kucing..kucing kalo liat temannya sesama kucing,.pasti samperin..dan masih bisa merasa sedih..ayam,ayam kalo merasa dirinya terancam..dia masih bisa lari..kalo lapar..dia akan cari makan..demikian juga dgn simpanse..masih bisa menyusui anak macan.

http://www.detiknews..com/read/2011/...acan?881101934

jadi kenapa mereka harus dibantai?apakah kita manusia ga ada makanan lagi yg bisa dimakan selain harus bantai mereka???


saya sependapat dengan anda (kecuali satu hal : dosa di salahkan pada org yg pertama kali mencetuskan). ada banyak cara untuk dapat uang, banyak jalan yg menurut saya jauh lebih mulia. analoginya nih : untuk menghasilkan uang 1 Milyar dari usaha ini, kamu setidaknya harus memotong 500.000 ekor ayam (yg menurut saya ini sangat kejam ya).

saya pernah kritik hal yg serupa lebih kurang seperti yg anda tulis di sub forum ini juga tentang "mencit / tikus putih", tapi mendapat banyak balasan pedas (terutama dari org yg berkecimpung di agrobisnis)
Quote:Original Posted By PusatDistribusi


saya sependapat dengan anda (kecuali satu hal : dosa di salahkan pada org yg pertama kali mencetuskan). ada banyak cara untuk dapat uang, banyak jalan yg menurut saya jauh lebih mulia. analoginya nih : untuk menghasilkan uang 1 Milyar dari usaha ini, kamu setidaknya harus memotong 500.000 ekor ayam (yg menurut saya ini sangat kejam ya).

saya pernah kritik hal yg serupa lebih kurang seperti yg anda tulis di sub forum ini juga tentang "mencit / tikus putih", tapi mendapat banyak balasan pedas (terutama dari org yg berkecimpung di agrobisnis)


Malem agan...
Maaf ya gan...ane cuma mau ngelurusin sepanjang sepengetahuan ane...ane sendiri juga sadar pengetahuan ane masih cetek untuk urusan seperti ini...
Tp yg ane tau kl hewan ternak itu boleh dibantai gan...ga cuma ayam, setau Ane ada bebek, kambing, sapi juga boleh...dan itu Halal gan....
Menurut Ane pemotongan hewan ternak ini tidak melanggar aturan baik aturan negara maupun aturan agama sepanjang kita tidak menyiksa...(Itu sepengetahuan ane ya gan, mohon maaf kalo ane salah)
dan lebih mulia dari pada mencuri / yg lagi trend skr koruptor...

Mohon maaf para agan2 kl ane salah...
Demikian sekilas pandangan mata dari ane yg pengetahuannya masih sangat sangat cetek...

Salam sukses..!! Tetap semangat..!!
Tetap sharing ya agan2..
Tengkyu....loveindonesia
Peace
mungkin kata dibantai mesti dihilangkan...
biar gak terlihat kejam... bukan nya binatang dan kekayanaan alam itu diciptakan untuk manusia? selama kita mengolah nya dng baik n benar serta sesuai dengan kaidah agama yang berlaku saya rasa sah-sah aja.

boleh nebang pohon tapi diganti dgn yang baru, tidak dieksploiatsi besar-besaran serta menanam yang baru untuk mengganti yang ditebang. dan saya rasa hal ini juga berlaku untuk binatang...
sebenarnya cuma sebagian agama saja yg membenarkan, tidak semua agama membenarkan

kalo secara scientific, memakan daging itu sebenarnya produk "kebudayaan" setelah di temukan api, bukan sifat manusia yang alami, gigi manusia bahkan tidak bisa merobek daging mentah, perut manusia tidak kuat mencerna daging mentah, (mungkin kalian akan membantah dengan fakta manusia punya gigi taring yg kalian artikan utk merobek daging, tapi itu salah, bahkan gorilla punya taring yg lebih besar dan dia tidak makan daging)

menurut para ilmuwan, manusia awalnya cuma makan sayur, buah dan daun. setelah ditemukan api, sifat keserakahan manusia muncul untuk memanjakan lidahnya, makanya hampir semua binatang dicoba utk dibunuh dan dinikmati dagingnya

