serba-serbi radio (sejarah, tokoh, radio jadoel, receiver, scanner)

Disini mengulas tentang serba serbi radio secara umum yang tidak spesifik tercakup di thread lain.
Baik radio receiver, radio AM, radio tabung, radio jadoel

Mengulas juga tentang tokoh-tokoh dibidang radio, baik dalam atau luar negeri, baik yg masih hidup atau MD.

Tidak ketinggalan sejarah radio, pabrikan radio atau perjalanan radio dari masa ke masa.

Bagi yang HOMO / LESBI (hobi monitoring / males bicara) bisa diulas scanner radio juga.

(thread under constructions)

Sejarah Penemuan dan Inovasi Radio

Sejarah penemuan dan inovasi radio berikut ini saya kutip dari berbagai sumber, termasuk Wikipedia. Rasanya kurang afdol bila kita mengdengarkan radio setiap hari tetapi tidak tahu asal muasal radio itu sendiri.

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dimodulasi (dinaikkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF) dalam suatu spektrum elektromagnetik. Gelombang radio ini berada pada jangkauan frekuensi 10 hertz (Hz) sampai beberapa gigahertz (GHz), dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.

Gelombang elektromagnetik lainnya, yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio meliputi sinar gamma, sinar-X, inframerah, ultraviolet, dan cahaya terlihat. Ketika gelombang radio dipancarkan melalui kabel, osilasi dari medan listrik dan magnetik tersebut dinyatakan dalam bentuk arus bolak-balik dan voltase di dalam kabel. Hal ini kemudian dapat diubah menjadi signal audio atau lainnya yang membawa informasi.

Meskipun kata 'radio' digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan alat penerima gelombang suara, namun transmisi gelombangnya dipakai sebagai dasar gelombang pada televisi, radio, radar dan telepon genggam pada umumnya.

Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik (dalam bahasa Inggris: A dynamical theory of the electromagnetic field), berdasarkan hasil kerja penelitiannya antara 1861 dan 1865.

Pada 1878, David E. Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio ketika dia menemukan bahwa keseimbangan induksinya menyebabkan gangguan ke telepon buatannya. Dia mendemonstrasikan penemuannya kepada Royal Society pada 1880 tapi hanya dibilang itu cuma merupakan induksi.

Adalah Heinrich Rudolf Hertz yang, antara 1886 dan 1888, pertama kali membuktikan teori Maxwell melalui eksperimen, memperagakan bahwa radiasi radio memiliki seluruh properti gelombang (sekarang disebut gelombang Hertzian), dan menemukan bahwa persamaan elektromagnetik dapat diformulasikan ke persamaan turunan partial disebut persamaan gelombang.

Banyak penggunaan awal radio adalah maritim, untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. Salah satu pengguna awal termasuk Angkatan Laut Jepang memata-matai armada Rusia pada saat Perang Tsushima pada tahun 1901. Salah satu penggunaan yang paling dikenang adalah pada saat tenggelamnya RMS Titanic pada tahun 1912, termasuk komunikasi antara operator di kapal yang tenggelam dan kapal terdekat, dan komunikasi ke stasiun darat mendaftar yang terselamatkan.

Radio digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut di kedua pihak pada Perang Dunia II; Jerman menggunakan komunikasi radio untuk pesan diplomatik ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Britania. Amerika Serikat menyampaikan Empat belas Pokok Presiden Woodrow Wilson kepada Jerman melalui radio ketika perang.

Siaran mulai dapat dilakukan pada 1920-an, dengan populernya pesawat radio, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Selain siaran, siaran titik-ke-titik, termasuk telepon dan siaran ulang program radio, menjadi populer pada 1920-an dan 1930-an.

Peran Marconi
Dunia inovasi radio mencatat nama Guglielmo Marconi, sebagai penemu radio. Dia lahir di Bologna, Italia, 25 April 1874. Ayahnya, Giuseppe Marconi asli petani Italia dan ibunya, Annie Jameson adalah anak pemilik Puri Daphne di Irlandia, yang saat itu masuk sebagai wilayah Inggris. Ia bersekolah di Bologna, Florence, dan Leghorn.

Sejak kecil ia sudah tertarik dengan kerja Maxwell, Hertz, Righi, sampai Lodge. Dalam usia 21 tahun, 1895, ia membuat laboratorium di rumah ayahnya, di Pontecchio. Ia mengadakan penelitian soal gelombang radio - saat itu disebut sebagai "Gelombang Hertzian" - untuk mengirim sinyal telegraf. Saat itu telegraf hanya bisa lewat kabel. Ia sudah berhasil mengirim sinyal telegraf untuk jarak sejauh sekitar 2 kilometer. Temuan radio yang praktis sudah di ambang pintu jadi ia minta dukungan Departemen Pos dan Telegraf Italia. Tapi para birokrat Itali tidak tertarik, malah menutup pintu baginya.

Marconi tidak putus asa, setahun kemudian ia menghubungi Dinas Pos Inggris. William Preece, insinyur kepala Dinas Pos Inggris, bersedia bertemu dengannya dan Marconi yang kemudian datang memamerkan kemampuan radio ciptaannya di dataran Salisbury dan, kemudian, menyeberangi Bristol Chanel. Preece pun terkesan, dan Marconi akhirnya mendirikan perusahaan The Wireless Telegraph & Signal Company Limited pada 1897, yang kemudian diubahnya menjadi Marconi's Wireless Telegraph Company Limited.

Dalam dua tahun, 1899, ia sudah membangun radio antara Prancis dengan Inggris, disusul kemudian antara Amerika dengan Inggris.

Selama satu dekade hingga 1912, ia mematenkan sejumlah temuan untuk menyempurnakan sistem radio yang diciptakannya. Pada tahun 1909 ia mendapat Nobel bidang fisika.

Pada 1914, Marconi dipanggil masuk ke Angkatan Bersenjata Italia. Ia menjadi diplomat Italia ke Amerika pada 1917.

Setelah tidak lagi menjadi bagian pemerintah Italia, ia kembali ke laboratorium. Menjelang Perang Dunia II, tahun 1935, ia mendemonstrasikan temuan terbarunya, yaitu Radar. Dua tahun kemudian, 20 Juli 1937, Marconi meninggal di Roma.

Peran Howard
Edwin Howard Amstrong tercatat sebagai penemu Radio FM. Ia lahir pada tanggal 18 Desember 1890 di kota New York. Ayahnya penerbit buku dan ibunya seorang guru. Pada usia 14 tahun, Amstrong membaca buku telegraf karangan Marconi. Dia sangat kagum dengan Marconi, hanya saja ia ingin menyempurnakan radio ciptaan Marconi. Maka Amstrong pun berniat membuat radio yang bersuara jernih sambil membuat sendiri stasiun radio di rumahnya. Untuk itu, Amstrong masuk Fakultas Teknik Listrik di Universitas Columbia. Ia lulus dan menjadi guru besar dan insinyur listrik.

Pada tahun 1912, Amstrong berhasil membuat sirkuit regeneratif dan sirkuit feedback. Ia juga mempelajari tabung hampa buatan De Forest, yang bernama trioda dan audion. Kemudian, Amstrong menggabungkan penemuannya, dengan tabung hampa buatan De Forest. Hasil dari tabung tersebut keluar suara beribu-ribu kali lebih jelas.

Sayangnya, De Forest menganggap penemuan itu adalah hak miliknya. Mereka memperebutkan hak ciptanya, selama 14 tahun di pengadilan. Akhirnya, De Forest menjadi pemenangnya, karena para hakim tidak memahami ilmu kelistrikan.
Tapi para ilmuwan tetap menganggap Amstrong-lah penemu sirkuit dan FM radio. Ia dianugrahi Medali Franklin dan dijuluki “Bapak Sirkuit”. Pada tanggal 1 Februari 1954, Amstrong meninggal di New York. Ia disetarakan dengan penemu lama, di bidang kelistrikan seperti Amphere dan Bell.

source: http://duniaradio.blogspot.com/2008/...asi-radio.html
ijin nyimak ya mbah sambil ngedit dulu bahannya banyak bgt

Bandung Selatan merupakan tonggak sejarah radio di Indonesia. Pada 5 Mei 1923 dirintis oleh Dr. Ir. G.J. de Groot dibangunlah stasiun pemancar radio tepatnya di kawasan Gunung Puntang yang yang terletak di kaki Pegunungan Malabar. ( seperti yang di tampilkan mbah jo )


Foto Radio pertama di indonesia
Malabar Radio












for antennanya

Tokoh-tokoh Penemu Radio

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari kegiatan yang lazim kita sebut dengan berkomunikasi, yaitu kegiatan menyampaikan pesan dari orang satu ke orang lainnya dengan melalui media. Media yang digunakan semakin canggih dan semakin memanjakan masyarakat sebagai penggunanya seiring dengan berjalannya waktu. Mulai dari surat kabar yang menuliskan dan mencetak informasi-informasi yang ada, radio yang menambahkan kepraktisannya dengan mengubah informasi tertulis menjadi gelombang-gelombang suara, televisi yang memanjakan dengan suguhan audio serta visualnya dan kemudian ada media internet yang semakin mengalihkan dunia masyarakat kepada dunia maya.

