Peraturan Perundangan Tentang Rakom di Indonesia

aneb pengen masuk jadi mitra polri gan ada yang tau caranya engk dan gan ane pengen punya colsen sendiri bisa egk ya.??? mohon pencerahannya. maaf kalau salah kamar buat om moderator. ane bingung mau tnya kemana. hehehe
Quote:Original Posted By antc18
aneb pengen masuk jadi mitra polri gan ada yang tau caranya engk dan gan ane pengen punya colsen sendiri bisa egk ya.??? mohon pencerahannya. maaf kalau salah kamar buat om moderator. ane bingung mau tnya kemana. hehehe


Silakan datang ke polsek terdekat, bagian binmas untuk mendapatkan informasi syarat dan tatacara pendaftaran.
Quote:Original Posted By JZ09IYY
Silakan datang ke polsek terdekat, bagian binmas untuk mendapatkan informasi syarat dan tatacara pendaftaran.



kira" syaratnya apa ya gan. susah egk. hehehe. plus pakek biaya engk.... maaf gan klo bnky tny. hehe
Quote:Original Posted By antc18
kira" syaratnya apa ya gan. susah egk. hehehe. plus pakek biaya engk.... maaf gan klo bnky tny. hehe


syaratnya pertama minimal punya HT yg ada tone nya karena sekarang rata2 semua repeater pokdar {ksk] sdh memakai tone ,lalu tanya teman2 sekeliling apakah sdh ada yg ikut pokdar baru nanti datang ke ketua pokdar lokal masing 2 dan dr ketua pokdar baru diberi formulir utk pengisian data diri baru diberikan panggilan [callsign] saya ikut pokdar dr thn 2004 di depok/di koramil thn 1995 ok semoga bermafaat jadi tdk usah datang ke polsek utk ikut pokdar
Quote:Original Posted By antc18
kira" syaratnya apa ya gan. susah egk. hehehe. plus pakek biaya engk.... maaf gan klo bnky tny. hehe


Biaya ada, besarannya beda2 om, ada yg dapat kartu doang, ada yg termasuk rompi seragam dll, syaratnya KTP + foto doang klo di polsek pondok aren, di tempat lain harusnya ga jauh beda syaratnya.

Quote:Original Posted By Unforgeten

syaratnya pertama minimal punya HT yg ada tone nya karena sekarang rata2 semua repeater pokdar {ksk] sdh memakai tone ,lalu tanya teman2 sekeliling apakah sdh ada yg ikut pokdar baru nanti datang ke ketua pokdar lokal masing 2 dan dr ketua pokdar baru diberi formulir utk pengisian data diri baru diberikan panggilan [callsign] saya ikut pokdar dr thn 2004 di depok/di koramil thn 1995 ok semoga bermafaat jadi tdk usah datang ke polsek utk ikut pokdar


Kan nanyanya mitra polri, om.. bukan yg koramil
Quote:Original Posted By JZ09IYY
Biaya ada, besarannya beda2 om, ada yg dapat kartu doang, ada yg termasuk rompi seragam dll, syaratnya KTP + foto doang klo di polsek pondok aren, di tempat lain harusnya ga jauh beda syaratnya.



Kan nanyanya mitra polri, om.. bukan yg koramil


ya hanya penjelasan saja boss bhw saya pernah gabung di koramil sory hehehehhe memang sih bebrbeda institusi dan skrg jg sdh di uhf
Quote:Original Posted By Unforgeten

ya hanya penjelasan saja boss bhw saya pernah gabung di koramil sory hehehehhe memang sih bebrbeda institusi dan skrg jg sdh di uhf


sudah sudah saya yg tanya kog mlah pada eyel eyelan. kwkwkw
wah asik juga tu koramil ada juga to om... ak cuman kepingin uhf bisa ngomong om. klo frekwensi udah bisa masuk untuk area jogja. hohohohooh
Quote:Original Posted By Unforgeten

syaratnya pertama minimal punya HT yg ada tone nya karena sekarang rata2 semua repeater pokdar {ksk] sdh memakai tone ,lalu tanya teman2 sekeliling apakah sdh ada yg ikut pokdar baru nanti datang ke ketua pokdar lokal masing 2 dan dr ketua pokdar baru diberi formulir utk pengisian data diri baru diberikan panggilan [callsign] saya ikut pokdar dr thn 2004 di depok/di koramil thn 1995 ok semoga bermafaat jadi tdk usah datang ke polsek utk ikut pokdar


udah ada om ht. udh bisa masuk pula ke 5rpu polres+1korem di DIY ak pengen bisa aktif. hehehe
Quote:Original Posted By antc18
udah ada om ht. udh bisa masuk pula ke 5rpu polres+1korem di DIY ak pengen bisa aktif. hehehe

