KASKUS

[Share] Ganti STNK + Plat nomor setiap 5 tahun Kendaraan roda dua

Gan ini aku mau bagi-bagi pengalamanku yang baru-baru ini ganti STNK + Plat nomor,soalnya STNK dan Plat nomorku sudah habis masa aktifnya setelah beli motor 5 tahun yang lalu tepatnya tahun 2006,di tahun 2011 otomatis wajib ganti STNK + Plat nomor sebagi warga negara yang patuh HEHEH
perlu di ketahui sebenernya masa habisnya STNK dan Plat nomor tanggal 8 Juni 2011,tapi karena mumpung lagi pulang kampung dan ada duit untuk perpanjang STNK ya sudah lah sekalian memperpanjang STNK + ganti plat nomor

sekilas info : Untuk bayar membayar di kantor Samsat ada 4 jenis :

pertama : Bayar pajak kendaraan biasanya (1 Tahun sekali)
Kedua : Perpanjang STNK + ganti Plat nomor (5 thn sekali)
Ketiga : Mutasi Kendaraan,otomatis ganti STNK + ganti plat nomor (Menyesuaikan STNK)
Keempat : Balik Nama Kendaraan

Disini yang akan ku Share yaitu yang kedua : Perpanjang STNK + Ganti plat nomor untuk roda dua

Jenis kendaraan : roda dua
Merek : Hoda Supra fit 2006
Lokasi : Samsat Jember,Jawa timur
Bayar :
Rp 80.000 (Ganti STNK + Ganti Plat Nomor)
Rp 193.000 (Bayar pajak Periode tahuna 2011/2012)
Rp 7000 (Foto Kopi berkas-berkas KTP,STNK,BPKB)
Total : Rp 280.000

Spoiler for Kwitansi Perpanjang STNK dan Pajak STNK:


Alur Pembayaran

Spoiler for Alur Pembayaran:


Sebelum kita pergi ke kantor Samsat yang di perlukan adalah KTP asli,BPKB Asli,dan STNK Asli.


Cek Fisik :
Spoiler for :


Arsip :
Spoiler for :


BPKB :
Spoiler for :


Loket Pembayaran :
Spoiler for :


Plat Nomor :
Spoiler for :


Perpanjang STNK + Plat nomor selesai gan sampai disini waktunya kurang lebih 2 jam soalnya antri dengan yang lainnya juga,eiiiitttt..... jangan lupa seminggu lagi kita datang ke kantor Samsat lagi untuk ngambil BPKB kita yang sempat di tahan
jadi intinya biaya Perpanjang STNK + ganti plat nomor untuk kendaraan bermotor Rp.80.000 gak ada biaya lain-lain....
kalau agan di tarik biaya-biaya lain-lain berarti itu biaya pelicin

itu gan pengalaman ane waktu perjang STNK + ganti plat nomor untuk samsat kab.jember jawa timur,saya kira prosedur di wilayah agan sekalian sama aja... mungkin yang membedakan masalah durasi aja dan calo
kebetulan di samsat jember gk ada calo alhamdulilla

mudah-mudahan bermanfaat gan

Ngurus STNK + Ganti Plat (5 tahunan) di Samsat PMJ JakSel
Spoiler for :
thks infonya gan..

nice shared gan, klo iso disertai gambar2nya juga gan
knapa no plat ane bisa brubah ya waktu setelah 5taun. pdhl dah bagus nomernya. picik tuh para polisi
Quote:Original Posted By SangPelayan
nice shared gan, klo iso disertai gambar2nya juga gan


lupa gan pas waktu prosesnya.... se ingetku seperti itu lah proses perpanjangan STNK

Quote:Original Posted By akewkaskuser
knapa no plat ane bisa brubah ya waktu setelah 5taun. pdhl dah bagus nomernya. picik tuh para polisi


seperti KTP gan tiap tahun juga ganti nomor,begitu juga dengan plat nomot
tiap hari banyak orang beli motor... jadi juga perlu upgrade penomoran
Quote:Original Posted By aak_bowang

Perpanjang STNK + Plat nomor selesai gan sampai disini waktunya kurang lebih 2 jam soalnya antri dengan yang lainnya juga,eiiiitttt..... jangan lupa seminggu lagi kita datang ke kantor Samsat lagi untuk ngambil BPKB kita yang sempat di tahan


2 jam lumayan, tapi klo di solo, paling sejam an udah selesai,

terus itu BPKB kok pake ditahan seminggu buat apaan ya ? BPKB ane ga pernah tuh pake ditahan pas pajak+ganti nomor
Gan, nanya dong

Gw ada motor gak pernah dipake, jadi pajak gak dibayar
Udah 2 tahun nih motor gak pernah dipake, cuman dijadiin pajangan doang

Harusnya :
- Ganti STNK + Plat (5 tahunan)
- Pajak 2 tahun

Asumsi tahun motor 2006 (sama kek TS), motor bebek. Gw lupa sih tahun berapa tuh motor

Pembayaran :
- Ganti STNK + Plat = 80.000
- Pajak 2 tahun = 280rb x 2 = 560.000
- Denda 2 tahun = ???
- Adakah biaya lain???

Tolong dijawab ya :
- Denda pertahun kena berapa?
- Apakah ada biaya lain2 (selain denda) jika nunggak pajak sampe 2 tahun?

Thx pencerahannya
Quote:Original Posted By sididu
2 jam lumayan, tapi klo di solo, paling sejam an udah selesai,

terus itu BPKB kok pake ditahan seminggu buat apaan ya ? BPKB ane ga pernah tuh pake ditahan pas pajak+ganti nomor


sebenarnya kalau gak antri 30 menit sudah selesai gan
bagian cek fisik = 10 menit (isi blanko + nomor mesin di esek-esek)
bagian Arsip = 5 menit (cari data-data motor ane gan)
bagian BPKB = 5 menit (stempel,tanda tangan,pengarsipan BPKB)
loket pembayaran = 5 menit (bayar dan ngeprint STNK baru)

cuma 25 menit gan itu perhitungan ane misalnya di samsat gak pake antri alias pada hari itu cuman ane aja yang di samsat

kalau cuman bayar pajak tahunan 5 menit doang gan asal STNK,BPKB,KTP asli ada semuanya khusus jawa timur gak tau kalau di daerah lain

BPKB di tahun 1 minggu,mungkin itu kebijakan samsat di daerah ane gan,perkiraan ane mungkin masalah pendataan dan pengarsipan dan mungkin di samsat daerah ane masih manual.. heheheh
Quote:Original Posted By priamasteng
Gan, nanya dong

Gw ada motor gak pernah dipake, jadi pajak gak dibayar
Udah 2 tahun nih motor gak pernah dipake, cuman dijadiin pajangan doang

Harusnya :
- Ganti STNK + Plat (5 tahunan)
- Pajak 2 tahun

Asumsi tahun motor 2006 (sama kek TS), motor bebek. Gw lupa sih tahun berapa tuh motor

Pembayaran :
- Ganti STNK + Plat = 80.000
- Pajak 2 tahun = 280rb x 2 = 560.000
- Denda 2 tahun = ???
- Adakah biaya lain???

Tolong dijawab ya :
- Denda pertahun kena berapa?
- Apakah ada biaya lain2 (selain denda) jika nunggak pajak sampe 2 tahun?

Thx pencerahannya


gan bayar pajak di sesuaikan dengan tahun pembuatan motor dan CC motor itu sendiri,nah punya agan motor tahun berapa?
nih ku kasih contoh punya ane yaa... misalkan telat 2 tahun

merek : honda supra fit 2006
CC : 100 CC

pajak motor ane kan yang di atas RP.193.000
rinciannya :
PKB : Rp 138.000
SWDKLLJ : Rp.35.000
parkir langganan kab.jember : Rp 20.000

NB : untuk parkir langganan kab.jember ini kebijakan kab.jember gan,kalau di daerah lain gak ada jadi sebenarnya cuman bayar PKB dan SWDKLLJ aja yaitu Rp 173.000

misalnya ane 2 tahun telat dan seharus ganti plat

rumus dari samsat untuk PKB = PKB X 25% X (jumlah bulan/12)
untuk SWDKLLJ biayanya flat yaitu Rp 32.000/tahun

perhitungan denda :

PKB : 138.000 X 25% X (24/12) = 69.000
SWDKLLJ : 32.000 X 2 tahun = 64.000
Total Denda selama 2 tahun = 133.000

jadi totalnya semuanya
ganti plat : Rp 80.000
Pajak 2 thn : 173.000 X 2 = Rp 346.000
denda 2 thn : Rp 133.000

Total : Rp 559.000

itu gan hasilnya tanpa ada biaya yang lainnya,kalau di tempat aneh di jember samsatnya tiap tahun sering ngadakan pemutihan yaitu tanpa denda jadi cuman bayar pajak normal aja,jadi mulai ganti STNK,ganti plat nomor,telat bayar pajak,mutasi kendaraan semuanya kena keringanan pemutihan tanpa denda,sekarang sedang berlangsung selama bulan april dan mei

kalau boleh tau agan daerah mana?mungkin kebijakanya sudah beda masing-masing samsat
@TS

OK, makasih tanggapannya. Lengkap banget
Asumsikan motor gw itu sama kek TS. Bebek, 2006, 100cc. Biar situ gak pusing
Nanti biar gw sesuaikan sama harga tertera di STNK. Anyway, motor Plat B.

Quote:
misalnya ane 2 tahun telat dan seharus ganti plat

rumus dari samsat untuk PKB = PKB X 25% X (jumlah bulan/12)
untuk SWDKLLJ biayanya flat yaitu Rp 32.000/tahun

perhitungan denda :

PKB :138.000 X 25% X (24/12) = 69.000
SWDKLLJ : 32.000 X 2 tahun = 64.000
Total Denda selama 2 tahun = 133.000


PKB :
Itu denda menaik ya harganya?
Telat 1 bulan, dendanya beda sama telat 5 bulan? (Lebih mahal denda 5 bulan?)
Gw denger, kalo denda, mau telat 1 bulan, mau telat 10 bulan, dendanya sama? Kebijakan Daerah atau gimana?

Pas di samsat, gw nanya sama polisi yang lagi ngaso di mushola samsat.

(-) Pak, pajak saya telat 5 hari nih, dendanya mahal gak ya?
(+) *Sambil nyengir* Telat sehari sama telat 1 tahun, harga dendanya sama aja dek.

Nah, dari situ gw mikir, brarti denda diitungnya flat pertahun dong?
- Apakah gw salah menafsirkan pak polisi-nya?
- Apakah gw di becandain sama pak polisi-nya? Padahal perhitungan sebenernya tuh kayak perhitungan TS.

Selebihnya gw dah paham maksut TS. Cuman denda PKB nih yang masih agak linglung
permisi gan numpang tanya
1. soal biaya : kalo boleh transparan abis berapa yah gan ?
soalnya kasus ane sama ini gan
2. kalo di Jakarta sama di Jember tarif perpanjang stnk sama ganti plat nomor sama gak yah kira"

hanya itu aja dlu gan yang laen menyusul
Quote:Original Posted By priamasteng
@TS

OK, makasih tanggapannya. Lengkap banget
Asumsikan motor gw itu sama kek TS. Bebek, 2006, 100cc. Biar situ gak pusing
Nanti biar gw sesuaikan sama harga tertera di STNK. Anyway, motor Plat B.



PKB :
Itu denda menaik ya harganya?
Telat 1 bulan, dendanya beda sama telat 5 bulan? (Lebih mahal denda 5 bulan?)
Gw denger, kalo denda, mau telat 1 bulan, mau telat 10 bulan, dendanya sama? Kebijakan Daerah atau gimana?

Pas di samsat, gw nanya sama polisi yang lagi ngaso di mushola samsat.

(-) Pak, pajak saya telat 5 hari nih, dendanya mahal gak ya?
(+) *Sambil nyengir* Telat sehari sama telat 1 tahun, harga dendanya sama aja dek.

Nah, dari situ gw mikir, brarti denda diitungnya flat pertahun dong?
- Apakah gw salah menafsirkan pak polisi-nya?
- Apakah gw di becandain sama pak polisi-nya? Padahal perhitungan sebenernya tuh kayak perhitungan TS.

Selebihnya gw dah paham maksut TS. Cuman denda PKB nih yang masih agak linglung


INFO :
PKB : Pajak Kendaraan Bermotor
SWDKLLJ : Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

pembayaran denda kendaraan tuh ada 2 gan PKB dan SWDKLLJ :
kalau denda PKB : sesuai perhitungan rumus diatas,sebenernya kalau di samsat cara hitungnya pake harian dan sudah komputerisasi,biar lebih gampang jadi pake bulanan biar gampang nyambungnya
kalau denda SWDKLLJ : nah kalau yang ini dendanya flat alias mau telat 1 hari,4 hari 6 bulan tetep di hitung 1 tahun dan sudah di tetapkan SWDKLLJ motor Rp 32.000 dan mobil Rp 100.000
Spoiler for :


Quote:Original Posted By LieANDnoy
permisi gan numpang tanya
1. soal biaya : kalo boleh transparan abis berapa yah gan ?
soalnya kasus ane sama ini gan
2. kalo di Jakarta sama di Jember tarif perpanjang stnk sama ganti plat nomor sama gak yah kira"

hanya itu aja dlu gan yang laen menyusul


1.Sudah ada di atas gan tuh ada yang di paling atas dengan asumsi motor honda supra fit 2006

ganti STNK : Rp 80.000
PKB : Rp 173.000
SWDKLLJ : Rp 35.000

gak pake tambahan biaya lain

2.saya kira sama aja gan,mungkin yang beda prosedur,antrinya, dan pencaloan aja
dan kalau di jember ada tambahan biaya parkir langganan Rp 20.000/tahun
Quote:Original Posted By akewkaskuser
knapa no plat ane bisa brubah ya waktu setelah 5taun. pdhl dah bagus nomernya. picik tuh para polisi


kemarin aq pajak 5 tahun gak ganti no plat tuh.so nya sama,kenapa ya?
Quote:Original Posted By kimonchi
kemarin aq pajak 5 tahun gak ganti no plat tuh.so nya sama,kenapa ya?