Namun kali hanya ada satu pembahasan yang akan menjadi topik, yaitu mengenai salah satu dari media yang telah kita sebutkan tadi, radio. Untuk lebih memperjelas bahasan, kita persempit lagi topiknya, yaitu tentang tokoh-tokoh penemu radio.

Terdapat banyak sekali tokoh-tokoh yang turut menyumbangkan hasil cemelang kemampuan otaknya untuk mengembangkan media informasi dan komunikasi, khususnya radio, namun terdapat 3 tokoh luar biasa yang mempunyai pengaruh yang begitu besar dengan keberadaan radio sehingga bisa kita nikmati hingga saat ini. Mereka adalah Guglielmo Marconi, Reginald Fessenden, dan Lee De Forest. Berikut sekilas tentang diri mereka.

1. Guglielmo Marconi
Seorang pria kelahiran Bologna, Italia pada tanggal 25 April 1874, anak laki-laki kedua dari hasil pernikahan antara Giuseppe Marconi dengan wanita cantik bernama Annie Jameson. Ayahnya merupakan seorang pria berkebangsaan Italia yang kaya raya dan, ibunya merupakan putri Daphne Jameson Andrew Castle di Country Wexford, Irlandia. Kedua orang tua ini memberinya nama yang akhirnya sampai saat ini banayak dikenal oleh dunia keradioan di seluruh dunia, Guglielmo Marconi. Ia menikah dengan Beatrice O’Brien, putri ke 14 dari Baron Inchiquin. Namun mengalami kegagalan pernikahan mereka yang pertama, mereka tidak awet dalam rumah tangganya dan akhirnya memutuskan untuk bercerai dengan meninggalkan 1 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Kemudian, dia menikah untuk kali keduanya dengan Maria Cristina Bezzi-Scali pada tanggal 15 Juni 1927 dalam pernikahan yang kedua ini, ia mempunyai seorang anak perempuan yang bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi. Marconi adalah seseorang yang gemar bersepeda, berburu dan otak-arik dunia otomotif.

Ia mendapatkan pendidikan secara pribadi di Bologna, Florence, dan Leghorn. Pada tahun 1895, ia mulai percobaan laboratorium di negara ayahnya, Pontecchino, perkebunan dimana ia berhasil mengirimkan sinyal nirkabel lebih dari jarak satu setengah mil.

Di usianya yang menginjak tahun ke- 20 tahun 1894, Marconi membaca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh fisikawan asal Jerman yang bernama Heinrich Hertz pada tahun-tahun sebelumnya. Hertz berhasil mengirim dan menerima gelombang radio dengan menggunakan gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara. Dari situlah yang pada akhirnya percobaan itu diteruskan oleh Marconi.

Kemudian Marconi meninggal di Roma pada tanggal 20 Juli 1937 dalam usianya yang baru 63tahun.

2. Reginald Fessenden
Seorang berkebangsaan Kanada yang bernama asli Reginald Aubrey Fessenden ini lahir pada 6 Oktober 1866, di Bolton Timur, Quebec, Kanada. Ia merupakan anak tertua dari empat bersaudara hasil pernikahan pasangan Pendeta Joseph Elisa Fessenden dan Clementina Trenholme. Pada 1877, pada usia sebelas tahun, ia masuk Trinity College School di Port Hope, Ontario selama dua tahun. Pada usianya yang keempat belas tahun, Bishop’s College Sekolah di Lennoxville, Quebec Fessenden diberikan penguasaan matematika.. Pada saat ini, Bishop’s College School adalah sekolah pengumpan Bishop’s University dan sama-sama dan gedung-gedung kampus. Pada bulan Juni 1878, memiliki sekolah pendaftaran hanya 43 anak laki-laki. Jadi, Fessenden yang masih seorang remaja, mengajar matematika untuk anak-anak muda di sekolah sambil belajar dengan murid yang lebih tua di Bishop’s University. Pada usia delapan belas tahun, Fessenden kiri Bishop telah diberikan tanpa gelar, meskipun ia telah “secara substansial semua pekerjaan yang diperlukan”.

Dua tahun berikutnya ia bekerja sebagai kepala sekolah, dan satu-satunya guru, di Institut Whitney di Bermuda. Ia menikah pada bulan September, 1890, dan kemudian memiliki seorang putra, yang diberi nama Reginald Fessenden Kennelly. Ia merupakan seorang penemu yang melakukan percobaan perintis di radio, termasuk awal pertama-transmisi suara dan musik. Dalam kariernya kemudian, ia menerima ratusan paten perangkat di bidang-bidang seperti high-powered transmisi, sonar, dan televisi.

Dan akhirnya Fessenden meninggal pada tanggal 22 Juli 1932 pada usianya yang baru 66tahun.

3. Lee De Forest
Seorang berkebangsaan Amerika ini lahir pada tanggal 26 Agustus 1873. Ia adalah putra dari seorang menteri Jemaat. Ayahnya pindah keluarga ke Alabama. Kemudian ia dikucilkan oleh warga masyarakat kulit putih yang membenci ayahnya sebagai bentuk peringatan kepada orang kulit hitam. Ia adalah seorang anak yang menyukai mesin. Ia sering merasa gembira ketika mendengar dari sekian banyak kemajuan teknologi pada akhir abad ke-19.

Ayahnya menginginkan ia bias menjadi seorang yang ahli dalam bidang agama, akan tetapi Lee bersikeras untuk lebih mendalami ilmu pengetahuan. Pada tahun 1893, ia mendaftar di Sekolah Ilmiah Sheffield dari Yale University, dan ia bekerja keras untuk menyelesaikan kuliahnya. Kemudian dengan berbagai macam cara, ia berusaha untuk melanjutkan pendididkannya agar bisa mendapatkan Ph.D. dalam ilmu fisika tahun 1899.

Lee merupakan seorang penemu dengan lebih dari 180 paten terhadap kredit. De Forest menemukan Audion, sebuah tabung vakum relatif lemah yang membutuhkan listrik sinyal dan menguatkan mereka. . De Forest adalah salah satu ayah dari “umur elektronik”, sebagai membantu mengantar Audion dalam penggunaan luas elektronik . Dia juga dikreditkan dengan salah satu penemuan utama yang membawa gerakan suara ke gambar.

Ia pernah terlibat dalam beberapa tuntutan hukum paten dan sebagian besar pendapatannya habis untuk melunasi tagihan hokum tersebut. Dia pernah empat kali menikah, dan memilki 25 perusahaan. Namun, ia pernah ditipu oleh rekan bisnisnya sendiri, dan ia pernah didakwa untuk surat penipuan, namun kemudian dibebaskan.

Dia adalah seorang anggota piagam Institute of Radio Engineers, salah satu dari dua pendahulu dari IEEE (yang lain adalah American Institute of Electrical Engineers). Kemudian ia meninggal pada tanggal 30 Juni 1961 pada usianya yang menginjak 88tahun.


Russian home made radio

Radio transceiver HF legendaris dan sangat terkenal ini dirancang di Uni Soviet oleh Amatir Radio - Yuri Kudryavtsev (UW3DI) pada tahun 1968. Transceiver ini dibuat dengan radio tabung.
Versi kedua menggunakan semikonduktor (UW3DI-II). Sejak itu transceiver telah berulang kali ditingkatkan / dimodifikasi oleh banyak amatir radio. Versi (QSK LENGKAP) ketiga dan bahkan keempat, telah dibuat pada akhir 1980-an. Transceiver ini relatif mudah digunakan, dan popular di kalangan amatir dari Uni Soviet dan sekitarnya.
Penemu amatir radio yang bernama - "DEI" (singkat dari UW3DI)



daleman:
Spoiler for jadul:

Spoiler for jadul:


huhhhh bikin ngiler aja.............
Quote:Original Posted By ft2800M
ijin nyimak ya mbah


kejang2...wkwkwkwkkwk

mantap om...dapet pertamax...

btgw nice trit om andi....lebih banyak inpo yg saia dapat dari tulisan om andi...
mantab lah...
maaf ni agan TS,,
ane mau nanya, tp takut salah jurusan,,
maafin ya klo ane salah,, ntar ane edit,, \t

Kalo receiver buat parabola tv termasuk ke dalam tema di thread ga? \t

makasih agan TS,,
ikut meramaikan trit mbah

btw ane dulu suka beli radio fm scanner di swalayan
harganya cuma 8ribu
Quote:Original Posted By FeYz ReVo
maaf ni agan TS,,
ane mau nanya, tp takut salah jurusan,,
maafin ya klo ane salah,, ntar ane edit,, \t

Kalo receiver buat parabola tv termasuk ke dalam tema di thread ga? \t

makasih agan TS,,


kayanya bukan gan.....di bluefame ada tuh para pecinta parabola2...
Quote:Original Posted By loabakung
kayanya bukan gan.....di bluefame ada tuh para pecinta parabola2...


waduhh,, salah ya gan,, y udah ane minta maaf ya gan,,
ane butuh pencerahan dikit,, tp klo ga termasuk ya udah ane nyari sumber laen,,
makasih agan loabakung
Klo ada sejarah peradioan di Indonesia donk baik radio broadcaster pertama atau radio amatir pertama, beserta fotonya, kaya Radio Malabar
[quote=]Sebelumnya perlu newbie luruskan krn banyak salah kaprah.
Hampir semua orang ditanya singkatan apa ORARI itu, jawabnya kebanyakan Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia
Itu SALAH BESAR...!!![/quote]



Kegiatan radio amatir merupakan kegiatan orang-orang yang mempunyai hobi dalam bidang tehnik transmisi radio dan elektronika, kegiatan ini sudah ada sejak tehnik transmisi radio ditemukan dan karena kegiatan ini menggunakan disamping peralatan juga media spektrum gelombang elektro magnetik yang menyangkut kepentingan kehidupan manusia dalam alam semesta ini maka, kegiatan ini disahkan, diatur dan diawasi secara global baik oleh Badan2 telekomunikasi international ITU & IARU maupun oleh badan telekomunikasi nasional disetiap negara.