Om, kita dilarang masuk RPU Polisi / militer. Yg boleh aktif disitu khusus anggota polisi / militer saja.
Untuk mitra polisi / citra bhayangkara / yanmas, nanti ada frekwnesi sendiri. Tdk memakai frekwensi yg biasa polisi gunakan. Coba scan-scan, kemungkinan juga di jogja gak ada lho, krn tdk setiap daerah ada mitra polisi.
Selain itu frekwensi polisi di jogja lumayan sibuk.

Saran saya biar komunikasi enak dan legal, segera gabung dengan ORARI / RAPI. Dua organisasi tsb sering bekerja sama dengan aparat untuk emergency comunication dan masing2 punya SAR sendiri.

*) Mari kita jaga ketertiban dengan etika komunikasi, jika tdk berhak jangan menggunakan.
*) khusus dukom ORARI laporan ke polres lewat jalur yg biasa polisi gunakan (daerah tertentu)
entah ini masuk ke thread yang benar atau tidak, klo salah ... tolong di pindah ya mod.

pertanyaan :
Beda YD sama YG apa. sama-sama satu level (siaga). yang mbedakannya apa seseorang dapat D atau G. atau ini hanya random saja?

Tq.
Quote:Original Posted By Mr.Chuya
entah ini masuk ke thread yang benar atau tidak, klo salah ... tolong di pindah ya mod.

pertanyaan :
Beda YD sama YG apa. sama-sama satu level (siaga). yang mbedakannya apa seseorang dapat D atau G. atau ini hanya random saja?

Tq.


Di beberapa ORDA alokasi YD, YC, YB sdh habis terpakai.
Maka diganti dengan YG, YE, YF.

Atau misal orang mau minta callsign khusus YD2AW krn dah dipakai orang, maka dikasih YG2AW.

CMIIW
Quote:Original Posted By mbahpaijo
Di beberapa ORDA alokasi YD, YC, YB sdh habis terpakai.
Maka diganti dengan YG, YE, YF.

Atau misal orang mau minta callsign khusus YD2AW krn dah dipakai orang, maka dikasih YG2AW.

CMIIW


boleh pesan sebelumnya kah ? dengan menambah bea ?
Quote:Original Posted By Mr.Chuya
boleh pesan sebelumnya kah ? dengan menambah bea ?


Boleh....
Untuk 2 digit ORDA Jateng sekitar 5jt. ORDA lain mungkin berbeda.
3 digit bervariasi.
Silahkan hubungi ORDA Setempat.

Catatan:
- blm dipakai orang
- harus lulus ujian ORARI dan mendapatkan SKKAR lebih dahulu.
Quote:Original Posted By mbahpaijo
Boleh....
Untuk 2 digit ORDA Jateng sekitar 5jt. ORDA lain mungkin berbeda.
3 digit bervariasi.
Silahkan hubungi ORDA Setempat.

Catatan:
- blm dipakai orang
- harus lulus ujian ORARI dan mendapatkan SKKAR lebih dahulu.


lagi nih om... ane baca ini..
pertanyaannya SKCK yang diperlukan/disyaratkan dalam syarat administrasi amatir itu keluaran mana, polsek atau polres ? (lihat point 7 & 8 nya)

tq
Quote:Original Posted By Mr.Chuya
lagi nih om... ane baca ini..
pertanyaannya SKCK yang diperlukan/disyaratkan dalam syarat administrasi amatir itu keluaran mana, polsek atau polres ? (lihat point 7 & 8 nya)

tq


harusnya bisa ambil kesimpulan sendiri, ORARI itu instansi swasta atau pemerintah