saya sendiri juga tidak munafik, saya bukan vegetarian

bisnis potong ayam itu pilihan, saya tidak melarang kalian, yg ingin saya tekankan cuma : ada jauh lebih banyak usaha yg lebih menguntungkan dan "mulia"
agan TS dan kawan yg lain,
mbok iyao jangan kepancing mbahas hal lain, ini forum entepreneur, mbahas-nya yg teknis dan administratif aje lah...yg sudah jelas dan yg lebih penting, lagian renaca usaha RPU ini materi bagus lho

oke balik ke RPU, rencana mas TS mau pake peralatan manual + mesin cabut bulu aja apa mau pake mesin potong ayam sekalian?
trus kandang pengepulannya rencana kek apa?
Quote:Original Posted By PusatDistribusi
sebenarnya cuma sebagian agama saja yg membenarkan, tidak semua agama membenarkan

kalo secara scientific, memakan daging itu sebenarnya produk "kebudayaan" setelah di temukan api, bukan sifat manusia yang alami, gigi manusia bahkan tidak bisa merobek daging mentah, perut manusia tidak kuat mencerna daging mentah, (mungkin kalian akan membantah dengan fakta manusia punya gigi taring yg kalian artikan utk merobek daging, tapi itu salah, bahkan gorilla punya taring yg lebih besar dan dia tidak makan daging)

menurut para ilmuwan, manusia awalnya cuma makan sayur, buah dan daun. setelah ditemukan api, sifat keserakahan manusia muncul untuk memanjakan lidahnya, makanya hampir semua binatang dicoba utk dibunuh dan dinikmati dagingnya

saya sendiri juga tidak munafik, saya bukan vegetarian

bisnis potong ayam itu pilihan, saya tidak melarang kalian, yg ingin saya tekankan cuma : ada jauh lebih banyak usaha yg lebih menguntungkan dan "mulia"


amitaba ..
sekedar sharing sedikit gan...
menurut ane hal pertama yang mesti agan tentukan adalah masalah pendistribusiannya

mau kemana agan ngejual tuh karkas ayam?
karena sepengetahuan ane ada beberapa kategori market karkas ayam...
misal skala RPA yg agan rencanakan mau maen di tingkat menengah kebawah atau menengah keatas

simpelnya:
menengah kebawah= warung makan,pedagang ayam di pasar,IRTdll
menengah keatas=supermarket,restoran dll

semua itu menentukan langkah apa yg harus dipersiapkan selanjutnya...

karena terdapat beberapa perbedaan yg signifikan dalam hal sistem dan mindset dari market2 tsb (itu yg terjadi di daerah ane gan khususnya jawa barat)

ane dukung dan bantu sebisa ane niat agan mau buka RPA

Salam Sukses gan
Quote:Original Posted By ayam0805
Tengkyu agan2 masukan dan supportnya....
Ane rencana baru mo buka abis lebaran ini, ane mo buka didaerah magelang gan...emang rencana ane ga cuma ayam aja, tp ada bebek ma enthok...
Tp yg masih jadi pertanyaan ane masalah ngebuang tu ayam gan...secara ane baru pindah dari jakarta...
Ane blm begitu paham dengan karakter masyarakat sini gan..
Any idea gan..
Kita coba sharing ya gan..

Tengkyu banyak agan2...


mantap gan...sukses selalu utk usahanya...klo boleh sharing utk buka tempat pemotongan ayam ini budgetnya apa saja??boleh disharing kebutuhan dan perkiraan biayanya??klo ane liat di pasar,skrg ada pedagan ayam yg lsg potong ditempat dan menggunakan mesin pencabut bulu...jd lebih praktis gak bayar biaya lg utk cabut bulu...
Quote:Original Posted By walyaw
agan TS dan kawan yg lain,
mbok iyao jangan kepancing mbahas hal lain, ini forum entepreneur, mbahas-nya yg teknis dan administratif aje lah...yg sudah jelas dan yg lebih penting, lagian renaca usaha RPU ini materi bagus lho

oke balik ke RPU, rencana mas TS mau pake peralatan manual + mesin cabut bulu aja apa mau pake mesin potong ayam sekalian?
trus kandang pengepulannya rencana kek apa?


