KASKUS

[Share Info] Serba-Serbi Rantai, Gear Semua Motor, Merk & Type

Quote:W E L C O M E

to

[Share Info] Serba-Serbi Rantai, Gear Semua Motor, Merk & Type


Quote:Mod, Min mohon ijin buka trit info soal gir dan rantai yak
Monggo gan di share pengalaman soal rantai dan gir nya....
kita saling terbuka dan bertukar ilmu
karena rantai dan gir adalah salah sau part yang terpenting pada kendaraan kita

ada yg mau kontribusi ? :
postingan berbobot cendol menanti


Quote:Thread Rules :
  • No Advertising
  • No Spamming, Junker, Greeting, Numpang lewat dsb
  • No 100% OOT
  • Ga ada Nubih, Sesepuh, atau apapun bahasanya
    semua bebas berkontribusi disini

  • Bagi yang melanggar akan dikenai sanksi berupa atau BRP


Quote:Index, Tips and Trick, Trouble shooting



Quote:Thread lain yang saling terkait adalah :

*** Minta Sharing Chainlube ***

Quote:Quote:
(kiri ke kanan) Pin, solid bushing, bushing biasa dan roller


Deretan angka yang ada pada kemasan atau kotak rantai roda wajib diketahui pemilik motor. Total barisan nomor ada 6 yang juga ada di pelat atas rantai. Itu kode rantai yang artinya panjang dan lebar. Ada juga kode huruf.
Sebagi pemilik motor, kita memang harus tahu arti kode itu agar tidak salah pakai rantai

Biar gampang mari kita beda satu persatu gan

Ambil contoh kode rantai 428-104.
Angka yang berada di depan atau angka 4 menunjukan jarak antar pin.
Pin bisa disebut selongsong yang menyambung antar pelat.
Satu angka paling depan ada cara hitungannya sendiri. Kalau di depan angka 4 berarti 4/8 inci. “Satuan inci dikonversi ke mm. Per delapan itu patokan internasional,” pasti Mahmud Rosid, ST, Engineering PT FSCM Manufacturing Indonesia (FMI), produsen rantai roda untuk semua merek motor di Indonesia.
Kalau dihitung, 1 inci sama dengan 25,4 mm. Berarti 4/8 x 25,4 mm yang hasilnya 12,5 mm. Jadi, rantai yang didepannya 4 jarak antar pinnya 12,5 mm.

Lanjut! Angka kedua dan ketiga punya arti jarak antar pelat dalam. Pelat dalam disebut juga inner plate yang posisinya tepat di bawah pelat atas. Kedua pelat ini bisa kelihatan langsung pakai mata. Angka 28 berarti jarak lebar pelat 7,94 mm. Angka itu didapat dari tabel standar rantai.
Setelah tiga angka di depan, ada lagi angka yang menunjukan panjang rantai. Angka 104 berarti panjang rantai 104 mata. Panjang rantai tidak punya satuan. Angka yang menunjukan panjang rantai berarti jumlah mata rantai tempat masuknya gigi-gigi gir belakang dan depan.

Selain angka, ada huruf di belakang tiga angka pertama. Misal, kode rantai 420SB-102, 428H-116, dan 520V-106. Huruf SB berarti solid bushing. Bushing bisa disebut juga as. Posisi bushing jadi tempat masuknya pin.
Solid bushing berarti bushing yang dibikin seperti pipa. Jenis bushing yang biasa seperti pelat ditekuk jadi seperti pipa. Huruf H artinya high tension yang perbedaannya di pelat bagian dalam.

Rantai dengan kode H berarti pelat dalamnnya lebih tebal dibanding rantai tanpa kode H. Karena pelat dalam lebih tebal. Rantai berkode H punya daya tahan minimum tarikan beban 2,1 ton, sedang kalau tanpa kode H minimum ketahanan tarikan bebannya 1,70 ton.
Artinya huruf V spesial. V tanda ada sil penahan gemuk. Silnya dinding luar bushing. Bushing dengan kode V termasuk kategori solid busing. Honda Tiger, Yamaha Scorpio dan Kawasaki Ninja 150 menggunakan jenis rantai dengan kode V.

