[SHARE] Semua tentang Fisika

Quote:Original Posted By bemmbe

link vidio tutorial
bakalan terus diupdate!!
+ Kinematika


Quote:Original Posted By bembbe

quiz 1
jelaskan mengapa kita bisa melihat warna (konsep radiasi)
tjendol menanti (tungguin ane iso yah.. )




Quote:Original Posted By fisika


fisika..

fisika itu pelajaran paling susah se dunia..
fisika itu pelajaran paling membosankan se dunia..
fisika itu pelajaran paling g banget se dunia..

ane mau ngelurusin sesuatu tentang fisika,

ada yang bilang orang yang jago belajar fisika itu orang yang pintar dari lahir?
emang bener?

coba agan tanya temen agan
yang jago main basket, emang dia jago dari lahir?
dia jago karena tiap hari pasti latihan basket
yang jago main gitar, emang dia jago dari lahir?
dia jago karena tiap hari pasti main gitar
yang jago komputer,emang dia jago dari lahir?
dia jago karena tiap hari tongkrongannya pasti komputer
yang jago nyanyi, emang jago dari lahir?
dia jago karena tiap hari pasti nyanyi
yang jago main PB, emang jago dari lahir?
dia jago karena setahun g pulang2 nginap di warnet buat latian terus!!

emang ada beberapa yang udah dapet bakat dari lahir, tapi ingat bakat itu cuma 1 %, 99% itu usaha!!!!

jadi kalo mau jago fisika, ya tiap hari harus belajar fisika.. hehe
......

fisika susah karena berhubungan dengan analisis, matematika dan simbol2

trus kalo basket cuma masukin bola doang?
gitar cuma asal ngejreng doang?
komputer asal ngetik doang?
nyanyi asal keluar suara doang?
sama aja dengan fisika, susah juga..

kalo ada orang yang bilang fisika itu gampang berarti orang itu bohong besar, siapa bilang fisika itu gampang?
sama aja kalo ada yang bilang main gitar itu gampang, gampang dari hongkong!! siapa bilang maen gitar itu gampang, keriting tuh tangan...

ane nulis begini, untuk membuka pikiran kita semua bahwa fisika itu sama aja dengan hal-hal lain yang sebenarnya susahnya sama dengan belajar fisika, dan untuk jago di situ kita harus berdarah2 belajar dan berlatih..

jadi trit ini ane bikin untuk siapa aja yang baru mau belajar, targetnya sih sederhana, supaya bisa ngerjain soal2 fisika.


Quote:Original Posted By fisika

kalo agan-agan punya pertanyaan ato soal tentang fisika tolong lewat trit (supaya g tenggelam nih trit) trus PM ane (soalnya ane g tiap hari ngaskus)



Spoiler for komeng paling bermutu:

Kinematika

kinematika

Spoiler for kinematika:
jangan dipake juga yang ini
yang ini juga!!!
yang ini juga jangan dipake
ini juga deh...
pisss!!!
ane ingat waktu sma gan...
bolos, gak ngerjain PR, tp waktu fisika ama matematika gw ikutin.
ampe pernah ad soal yg rumit tp ane berhasil ngerjain...
trus tu soal ane suruh temen ane tanya ke guru fisika gan...
bingung guru ane gan...
gw maju ke depan degan gagah perkasa ngerjain tu soal

btw,adik2 jgn ikutin saya ya...
mantap gan..

you can if you think you can
ane suka fisikaaaaaa!!!
makasih yang udah komeng...!!!
Tau tempat buat share soal gelombang elektromagnet ndak gan ?
Quote:Original Posted By neerga
ane suka fisikaaaaaa!!!


sama gan


btw, kayaknya gw bakal rajin mampir dimarih nih
eh kok aneh ya, ane kira pas diliat judulnya seolah2 menjelekkan Fisika tp kok malah dikasih teori2 fisika gitu
lagian kan ga ada satu pun ilmu (apalagi ilmu sains) yg gak berguna gan, ente ga bisa ngaskus klo ga ada fisika
ane mau bantu thread ini ya biar gak tenggelam...
ane lulusan physics departement universitas indonesia
spesialis medical physics sama biophysics
perkerjaan sekarang guru fisika smp penabur

cinta fisika??? yaaa ga usah diragukan lageeeeee....
Quote:Original Posted By vulkans
ane mau bantu thread ini ya biar gak tenggelam...
ane lulusan physics departement universitas indonesia
spesialis medical physics sama biophysics
perkerjaan sekarang guru fisika smp penabur

cinta fisika??? yaaa ga usah diragukan lageeeeee....


makasih gan...
masih belajar bikin trit nih



Fisika? Why Not?



Fisika? hmmm... bicara soal hal maka kita semua pasti akan membayangkan sebuah pelajaran yang berisi buaaaanyaakkkk kumpulan rumus yang dapat atau bisa dibilang cukup banyak (Cukup?! ). Yappsss, begitulah fisika, pelajaran yang tidak pernah lepas dari rumus-rumus gak jelas, basi, dan aneh. Yaa anehlahhh.... ngapain coba ngitung-ngitung kecepatan bola yang dilempar keatas, atau ngitung-ngitung energi potensial benda yang jatuh, atau malah ngitung-ngitung besar momen gaya sebuah kunci inggris :mahos wewww... rasanya kayak gak ada kerjaan aja tuh orang-orang fisika.

Tapi sebelumnya, sori dulu buat yang suka ama pelajaran yang atu ini, bukan berarti gue menulis tulisan ini untuk mengejek atau menyindir orang-orang yang suka dengan pelajaran ini coz gue sendiri suka sama pelajaran ini. Why? why you like this lesson? hmmm awalnya juga aneh sih mengapa gue bisa suka ama pelajaran fisika coz gue ngerasa gak banget lah ya belajar fisika kan buat para geek atau kutu buku gitu ().

But, eng-ing-eng.... entah kenapa tiba-tiba gue bisa suka ama ini pelajaran, padahal awalnya benci banget loh. Tapi entah mengapa gue bisa jatuh hati ama ini pelajaran ampe sekarang masih teka-teki bagi gue . Awalnya ketertarikan gue ama fisika tuh berawal dari 2 buah buku Fisika setebal lebih dari 600 halaman karya Tipler, seorang ilmuwan kebangsaan Amerika. Awalnya sih ngeliat tuh buku aja udah mumet, apa lagi ngebacanya . Tapi...setelah aku memahami bagaimana dan untuk apa fisika itu dipelajari, maka gue semakin tertarik ama pelajaran fisika.

Ternyata fisika itu adalah ilmu yang bisa diterapkan dimana saja. Tidak hanya dalam bidang fisika itu sendiri, bahkan untuk semua ilmu alam dan tidak hanya itu, fisika bahkan mulai memasuki dan bercampur baur dengan ilmu fisika ini. LOH?! APA MAKSUDNYA FISIKA BISA DITERAPKAN DI ILMU SOSIAL?! GAK NYAMBUNG...!!! Eiitttsss.... tunggu dulu... loe semua pade kemane aje brooo? Hari genee ilmu cuman gitu-gitu doang? Sekarang tuh jamannya multidisiplin sains! Apaan tuh multidisiplin sains?

Multidisiplin sains/sains multi disiplin tuh adalah sains yang saling berhubungan antara satu yang lainnya, misalnya biofisika, kimia fisika, biokimia dan lain-lain. Biasanya memang sains multi-disiplin tuh hanya berkisar pada ilmu-ilmu yang satu golongan aja seperti golongan IPA ya sama IPA juga, IPS ya IPS juga. Tapi sekarang tuh IPA dan IPS bisa saling berhubungan loh, terbukti dengan adanya ekonofisika, gabungan antara ekonomi dengan fisika yang dipopulerkan di Indonesia oleh seorang fisikawan Prof. Yohanes Surya. Ekonofisika itu sendiri biasanya diaplikasikan pada perhitungan harga saham dan sebagainya. Masih banyak lagi multi-disiplin yang berhubungan dengan fisika yang dapat diaplikasikan dengan IPS.

Yapppsss, itulah sepengetahuan gue soal Fisika... ternyata fisika tuh bisa diterapin dimana aja, tidak hanya secara teoritis namun secara praktek langsung juga bisa.

Semoga aja tulisan ini bermanfaat bagi yang lain, walaupun tulisannya rada kagak nyambung mungkin, maklum lah kagak bakat nulis... tapi gue berharap semoga aja ini bermanfaat bagi loe semua. Aminn...

BTW, bagi2 cendol dong gan aus nih ngejelasinnya
atas ane... tengs , ntar ane quote dah....
Quote:Original Posted By vulkans
ane mau bantu thread ini ya biar gak tenggelam...
ane lulusan physics departement universitas indonesia
spesialis medical physics sama biophysics
perkerjaan sekarang guru fisika smp penabur

cinta fisika??? yaaa ga usah diragukan lageeeeee....

wow kk wow angkatan taun berapa klo boleh tau /

Quote:Original Posted By hadimaster
Fisika? Why Not?



Fisika? hmmm... bicara soal hal maka kita semua pasti akan membayangkan sebuah pelajaran yang berisi buaaaanyaakkkk kumpulan rumus yang dapat atau bisa dibilang cukup banyak (Cukup?! ). Yappsss, begitulah fisika, pelajaran yang tidak pernah lepas dari rumus-rumus gak jelas, basi, dan aneh. Yaa anehlahhh.... ngapain coba ngitung-ngitung kecepatan bola yang dilempar keatas, atau ngitung-ngitung energi potensial benda yang jatuh, atau malah ngitung-ngitung besar momen gaya sebuah kunci inggris :mahos wewww... rasanya kayak gak ada kerjaan aja tuh orang-orang fisika.

Tapi sebelumnya, sori dulu buat yang suka ama pelajaran yang atu ini, bukan berarti gue menulis tulisan ini untuk mengejek atau menyindir orang-orang yang suka dengan pelajaran ini coz gue sendiri suka sama pelajaran ini. Why? why you like this lesson? hmmm awalnya juga aneh sih mengapa gue bisa suka ama pelajaran fisika coz gue ngerasa gak banget lah ya belajar fisika kan buat para geek atau kutu buku gitu ().

But, eng-ing-eng.... entah kenapa tiba-tiba gue bisa suka ama ini pelajaran, padahal awalnya benci banget loh. Tapi entah mengapa gue bisa jatuh hati ama ini pelajaran ampe sekarang masih teka-teki bagi gue . Awalnya ketertarikan gue ama fisika tuh berawal dari 2 buah buku Fisika setebal lebih dari 600 halaman karya Tipler, seorang ilmuwan kebangsaan Amerika. Awalnya sih ngeliat tuh buku aja udah mumet, apa lagi ngebacanya . Tapi...setelah aku memahami bagaimana dan untuk apa fisika itu dipelajari, maka gue semakin tertarik ama pelajaran fisika.

Ternyata fisika itu adalah ilmu yang bisa diterapkan dimana saja. Tidak hanya dalam bidang fisika itu sendiri, bahkan untuk semua ilmu alam dan tidak hanya itu, fisika bahkan mulai memasuki dan bercampur baur dengan ilmu fisika ini. LOH?! APA MAKSUDNYA FISIKA BISA DITERAPKAN DI ILMU SOSIAL?! GAK NYAMBUNG...!!! Eiitttsss.... tunggu dulu... loe semua pade kemane aje brooo? Hari genee ilmu cuman gitu-gitu doang? Sekarang tuh jamannya multidisiplin sains! Apaan tuh multidisiplin sains?

Multidisiplin sains/sains multi disiplin tuh adalah sains yang saling berhubungan antara satu yang lainnya, misalnya biofisika, kimia fisika, biokimia dan lain-lain. Biasanya memang sains multi-disiplin tuh hanya berkisar pada ilmu-ilmu yang satu golongan aja seperti golongan IPA ya sama IPA juga, IPS ya IPS juga. Tapi sekarang tuh IPA dan IPS bisa saling berhubungan loh, terbukti dengan adanya ekonofisika, gabungan antara ekonomi dengan fisika yang dipopulerkan di Indonesia oleh seorang fisikawan Prof. Yohanes Surya. Ekonofisika itu sendiri biasanya diaplikasikan pada perhitungan harga saham dan sebagainya. Masih banyak lagi multi-disiplin yang berhubungan dengan fisika yang dapat diaplikasikan dengan IPS.

Yapppsss, itulah sepengetahuan gue soal Fisika... ternyata fisika tuh bisa diterapin dimana aja, tidak hanya secara teoritis namun secara praktek langsung juga bisa.

Semoga aja tulisan ini bermanfaat bagi yang lain, walaupun tulisannya rada kagak nyambung mungkin, maklum lah kagak bakat nulis... tapi gue berharap semoga aja ini bermanfaat bagi loe semua. Aminn...

BTW, bagi2 cendol dong gan aus nih ngejelasinnya


yg ane kasih warna merah : setubuh bgt gan
dulu pas pertama kli kenal fisika dari SMP sih udah cinta bgt tp sejak mauk SMA dan disana guru2nya kedapetan yg killer jadinya bensi bgt deh sama fisika, tp untungnya pas kelas 2 SMA mulai CLBK lagi deh ama fisika \\ //

bener bgt tuh, ekonofisika bagi ane bener2 inovasi brilian gan, susah aja kan ngebayanginnya kok ada ilmu ips sekelas ekonomi yg jelas2 ga ada hubungannya ama perteknikan eh malah bisa disatuin am fisika
emang top bgt dah Prof. Yohannes Surya itu
wah fisika, pelajaran kesukaan gue, gue pernah ikut osn fisika dulu di medan sayangnya gak dapet medali tapi gue tetep cinta fisika
Quote:Original Posted By nalum1aB
yg ane kasih warna merah : setubuh bgt gan
dulu pas pertama kli kenal fisika dari SMP sih udah cinta bgt tp sejak mauk SMA dan disana guru2nya kedapetan yg killer jadinya bensi bgt deh sama fisika, tp untungnya pas kelas 2 SMA mulai CLBK lagi deh ama fisika \\ //

bener bgt tuh, ekonofisika bagi ane bener2 inovasi brilian gan, susah aja kan ngebayanginnya kok ada ilmu ips sekelas ekonomi yg jelas2 ga ada hubungannya ama perteknikan eh malah bisa disatuin am fisika
emang top bgt dah Prof. Yohannes Surya itu


Gw pertamakali ketemu fisika waktu kelas 1 benci banget malah, soalnya aneh banget menurut gw, ngitung kecepatan, gerak ini lah, hukum newtonlah kgk ngarti
Tapi sejak baca buku Fisika Tipler yang tebel gila baru ane suka fisika gan, tapi sampai sekarang ane masih heran napa bisa suka ama ini pelajaran yang gak banget

sebenarnya gan gak cuman ekonofisika aja gan, tapi masih banyak inovasi fisika lainnya seperti Fisika Politik, Sosiofisika, Psikofisika, bahkan Manajemen Fisika hahaha emang fisika rada rakus, apa aja bidang ilmu 'dikimpoiin' ama dia
Quote:Original Posted By soplo576
wah fisika, pelajaran kesukaan gue, gue pernah ikut osn fisika dulu di medan sayangnya gak dapet medali tapi gue tetep cinta fisika


Wah masih mending gan ente bisa ikut OSN, lah ane ikut tingkat kabupaten aja nggak dibolehin ama guru cuman gara2 ane anak baru emang sih dulu gw skolahnya pindah2 soalnya ngikut ortu ane gan