KASKUS

Cool ۞۞ [HOBI] BILLIARD a.k.a Bola Sodok ۞۞



۩ ۞۞ ۩ Billiard Community Mother Forum ۩ ۞۞ ۩
NYODOK ABIS GAN...


Yang blm tahu seperti apa permainan billiard sesungguhnya...
Monggo sama2 kita belajar utk mengetahuinya...
Semoga trit ini bermanfaat bagi teman2 eRJe yg pengen tahu,pengen ngerti & jg sekedar pengen memainkan permainan ini...


Quote:ASAL USUL BILLIARD

Asal-usul biliard memang tidak ada yang tahu pasti. Diduga berasal dari cina atau itali atau spanyol. Banyak yang percaya biliard berasal dari perancis, biliard = kriket versi indoor atau kriket = biliard versi outdoor. Beberapa catatan membuktikan bahwa biliard memang datang dari perancis. Berasal dari kata billart yang artinya stik, atau bille yang berarti bola.
Untuk pertama kali biliard di dokumentasi sekitar abad 15. Dimainkan dengan mendorong bola pakai stik, sama seperti kriket. Stik ini dikenal dengan mace atau queue, dan sampai sekarang populer dengan istilah cue. Sementara itu shakespeare menyebutkan bahwa biliard sudah ada sejak jaman Antony dan Cleopatra. Waktu itu disebut old egyptian sport. Baru pada tahun 1675 biliard populer di inggris. Dan tahun itu pula diterbitkan buku peraturan biliard. Selanjutnya billiard dipopulerkan sebagai olahraga scientific oleh Captain Mingaud, seorang tahanan politik pemerintah ketika terjadi revolusi perancis. Saking cintanya dengan biliard, dia menolak untuk dibebaskan dari penjara ketika masa hukumannya berakhir.
Mingaud pula yang menemukan tip, yaitu tambahan kulit di ujung cue. Dengan tip pukulan jadi lebih akurat dan mudah melakukan kontrol cue ball. Tip lama-kelamaan mengeras dan mengurangi efektifitas pukulan sehingga perlu diganti secara berkala. Akhirnya mingaud meninggalkan penjara dan keliling perancis melakukan eksibisi biliard. Jack Carr, seorang pelatih biliard inggris berjasa menemukan tehnik pukulan off-center, yaitu memukul cue ball dititik off-center guna mendapatkan efek spin. Sekarang pukulan off-center ini dikenal dengan istilah English. Di inggris pukulan seperti ini disebut side. Dia pula yang menemukan ide untuk mengoleskan kapur pada permukaan tip untuk meningkatkan akurasi pukulan. Sepanjang tahun 1820 jack carr berkeliling eropa, melakukan pelatihan biliard sembari menjual magical twisting chalk temuannya.

Quote:Meja dan peralatan dlm bermain Billiard
Dalam dunia billiard, ternyata kita bisa nemuin beragam jenis dan ukuran meja billiard. Kalau ditarik secara umum,biasanya meja bilyar punya ukuran panjang dua kali lebar. Biasanya meja billiard ini punya ukuran dalam kaki, jadi mulai dari 7, 8 dan 9 footers ukuran meja yang paling panjang.

Tempat bilyard yang punya meja ukuran 9 foot biasanya diperuntukkan buat pemain-pemain yang serius (pro). Kalau mau main di launge atau bar, biasanya mereka lebih milih untuk punya meja billiard dengan ukuran 7 foot, dan kalau ke tempat-tempat billiard yang ga terlalu besar biasanya meja ukuran ini adalah meja billiard koinan. Panjang pendeknya meja yang dipilih biasanya berkaitan banget sama pengaturan ruang, karena masalah efektifitas dan kenyamanan kemudian banyak yang ngejatuhin pilihan buat make yang ukurannya 8 foot.

Meja billiard kualitas paling bagus biasanya berukuran 9 foot dengan alas meja yang terbuat dari granit atau lempengan tebel, ini gunanya untuk mencegah adanya tonjolan-tonjolan yang nggak diinginkan dan perubahan bentuk karena kelembaban udara. Untuk meja jenis pocket billiard, biasanya ada total 6 buah pockets, tiga di tiap sisi meja. Meja biasanya dialasi oleh kain khusus untuk billiard cloth dan biasanya berwarna hijau. Perbedaan kain yang dipakai biasanya mempengaruhi laju bola billiard di atas meja.

