KASKUS

Poll: Pernahkah anda memakan pepaya california ?

pernah 31% (74 votes)
belum pernah 39% (94 votes)
pernah dan punya tanamanya 13% (30 votes)
pernah dan berminat menanamnya 17% (40 votes)

[share] pepaya california

ane lagi tertarik sama pepaya california

izin buat trid :

Quote:Budidaya dan Peluang Usaha Pepaya California


Budidaya Hortikultura
Pernah denger pepaya California? Pepaya yang memiliki bentuk buah lebih kecil dan lebih lonjong ini berasal dari Amerika Tengah dan daerah Karibia. Ia dapat tumbuh subur sepanjang tahun di Indonesia. Setelah mengenal sedikit tentang pepaya ini langsung terpikir oleh saya, apa sih keunggulan pepaya california dibandingkan dengan pepaya lokal atau pepaya jenis lainnya? Keunggulannya bisa saya ketahui setelah saya membeli di pasar, ketika itu saya langsung terkesan dengan bentuknya yang lebih kecil dibandingkan pepaya lainnya, warnanya lebih mengkilap, bentuknya agak lonjong, daging buahnya tebal, bijinya lebih sedikit, dan rasanya manis, bahkan ada yang mengatakan manisnya nempel di lidah.

Ketika saya jalan-jalan di Pasar Wage (Purwokerto) saya melihat bahwa pepaya ini sangat populer dikalangan konsumen, tidak kalah dengan pepaya bangkok. Pepaya california dijual 4.000/kg sedangkan pepaya bangkok dijual 3.000/kg. Sedangkan di supermarket –khusus buah- (Cherry) pepaya California harganya mencapai 8.000/kg. Wow, pasti pembaca kaget mendengarnya, pepaya California yang dibeli dari petani cuma 2.000/kg bisa dijual mencapai 8.000/kg. Hemm, itulah keunggulan pepaya California dibandingkan pepaya lainnya, dikarenakan untuk saat ini pepaya California adalah komoditi yang bernilai ekonomi tinggi serta primadona di antara jenis pepaya lain di pasaran, khususnya supermarket/hypermarket.

Bagaimana, apakah pembaca berminat membudidayakan pepaya ini? Peluang pasar masih terbuka lebar, dan permintaan pasar akan pasokan pepaya California, khususnya supermarket/hypermarket di kota-kota besar dalam dan luar negeri cukup tinggi. Sementara itu, ketersediaan buah relatif terbatas, karena pepaya unggulan yang kecil mungil ini belum dikenal secara meluas di masyarakat petani. Lalu bagaimana sich cara membudidayakan pepaya ini? Berikut ini cara membudidayakan pepaya california.

Mengenal Pepaya California

Pohon pepaya California lebih pendek dibanding jenis pepaya lain, paling tinggi lebih kurang 2 meter. Daunnya berjari banyak dan memiliki kuncung di permukaan pangkalnya. Buahnya berkulit tebal dan permukaannya rata, dagingnya kenyal, tebal, dan manis rasanya. Bobotnya berkisar antara 600 gram sampai dengan 2 Kg.

Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter diatas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam antara 1500 hingga 1700 pohon papaya.

Budidaya Pepaya California

Setelah pembaca mengenal pepaya California, serta lahan yang ideal untuk menanam pepaya ini, maka hal pertama yang harus dilakukan untuk seseorang yang ingin membudidayakan pepaya California adalah pembibitan.

Pembibitan dilakukan dengan menyemai terlebih dahulu benih pepaya California yang kita miliki. Benih ini bisa kita peroleh dari pepaya California yang sudah tua dan matang kemudian kita ambil bijinya, kemudian dibersihkan selaput yang menempel pada biji, dan dijemur ditempat yang teduh, pepaya ini bisa diperoleh dengan membeli di pasar atau toko buah dengan keteria buah tersebut besar, tidak cacat, tidak terserang hama penyakit dan matang di pohon. Namun, bagi pembaca yang tidak ingin repot, benih pepaya California ini bisa kita beli langsung dari para penjual/perkebunan pepaya california yang biasanya menjual benih dalam bentuk sachet atau botol.

