KASKUS

Video FOTO: Desain Megaproyek Jembatan Selat Sunda

Quote:Rencana pembangunan megaproyek Jembatan Selat Sunda terus digodok. Jika terealisasi, ini akan menjadi jembatan dengan bentang tengah terpanjang kedua di dunia.

Jembatan dengan total panjang sekitar 29 kilometer itu dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama dengan panjang bentang mencapai 2.500 meter. Jembatan ini akan dilengkapi infrastruktur seperti transmisi gas, rel kereta api, transmisi listrik, dan transmisi air minum.

Sementara itu, untuk pengembangan kawasan, akan disusun berbagai macam zona seperti zona industri, pariwisata, energi, logistik, pengembangan teknologi, dan pengolahan ekspor.

Menurut bahan Kementerian Pekerjaan Umum, pembangunan Jembatan Selat Sunda ini mempertimbangkan lonjakan lalu lintas sebagai dampak perkembangan ekonomi.

Lalu lintas antar Pulau Jawa-Sumatera itu diperkirakan dapat mencapai 20.000-27.000 kendaraan per hari pada 2025. Padahal, jumlah kendaraan pada 2007 sebanyak 11.500 unit per hari.

Belum lagi dibutuhkan waktu panjang untuk bongkar muat dan transfer dibutuhkan 2-6 jam. Kelemahan jalur transportasi selama ini yaitu kemacetan parah, terutama musim liburan dengan waktu tunggu mencapai lebih dari 24 jam, dan sangat bergantung pada kondisi cuaca.

Rencananya jembatan ini akan mulai dibangun pada 2014 dan memakan waktu sekitar 10 tahun untuk pengerjaannya. Nilai proyek juga berubah-ubah, dari awalnya diperkirakan Rp100 triliun, kini meningkat menjadi Rp215,37 triliun. Namun, biaya itu masih bersifat estimasi awal berdasar kuantitas atau volume pekerjaan dan harga satuan pekerjaan.

Rincian itu juga memerlukan pendalaman lebih lanjut karena belum dimasukkan harga pengadaan lahan, biaya perencanaan, biaya finansial, dan sebagainya.


FOTO: Desain Megaproyek Jembatan Selat Sunda

Quote:Quote:Pembangunan Jembatan Selat Sunda tengah dimatangkan. Jembatan yang menghubungkan Pulau Sumatera-Jawa ini direncanakan memiliki panjang 29 kilometer dan dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama dengan panjang bentang mencapai 2.500 meter. Jembatan yang direncanakan dibangun 2014 ini memakan dana lebih dari Rp215 triliun. Sumber: Kementerian Pekerjaan Umum


Jembatan Selat Sunda ini direncanakan memiliki panjang 29 kilometer dan dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama dengan panjang bentang mencapai 2.500 meter.


Jembatan Selat Sunda direncanakan akan mulai dibangun tahun 2014 dan memiliki panjang 29 kilometer.


Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Sumatera-Jawa ini direncanakan dibangun 2014 dan memakan dana lebih dari Rp215 triliun.


Jembatan yang menghubungkan Pulau Sumatera-Jawa ini direncanakan memiliki panjang 29 kilometer, dan dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama.

Quote:http://bisnis.vivanews.com/news/read...an-selat-sunda





lumayan juga gan jembatannya
ane udah pernah liat desain nya di koran-koran
keep posting gan











kunjungi Thread pertama ane di Lounge ya
:: Hati-Hati yang sering pake ponsel ::
jembatan kebanggan indonesia nih
semoga pembuatan jembatanya lancar
Keren, mudah-mudahan beneran dibangun...
kurang asoy ah desain jembatanya
keren tuh gan 2 pulau besar dihubungkan
wah keren banget gan lama lama indonesia semakin maju ya?

jadi kaya berasa di amerika kalo berdiri di itu jembatan entar


nitip thread bermutu gan
Spoiler for cara membuat fingerboard:
klo roboh bahay tuh gan




mampir dong gan..
Quote:Hal yang dapat Menyebabkan Orang yang Masih Muda menjadi Pelupa


This comment was posted by Dragovich.
All rights reserved. Copyright 2011
Signature anti Bot Copy-Paste.

keren gan.., semoga terwujud deh
klo jembatan roboh lsg kelelep dong gan
Wuiihhh ada rel keretanya

Woww kereeennn... Moga2 beneran dibikin n jd landmark Indonesia
wowww mantab panjangnya gan, semoga bisa segera terealisasikan...



Belut dan Cacing Kualitas Terbaik
lumanyan lah bisa menghemat waktu kl dah jadi
woooooooooo
manteb banget gan semoga cepet deh
moga2 aja terealisasi yh gan jgn kayak monorail
panjang bener ya klo dah jd
×