Para amatir radio sedunia sadar bahwa kegiatan ini harus dilakukan secara tertib dan benar menurut kaidah hidup manusia dan peraturan yang berlaku secara internasional dan nasiona,l oleh karena itu dalam melakukan kegiatannya mereka mempunyai dan berlandaskan KODE ETIK AMATIR RADIO.

Demikian juga di Indonesia kegiatan Amatir radio sudah ada sejak awal abad ke 20. Semasa perang kemerdekaan RI para amatir radio di Indonesia juga aktive berjuang dengan peralatan dan keahliannya. Mereka bergabung didalam wadah Persatoean Amateur Repoeblik Indonesia (PARI). Namun pada zaman orde lama sehubungan dengan diberlakukannnya SOB kegiatan ini dilarang.

Terbentuknya Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia

Nara Sumber: RAJ Lumenta, Engkus, Herry Sembel, Hasan Koesoema Ardiwinata, MI Khadja, Willy A. Karamoy,

Terbentuknya orari boleh dikata berawal di Jakarta dan Jawa Barat atau pulau Jawa pada umumnya dan diprakarsai oleh kegiatan aksi mahasiwa , pelajar dan kaum muda, diawal tahun 1965 sekelompok mahasiwa publistik yang tergabung dalam wadah KAMI membentuk radio siaran perjuangan bernama Radio Ampera, mulai saat itu juga bermunculanlah radio siaran lainya seperti Radio Fakultas Tehnik UI, Radio Angkatan Muda, Kayu Manis, Draba dll. Sudah tentu semua radio siaran itu merupakan siaran yang tak memiliki izin alias Radio gelap. Sadar karena semakin banyaknya radio siaran bermunculan yang memerlukan suatu koordinasi demi tercapainya perjuangan ORBA maka dibentuklah pada tahun 1966 oleh para mahasiwa suatu wadah yang diberi nama PARD (Persatuan Radio Amatir Djakarta) diantaranya terdapat nama-nama koordinatornya seperti Willy A Karamoy. Ismet Hadad, Rusdi Saleh ……dll. Dan di Bandung terbentuk PARB. Bagi anggota yang hanya berminat dalam bidang teknik wajib menempuh ujian tehnik dan bagi kelompok radio siaran disamping perlu adanya tehnisi yang telah di uji juga wajib menempuh ujian tehnik siaran dan publisistik. Setelah itu kesemuanya diberi callsign menggunakan prefix X, kode area 1 s/d 11 dan suffix 2 huruf sedangkan huruf suffix pertamanya mengidentifikasikan tingkat keterampilannya A s/d F seperti X6AM, X11CB dsb sedangkan untuk radio siaran diberi suffix 3 huruf.Pada mulanya PARD merupakan wadah bagi para amatir radio dan sekaligus radio siaran . Sehingga pada saat itu secara salah masyarakat mengidentikan Radio amatir sebagai radio siaran non RRI. Karena adanya Tingkatan keterampilan, PARD saat itu juga menyelenggarakan ujian kenaikan tingkat.

Disamping itu terdapat juga para Amatir era 1945-1952 yang tergabung dalam PARI (Persatoean Amatir Repoeblik Indonesia 1950), diantaranya terdapat nama – nama , Soehodo . (YBØAB), Dick Tamimi . (YBØAC), Soehindrio (YBØAD), Agus Amanto (YBØAE), B. Zulkarnaen . (YBØAU), Koentojo (YBØAV) dll. Diantara mereka ternyata ada juga yang menjadi anggota PARD seperti, (YBØAE) dan (YBØAU).

Penertiban

Demi ketertiban pemakaian frekwensi di Jakarta pada pertengahan 1967 atas prakarsa bapak Bambang Soehardi † selaku Ka Hubdam V Jaya diberlakukan wajib daftar bagi setiap Amatir radio dan broadcaster diHubdam V Jaya dengan rekomendasi dari PARD dan masa berlakunya surat tanda pendaftarannya adalah 3 bulan.(Surat tanda Daftar baru keluar ± bulan Juni 1968)

Pada Akhir tahun 1967 atas prakarsa Dr. Rubiono Kertopati (salah satu perintis Lembaga Sandi Negara) selaku ketua Dewan Telkomunikasi, Koentojo (YBØAV) selaku Sekretaris Dewan TelKom dan bapak Soerjadi (YBØAZ) selaku Ka HubAd telah diundangkan Peraturan Presiden No. 21 yang mengatur Kegiatan Amatir radio di Indonesia.

ORARI Nasional

Atas dasar PP21/1967 pada tanggal 9 Juli 1968 dilingkungan Sekretariat Negara pada waktu itu dan tanpa kesibukan yang menonjol dengan dihadiri sejumlah calon anggota yang berdomisili terutama di pulau Jawa, terbentuklah ORARI dan praktis pada awalnya hanya mencakup pulau Jawa yang terdiri atas 4 Regio yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketua ORARI Nasional dijabat oleh Bapak Koentoyo (YBØAV). Dengan terbentuknya Wadah yang sah ini maka, para Amatir merasa lega karena bisa secara sah melakukan kegiatannya. Tenaga penguji di Dewan Telkom saat itu sangat terbatas dan hanya diperuntukan untuk menguji calon Operator dan Markonis radio maka, Dewan belum mungkin menyelenggarakan ujian untuk calon anggota ORARI dan untuk kebutuhan ini ORARI diberi wewenang sementara untuk menyelenggarakan sendiri ujian Amatir bagi calon anggotanya. Dan untuk mengurus keperluan perizinan seluruh anggota ORARI telah ditunjuk wakil tetap ORARI di Dewan Telekomunikasi RI. Yakni Herry Sembel (YBØBR) dan Hasan Koesoema (YBØAH).

Dengan terbentuknya ORARI maka terjadilah masa transisi dalam meletakkan istilah Amatir pada tempatnya, terutama dimasyarakat dan bahkan banyak diantara pengurus terutama di daerah masih mengidentikan kegiatan Amatir radio dengan Radio siaran non RRI. Hal ini terlihat dengan adanya radio-radio siaran dan badan-badan usaha yang melegalitaskan kegiatan siaran/ komunikasi usahanya dengan merekrut anggotanya menjadi anggota ORARI. Untuk mempersingkat masa transisi ini dan mencegah jangan adalagi suatu badan radio siaran atau badan lainnya mengajukan permohonan menjadi anggota ORARI maka pada Bulan Februari 1969 Bapak Koentoyo selaku Sekretaris Dewan Telekom menugaskan Bapak Engkus selaku staff Dewan Telekom dan Hasan Koesoema selaku wakil tetap ORARI di Dewan Telekom untuk memberikan pengarahan pada pembina dan pengurus ORARI di Jawa tengah dan Jawa Timur. Dari hasil pengarahan dan pengamatan ternyata Jawa tengah Bapak Imam Poerwito selaku Kahubad Kodam Diponegoro dan selaku ketua ORARI sudah sejak awal membuat langkah – langkah antisipasi sepert melakukan screening calon anggota dengan ketat melalui ujian dan ini dibuktikan dengan terdominasinya kegiatan ORARI Semarang oleh anggota-anggotanya yang melakukan kegiatan amatir tulen, seperti pemancar rakitan sendiri kegiatan QSO sebagainya. Namun di jawa timur baru setelah diberikan pengarahan pembina ORARI Bapak Tewel baru menyadari akan pandangannya yang keliru tentang kegiatan amatir radio.