Untuk pembibitan, sebenarnya benih bisa langsung kita tanam baik di pekarangan maupun di perkerbunan, namun pada umumnya para petani tidak langsung ditanam diperkebunan, dengan pertimbangan mempermudah perawatan, dan menghindari ganguan-gangguan.

Sebelum benih dimasukan ke dalam kantong/polibag benih perlu di rendam 1 hari atau cukup semalaman. Benih yang terapung dibuang, benih yang terapung menunjukkan benih kurang berkualitas. Terhadap benih yang telah lama disimpan sebaiknya perlu di berikan tambahan cairan bahan perangsang secukupnya agar cepat tumbuh menjadi kecambah. Bahannya mudah didapat di toko-toko tanaman, harganya pun relatif murah.

Setelah direndam semalaman langsung di bungkus dengan koran atau kandi atau kain atau kaos basah, lalu simpan ditempat yang lembab. Biasanya dalam waktu 1 minggu sudah menampakan menjadi kecambah yang siap di pindahkan ke masing-masing polibag yang telah disediakan. Setelah pohon pepaya berumur kurang lebih 1 bulan, maka pepaya siap ditanam pada lahan/areal perkebunan yang dimiliki. Jarak tanam masing-masing pohon adalah 2 x 2,5 meter. Sebaiknya dilakukan pemupukan terlebih dahulu pada dasar lubang yang telah digali sebelum bibit ditanam.

Setelah bibit pepaya California ditanam, maka kita lakukan pemeliharaan agar pepaya california dapat berbuah secara optimal. Pemeliharaan/perawatan intensif terhadap tanaman pepaya ini dilakukan sejak umur 3 bulan. Pemeliharaan mulai dari pemeliharaan lahan dan pemeliharaan tanaman. Pemeliharaan lahan dengan cara menjaga ketersedian air , kesuburan tanah, maupun dari gangguan gulma, sedangkan pemeliharaan tanaman bisa dilakukan dengan merawat pohon agar tidak terserang hama dan penyakit. Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam pemeliharaan ini adalah pemupukan. Jika pemupukan kurang maka pertumbuhan batang tanaman akan terhambat dan hasil buahnya juga kurang manis. Bahkan buah yang belum sempat berkembang bisa saja gugur jika pemupukan terlambat dilakukan. Kalau sudah begitu dapat dipastikan hasil panen tidak bagus dan yang rugi adalah petani pepaya itu sendiri. Pemupukan bisa dilakukan setiap 2-3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk organik dan anorganik.

Pohon pepaya California sudah bisa dipanen setelah berumur 7 hingga 9 bulan. Pohonnya dapat berbuah hingga umur empat tahun. Dalam satu bulan bisa dipanen sampai empat kali. Sekali panen, setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 20 hingga 50 buah. Dengan sekali panen setiap minggu bisa mencapai 2 ton per hektar.

Kendala-Kendala

Namun, budidaya pepaya California bukan tanpa kendala. Sebab, pepaya ini lebih rentan terhadap hama dan penyakit, terutama hama ulat, bercak daun dan jamur. Hama menyerang batang, buah dan daunnya. Bercak daun biasanya menyebabkan daun mudah rontok, dan buah pepaya yang terserang jamur biasanya warnanya menjadi putih pucat, kulit buah tampak mengkerut kisut. Untuk mencegah hama ini petani harus memberi pestisida. Pengendaliannya harus terpadu disertai pemberian kompos yang lebih banyak agar pertumbuhan tanaman lebih baik dan tahan terhadap hama dan penyakit.

Untuk mencegah tanaman pepaya agar tidak terkena penyakit, harus dipastikan bahwa tanah yang akan ditanami dengan bibit pilihan harus bebas dari bonggol sisa tanaman sebelumnya. Dengan adanya sisa bonggol tanaman sebelumnya dapat merangsang tumbuhnya jamur yang akan merusak bibit tanaman baru.


