KASKUS

Adansonia Digitata (Baobab Tree)

Kondisi Barang : -
Harga : Rp. 0
Lokasi Seller :
Adansonia Digitata
kab. Karawang



Karena lahan ane mulai sempait, ane mo lepas beberapa koleksi ane neh gan
cekidot

sedikit mengenai Baobab
Quote:Original Posted By wikipedia

Baobab adalah nama umum dari sebuah genus (Adansonia) yang terdiri dari delapan spesies pohon asli Madagaskar, Afrika daratan dan Australia. Spesies Afrika daratan juga ada di Madagaskar, tetapi tidak asli negara itu. Nama umum lainnya adalah boab dan boaboa. Spesies ini mencapai tinggi antara 5–25 m. Mereka menyimpan air di dalam batang mereka, dengan kapasitas diatas 120.00 liter untuk bertahan dalam kondisi lingkungan sekitar mereka


Adansonis digitata (baobab tree)

Spoiler for Daun besar:

Spoiler for harga:



Spoiler for harga:

Spoiler for pilihan:


kalo dah besar jadi kek gini
Spoiler for baobab tree:



Bagi yang berminat dengan bijinya bisa diperoleh dengan harga yang sanagt terjangkau, hanya Rp.1000/biji

Free ongkir untuk pembelian minimum 50biji


Reseller are welcome*

untuk pemesanan silahkan PM ane ato sms ke: 08568357542 (Fauzi)

Tersedia juga ukuran besar dengan diameter lebih dari 1 meter

*Minimum order reseller adalah 500biji deangan harga 400rb free ongkir

Cuci Kebon
Jual paketan baobab isi 3 pohon tinggi 50-100cm harga 250rb sudah termasuk ongkir seindonesia + bonus 20pcs biji baobab


CP: 08568357542 (Fauzi)


Super Fruit (Baobab)

Hari ini saya pergi ke perpus umum. Disini saya menemukan informasi baru dari majalah Trubus edisi bulan November 2010. Saya baru tau kalu ada buah yang bernama Baobab. Dari yang saya baca, buah baobab berasal dari Afrika. Buahnya sebesar botol air mineral ukuran 1 L dan berwarna cokelat. Selain itu buah baobab memiliki kulit yang keras. Daging buahnya berwarna putih dan lengket serta memiliki rasa yang mirip asam kranji. Pohon buah ini sangat besar, seperti pohon beringin dan mampu menyimpan air di dalam batangnya dengan kapasitas 120.000 liter. Di benua asalnya pohon ini disebut sebagai pohon dewa. Hal ini dikarenakan buah baobab mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang melimpah, antara lain:

1. kandungan antioksidan 10 kali lebih tinggi daripada jeruk

2. kandungan Vit C 6 kali lebih tingi daripada jeruk

3. kandungan potassium 6 kali lebih tinggi daripada pisang

4. kandungan kalsium 2 kali lebih tinggi daripada susu

5. kandungan magnesium lebih tinggi daripada bayam

6. kandungan zat besi lebih tinggi daripada daging merah

Karena kandungan vitamin dan mineral yang sangat banyak inilah maka di Eropa buah baobab disebut sebagai buah super atau Super Fruit. Buah ini memang sudah terkenal dan diakui di Eropa juga Amerika. Namun, di Indonesia hanya sedikit yang tau mengenai buah ini.

sumber: http://green.kompasiana.com/penghija...-fruit-baobab/
lapak baru

mantab ik baobab
Quote:Original Posted By 4l3x4ndr4
lapak baru


Quote:Original Posted By tanamart



tengkyuh... tengkyuh... tengkyuh... para master FJB Flora dah mampir
mohon bimbinganya ya
eh om buka lapak ... moga2 laris...
Quote:Original Posted By OhBegituToh
eh om buka lapak ... moga2 laris...


tengkyuh cuy...
Quote:Original Posted By ojiedarojie
tengkyuh cuy...


pengen beli tapi uang buat beli kantong semar ke pakde sama beli metan dan pot minggu depan sih keknya ada duit
Quote:Original Posted By OhBegituToh
pengen beli tapi uang buat beli kantong semar ke pakde sama beli metan dan pot minggu depan sih keknya ada duit


santai aja cuy... tetangga inih
Selamat pagi semua
Beli biji 20 pcs bisa gak
gan, pohon ini pertumbuhannya gimana? cepat atau lambat?
Trus bisa segede yg di foto itu berapa lama ya gan?
Quote:Original Posted By anoa5
Beli biji 20 pcs bisa gak


Boleh aja om
no minimum oredr kok buat bijinya mah

Quote:Original Posted By audrisca
gan, pohon ini pertumbuhannya gimana? cepat atau lambat?
Trus bisa segede yg di foto itu berapa lama ya gan?


kalau mau segede gitu butuh ratusan tahun gan... tapi umur 10 tahun kalo ditanem ditanah diameter batang bisa lebih dari 1m dan mulai belajar berbuah, beberapa sesepuh di forum tanaman juga punya taneman yang dah lumayan gede :maho

buah baobab

dapet dari gugel
dibonsai juga bisa lho
Buka lapak dulu
sundul dikit

Bisakah Baobab Dikembangkan di Indonesia

Keberadaan Pohon baobab (Adansonia sp) di Indonesia didatangkan orang belanda sebagai tanaman hias. Pohon introduksi ini berasal dari benua hitam (Afrika). Perawakan pohon baobab besar ‘meraksasa’. Tinggi pohonnya dapat mencapai 30 meter. Sepintas pohonnya menyerupai randu alas. Lingkar batangnya dapat mencapai lima pelukan orang dewasa. Bentuk buah baobab menyerupai buah mahoni. Isi buahnya dapat dimakan. Kayunya memiliki tingkat kekerasan yang rendah.

Baobab indonesia ditanam juga oleh orang arab. Beberapa pohon baobab dapat ditemukan di sepanjang jalan pantura. Baobab indonesia dapat tumbuh dimana saja. Pohon yang ditanam di dataran rendah mampu berbuah, sedangkan yang berada di dataran tinggi sulit berbuah.

Pohon baobab memperbanyak diri dengan biji. Perbanyakan yang lain dilakukan dengan cara stek batang. Sifat perakarannya memiliki kemiripan dengan adenium. Batang baobab mampu menyimpan air dalam jumlah banyak. Pada musim kemarau daunnya tetap terlihat hijau.

Masyarakat belum banyak mengetahui manfaat pohon baobab. Masyarakat memandang pohon ini kerapkali menjadi masalah. Pohonnya terlalu banyak memakan ruang tumbuh. Masyarakat belum berminat untuk mengembangkan pohon baobab. Sentra-sentra tanaman hias belum menyediakan bibit baobab. Dinas pertanian, perkebunan, dan kehutanan juga belum memperkenalkan bibit baobab pada masyarakat.

Tidak tersedianya bibit baobab menyulitkan usaha pengembangannya di indonesia. Pengembangan baobab memerlukan pendidikan dan informasi yang lebih pada masyarakat. Saat ini hanya mereka yang menyukai rasa keagungan, kebesaran, dan kekuasaan yang berminat menanam pohon baobab. Mereka-mereka adalah kebun koleksi, instansi pemerintah dan universitas.

sumber: http://tanaman.org/bisakah-baobab-di...onesia_376.htm

Nan Langka, Nan Bermanfaat

Pernahkah Anda mencicipi bubur yang kadar vitamin C-nya 6 kali lipat lebih banyak daripada jeruk? Pernahkah Anda mendengar ada pohon yang bisa berumur 5.000 tahun? Pernahkah Anda melihat buah yang kandungan kalsiumnya diyakini dapat menggantikan peran susu? Ya, itulah antara lain 3 keistimewaan Adansonia digitata asal Afrika. Ia lazim disebut baobab, tetapi di Subang tanaman yang diameter batangnya bisa sampai 7 meter itu disebut ki tambleg.





Tanaman nan langka di Indonesia itu menarik lantaran sosoknya luar biasa besar. Di zaman Belanda, ia menjadi tanda batas kepemilikan kebun para tuan tanah. Warisan itulah yang kini tersisa di Subang. Dari kota di bagian utara Jawa Barat itu, bibit baobab menyebar ke Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bogor. Di KBR Purwodadi, pohon yang sanggup menyimpan 4.500 liter air di batangnya itu sudah berbuah. Di Bogor, buah tak pernah muncul lantaran cuaca terlalu basah.

Beberapa bulan lalu baobab menjadi buah bibir di dunia maya. Itu lantaran ‘kenekatan’ rektor UI, Prof Dr der Soz Gumilar Rusliwa Somantri bekerja sama dengan PT Waskita Karya memindahkan 4 pohon yang bobotnya bisa mencapai 30 ton itu dari Subang ke kampus UI di Depok. ‘Ini pohon masa depan,’ ujar sang rektor. Pemindahan itu diharapkan memicu munculnya cendekiawan yang tertarik meneliti aneka manfaat tanaman keluarga Bombacaceae itu. Saat ini manfaat yang dikenal di mancanegara ialah sebagai: bahan pangan, farmasi, hingga kosmetik.

Pembaca, baobab memang layak disebut super food. Alasan itu yang mendorong kami mengulasnya sebagai topik utama. Sebagai pendamping, kami sajikan tulisan yang menarik dari Jambi. Di sana wartawan Anda, Argohartono, menemukan fakta bahwa getah pohon jernang Daemonorops draco kini dihargai Rp800.000 per kilo. Itulah getah termahal di dunia. Bagi Anda yang berminat memelihara ikan konsumsi, laporan khusus pemanfaatan probiotik di kolam ikan menjadi bacaan menarik. Selamat menikmati.

Salam,

Onny Untung

sumber: Trubus-online.co.id
×