Penemuan alat komunikasi radio yang menggunakan band frekuensi 26,968 -27,405 Mhz yang di negara asalnya Amerika terkenal dengan nama radio Citizent Band (CBX) maka di Amerika tersebut pada tahun 1958 secara resmi radio CB telah dilegalisir penggunaannya sebagai alat komunikasi radio antar penduduk. Sebagai organisasi pengelolaannya adalah Federal Communications Commission (FCC) yang bertugas untuk menangani pengendalian dan pembinaan para penggemarnya yang semakin banyak di masyarakat luas. Keberadaan CB terasa diperlukan oleh masyarakat di Amerika, terutama sebagai sarana komunikasi antar penduduk untuk saling memberikan informasi bila mendapat kesulitan, mohon bantuan/pertolongan dengan segera, atau untuk kepentingan gawat darurat. Dengan demikian komunikasi radio antar penduduk (CB) di Amerika berkembang dengan baik dan telah memasyarakat, sehingga instansi-instansi resmipun ikut secara aktif terjun didalamnya. Instansi yang ikut terjun antara lain : Kepolisian, SAR, Rumah Sakit, Pemadam Kebakaran, Perusahaan Listrik, dan lembaga sosial kemasyarakatan lain yang semuanya memonitor dengan menggunakan jalur/aluran 9. Disamping itu keperluan tersebut, alat komunikasi ini juga banyak digunakan untuk membantu keperluan komunikasi pada acara/event penting seperti acara olahraga maupun bentuk bentuk keramaian lainnya, demi kelancaran penyelenggaraan dan untuk mengantisipasi apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan. Perkembangan komunikasi radio CB, telah merambah ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia pun mulai dimasuki radio CB sejak dasawarsa 70-an. Kehadiran CB di Indonesia teryata terus berkembang dalam jumlah maupun penggemarnya yang penggunaannya masih bersifat liar, karena belum ada ketentuan yang mengaturya. Melihat kenyataan ini, Pemerintah mulai menyadari jikalau penggunaan CB secara liar dan jumlahnya semakin bertambah banyak tetap dibiarkan, bisa mengakibatkan timbulnya dampak negatif, karena alat komunikasi radio CB apabila oleh pemilik yang tidak bertanggungjawab dan liar dapat digunakan untuk tindakan yang bersifat kriminal, bahkan mungkin sampai tindakan subversif dan Iain-lain. Akhirnya Pemerintah mengambil tindakan penertiban terhadap pemilik dan pengguna radio CB di Indonesia, oleh karenanya Pemerintah mengambil kebijaksanaan untuk melegalisir penggunaan perangkat tersebut dengan ketentuan-ketentuan persyaratan serta perijinan untuk Komunikasi Radio Antar Penduduk (KRAP).

Kebjaksanaan Pemerintah melalui Menteri Perhubungan telah menetapkan SK MENHUB RI Nomor : SI. 11/HK 501/Phb-80 tertanggal 6 Oktober 1980, tentang Perizinan Penyelenggaraan Komunikasi Radio Antar Penduduk. Untuk pelaksanaan keputusan tersebut, maka perlu didirikan suatu organisasi yang bertugas membantu Pemerintah dalam pengawasan dan pembinaan terhadap penyelenggara Komunikasi Radio Antar Penduduk (KRAP). Memperhatikan begitu pentingnya suatu organisasi pendukung atas keputusan itu maka Dirjen Postel pada tanggal 31 Oktober, menunjuk Team Formatur dengan suratnya Nomor : 6356/OT.002/Dirfrek/80, untuk membentuk Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia yang mempunyai kepentingan pembinaan, pengelolaan, dan pengendalian Komunikasi Radio Antar Penduduk. Team Formatur yang ditunjuk, yaitu :

SUDARTO
EDDIE M. NALAPRAYA
SUTIKNO BUCHARI
A. PRATOMO, Be T.T.
LUKMAN ARIFIN, SH



Team Formatur diberi tugas :
- Menyusun AD & ART dari Organisasi KRAP tingkat Pusat
- Menyusun Pengurus Pusat dari Organisasi KRAP
Setelah formatur bermusyawarah pada tanggal 2 Desember 1980 di Jakarta, maka terbentuklah susunan Pengurus Pusat Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI ) dengan susunan AD & ART RAPI. Organisasi RAPI merupakan satu-satunya organisasi bagi penyelenggara Komunikasi Radio Antar Penduduk di Indonesia. Terpilih sebagai Ketua Umum pertama adalah EDDIE M NALAPRAYA. Organisasi tersebut didasarkan atas SK MENHUB No. SI. 11/HK S01/Phb-80, tanggal 6 Oktober 1980, yang pelaksanaannya diatur melalui SK Dirjen Postel Nomor : 125/Dirjen/1980, yang menetapkan KEPUTUSAN TENTANG PENDIRIAN DAN PENGANGKATAN PENGURUS PUSAT ORGANISASI RADIO ANTAR PENDUDUK, tertanggal 10 Nopember 1980.

Tanggal 10 Nopember 1980 dijadikan tanggal lahirnya Organisasi RAPI, dan mulai saat itulah Radio Antar Penduduk Indonesia mulai berkiprah dalam mendukung pembangunan nasional melalui bantuan komunikasi maupun dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, politik, olahraga, kepramukaan, SAR, satuan komunikasi kamtibmas, dan masalah emergency lainnya, baik ditingkat Daerah maupun Tingkat Nasional. Perkembangan dan pertumbuhan RAPI semakin semarak dan telah menjadi suatu bagian hobby yang dicintai oleh masyarakat Perkembangan ini berlangsung terus sampai dengan tahun 1987. Tetapi dengan adanya kebijaksanaan Pemerintah melalui SK Menparpostel RI No. KM 48/PT.307/MPPT-85 yo SK No. 79/PT.307/MPPT-87 yang pelaksanaannya diatur di dalam SK Dirjen Postel No. 97/Dirjen/85 yo SKNo. 80/Dirjen/87, ? yang intinya tentang pita frekuensi 11 meter (27 Mhz) secara berangsur-angsur akan dicabut dan diganti dengan pita frekuensi 62 centimeter (476 Mhz) – maka dengan sendirinya kegiatan RAPI menurun sangat drastis, penurunan ini disamping disebabkan ketentuan tersebut diatas juga karena akibat produser perangkat 11 meter menghentikan produksinya, sehingga anggota RAPI kesulitan mencari komponen maupun perangkat radio komunikasi 11 meter. Dalam kondisi seperti itulah, semua pelaku organisasi RAPI diseluruh Indonesia berupaya agar RAPI tetap eksis dan dapat melakukan kegiatan yang positip bagi anggota maupun masyarakat sebagai bentuk dharma bhakti kepada nusa dan bangsa. Dengan berbagai upaya melalui aspek legal maupun usaha-usaha memberikan masukan kepada Pemerintah agar kelangsungan hidup organisasi RAPI bisa tetap dipertahankan keberadaannya. Akhirnya Pemerintah memperhatikan serta tanggap terhadap aspirasi dari seluruh jajaran RAPI dan berdasarkan UU No. 3 Tahun 1989 Tentang Telekomunikasi yang didalamnya KRAP termaktub di dalam Pasal 5 Ayat 2, Pasal 12 Ayat 1 dan Ayat 3, maka Pemerintah melalui SK Menparpostel No. KM 26/ PT.307/MPPT-92 tertanggal 30 Maret 1992, tentang Komunikasi Radio Antar Penduduk, menetapkan bahwa pita frekuensi 11 meter (27 Mhz) dialokasikan kembali kepada RAPI, disamping frekuensi 62 centimeter (476 Mhz). Termasuk juga penggunaan perangkat KRAP buatan luar negeri diperbolehkan untuk digunakan selama memenuhi persyaratan teknis yang ditentukan.

Keberhasilan usaha dan perjuangan para pelaku organisasi RAPI semakin nyata, ini bisa kita lihat bahwa dengan dikeluarkannya SK Dirjen Postel Nomor : 92/Dirjen/1994 tentang Ketentuan Pelaksanaan Komunikasi Radio Antar Penduduk (KRAP). Didalam SK tersebut ditetapkan bahwa perangkat komunikasi pada gelombang:

1. HF (High Frequency) yaitu Band Frekuensi 26.960 – 27.415 Mhz
2. VHF (Very High Frequency) Band Frekuensi 142.0375 – 143.5375 Mhz
3. UHF (Ultra High Frequency) Band Frekuensi 476.410 – 477.415 Mhz (masih dipakai gak ya)?

dialokasikan dan dipercayakan kepada organisasi RAPI untuk pengelolaannya.

Dengan kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah, maka perlu bagi seluruh pelaku-pelaku organisasi RAPI untuk meningkatkan rasa tanggungjawabnya terhadap organisasi maupun aturan dan ketentuan yang berlaku dalam Komunikasi Radio Antar Penduduk yang telah ditetapkan, sehingga terciptalah Tertib Organisasi dan Tertib Frekuensi seperti yang kita dambakan. Semoga RAPI untuk saat sekarang maupun yang akan datang dapat membuktikan karya dan bhaktinya terhadap bangsa dan negara Indonesia yang tercinta.

Radio siaran yang pertama di Indonesia (waktu itu bernama Nederlands Indie - Hindia Belanda), ialah Bataviase Radio Vereniging (BRV)di Batavia (Jakarta Tempo dulu), yang resminya didirikan pada tanggal 16 Juni 1925, jadi lima tahun setelah di Amerika Serikat, tiga tahun setelah di Inggris dan di Uni Soviet.