Setuju gan...disini yg kita bahas adalah dari sisi peluang usahanya saja...
Jadi gini gan...kemarin ane survey ke bbrp pedagang yg dipasar...ternyata menurut mrk kl pake mesin pencabut bulu itu kurang tahan lama gan dibandingkan dengan kita cabut bulu secara manual.
Itu menurut pendapat pedagang yg di pasar tradisional didaerah/diarea tempat tinggal ane...atau lebih tepatnya letak tu pasar ada didaerah pegunungan.
Tp menurut ane masalah itu blm bisa ane buktiin kl ane ga coba sendiri..
Rencana ane, ane mo pake mesin pencabut bulu gan...
Dan ada kandang untuk penampungan tu ayam..ya mungkin ga gede2 amat...mungkin muat paling banyak sekitar 100 ekor ayam.
Krn ide dan prinsip ane adalah memberikan service berupa ayam segar, sehat dan bersih..serta dipotong sesuai aturan dan halal, karena sudah pasti baca doa sebelum disembelih gan..
Dan pembeli bisa lihat langsung semua prosesnya bahkan dari mulai penimbangannya..sehingga pembeli bisa yakin kl ayam/unggas yg dipotong itu benar2 sudah melalui prosedur yang baik, dan yang pasti bukan ayam/unggas tiren yg skr ini lagi mewabah dikalangan masyarakat...
Begitulah kira2 yg akan saya lakukan gan...
Kl ada yg mo memberi masukan dan kritikan dipersilahkan jangan sungkan gan...
Karena masukan dan kritikan dari agan2 akan sangat berguna bagi ane...

Salam sukses...!!!
Tetap semangat..!!
Tengkyu...
Quote:Original Posted By ironman234


mantap gan...sukses selalu utk usahanya...klo boleh sharing utk buka tempat pemotongan ayam ini budgetnya apa saja??boleh disharing kebutuhan dan perkiraan biayanya??klo ane liat di pasar,skrg ada pedagan ayam yg lsg potong ditempat dan menggunakan mesin pencabut bulu...jd lebih praktis gak bayar biaya lg utk cabut bulu...


Bener gan...dipasar emang udah ada yg kayak gitu, nah yg ane mo buka juga seperti itu..tp ga dipasar gan..
Sebenernya bukan ga bayar gan menurut ane, cm harga yg udah dikasih ama pedagang itu udah termasuk ama ongkos potong dan cabut bulunya..
Menurut ane modalnya ga begitu besar kok gan...
Yg dibutuhkan adalah persiapan untuk kandang penampungan ayamnya, mesin pencabut bulu dan pisau.
Kl mesin pencabut bulu estimasi ane harganya ±Rp. 2.500.000,- trs persiapan kandang ±500.000 dah cukup, dan pisau sktr 200.000 udah cukup...
Paling yg agak mahal lahan/tempatnya...itu relatif gan...
Kurang lebih itu gan estimasinya...
Quote:Original Posted By PusatDistribusi
sebenarnya cuma sebagian agama saja yg membenarkan, tidak semua agama membenarkan

kalo secara scientific, memakan daging itu sebenarnya produk "kebudayaan" setelah di temukan api, bukan sifat manusia yang alami, gigi manusia bahkan tidak bisa merobek daging mentah, perut manusia tidak kuat mencerna daging mentah, (mungkin kalian akan membantah dengan fakta manusia punya gigi taring yg kalian artikan utk merobek daging, tapi itu salah, bahkan gorilla punya taring yg lebih besar dan dia tidak makan daging)

menurut para ilmuwan, manusia awalnya cuma makan sayur, buah dan daun. setelah ditemukan api, sifat keserakahan manusia muncul untuk memanjakan lidahnya, makanya hampir semua binatang dicoba utk dibunuh dan dinikmati dagingnya

saya sendiri juga tidak munafik, saya bukan vegetarian

bisnis potong ayam itu pilihan, saya tidak melarang kalian, yg ingin saya tekankan cuma : ada jauh lebih banyak usaha yg lebih menguntungkan dan "mulia"

Tengkyu gan masukannya...
Ane berharap bisa saling menghormati gan..
Walaupun kita beda Ras atau Agama...tapi kita tetap saling menghormati...
Saya menghormati apa yg menjadi keyakinan agan..dan bisa saling support...

Salam sukses gan...!!
×