KASKUS

Poll: Seberapa besar potensi kelautan dan perikanan di Republik Indonesia tercinta ini?

Sangat Besar 97% (255 votes)
Kecil 3% (9 votes)

[All About] PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN (FISHERIES & MARINE SCIENCE)

- logo under construction -

"Indonesia timur menyimpan potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar, Kupang, dan lain-lain sangat membutuhkan perhatian. Sayang, banyak orang enggan ke sana. Inilah yang menjadi kendala pembangunan perikanan dan ke lautan di sana" (Fadel Muhammad - Menteri Perikanan RI dalam rangka Kunjungan ke Universitas Gadjah Mada, Juni 2011)






Selamat Datang Di Thread Kumpulan Mahasiswa Perikanan dan Ilmu Kelautan Se Jagat KASKUS RAYA





  • Bagi kamu yang baru masuk di thread ini dan kuliah di jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan, silakan gabung dan ngobrol-ngobrol disini (sekalian nambah relasi dan teman)

  • Bagi kamu yang baru masuk dan ingin tahu tentang jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan, silakan juga bertanya disini, para penghuni sini siap membantu kamu utk menjawab pertanyaan kamu

  • Bagi kamu yang ingin problem solving terkait kuliah dan isu2 Perikanan dan Kelautan, silakan juga share disini.

  • Bagi kamu yang ingin menambah wawasan tentang Perikanan dan Kelautan, punya event terkait Perikanan dan Kelautan, share juga disini.

  • Tetap baca RULES sebelum kamu posting disini ya!


Kenapa harus Perikanan dan Ilmu Kelautan?

Quote:Wilayah Indonesia merupakan negara yang memiliki 60% wilayah nya adalah perairan dan merupakan wilayah di segitiga terumbu karang inisiatif, Sehingga sangat banyak potensi perikanan dan kelautan yang dimiliki oleh Indonesia. Lebih luas lagi, ya bumi ini diisi dua pertiga-nya oleh air. Atas dasar itulah jurusan ini ada.



Apa itu Perikanan dan Ilmu Kelautan?

Quote:Perikanan dan Ilmu Kelautan adalah bidang ilmu yang melakukan dan mengembangkan pendidikan dan penelitian dalam memanfaatkan dan pengolahan sumber daya perikanan, budidaya perikanan, penangkapan perikanan, manajemen sumber daya perikanan serta ilmu kelautan.

Di universitas/kampus mana sih adanya jurusan ini?

Quote:Sejauh ini, jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan sudah berbentuk Fakultas, yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, atau departemen/prodi (program studi). Perikanan dan Ilmu Kelautan dibagi lagi menjadi beberapa jurusan, yaitu:

  • Budidaya > Di beberapa universitas, jurusan ini disingkat BDP atau Budidaya Perikanan (Perairan). Ada juga yg bernama lengkap Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya. Jurusan ini mempelajari segala tentang budidaya, baik ikan2 laut, rumput laut, udang2an dll, atau budidaya ikan air tawar. Info lebih lengkap tentang budidaya dan seluk beluknya, coba klik ini.
  • Penangkapan / Pemanfaatan > Di beberapa universitas, jurusan ini disingkat PSP atau Pemanfaatan (Penangkapan) Sumberdaya Perikanan (Perairan). Ada juga yg bernama lengkap Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap. Jurusan ini mempelajari segala tentang penangkapan ikan di laut atau di perairan darat seperti sungai, danau dll, nelayan, kapal2 perikanan, pelabuhan dll. Info lebih lengkap tentang penangkapan dan seluk beluknya, coba klik ini. (link-nya blm tersedia dari Kementrian Perikanan dan Kelautan -KKP- gan )
  • Teknologi Hasil / Pengolahan Hasil > Di beberapa universitas, jurusan ini disingkat THP atau PHP kepanjangan dari Teknologi Hasil Perikanan (Perairan) atau Pengolahan Hasil Perikanan (Perairan). Disini semua hasil2 perikanan dari budidaya / penangkapan perikanan diolah menjadi bahan yang bisa digunakan utk kesejahteraan manusia, kaya makanan, obat2an dll. Info lebih lengkap, coba klik ini. (link-nya blm tersedia dari Kementrian Perikanan dan Kelautan -KKP- gan )
  • Manajemen Sumberdaya > Di beberapa universitas, jurusan ini disingkat MSP atau Manajemen Sumberdaya Perikanan (Perairan). Semua hal yg berhubungan dengan sumberdaya yang terkait dengan perairan dan laut, seperti lingkungan, hukum, masyarakat pesisir, pencemaran, dll. Info lebih lengkap, coba klik ini.
  • Ilmu dan Teknologi Kelautan > Biasa disingkat ITK. Semua hal yang bersifat keilmuan tentang laut. Biologi Laut, Fisika-kimia nya juga dibahas disini. Gelombang, topografi laut, gunung laut, dll. Ini salah satu mata ajarannya, yaitu Oseanografi, coba klik ini.