Sebagai pelopor timbulnya radio siaran usaha bangsa Indonesia ialah Solosche Radio Vereniging (SRV) yang didirikan pada tanggal 1 april 1933. Dalam hubungan dengan itu patut di catat nama Mangkunegoro VII seorang bangsawan Solo dan seorang Insinyur bernama Ir.Sarsito Mangunkusumo yang berhasil mewujudkan SRV itu.

Pada tanggal 29 Maret 1937 atas usaha anggota Volksraad M.Sutarjo Kartokusumo dan seorang Insinyur bernama Ir.Sarsito Mangunkusumo diselenggaraka suatu pertemuan antara wakil-wakil radio ketimuran bertempat di Bandung wakil-wakil yang mengirimkan utusannya ialah : VORO (Jakarta), VORL (Bandung), MAVRO (Jogyakarta), SRV (Solo), dan CIRCO (Surabaya), pertemuan hari itu melahirkan suatu badan baru bernama : PERIKATAN PERKUMPULAN RADIO KETIMURAN (PPRK) sebagai ketuanya adalah : Sutarjo Kartohadikusumo.

Babak Baru Dalam Penyiaran Radio di Indonesia

Akhirnya setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, maka atas perintah Hoso Kanri Kyoku, pada tanggal 19 Agustus 1945 semua Hoso Kyoku dihentikan kegiatannya. Selamanya berkuasanya pemerinta militer Jepang di Indonesia boleh dikatakan merupakan babak baru bagi penyiaran radio di Indonesia. Babak baru ini ditandai dengan beberapa hal :
- Terpusatnya radio dalam 1 tantangan yaitu tangan penguasa dengan suara resmi pemerintah. Diluar radio pemerintah tidak ada radio lain. Radio amatirpun tidak di perbolehkan.
- Dititik-beratkan siaran radio kepada usaha perang;tegasnya sebagai alat untuk memenangkan perang.
- Diharuskannya rakyat untuk hanya mendengarkan siaran-siaran radio pemerintah. untuk itu, semua pesawat radio disegel gelombang pendeknya.
- Dilarangnya penyiaran lagu-lagu barat dan penggunaan bahasa asing dalam penyiaran dalam negeri.

Memang didalam babak baru ini terdapat segi-segi negatif dan positifnya. Diantara segi-segi negatifnya ialah tidak adanya kebebasan pemilik radio untuk mendengarkan siaran yang diinginkannya.
Harus diakui , selama 3 setengah thun, Jepang telah memperkaya perbendaraan musik Indonesia dengan ratusan lagu Indonesia baru yang sebagian masih merupakan lagu yang populer hingga sekarang.

Pada hakikatnya, siaran radio dimasa pendudukan Jepang telah mempersiapkan rakyat Indonesia dan mendorong matangkan Angkatan Mudanya yang memasuki pintu gerbang kemerdekaan Indonesia.

RRI Saat Detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia

Pada tanggal 16 Agustus 1945 komplek radio tetap dijaga ketat oleh kampetai (tentara Jepang). Siaran dalam negeri berjalan seperti biasa membawakan lagu-lagu Jepang dan Indonesia, serta berita-berita yang masih menyatakan kemenangan Jepang.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 pagi hari, siaran dalam negeri terus berjalan, dan berita disiarkan dari sumber Domei (kantor Berita Jepang). Sekitar pukul 17.30, ketika pegawai bersiap-siap berbuka puasa, seorang wartawan kantor berita Jepang Syachruddin berhasil menyusup ke gedung radio dan ke ruang pemberitaan dengan membawa teks proklamasi yang diterimanya dari Adam Malik untuk disiarkan melalui radio. Pada pukul 18.00 petugas pemberitaan, siaran dan teknik berunding di ruangan pemberitaan untuk mencari kesempatan menyiarkan teks proklamasi. Petugas teknik menginformasikan bahwa studio luar negeri yang tidak mengudara, berada dalam keadaan kosong. Studio itu dapat dipergunakan dan petugas teknik mengatur line modulasi dari sana bisa langsung ke pemancar 10 KW yang terletak di Tanjung Priok.

Tepat pukul 19.00 teks proklamasi dibacakan secara bergantian dalam bahasa Indonesia oleh Jusuf Ronodipoero dan dalam bahasa Inggris oleh Suprapto. Penyiaran teks proklamasi tersebut melalui radio di Jakarta berlangsung berkali-kali selama 15 menit dan pembacaan yang sama dilakukan juga oleh Radio Bandung. Pada pukul 20.30 WIB para kampetai datang ke ruang pemberitaan karena peristiwa penyiaran teks proklamasi telah diketahui oleh Jepang, dan menyiksa seluruh petugas radio yang menyiarkan teks proklamasi, hal yang sama juga dialami oleh Radio Bandung dihentikan pada pukul 21.00 WIB.

Dengan demikian bahwa radio sepeninggalnya Jepang di Indonesia diserahkan sepenuhnya kepada Republik Indonesia, dan ini merupakan cikal bakal dari berdirinya Radio Republik Indonesia dan hingga saat ini RRI terus berjuang demi eksistensinya dibidang komunikasi dengan semangat ”Sekali di udara tetap diudara”.


Lahirnya Radio Republik Indonesia

Dengan dihentikannya siaran radio dari semua Hoso Kyoku sejak tanggal 19 Agustus 1945. Masyarakat menjadi buta berita. Yang sangat menggelisahkan masyarakat adalah tidak diketahui apa yang harus dilakukan setelah Indonesia diproklamasikan sebagai negara merdeka sejak 17 Agustus 1945.

Bagi orang radio semakin jelas, bahwa dalam situasi yang demikian, siaran radio merupakan alat yang mutlak diperlukan oleh pemerintah Republik Indonesia untuk berhubungan dan memberi tuntunan kepada rakyat, apa yang harus dikerjakan.

Dari berita-berita radio luar negeri diketahui, bahwa yang akan menduduki Jawa dan Sumatera adalah tentara Inggris atas nama sekutu.

Dengan berita-berita itu kita ketahui, bahwa kedaulatan Belanda atas Indonesia masih diakui oleh sekutu. Suatu pemerintahan yang disebut "Netherlands Indie Civil Administration" disingkat NICA, akan didirikan di Indonesia oleh pemerintah kerajaan Belanda.
Satu-satunya alat komunikasi ialah siaran radio.sesuai dengan pemikiran sebelumnya,maka sebelum tentara Inggris mendart kita sudah harus melaksanakan:
- Pembentukan satu organisasi siaran radio nasional.
- Menguasai semua pemancar di 8 stasiun radio didaerah Jawa.

Untuk itu tidak ada jalan lain,kecali mengadakan pertemuan dengan wakil-wakil dari 8 bekas Hoso Kyoku. Tempat yang dipilih adalah Jakarta.

PERTEMUAN DI PEJAMBON

Pada tanggal 11 September sore jam 17.00 tepat, delegasi radio sudah siap di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon, diterima oleh Sekretaris Negara.

Delegasi radio yang ikut dalam pertemuan adalah : Dr.Abdulrachman Saleh,Adang kadarusman,Soehardi,Soetarji Hardjolukita,Soemarmadi,sudomomarto,Harto dan Maladi. Dr.Abdulrachman Saleh adalah ketua delegasi.Dalam pertemuan itu telah diuraikan garis besar rencana sebagai berikut :
- Tentara Inggris sebagai kuasa sekutu akan mendarat di Jakarta pada akhir September.Melihat tugas mereka di Indonesia,sudah dapat diperhitungkan akan timbul bentrokan-bentrokan antara pasukan Inggris dengan lasykar rakyat dan rakyat pada umumnya.karena rakyat menganggap kedaulatan Republik Indonesia dilanggar dengan masuknya tentara asing di wilayah Republik Indonesia.
- Setelah tentara Inggris menyelesaikan tugasnya,mereka akan diganti dengan tentara Belanda yang pasti akan ditentang oleh rakyat Indonesia.Pertempuran besar-besaran akan berkobar di seluruh Indonesia.
- Menghadapi kemungkinan kemungkinan tersebut,kekuatan utama bagi Republik Indonesia adalah RAKYAT.Adalah kewajiban pemerintah untuk memimpin perjuangan dan menggerakan kekuatan rakyat dengan strategi dan taktik yang tepat.
- Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut,pemerintah harus mempunyai hubungan yang cepat dan luas.Satu-satunya alat komunikasi yang dapat memenuhi syarat tersebut hanyalah RADIO.Alat-alat komunikasi lainya seperti telepon,telegrap,kereta api,pera dan lain-lain,selain kurang cepat,juga dapat terputus dengan mudah dalam pertempuran-pertempuran.
- Berdasarkan pemikiran dan perhitungan tersebut,para pemimpin radio dari 8 Hoso Kyoku di Jawa bertekad,untuk meng-organisir siran radio,sebagai alat perjuangan dan alat komunikasi dengan rakyat.
- Untuk tujuan tersebut,akan dibentuk organisasi nasional siaran radio yang bersifat persatuan.
- Studio dan pemancar-pemancar radio Hoso Kyoku akan dijadikan modal operasi persatuan tersebut,yang akan menuntut penyerahan alat-alat tersebut dari Jepang.
- Struktur organisasi,personalia,strategi peluangan menghadapi Inggris dan kemudian Belanda akan dibicarakan dalam konperensi.
- Kepada pemerintah diminta persetujuannya atas rencana tersebut,serta petunjuk-petunjuk dan bantuan dalam penyelesaianya denagn pihak Jepang mengenai penyerahan pemancar radio.