Quote:
contoh pencantuman kode rantai pada permukaan rantai


Quote:
Rantai roda yang dikenal umumnya tipe 415, 420, 428, 428H dan 520


Quote:
Pastikan bentuk lubang dan sistim pengunci gir depan dan belakang bila ingin ganti gir set


Dulu, MOTOR Plus pernah bahas arti kode tipe mata rantai roda. Tujuannya agar dapat memahami fungsi dan tugas rantai, yang nantinya diharapkan tidak salah pilih ketika ingin ganti tipe rantai.
Apalagi ganti rantai roda masih erat hubungan dengan modifikasi. Seperti ganti ban lebih besar plus penambahan variasi berbobot besar, maka beban atau daya yang diteruskan rantai makin bertambah. Idealnya, spek rantai pun ikut menyesuaikan.
Bahkan ada juga yang ingin kejar bobot dan gesekan lebih ringan, sehingga dengan terpaksa spesifikasi rantai disesuaikan kebutuhan. “Seperti contoh di motor balap. Biasanya tunggangan ini pakai gir ringan yang dimensinya jelas lebih tipis dan ringan dari ukuran standar,” ujar Jeffry Sumendap, mekanik Abadi Motor yang biasa disapa Yongki.

Adapun rantai roda yang dikenal saat ini, tipe ada 415, 420, 428, 428H dan 520. Seperti di Honda Supra X pakai ukuran 428 yang punya kekuatan tarik hingga 1,8 ton. Dan jika ada huruf ‘H’ di belakangnya, menurut tabel rantai kekuatannya bisa sampai 2,1 ton. Namun untuk tipe di bawah kode itu, sudah pasti lebih ringan dan sebaliknya.
Kode rantai juga ada artinya. Macam rantai tipe 420, angka 4 menyatakan jarak antar pin yang besarnya 4/8 x 25,4 mm = 12,7 mm. Lalu dua angka di belakang yaitu 20, menyatakan lebar antara pelat dalam kiri-kanan rantai. Dikonversi pakai tabel rantai, sama dengan 6,25 mm.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak konsumen enggan atau tidak paham soal spesifikasi rantai yang dipakai di motor. Mereka tahunya semua rantai bisa subtitusi alias dipakai ke semua gir tanpa ada masalah. Padahal banyak risikonya.
“Idealnya beli 1 set, yaitu gir berikut rantai. Kalau cuma rantai, kemungkinan besar tidak masuk ke mata gir. Tapi, kalau kebesaran, akan timbul suara berisik tak henti selama roda bergasing,” imbuh Yongki yang beralamat di Jl. Poncol Jaya, No. 9, Kuningan Barat, Jakarta Selatan.

Lain hal jika ada konsumen yang ingin comot rantai dari motor merek lain saat ingin ganti rantai. Kata Yongki, bagian penting yang perlu diperhatikan bukan cuma tipe, tapi juga jumlah mata rantai. Sebab jumlah mata rantai sangat berhubungan dengan panjang dimensi lengan ayun motor yang gir setnya dipakai.
Kalau kepanjangan masih bisa dipotong. Trus, dikunci deh pakai sambungan rantai yang kekuatannya tidak berkurang. Tapi, kalau kependekan, disambung pakai potongan rantai lain pastinya akan sangat berisiko. Soale, kekuatan pin penghubung mata rantai bakal tidak sekuat aslinya.

Dan yang tidak kalah penting bila adopsi satu set gir-rantai motor lain, lihat bentuk lubang dan sistem pengunci gir depan dan belakang. Pasalnya, untuk beberapa tipe motor bebek dan sport, ada beberapa pengunci yang model ring clip atau ring dibaut.
“Biasanya model ring clip dipakai pada gir depan motor tipe bebek keluaran merek Yamaha dan Suzuki. Sementara kalau bebek Honda ditambah ring penahan yang dibaut ke gir. Sedang kan untuk gir belakang, pastikan posisi lubang ke-4 bautnya tidak geser,” pesan Yongki.

sumber : (motorplus-online.com)
Quote:
  1. 420 Links :
    • 420-98 : Semua generasi Honda Astrea 800, Kirana
    • 420-108 : Kawasaki Athlete, Edge, dan Kaze ZX130 R/VR
    • 420-108 : Yamaha Vega ZR dan New Jupiter-Z
    • 420SB-102 : Semua tipe Honda Revo, dan Blade
    • 420SB-104 : Semua tipe Honda Supra 125, Karisma