Peralatan
Dalam bermain billiar, tentu kita butuh peralatan yang berupa meja, bola, stik, dll. Untuk sukses bermain billiar, diperlukan kecerdasan tersendiri dalam memandang berbagai peralatan tersebut. Pemahaman yang benar tentang peralatan yang dipakai akan meningkatkan kualitas permainan kita. Lalu bagaimana sudut pandang para master itu dalam menginterpretasikan 3 jenis peralatannya yang menurut saya merupakan peralatan utama kesuksesan mereka?

> Pool cue (stik)
Bagi para master, cue ibarat pacar, bagaikan belahan jiwa yang tidak terpisahkan. Mereka akan berusaha untuk menemukan cue yang betul-betul cocok untuknya. Ukuran berat, panjang, diameter genggaman, keseimbangan maupun jenis material jadi perhatian khusus. Stik yang cocok untuk seseorang belum tentu cocok dipakai oleh pemain lainnya.
Kesalahan dalam pemilihan cue bisa berakibat kurang maksimalnya permainan kita.
Pada turnamen Mosconi Cup tahun 2006 lalu pemain Amerika Serikat Earl Strickland bahkan sampai membanting cue-nya sampai pecah berantakan hanya gara-gara sodokannya tidak sesuai dengan apa yang dia inginkan. Atau saya juga pernah melihat pemain Amerika Serikat lainnya, Johnny Archer, mematahkan cue-nya karena dia tidak
puas dengan hasil sodokannya. Itulah pentingnya pemilihan cue yang cocok. Maka dari itu, dalam memilih cue, bayangkan saja seperti memilih pacar.

> Cue ball
Cue ball (bola putih/gaco) ada berbagai jenis dengan masing-masing berat yang berbeda. Pemahaman para master terhadap cue ball tidak sampai disitu saja. Misalnya, master beranggapan bahwa semakin sering cue ball dimainkan maka cue ball akan kian kotor. Efeknya, jalannya cue ball akan makin sulit dikendalikan.
Selain itu, dari kacamata master, cue ball dapat dilihat dalam 25 titik berdasarkan arah cue dan elevasi cue terhadap meja dimana sodokan pada titik yang spesifik tersebut akan menghasilkan jalannya cue ball yang spesifik pula. 24 titik tersebut diasosiasikan dalam arah jarum jam pendek dan jarum jam panjang dan 1 titik lagi merupakan titik sentral.

> Meja pool
Meja yang berfungsi sebagai medan permainan memiliki karakteristik yang spesifik dan sangat bergantung pada jenis material, teknik pemasangan dan kelembaban udara dalam ruangan permainan. Bidang meja pool adalah 2 buah bujur sangkar yang digabungkan menjadi persegi panjang dengan luas 50 inchi x 100 inchi. Di pinggiran meja tersebut ada
beberapa titik yang disebut diamond. Fungsinya sebagai alat bantu mengukur jalannya bola berdasarkan sudut-sudut yang akan dihasilkan setelah bola menyentuh rail atau bantalan. Adapun dengan menghubungkan titik-titik tersebut, akan didapatkan 32 bidang permainan. So, pemahaman yang mantap akan memantapkan permainan kita.

Quote:Istilah-istilah dlm Billiard
Teman-teman yang enjoy maen billiard tentu sudah tahu dengan istilah-istilah billiard yang sering didengar waktu bareng konco2 sambil nyodok abis gan,kecuali kalo ente niatnya cuman pengen ngecengin score girl-nya doank...
Barangkali teman-teman ada yang masih bingung dengan istilah-istilahnya, saya coba untuk menyusun pengertian dari istilah-istilah billiard tersebut berdasarkan pengetahuan billiard saya yang sekedarnya.

BACK SPIN
Arah putaran bola yang berbalik. Terjadi karena sodokan yang mengenai daerah di bawah tengah-tengah bola putih. Putaran balik inilah yang akan membuat cue ball kembali ke area semula pasca tumbukan dengan bola sasaran.

BALL IN HAND
ketika seorang pemain melakukan kesalahan (foul), maka pemain lawan berhak menempatkan cue ball di tempat yang diinginkan untuk membidik bola berikutnya.

BREAK SHOT
sodokan pembukaan pada setiap game.

BRIDGE
jembatan penghubung antara stik (cue) dengan cue ball.

CHALK
perlengkapan yang dipakai untuk melapisi bagian atas (tip) dari cue untuk menjaga sodokan agar tidak terpeleset (missed cue).

CUE
tongkat atau stik penyodok dalam permainan billiar yang biasanya terbuat dari kayu.

CUE BALL
Bola putih yang langsung dikenai oleh cue dan tidak bernomor.

DRAW SHOT
Teknik sodokan yang dapat menghasilkan back spin.

ENGLISH SHOT
teknik untuk menghasilkan spin samping dengan cara memukul bagian kiri atau kanan dari cue ball, di Indonesia lebih sering digunakan istilah efek.

FOLLOW THROUGH SHOT
teknik sodokan dengan menggunakan ayunan dorong pada titik atas dari cue ball. Sodokan ini akan menghasilkan putaran atas atau forward spin, yang setelah mengenai bola sasaran cue ball akan terus bergulir maju.

GRIP
genggaman tangan saat menyodok.

JOINT
pada stik sambungan yang terdiri dari dua bagian, joint adalah bagian dimana dua bagian tersebut menyatu. Umumnya, material pembuat joint terbuat dari besi, plastik, atau gading dengan berbagai macam model atau bentuk.

MISSED CUE
situasi cue terpeleset pada saat melakukan sodokan terhadap cue ball. Biasanya pada saat terjadi missed cue, suaranya terdengar nyaring seperti bunyi ranting pohon yang dipatahkan (’ctak!’). Karena terpeleset, maka bola sasarannya akan meleset juga atau tidak sesuai yang kita inginkan. Missed cue sering terjadi karena ayunan yang kurang sempurna atau karena olesan chalk-nya kurang.

OBJECT BALL
bola yang akan disasar oleh cue ball untuk dimasukkan ke dalam kantung.

POCKET
kantung pada meja billiar yang berjumlah enam dengan ukuran kurang lebih dua kali diameter bola.

SAFETY SHOT
sodokan bertahan yang bertujuan agar pemain lawan tidak memiliki kesempatan posisi bola yang terbuka. Atau dengan kata lain, ngumpetin bola putih di balik bola yang bukan sasarannya.

SCRATCH
situasi pada saat cue ball masuk ke dalam pocket atau keluar dari meja. Scratch merupakan foul, dan pemain lawan akan mendapatkan kesempatan ball in hand.
Perkembangan Billiard di Indonesia...

Biliar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Sampai saat ini, yang sangat berkembang di Indonesia adalah jenis Pool yang itu pun masih terbagi dalam Nomor bola 15, bola 8 dan bola 9. Dahulu di Indonesia, biliar identik dengan olahraga yang selalu dimainkan oleh para lelaki saja. Namun saat ini banyak wanita yang mulai menggemari olahraga biliar. Adalah Bapak Putera Astaman, mantan Ketua Umum PB. POBSI, yang berhasil menaikan Citra Olahraga Biliar, di Indonesia dari Sekedar Olahraga Rekreasi menjadi Olahraga Prestasi.

Biliar, jenis Pool telah berkembang menjadi salah satu cabang olahraga yang mampu ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia. Contohnya, pada World Pool Championship (kejuaraan dunia biliar jenis pool untuk nomor bola 9) tahun 2006 kemarin, pemain seperti Ricky Yang, M. Zulfikri berhasil masuk ke jajaran 32 besar pemain dunia. Roy Apancho berhasil masuk ke jajaran pemain 64 besar dunia. Apsi Chaniago berhasil masuk ke jajaran pemain 128 besar dunia.

Pada pesta olahraga antar bangsa SEA Games XXIV, 2007 yang lalu, terjadi kejutan peningkatan prestasi secara luar biasa pula pada cabang olahraga Biliar jenis Pool, dengan mampunya diraih Medali Emas nomor bola 8, Wanita Perorangan sekaligus Medali Perak nomor bola 9, Wanita Perorangan oleh seorang Atlet Muda Usia yakni Angeline Magdalena Ticoalu serta Medali Emas nomor bola 9, Pria Perorangan oleh Ricky Yang.

Tidak dapat dipungkiri permainan NINE BALL merupakan yg paling populer sampai saat ini...

Quote:PERATURAN BOLA 9 (NINE BALL)

Bola yang digunakan adalah 9 buah bola angka yang bernomor 1 s/d 9 dan sebuah bola putih sebagai gundu ( cue ball ).

SUSUNAN BOLA ANGKA PADA SAAT BREAK
Sebelum break bola angka di susun dengan kofigurasi “diamond” dengan ketentuan : Bola 1 ( satu ) dititik spot dan bola 9 ( sembilan ) di tengah. Bola angka lainnya ( bola 2 s/d bola 8 ) bebas ditempatkan dimana saja.

TUJUAN PERMAINAN.
Permainan yang terlebih dahulu memasukan bola 9 ( sembilan ) secara sah, adalah pemenang pada game itu.

PUSH OUT ( SHOOT OUT )
Pemain yang mendapatkan giliran memukul setelah break yang sah boleh melakukan “push out” kesempatan ini hanya satu kali dalam setiap game dan hanya boleh dipakai setelah break yaitu pada pukulan pertama / first out.

DEFINISI
Push out adalah suatu pukulan pelanggaran yang di anggap / dinyatakan tidak pelanggaran. Dalam melakukan push out, pemain harus memukul bola putih secara sah (jika bola putih masuk lobang atau melompat maka tetap dianggap pelanggaran).
Pukulan yang diperbolehkan pada saat push out adalah - memukul bola putih tanpa menyentuh apapun ( tidak menyentuh bola sasaran, bola angka lain atau ban - memukul bola angka lain ( bukan bola sasaran ) dan tidak memenuhi ketentuan safety ( jika bola sasaran atau bola angka lain yang masuk pada pukulan ini, maka bola tersebut tidak dikembalikan ke bidang permainan ( kecuali bola 9 sembilan). Pukulan selain ketentuan diatas tetap dinyatakan pelanggaran.

PEMBERITAHUAN PUSH OUT
Pemain yang akan melakukan push out wajib memberitahukan maksudnya tersebut terlebih dahulu kepada wasit untuk diteruskan kepada pemain lawan. Jika tidak pukulan dianggap pululan biasa (ketentuan push out tidak berlaku)

KETENTUAN GILIRAN SETELAH PUSH OUT
Setelah seseorang pemain melakukan push out, maka giliran selesai pemain lawan mempunyai pilihan untuk :
I. Melanjutkan permainan dengan posisi yang ada
II. Pass yaitu melemparkan gilirannya kepada pemain yang melakukan push out tadi untuk meneruskan permainan, sedangkan pemain yang melakukan push out tersebut harus melakukan gilirannya kembali

KETENTUAN ( POSISI BOLA PUTIH ) SETELAH PELANGGARAN
Jika terjadi pelanggaran maka pemain lawan meneruskan permainan dengan posisi yang ada. Dalam keadaan ini bola putih boleh diangkat dan ditempatkan / diletakkan bebas di bidang permainan manapun.

BOLA SASARAN & BOLA ANGKA LAINNYA YANG MASUK/ MELOMPAT KELUAR PADA PELANGGARAN
Bola sasaran atau bola angka lainnya yang masuk / melompat keluar pada saat pelanggaran tidak dikembalikan ke bidang permainan kecuali bola 9

POSISI PENEMPATAN BOLA 9 ( SEMBILAN )
Bola 9 yang masuk / melompat keluar pada saat pelanggaran atau push out, harus dikembalikan ke bidang permainan yaitu tetap pada titik spot Jika di titik spot ada bola lain yang menghalangi penempatannya maka bola 9 diletakkan pada long string sedekat mungkin dengan titik spot

PELANGGARAN 3 X BERTURUT – TURUT
Jika seseorang pemain melakukan pelanggaran 3 x berturut – turut dalam satu game, maka dinyatakan kalah pada game tersebut. Wasit harus memberikan peringatan kepada pemain yang telah melakukan pelanggaran 2 x berturut (jika lupa maka lawannya berhak mengingatkan wasit ) Jika tidak ada peringatan, maka pelanggaran yang terjadi pada pukulan ke 3 tidak di hitung (dianggap tidak ada ) berarti pemain tersebut baru melakukan pelanggaran 2 x berturut – turut

PELANGGARAN
Apabila saat hendak memukul bola lainnya terkena anggota badan atau stick atau sehingga merubah bola lainnya maka dianggap pelanggaran. Apabila saat hendak memukul kedua kaki tidak berpijak di bawah maka dianggap pelanggaran. Satu kaki harus berpijak di bawah.


