KASKUS

(ASK) Konstruksi Jalan di Atas Tanah Gambut

Juragan semua yg yang uda pengalaman tolong bantu ane dong. Ane masih newbi ni didunia sipil. Jadi ane liat di suatu proyek jalan (daerah gambut), ane liat ada semacem kayu (kayu galam kata warga setempat) yang di pancang disepanjang tanah yg akan dibuat jalan dengan jarak sekitar 15-30 cm dengan panjang sekitar 6-10 m. Nah fungsi kayu tersebut itu untuk apa, bagaimna menentukan byaknya kayu tersebut, lalu analisa pembebanannya seperti apa!!! Terima kasih agan agan! Maap klo byak tya!!
gini gan. biasanya untk tnh gambut. lapisan tanah yg gambut dgn spt < 5 dikikis dulu trus ditanam tanah ber cbr standar aashto dgn pengairan konsolidasi samping ato atas. stelah itu dipadatkan trus dikonsolidasi dgn beban tertentu smp statis. baru itu konstruksi standar bisa dimulai
menggunakan cerucuk kali ya .. tapi panjang sekali ... itu sampai tanah keras ?
Quote:Original Posted By cloud.666
gini gan. biasanya untk tnh gambut. lapisan tanah yg gambut dgn spt < 5 dikikis dulu trus ditanam tanah ber cbr standar aashto dgn pengairan konsolidasi samping ato atas. stelah itu dipadatkan trus dikonsolidasi dgn beban tertentu smp statis. baru itu konstruksi standar bisa dimulai


Dikikis ampe berapa meter gan, lah kalo lapisan tnah gambutya ampe 6-10 m gmna tuh. Kataya diproyek sampe 10 m lapisan tanah gambutya.
Quote:Original Posted By noviati_cantik
menggunakan cerucuk kali ya .. tapi panjang sekali ... itu sampai tanah keras ?


Oh iya inget namanya cerucuk bener. Iya disana sampe 10 m keatas.
Quote:Original Posted By civilistisme
Oh iya inget namanya cerucuk bener. Iya disana sampe 10 m keatas.


di kalimantan ya ? btw fungsinya u perkuatan tanah khan ? kalo analisa lalau lintas sich mungkin biasa tapi justru dicermati perkuatan menggunakan cerucuk itu dan sifat tanah gambut itu sendiri ... ntar pernah baca dimana ya maaf ntar kalo ingat ya .... :P
Quote:Original Posted By noviati_cantik


di kalimantan ya ? btw fungsinya u perkuatan tanah khan ? kalo analisa lalau lintas sich mungkin biasa tapi justru dicermati perkuatan menggunakan cerucuk itu dan sifat tanah gambut itu sendiri ... ntar pernah baca dimana ya maaf ntar kalo ingat ya .... :P



Iya dikalimantan. Bukanya funsgsi cerucuk tersebut sebagai penerus beban sampai ke tanah keras yah.
pertama dites tanahnya dulu misal boring, sondir, direct test, test konsolidasi...
dari hasil test tersebut dapat diketahui jenis tanah, sudut geser, lapisan tanah dll..
data tersebut digunakan sebagai dasar perencanaan, klo tanah jelek bisa di ganti dengan tanah sesuai nilai cbr yg direncanakan... bisanya digali 50 cm trus dilembari geotextil baru di kasi tanh baru yg tebar layer per layer tiap layer kira2 30 cm trus diberi air dan di padatkan sesuai peraturan di AASHTO..

apabila tanah jelek lebih dari 10 m bs dilakukan grouting atau memberikan cairan beton pada tanah..bs jg pakai tiang pancang klo untuk jln tol..
klo jalan biasa cukup diberi cerucuk bambu pa kayu..
klo untuk jarak anatr tiang mengacu pada perhitungan..

smoga membantu..
maaf ane jg newbie
"fungsi kayu tersebut" buat perbaikan/peningkatan daya dukung (perkerasan) tanah
"analisa pembebanannya seperti apa" pembebanan na ga langsung ke cerucuk tadi, tp pembebanan merata ke tanah gan (liat fungsi kayu td)
kl ampe pembebanan masuk ke cerucuk tadi bakalan gelombang gan tuh jalan pa lagi jalan aspal inget sifat aspal yg elastis

proyek jalan apa nih gan? trus jarak jalan brp?pake aspal ato beton

kayu galam kaya na masuk kayu klas II gan, kl di liat dr penggunaan kayu cerucuk buat perkerasan jalan kaya na buat jalan tonase kecil tuh
Quote:Original Posted By KierVicious
pertama dites tanahnya dulu misal boring, sondir, direct test, test konsolidasi...
dari hasil test tersebut dapat diketahui jenis tanah, sudut geser, lapisan tanah dll..
data tersebut digunakan sebagai dasar perencanaan, klo tanah jelek bisa di ganti dengan tanah sesuai nilai cbr yg direncanakan... bisanya digali 50 cm trus dilembari geotextil baru di kasi tanh baru yg tebar layer per layer tiap layer kira2 30 cm trus diberi air dan di padatkan sesuai peraturan di AASHTO..

apabila tanah jelek lebih dari 10 m bs dilakukan grouting atau memberikan cairan beton pada tanah..bs jg pakai tiang pancang klo untuk jln tol..
klo jalan biasa cukup diberi cerucuk bambu pa kayu..
klo untuk jarak anatr tiang mengacu pada perhitungan..

smoga membantu..
maaf ane jg newbie


Biasaya geotextil tuh berapa sampe brapa layer gan. Tp ane pernah liat pkerjaan runway bandara dia pake pondasi cerucuk trus diatas nya di tambahin geotextil, berarti itu karna beban yg bekerja cukup besar kli ya gan makaya pke cerucuk dan geotextil.