Sumber : http://hudamagazine.blogspot.com


Quote:BUAAAH LOKAAL JURAGAN BUKAAN IMPOR LOH
Buah pepaya yang diklaim buah impor tersebut memang hasil pemuliaan Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati dan rekan-rekannya sesama dosen Ilmu Pertanian Bogor (IPB). Sejak tahun 2001, mereka telah berkeliling ke seluruh Indonesia untuk mengumpulkan berbagai verietas papaya.

Dari 50 jenis buah papaya yang dikumpulkan, dilakukan seleksi hingga akhirnya menghasilkan riset beberapa varietas papaya unggulan. Yaitu pepaya arum atau varietas IPB-1 yang masih belum dilempar ke pasaran karena masih terdapat bintik-bintik di kulitnya. Pepaya arum ini sangat menjanjikan karena hanya berukuran 14 cm, buah dagingnya harum dan sangat manis, berkadar vitamin tinggi dan mempunyai umur petik hanya 140 hari.

Kemudian ada pepaya prima atau IPB-2 yang juga masih dilakukan pengujian. Buahnya lonjong dengan panjang bisa mencapai 29 sentimeter.

Pepaya carisya atau IPB-3 sudah dilempar ke pasar dan diterima dengan baik. Bentuknya hampir sama dengan pepaya arum tetapi lebih ramping. Tekstur daging buah agak keras sehingga lebih enak dimakan dengan rujak.

Pemuliaan buah pepaya yang dianggap paling sukses adalah pepaya sukma atau IPB-6 dan pepaya calina atau IPB-9. Pepaya sukma disebut pepaya Bangkok atau ada juga yang menyebut papaya Thailand seperti kata si emang buah yang saya temui. Berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 35 cm. Warna kulitnya hijau dan halus sedangkan warna daging buahnya jingga dan rasanya manis.

Hasil pemuliaan IPB yang paling menguasai pasar nasional adalah pepaya calina dengan label pepaya California. Berukuran sedang dengan bentuk seperti peluru, berat buah pepaya calina umumnya rata-rata 1,2 kg/buah. Begitu boomingnya pepaya California hingga dengan mudahnya kita akan menemukan banyak blog yang berisi petunjuk cara menanam maupun berita keberhasilan budidaya pepaya California tanpa ada satupun yang menyebutkan bahwa nama asli buah pepaya tersebut adalah papaya calina.

Sebetulnya tanpa embel-embel Californiapun, pepaya calina akan merajai pasaran pepaya nasional karena ukuran buah yang tidak terlalu besar, daging buah tebal dan rasanya sangat manis. Beberapa label malah menyebutkan sederet vitamin yang dikandung buah pepaya ini untuk memikat pembeli.
kompas.com

sumber lain ipb dan kaskus

Yang mau coba beli

Quote:Original Posted By whend82
taro ini di post #2 gan.... Bilangin bisa dibeli di Alamat di Pic....
yang butuh no HP petugas bisa PM saya


beli langsung bisa langsung ke alamat di pict
Quote:Original Posted By khent65
siiipppp.. Senin pasti dikirim biar keburu diantar ama pak pos nya

Spoiler for Pack pepaya:



Quote:








Quote:Original Posted By joehuns
Sore Payakerss...

Bibit pepaya california om






Quote:Original Posted By joehuns
cleaning n sorting om...lalu bungkus
siap untuk dipasarkan..

liputan pepaya california

Bisnis Budidaya Pepaya California dan Bangkok Menggiurkan Ekonomi

Quote:
Senin, 13 Desember 2010 09:29 WIB

Metrotvnews.com, Karawang: Bisnis budidaya pepaya California dan Bangkok sangat menjanjikan. Selain pasar yang terbuka lebar, budidaya buah itu juga sangat mudah. Dan, ini yang menggiurkan, sering kali bisa dipanen.

Bisnis ini diyakini bisa mendatangkan rezeki berlimpah. Tak percaya? Petani di Kecamatan Telaga Sari, Karawang, Jawa Barat, merasakannya. Mereka bisa meraup untung ratusan juta rupiah saban bulan.

