All About Air Band Listener


All About Air Band Listener


Airband adalah jalur frekuensi radio yang digunakan untuk keperluan komunikasi Penerbangan komersial.

frekuensi Airband adalah 118 – 136 MHz dijalur VHF dan dengan modulasi AM.

Spoiler for tambahan info dari agan gil380:


bagi para Hobby Listen Komunikasi Penerbangan berikut list frequensi nya :

Spoiler for Frequensi List:


bagi yang mau membuat rangkaian sederhana receiver airband ini bisa klik disini

index post :

perkenalan komunikasi Airband
ADS-B receiver Menggunakan RTL SDR
artikel tata cara Komunikasi pada Airband
List Kumpulan frequensi Radio
Air to air communication
apa artinya VOR
Modifikasi Radio Biasa menjadi Radio Airband
reserved
Quote:Original Posted By jivevava
siap gan sudah saya post disana, thankyou


makasih gan...
dah lama pengin njajal airband...
soalnya deket sama lanud husein.
Quote:Original Posted By ANDHl
Silahkan tanya di thead [Q & A] buat pemula dan general question gan.
Kebetulan ane juga penggemar airband.
Tq


cepet amat mbah??hahaha
Mohon maaf.... sekedar saran..

Silahkan buat thread yang berjudul "All Abot Air Band Listener" atau sejenisnya.
Nanti bisa tukar2 info airband disitu.
Kalau thread ini berdasar judul dan post pertama kurang cocok krn berisi pertanyaan teknis.
Bisa juga thread ini dilanjutkan, tp TS agar merubah post pertama.
Tulis aja penjelasan ringkas tenatang airband.

makasih

Ps:
saya juga penggemar airband listener loh..... standby di 120.900
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.... By MBAHPAIJO
barusan liat upacara di istana dari tv.
ada pertunjukan fly pass,
pilotnya ngucapin hut ri dari pesawat.
kira2 di frek berapa ya ?

masih cita2..

saya tinggal didekat bandara abd. rahman saleh malang, saat ada orang yang dengering percakapan antara pesawat dengan tower, saya jadi kepingin, moga segera terwujud. budget 2 jt-an. mohon sarat perangkat yang cocok, matur nuwun.
Quote:Original Posted By garengjos
saya tinggal didekat bandara abd. rahman saleh malang, saat ada orang yang dengering percakapan antara pesawat dengan tower, saya jadi kepingin, moga segera terwujud. budget 2 jt-an. mohon sarat perangkat yang cocok, matur nuwun.


kalo pake RIG pake Icom IC2200(black) aja masbro.. atau kalo Alinco DR135Mk3 kedua rig tersebut dah saya coba listen airband lancar jaya, atau kalo mau pake Handytalky bisa pake vx1, Vx2, VX3 jd bisa utk dibawa jalan2 juga cuma utk transmit power nya kecil beda sama RIG.
Sampe sekarang kuping ane msh susah mencerna apa yg diomongin, selain ngomongnya cepet, kode2 khusus juga ga paham..
mau nambahin dikit

Adisumarmo ATIS 127.200 (Informasi cuaca otomatis)

kalau tower nya belum pernah bisa dengerin
Neh daftar frekwnesi airband se indonesia
Bagian bawah
http://www.telomoyo.com/frekwensi.htm
Quote:Original Posted By JZ09IYY
Sampe sekarang kuping ane msh susah mencerna apa yg diomongin, selain ngomongnya cepet, kode2 khusus juga ga paham..


iya masbro saya juga banyak ga ngerti nya, itung2 ada yg nemenin tidur aja ada yg begadang nonstop berkicau, ahhahaa

Quote:Original Posted By mbahpaijo
Neh daftar frekwnesi airband se indonesia
Bagian bawah
http://www.telomoyo.com/frekwensi.htm

wow makasih mbah
Quote:Original Posted By mbahpaijo
Neh daftar frekwnesi airband se indonesia
Bagian bawah
http://www.telomoyo.com/frekwensi.htm


Kalau ground staff SHIA ngobrolnya di frek mana ya?

