KASKUS

Diskusi 4x4 & Offroading

Trit ini ada buat yang demen offroad & 4x4.. supaya bisa blajar soal offroad secara teknis & driving skill, sekaligus buat share pengalaman offroading & tips2nya, dan buat konsultasi soal beli mobil, atau cari bengkel dkk..

mari kita ramaikan..

Pengurus :
- ashoeta
- Mud.Terrain / Germanlook



EVENT BULAN INI
-
..from kaskuser to kaskuser..


INDEX :
Hal 1 - Daftar Mobil Offroad
Hal 41 - Daftar Bengkel

Info Offroading & 4x4

Daftar Mobil Jip/SUV 4x4 di indonesia:

DCAB :
Mitsubishi L200
Ford Ranger
Mazda BT-50
Nissan Frontier NP300
Nissan Frontier Navara
Isuzu D-Max
Toyota Hilux
Defender 110 & 130 (HCPU)
Nissan Datsun

SUV / Minibus :
Isuzu / Chevrolet Trooper
Jeep XJ
Grand Cherokee
Toyota FJ55 / FJ60
Toyota LC VX / VX-R / 100 VX
Toyota LC 90series, 120 series (Prado) (Added by AnharSB)
Toyota LC Cygnus (Added by AnharSB)
Toyota LC 200 series (Added by AnharSB)
Toyota LC HZJ78 (Added by AnharSB)
Toyota LC BJ60, BJ61, HJ60 (Added by AnharSB)
Daihatsu Hiline F70 Wagon (Added by AnharSB)
Harrier
Ford Everest
Ford Escape 3.0 V6
Pajero DI.D
Pajero Sport
Nissan Patrol
CRV Gen 1st 4WD
Suzuki Escudo/Vitara
Wagooner
Defender
Series I,II,IIA,III
Range Rover
Discovery
Freelander
Hummer H2 & H3
Mercedes Gwagen (Added by jeepblood)


Jip :
Land Rover series
Willys MB
Willys M38
M38 A1
CJ-2A
CJ-3B
CJ-5
CJ-6
CJ-7
CJ-8
YJ (Wrangler)
TJ (Wrangler)
Wrangler Rubicon
Taft Bensin & Diesel (Kebo)
Jimny LJ/Jangkrik
Jimny cepak & Talang
Sierra
Samurai
Toyota BJ40
Toyota FJ40
Toyota FJ70 (Added by om.erot)
Daihatsu Rocky (Added by AnharSB)
Daihatsu Hiline (Added by AnharSB)

Pickup:
Gladiator/M715
FJ45 PU
Landy Batok & PU
Chevy LUV
Daihatsu Hiline F70 (Added by AnharSB)
Daihatsu Rocky PU (Added by AnharSB)
Toyota LC HZJ79 (Added by AnharSB)

ada yg blm absen? tambahin yuk..

Tips & Trick Mobil Offroad 4x4

Tips Offroad :

Quote:Original Posted By iofpusat.wordpress

Persiapan kendaraan off-road untuk medan adventure berat
Sebenarnya hampir semua jenis kendaraan berpenggerak 4 (empat) roda dapat dimodifikasi menjadi kendaraan off-road untuk medan adventure berat tetapi factor biaya dan factor kondisi medan yang akan dilalui akan menjadi kendala. Untuk medan adventure berat di Indonesia kendaraan dengan wheelbase panjang akan sulit dikendarai, karena pepohonan yang rapat dan tikungannya juga sangat sempit dan tajam, ini disebabkan medan off-road di Indonesia sering melalui medan baru yang belum pernah dilalui kendaraan roda 4 (empat).

Berat kendaraan juga harus diperhatikan, pilih kendaraan dengan berat kotor dibawah 2 ton, kendaraan yang terlalu berat akan sulit melewati medan Lumpur dan rawa-rawa. Untuk medan adventure berat di Indonesia kendaran dengan wheelbase pendek sangat cocok, ada banyak merek yang ada dipasaran misalnya; Toyota FJ 40, Toyota BJ 40, Jeep CJ 7, Jeep Wllys, Nissan Patrol, Landrover, Suzuki Seirra dll.

