KASKUS

Pasar tradisional yang UNIK di Thailand

Ini thread kedua ane gan



Samut Song Khram merupakan salah satu provinsi pusat (changwat) dari Thailand. bertetangga dengan provinsi Phetchaburi, Ratchaburi dan Samut Sakhon kalau kita lihat dari selatan searah jarum jam. Masyarakat setempat menyebutnya Samut Songkhram Mae Klong. Kata Samut berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Samudra laut, dan kata Songkhram dari bahasa Sansekerta yang berarti perang. Karena itu nama provinsi yang secara harfiah berarti Perang Samudra. Samut Songkhram terletak di mulut sungai Mae Klong ke Teluk Thailand. Dengan beberapa kanal (khlong) air sungai yang menyebar melalui provinsi untuk irigasi. Pada pantai yang banyak danau untuk memproduksi garam laut. Selama ini dunia lebih mengenal Talat Nam Tha Kha yang berupa pasar terapung sebagai salah satu objek budaya yang ditawarkan oleh provinsi ini.


Talat Nam Tha Kha Market Floating [01]


Talat Nam Tha Kha Market Floating [02]


Talat Nam Tha Kha Market Floating [03]


Talat Nam Tha Kha Market Floating [04]


Talat Nam Tha Kha Market Floating [05]

Bagaimana dengan Indonesia? negara kita gak kalah gan dengan apa yang di punyai oleh Thailand, sebagai perbandingan kita punya pasar terapung Lok Baintan yang terdapat di provinsi Kalimantan Selatan, agan-agan tentunya tidak lupa donk dengan iklan TVC salah satu televisi swasta terbesar di negara kita??? ya kalau lupa ya monggo ane tampilin sekalian hehehehe....


TVC RCTI

ok sekarang bagaimana bentuknya Lok Baintan Floating Market di tahun 2011 karena iklan yang ditampilkan diatas merupakan iklan televisi yang tayang pertama kali dalam medio tahun 1992, berikut tampilan uptodate-nya :


Lok Baintan Floating Market [01]


Lok Baintan Floating Market [02]


Lok Baintan Floating Market [03]


Lok Baintan Floating Market [04]

Kembali ke Samut Song Khram, ternyata juga ada salah satu objek wisata berupa pasar yang tidak kalah menariknya dengan Talat Nam Tha Kha yakni pasar tradisional yang terdapat dalam lintasan kereta api, bagi sebahagian wisatawan menyebut pasar ini dengan Samut Shong Kram Train Market atau dalam bahasa kita bisa disebut dengan pasar diatas rel kereta. Menariknya walaupun berada dalam lintasan kereta api, namun jangan disangka akan kumuh seperti yang dibayangkan tetapi pasar tersebut ditata dengan sangat rapi dan menggunakan atap semi permanen yang dapat dilipat saat kereta lewat. Dalam sehari kereta yang lewat dapat berkali-kali dan menjadi bagian menarik dari pasar ini.


Samut Shong Kram Train Market [01]



Samut Shong Kram Train Market [02]



Samut Shong Kram Train Market [03]



Samut Shong Kram Train Market [04]



Samut Shong Kram Train Market [05]



Samut Shong Kram Train Market [06]



Samut Shong Kram Train Market [07]



Samut Shong Kram Train Market [08]



Samut Shong Kram Train Market [09]


Samut Shong Kram Train Market [10]

Untuk perbandingan dengan negara kita berkaitan pasar yang berada di lintasan kereta api untuk kali ini ane abis sekaligus karena keadannya jauh dibandingkan pasar yang di thailand, sebagai salaha satu contoh adalah pasar yang ada di Belawan, Sumatera Utara


Belawan Train Market [01]


Belawan Train Market [02]

entahlah apa karena menjadi pasar gelap sehingga tak terurus atau memang budaya kita yang membuatnya begini, tapi ane harap apa yang kita punya di negara ini masih akan kita banggakan, karena untuk itu mohon kiranya kepada agan-agan sekalian untuk memberikan \t kepada thread ini
Pasar terapungnya keren gan..

sayang di Indonesia ga berasa lagi, padahal budaya yg harus dijaga tuh..

liat pasar di bantaran kereta api ane jadi miris gan berantakan banget
harus dilestarikan nih ciri budaya bangsa
kek Pasar Terapung Lok Baintan d'tempat ane ya..
tapi sayang sekarang Pasar Terapung Lok Baintan agak ga terawat, soal'ny banyak warga yg buang sampah k'kali/sungai tersebut..

ane sebagai putra daerah jadi ama daerah ane sendiri..
s'harus'ny warga d'sana mesti m'jaga & melestarikan'ny..
jiah... di rel kereta api jadi lapak nya
mantebs bro... nais infoh
mending lapak kaskus aja
diakrekanakn kita negara kepulauan gan jadi byk yg bermata pencahararian di sana

Quote:
Ingin punya tubuh lebih tinggi dan proporsional? Takut tidak bisa tinggi lagi?
Jangan khawatir lagi sekarang sudah ada solusinya
www.kaskus.com

kayak di indonesia yah ini pasar2 tradisionalnya
wah keeren neh pasar apung
"Kalo gak salah" ane udah pernah liat di tv gan, disana ada penjual yang menggunakan label halal di perahunya, biar umat muslim mudah nyari makanan yang halal gan
Nice trid gan
an keren gambarnya matabelo
widih keren badai gan cuman sayang kebersihannya kurang diperhatikan
mantab...