Quote:Original Posted By Becex'z
dari tadi selalu sebut akar dari kebudayaan mataran adalah mataram .. mataram sendiri anda tahu gak akar nya dari mana ?? emank islam duluan masuk ke keratonan ? anda tahu gak bagaimana kesepakatan islam masuk ke tanah jawa .. ?

tolong baca sejarah yagn lebih teliti bukan mengecilkan salah satu agama disini terutama islam tapi tolong jgn menganggap islam itu adalah bagian semua sejarah dan budaya indonesia.. justru budaya indonesia ondentik dengan hindu buddha dan di pakai oleh islam itu sendiri khusus di indonesia

karena islam masuk ke indonesia tanpa ada budaya sama sekalian selain jilbab dan pakaian aarab bahkan mereka cmn mau berdagang kepada sesama muslim saja


mau ditelusuri sekalian ke nabi ADAM gan?

poin saya adalah sudah ratusan tahun Islam berakulturasi dengan segala budaya yang sudah ada di Indonesia

lalu? mengapa masih kental penyelewengan syareatnya?

ingat budaya Islam dan budaya arab juga berbeda
dan syareat tidak bicara budaya, tapi hukum
wkwkwk Sultan Jogja ternyata kimpoinya sama sunda wkwkwwk

..................
Quote:Original Posted By arunashika
mau ditelusuri sekalian ke nabi ADAM gan?

poin saya adalah sudah ratusan tahun Islam berakulturasi dengan segala budaya yang sudah ada di Indonesia

lalu? mengapa masih kental penyelewengan syareatnya?

ingat budaya Islam dan budaya arab juga berbeda
dan syareat tidak bicara budaya, tapi hukum


ingat gan saya gak suruh ampe ke adam gak usah lebay ...

anda gak usah bilang semua akar budaya selalu sisi 1 agama saja. tolong pelajari dl budaya yagn bener apakah emank islam begitu kuat melekat di kebudyaan kerajaan mataram atau cmn syarat aj bagi kerajaan mataram waktu itu untuk mencari pendukung

silahkan lihat silsilah kerajaan keraton mank paling ujung itu abis di kerajaan mataram ? silsilah keraton mulai dari kerajaan majapahit .. malah sebelum majapahit yaitu kerajaan singasari .. jadi alasan loe bilang akar budaya mataram amat cetek dan gak beralasan kuat .. selain loe cmn mau jualan kecap disini
Quote:Original Posted By arunashika


dibawah kekuasaan kesultanan Jogja bukan berarti kesultanan Jogja mendukung Ahmadiyah

tapi maaf saya kurang paham kalau soal Ahmadiyah

karena cakupan topik saya sebenarnya juga mencapai masa lalu di mana inilah wajah Islam yang masih tersisa dalam betuk peninggalan budaya


Apa?
Serius lu?
Jadi kalau dianggap mlenceng dari agama musti dibubarkan?
Sedangkan mlenceng dari skb 3 menteri dibiarin aja?

Malah ditambah kalimat hanya ngurusin peninggalan budaya yg mengotori agama....
Emang ahmadiyah itu cuman hasil ngimpi doang?
Bruakkakkakakakakakkakkka....

Anjing... heran gua, semenjak anak bepe main ke mari nambah banyak aja ya golongan buta huruf di sini.... bego dah...
Quote:Original Posted By arunashika
mau ditelusuri sekalian ke nabi ADAM gan?

poin saya adalah sudah ratusan tahun Islam berakulturasi dengan segala budaya yang sudah ada di Indonesia

lalu? mengapa masih kental penyelewengan syareatnya?