Beberapa jenis permainan dalam Billiard
Quote:POOL 15 BALL
Yg paling umum dimainkan pada awal kita bermain biliard. Kita memasukkan bola mulai dari yg bernomor paling kecil sampai ke bola 15. Utk ini sebagian besar teman2 udah paham dg semua aturannya.

9 BALL
Dlm permainan ini kita hrs memukul bola 1 sampai dg bola 8 secara berurutan. Jika pukulan pertama mengenai bola lain maka dianggap foul. Dan siapa yg memasukkan bola 9 terlebih dahulu maka dia yg menang.

8 BALL
Di Indonesia kurang begitu populer utk jenis yg satu ini.
Dlm permainan ini 15 bola dibagi menjadi 2 yaitu besar dan kecil. Yg memilih besar hrs memasukkan bola 9-15 sedangkan yg memilih kecil hrs memasukkan bola 1-7. Dan siapa yg berhasil memasukkan bola 8 terlebih dahulu dialah pemenangnya,dg catatan hrs memasukkan semua bola yg telah dipilih di antara besar dan kecilnya.

Quote:Empat Pukulan Dasar Dalam Bermain Billiard

Ada empat cara memukul bola dalam permainan billiard.
Empat pukulan ini merupakan pukulan yang paling dasar yang harus anda ketahui jika anda berkeinginan untuk menjadi orang yang bisa bermain billiard dengan benar.

Stop Shoot/Stop Stroke:

Pukulan ini membuat bola putih berhenti di tempat apabila dipukul sejajar dengan bola sasaran. Apabila tidak sejajar, bola putih akan bergerak normal (tidak telalu cepat dan tidak terlalu lambat). Pukulan ini juga merupakan pukulan yang paling mudah, karena titik pukul pada bola ada pada tengah-tengah bola putih.

Draw Shot/Draw Stroke:

Pukulan ini akan membuat bola putih mundur apabila dipukul sejajar dengan bola sasaran. Apabila tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih lebar dan berjalan lambat. [STH]Pukulan ini dapat dilakukan dengan memukul bola putih sedikit dibawah titik tengah dari bola. Pukulan ini jangan dilakukan terlalu di bawah titik tengah, karena jika dipukul dengan tenaga yang berlebih, bola putih justru akan menggelinding di atas stick/cue (atau yang sering dikenal dengan jump ball, walaupun teknik jump ballnya salah).

Follow Shot/Follow Stroke:

Pukulan ini akan membuat bola putih bergerak maju apabila dipukul sejajar dengan bola sasaran. Apabila tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih sempit dan bergerak lebih cepat.Pukulan ini dapat dilakukan dengan memukul bola putih sedikit diatas titik tengah.

Spin Shot/Spin Stroke:

Pukulan ini akan membuat bola putih bergerak pada sudut yang tidak semestinya setelah mengenai bola sasaran ataupun cushion/ban. Pukulan ini dapat dilakukan dengan memukul bola putih sedikit di sebelah kiri atau kanan dari titik tengah.

Keempat pukulan tadi merupakan pukulan dasar dalam bermain billiard. Keempat pukulan tersebut dapat dikombinasikan agar bola putih dapat berhenti pada sudut yang tepat pada bola berikutnya. Namun yang perlu diperhatikan dalam memukul draw shot adalah jenis tip anda. Tip yang keras cenderung membuat bola putih mundur dengan jarak yang lebih pendek dibanding dengan tip yang lembut apabila dipukul dengan tenaga yang sama. Kemudian dalam memukul spin shot (atau dengan mengkombinasikan dengan draw shoot/follow shoot), bola tidak akan lurus dengan sudut yang kita lihat sebelum memukul bola (karena kita memukul bola tidak di tengah). Jika kita memukul bola putih pada bagian sebelah kanan, maka bola tersebut akan bergerak sedikit ke sebelah kiri, inilah yang dinamakan dengan defleksi. Oleh karena itu, sebelum memukul dengan menggunakan spin shoot, pastikan anda dapat mengetahui defleksi dari Stick/Cue anda.
Quote:Have Fun
Kopdar Nyodok Abis Gan...:
Gratis + GRP point (Minum byr dw2 ya)
Selasa,21 Juni 2011
Jam 13.00 -19.00 WIB
@Royal Billiard (lt.2 KFC)
Be There,Dont Miss It Guys
BY
The Black Horse