Tanggapan para Menteri dan Sekretaris Negara terhadap penjelasan delegasi radio dapat disimpulkan sebagai berikut:
-Mereka tidak menduga,delegasi radio akan mengajukan rencana yang mencakup aspek politik yang demikian luasnya.
-Dikatakan,pemerintah sedang memikirkan pengaturan media masa pers,radio dan lain-lain.Untuk itu telah dibentuk sebuah panitia negara yang diketahui Adam Malik.Tetepi,panitia tersebut belum sempat merumuskan suatu konsepsi/rencana yang konkrit.
-Mengenai penyerahan pemancar-pamancar radio dari tangan Jepang memerlukan pemikiran yang mendalam.Alat-alat tersebut sudah di daftar sebagai inventaris Sekutu dan memerlukan pembicaraan dengan pihak Sekutu.Penguasaan alat-alat tersebut dapat mengakibatkan bentrokan dengan Jepang.
-Perhitungan delegasi radio,bahwa kedatangan tentara Inggris akan membawa pertempuran-pertempuran tidak dapat diterima oleh pemerintah.

Dalam hubungan ini,delegasi radio mengambil sikap akan jalan terus,dengan rencana berdasarkan perhitungan peperangan.
Walaupun mengenai beberapa hal Pemerintah tidak sependapat,namun di sanggupi akan memberi bantuan kepada Radio Republik Indonesia.
tambahin sejarah KOde MOrse
kalau di Radio Jadul ada CW
hasil hunting dari wiki,krn ga mungkin saya menuliskan sendiri otobiografinya ,jadi seperti di bawah ini:

orang yang pertama kali menemukan MOrse adalah
Samuel F.B. Morse


Kode Morse merupakan salah satu jenis komunikasi jarak jauh yang paling tua. Samuel F.B. Morse menciptakan kode alfabet khusus untuk digunakan pada telegrafi. Uji coba telegraf listriknya dimulai tahun 1835. Pada tahun 1843 Morse mulai membangun jaringan kawat yang menghubungkan Washington DC dan Baltimore. Pesan pertama telegrafnya dikirimkan pada tanggal 24 Mei 1844, yang berbunyi "What hath God wrought".

menggunakan kode morse merupakan cara yang paling efisien. Secara teknis dengan daya yang sangat kecil, telegrafi morse mampu mencapai jarak komunikasi yang lebih jauh. Dalam kondisi operasi radio yang paling buruk sekalipun dimana komunikasi telefoni dan digital sulit dilakukan, seringkali morse mampu menembusnya.

Sandi-sandi dalam kode morse merupakan bahasa dunia sehingga komunikasi antar bangsapun lebih mudah dilakukan. Sandi yang sangat berguna dalam penyelamatan jiwa manusia adalah "SOS", singkatan dari save our soul.



Menggunakan kode morse ternyata sangat mengasyikan. Banyak diantara teman-teman Amatir Radio yang mencoba belajar kode morse, lalu menjadi kecanduan. Selain itu menggunakan kode morse diyakini dapat memperkuat daya ingat, melatih kesabaran dan disiplin. Bahkan tidak sedikit yang percaya bahwa kode morse bisa memperpanjang umur penggunanya.




"rakkus'ers"
nambahin #4
tentang marconi
GUGLIELMO MARCONI


Sejarah menyebutkan bahwa pemancar radio merupakan rangkaian penemuan dari banyak ilmuwan, diantaranya Hertz, Maxwell dan Faraday.
Namun disepakati bahwa berhasil mewujudkannya.

dan eksperimen Marconi mulai melakukan dimulai tahun 1890,
menggunakan pemancar spark-gap yang ternyata bisa menghasilkan gelombang elektromagnetik.



Pemancar pertamanya terdiri dari kumparan induksi yang dihubungkan pada baterai dan kawat antena, dengan celah percikan di atasnya. Pada tahun 1895 ia berhasil melakukan transmisi hingga jarak satu-seperempat mil.

Meskipun berhasil menemukan dan menciptakan pesawat radio, Marconi selalu mengatakan bahwa dirinya hanyalah seorang Amatir. Sikap ini dipertahankan sampai akhir hayatnya, maka Marconi menjadi amatir radio pertama di dunia. Hingga kini setiap operator radio yang cakap selalu disebut sebagai “marconist”.




"rakkus'ers"

sejarah Trio- Kenwood , Japan

Kenwood Corporation


Alamat:
14-6 1-chome Dogenzaka, Shibuya-ku
Tokyo 150-8501
Jepang

Telepon: 011 81 3 5457-7111
Faks: 011 81 3 5457-7110
http://www.kenwoodcorp.com

Statistik:
Perusahaan Publik
Incorporated: 1946 sebagai Perusahaan Radio Kasuga
Karyawan: 2.600
Penjualan: US $ 2,6 miliar (1999)
Bursa: Tokyo
NAIC: 42162 Peralatan Listrik, televisi, dan Pedagang Radio Set; 33431 Audio dan Video Manufaktur Peralatan


Perspektif Perusahaan:

Tujuan kami adalah untuk menciptakan budaya, hidup menantang perusahaan di mana karyawan bangga bekerja. Dalam hal filosofi perusahaan, ini diterjemahkan menjadi tiga tujuan perusahaan:
untuk memiliki organisasi, penting aktif, untuk mengambil risiko dan tantangan-tantangan baru, dan untuk memiliki perusahaan bahwa karyawan akan menemukan menarik.

Sejarah Perusahaan:
Kenwood Corporation adalah salah satu terbesar dan paling sukses berorientasi konsumen perusahaan elektronik Jepang. Desain perusahaan, memproduksi, dan memasarkan berbagai produk elektronik konsumen untuk pasar di seluruh dunia, termasuk seperti teknologi tinggi item sebagai amplifier, speaker, rumah dan produk audio otomotif, receiver, CD player, deck kaset, high-end pribadi komponen komputer, telepon selular, osiloskop, dan radio mobile. Sebagian besar pendapatan perusahaan berasal dari penjualan peralatan audio dan produk, tetapi masuk Kenwood ke pasar-pasar baru seperti receiver satelit meteorologi adalah mengumpulkan pendapatan lebih dan lebih setiap tahun. Nama merek produk elektronik perusahaan adalah yang paling populer di Amerika Serikat, dan banyak dari keberhasilan perusahaan dapat dikaitkan dengan anak perusahaan dikelola dengan baik Kenwood USA Corporation yang terletak di Long Beach, California. Selain kehadirannya di AS, Kenwood juga memiliki fasilitas manufaktur dan kantor penjualan di berbagai negara di seluruh dunia.
Sejarah Awal
Radio Incorporated sebagai perusahaan Kasuga pada tahun 1946, sekelompok pengusaha muda telah memutuskan untuk mengambil keuntungan dari pasar yang berkembang untuk produk konsumen pascaperang. Karena banyak dari Jepang telah dihancurkan oleh dampak Perang Dunia II, bangsa itu bersemangat dan siap untuk menciptakan kembali perekonomian nasional. Salah satu pasar yang sedang berkembang di seluruh dunia termasuk peralatan elektronik, sehingga Perusahaan Kasuga Radio didirikan di Nagano, Jepang, untuk memproduksi canggih tinggi kesetiaan komponen elektronik dan peralatan radio amatir. Dalam waktu singkat, perusahaan itu salah satu perusahaan konsumen terkemuka produk elektronik di negara ini, dan pada tahun 1949 Perusahaan melakukan Kasuga Radio lompatan besar dalam teknologi-intensif manufaktur ketika memperkenalkan transformator frekuensi tinggi pertama.

Sepanjang tahun 1950, perusahaan terus mengembangkan produk inovatif untuk industri produk konsumen elektronik. Sekali lagi, pada tahun 1957, insinyur di perusahaan mencapai terobosan inovatif utama dalam penelitian dengan pengembangan dan pembuatan FM tuner pertama di Jepang. Pada sekitar waktu yang sama, perusahaan juga mulai memproduksi berbagai macam tes dan alat pengukur presisi, termasuk barang-barang seperti osiloskop, voltometers, dan DC diatur pasokan listrik. Untuk mencerminkan nilai-nilai dan efisiensi perusahaan modern, manajemen memutuskan untuk mengubah nama perusahaan Trio-Kenwood Corporation.