Menurut petani, pepaya California dan Bangkok punya sejumlah keunggulan ketimbang buah sejenis. Bentuknya lebih besar. Rasa juga lebih manis dan kenyal. Seminggu petani bisa panen tiga kali.

Petani mengatakan, setiap satu hektare pohon bisa menghasilkan 30 ton pepaya siap jual. Pepaya dijual Rp 5.000 per kilogram. Artinya, sekali panen, petani sedikitnya bisa mengantongi Rp 150 juta.

Enaknya lagi, pasar buah ini masih terbuka lebar. Sampai-sampai petani di Telaga Sari kewalahan memenuhi permintaan. Untuk Jakarta saja pesanan rata-rata mencapai 10 ton per hari. Sementara petani cuma bisa memasok tujuh ton per bulan.(ICH/Bambang Aris)



Yang Kecil, Yang Naik Daun

Quote:

Masalah utama pepaya Indonesia adalah ukurannya terlalu besar dan warnanya kurang menarik. Ada kesan bau burung muncul saat kita memakannya dan sulit penyajiannya.

Buah pepaya bukanlah buah asli Indonesia tetapi berasal dari Amerika Tengah dan daerah Karibia. Namun di Indonesia pepaya menjadi buah yang tersedia sepanjang tahun. Ini menjadikan budidaya pepaya tidak mengenal musim seperti komoditas buah pada umumnya.

Bersesakan dengan varietas yang ada seperti Paris, Jinggo, Dampit, dan Bangkok, muncul beberapa varietas unggulan hasil introduksi, seperti California dan Hawaii. Kedua varietas ini mempunyai ukuran buah relatif kecil bila dibandingkan yang lain.

California Saingi Hawaii

Pepaya California berukuran sedang, bobotnya antara 800 gram hingga 1,2 kg. Bentuk buahnya seperti peluru. Ciri lainnya, daun mempunyai jambul. Rasa pepaya ini manis dan rasa manisnya seperti tertinggal di mulut saat dimakan. Selain itu daging buahnya kenyal dan tebal. Pada saat proses panen, buah yang baru petik bisa langsung dicuci dengan air, sedangkan pepaya jenis lain tidak akan bisa tahan lama jika dicuci. Dengan sistem budidaya intensif, satu tanaman minimal bisa menghasilkan buah sebanyak 25 kg.

Tanaman pepaya California lebih pendek daripada pohon pepaya kebanyakan. Paling tinggi hanya dua meter. Panen sudah dapat dilakukan saat usia pohon 9 bulan dan dalam satu tahun dapat dipanen empat kali.

Varietas unggulan lainnya adalah pepaya Hawaii. Pepaya ini terbilang Solo Type, artinya dapat habis dimakan untuk satu orang. Ukurannya mini dengan bobot hanya setengah kilo, bentuk buahnya bulat. Kulit buah yang telah matang berwarna kuning cerah. Daging buahnya agak tebal, berwarna kuning.

Pepaya Lokal

Pusat Kajian Buah Tropika IPB pun mengeluarkan beberapa varietas unggulan yang mencoba memadukan antara standar internasional dengan selera Indonesia. Antara lain, IPB 1 atau yang lebih dikenal dengan nama Arum. Warna kulitnya hijau terang dengan daging buah jingga kemerahan. Bobot buah 0,63 kg dan tekstur buah agak licin. Bentuk buahnya lonjong dengan panjang buah 14cm dan diameter 10cm.

Varietas lain yang sudah mulai dikomersialkan adalah IPB 3 dengan bobot buah 400-500 gram. Warna kulit buah hijau dan masuk kategori Solo Type. Warna daging buah jingga kemerahan dengan tekstur kulit buah intermediate.

Untuk kategori berukuran sedang, Pusat Kajian Buah Tropika mengeluarkan IPB 9. Varietas ini bentuk buahnnya seperti pepaya California dengan bobot 800 gram hingga 1,2 kg. Semua varietas penemuan lembaga ini persentase bunga berkelamin ganda (hermaprodit) dapat mencapai 60%.

