KASKUS

USuL buat pembuat Undang-Undang,
mohon utk pembuatan sim atau perpanjangannya, biayanya dibebankan kepada negara alias gratis kayak e-ktp. Juga semua biaya2 turunannya spt cek kesehatan, asuransi dll ditanggung pemerintah.
artinya pemohon tdk bawa sepeserpun uang dari rumah boleh bawa pulang sim (terutama warga kismin).
negeri kita cukup kaya dari sumber alam, sehingga tidak perlu ada penerimaan negara dari sektor ini.
bahkan bpkb tdk perlu dipungut biaya, pendapatan negara cukup dari pajak kendaraan dan pajak jual beli/ balik nama.
artinya tdk transaksi pemohon dan dephub (sbg penerbit sim). namanya usul, diterima boleh, dilogika boleh.


atau paling tidak, ada keringanan tarif buat sopir transportasi umum (angkutan barang, angkot, ojek dll) dan warga miskin.

perpanjang sim bekasi, ktp jakarta?

Maaf mau tanya...
Sim bekasi saya sudah kadaluarsa januari kemarin, apakah bisa perpanjang ya? namun saya sudah tidak memiliki ktp bekasi melainkan ktp jakarta. Mohon bantuan infonya dari agan sekalian. Trims.
Mau tanya, kalo mengemudi Elf short chassis itu pake SIM A atau B1 .... ?

Kebetulan ane ada rencana mau beli Elf short chassis, buat pemakaian pribadi (plat hitam)
Quote:Original Posted By brucebatman
Maaf mau tanya...
Sim bekasi saya sudah kadaluarsa januari kemarin, apakah bisa perpanjang ya? namun saya sudah tidak memiliki ktp bekasi melainkan ktp jakarta. Mohon bantuan infonya dari agan sekalian. Trims.


izin share gan, agan cabut berkas aja nanti bikin surat pindah ke tempat polres domisili agan sekarang
mudah2an membantu
Permisi mau tanya Gan,

Ane kan sekarang KTP domisili jakarta barat, SIM ane bandung dan udah abis desember 2012....
1. Apakah masih bisa diperpanjang? atau harus bikin baru?
2. Kalo cabut berkas dan bikin surat pindah berarti ane mesti ngurus dulu ke Bandung ya?, apa bisa langsung di Daan Mogot?

Tengkyuu
Quote:Original Posted By brucebatman
Maaf mau tanya...
Sim bekasi saya sudah kadaluarsa januari kemarin, apakah bisa perpanjang ya? namun saya sudah tidak memiliki ktp bekasi melainkan ktp jakarta. Mohon bantuan infonya dari agan sekalian. Trims.


Waktu pertama kali bikin SIMnya dimana? kalau di Daan Mogot, bisa langsung perpanjang di SIM Keliling, nanti alamatnya diperbaiki. Kalau bikinnya di Polres Bekasi, kudu bikin lagi disana.
salam kenal semua gan...

mau nanya ni,
adik gw KTP nya udah e-KTP (yang katanya berlaku nasional) tapi belum punya SIM A dan sekarang udah kerja di jakarta. asal dia dari jawa dan e-KTP nya pun keluaran jawa tengah.

nah pertanyaannya, kira2 bisa ga dia buat SIM jakarta menggunakan e-KTP jawa tengah?
agak membingungkan karena di aturan buat SIM kan katanya pake KTP setempat, tetapi di aturan soal e-KTP berbunyi bahwa e-KTP itu berlaku nasional


mohon pencerahannya gan
misi masgan

sim ane habis masa berlakunya awal juli, sebagai warga negara yang baik ane ke samsat kebon nanas jakarta timur tuh pas awal juni mau perpanjang

sampe sana, baru di prosedur awal, di cek sim ane jawaban yang ane terima adalah ane harus ke daan mogot karena data ane blm di input dari daan mogotnya

mohon pencerahannya masgan
apa jalan satu2nya ane mesti ke daan mogot? jauhnya amit2 dah
Problem solved -edited- thx
Thread ni sgt berguna btw
ane kan tinggal di kabupaten bandung,otomatis ktp ane ktp kabupaten dan buat sim harus di polres kab bandung juga, nah sekarang kan udah ada e-ktp. apa bisa ane but sim di kodya?secara kan katanya e -ktp itu walaupun kita pindah domisili ga perlu bikin ktp baru. mohon pencerahannya gan
Quote:Original Posted By fanugrah
ane kan tinggal di kabupaten bandung,otomatis ktp ane ktp kabupaten dan buat sim harus di polres kab bandung juga, nah sekarang kan udah ada e-ktp. apa bisa ane but sim di kodya?secara kan katanya e -ktp itu walaupun kita pindah domisili ga perlu bikin ktp baru. mohon pencerahannya gan


belum bisa gan,, data yg di e-ktp blm sinkron dengan SIM soalnya jd meskipun e-ktp dah berlaku nasional tapi untuk SIM masih sesuai dengan format lama. ktp kabupaten ya harus bikin di polres kabupaten (klo perpanjangan di sim keliling).
Gan , kalau ane mau bikin SIM dengan E-KTP kampung tp buatnya di DKI Jakarta bisa ga ya gan?? denger" e-Ktp BISA DIGUNAKAN UNTUK APA SAJA??