Untungnya, karena ekonomi nasional Jepang diperluas, Trio-Kenwood naik gelombang kemakmuran ekonomi dan ekspansi terus. Pada saat tahun 1960 tiba, perusahaan itu siap untuk mengalihkan operasinya dari nasional untuk fokus internasional. Setelah sudah menyelesaikan rencana strategis yang komprehensif untuk ekspansi di akhir 1950-an, manajemen perusahaan mengambil langkah pertama pada tahun 1963 dengan pembentukan Kenwood Electronics, Inc di Los Angeles, California. Perusahaan ini dibentuk sebagai distributor dan mulai memasarkan dan menjual produk Trio bawah nama merek eksklusif Kenwood. Perusahaan Jepang pertama yang beroperasi di Amerika Serikat di bawah nama sendiri, Kenwood dalam beberapa tahun akan melontarkan ke puncak pasar elektronik konsumen berkembang pesat di Amerika Serikat. Pada saat yang sama, perusahaan yang didirikan produksi utama dan anak perusahaan pemasaran di Perancis, Belgia, Italia, Jerman Barat, Kanada, Inggris, Australia, Hong Kong, dan Singapura. Pada pertengahan 1960-an, Trio-Kenwood adalah massa audio memproduksi, komunikasi, dan alat uji di seluruh dunia. Pada 1969, perusahaan telah tumbuh begitu besar itu tercantum pada Bagian Pertama Bursa Saham Tokyo, dan mulai menjual saham kepada publik.
Sebagai Trio-Kenwood diperluas di luar negeri, yang rekayasa departemen terus merancang dan mengembangkan beberapa komponen elektronik yang paling penting dalam industri. Selama awal 1960-an, perusahaan yang dirancang dan diproduksi penguat solid state, yang pertama dari jenisnya di Jepang. Perkembangan ini menandakan perubahan besar dalam industri elektronik dari penggunaan tabung vakum untuk meluasnya penggunaan transistor. Selama pertengahan 1960-an, perusahaan memproduksi penguat negara pertama di dunia sepenuhnya padat, dan segera setelah itu mulai gerhana amplifier tabung tradisional yang telah mengadakan cengkeraman pada pasar elektronik selama bertahun-tahun.
Pertumbuhan dan Ekspansi
Dekade 1970-an adalah yang terbaik bagi perusahaan dalam sejarah. Penjualan terus meningkat, sehingga keuntungan yang lebih tinggi dan harga saham lebih berharga. Fasilitas Trio-Kenwood di seluruh dunia adalah manufaktur produk elektronik konsumen dengan kecepatan yang memusingkan. Pada pertengahan 1970-an, Kenwood Corporation di Amerika Serikat telah menangkap lebih dari 70 persen pasar radio amatir di negara ini. Apa yang mendorongnya perusahaan ke depan, bagaimanapun, adalah jenius inovatif dan kreatif para insinyur dalam penelitian dan pengembangan. Pada tahun 1976, Trio-Kenwood memperkenalkan penguat DC pertama yang dibuat di Jepang dan penguat pertama dengan sumber kekuasaan ganda. Pada tahun 1977, perusahaan memproduksi penerima 40-watt yang dijual dengan harga kurang dari $ 300, sehingga melanggar tonggak harga dalam industri. Selama dua tahun berikutnya, model penerima outsold semua model lainnya di pasar internasional. Juga pada tahun 1977, Trio-Kenwood dirancang dan diproduksi baik penguat daya langsung-drive, dan basis putar beton yang secara luas dianggap sebagai menghilangkan umpan balik mekanik dan akustik.

berlanjut-->
lanjutan
Selama tahun 1970-an, insinyur perusahaan tidak beristirahat pada prestasi yang dibuat di pertengahan 1970-an. Pada tahun 1978 saja, Trio-Kenwood dirancang, diproduksi, dan amplifier Hi Speed ​​dipatenkan yang bereaksi hampir seketika pada input frekuensi tinggi, dipatenkan Count Detector Pulse tuner yang secara signifikan mengurangi distorsi FM, dan memperkenalkan Tuning Bandwidth Variabel yang mempersempit band pass JIKA. Tidak mengherankan, upaya para insinyur dalam penelitian dan pengembangan departemen tidak pergi dihargai tahun itu. Perusahaan tertangkap setiap penghargaan utama untuk FM tuner pada tahun 1978, serta memiliki KD-500 meja putar yang bernama yang terbaik di kelasnya. Tahun 1979 hanya sebagai produktif. Trio-Kenwood memperkenalkan penguat pertama dengan sumber daya beberapa tahap, dan Liquid Crystal Display pertama, yang merupakan mikroprosesor pertama dikendalikan genggam radio jenisnya dalam bidang tumbuh komunikasi elektronik. Pada tahun yang sama, perusahaan mulai menggunakan bahan non-magnetik untuk pembuatan garis besar amplifier dan tuner, berniat untuk mengurangi medan magnet dan distorsi.
Pada awal tahun 1980, manajemen berkomitmen untuk produk mobil Kenwood mengembangkan audio baik di Jepang dan di Amerika Serikat. Perusahaan berencana untuk pasar sistem audio mobil dan bagian-bagian komponen melalui dealer mobil aksesoris, dan ini tidak bisa menjadi keputusan yang lebih baik. Dari awal diperkenalkan produk audio mobil, seperti receiver kaset nya dek yang pertama di industri untuk menawarkan pengurangan kebisingan otomatis dan sistem siaran otomatis sensor, penjualan meroket. Sebelum lama perusahaan itu mengumpulkan lebih banyak penghargaan dari berbagai desain dan kompetisi rekayasa. Pada saat yang sama, Trio-Kenwood insinyur sedang sibuk mengembangkan Audio pertama di dunia / penguat Visual dan sistem, yang tidak memiliki kompetisi untuk tiga tahun penuh setelah diperkenalkan pada tahun 1981. Satu tahun kemudian, Trio-Kenwood membuat lompatan lain ke masa depan dengan pengenalan dan pengiriman nya VCR pertama.
Sisa tahun 1980-an terdiri dari daftar yang mengesankan inovasi perusahaan dalam industri elektronik konsumen. Pada tahun 1982, perusahaan memperkenalkan dan menjual CD player pertama, dan kemudian tahun itu perusahaan memperkenalkan negara transceiver HF padat pertama yang diproduksi dengan tuner antena built-in. Di lain terobosan besar pada tahun 1983, Trio-Kenwood dirancang dan diproduksi stereo mobil pertama yang mencakup 24 preset. Pada tahun yang sama, perusahaan juga mengeluarkan radio tanah pertama mobile. Salah satu produk yang paling populer dan menguntungkan yang dikandung oleh tim engineering adalah stereo mobil pertama dengan 'Chassis Pencegahan Pencurian' yang dirancang untuk slide dalam dan keluar dari dash board mobil itu, sehingga melanggar semua koneksi listrik, termasuk yang dari antena , tapi tanpa, efek berlangsung buruk pada kualitas suara atau kinerja stereo.

Pada tahun 1985, Trio-Kenwood memperkenalkan sistem satelit pertama penerima, yang membawa perhatian yang signifikan untuk penelitian perusahaan dalam teknologi elektronik canggih. Pada tahun yang sama, insinyur perusahaan yang dirancang dan diproduksi rangkaian Vig-SLJJ baru, pembicara mobil pertama audio untuk mempekerjakan diafragma pesawat sarang lebah linier dalam desain dan pembuatan; sistem mobil pertama audio yang menampilkan pengurangan volume otomatis, dan perusahaan yang pemutar CD pertama dirancang dan dibuat khusus untuk mobil, yang menampilkan suspensi unik yang meminimalkan guncangan jalan sebanyak mungkin. Satu tahun kemudian, manajemen di perusahaan memutuskan untuk mengubah nama perusahaan dalam rangka untuk mencerminkan sebuah organisasi, efisien efisien. Kenwood Corporation menjadi nama resmi perusahaan dan juga digunakan untuk produk namanya merek.

Pada akhir 1980-an, Kenwood mulai memetik hasil yang berkualitas tinggi produk elektronik. Pada tahun 1988 saja, Kenwood memenangkan penghargaan untuk sistem keamanan mobile terbaik, pemain mobil CD terbaik, kaset terbaik, tuner terbaik, penguat terbaik, dan equaliser terbaik. Sepanjang tahun ini, teknik dan perusahaan penelitian departemen selalu memenangkan berbagai desain dan rekayasa penghargaan dari segudang asosiasi, publikasi, kelompok konsumen,
dan kompetisi industri.

1946: Perusahaan Kasuga Radio didirikan di Nagano, Jepang.
1955: Perusahaan tanaman di Tokyo massal memproduksi audio, komunikasi, dan alat uji.
1957: Perusahaan Radio Kasuga perubahan nama menjadi Trio-Kenwood Corporation.
1963: Kenwood USA Corporation didirikan di California.
1968: Daftar di Bagian Pertama Bursa Saham Tokyo.
1980: produk Audio untuk mobil dijual di Amerika dan Jepang.
1983: Perusahaan memperkenalkan pemutar disk pertama yang ringkas.
1985: penerima satelit pertama kali dipasarkan di Amerika Serikat.
1986: Perusahaan perubahan nama dari Trio-Kenwood ke Kenwood Corporation.