Bodi
Bodi standard dapat dibiarkan untuk persiapan kendaraan adventure berat, hanya beratnya perlu diperingan, beberapa bagian perlu diperbaiki, antara lain; kap mesin dapat diganti dengan fiber, pintu dapat diganti fiber, spakbor depan dapat diganti fiber, spakbor depan dan belakang dapat dipotong sehingga ruang untuk roda lebih luas yang nantinya dapat dipasang ban yang lebih besar dan tinggi, misalnya ban ukuran 36 inch.

Body yang paling ideal adalah bodi dengan atap terpal (softtop ) karena body jenis ini sangat ringan dan apabila terjadi kerusakan memperbaikinya mudah, tetapi untuk bodi jenis ini harus memasang rollcage terdiri dari pipa besi tanpa kampuh las (seamless) berukuran minimum 38 mm dengan ketebalan 3 mm, dipasang langsung pada chasis minimum 4 (empat) titk dengan las listrik atau dengan baut 4 x 10 mm. Apabila pipa dipasang pada lantai kendaraan maka harus dilapisi pelat besi 100 mm2 x 5mm diatas dan dibawah lantai mobil.

Untuk mencegah barang-barang tidak berhamburan kedepan bila kendaraan terguling maka perlu dipasang cargo barrier diantara driver dan tempat barang, kargo barrier ini terdiri dari kawat anyaman yang dilekatkan ke rollcage dengan baut atau dilas. Kalau ingin meninggikan body juga boleh tetapi jangan melebihi 10 cm, body yang terlalu tinggi menyebabkan centre of gavity menjadi tinggi sehingga mobil oleng jika berbelok atau saat menjalani jalan yang miring.


Pertolongan pertama di medan offroad : disini

Tips pembelian jenis-jenis mobil offroad
Suzuki XL-7

Dokumentasi Offroad di Indonesia

Offorading In Action :
Mulai dari hal 2 dst..

=================================================================

Modifikasi XL7 to 4wheel
Spoiler for GEnamBelasA : XL7:

SJI to PapandayanQuote:Original Posted By GEnamBelasA
oya untuk aktivitas offroad
ini ada review video waktu SJI ke papandayan... klo mau full vernya bisa dipesen koq hihihhihihi *FJB mode on





Jimny
Quote:Original Posted By anaklumpur
hehe jimun sih idealnya max 31" groundclearencenya uda hampir setara FJ40 35"... karna bonggol yg kecil tadi... kec mau bikin sensasi jimun monster wkekek...

kyagini
Spoiler for :




Trooper Nusantara Semarang 8 Mei 2011
Quote:Original Posted By Sukerdan02
Report kemaren minggu jalan2 ama temen2 Trooper Nusantara Semarang...

Start dari depan terminal Cangkiran Boja, menuju ke curug 7 Bidadari di bantir... Tapi jalannya muter lewat belakang... Track CR berakhir di Kandangan, temanggung, dilanjut dengan aspal mulus...

tracknya ga extreme sih, hanya aspal rusak, dan tanjakan... tapi beberapa diantaranya tanjakan cukup extrim + aspal rusak parah bgt (tinggal batu2nya aja, pada lepas lagi..) Sayang beberapa kali evakuasi ga sempat motret karena nyetir sendiri, plus kebagian jadi yang narik, wkwkwk... Track sengaja ga dibuat berat karena ini family offroad... Pada bawa anak istri... bahkan salah satu teman bawa istri yang lagi hamil besar, wkwkwkwk....

Kebanyakan foto cuma dari balik setir neh...

Spoiler for "Open":


Besok2 kalau ada foto2 lanjutan dari kamera temen yg lain...




Handicap
Quote:Original Posted By anaklumpur
sedih ni om, buka archive poto2 jd inget n nyesel kamera ane tewas setelah di tes berenang

eh nemu ini

yg punya mana nih??





XJ Travel
Quote:Original Posted By anaklumpur

Spoiler for :


Quote:Original Posted By anaklumpur

Spoiler for :





Quote:Original Posted By anaklumpur
yg ini baru FJ70..