ingat budaya Islam dan budaya arab juga berbeda
dan syareat tidak bicara budaya, tapi hukum


penyebaran islam paling efektif pas jaman hindhu-budha itu melalui perang
raja kerajaan yg kalah perang diharuskan mengikuti islam kalau mau diampuni, kalo nggak bakal dikubur minus kepala
otomatis rakyat kerajaan tsb ikut agama islam yg bagi mereka "asing" jadilah mereka mencampur-baurkan dgn kepercayaan mereka

kalo wali songo mah cuman propaganda "islam damai"
Quote:Original Posted By arunashika
@ brutality : tolong dong saya minta satu speech mengenai kesultanan Jogja

karena saya lihat anda cukup aham materi ini

nanti saya tauh di pekiwan

terimakasih


pengetahuan gw gak seberapa luas... hanya seperti yang gw paparin itu..

karena gw tau dari membaca2 artikel mengenai kesultanan jogja..

dan gw bukan orang asli jogja (orang asli tu berarti harus lahir di jogja bukan )

.. om estragon sepertinya lebih tau banyak tapi malas memberikan pendapatnya tuh

ini mengenai keraton jogja. yang ada di OS lu kan kesultanan..

http://id.wikipedia.org/wiki/Keraton...ta_Hadiningrat

ini untuk kaitannya ratu pantai selatan dengan kesultanan jogja

http://sosbud.kompasiana.com/2011/05...yi-roro-kidul/

nih kesultanan mataram.. semuanya hampir lengkap..

http://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Mataram

pajang dah di pekiwan... dan lu juga baca dulu ini..
Yang namanya agama itu aturannya jelas, kalo sudah mencampuradukkan antara adat dengan agama itu sudah lain cerita
Kalo di Islam itu sendiri ada yang namanya bidah dan juga syirik
Sekarang kembali lagi apakah apa yang dilakukan dan anda gambarkan itu mau dikategorikan dalam hal yang mana?
Apakah ada tendensi religius dalam menjalankan adat istiadat?


Itu saja mas, yang sementara bisa saya kemukaken
Quote:Original Posted By Estragon
Apa?
Serius lu?
Jadi kalau dianggap mlenceng dari agama musti dibubarkan?
Sedangkan mlenceng dari skb 3 menteri dibiarin aja?

Malah ditambah kalimat hanya ngurusin peninggalan budaya yg mengotori agama....
Emang ahmadiyah itu cuman hasil ngimpi doang?
Bruakkakkakakakakakkakkka....

Anjing... heran gua, semenjak anak bepe main ke mari nambah banyak aja ya golongan buta huruf di sini.... bego dah...


ini masnya esgondrong sama esgogon tadi ya?
Quote:Original Posted By lindah yani
Yang namanya agama itu aturannya jelas, kalo sudah mencampuradukkan antara adat dengan agama itu sudah lain cerita
Kalo di Islam itu sendiri ada yang namanya bidah dan juga syirik
Sekarang kembali lagi apakah apa yang dilakukan dan anda gambarkan itu mau dikategorikan dalam hal yang mana?
Apakah ada tendensi religius dalam menjalankan adat istiadat?


Itu saja mas, yang sementara bisa saya kemukaken


OOT dikit, kalo ngehormatin bendera gimana
trit ini mengingatkan pada film sang pencerah
@TS: ini free atau clean? tolong dikasih info di pageone untuk menghindari perusuh
Quote:Original Posted By Negima
OOT dikit, kalo ngehormatin bendera gimana


menghormat dan menyembah itu sepertinya lain deh gan
kalo menyembah (worship) kan merendahkan diri kepada sang agung, Sang pencipta, sedangkan bendera sendiri adalah simbol penghormatan kita terhadap negara, lambang patriotisme:0

maaf kalo jawaban saya kurang memuaskan
Quote:Original Posted By Brutallityy
pengetahuan gw gak seberapa luas... hanya seperti yang gw paparin itu..

karena gw tau dari membaca2 artikel mengenai kesultanan jogja..

dan gw bukan orang asli jogja (orang asli tu berarti harus lahir di jogja bukan )

.. om estragon sepertinya lebih tau banyak tapi malas memberikan pendapatnya tuh

ini mengenai keraton jogja. yang ada di OS lu kan kesultanan..