Satu hal positif yang membanggakan kita adalah sampai saat ini di Indonesia belum ditemukan virus Papaya Ringspot Virus (PRSV) yang dapat menurunkan produksi pepaya sampai 80%. Virus tersebut sudah banyak menyerang pepaya di beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina
ada bltnya gak om??? biar hilang penasaran ane hehe
sekalian tips n triknya berkebun pepaya Om, saya juga punya pepaya biasa, beli rasanya manis terus disebar tuh seednya tp bermasalah terus saat dewasa.
jangan berbuah, rimbun aja engga.
TIPS BERKEBUN

Tips menyemai
Quote:Original Posted By joehuns
pake yg ini om.
1. Semai di tray 1-2 minggu, sampai tumbuh sproutnya
2. pindah / Repotting ke gelas aqua
3. Tunggu 3-4 minggu, stelah cukup besar, lalu
4. Pindah ke tanah
selamat mencoba om
good info om..

Quote:Original Posted By khent65
ini datengnya ama petunjuk lengkap lagi ane scan tar di download aja ya ...
sedikit contekan cara semai
1. rendam semalam dgn air hangat kira2 40 drjt C
2. tanam benih di mesem polybag 8x10cm dgn kedalaman1-2 cm (maks 1 ruas jari telunjuk) dgn calon akar yang runcing berada di bawah. tutup kembali dgn tanah pastikan tidak terlalu padat
3. Jaga kelembaban jangan trll becek
4. benih mulai berkecambah sekitar2-3 minggu
5. Pindah bibit ke tanah setelah berumur 30-40 hari/2-5 pasang true leaf/tinggi tanaman 10-15 cm
dst........

Quote:Original Posted By khent65
Ini untuk step by step nya silahkan Petunjuk dari IPB (tanda bintangnya dihapus dulu ya...)


pupuk organik
Quote:Original Posted By ronaldpradipta
ane mw coba buat pupuk kompos gan untuk menekan pembiayaan pupuk dan membiasakan tidak menggunakan pupuk kimia. .
caranya kotoran hewan dicampur sisa sayuran/daun kering kl da sisa gergaji kayu lebih baik gan . . dijadikan satu di dalam drum atau apa saja yg penting bisa ditutup rapatdan diberi air secukupnya. . kemudian dicampur EM4(bakteri)..EM4 inilah yg bertugas membuat pupuk kompos nya,,supaya lebih cepat dy bekerjanya maka perlu dkasih mkn. . mkanan nya gula aren gan. .krn gula aren bny karbrohidrat nya. .terus 2 hari sekali diaduk gan . .mnurut tmen ane yg udh melakukanya hasilnya pupuk tersebut tidaklah bau pdahal jelas2 dr kotoran. .dan 14 hari sudah bisa dicobakan dari hasil penelitian kadar N dan K ny lumayan tinggi gan. .EM4 bs dibeli ditmpat tko pertanian. .
semoga bermanfaat. .


hama dan penyakit serta cara penanggulangannya :Quote:
#budidaya pepaya
#resensi buku mengenai pepaya
pepaya, budidaya, dan pasca panen

#donlod Hama dan Penyakit Penting Tanaman Pepaya





--------------------------------------------------------------------------------------
Quote:
DAFTAR TRID PENDUKUNG

#membuat pupuk alami
#fungisida alami
# pestisida alami
#identifikasi tanaman


request pepaya gading
ijin nyimak ne,,
dl pny pepaya ddepan rumah,,
gr2 tanahnya longsor poonnya tumbang
Saya suka makannya om....
Kalo nanem,kayaknya pohonnya gede...
rasanya gmana nih pepaya om ??
Quote:BUDIDAYA TANAMAN PEPAYA CALIFORNIA

( Jarak tanam 2.50 m x 2.50 m ; Jumlah tanaman / Ha 1521 pohon )

