Wisata Bahari Aceh Singkil – Kepulauan Banyak INDONESIA




Klik Logo Ini Untuk berkunjung ke Blog Green Thread Starter (GTS)




Spoiler for THREAD INI MENANG DALAM KONTES:


Quote:ALHAMDULILLAH HT KE 4 ANE, PADA TANGGAL 4-12-2011, THX BUAT ADMIN,CO ADMIN AND TMN2 KASKUSER YG LAIN NYA,,


Quote: BUDAYAKAN COMMENT AND


Quote:


Quote:
Aceh Singkil adalah satu dari 18 kabupaten yang ada di daratan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Berada di ujung barat daya provinsi, hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan, pada 20 April 1999.Sebagian wilayah Aceh Singkil masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Kabupaten seluas 3.578 km² ini terdiri dari dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan. Salah satunya kepulauannya yang berpotensi adalah Kepulauan Banyak (dengan 99 pulau kecil), yang kini dikenal menjadi ikon wisata bahari kabupaten bependuduk 120.043 jiwa itu.

Pulau Banyak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Nanggröe Aceh Darussalam, Indonesia. Ibukota kecamatan terdapat di pulau Balai. Kecamatan ini merupakan sebuah kepulauan dengan jumlah pulau-pulaunya mencapai 99 pulau.

Aceh Singkil sebagai salah satu Kabupaten Daerah Tujuan Wisata di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam mempunyai potensi yang cukup besar bagi pengembangan sektor pariwisata karena memiliki keindahan, kekayaan alam dan kehidupan sosial budaya serta peninggalan – peninggalan sejarah yang semuanya dapat dijadikan objek wisata. Alam Aceh Singkil yang begitu menakjubkan dan mempesona belum dapat di manfaatkan secara maksimal, banyak sekali potensi wisata yang selama ini terpendam, diantaranya adalah wisata bahari yang saat ini sudah mulai dikembangkan.

Salah satu potensi yang dapat dikembangkan sebagai lokasi Wisata Bahari adalah Pulau Banyak. Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah, pantai Pulau Banyak tidak kalah dengan Bali. Pasir putihnya lebih lembut dari Legian Bali, lambaian daun- daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis. Indahnya panorama Sunset juga menjadi tontonan tersendiri yang mengasyikkan.




Quote:
Pulau yang terbesar adalah Pulau Tuangku dan kedua terbesar adalah Pulau Bangkaru. Selain itu terdapat pula pulau-pulau lain yang kecil-kecil seperti:
Code:

Pulau Balai
Pulau Palambak Besar
Pulau Palambak Kecil
Pulau Tapus-Tapus
dan lain-lain


Quote:
Pulau Banyak hanya dapat dicapai melalui perjalanan laut dengan sarana angkutan berupa boat (Kapal Motor). Pulau Banyak dapat dicapai dari :
Code:

Singkil (3 – 4 jam)

Sibolga (9 – 12 jam)

Nias (6 – 8 jam)

Teluk Jamin (6 – 8 jam)


Akses paling mudah menuju Pulau Banyak adalah dari Kota Singkil ibukota Aceh Singkil. Transportasi menuju Pulau Banyak dilayari oleh boat reguler setiap hari Senin, Kamis dan Jum’at. Selain itu calon penumpang juga dapat menyewa/rental kapal atau speed boat.


Spoiler for pemandangan:





Quote:Surfing

Quote:
Terdapat 12 titik ombak untuk selancar yang cukup panjang dan mencapai ketinggian 6 meter yang tersebar di pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Titik selancar yang paling banyak dikunjungi oleh peselancar adalah pantai Amandangan dan pantai Pelanggaran di pulau Bangkaru.

Ombak Pulau Banyak yang menggoda peselancar pertama sekali ditemukan oleh Marcus Keeshan pada tahun 2001. Yang kemudian dia mempublikasikan kehebatan ombak Bangkaru sebagai tempat surfing terbaik di dunia. Menurutnya ombak di kawasan ini sangat ideal bagi peselancar kelas dunia karena tingginya mencapai 6 meter. Begitu pula lokasinya. Airnya dingin, ikan hiu jarang terdapat, tempat berselancar berada satu sampai dua meter diatas karang dan musim selancar relatif panjang.



Quote:Scuba Diving
Quote:
Menikmati keindahan keanekaragaman hayati terumbu karang dilakukan dengan dua cara. Pertama, pada bagian perairan dangkal dengan menggunakan perahu yang lantainya atau bagian dinding bawah perahu itu terdiri atas gelas kaca tembus pandang. Dengan demikian penumpang perahu dapat melihat apa- apa yang ada dibawah perahu.