Quote:Original Posted By jivevava
iya masbro saya juga banyak ga ngerti nya, itung2 ada yg nemenin tidur aja ada yg begadang nonstop berkicau, ahhahaa


wow makasih mbah


Xixixi.. malah ga bisa tidur dong bro..

kalo frek. antar pesawat?

jivevava: tx om..
Mbah paijo: kalo antar pesawat di udara pakai frek. apa mbah, contohnya pas memberi perintah manufer bersama
Quote:Original Posted By jivevava
kalo pake RIG pake Icom IC2200(black) aja masbro.. atau kalo Alinco DR135Mk3 kedua rig tersebut dah saya coba listen airband lancar jaya, atau kalo mau pake Handytalky bisa pake vx1, Vx2, VX3 jd bisa utk dibawa jalan2 juga cuma utk transmit power nya kecil beda sama RIG.


om... diriku pake Icom IC-2200Hyang item kok nda isa airband ya??















*oh ternyata item nya gara2 tak pilox sendiri*

wkakakakakak

*salam blo'on
Baru tau ane ada thread begini. Sekedar nyumbang gan.

PENGENALAN
Radiotelephony merupakan sarana bagi Pilot dan petugas lalu lintas udara untuk saling berkomunikasi. Informasi dan instruksi yang di berikan sangat vital untuk tetap menjaga keselamatan dan operasi yang lancar dari setiap pesawat terbang. Penggunaan kata-kata yg tidak sesuai standart penerbangan dapat menyebabkan kesalahpahaman. Insiden dan kecelakaan pesawat banyak terjadi karena kesalahpahaman kedua belah pihak karena tidak menggunakan kata-kata (phraseology) yang baku.

FREKUENSI
Frequensi komunikasi pesawat terbang bermacam-macam.
HF (High Frequency) digunakan untuk jangkauan yg lebih jauh, seperti penerbangan lintas samudra, dimana jangkauan komunikasi VHF (Very High Frequency) tidak dapat digunakan lagi.

Penggunaan VHF sebagai pita komunikasi utama penerbangan karena suara yg dihasilkan cenderung lebih jernih daripada HF.

VHF yang digunakan untuk kominikasi pesawat udara dan petugas lalu lintas udara berada pada frekuensi 118.0-136.975 Mhz.

Jangkauan Komunikasi VHF
Pancaran gelombang radio pada VHF dinamakan Direct Wave. Pancaran tersebut berbentuk garis lurus atau biasa disebut Line of Sight.

Jangkauan sebuah komunikasi VHF bisa dihitung dengan sebuah rumus.
Range (Nautical Miles) = 1,25 x (hasil akar dari ketinggian sebuah pesawat dalam satuan kaki).
Jadi semakin tinggi pesawat itu terbang, semakin jauh pula jangkauan radio yg bisa ditangkap. Hal-hal yg dapat mengurangi jangkauan dari komunikasi VHF antara lain permukaan topography (gunung, dataran tinggi, bangunan gedung-gedung).

Spoiler for Standart Alphabetic:


Spoiler for Standart Phraseology:


Frekuensi paling sibuk saat rush hour jam 1600-1900 WIB
Soekarno Hatta Tower 118.75
Jakarta Arrival 125.45
Jakarta West Approach 127.9
Jakarta East Approach 119.75

Buat yang hobi dengerin airband bisa langsung klik ke www.liveatc.net.
Transmisi seluruh dunia streaming online secara live. Tapi ingat perbedaan waktu antara Indonesia dan negara-negara yg kita pilih. Karena bisa jadi peak hours mereka berbeda dengan kita, jadi waktu streaming, lalu lintas gk terlalu ramai.

Scanner yg ane saranin Yaesu VR-120. Harga barunya kisaran Rp 1,2-1,4jt.

Pesan ane: Tidak dibenarkan untuk menggangu transmisi airband, karena akan mengganggu komunikasi pesawat yg dapat menggangu keselamatan pesawat beserta ratusan nyawa di dalamnya.


Mungkin TS bisa pindahin ke pejwan. Tq gan.
Quote:Original Posted By gil380
Baru tau ane ada thread begini. Sekedar nyumbang gan.