Bikin SKCK buat ORARI gak rumit, RT -> RW -> Kelurahan -> kecamatan -> POLSEK

So, buat yang belum punya ijin, mari kita buat ijinnya, baik ke ORARI / RAPI...
Quote:Original Posted By Mr.Chuya
lagi nih om... ane baca ini..
pertanyaannya SKCK yang diperlukan/disyaratkan dalam syarat administrasi amatir itu keluaran mana, polsek atau polres ? (lihat point 7 & 8 nya)

tq


Quote:Original Posted By mbahpaijo
harusnya bisa ambil kesimpulan sendiri, ORARI itu instansi swasta atau pemerintah

Bikin SKCK buat ORARI gak rumit, RT -> RW -> Kelurahan -> kecamatan -> POLSEK

So, buat yang belum punya ijin, mari kita buat ijinnya, baik ke ORARI / RAPI...


wokeh om... berarti swasta ya. cukup sampai polsek saja. hiihhiihi
TQ om... muah... cek kulkas ya mbah,
Quote:Original Posted By mbahpaijo
Om, kita dilarang masuk RPU Polisi / militer. Yg boleh aktif disitu khusus anggota polisi / militer saja.
Untuk mitra polisi / citra bhayangkara / yanmas, nanti ada frekwnesi sendiri. Tdk memakai frekwensi yg biasa polisi gunakan. Coba scan-scan, kemungkinan juga di jogja gak ada lho, krn tdk setiap daerah ada mitra polisi.
Selain itu frekwensi polisi di jogja lumayan sibuk.

Saran saya biar komunikasi enak dan legal, segera gabung dengan ORARI / RAPI. Dua organisasi tsb sering bekerja sama dengan aparat untuk emergency comunication dan masing2 punya SAR sendiri.

*) Mari kita jaga ketertiban dengan etika komunikasi, jika tdk berhak jangan menggunakan.
*) khusus dukom ORARI laporan ke polres lewat jalur yg biasa polisi gunakan (daerah tertentu)


ow kirain bisa ikut masuk om. hehhe. klo mitra polri ada om di jogja tapi vhf yg bisa daftar yg itu ya brati om. kirain bisa ikut masuk ke uhfnya. heheh
Quote:Original Posted By mbahpaijo
harusnya bisa ambil kesimpulan sendiri, ORARI itu instansi swasta atau pemerintah

Bikin SKCK buat ORARI gak rumit, RT -> RW -> Kelurahan -> kecamatan -> POLSEK

So, buat yang belum punya ijin, mari kita buat ijinnya, baik ke ORARI / RAPI...


skck kemarin habis 15rb,,berhubung bla-bla cukup stempel RT, kelurahan polsek..kelar deh...ke kecamatan ga perlu katenya hehehehee
Quote:Original Posted By antc18
aneb pengen masuk jadi mitra polri gan ada yang tau caranya engk dan gan ane pengen punya colsen sendiri bisa egk ya.??? mohon pencerahannya. maaf kalau salah kamar buat om moderator. ane bingung mau tnya kemana. hehehe

Kudu dideskripsikan dulu apa keperluannya gabung jadi mitra polri, apa cuma karna pengen punya callsign aja, apa karna memang lingkungan sekitar yg mempengaruhi untuk bergabung. Jadi kudu jelas dulu tujuannya, karna sekali terjun akan dituntut tanggung jawab yang lebih...
Quote:Original Posted By kz200_riders
Kudu dideskripsikan dulu apa keperluannya gabung jadi mitra polri, apa cuma karna pengen punya callsign aja, apa karna memang lingkungan sekitar yg mempengaruhi untuk bergabung. Jadi kudu jelas dulu tujuannya, karna sekali terjun akan dituntut tanggung jawab yang lebih...


SETUJU

Beberapa kali ketemu juga sesama anggota mitra/ citra /pokdar/fkpm yang ternyata hanya ingin kliatan gagah, dapat kartu anggota (malah sok-sok menunjukkan kartu tersebut pas ditilang). Bangga sih boleh, namun selalu ada tempatnya.

Tapi tentunya jauh lebih banyak anggota yang low profile, benar2 berniat menyumbangkan waktu dan tenaga yg berharga untuk turut menjaga keamanan lingkungan

Kalau teman-teman kaskuser, saya yakin pasti termasuk golongan patriot relawan bagi masyarakat.