Teknik Main Billiard
Quote:KAKI
1. Merenggangkan kaki kira-kira satu langkah
2. Tumpuan badan di belakang pas di pantat kaki kanan
3. Posisi punggung kaki menghadap kedepan lurus
4. Jangan lakukan eksekusi ketika kuda-kuda belum sempurna
Kaki kanan :
1. Lurus kuat dan jangan menekuk
Kaki kiri:
1. Ditekuk seperti kuda-kuda lalu di tarik kebelakang mengikuti tumpuan badan di pantat kaki kanan

BADAN
1. Punggung badan tegak lurus
2. Tidurkan badan menyesuaikan dengan datar stik
3. Posisi dagu kepala harus nempel dengan stik
4. Tidak boleh gerak sedikit pun kecuali tangan kanan
5. Mengunci badan saat eksekusi
6. Setelah eksekusi sejenak badan biarkan mematung min 2 detik

TANGAN
Tangan kanan :
1. Luruskan stik dengan lengan tangan
2. Posisi kepalan tangan lurus dengan tangan
3. Lengan tangan diangkat setinggi-tingginya sampai otot terasa
4. Lemaskan tangan untuk menggenggam dan menge-los-kan untuk maju mundurnya stik
5. Dalam mengayun jangan terlalu dalam atau terlalu maju. Lengan tangan jangan sampai jatuh dan juga jangan sampai goyang saat mendorong bola
6. Ketika stik menyentuh bola usahakan jangan sampai tangan kanan mengencang (sering terjadi)

Tangan kiri ;
1. Telapak tangan harus di letakkan kemeja supaya kokoh dan tidak goyang
2. Jangan terlalu jauh letak antara tangan kiri dengan bola putih, kira-kira satu jengkal
3. Tangan kuat mengencang
4. Lengan tangan di puntir kedalem sedikit dan persendian di bengkokan sedikit. Atau tangan jangan terlalu lurus
5. Menahan stik jangan sampai goyang atau stik keluar jalur ayunan
6. Jangan melepaskan stik dari tangan langsung (stik tetep di tangan sesudah eksekusi)

STIK
1. Arahkan stik hingga datar
2. Jangan menungging kalo tidak terpaksa
3. Usahakan selalu stabil saat mendorong bola
4. Berhenti setengah jengkal dari jarak bola putih setelah eksekusi
5. Setelah eksekusi, stik tetap lurus sesuai dengan titik sasaran bola putih (sering terjadi, arah stik keluar dari alur ayunan pada titik sasaran bola putih)
6. Selesai eksekusi, stik wajib berhenti (min 1 detik) didepan jangan langsung menarik

AYUNAN
1. Mengayun agar stik lurus dan stabil maju mundur
2. Lakukan ayunan bertempo atau berirama
3. Jangan terlalu cepat mengayunnya (nikmati ayunan, sekali ayun berhenti sejenak di depan bola putih, kira-kira ½ detik)
4. Jarak ayunan terjauh jangan terlalu jauh dari bola putih (kira-kira satu jengkal)
5. Usahakan jarak ayunan terdekat (ujung stik) dengan bola putih sedekat mungkin saat mengayun
6. Dalam mengayun minimal 4 kali
7. Berhenti sebentar (1 detik) didekat bola putih setelah mengayun untuk mengukur atau mencari posisi tembak (pada saat eksekusi)
8. Setelah berhenti lalu ditarik perlahan dan mendorong bola putih (eksekusi)
9. Speed saat eksekusi (dalam mendorong) jangan terlalu kencang (jangan di bet atau sentak)
10. Mengayun dengan keyakinan sehingga menciptakan rasa tajam dan akurat
11. Ayunan hanya sampai posisi tangan kanan siku-siku 90° bentuk tangan

SENTUHAN
1. Jangan dipukul tetapi didorong (sekali lagi yah dididorong….didorong …..didorong)
2. Rasakan bahwa tangan kanan saat mendorong kedepan
3. Untuk jenis pukulan apapun seperti efek, trek, door dan sebagainya tetep harus didorong. Mengapa…? agar tidak menyentak atau menimbulkan daya kejut.
4. Usahakan merasakan waktu “mengenut” bola
5. Speed saat eksekusi (dalam mendorong) jangan terlalu kencang (jangan di bet atau sentak)