PENGENALAN
Radiotelephony merupakan sarana bagi Pilot dan petugas lalu lintas udara untuk saling berkomunikasi. Informasi dan instruksi yang di berikan sangat vital untuk tetap menjaga keselamatan dan operasi yang lancar dari setiap pesawat terbang. Penggunaan kata-kata yg tidak sesuai standart penerbangan dapat menyebabkan kesalahpahaman. Insiden dan kecelakaan pesawat banyak terjadi karena kesalahpahaman kedua belah pihak karena tidak menggunakan kata-kata (phraseology) yang baku.

FREKUENSI
Frequensi komunikasi pesawat terbang bermacam-macam.
HF (High Frequency) digunakan untuk jangkauan yg lebih jauh, seperti penerbangan lintas samudra, dimana jangkauan komunikasi VHF (Very High Frequency) tidak dapat digunakan lagi.

Penggunaan VHF sebagai pita komunikasi utama penerbangan karena suara yg dihasilkan cenderung lebih jernih daripada HF.

VHF yang digunakan untuk kominikasi pesawat udara dan petugas lalu lintas udara berada pada frekuensi 118.0-136.975 Mhz.

Jangkauan Komunikasi VHF
Pancaran gelombang radio pada VHF dinamakan Direct Wave. Pancaran tersebut berbentuk garis lurus atau biasa disebut Line of Sight.

Jangkauan sebuah komunikasi VHF bisa dihitung dengan sebuah rumus.
Range (Nautical Miles) = 1,25 x (hasil akar dari ketinggian sebuah pesawat dalam satuan kaki).
Jadi semakin tinggi pesawat itu terbang, semakin jauh pula jangkauan radio yg bisa ditangkap. Hal-hal yg dapat mengurangi jangkauan dari komunikasi VHF antara lain permukaan topography (gunung, dataran tinggi, bangunan gedung-gedung).

Spoiler for Standart Alphabetic:


Spoiler for Standart Phraseology:


Frekuensi paling sibuk saat rush hour jam 1600-1900 WIB
Soekarno Hatta Tower 118.75
Jakarta Arrival 125.45
Jakarta West Approach 127.9
Jakarta East Approach 119.75

Buat yang hobi dengerin airband bisa langsung klik ke www.liveatc.net.
Transmisi seluruh dunia streaming online secara live. Tapi ingat perbedaan waktu antara Indonesia dan negara-negara yg kita pilih. Karena bisa jadi peak hours mereka berbeda dengan kita, jadi waktu streaming, lalu lintas gk terlalu ramai.

Scanner yg ane saranin Yaesu VR-120. Harga barunya kisaran Rp 1,2-1,4jt.

Pesan ane: Tidak dibenarkan untuk menggangu transmisi airband, karena akan mengganggu komunikasi pesawat yg dapat menggangu keselamatan pesawat beserta ratusan nyawa di dalamnya.


Mungkin TS bisa pindahin ke pejwan. Tq gan.


thanks share nya gan, saya pindahin ke atas ya...
Quote:Original Posted By garengjos
jivevava: tx om..
Mbah paijo: kalo antar pesawat di udara pakai frek. apa mbah, contohnya pas memberi perintah manufer bersama


kalo maksud agan yg lagi aerobatik/manuver beberapa pesawat sekaligus gitu? Kayak pas HUT TNI AU dll? komunikasi antar mereka dalam tim aerobatik tersebut pake frekwensi khusus, aneh deh frekwensinya namun saya kasih kisi kisinya saja ya.. di UHF yang "nanggung". Kalau untuk komunikasi-koordinasi dengan yang di ground (ATC dan VCP) tetep menggunakan VHF biasa 118.0-136.975 MHz, namun yg berkomunikasi cuma leader dari tim yang sedang manuver dan aerobatik tersebut
saya kadang mendengar di frekwensi 12x.xxx para pilot ngobrol biasa, mulai dari acara nanti setelah landing, besok mau kemana, bagaimana kabar anak istrinya.
ada 2-3 pilot terdengar jelas spt komunikasi amatir.
tdk ada ATC atau tower disitu. pokoknya bener2 ngobrol rilex.
dan sepertinya itu diudara, krn semua terdengar jelas.

itu frekwensi cadangan ya, atau frek khusus?
buat yg penasaran scan aja hehehehe