1.Pengolahan lahan

·Upah borong pembuatan lobang tanam 1521 lobang @ Rp 1000,- Rp 1.521.000,-

·Upah borong pengurugan lobang tanam 1521 lobang @ Rp 500,- Rp 760.500,-

·Upah borong pembuatan bedengan atau parit /Ha Rp 1.200.000,-



2.Persiapan tanam

·Pembelian bibit 1521 Polybag @ Rp 2000 Rp 3.042.000,-

·Pembelian pupuk kandang 1521 karung @ Rp 5000,- Rp 7.605.000,-

·Upah borong penaburan pupuk kandang 1521 karung @ Rp 500 Rp 760.500,-

·Pembelian pupuk dasar NPK 400 Kg @ Rp 2000 Rp 800.000,-

·Upah tanam 40 H.K.W x Rp 8000 Rp 160.000,-

Jumlah biaya awal Rp 16.169.000,-



3. Perawatan tanaman ( 3 bulan setelah tanam )

·Upah penyiangan 40 H.K.W x Rp 8000 Rp 320.000,-

·Pembelian pupuk NPK ( 0,5 Kg /pohon ) 750 Kg @ 2000 Rp 1.500.000,-

·Upah menabur pupuk NPK 40 H.K.W @ 8000 Rp 320.000,-

Jumlah biaya Untuk bulan ke Rp 2.140.000,-



4. Perawatan tanaman ( 6 bulan setelah tanam )

·Upah penyiangan 40 H.K.W x Rp 8000 Rp 320.000,-

·Pembelian pupuk NPK ( 0,5 Kg /pohon ) 750 Kg @ 2000 Rp 1.500.000,-

·Upah menabur pupuk NPK 40 H.K.W @ 8000 Rp 320.000,-

Jumlah biaya Untuk bulan ke – 6 Rp 2.140.000,-



5. Perawatan tanaman ( 9 bulan setelah tanam )

·Upah penyiangan 40 H.K.W x Rp 8000 Rp 320.000,-

·Pembelian pupuk NPK ( 0,5 Kg /pohon ) 750 Kg @ 2000 Rp 1.500.000,-

·Upah menabur pupuk NPK 40 H.K.W @ 8000 Rp 320.000,-

Jumlah biaya Untuk bulan ke – 9 Rp 2.140.000,-

Total biaya sampai panen ( I ) Rp 21.828.500,-



6. Biaya perawatan tahun ke II

·Pembelian pupuk kandang 1521 karung @ Rp 5000 Rp 7.605.000,-

·Upah borong menabur pupuk kandang 1521 karung @ 500 Rp 760.500,-

·Perawatan rutin ( lihat no 3 ) 4 Aplikasi x Rp 2.140.000 Rp 8.560.000,-

Jumlah biaya tahun ke II Rp 16.925.500,-



7. Biaya perawatan tahun ke I

.Pembelian pupuk kandang 1521 karung @ Rp 5000 Rp 7.605.000,-

·Upah borong menabur pupuk kandang 1521 karung @ 500 Rp 760.500,-

·Perawatan rutin ( lihat no 3 ) 4 Aplikasi x Rp 2.140.000 Rp 8.560.000,-

Jumlah biaya tahun ke III Rp 16.925.500,-



8. Biaya penangulangan hama dan penyakit selama 36 bulan Rp 18.936.000,-

Total biaya s/d tahun ke III Rp 74.615.500,-

Produksi pepaya

Tahun I ( buah pertama )

o 1 pohon = 30 Kg x 1521 pohon = 45.630 Kg x Rp 2.500 Rp 114.075.000,-

Tahun II ( buah kedua )

o 1 pohon = 20 Kg x 1521 pohon = 30.420 Kg x Rp 2.500 Rp 76.050.000,-

Tahun III ( buah ketiga )

o 1 pohon = 15 Kg x 1521 pohon = 22.815 Kg x Rp 2.500 Rp 57.037.500,-

JUMLAH Rp 247.162.500,-



Hasil panen Rp 247.162.500,-

Modal Rp 74.615.500,-

Keuntungan Rp 172.547.000,-



Keterangan :