Gathering Pertama
Quote:Original Posted By om.erot
kenang2an dr gath pertama lagi bil



Quote:Original Posted By om.erot






SAORS 2011 Seri II
Quote:Original Posted By 4x4freaks
berikut foto2 AWAKE - SAORS serie II/2011 nih gan.. foto2 minjem dari [url]www.mobiljip.com[/url]






source: [url]www.mobiljip.com[/url]
Quote:Original Posted By anaklumpur
AWAKEE 4th Anniversary - SAORS series 2
FFA class rumble

david vs goliath....

supercharge jimun vs navara tubular V8






Turbocharge Jangkrik vs Ford tubular V8



Quote:Original Posted By apinni
ane juga mau nyumbang gan,, foto-foto dari sportku.com,,

ada artikel beritanya juga gan,,
http://otomotif.sportku.com/berita/n...g-menyenangkan





















Quote:Original Posted By bottero
Makasih ya Om atas balesan PM dan konfirmasi di efbe...
Betul Om, memang anak2 suzuki seringnya mangkal disana.
Itu trek yang di Xwungu seblah mana Om ? saya pernah nyobain yang di kd suren dan Darupono tapi belum nemu lumpur seperti itu asyik juga tuh Om, pengen nyoba he..he..
Spoiler for Narsis di kali Blorong Kd. Suren:

Spoiler for Trek Darupono Xwungu:


*cek kulkas Om ada cendol dingin...

Dokumentasi Offroad Indonesia II (Borneo Equator Expedition 2009)

Quote:

Quote:Original Posted By ElAlamein
PUSH TO THE LIMIT!!!

ini gw dpt beberapa foto dari Event BEE 2009 (Borneo Equator Expedition)

Di motori oleh Pak Syamsir Alam Offroader kawakan Indonesia yg tergabung dalam IOF - Indonesia Offroad Federation dan di dukung oleh beberapa sponsorship...

BEE di selenggarakan pada tahun 2009 tgl 6-20 Desember, dari pontianak sampai bontang (dalam rencananya) tetapi akhir dari perjalanan ini finish di Samarinda...menyusuri garis khatulistiwa yang di perkirakan berjarak 2100 km lebih, Bertahan di hutan hujan Kalimantan, dengan trek yang belum pernah dibayangkan sebelumnya, selama 14 hari, menguji fisk, mental dan emosi di event ini, BEE kali ini melibatkan 30 mobil 4x4 dan 6 Motor Cross, tetapi akhirnya yg finish hanya 18 mobil 4x4 dan 5 motor cross

berikut ini ada beberapa foto yg menggambarkan ganasnya medan tempur dan sintingnya para offroader indonesia...

MAJU TERUS IOF!!!

Spoiler for PETA JALUR:


Spoiler for DAY - 1:


Spoiler for DAY = 2:


Spoiler for DAY = 3:


Spoiler for DAY = 4:
Quote:Original Posted By geng01
Macam ragam bentuk tenda yang dipakai peserta BEE 2009.....
mulai dari yg "made pabrik" sampai yang " made dewe' "........

Spoiler for "1":
Quote:Original Posted By geng01
sebelum beraksi...sempat ambil gambar jenis-jenis kendaraan yang ikut berpartisipasi di Borneo Equator Expedition 2009......
Agan-agan/Om-om/Tan-tan yang lagi bangun tunggangannya buat di ajak maen "op-rud",mungkin gambar-gambar ini bisa jadi inspirasi............

Spoiler for "Kendaraan di BEE 2009":
Quote:Original Posted By geng01
Foto ini sy kumpulin dari : advrider.

Foto ini menceritakan/menggambarkan/memperlihatkan, bagaimana peserta BEE 2009 dimulai dengan mobilnya "Crazy Sam", melewati jalan yang putus.

Spoiler for "1":

buat poto2 tambahan BEE 2009 : disini
buat poto + cerita lengkap dari view motorbike rider : disini
tambahan poto & story dari djarum super : disini

Dokumentasi Offroad III

Ekspedisi Indonesia 4X4 LRDCI by geng01

Spoiler for geng01:
Spoiler for geng01:
Spoiler for geng01:
Spoiler for Sukerdan02:
Spoiler for bottero:
Spoiler for rfun : Tronus - Lava Tour:

Offroading Tutorial

Quote:Original Posted By geng01
Basic Off Road Driving Skill.....ada 3 seri...sepertinya dibuat untuk peserta "CAMEL TROPHY"....mudah2an bisa jadi bahan pembelajaran....
1.

2.

3.


Land Rover Driving Technique :
1.

2.




Quote:Original Posted By ashoeta
Untuk info pertolongan pertama di medan offroad nya juga bisa mampir kemari.. http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7628900

Tentang Lift-Up

Kendaraan 4x4 atau offorad identik dengan ban besar dan kolong yang tinggi, tp hati2 juragan, perhitungkan fungsi dan resikonya..
Intinya ada dua prinsip meninggikan mobil untuk offroad (lift up), yaitu suspension lift-up dan body lift-up. Dua cara ini punya banyak keuntungan dari mulai semakin luasnya ruang ban besar juragan, grond clearence maksimal, kemampuan offroad yang meningkat dari mulai menjajal handicap2 sulit sampe berenang semakin dalam, soalnya air intake pun otomatis naik.

Kedua prinsip tadi bisa di aplikasi masing-masing atau dikolaborasikan gan.. yang penting juragan sekalian harus punya konsep yang jelas!! untuk apa di lift-up.. karena cara ini emang hemat gan, jadi jangan sampai bikin kita membabi buta ,apapun langkah yang diambil, telilti dulu apakah pitman arm, slang rem, sobreker dan bump stopper perlu ikut panjang ato ga usah..

Per Keong dengan Gardan Rigid
Ada dua cara umum untuk menggunakan jenis ini. pling gampang pake spacer 50mm di dudukan per, travel akan tetap tapi turunnya per keong jadi nambah ground clearence, sebaiknya dibarengi shock panjang.. dengan ini karakter berubah loh.. kalo masih kurang tinggi brati perlu lift-up kit, maksimal 50mm untuk yang bodinya ga terlalu besar, kalo yang lebih bisar bisa sampai 80mm. Jangan lupa batang kolong mobil (traction bar & lateral bar) perlu penyesuaian.

Per Daun dengan Gardan Rigid
Me roll per standar dengan tinggi sekitar 50mm, dengan ini travel bertambah, shock juga sama perlu ganti yang lebih panjang, tapi seiring waktu jarus di roll ulang, soalnya pasti balik lagi

Ganti Shackle atau Anting Per
Memanjangkan shackle bisa dilakukan maksimum 2 kali ukuran standarnya gan. Cara ini ga terlalu banyak merubah karakter, soalnya strukter juga tetep, hampir sama dengan over axle (mindahin per ke atas gardan) yang ga terlalu banyak ngerubah, kalo masih kurang tinggi, selipin blok spacer aja diantara gardan dan per nya.

Torsion Bar
Cara ini bisa dibilang gampangtoleransi sampai 50mm bisa disesuaikan dengan penyetelan batang torsi standar, perhatikan juga selang rem gan biar ga kecekek gitu juga pitman arm dan shock apa masih mampu ga mengcounter travel baru, dan yang paling penting perhatikan tinggi idealnya juragan sekalian

Body-Lift
Cara ini adalah mengganti mounting body standar, tebelnya sekitar 30 sampai 50mm, kalo lebih dari itu juga ga bagus karena gerak bodi dan sasis ga kompak bahannya kebanyakan pake karet polyurethane. cara ini cuma bikin naek body, suspesi ga terpengaruh sama sekali tapi bikin sedikit getaran suspensi keredam, karena karet diantara body dan sasis, sdkit lbh empyuuukk gann

Kit Lift-Up
Banyak yang ditawarkan paketan2 untuk Kit Lift-Up ini, tergantung kebutuhan juragan sekalian, sesuai harga sesuai spek jg . Produk aftermarket banyak yang nawarin tinggi ekstrim.. hati2 perlu dihitung dulu jangan asal maen tancep..

Jenis2 transmisi, gardan & penggerak 4x4

Perbedaan Gardan Full Floating & Semi Floating

Quote:Original Posted By graokdeleted



udah ada yg pernah nyobain axle ini belom ?


Quote:Original Posted By billyd1773dz
dari dulu ngiler gardan ini..


bisa punya stabilitas,handing,dan kenyamanan khas independen



dan travel,artikulasi, serta durability khas rigid axle....

duu sih dpke di bronco... sekarang uda makin dikit yg pakai.

thx


Quote:Original Posted By anaklumpur
btul om...

tp klw desert race sya kira konfigurasi ini akan lebih baik..
Spoiler for :



klw rockcrawling baru seepp tuh pke axle model binggolnya naik ke atas gtu...(namanya apa sih?? hehe)
tp pertanyaanya klw ceritanya uda sampai bisa bikin axle kaya gtu, kenapa masih bikin axle dgn bonggol besar?

produser axle macam currie atau spider trac akhirnya bikin axle solid kya gini tampa sambungan dgn bonggol sekecil mungkin....
konon versi topny spline as rodany mencapai 40spline..... bandingkan dgn toyota yg hanya 30spline dan defender 24spline.