Grouting / memberikan cairan beton ke tanah itu cara kerjanya gmna gan. Pke semen " milf ato mild" (lupa tulisanya) bukan gan?
Quote:Original Posted By deasjoe
"fungsi kayu tersebut" buat perbaikan/peningkatan daya dukung (perkerasan) tanah
"analisa pembebanannya seperti apa" pembebanan na ga langsung ke cerucuk tadi, tp pembebanan merata ke tanah gan (liat fungsi kayu td)
kl ampe pembebanan masuk ke cerucuk tadi bakalan gelombang gan tuh jalan pa lagi jalan aspal inget sifat aspal yg elastis

proyek jalan apa nih gan? trus jarak jalan brp?pake aspal ato beton

kayu galam kaya na masuk kayu klas II gan, kl di liat dr penggunaan kayu cerucuk buat perkerasan jalan kaya na buat jalan tonase kecil tuh



Proyek jalan provinsi gan, ane ga tau tuh jarakya..

pake aspal gan.

Quote:Original Posted By civilistisme
Proyek jalan provinsi gan, ane ga tau tuh jarakya..

pake aspal gan.



ane jg di kalimantan, bnyk tanah gambut di sini, pengalaman ane kl jalan provinsi (tonnase besar) aspal pake cerucuk ga ada yg tahan lama, mentok tonnase na 5ton per titik beban kendaraan, tp yg lewat lebih dr itu tau sendiri deh kl kejadian na ky gitu...
inget gan sifat tanah gambut yg punya angka pori besar. waktu basah n kering perbedaan susut na tinggi gan.
hehehe cmiiw
Quote:Original Posted By deasjoe


ane jg di kalimantan, bnyk tanah gambut di sini, pengalaman ane kl jalan provinsi (tonnase besar) aspal pake cerucuk ga ada yg tahan lama, mentok tonnase na 5ton per titik beban kendaraan, tp yg lewat lebih dr itu tau sendiri deh kl kejadian na ky gitu...
inget gan sifat tanah gambut yg punya angka pori besar. waktu basah n kering perbedaan susut na tinggi gan.
hehehe cmiiw


Klo jalan propinsi (tonase besar) biasanya klo ga pke cerucuk. Pake metode apa gan...
ane sempat liat di jakarta, sepanjang jl tol cengkareng pake metode multipiers gan alias tiang pancang kaki seribu....

dari segi biaya jelas lbh mahal dri cerucuk kayu...cm klo untuk tonase besar salah satu solusinya mungkin adalah sistem multipiers...
Quote:Original Posted By artamana
ane sempat liat di jakarta, sepanjang jl tol cengkareng pake metode multipiers gan alias tiang pancang kaki seribu....

dari segi biaya jelas lbh mahal dri cerucuk kayu...cm klo untuk tonase besar salah satu solusinya mungkin adalah sistem multipiers...



Gmna tuh gan cara pembuatany!!!
Quote:Original Posted By civilistisme
Gmna tuh gan cara pembuatany!!!

ni yg di sedyatmo tu bkn gan..sbnre metodenya hampir sama kaya bikin jembatan..cm ni pake mini pile buat menyangga pierheadnya..diatasnya nanti pke deckslab
Quote:Original Posted By RawkMelodick
ni yg di sedyatmo tu bkn gan..sbnre metodenya hampir sama kaya bikin jembatan..cm ni pake mini pile buat menyangga pierheadnya..diatasnya nanti pke deckslab



ada gambar ga gan???
Quote:Original Posted By RawkMelodick
ni yg di sedyatmo tu bkn gan..sbnre metodenya hampir sama kaya bikin jembatan..cm ni pake mini pile buat menyangga pierheadnya..diatasnya nanti pke deckslab


setuja ma senior diatas....

coba cek gambarnya...mirip inilah :

http://www.nindyakarya.co.id/busines...ucture/?page=2
Quote:Original Posted By civilistisme
ada gambar ga gan???

coba skali2 jalan2 lewat tol sedyatmo gan

Quote:Original Posted By artamana
setuja ma senior diatas....

coba cek gambarnya...mirip inilah :

http://www.nindyakarya.co.id/busines...ucture/?page=2

jgn2 ni org NK yah
[QUOTE=RawkMelodick;486743130]
coba skali2 jalan2 lewat tol sedyatmo gan

Hahhahaaa ane ga tgl djakarte gan. Jd awam ngliat jembatan diatas tanah. Hehehehehe