KASKUS

Talking MASUP DIMARI GAN! [Share] Arti Kode Di Tongkat Perseneling Transmisi Matic

Arti Kode Di Tongkat Perseneling Transmisi Matic, Apa Sih Maksudnya?

ane mau sekedar sharing informasi ajah..
mudah-mudahan nda

Spoiler for perseneling matic:

mungkin agan-agan yang pernah liat kode-kode huruf di perseneling matic tapi masih kurang paham artinya, berikut ada sedikit informasi mengenai kode-kode tersebut..

D (Drive) :
Pemilik mobil matik paling familiar dengan kode ini. Duduk manis dan pindahkan tuas transmisi ke posisi D, maka komputer akan mengatur perpindahan gigi sesuai kondisi dan menggunakan seluruh perbandingan yang tersedia.
Bila mobil Anda menerapkan 4-speed maka seluruh perbandingan gigi akan digunakan sesuai kebutuhan. Begitu pula jika transmisi di mobil memiliki 5-percepatan atau lebih.

R (Reverse) :
Sesuai namanya, kode ini digunakan oleh pengendara ketika mobil hendak mundur. Pastikan untuk selalu menginjak pedal rem sebelum memindahkan tuas ke posisi R. Angkat perlahan pedal rem sebelum Anda memindahkan kaki kanan ke pedal gas agar mobil tidak langsung meluncur cepat.

N (Neutral) :
Posisi ini digunakan ketika Anda terjebak dalam kemacetan atau berhenti dalam waktu yang cukup lama tanpa meningggalkan kendaraan. Dalam posisi ini, putaran mesin dan transmisi tidak saling terkoneksi. Alhasil kopling tidak bergesekan sehingga suhu oli di transmisi tidak meningkat drastis.

P (Park) :
Kondisi ini serupa dengan posisi N, namun diperuntukkan ketika mobil diparkir dengan mesin dimatikan. Dalam posisi ini, transmisi akan dikunci sehingga mobil tidak dapat bergerak sama sekali dan tak bisa didorong.

L/1 (Low) :
Fungsinya seperti posisi gigi satu pada transmisi manual. Jadi bila ingin melaju dengan kecepatan rendah di jalan menanjak atau menurun yang curam tanpa terjadi perpindahan gigi, Anda dapat memilih posisi ini.

2 :
Bila 1 atau L hanya mengunci di posisi gigi satu saja, maka angka 2 memberi toleransi pada transmisi untuk bekerja pada perbandingan gigi 1 dan 2. Dengan kondisi seperti itu membuat pengendara memperoleh efek engine brake ketika melaju di jalan menurun dengan kecepatan sedang atau sekitar 60-80 km/jam.

O/D (Overdrive) :
Dengan menekan sebuah tombol di tuas transmisi, maka indikator O/D OFF di dasbor akan menyala. Hal ini menandai bahwa transmisi bekerja tidak dengan seluruh perbandingan gigi yang tersedia. Pada mobil dengan 4-speed, transmisi bekerja hingga rasio gear ketiga saja. Dengan kata lain, fitur ini berguna ketika pengendara hendak menyalip kendaraan di kecepatan tinggi seperti di jalan tol.

kode plus-minus (+/-) :
Bagi mobil yang dilengkapi dengan tanda ini, menandakan transmisi otomatisnya dapat digunakan layaknya transmisi manual.
Pengemudi dapat mengatur posisi gigi sesuai dengan keinginannya, meski campur tangan komputer tetap ada seperti ketika menurunkan gigi agar tidak terjadi over rev. Selain di tuas, produsen mobil kerap mendesain tombol ini di area lingkar kemudi (paddleshift).
Spoiler for paddleshift:

Shiftlock :
Fitur ini berperan ketika Anda hendak parkir paralel. Anda tinggal menekan shiftlock lalu memindahkan posisi tuas transmisi dari P ke N. Tapi, sebaiknya Anda memastikan bahwa lahan parkir dalam kondisi rata.

Sport mode :
Beberapa mobil premium menyediakan mode ini untuk memberikan rasa berkendara yang agresif. Dalam mode ini, transmisi akan dipindahkan oleh komputer dengan putaran yang lebih tinggi. Alhasil, putaran mesin akan selalu dijaga dalam rentang kerja untuk mendapatkan kemampuan akselerasi pertengahan yang baik. Selain itu, efek engine brake pun lebih terasa lantaran transmisi kerap dipertahankan di posisi tertentu.
Spoiler for sport mode:

Eco mode :
Kebalikan dengan Sport mode, Eco mode digunakan untuk memperoleh efisiensi dalam hal konsumsi BBM. Jadi, perpindahan gigi dilakukan pada putaran mesin serendah mungkin. Sebaiknya mode ini digunakan ketika Anda sedang berkendara di jalan tol.
Spoiler for eco mode:

Winter mode :
Umumnya mode ini digunakan oleh mobil yang dijual dengan 4 musim. Agar ban dapat memperoleh daya cengkeram ketika musim salju, maka komputer akan langsung menempatkan posisi gigi dua ketika start. Selain itu, perpindahan gigi pun dilakukan dengan halus pada putaran yang cukup rendah.

Hold mode : (update)
Mode ini berfungsi pada saat kondisi jalan licin atau bersalju (hampir mirip dengan Winter mode). Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ditahan sehingga power output tidak 100% keluar ke roda (mencegah slip roda). Tarikan akan terasa pada saat start awal, namun lama kemudian mobil akan terasa berat.
*CMIIW ya, gan..

Informasi tambahan :

• Injak pedal rem sebelum memindahkan tuas transmisi. Salah satu prosedur keamanan dalam berkendara mobil matik adalah menginjak pedal rem sebelum memindahkan tuas transmisi. Hal ini dikarenakan karakter mobil matik yang akan langsung meluncur ketika tuas dipindahkan ke posisi engage (terhubung dengan gear).
• Jangan tekan pedal gas saat baru memindahkan posisi tuas. Perilaku seperti ini menjadi salah satu penyebab kerusakan valve di dalam transmisi otomatis. Berikan transmisi waktu untuk menyalurkan tekanan hidraulis ke dalam posisi engage.

Spoiler for penutup:

Ucapan Terima Kasih Ane
Quote:sebelumnya ane mau ucapin terima kasih buat agan-sista yang udah mampir ke trit ane yang sederhana ini.. kemudian ane mau ucapin juga hatur nuhun sebesar-besarnya buat agan-agan yang udah menuhin kulkas ane pake yang ijo-ijo :
iqbal berbisa
nugrohotegar

dan agan-agan lain yang udah ngasi cendol tapi nda ada IDnya..
penampakan :

views : 11,465 | cendols : +10

juga tengkiyu banget buat agan-agan yang udah ngasi rate..
semoga agan-sista sekalian makin lancar dengan mobil matic barunya.. jangan lupa, bagi cendolnya lagi yah..



-----------------------------------------------------

makasih ya buat komeng-komeng agan-agan :
Quote:
Quote:Original Posted By klempisireng
nice share...perlu latihan bagi pemula yg biasa pake manual, trus pindah ke matic...
biar ga terjadi kasus kecelakaan : toast

Quote:Original Posted By malangchoret
infonya berguna gan...cuma yg disayangkan mesin matic harganya anjloknya minta ampun, padahal beli gress nya paling mahal..belum lagi kalo ada penggantian part....kuras kantong betul

Quote:Original Posted By redlaserscooter
nice nih gan infonya

ane kalo bawa matic paling 4 kode yang ane pake N,D,R,P.
yang paling sering bikin kecelakaan saat parkir kendaraan matic adalah,ketika sang pengemudi menyama artikan fungsi N pada matic dengan fungsi N pada kendaraan manual..