  2. 428 Links :
    • 428H-110 : Semua generasi Honda GL Max, semua generasi Yamaha RX-K dan RX-King
    • 428H-116 : Honda CS-1
    • 428H-112 : Semua generasi Honda Mega Pro dan GL-Pro
    • 428H-124 : Honda New Mega Pro
    • 428H-120 : Semua generasi Kymco Spike
    • 428-104 : Semua generasi Yamaha Jupiter-Z pelek jari-jari dan pelek racing, semua tipe Honda Supra dan Supra Fit
    • 428-112 : Semua generasi dan tipe Yamaha Jupiter MX135LC
    • 428HDS-120 : Semua generasi dan tipe Yamaha V-ixion
    • 428V-118 : Semua generasi Yamaha Scorpio-Z
    • 428-110 : Semua generasi Yamaha RXS
    • 428-114 : Semua generasi Yamaha YT115
    • 428-98 : Semua generasi Suzuki Shogun 110 dan Smash. Yamaha Vega, New Vega R, dan Crypton
    • 428-100 : Semua generasi Suzuki Bravo. Semua generasi Yamaha F1Z-R, dan Jupiter
    • 428SB-100 : Generasi awal Suzuki New Shogun 125R
    • 428-108 : Semua generasi Suzuki A100
    • 428-122 : Semua generasi Suzuki TS125
    • 428H-124 : Semua generasi Suzuki RGR150
    • 428-128 : Semua generasi dan tipe Suzuki Satria 120
    • 428-104 : Semua generasi dan tipe Suzuki New Smash. Shogun 125, Thunder 125, dan Suzuki Tornado GX
    • 428-120 : Semua generasi Suzuki Satria F-150
    • 428DX-100 : Suzuki Shogun 125-Fi
    • 428-108 : Semua generasi Kawasaki Kaze E/R dan Kymco Cevira
    • 428-102 : Kawasaki Blitz-R dan Kaze Zone R/VR
    • 428V-124 : Semua generasi Ninja 150 R(produksi lokal)

  3. 520 Links :
    • 520V-100 : Thunder 250
    • 520V-104 : Semua Generasi Ninja RR
    • 520V-106 : Semua Generasi Honda Tiger
    • 520V-108 : Semua Generasi NSR




kalo ada yang salah dan ingin menambahkan mohon PM
Oring itu fitur dr rante, yg mana antar plat nya ada seal karet pemisah, jadi plat tidak saling bergesekan dan juga seal akan menympan pelumas di dalam nya, alhasil rante selalu terlumasi

BUKAN TANPA SAMBUNGAN

Spoiler for Clip Sambungan Rante:


Spoiler for konstruksi Oring Chain:


Spoiler for konsep pelumasan Oring:


Spoiler for perbandingan kekuatan dan keawetan type rantai:
penting 5-6 postingan reserved dl
reserved ...
reserved
reserved
reserved
mantau aja deh







ngebut membuat semakin dekat dengan TUHAN
ko sepi yah??
yg ane tau sih klo gear depan di gedein 1 mata itu sama aja ngurangin 2 mata di gear blkg dan sebaliknya....
ctrl-d dulu gan
ane lagi nyari buat cs1 yg variasi kaya dimotor2 tiger yg gear y warna merah,nama y apa ya gan
Quote:Original Posted By bayUNSW

artikel tentang kode rantai & tabel kode rantai untuk kebanyakan motor di Indonesia...

artikel kode rantai


Melintas Malam...............................
lah isinya koq gini doang ...
Yang pasti gir depan ane naik satu mata gear belakang turun dua mata efeknya bensin jadi irit banget, tarikan sih emang jadi rada smooth tapi nafasnya itu bro............. bau eh panjang banget jadinya. Ane pake sss ukuran 415 di satria FU ane yg standar abiz cuma ditoel2 dikit kepala silinder, pake knalpot freeflow, busi iridium, naik jadi 17,5 pilot jetnya. Girnya bli di rumahnya bro immax.... deket tempat ane sih wkwkkwkwk.
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi wabarrakatuh
Salam Brotherhood has No Limits
Kami dari tadi,, eh
Kami dari Suzuki Matic On KASKUS



Mengucapkan

Mohon maaf yang sebesar-besarnya baik yang disengaja maupun tidak disengaja
Baik kesalahan di dunia Maya maupun dunia Nyata

dan mengucapkan selamat berpuasa bagi yang menjalankannya

Quote:Original Posted By jjssmads
Yang pasti gir depan ane naik satu mata gear belakang turun dua mata efeknya bensin jadi irit banget, tarikan sih emang jadi rada smooth tapi nafasnya itu bro............. bau eh panjang banget jadinya. Ane pake sss ukuran 415 di satria FU ane yg standar abiz cuma ditoel2 dikit kepala silinder, pake knalpot freeflow, busi iridium, naik jadi 17,5 pilot jetnya. Girnya bli di rumahnya bro immax.... deket tempat ane sih wkwkkwkwk.


Berarti gear depan matanya ditambah satu,dan diametrnya jadi lebih besar ya gan?Terus sebaliknya yang belakang ya? Tanpa modifikasi mesin,ngga ada keluhan gan?terutama di gigi rendah?
ditunggu nih pencerahan dari si TS...
wah.. bang henry bikin trit serba-serbi.. :
ditunggu ulasan2 ajibnya..

sambil nunggu komparasi chain cleaner & lube nya.. :
go go
×