http://id.wikipedia.org/wiki/Keraton...ta_Hadiningrat

ini untuk kaitannya ratu pantai selatan dengan kesultanan jogja

http://sosbud.kompasiana.com/2011/05...yi-roro-kidul/


sepertinya link kita sama

lagipula saya tidak butuh link

saya lebih menyukai pendapat pribadi agan
baiklah akan saya pilih salah satu dari beberapa post anda
Quote:Original Posted By ojeb2008
trit ini mengingatkan pada film sang pencerah


salken mas ojeb
Quote:Original Posted By lindah yani
menghormat dan menyembah itu sepertinya lain deh gan
kalo menyembah (worship) kan merendahkan diri kepada sang agung, Sang pencipta, sedangkan bendera sendiri adalah simbol penghormatan kita terhadap negara, lambang patriotisme:0

maaf kalo jawaban saya kurang memuaskan


itulah alasan yg dikemukanan pemerintah tapi ...
udah ah ootnya, kalo ada threadnya aja
Quote:Original Posted By Becex'z
ingat gan saya gak suruh ampe ke adam gak usah lebay ...

anda gak usah bilang semua akar budaya selalu sisi 1 agama saja. tolong pelajari dl budaya yagn bener apakah emank islam begitu kuat melekat di kebudyaan kerajaan mataram atau cmn syarat aj bagi kerajaan mataram waktu itu untuk mencari pendukung

silahkan lihat silsilah kerajaan keraton mank paling ujung itu abis di kerajaan mataram ? silsilah keraton mulai dari kerajaan majapahit .. malah sebelum majapahit yaitu kerajaan singasari .. jadi alasan loe bilang akar budaya mataram amat cetek dan gak beralasan kuat .. selain loe cmn mau jualan kecap disini


Quote:Original Posted By Estragon
Apa?
Serius lu?
Jadi kalau dianggap mlenceng dari agama musti dibubarkan?
Sedangkan mlenceng dari skb 3 menteri dibiarin aja?

Malah ditambah kalimat hanya ngurusin peninggalan budaya yg mengotori agama....
Emang ahmadiyah itu cuman hasil ngimpi doang?
Bruakkakkakakakakakkakkka....

Anjing... heran gua, semenjak anak bepe main ke mari nambah banyak aja ya golongan buta huruf di sini.... bego dah...


ini orang jogja asli sepertinya
Quote:Original Posted By Brutallityy
ini orang jogja asli sepertinya




bukan orang jogja tapi ornag yang mau membaca sejarah dan menerima sejarah apa adanya ..

dan satu lagi ane gak peduli dengan budaya jogja .. biarkan seperti apa adanya aj ..
Quote:Original Posted By Negima
@TS: ini free atau clean? tolong dikasih info di pageone untuk menghindari perusuh


coba cek semua trit saya
mau apapun tag-nya tidak pernah terjadi rusuh
karena trit2 serius tidak pernah terlihat menggiurkan buat para perusuh

@all : nanti dilanjut lagi ya? saya mau main mario bross dulu

@estragon : saya tidak mengerti anda sedang bicara apa? ada yang bisa bantu menjelaskan?
Quote:Original Posted By arunashika
coba cek semua trit saya
mau apapun tag-nya tidak pernah terjadi rusuh
karena trit2 serius tidak pernah terlihat menggiurkan buat para perusuh

@all : nanti dilanjut lagi ya? saya mau main mario bross dulu

@estragon : saya tidak mengerti anda sedang bicara apa? ada yang bisa bantu menjelaskan?


ok
semoga bener2 bersih dari perusuh, sayang thread dgn tema bagus jadi kotor :
Quote:Original Posted By arunashika
sepertinya link kita sama

lagipula saya tidak butuh link

saya lebih menyukai pendapat pribadi agan
baiklah akan saya pilih salah satu dari beberapa post anda


loh kok..

yang saya berikan itu berbeda

yang isinya keraton sama kesultanan.. yang gw kasih kebudaayaan nya juga ada di situ coba deh liat dulu.. berbeda kok.. yang gw kasih lebih lengkap

Spoiler for mitologi dan filosofi seputar keraton: