KASKUS

Kaskus Virus Klinik

"Bring My Knowledge With You"

Basic Malware Removal


Trend virus seluruh di dunia Oktober 2013

Spoiler for lihat:


Trend virus di Indonesia Oktober 2013
Spoiler for lihat:


Malware removal steps

Langkah 1: OldTimer ListIt [OTL]
Spoiler for OldTimer ListIt (OTL):


Langkah 2: Malwarebytes' Anti-Malware

Spoiler for Malwarebytes' Anti-Malware:


Langkah 3: Combofix
Spoiler for ComboFix:


Upload sampel virus di sini: upload virus
username: sample
pass: virusklinik
Spoiler for cara upload virus:


Daftar dokter kaskus virus klinik:
Spoiler for dokter virus:


Pengertian Malware dan Teman-temannya

List Antivirus Home Edition & Coorporate Edition

Mobile Security For Smartphone

General Malware Removal Tools

Specific Malware Removal Tools

List Bootable Rescue Disk

Mengatasi Masalah Yang Muncul Setelah Terkena Virus

http://www.kaskus.co.id/show_post/00...i-sosial-media

Basic Computer Maintenance

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/3970050 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/1144512 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.

Malware Dan Teman-Temannya

Malware
Perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer atau jejaring komputer tanpa izin pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. Istilah 'virus computer' kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni.

Adware
Adware (software iklan) adalah aplikasi perangkat lunak yang secara otomatis memutar, menampilkan, atau download materi iklan ke komputer pengguna tanpa pengguna mengetahui hal itu. Fitur khas pop-up windows atau banner, home pade, dll. Beberapa adware memasukkan program dengan izin pengguna, karena untuk menggunakan program ini, Anda harus menerima kehadiran materi iklan tersebut.
contoh: win32/adware.registrycleanfix2008, win32/adware.mycentria, win32/adware.threatnuker

Backdoor
Backdoor adalah aplikasi client-server yang memungkinkan akses remote ke komputer. Perbedaan dari aplikasi yang sah dengan fungsi yang sama adalah bahwa instalasi backdoor dilakukan tanpa sepengetahuan pengguna.

Boot sector
Boot sector virus menyerang sektor boot dari sebuah hard disk untuk memastikan bahwa mereka berjalan setiap kali komputer dijalankan. merupakan kelompok yang relatif lebih tua dari virus.

Dialer
Dialer adalah program yang dirancang untuk mengarahkan sambungan telepon pengguna ke Internet untuk beberapa nomor premium. Penipuan dialer yang sering digunakan untuk mengarahkan pengguna tanpa menyadarinya.

HLL virus
HLL (Bahasa Tingkat Tinggi) adalah virus yang dibuat dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal, C, C + +, Delphi, Basic atau Visual Basic. Virus umum yang dibuat dalam assembler, namun virus HLL yang lebih besar dan untuk menganalisis mereka sangat rumit.

HOAX
Hoax (rumor) - Banyak hoax dikirim melalui email, forum, bbm, sms. Kebohongan yang paling umum dengan mengatasnamakan perusahaan. Mereka sering menginformasikan tentang konsekuensi bencana, misalnya menghancurkan virus baru. Semua hoax memiliki kesamaan yaitu menyuruh orang lain untuk menyebarkannya segera ke pengguna lain. Ini adalah bagaimana hoax tersebar.
contoh: bahaya makan udang dan vitamin c, trik pin ATM terbalik saat dirampok, penggunaan optical mouse dapat menimbulkan kanker

Macroviruses

virus makro adalah virus yang ditulis dalam bahasa makro: artinya, bahasa yang dibangun ke dalam aplikasi perangkat lunak seperti pengolah kata. Karena beberapa aplikasi terutama Microsoft Office memungkinkan program makro untuk dimasukkan dalam dokumen, sehingga program dapat dijalankan secara otomatis ketika dokumen dibuka, ini memberikan mekanisme yang berbeda dimana virus dapat menyebar.
contoh: melissa.

Phishing
Phishing adalah suatu bentuk kegiatan kriminal dengan menggunakan teknik rekayasa sosial. Hal ini ditandai dengan upaya untuk menipu mendapatkan informasi sensitif, misalnya password, atau rincian kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang yang dapat dipercaya atau bisnis dalam email yang tampaknya resmi. Mendapatkan jenis data pribadi sangat menarik karena memungkinkan penyerang untuk meniru korban mereka dan melakukan transaksi keuangan penipuan.
contoh: email dari bank yang menyuruh anda mengisi kembali data pribadi.