1996: Kenwood merevisi strategi pemasaran dan berfokus pada segmen high-end pasar.
Mungkin bahkan lebih penting bagi perusahaan, bagaimanapun, adalah pelaksanaan strategi ekspansi yang agresif ke luar negeri. Kantor penjualan didirikan di seluruh Eropa, dengan operasi yang lebih besar di Perancis dan Belgia, sementara kantor sudah mapan di Amerika Serikat dan Kanada dipindahkan ke lokasi yang lebih luas.
1990-an dan Beyond
Selama tahun 1990, manajemen di Kenwood terus terlibat dalam ekspansi ke luar negeri yang agresif yang dimulai satu dekade sebelumnya. Pada tahun 1993, perusahaan menandatangani kesepakatan bersama dengan perusahaan pemerintah yang terletak di Shanghai, Cina, untuk membuat sistem komponen kompak. Selain itu, manajemen memutuskan untuk membuka kantor baru di tiga kota besar Cina di sepanjang pantai. Awal 1990-an juga melihat Kenwood berkembang pesat di Israel, dan pada tahun 1992 perusahaan melaporkan penjualan lebih dari $ 10 juta di negara itu. Keberhasilan ini meyakinkan Kenwood untuk memperkenalkan serangkaian peralatan dapur inovatif untuk dua tahun berikutnya. Pada tahun 1995, Kenwood diperoleh Ariete, seorang desainer Italia yang besar dan produsen peralatan konsumen kelas atas seperti prosesor makanan, besi, dan mesin espresso. Pada tahun 1996, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan memperluas manufaktur yang sudah ada fasilitas di Malaysia, dekat Johor, dalam rangka untuk menggandakan kapasitas produksi untuk barang-barang seperti rumah dan produk audio mobil, sementara pada saat yang sama Kenwood anak perusahaan AS mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan kesepakatan untuk mendirikan fasilitas manufaktur audio mobil di Juarez, Meksiko, untuk menghasilkan amplifier mobil.
Meskipun Kenwood telah mengumpulkan bagian besar dari pasar elektronik konsumen pada pertengahan 1990-an, persaingan sangat ketat, dan sepertinya tak ada cara bagi konsumen sendiri untuk membedakan produk dari satu perusahaan dari yang lain. Dalam terang ini pengembangan dalam industri, manajemen di Kenwood membawanya pada dirinya sendiri untuk menerapkan strategi pemasaran baru untuk membedakan asal perusahaan produk elektronik dari pesaing '. Akibatnya, Kenwood mulai untuk fokus pada desain dan pembuatan lini produk baru. Akibatnya, menjelang akhir tahun 1990an perusahaan telah berfokus pada segmen high-end pasar, dan memperkenalkan produk-produk seperti layar sentuh remote, kontrol fitur suara home theater, dan tuner baru yang biaya $ 2.800.
Dengan account paling, persaingan dalam industri produk konsumen elektronik ini cenderung tumbuh semakin intens. Namun Kenwood memiliki riwayat memperkenalkan desain inovatif dalam berbagai lini produk. Selama rekayasa dan departemen penelitian di perusahaan terus untuk memperkenalkan desain yang sangat unik, sangat mungkin bahwa Kenwood akan tetap salah satu pemimpin dalam industri.
Kepala Anak: Linear Italiana, SPA; Sofradore Trio-Kenwood (SDK) SA
Pesaing utama: Samsung Electronics Co, Ltd, Sony Corporation, Matsushita Electric Works, Ltd; Aiwa Company Ltd; Philips Electronics NV

for sinopsis:
Kenwood didirikan sebagai Perusahaan Radio Kasuga pada tahun 1946 sebagai pembangun komponen elektronik dan peralatan radio amatir. Nama perusahaan diubah menjadi Trio-Kenwood di tahun 1950 ke suite yang lebih baik kebutuhan internasional mereka. Pada tahun 1963, membuka kantor mereka Kenwood AS, Kenwood Electronics, Inc di Los Angeles, California. Sejak saat itu, produk Trio yang dijual di bawah merek Kenwood excursively. Pada tahun 1986 merek benar-benar menjatuhkan Trio dan perusahaan dikenal sebagai Corporation Kenwood.
trio-kenwood adalah perusahaan yang berada di japan
dan kenwood perusahaan yang di kembangkan di USA dengan cikal bakal yang sama

KENWOOD telah menghasilkan elektronik konsumen kualitas tinggi, peralatan uji dan peralatan komunikasi sejak 1946. Saat ini Kenwood produk yang didistribusikan di lebih dari 120 negara di seluruh dunia dan menikmati reputasi untuk keandalan dan inovasi teknologi. Kenwood berkomitmen untuk mengembangkan dan membangun komponen kualitas terbaik dengan keadaan teknologi seni yang akan memimpin pelanggan kami dan kami ke abad ke-21.

Di Kenwood kita memahami dan percaya bahwa teknologi tepat merupakan salah satu inti dari kehandalan dan kualitas. Salah satu dasar kesuksesan kami adalah kemampuan kita untuk mendengarkan dealer kami dan pelanggan kami untuk membangun produk yang tepat yang memberikan lebih untuk dolar. Kenwood Communications Corporation adalah sebuah perusahaan bergerak, tumbuh dan berubah dengan pelanggan kami dan kebutuhan mereka.

1946\t Trio-Kenwood mulai membuat komponen yang sangat canggih yang tinggi kesetiaan dan peralatan radio Amatir.
1966\t Trio-Kenwood memproduksi amplifier solid state penuh pertama di industri yang outsells amplifier tabung tradisional.
1975\t Trio-Kenwood didirikan di Compton, California menjual lebih dari 70% dari semua radio amatir di Amerika Serikat.
1975\t Kenwood Komunikasi memperkenalkan TS-520S legendaris untuk pasar AS.
1978\t Kenwood Komunikasi memperkenalkan VBT (Tuning Bandwidth Variabel) yang mempersempit kedua sisi band pass JIKA.
1979\t Kenwood TR Komunikasi memperkenalkan-2400, tangan pertama mikroprosesor dikendalikan diselenggarakan radio di bidang komunikasi.
1982\t Kenwood memperkenalkan TS-930S, negara bagian pertama transceiver HF yang solid dengan tuner antena built-in.
1983\t Kenwood Komunikasi memperkenalkan watt 25 pertama 2meter/440 MHz dual band transceiver yang pernah diproduksi. ( tw 4000 nih )
1983\t Kenwood Komunikasi memasuki pasar Tanah Mobile Communications.
1984\t Kenwood Komunikasi memperkenalkan DSC (digital dikodekan memadamkan) memanggil sirkuit selektif dalam TS-711A dan TS-811A.
1985\t Kenwood mengembangkan satelit pertama sistem penerima (KSR-1000).
1986\t Komunikasi Kenwood TM memperkenalkan transceiver-2570A FM dengan 70watts kekuasaan mengirimkan, telepon auto-dialer dan DCL (digital link channel).
1989\t DSP (digital signal processing) adalah pertama kali diperkenalkan di TS-950SD.
1991\t TK-930 / 931 seri trunking radio mobile diperkenalkan.
1992\t 30 seri UHF / VHF mobile diciptakan untuk pasar pelayanan publik.
1993\t Kenwood Komunikasi memperkenalkan kompak pertama 100 watt HF radio, TS-50S .
1993\t Terkecil di dunia 800/900 MHz berbatang portabel, TK-430 / 431 diperkenalkan.
1994\t Kompak, portabel sesuai mil-spec konvensional, TK-250 / 350 ditambahkan ke baris Kenwood.
1995\t Kenwood menghasilkan trunking pertama di dunia UHF dan mobile konvensional, TK-840.
1996\t Kenwood merayakan ulang tahun ke 50.
1996\t The Kenwood Komunikasi internasional dibuka kantor penjualan di Miami, Florida.
1996\t Kenwood Komunikasi memperkenalkan -870S TS , yang disaring digital pertama dan hanya 100% HF transceiver dalam tahap JIKA dengan RCP (program radio kontrol) untuk PC Anda.
1997\t Kenwood Komunikasi merayakan 15 tahun dalam bisnis LMR AS.
1997\t Kenwood memperkenalkan FREETALK ™ FRS Radio Keluarga dan langsung menangkap pangsa pasar utama.
1998\t Kenwood Komunikasi memperkenalkan Communicator VC-H1 Visual , sehingga memungkinkan untuk dengan mudah mengirimkan gambar JPEG-diformat melalui udara.
1998\t Band pertama, dual radio LMR kepala ganda, TK-90 seri, diperkenalkan.
1998\t Kenwood menciptakan "Kit Darurat" untuk komunikasi bencana langsung tersedia, juga KGP-1A/1B untuk AVL terjangkau / GPS untuk armada kecil. Kenwood memperkenalkan ProTalk, spec portabel pertama militer Warna Dot / Star radio kompatibel.
1998\t Communciations Kenwood memperkenalkan TH-D7A , 6-Watt pertama Amatir genggam dengan built-in TNC dan software APRS operasi.
1999\t Kenwood Komunikasi FleetSync ™ menggabungkan kemampuan komunikasi data untuk perusahaan Seri 80 transceiver mobile dan portabel.


lalu ,buat pecinta TR-9130??
next ya--->

"rakkus'ers"
status harga trio9000

data dari eham radio




udah ahhh puyeng gw




"rakkus'ers"