Spoiler for :


soal kekuatan sih, independen yg di cap lemah aja bisa di bikin kuat untuk kompetisi. tapi tentu effortnya tidak semudah membuat kuat solid axle dan pastinya tidak murah.

sama dgn axle model di atas, yang terpaksa pakai joint seperti independent di buat kuat tentu bisa, mulai dgn menambah diameter, material pilihan dll.... tp dgn Struktur dan komposisi metal yg sama tentu akan lebih kuat rigid axle yg bener2 rigid tampa sambungan atau joint.

hehe



nah ini tergantung mainnya om sus, klw di luar dan mainy full rockcrawling TTB pasti masih kalah, maksimal travelnya di banding rigid axle, kalahnya kalau sudah extreme travel yah, yg d medan adventure indo sih jarang sampai perlu travel segtu kecuali niatnya memang rockcrawling extreme.. selain itu konstruksinya terbilang rumit. dan bisa di bilang konstruksi hybrid.. jadi yah namanya hybrid jadi kompromi ke 2 alam.

nah klw di indo, yg sering adventure dgn SCS/TS berbau speed... travel cukup pke shock 10-14" d TS ada speed masih bisa enjoy dgn baik... uda gtu ada turingnya... seharusnya nyaman deh pke ini karna goyang masih kya independen hehe..

d amrik juga klw di cabang speed selain suspensi IFS, juga TTB yg sering dipakai

btw ini kyanya dalamnya axle yg di atas tadi

mirip independen euy dalamnya... sambung menyambung..

tp klw niat sih bikin aja dri axle independen yah? hehehe.....



Quote:Original Posted By anaklumpur
hehe btul om... itu pilihan favorit bwat CJ yg pingin pke gardan toyota karna di tengah bonggolny haha....

hmmm pernah denger FGnya hiace sama dgn toyota yg lain.. tp toyota apa yah?gw lupa juga...hehe

kalau sama dgn FJ40/60 bearti kemungkinan besar bonggolnya g lebih kecil dan seukuran FJ40/60 juga sehingga FGny cocok...

kalau sama dgn hilux/prado, bearti asrodanya kemungkinan besar juga ukurannya serupa 27spline atau lebih kecil/lemah dari FJ40/60

hehe
thx gan


[spoiler=]



ada juga yg posisi bonggolnya di puter selain meningkatkan clearence juga memperbaiki sudut kopel


hmmm klw g salah MMC workshop yah, basisnya dari axle hybrid jimunSJ410+LJ80 kemudian d reinforce dan di buat mirip di atas itu?
keren tu axle bisa jadi lebar gtu...


tapi kalau bikin custom sampai kya axle aftermarket sih blm pernah denger yah.. maksudnya yang bikin dari "nol" bukan dari basic axle limbah mobil apapun gtu... jadi sama dia bisa bikin as roda dgn diameter dan jumlah spline lebih banyak, bonggol bisa di bikinin tidur,d keatasin atau posisinya digeser abis kekanan, kaya yg biasa di amrik,dan g pernah ada d mobil produksi massal hehe..

di indo yg sering liat sih, biasanya reinforce itu ada d case/blok gardanya ditambah plat atau pipanya d tebalkan.. sedangkan asroda dan jeroan gearnya jarang. paling2 di perkuat lewat proses CRYOTECH dulu sih ada d jakarta jasa reinforce material logam ini. hasilny : axle shaft KW non mopar ane jadi awet gini wkekeke...

jd bukan dari basic comot2 axle mobil lain, kemudian di modifikasi dan d rubah2 hehe...

oyah ada juga yg bikin/ngerakit aftermarket axle disini seperti prorock di solo,klw g salah memang main delernya spidertrax sih.. hehehe

klw ada yg bikin sampai ke setiap sudut asroda dari nol dan hasilnya terbukti kuat... (klw asal bikin sih sama tukang bubut juga bisa )dan made in indonesia salutt deh.. pesen satu set axle shaftnya bwat dana35 haha... apalgi klw bisa bwat upgrade dri 27spline dibikin jd 30spline non c-clip haha...

konon alat untuk bikin forged metal gini sangat mahal, hmmm... mungkin perusahaan besar kya PT pindad sih bisa bwat truk2 PT44 n Gudelnya hehe..

cmiiw


Quote:Original Posted By anaklumpur
yg gini gan



kelihatan kan kenapa groundclearecenya lebih tinggi? hehe

di indo yg umum copotan UNIMOG dan truk VOLVO C303


cocok bwat penggemar "gereyem-gereyem" style hehehe.. bwat penggemar "sradak-sruduk" style sering di keluhkan stabilitasnya.. karna center of gravity juga jadi tinggi di atas poros roda.

di amrik sih ada yg bikin portal axle kitnya bwat LC80 n 100.. ntar jadi portal axle... hehe




Part-time 4WD
Full-time 4WD
Permanent 4WD
All-Wheel Drive


Penjelasannya Bersambung yak

atau mau ada yang ngasih masukan jg boleh biar nampang disini

Istilah-Istilah Offroad / Kamus Offroad

Quote:Original Posted By ashoeta
ane coba masukin dulu sedikit indeks yan biasa dipake atau indikator2 yang tertera di panel2 tertentu..sebut aja kamus offroad deh.. terutama dalam offroad gabungan dengan offroader luar negri pasti agan perlu ,jangan lupa tambahin terus ya juragan2 sekalian,,

2H : Penggerak Roda 2 dengan rasio tinggi
4H : Pengerak Roda 4 dengan rasio tinggi
4L : Penggerak Roda 4 dengan rasio rendah

4x2 : Penggerak 2 roda (FWD maupun RWD)
4x4 : Penggerak 4 roda
6x6 : Penggerak 6 roda
8x8 : Penggerak 8 roda

85/90/110/130 : sebutan sumbu roda yang bisa dipakai Jip jenis Land Rover yang berarti jarak sumbu roda dalam satuan inchi


A
Anti-Roll Bar : Batang yang menghubungkan titik roda kanan dan kiri untuk menyelaraskan posisi as dengan posisi sasis yang berfungsi meredam efek rolling.

Approach Angle : sudut imajiner yang terbentuk dari titik paling luar ban depan dengan titik paling luar bodi. Ini mengindikasika kemampuan jip dalam menanjaki sebuah gundukan tanpan takut nyangkut, makin mendekati sudut 90derajat makin bagus juga u/ offroad.

A/T : All Terrain, istilah untuk ban Jip yang memilki motif tapak segala medan.

ATV : All Terrain Vehicle, kendaraan yang de desain untuk seluruh kondisi medan.



B
Bench Test : pengetesan mekenis untuk mesin, girboks dan lain-lain sebelum dipasangkan pada tempatnya.

Bleed : istilah lain yang digunakan pada saat mengeluarkan oli.

Blind Spot : Istilah yang dipakai Offroader untuk menyenit titik tanjakan atau turunan yang tidak terlihat dari kabin jip.

Bull Bar : Palang besi tambahan yang diletakan di bumper depan untuk melindungin jip dari benturan berat.

Bush Bar : Palang besi yang terletak di bumper depan untuk melindungi hidung jip dari terjangan semak2.



C
CJ : Civillian Jeep, Jip yang diproduksi untuk keperluan sipil.

Crew-Cab : Konfigurasi bodi dua jajar tempat duduk dengan epat pintu dengan tambahan bagasi terbuka (pick up), atau di negera kita biasa disebut double cabin.

Crossmember : Palang besi yang melintang dari bagian sasis ke sasis lain berfungsi memperkuat sasis dan penahan mesin bila lepas dari dudukannya.

CV-joint : Constant Velocity Joint, dipakai di as kopel, input dari mesin dan outputnya bisa berputar dengan kecepatan sama dan konstan.



D
Departure Angle : Sudut imajiner yang terbentuk dari titik paling luar ban belakang dan bodi belakang untuk mengukur kemempuan jip menuruni bukit, bisanya Jip panjang memilii departure angle lebih kecil.

Dew point : istilah untuk mewakili titik pengembunan.

Differential : Susunan gigi untuk membedakan putaran roda kanan dan kiri.

Differential Lock : Peranti yang Berfungsi menyamakan putaran roda kanan dan kiri.

E
Ex-MOD : Jip eks militer yang sudah dipensiunkan kemudian diperjual belikan untuk sipil.