Retrovirus

Retrovirus adalah aplikasi berbahaya mencoba untuk menghapus atau menonaktifkan sistem antivirus.

Rootkit
Rootkit adalah jenis khusus dari infiltrasi mampu menyembunyikan "root" pada komputer yang terinfeksi tanpa sysadmin melihat hal tersebut dan dengan demikian menghindari deteksi. Biasanya adalah paket kode berbahaya yang memungkinkan penyerang untuk mengeksploitasi kerentanan dalam sistem dan mendapatkan kontrol penuh atas terinfeksi root komputer. Yang paling penting dengan rootkit adalah pencegahan - kemampuan untuk menghentikan infiltrasi proaktif ketika mencoba untuk menyusup ke dalam sistem, sebelum dieksekusi. Setelah dieksekusi rootkit mampu membuat dirinya "tak terlihat" dan dengan demikian komputer dapat dieksploitasi sementara pengguna tetap merasa "aman"

Social engineering

Social engineering adalah cara untuk mendapatkan informasi pribadi dengan penipuan. Metode ini biasanya menggunakan telepon atau Internet, mengeksploitasi pengguna awam yang mudah tertipu dengan menyamar sebagai lembaga bisnis yang dapat dipercaya.

Spyware

Spyware adalah program yang menggunakan internet untuk mengirim data berbagai pengguna tanpa pengetahuan pengguna. Spyware biasanya mengirimkan data statistik sebagai informasi tentang program yang diinstal, situs yang dikunjungi, dll Informasi yang diperoleh biasanya dimanfaatkan untuk keuntungan komersial.
contoh: spyaxe, surf saver, sonicmail.

Trojan
perangkat lunak mencurigakan yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna
contoh: zeus, beast, win32/sirefef.a

Virus
Perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer.
contoh: win32/sality, win32/virut, win32/alman

Worm
program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri.
contoh: conficker, win32/netsky.q, win32/autoit
sumber: ESET Wikipedia

Antivirus Home Edition & Coorporate Edition

Untuk mendapatkan proteksi yang efektif saat ini tidak hanya dibutuhkan antivirus saja, tetapi juga proteksi multiple layer yaitu kombinasi dari antivirus, antispyware, firewall, anti-rootkit dan antispam. Terutama sekali bagi anda yang aktif menggunakan jaringan internet personal firewall menjadi amat penting untuk mencegah intrusi dari luar.

Beberapa feature antivirus:
  1. Antivirus, perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus. Juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya komputer dari sistem komputer.
  2. Antispyware, didesain untuk melindungi data pribadi dan privasi online.
  3. Personal Firewall,didesain untuk melindungi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. (wikipedia)
  4. Parental control, perangkat lunak yang memungkinkan orangtua memonitor aktivitas anak-anak pada komputer. Bahkan perangkat lunak ini bisa digunakan untuk membatasi informasi macam apa yang boleh dan tidak boleh untuk diakses sesuai dengan pilihan Anda. Dengan pembatasan diri ini, kekhawatiran akan dampak buruk internet pada anak, bisa dihindari. (kompas)
  5. Antispam, antispam didesain untuk secara otomatis menfilter email-email yang tidak diinginkan seperti penawaran produk dan lain sebagainya.
  6. Host-Based Intrusion Prevention System (HIPS), berguna untuk memblock perubahan pada program tanpa ijin.(eset)


"Antivirus yang saya pilih untuk notebook adalah antivirus yang memiliki kinerja terbaik namun tidak membebankan sistem."

Berikut hasil beberapa kategori test dari av-comparatives.org
Spoiler for lihat hasil:


Berikut daftar thread antivirus yang ada di kaskus.
Anda bisa membandingkan dengan berdiskusi di thread tersebut untuk kemudian menentukan antivirus mana yang cocok untuk komputer atau notebook anda agar tetap aman.