Daftar Universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan:

  • Universitas Gadjah Mada (UGM - Yogyakarta)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB - Bogor)
  • Universitas Airlangga (Unair - Surabaya)
  • Universitas Brawijaya (UB - Kota Malang)
  • Universitas Diponegoro (Undip - Semarang)
  • Universitas Padjadjaran (Unpad - Bandung)
  • Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed - Purwokerto)
  • Universitas Sriwijaya (Unsri - Palembang)
  • Universitas Hasanuddin (Unhas - Makassar)
  • Universitas Lambung Mangkurat (ULM - Kalimantan Selatan)
  • Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta - Banten)
  • Universitas Riau (Unri - Riau)
  • Universitas Pattimura (Unpat - Ambon)
  • Universitas Albuyatama (Aceh Besar)
  • Universitas Warmadewa (Denpasar)
  • Sekolah Tinggi Perikanan (Jakarta)
  • Universitas Satya Negara Indonesia (Jakarta Selatan)
  • Yang belum masuk list, PM TS ya biar masuk list




Prospek kerja-nya apa gan kira2 kalo lulus dari sini?

Quote:Ini pertanyaan yang sering diajukan oleh calon mahasiswa baru Perikanan dan Kelautan. Prospek kerja jangan ditanya lagi gan, untuk orang2 yang kreatif, dengan banyaknya potensi Perikanan dan Kelautan di Indonesia ini yang belum optimal termanfaatkan, agan bisa jadi:
  • Milyarder Pengusaha Tambak Udang
  • Jutawan Pengusaha Tambak Ikan
  • Pengusaha Eksportir Ikan Tuna Kaleng
  • Juragan Tani Rumput Laut
  • Pengusaha Nelayan se Propinsi / Se Indonesia
  • Milyarder Penangkapan Ikan Mackerel
  • dll, utk peluang usaha, wuaaahhh terbuka banget gan!


Untuk jadi ilmuwan/peneliti? Oh tentu bisa, misalnya:

  • Peneliti Lingkungan Pesisir
  • Peneliti Oseanografi
  • Peneliti Produk-Produk Perikanan
  • dan lain2.. terlalu banyak disebut satu2


Untuk jadi konsultan? Wah apalagi gan Biasanya banyak bank yang membutuhkan alumni Perikanan dan Ilmu Kelautan utk jadi konsultan di Bank2 ternama seperti BII, BNI, BRI, dll.


So itulah sekilas tentang Perikanan dan Ilmu Kelautan.
DAFTAR HADIR
Inilah daftar kaskusers yang kuliah di jurusan Perikanan dan Kelautan. Mereka juga bakal jadi penanggung jawab trit yang akan ngasih info ke kamu semua tentang Perikanan dan Kelautan



Quote:



yang masih mau ngabsen dimari, minimal 5 post, setelah itu PM saya ya,
Info Perikanan dan Kelautan Indonesia

Quote:
NASIB SEEKOR PENYU YANG MIRIS
Spoiler for berita:



Quote:
Fadel Siap Mundur Jika Program Desa Nelayan Gagal
Spoiler for berita:




Artikel Lain2

Quote:
Kuda Laut Jantan Suka Betina yang Besar
Fosil Hiu Purba Ditemukan di Pertambangan
Ikan Ini Makan Bangkai Melalui Kulitnya
Alga Laut Sebagai Biotarget Industri
Ikan Aneh Hidup di Limbah Beracun
Padang Rumput Bawah Laut Terancam Punah
Laut Menghangat, Populasi Ikan Terancam Turun
Ikan Juga Bisa Alami Insomnia
Laut Sulawesi Kaya dengan Ikan Langka
TENTANG EKOWISATA
Melihat Instalasi Ikan Telanaipura
Peluang dan Tantangan Budi Daya Ikan Betutu
Konservasi Laut Lebih Efektif dengan Warga
Budidaya Ikan Bandeng
Budidaya Ikan Kerapu
Manfaat TERIPANG
Kenapa Hasil Panen Ikan Saat Ini Berkurang?
Kandungan Gizi Ikan Lele dan Manfaatnya
Menteri Kelautan Cabut 200 Izin Kapal Penangkap Ikan
Negara ASEAN Bahas Komoditas Tuna
RI Belum Mampu Penuhi Permintaan Dunia
Events
Quote:


Quote:Original Posted By lila.azka

MENTERI KELAUTAN BERKUNJUNG KE UGM



Senin, 20 Juni 2011 Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia - Ir. H. Fadel Muhammad tiba di kota Jogja. Beliau dijadwalkan akan menghadiri dua acara yang diadakan oleh UGM secara berurutan.
Senin, 20 Juni 2011 Menteri Kelautan dan Perikanan Ir. H. Fadel Muhammad akan tiba di kota Jogja tercinta. Beliau dijadwalkan akan menghadiri dan menjadi narasumber dua acara berurutan yang diadakan oleh UGM. Acara pertama adalah Pembukaan S2 dan S3 Jurusan Pesisir UGM di MM UGM pada pukul 08.00-13.00 WIB, sedangkan acara kedua adalah Series of Lecture yang diadakan dalam rangka Peringatan Lustrum XIII Fakultas Pertanian UGM. Civitas Jurusan Perikanan UGM menilai ini adalah sebuah kesempatan emas untuk mendapatkan perhatian lebih. Selama ini Jurusan Perikanan sedang berusaha mempersiapkan diri untuk memisahkan diri dari Falutas Pertanian dan beruabah status menjadi sebuah FAKULTAS. Semoga dengan kehadiran Menteri KKP ini dapat mempercepat perubahan status Jurusan Perikanan menjadi fakultas. Amin.



Quote:Original Posted By ariadenta
Lanjutan pasca pelaksanaan seminar Kementrian Kelautan dan Perikanan RI yang dipajang di depan.
Mohon doanya teman-teman kaskuser perikanan dan kelautan se Indonesia

"KEMENTRIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN RI RESPON DAN MENYETUJUI UGM BUKA
FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA"




Menteri Kelautan dan Perikanan, Dr. Fadel Muhammad, mengatakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan tetap menjadi prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan. Berbagai upaya yang dilaksanakan, di antaranya mengintensifkan program nasional Minapolitan. Selain itu, untuk mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan perubahan berpikir dan orientasi dari daratan ke maritim, melaksanakan pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, dan peningkatan pendapatan rakyat yang adil, merata, dan pantas. "Ini merupakan empat pilar Revolusi Biru dari KKP sebagai bentuk visi misi di tahun 2010-2014 untuk menyejahterakan masyarakat," tutur Fadel di Ruang Seminar Sekolah Pascasarjana UGM, Senin (20/6), saat menjadi keynote speech Seminar Nasional "Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Kelautan Indonesia Berwawasan Lingkungan".

Dikatakan Fadel bahwa saat ini telah dikembangkan Program Usaha Mina Pedesaan (PUMP) berbasis perikanan budidaya di 300 kabupaten/kota. Di samping itu, PUMP berbasis perikanan tangkap di 110 kabupaten/kota dan PUMP berbasis usaha pengolahan dan pemasaran di kabupaten/kota, serta Program Pemberdayaan Garam Rakyat (PUGAR) di 40 kabupaten/kota. Dengan demikian, diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan cepat meningkat yang akhirnya memberikan rasa keadilan bagi mereka karena pemerintah memberikan perhatian.

Oleh karena itu, KKP dengan antusias menyambut baik keinginan UGM untuk membuka Fakultas Perikanan dan Kelautan. Dengan fakultas ini diharapkan mampu dihasilkan SDM profesional di bidang sumber daya pesisir, kelautan, dan perikanan. Fadel berharap para tenaga profesional nantinya merupakan tenaga-tenaga yang bersedia terjun di daerah-daerah. "Indonesia timur menyimpan potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar, Kupang, dan lain-lain sangat membutuhkan perhatian. Sayang, banyak orang enggan ke sana. Inilah yang menjadi kendala pembangunan perikanan dan ke lautan di sana," tambah Fadel.