EKSEKUSI
1. Setelah mengayun berhenti sejenak didekat bola lalu tarik stik jangan panjang-panjang dan didorong kedepan
2. Usahakan tidak ada daya kejut. sering terjadi karena speed terlalu cepat atau kencang saat mendorong bola (eksekusi) jadi harus pelan-pelan agar tidak terjadinya daya kejut (indikatornya ayunan stik masih terlihat dengan mata)
3. Posisi stik tidak boleh bergeser (lurus)
4. Gunakan daya sentuhan ketika ujung stik bertemu bola putih
5. Mendorong bola dengan keyakinan dan keberanian

MATA
1. Pandangi ujung stik, sasaran bola putih, bola sasaran, lubang.
2. Wajib dicemati pandangan (garis imajiner atau bayangkan alur lari bola), landasan, stik
3. Mata harus terbuka lebar-lebar dan jangan berkedip
4. Mengepaskan titik masuk antara bola putih dan bola sasaran sebanyak 3 kali.
5. Eksekusi kunci mata focus berada di bola sasaran

BREAK
1. Tangan kanan, tidak boleh mengencang
2. Tangan kiri, stik tidak boleh lepas dari tangan dan harus kencang
3. Gunakan tenaga badan ditambah dorongan stik
4. Titik pukulan adalah tengah-tengah bola satu
5. Ambil posisi break di sebelah kiri atau kanan meja. Jarak anatara bola dan ban meja kira-kira setelapak tangan

EMOSI
1. Jangan berfikir atau berimajinasi atau berkata tentang takut, kalah, dan berfikir seandainya-seandainya
2. Meyakinan diri pasti menang
3. Tidak boleh ada kecemasan
4. Jangan pernah marah, emosi, kesal ketika kalah
5. Bersikap tenang, konsentrasi, jangan banyak tingkah, kalo duduk harus tegak, tidak boleh senyam-senyum
6. Tak boleh menyerah kalo belum selesai
7. Jangan menganggap remeh musuh atau takut pada musuh
8. Konsentrasi 100%, keyakinan 100%, percaya diri 100%


Spoiler for Master Dunia:


Latihan2 biliard yg bener...
PHP Code:
http://www.indowebster.com/Billyard_3D.html
http://www.indowebster.com/Billyard_Games.html
http://www.indowebster.com/Bilyard_Games.html 


Spoiler for gbr alat-alat:

Quote:Jadwal have fun...
Selasa & Jum'at
Jam 12.00 s/d 19.00 WIB
@Royal 9 Ball Biliard (lantai 2 diatas KFC)
Biaya paket 30rb utk 7 jam...
Spoiler for poto-poto kopdar:

Quote:Index Kaskuser eRJe
Nyodok abis...:


PJ02
theheci
Kowad3373
mockzmocca
Tamu
cfajarpemadi
septian.ibanx


Quote:RULES utk TRIT INI...:
1. Boleh Pertamax asal g OOT...
2. Boleh Pekiwan asal g OOT jg...:
3. Kurangi ngejank ya,udah ada tmptx sendiri...:
4. G boleh wan lainer...
5. Berbagi tips & trik seputar biliard...:

* pelanggaran pertamax akan didelete, bila dilanggar lagi akan di bata
BACA RULES BROW...!!!

Dan akhirx yuks kita nyodok abis...
puh trit anyar dari calon co-admin

namapang dulu di pejwan
jelase voyager harus di pejwan gan

ajak2 y gan
tp ayas arek ajaran
mejeng di halaman awal sek.....


* aku sek nduwe kemampuan bilyard gak yoh
skali2 nampang di pekiwan dolo ah...
beberapa games buat latihan nyodok sebelum beneran turun ke arena

PHP Code:
http://www.indowebster.com/Billyard_3D.html
http://www.indowebster.com/Billyard_Games.html
http://www.indowebster.com/Bilyard_Games.html 


Tengkyu atas atensix...
donk...
Quote:Original Posted By khodit
wowww trit baru.. ada mastah billiard.. :
mantap nih ada hobi baru d eRJe..

Ayo klo ad waktu senggang kita fun rame2 brow...

Quote:Original Posted By slankplur
puh trit anyar dari calon co-admin

namapang dulu di pejwan

Jiah,iso main iki brow...
Quote:Original Posted By voyager50
jelase voyager harus di pejwan gan

ajak2 y gan
tp ayas arek ajaran

Oyi brow,spt yg udah disinggung pas hari minggu kmrn...
Ntar klo latihan kita rame2 aja ke Royal...
Quote:Original Posted By taek123
mejeng di halaman awal sek.....


* aku sek nduwe kemampuan bilyard gak yoh

Wes pirang thn g nyekel stik biliard kang...
Quote:Original Posted By i^like^u
skali2 nampang di pekiwan dolo ah...

Jiah oot iki...
Bali nduwe klub biliard maut yo brow...
Koster lek g salah...
Trit nyar iki.....

Sayange aku gak iso Billiard...

Podo mastah kabeh kyke arek2 wes-an....
Quote:Original Posted By rosihan.f
Trit nyar iki.....

Sayange aku gak iso Billiard...

Podo mastah kabeh kyke arek2 wes-an....


aku loh yo gak iso cuman belajar sek gae game'e
Wah udah buat trit bilyard kamu joel
Ayo lek latian nang royal jum'at iki
Aku sing mbyr bilyard'e koen sing mbyr bir'e
Quote:Original Posted By taek123
aku loh yo gak iso cuman belajar sek gae game'e


Mosok seh mas, wong wes senior ngunu...

Quote:Original Posted By Kowad3373
Wah udah buat trit bilyard kamu joel
Ayo lek latian nang royal jum'at iki
Aku sing mbyr bilyard'e koen sing mbyr bir'e


Mastah Billard teko wes...
Quote:Original Posted By rosihan.f
Trit nyar iki.....

Sayange aku gak iso Billiard...

Podo mastah kabeh kyke arek2 wes-an....

Kan cm kari nusuk brow...
Mosok g iso...
Quote:Original Posted By taek123
aku loh yo gak iso cuman belajar sek gae game'e

Lek game'e wes mahir q kang...
Quote:Original Posted By Kowad3373
Wah udah buat trit bilyard kamu joel
Ayo lek latian nang royal jum'at iki
Aku sing mbyr bilyard'e koen sing mbyr bir'e

nach ini dia boss udah dtg...:
Ayo boss klo latian,sesuai kebiasaan kita nich...
Tiap selasa & jum'at ya,biasa cari yg lowong...
Quote:Original Posted By PJ02.

Kan cm kari nusuk brow...
Mosok g iso...

Lek game'e wes mahir q kang...

nach ini dia boss udah dtg...:
Ayo boss klo latian,sesuai kebiasaan kita nich...
Tiap selasa & jum'at ya,biasa cari yg lowong...


Nusuk opo mas...

Pancen ga tau soale, dadi yo gak iso...

Nang QC ae dike'i mejo Billiard...
Masih dapat gak pekiwan nih
Piss TS (reserved dulu)
ane gak begitu bisa maen, dl pernah datang pas hujan2 di royal maen bareng mas panjul, mas rudi dan rio.
Lumayan lah pokoknya ga ngerusak meja billiardnya
soalnya ga pernah maen meja besar.. dari dulu belajarnya di meja kecil...
maen juga asal kena, gak bisa kalo parkir2..
Pengennya sih kalo gabung jadi bisa minimal g miring lah tembakannya dan belajar parkir bola ma mastah2 disini
Quote:Original Posted By taek123
beberapa games buat latihan nyodok sebelum beneran turun ke arena

PHP Code:
http://www.indowebster.com/Billyard_3D.html
http://www.indowebster.com/Billyard_Games.html
http://www.indowebster.com/Bilyard_Games.html 



tak latihan sek lah

ngko bengi latian nyodok aah

٩(-̮̮̃-̃۶ visit me @www.yuskaskus.info™ ٩(-̮̮̃-̃۶
pekiwan habis
Quote:Original Posted By boy3ka_putra

tak latihan sek lah

ngko bengi latian nyodok aah
٩(-̮̮̃-̃۶visit me @www.yuskaskus.info™ ٩(-̮̮̃-̃۶


butuh koreografer ato penata gerak gak