sepertinya menyesuaikan kebijakan di samsat masing-masing daerah
[/QUOTE]
1.Sudah ada di atas gan tuh ada yang di paling atas dengan asumsi motor honda supra fit 2006

ganti STNK : Rp 80.000
PKB : Rp 173.000
SWDKLLJ : Rp 35.000

gak pake tambahan biaya lain

2.saya kira sama aja gan,mungkin yang beda prosedur,antrinya, dan pencaloan aja
dan kalau di jember ada tambahan biaya parkir langganan Rp 20.000/tahun[/QUOTE]

tq gan infonya
Quote:Original Posted By aak_bowang
INFO :
PKB : Pajak Kendaraan Bermotor
SWDKLLJ : Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

pembayaran denda kendaraan tuh ada 2 gan PKB dan SWDKLLJ :
kalau denda PKB : sesuai perhitungan rumus diatas,sebenernya kalau di samsat cara hitungnya pake harian dan sudah komputerisasi,biar lebih gampang jadi pake bulanan biar gampang nyambungnya
kalau denda SWDKLLJ : nah kalau yang ini dendanya flat alias mau telat 1 hari,4 hari 6 bulan tetep di hitung 1 tahun dan sudah di tetapkan SWDKLLJ motor Rp 32.000 dan mobil Rp 100.000


OK. Sip
PKB = Tergantung lama keterlambatan
SWDKLLJ = Flat 32rb/tahun

Thx TS, jadi mudeng deh
nice info gan.. kebetulan ane mau perpanjang STNK + Ganti Flat motor ane

kalau biayanya setiap daerah sama aja ya gan? ga ada tambahan lg ya?
Agan agan semua mau nanya dong, motor ane Satria FU, stnk maret 2005
Dari tahun 2010 kemarin ane lupa perpanjang, jadi total 1 tahun 3 bulan
Kemaren temen ane minjem motor, trus dia nawarin biar dia yang perpanjang, tapi tagihannya tiba tiba jadi 950 ribu...

Padahal ane hitung hitung pake rincian di atas, Pajak 2 tahun (2x200ribu), denda PKB untuk 1 tahun 3 bulan, denda SWDKLLJ 2 tahun, biaya ganti plat nomor 80 ribu harusnya kisaran 650-700 ribu aja

Nah yang ingin ane tanyain, apakah rincian biaya di belakang STNK itu termasuk biaya denda, ganti plat dll gitu ngga?

Kalau include , berarti ane cuman bayar sesuai jumlah yang ada di belakang STNK
Kalau ga tercantum ya sudah berarti terpaksa ane pasrah bayar 950rb sambil berdoa jangan ketipu

Mohon pencerahannya ya gan...

tanya gan, kasusnya gini

gan ikut nanya juga dong...

ane juga bulan kemarin baru BBN motor n pakjak 5than, a.k.a ganti plat nomor.. tapi ane punya masalah gini gan,

kan kalau di samsat ane (daerah CIAMIS) bikin plat tu ga bisa satu hari, nunggunya ampe itungan bulan.... nah selama nunggu tu ane dikasih surat keterangan dari polres gitu...

masalahnya masa berlaku surat kekerangan ane tuh dah abis gan, sekarang tgl 28.... sementara ane lum bisa ngambil tu PLAT di samsat CIAMIS, cz ane lagi kuliah di BANDUNG (ga bisa pulang gan mau ujian pe tgl 1)...

nah kalau case-nya gitu gimana gan?? ane bakal kena tilang ga?? atau kalau misalnya harus perpanjang surat keterangan, apakah di POLRES LAIN bisa???

thx gan, mohon pencerahan...
jadi inget pernah telat 10 hari gara2 ingetnya tanggal 21 padahal di stnk tanggal 10 batas telatnya, dendanya mahal lagi
anyway, desain plat no sekarang kok kurang bagus ya IMHO. harusnya tambah ramping, eh malah dimelarin
gan, mau tanya..ane bulan 7 taun ini abis 5 taun pajak motornya..
rencana mau mutasi dari jakarta ke depok sekalian balik nama gitu.. tapi motornya ada di bogor kalo kaya cek fisiknya di bogor, depok ato di jakartanya gan? sama kalo ada yang tau biaya totalnya buat balik nama, mutasi sama perpanjang stnk berapa.. thx infonya agann