Antivirus Home Edition

Avast
http://kask.us/1940811

AVG
http://kask.us/4592540

AVIRA
http://kask.us/3260347

Bitdefender.
http://kask.us/1015809

eScan
http://www.escan.co.id/home.php

ESET
http://kask.us/5085d8f91d7608854000001c

F-Secure
http://kask.us/6740509

G DATA
http://www.gdata.de/

K7
http://www.k7computing.com

Kaspersky
http://kask.us/14750470

McAfee
http://www.mcafee.com/us/

Microsoft
http://kask.us/6313188

Norman
http://kask.us/16502584

Panda
http://www.pandasecurity.com

PC Tools
http://www.pctools.com/

Sophos
http://www.sophos.com/en-us/default.aspx

Symantec/Norton
http://kask.us/13345462

Trend Micro
http://kask.us/8498778

TrustPort
http://www.trustport.com/en

Webroot
http://www.webroot.com/En_US/index.html


Antivirus Coorporate

Antivirus coorporate memiliki berbagai kelebihan karna biasanya digunakan di dalam jaringan kantor yaitu:
  1. Centralize manajemen. manajemen terpusat yang dapat mengontrol keadaan antivirus yang ada di workstation.
  2. Centralize update. hanya server antivirus yang melakukan update, workstation yang lain yang ada di jaringan update ke server tersebut)
  3. Manajemen lisensi.
  4. Remote install. Menginstall antivirus di workstation via server jadi tidak perlu keliling komputer satu-persatu di dalam jaringan.
  5. Remote scan, melakukan scan via server.
  6. Policy terpusat, pengaturan policy dan konfigurasi dilakukan lewat server.
  7. Notifikasi, apabila terjadi virus outbrake akan otomatis memberikan informasi ke IT operational via email.
  8. Report, menampilkan informasi keadaan security di dalam jaringan.


Avast
http://www.avast.com/business

AVG
http://www.avg.com/gb-en/business-security

AVIRA
http://www.avira.com/en/for-business

Bitdefender.
http://www.bitdefender.com/business/

eScan
http://www.escanav.com/english/conte...can_smb_av.asp

ESET
http://www.eset.co.id/inside/index.p...uk/office-user

F-Secure
http://www.f-secure.com/en/web/business_global

G DATA
http://www.gdatasoftware.com/product.../business.html

K7
http://www.k7computing.com/en/enterp...sesecurity.php

Kaspersky
http://www.kaspersky.com/business

McAfee
http://www.mcafee.com/us/small-busin...solutions.aspx

Microsoft
http://www.microsoft.com/en-us/serve...harepoint.aspx

Norman
http://www.norman.com/business/en

Panda
http://www.pandasecurity.com/enterpr...ions/business/

PC Tools
http://www.pctools.com/

Sophos
http://www.sophos.com/en-us/default.aspx

Symantec/Norton
http://www.symantec.com/protection-s...siness-edition

Trend Micro
http://www.trendmicro.com/us/small-b...ess/index.html

Webroot
http://www.webroot.com/En_US/business/

General Malware Removal Tools

Program-Program berikut bisa digunakan untuk scan PC/notebook terhadap malware pada umumnya.

Malwarebyte antimalware
Spoiler for how to use:


Combofix
Spoiler for how to use:


Awsmbr
Spoiler for how to use:


ESET Online Scanner
Spoiler for how to use:


HijackThis
Spoiler for how to use:


IceSword
http://www.majorgeeks.com/Icesword_d5199.html

OTL
Spoiler for how to use:


Rkill
http://www.bleepingcomputer.com/download/rkill/

Rogue Killer
http://www.geekstogo.com/forum/files...3-roguekiller/

Sophos - Virus removal
http://www.sophos.com/en-us/products...oval-tool.aspx

TDDS
http://support.kaspersky.com/downloa...tdsskiller.exe

Kumpulan program-program di atas bisa anda download di sini:
http://virusklinik.net/archive - bagian Malware removal tools [general]

Specific Malware Removal Tools

Gunakan program berikut untuk membersihkan komputer/notebook dari virus yang spesifik.

Conficker
Spoiler for langkah:


Ramnit
Spoiler for langkah:


Sality
Spoiler for langkah:


Virut
Spoiler for langkah:

Mengatasi Masalah Yang Muncul Setelah Terkena Virus

Folder Option, Control Panel, Task Manager, Regedit, Run, Task Bar, Search dan lain-lain Tidak Berfungsi.
Spoiler for solusi:


File Tidak Kelihatan (terhidden)
Spoiler for solusi:


Harddisk / Flashdisk Tidak bisa di klik 2x (muncul open with, error message)
Spoiler for solusi:


File .EXE Tidak Bisa Dijalankan
Spoiler for solusi:


Mengatasi Tulisan Yahoo Messenger Yang Tidak Kelihatan


Spoiler for solusi:

Tips Mencegah Virus Masuk, Aman dan Nyaman Di Sosial Media

Tips Mencegah Virus Masuk ke PC/Notebook
Spoiler for mencegah virus:


Tips Aman di Social Media
Spoiler for stay safe:


Tips Nyaman di social media
Spoiler for stay safe:

Basic Computer Maintenance

Maintenance komputer atau notebook yang anda miliki bertujuan untuk menjaga kinerja komputer atau notebook yang anda gunakan. Sehingga anda tidak perlu menunggu lama ketika menyalakan komputer atau notebook sampai siap digunakan juga ketika anda membuka sebuah program komputer atau notebook anda akan memprosesnya dengan cepat.

*jalankan ketika anda merasa kinerja komputer anda menurun atau beberapa bulan sekali.

Berikut adalah dasar-dasar maintenance komputer yang amat mudah dilakukan.

1. Buang program yang sebenarnya tidak anda butuhkan.
Coba lihat di add/remove program dari control panel, sebanyak itukah program yang anda butuhkan. Games, utilities, toolbar dan lain-lain bahkan mungkin ada program yang anda install namun anda sendiri tidak tau itu untuk apa.
Uninstall program-program yang anda sudah tidak membutuhkannya dan games yang tidak lagi anda mainkan.

2. Bersihkan hardisk dari file-file yang tidak dibutuhkan.
Windows temporary file, cookies, temporary internet files, history, prefetch, java cache dan recycle bin.
Gunakan CCleaner, ATF cleaner dan TFC

3. Bersihkan invalid registry entry.
Gunakan CCleaner

4. Bersihkan startup item yang tidak dibutuhkan.
Lihat berapa banyak program yang berjalan pada saat komputer anda pertama kali dinyalakan. Gunakan hijackthis atau CCleaner untuk membuangnya.
Bila anda tidak mengerti baris mana yang harus dihilangkan, post log hijackthis komputer anda ke sini dengan senang hati saya akan membantu.

5. Defrag Harddisk
Setelah komputer anda bersih dari program-program yang tidak perlu, bersih dari file-file sampah yang tidak berguna dan registry anda bersih dari invalid registry entry. Langkah terakhir adalah merapikan file-file yang ada di dalam komputer anda dengan menggunakan software defragment. salah satunya MyDefrag

sebelum menjalankan MyDefrag. lakukan hal berikut:

Matikan page file.
Caranya. klik kanan my computer - properties - advanced. dibagian performance klik settings advanced - change.
klik no pagging file.

Matikan system restore.
klik kanan my computer - properties - system restore.
turn off system restore on all hard drive.

Lalu jalankan JkDefrag.exe. tunggu proses sampai selesai.
-----------------------------------------------------------------------------------------

Download software yang anda butuhkan di sini.
CCleaner
ATF Cleaner
MyDefrag

Sumber.
http://forums.majorgeeks.com/showthr...d.php?t=106650

Mobile security untuk smartphone

Berikut daftar antivirus untuk smarphone terutama android.
Beberapa feature dari antivirus mobile:
  1. Antivirus - Perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus.
  2. Anti-Theft System – Adalah fitur untuk mengunci dan mengetahui lokasi smartphone yang hilang.
  3. SIM Matching – Adalah fitur untuk memuat daftar kartu-kartu SIM yang diperbolehkan di masing-masing perangkat smartphone. Jika ada kartu SIM lain dimasukkan ke dalam perangkat smartphone Anda oleh orang lain, maka sebuah peringatan dalam bentuk pesan teks akan disampaikan pada Anda secara otomatis, yang berisi IMSI dan nomor telepon, agar Anda dapat melokalisir posisi pelaku tersebut.
  4. Remote Wipe – Menghapus semua data (termasuk daftar telepon dan pesan-pesan) yang tersimpan di dalam handset, demikian juga pada data yang tersimpan di memory card.
  5. Call/SMS Filter - Untuk melakukan block terhadap telp atau sms dari contact yang tidak diinginkan.


Hasil test av-comparatives terhadap deteksi malware di android agustus 2012.
Spoiler for mobile security:


avast! Free Mobile Security
http://www.avast.com/free-mobile-security

Bitdefender Mobile Security
http://www.bitdefender.com/solutions...y-android.html

ESET Mobile Security
http://www.eset.com/us/home/products...bile-security/

F-Secure Mobile Security
http://www.f-secure.com/en/web/home_...obile-security

IKARUS mobile.security
http://www.ikarus.at/en/private/prod...-security.html

Kaspersky Mobile Security
http://www.kaspersky.com/mobile_downloads

Lookout Premium
https://www.lookout.com/premium

McAfee Mobile Security
http://www.mcafee.com/uk/products/mo...ity/index.aspx

Qihoo 360 Mobile Safe
http://corp.360.cn/ps/coresecuritypr...ducts.html#3ms

Sophos Mobile Security
http://www.sophos.com/en-us/products/mobile.aspx

Trend Micro Mobile Solutions
http://www.trendmicro.com/us/home/pr...ons/index.html

TrustGo Antivirus & Mobile Security
http://www.trustgo.com/en/

Webroot SecureAnywhere™ Mobile Premier
http://www.webroot.com/En_US/consume...-security.html
Protecting your Computer from Malware.
Spoiler for Video:

Malware adalah bentuk lain dari virus yang dapat membahayakan komputer kita dan bisa dibuat utk melawan kita dengan memanipulasi beberapa perintah dan mengkacau-balaukan semuanya.
Kalau kita berasumsi, siapa yang bakal melakukannya kalau kita tidak punya musuh. Nah, kita harus berpikir ulang, sebab hacker ini seringkali tidak mentargetkan untuk orang tertentu saja tapi seluruh dunia (kalau perlu).
Mereka menciptakan beberapa kode yg merusak dan mencoba untuk menularkannya pada semua komputer.
Saya tidak tahu alasannya. Mungkin untuk menunjukkan eksistensinya plus kemampuan yang bisa mereka lakukan.
Tapi kita tinggal sendirian untuk cuma bisa diserang mereka.
Tim dari Google sudah menyediakan beberapa tips menarik yang bisa membantu komputer kita tetap aman dari serangan malware.
Silahkan lihat video di atas.

*Mohon maaf buat TS, saya mau ikut sharing di sini
ninggalin jejak
rumah baru semangat baru ....
semakin bermanfaat keep fight
hanya ingin melintas,,kalo tidak berkenan silahkan delete post ini...







♥♥Suka™♥♥
selamet deh rumah barunya..

semoga makin bermanfaat..
selamat buat rumah baru'y gan..

ntar klo kompi ane kenapa" lagi ane tanya ke sini

Useful Tools with official link

Kaspersky Virus-fighting utilities --> yang sering dibutuhkan pengguna adalah TDSS Killer, Sality Killer, dan Virut Killer.

ESET Stand-alone malware removal tools --> penjelasan lebih rinci silakan tanya ke om gober

Microsoft Process Explorer --> untuk memeriksa process yang di-load atau dibuka di komputer agan.

Download dan pasang VirusTotal Uploader --> Link Resmi; untuk mengirim dan memeriksa file2 yang dicurigai.
Silakan baca infonya disini What is VirusTotal Uploader

Neuber Security Task Manager --> Windows Task Manager yang telah disempurnakan

ComboFix --> Penting : baca dulu tutorialnya

TrendMicro FakeAV Removal Tool --> silakan baca dulu FakeAV yang sudah bisa dihapus.

Gmer --> untuk mendeteksi dan menghapus rootkit.

Zemana AntiLogger --> baca penjelasannya disini

Panda Yorkyt.exe disinfection tool --> untuk mendeteksi dan menghapus Trj/Sirefef dan Rootkit/ZAccess.

McAfee Labs RootkitRemover --> baca penjelasannya disini

PC Media products (PCMAV Express); liat di http://www.kaskus.co.id/show_post/00...media-products


Stand-alone virus scanner alias portable virus scanner; tidak perlu di-install, tidak perlu koneksi internet saat memeriksa (berbeda dengan online scanner), tapi tidak menyediakan real-time protection.



Jalan terakhir sebelum install ulang Windows
Silakan pilih yang sesuai dengan kemampuan koneksi internet; karena file2 ini besarnya diatas 100 MB
Usahakan untuk men-download dan mem-burn di komputer yang bersih dari virus.
Semua link dibawah adalah resmi milik vendor ybs :

Kaspersky Rescue Disk

Avira Rescue System

Dr.Web LiveCD

F-Secure Rescue CD

AVG Rescue CD
ini dia yg ditunggu...biar yg laen ane giring kemari kl penyakitan
anti virus siiippp
go go