Quote:Original Posted By FirstSecret
nice share gan : meski blm memiliki mobil matic ane udah makin paham mengenai mobil bertransmisi matic

Quote:Original Posted By oktober87
wah makasi bgt gan penjelasannya,,,
jadinget dolo waktu pertama bawa mobil matic,,sempet bingung & canggung jg,,
trus akhirnya yg dipake cm drive aja,,ga brubah2,,haha,,trus buat parkir baru pindah ke P



nyang ngasi cendol :
Quote:
Quote:Original Posted By black_
karena nda punya mobil ane bingung bacanya gan.. tp mayanlah buat nambah ilmu biat nda tulalit... cek kolor gan...



nyang ngasi rate : makasi juga yak.. trit ane nongol lebih lama..
Quote:
Quote:Original Posted By kracken
makasih banyak gan. Sangat bermanfaat. Maaf ane ga punya cendol tapi ane udah rate gan

Quote:Original Posted By Ryanz89
wahhh...mobil matic ribet jg ternyata...ane lebih suka mobil kopling gan...lebih enak aja walaupun kalo macet pegel banget...
nice share gan...ane bantu rate semoga HT

Quote:Original Posted By kancutmeraah
wah mantep gan nice share
ane bantu rate biar makin mantep gan

mantep gan



komeng dari agan tama1919 :
Quote:Original Posted By tama1919
allhamdulillah nambah ilmu nih gan ane,,hehe makasih ya..
sekalian share pengalaman nih gan..
soalnya waktu itu ane bawa mobil matic punya mertua malah mogok tiba2 gan pas keadaan dalam kemacetan parah ane bingung perasaan ane menggunakan transmisinya dah bener eh pas buka kap mesin ngebul langsung ternyata radiatornya bocor gan smp kering ane paksa jalan.. wkwkwk untung ga kena ECU nya tu boil..langsung deh ane bawa bengkel n abis itu ternyata di bilang sama mertua kalo emang tu boil radiatornya abis d tambel n tambelannya cuma sementara blm permanent mungkin bocor pas ane pacu d tol..wkwkwk langsung lega ane..kirain gara2 ane salah pengoperasian transmisi..
oia cek kulkas gan ada


semoga mobilnya bisa dipake lagi.. makasi ya gan buat ijo-ijonya..
met pagi gan.....

ctrl D dulu gan,
besok ane baca kalo udah mbeli mubil
wihhh ane baru tau tuh kirain cuma buat maju ke depan sama mundur aja
Quote:mampir ke thread ane gan
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=9042036
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=9038083
nice share...perlu latihan bagi pemula yg biasa pake manual, trus pindah ke matic...
biar ga terjadi kasus kecelakaan : toast
gagal pertamax ane gan, BTW nice trit gan
info yang berguna nih, tp sayang mobilku manual
thread yang sangat berguna sekali gan
ane memang gak paham huruf2 di tranmisi matic taunya D aja hehehehe
terima kasih ya gan infonya
:thumbs up
sayangnya ane ga' punya mobil gan...
nati deh waktu ane punya mobil....
keren inponya gan

:telkomsel

saya bantu rate yeee
wew....nice trit nih....moga2 jadi HT
thank's gan buat info nya.
emang kaskus super lengkap deh.
dari treat berguna semacam ini sampe treat BB ada semua.
ane praktekin klw sdh beli mobil nya yaa gan.
Sayangnya Ane Gak Pernah Seneng Ama Yg berbau Metik Gan?
ribet juga yak gan ?
Lengkap banget infonya gan, Jadi tambah ilmu
Makasih gan, tapi mobila ane manual semua haha
Quote:Original Posted By Firemanz
keren inponya gan

:telkomsel

saya bantu rate yeee


makasih banyak ya, gan.. hehehe..
Quote:Original Posted By pitung2010
thank's gan buat info nya.
emang kaskus super lengkap deh.
dari treat berguna semacam ini sampe treat BB ada semua.
ane praktekin klw sdh beli mobil nya yaa gan.


sama-sama, gan.. hehehe.. ane cuman mau bantu-bantu kaskuser ajah nambah informasi..
Quote:Original Posted By kRenyez
wew....nice trit nih....moga2 jadi HT


amiinnn, gan.. makasi ya, gan..
Quote:Original Posted By goreal_bpp
thread yang sangat berguna sekali gan
ane memang gak paham huruf2 di tranmisi matic taunya D aja hehehehe
terima kasih ya gan infonya
:thumbs up


sama-sama, gan.. ane cuman pengen share info ajah buat para kaskuser..
Nice inpoh gan,,, mudah2an ane bisa beli mobil yang gearnya kayak begono....
×