Terkait dengan pembukaan fakultas baru, Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., berharap tidak lama lagi rencana itu akan terwujud. Dikatakannya, laut merupakan area yang sangat luas. Bila sumber daya ini dikelola dengan baik tentu akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. "Itulah yang menjadi latar belakang kenapa kita berkeinginan mendirikan fakultas baru. Untuk menuju pengelolaan yang baik tentu saja membutuhkan akar teori dan ilmu-ilmu sebab di samping menyejahterakan, faktor keamanan juga akan terjamin," tutur Rektor. (Humas UGM/ Agung) .
http://www.ugm.ac.id/index.php?page=...s&artikel=3857







ini ada sedikit shock therapy bagi UGM dan Fak Pertanian (sekarang Jur Perikanan UGM masih dibawah naungan Fak Pertanian) yang merasa kurang menyetujui atau menunda-nunda pembangunan fakultas ini. Kami selaku keluarga beserta jajaran Jurusan Perikanan UGM merasa geram dengan semuanya, dan di seminar tadi kami berhasil membentangkan spanduk ini. Langsung disambut baik oleh Pak Menteri dan disuruh maju ke depan beserta di tanda tangani.

Spoiler for FAK PERIKANAN UGM:






[/QUOTE]
absen dulu dari MSP UGM'08
mumpung masih baru absen dulu ah

ane dari UNDIP angkatan 08 PSP


masih baru masih nyicipin Pejwan
absen
ane dari PSP 08 , UNDIP gan
Quote:Original Posted By pa3703
absen
ane dari PSP 08 , UNDIP gan


salam kenal gan,,,, ane juga PSP 08, tp ente siapa ya?
Quote:Original Posted By ariadenta
absen dulu dari MSP UGM'08


Quote:Original Posted By vadly16
mumpung masih baru absen dulu ah

ane dari UNDIP angkatan 08 PSP


masih baru masih nyicipin Pejwan


Quote:Original Posted By pa3703
absen
ane dari PSP 08 , UNDIP gan


Quote:Original Posted By vadly16
salam kenal gan,,,, ane juga PSP 08, tp ente siapa ya?


Selamat datang semuanya

Mari kita ramaikan trit ini ya

Ane absen dulu semuanya oke?

@vadly @pa3703 lah ente ga saling kenal gan? kan sejurusan?
selamat sore,,kenalan dolo gan.,
MSP UGM 2008
semoga saling bermanfaat.ihiiiiirrr
Permisi masgan, maaf kl slah kmar, walaupun ane jurusan fisip di unv. Jend. Soedirman, tp untk menambh wawasan dan sodara bolehkan nongkrong dimari
mampir di mari ah
fakultas hukum univ brawijaya malang
Quote:Original Posted By twenty4hour
selamat sore,,kenalan dolo gan.,
MSP UGM 2008
semoga saling bermanfaat.ihiiiiirrr


yo gan salam kenal

temennya ariadenta nih ya?

anak FPIK UGM tuh ada berapa sih gan kok banyak amat ya?

Quote:Original Posted By a8d33
Permisi masgan, maaf kl slah kmar, walaupun ane jurusan fisip di unv. Jend. Soedirman, tp untk menambh wawasan dan sodara bolehkan nongkrong dimari


Welcome gan, silakan aja nongkrong dimari gan, buat nambah wawasan dan relasi juga

Quote:Original Posted By taorent
mampir di mari ah
fakultas hukum univ brawijaya malang




Selamat datang gan
Quote:Original Posted By twenty4hour
selamat sore,,kenalan dolo gan.,
MSP UGM 2008
semoga saling bermanfaat.ihiiiiirrr


siapa ini siapa ini
beneran ga tahu lho saya ini
IDnya tweenty4hour harusnya tweenty4hours tuh, hhahaaa
Wahhh... perikanan dan kelautan punya loungse sendiri yah?
mangstab

Salam yaa dari ane, Jurusan Ilmu Komunikasi UNSOED!

mempererat tali persaudaraan sesama akademisi Indonesia!




Quote: : I AM UNSOEDIAN™ : —
AND I'M PROUD TO BE INDONESIAN

1 detik yang lalu melalui BlekBeri · Suka · Tambahkan sebagai Teman
from UB with love

pakiwan
mampir dipekiwan dlu ah

salam kenal dari calon pengusaha ikan
absen dulu sekalian reserved
Quote:Original Posted By papais
Wahhh... perikanan dan kelautan punya loungse sendiri yah?
mangstab

yo gan, selamat datang di lounge Perikanan dan Kelautan se Kaskus Raya

Salam yaa dari ane, Jurusan Ilmu Komunikasi UNSOED!


mempererat tali persaudaraan sesama akademisi Indonesia!


yo gan, welcome2

Quote:Original Posted By arymania
from UB with love

pakiwan


Quote:Original Posted By frenkyjohan
mampir dipekiwan dlu ah

salam kenal dari calon pengusaha ikan


yoi coy

Quote:Original Posted By amrozilagi
absen dulu sekalian reserved


silakan mampir buat reserved gan
Ekonomi Brawijaya hadir




Pekiwan Abis
×