·Harga pupuk kandang / karung ( 60 Kg ) Rp 5.000,-

·Harga pupuk NPK ( ponska ) / Kg Rp 2.000,-

·Harga Dithane ( Fungisida ) / Kg Rp 75.000,-

·Harga Supracide ( Insectisida ) / Kg Rp 220.000,-

·Harga Gandasil ( Pupuk daun ) / 500 Gram Rp 28.000,-

·H.K.W ( Hari Kerja Wanita ) Kerja setengah hari Rp 8.000,-

·H.K.P ( Hari Kerja Pria ) Kerja setengah hari Rp 25.000,-



·Untuk penanggulangan hama dan penyakit minimum 30 hari sekali ( setiap bulan )

·Perbulan dibutuhkan obat-obatan sbb;

o2 Kg Dithane @/ Kg Rp 75.000,- Rp 150.000,-

o1 Kg Supracide Rp 220.000,-

o2 Bungkus Gandasil @ /500 Gram Rp 28.000 Rp 56.000,-

oUpah penyemprotan 4 H.K.P @ Rp 25.000 Rp 100.000,-

JUMLAH Rp 526.000,-

·Jumlah biaya yang dibutuhkan selama 3 tahun untuk penanggulangan hama dan penyakit

36 Bulan x Rp 526.000,- Rp 18.936.000,-



·Alat investasi yang dibutuhkan

o2 Buah HandSprayer Solo @ Rp 240.000 Rp 480.000,-

o1 Buah garpu @ Rp 50.000 Rp 50.000,-

o1 Buah cangkul @ Rp 40.000 Rp 40.000,-

20 Buah kored ( alat untuk Menyiang ) @ Rp 10.000 Rp 200.000,-

JUMLAH Rp 770.000,-

Harga pepaya

asumsi harga terendah

§ Disortir Rp 2.800,-/ Kg

§ Tanpa sortir Rp 2.500,-/ Kg

§ Buah afkir Rp 1.500,-/ Kg

Buah Afkir : - Buah cacat / bengkok / bulat

- Berat buah dibawah 0,6 Kg / Buah

sumber : http://www.agrokatesmandiri.com
ambi dari youtube

Quote:
met kenal omm....babe ane nanem nie paya beginiaan


nie blognya, bisa dilihat :
http://agrokhiranymandiri.blogspot.com/
bunga pepaya saya jantan apa betina ? kira2 bisa berbuah ga yah ?
ini masih jadi pertanyan tapi biasanya 80 % bunga hermaprodit akan terjadi pada pepaya sehingga bisa berbuah....berikut om hendri menggambarkan bunga jantan dan betina
Quote:Original Posted By joehuns
met siang om.

Quote:Original Posted By sagie
Yg lagi berbunga, laki2 apa perempuan nih?




blom keliatan om..
moga aja bunga sempurna


Quote:Original Posted By Hendri0482
Bentul,, klo pohon betina yang dibuahi,,buahnya jadi tapi bentuknya biasanya bulat dan lebih kecil..



Jenis kelamin diliat dari bentuk bunga..



Tp jangan kuatir Om,,pohon hermaprodit persentasenya lebih banyak ko.

CMIIW yah..


hama dan penyakit serta cara penanggulangannya :


Quote:
#budidaya pepaya
#resensi buku mengenai pepaya
pepaya, budidaya, dan pasca panen



http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/771/



tinggal pict and sharing jenis penyait yg biasa menyerang dan penanggulangannya...
Quote:Original Posted By PakPetani

wah bagi2 bltnya dong gan


ada gan...tapi nunggu babe ane bawa bibitnya yaaa...
cobain tanem...bsk ane kasih..
Quote:Original Posted By sorra1991
tinggal pict and sharing jenis penyait yg biasa menyerang dan penanggulangannya...

ane googling dulu yah gan

Quote:Original Posted By joehuns
ada gan...tapi nunggu babe ane bawa bibitnya yaaa...
cobain tanem...bsk ane kasih..

ane samperin kerumah ya :
Quote:Original Posted By PakPetani
ane googling dulu yah gan


ane samperin kerumah ya :


yg banyak Om....biar bisa nebeng hehehe
×