Mohon Infonya..
Quote:misi masgan

sim ane habis masa berlakunya awal juli, sebagai warga negara yang baik ane ke samsat kebon nanas jakarta timur tuh pas awal juni mau perpanjang

sampe sana, baru di prosedur awal, di cek sim ane jawaban yang ane terima adalah ane harus ke daan mogot karena data ane blm di input dari daan mogotnya

mohon pencerahannya masgan
apa jalan satu2nya ane mesti ke daan mogot? jauhnya amit2 dah


ijin jawab gan,, dulu berarti agan bikin SIM nya di Daan Mogot ya? brarti agan harus ke Daan Mogot lagi buat perpanjangan karena jelas data agan adanya di Daan Mogot. klo ga mau ke sana coba di SIM Keliling aja gan...

Quote:Original Posted By aphinkz
Gan , kalau ane mau bikin SIM dengan E-KTP kampung tp buatnya di DKI Jakarta bisa ga ya gan?? denger" e-Ktp BISA DIGUNAKAN UNTUK APA SAJA??

Mohon Infonya..


ga bisa gan, klo ktp daerah bikin sim juga sesuai daerahnya gan.
Quote:Original Posted By buduik.ketek

uu/22/2009,terutama tata cara berkendara,etika dan aturannya...misalnya klo belok itu harus gmn,dsb....

gk mslh gan,d tempat ane pake kendaraan sendiri gpp..dy bawa yg matic jg gpp

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.



download ada ga?
barusan ga lulus ujian teori maksimal salah 9 gue salah 12

banyak salah di gambar, wong gambarnya surem gitu : apalagi yang gambar pak polisi ngacungin apa tuh yg buat tanda lewat, ga jelas

Quote:Original Posted By deadcow
Gan mo nanya... kemarin tgl 24 nyoba bikin SIM secara resmi ke daan mogot tapi ternyata gak lulus ujian tulis karena nilainya 17
Nah... disuruh test ulang tanggal 7 Juni minggu depan... Masalahnya saya ada keperluan luar kota di tanggal tersebut, apakah testnya boleh diundur atau musti gimana ya gan?
Sebenarnya kenapa musti nunggu 2 minggu lagi yah gan.. apa tidak bisa kita datang lagi pas kita ada free gitu?

Thanks untuk yang bantu menjawab


nah same question... soalnya takut keburu saya pindah ngekos di Semarang

Quote:Original Posted By surobarca

numpang share aja gan, minggu lalu ane disuruh tes ulang tanggal 7 juni, tapi ane tadi dateng tanggal 5. kalo menurut ane gak masalah kalo gak dateng pada tanggal yang ditetapkan. yang penting tidak melewati 2 minggu dari tanggal nte tidak lulus. itu sih yang ane dapet dari arahan polisi di daerah rumah ane


nembak, tapi kalo di daerah ane gak bisa karena peraturan sudah ketat. 2 minggu yang lalu dapet info dari para calo kalo mau nembak daerah depok aja.
cuma kalo boleh ane ngasih saran, mending bikin sendiri. pelayanannya cukup memuasakan menurut ane
akhirnya ane lulus juga dengan hasil sendiri meskipun harus ngulang praktek dan teori masing-masing 1 kali
maaf kalo ada kata-kata yang salah mencoba share aja


kalo dateng 1 minggu sebelum ujian ulang bisa gan?
tar gue dateng didamprat lg "kamu kan ngulang tanggal segini" :

Depok udah ga bisa nembak gan
kalo bisa gue nembak aja td
Quote:kalo dateng 1 minggu sebelum ujian ulang bisa gan?
tar gue dateng didamprat lg "kamu kan ngulang tanggal segini" :

Depok udah ga bisa nembak gan
kalo bisa gue nembak aja td


klo ente pake jalur normal ga bakalan boleh gan, dtg lagi sesuai dengan tanggal yg dah ditentuin atau sesudah tanggal,, kecuali ente punya kenalan orang dalam.,,
Quote:Original Posted By ekodokdisini


klo ente pake jalur normal ga bakalan boleh gan, dtg lagi sesuai dengan tanggal yg dah ditentuin atau sesudah tanggal,, kecuali ente punya kenalan orang dalam.,,


ga boleh ya?
yaudah deh...

tapi kalo disuruh ngulang lg mampus gue... agustus udah cabut ke semarang, mau kuliah

bisa ga ya 'nego' (bukan mau curang tp kepepet ) or ada yang punya 'orang dalem' polres depok?
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


ga boleh ya?
yaudah deh...

tapi kalo disuruh ngulang lg mampus gue... agustus udah cabut ke semarang, mau kuliah

bisa ga ya 'nego' (bukan mau curang tp kepepet ) or ada yang punya 'orang dalem' polres depok?


klo mslsh 'nego" coba aja langsung ke tkp trus utarakan ama petugas disana kasih penjelasan sesuai yg ente bilang klo mau kuliah di semarang dan butuh sim buat disana,, semoga sukses bos.
Quote:Original Posted By ekodokdisini


klo mslsh 'nego" coba aja langsung ke tkp trus utarakan ama petugas disana kasih penjelasan sesuai yg ente bilang klo mau kuliah di semarang dan butuh sim buat disana,, semoga sukses bos.


okedeh, nanti kalau test lg gue coba 'nego' deh
masalhnya klo balik lagi udah gabisa udah kudu bertolak ke Semarang

oke makasih ya bro
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


okedeh, nanti kalau test lg gue coba 'nego' deh
masalhnya klo balik lagi udah gabisa udah kudu bertolak ke Semarang

oke makasih ya bro



oke sips,, banyak jalan menuju roma gan.. yg penting niat dan usahanya..
Bro mau tanya kalau Gerai SIM yang di Mall Artha Gading masih ada ngga ya? Secara deket ama rumah. Kali aja ada Mas Bro yang rumahnya di priok bisa kasih info.

Makasih ya Gan...