Kedua, dengan menggunakan perlengkapan menyelam khususnya untuk tempat- tempat yang dalam yang tidak mungkin dapat dilihat dengan perahu yang lantainya tembus pandang yaitu peralatan Scuba Diving.

Laut Pulau Banyak menyajikan pemandangan alam. Keunikan laut berupa terumbu karang dengan flora dan fauna laut yang khas yaitu tumbuhan laut dan ikan- ikan karang yang beraneka ragam warna dan berbagai ukuran. Beberapa areal pariwisata di daerah ini adalah Pantai Pulau Tailana, Rago- rago, Matahari, Pabisi dan Sikandang. Kebanyakan di daerah ini merupakan tempat yang indah dengan pantai yang berkarang dan airnya yang jernih, sehingga karang- karang yang berada pada kedalaman lebih dari 3 meter terlihat jelas dari atas perahu.

Spoiler for pemandangan:



Quote:Satwa Langka
Quote:
Perjalanan para wisatawan ke Pulau Banyak belum sempurna jika belum menuju Pulau Bangkaru. Perjalanan yang menarik adalah ketika melihat Penyu bertelur setiap malam. Ataupun melihat bayi- bayi penyu merangkak ke laut pada saat matahari terbit. Pantai Amandangan dan Pelanggaran di Pulau Bangkaru merupakan kawasan wisata yang menarik khususnya untuk wisatawan yang berminat melakukan penyelidikan terhadap Penyu yang setiap malamnya memenuhi pasir putih pantai Amandangan.





BERSAMBUNG
LANJUT

Quote:
Quote:Jenis-jenis Penyu yang ada
Quote:
Penyu satu ordo (Testudinata) dengan kura-kura dan bulus (labi-labi). Di dunia, saat ini hanya terdapat 7 jenis (spisies) dari 2 famili penyu, yaitu:
Code:

*Penyu Hijau atau dikenal dengan nama green turtle (Chelonia mydas)

*Penyu Sisik atau dikenal dengan nama Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata)

*Penyu Lekang atau dikenal dengan nama Olive ridley turtle (Lepidochelys olivacea)

*Penyu Belimbing atau dikenal dengan nama Leatherback turtle (Dermochelys olivacea),

*Penyu Pipih atau dikenal dengan nama Flatback turtle (Natator depressus)

*Penyu Tempayan atau dikenal dengan nama Loggerhead turtle (Caretta caretta)

*Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi)


Dari ketujuh jenis penyu tersebut, hanya penyu Kemp’s Ridley yang jarang ditemukan di perairan Indonesia, dikabarkan penyu tersebut sedang dikembangbiakan di pulau Banyak. Dari semua jenis ini, Penyu Belimbing adalah penyu terbesar dengan ukuran mencapai 2 meter dengan berat 600–900 kg. Sedangkan yang terkecil adalah Penyu Lekang dengan ukuran paling besar sekitar 50 kg. Namun demikian, jenis yang paling sering ditemukan adalah Penyu Hijau. Penyu, terutama Penyu Hijau, adalah hewan pemakan tumbuhan yang sesekali memangsa beberapa hewan kecil.

Spoiler for pemandangan:



Quote:hewan lain
Quote:
Penjelajahan dapat dilakukan di pulau Tuangku. Penjelajahan ini berupa Treking yaitu berjalan kaki menyelusuri hamparan hutan sambil menikmati keindahannya. Perjalanan dapat dimulai dari Kampong Haloban dan disepanjang perjalanan wisatawan dapat melihat Kancil, Beo Nias, Tupai, Babi Hutan dan Kupu- kupu beraneka warna. Juga terdapat Goa Kelelawar dan Goa Sarang Burung Walet. Hutan Pulau Tuangku sangat menarik dan masih tergolong utuh. Buaya Muara (Crocodylus Porosus) terkadang muncul di perairan sungai di pedalaman hutan Pulau Tuangku, ukurannya yang sangat besar jarang dijumpai di tempat lain

Spoiler for pemandangan:




Quote:video











Quote:
SUMBER
SUMBER

Quote:



BUDAYAKAN COMMENT AND RATE

____________________________NIH THREAD ANE GAN_____________________________


asam batu batre ternyata tingkat asamnya di permen yg asam
sejarah dan khasiat daun teh hingga saat ini
kenapa sih gigi bungsu kalo tumbuh sakit??
ternyata mulut kita bisa jamuran juga,, percaya ga??
sejarah perusahaan sinde budi (cap kaki 3, lasegar,dll)
Salah satu usaha makanan tradisional dalam bentuk kaleng
***** Ini Dia Penemu Cinema, Kamera, atau Film? *****.
****Sejarah Awal LEVI'S international****.
Ini dia penemuan tentang satelit geoeye-1 imagery.
Ini dia sejarah pabrik rokok sampoerna.
Bisakah payudara diperbesar tanpa oprasi??
White holes di luar angkasa+ terjadinya(+vid)
***agar bulu ketek tidak tumbuh lagi***
** Marseille France Skatepark in game Tony Hawks 2 **
Nasib badak bercula 1 yg hampir punah

Dah lama Gan dibuka ko ane baru tau
ane hanya bisa kasih muav lom ISO ga bisa ngasih

BTW ane PERTAMAXX
Bawah Ane



Quote:Original Posted By ijin Gelar Lapak

Sejarah & Perubahan Logo IE dari masa ke masa
Mengapa kita harus selalu bersyukur....?????
10 tips membuat hidup lebih bermakna
Fakta Unik Kehidupan Suku Maya
Unik, Parfum Aroma Darah Segar
jadi pengen kesana gan :
makin bangga aja
Quote:PICT UPDATE:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Spoiler for bonus:

Quote:Original Posted By TheAtjehnecs
PERTAMAXX
dah lama Gan dibuka ko ane baru tau


ini sbenernya udah lama gan,,
cma memang ga terkenal kyak bali and lombok gan,,
waaah keren gan
beuh mantab abis gan. kapan ane kesana ya rate meluncur
wahhh..nice thread gan..hhahaha numpang pejwan dah..
Quote:Original Posted By bankxian
ini sbenernya udah lama gan,,
cma memang ga terkenal kyak bali and lombok gan,,


bner banget gan sebenernya di aceh banyak tempat2 wisata indah tapi sayang.,di karankan undang2 daerah yang membatasi aturan2 jadinya tempat2 wisata disana jarang di kunjungi..,gw sbagai anak aceh sangat menyayangkan hal tersebut...
Quote:Original Posted By blekopok
beuh mantab abis gan. kapan ane kesana ya rate meluncur


niatkan dr skarang aja gan...
wah mantap tuh keknya yak..

Quote:Quote: Click Picture Di Atas Untuk Masuk Ke Kamar Ane :
wew menarik nih ada penangkaran penyu..
sayangnya akses kesana yg cukup jauh ya, diujung barat Indonesia, ongkos pesawat jg mahal dari kalimantan
Quote:Original Posted By TheAtjehnecs
bner banget gan sebenernya di aceh banyak tempat2 wisata indah tapi sayang.,di karankan undang2 daerah yang membatasi aturan2 jadinya tempat2 wisata disana jarang di kunjungi..,gw sbagai anak aceh sangat menyayangkan hal tersebut...


wah,,, agan ini org aceh jga..??
waakakakaka,,,
aceh mana gan,,
klo ane kebetulan aceh singkil,,
jadinya ane buat deh thread tentang kampung ane,,
hehehehee..

iya gan,, ane jga sedih liat pemerintah yg kurang kinerjanya,,
padahal udah bnyak org asing yg dateng ksna,,,
Quote:Original Posted By .GhaDux.
wew menarik nih ada penangkaran penyu..
sayangnya akses kesana yg cukup jauh ya, diujung barat Indonesia, ongkos pesawat jg mahal dari kalimantan


wahahahhaa,,,
btul tuh kang,,,
transportasinya cukup sulit,,,
dan membutuhkan bnyak waktu buat menuju kesana,,,

tpi klo dr kalimantan memang jauh bngt gan,,
hehehheee
Quote:Original Posted By bankxian
wah,,, agan ini org aceh jga..??
waakakakaka,,,
aceh mana gan,,
klo ane kebetulan aceh singkil,,
jadinya ane buat deh thread tentang kampung ane,,
hehehehee..

iya gan,, ane jga sedih liat pemerintah yg kurang kinerjanya,,
padahal udah bnyak org asing yg dateng ksna,,,


ea gan ane anak aceh utara
..,salam knal ajha gan
buseh dari jakarta jauh
pengen sih sekali2 ke tempat yang kayak gitu
Quote:Original Posted By TheAtjehnecs
ea gan ane anak aceh utara
..,salam knal ajha gan


aceh utaranya di mana tuh gan??