F

Flood-type Light : Tipe lampu tambahan ayng cahayanya merata. (bukan fokus satu titik)

Free-Wheel Hub : untuk mengunci dan melepas as roda depan dari ikatan pergerakan as kopel dari transfer.



G

GPA : General Purpose Amphibious, Jeep Willys yang di desain untuk untuk segala medan termasuk mengapung di atas air seperti perahu.

GPS : Global Positioning System, sistem navigasi yang manggunakan jasa satelit untuk menentukan posisi di permukaan bumi, mungkin juragan2 sekalian sudah banyak yang pake.



H

HDC : Hill Descent Control, sistem elektronik yang dikembangkan Land Rover untuk mampu menuruni jalan menukik dengan merayap secara otomatis, kerja nya adalah menggunakan rem seminimal mungkin.

HMMWV : High Mobility-purpose Wheeled Vehicle, salah satu tipe jip yang mampu menjelajah segala medan, dikenal juga dengan Hummer atau Humvee.

Hi-Lift Jack : Dongkrak dengan desain khusus untuk mengangkat mobil dengan ground clearence besar yang dikarenakan mobil itu memang tinggi atau medan yang tidak rata.

Hookes Joint : sebutan lain untuk universal joint.

HT : Hard Top, Mobil yang atapnya terbuat dari bahan non kain/kanvas.


I

Intercooler : radiator kecil yang digunakan untuk menjaga temperatur udara hasil kompresian dari turbo, sehingga angin paksa hembusan turbin tetap dingin sampai ke ruang bakar.

IOEV : Inlet Over Exhaust Valve, sistem buang yang dipake Willys CJ-3B dan Land Rover seri 1.



J

Jack Stand : digunakan untuk mengganjal saat mobil diangkat dongkrak dan dilepas ban nya.



K

Kinetic Recovery : Penarikan Jip yang terperosok lumpur dengan menggunakan strap elastis, daya kinetiknya menjadi tunpuan untuk mengeluarkan mobil dari jebakan lumpur.



L

LSD : Limited Slip Differential, susunan gear dalam gardan yang berfungsi mencegah terjadinya slip pada satu roda dengan menyamakan putaran kedua roda pada saat tertentu.

LWB : Long Wheel Base, istilah untuk mengklasifikasikan mobil Jip atau SUV dngan panjang lebih dari 2.540mm.

Lightweight : Julukan untuk jip militer yang khusus diterjunkan dari pesawat.

Lone Wolf : Julkan Land rover Defender 90 dan 110 versi militer, dengan spek khusus anti tank dan anti radar.



M

MOD : Rancangan Jip khusus militer yang bisanya dibangun dari Jip sipil (dimiliterkan)

MV : Kendaraan operasional khusus dengan spek militer.

M/T : Mud Terrain, istilah ban yang bertapak notif khusus lumpur dan tanah, bisanya lebih kasar dari A/T



N

Netral : Posisi gear transfer maupun gearbox dalam keadaan netral



O

Open Differential : Differensial biasa tanpa dilengkapi diff lock atau LSD, jika salah satu ban selip gardan bakal kehilangan traksi.

On-Foot Survey : Penjajakan Trek dengan turun dari mobil atau jalan terlebih dahulu, cara ini sangat efektif.

On-Track :Istilah yang digunakan saat offroad melintasi/menginjak jalur yang sudah ada.

Over Axle : Posisi gardan berada dibawah per daun. kebalikan dari under axle.

Overhang : bangian paling ujung dari belakang mobil.



P

Part-Time 4 Wheel Drive : Sistem Penggerak 4 roda non kostan, bisa diubah ke mode 4x2 maupun 4x4 dengan 2 rasio gigi transfer (low & high)

PTO : Power Take-Off, Winch (alat derek) yang dibangkitkan oleh tenaga mesin (bukan elektrik).



Q

Quadra-Trac : Sistem 4wheel drive yang dipatenkan American Motor Company untuk digunakan pertama pada Cherokee Sport 1976



R

Rigid Axle : Gardan konvensional

Roll-Bar : susunan 2 atau 4 palang besi yang di sambung / di las satu sama lain untuk melindungi pengemudi dan penumpang jika mobil sampai terguling.

Roll-Cage : susunan palang besi yang menyerupai wadah dengan konstruksi 4 titik, melindungi orang di dalam mobil dari benturan2 ekstrim.

Roofrack : Rak tambahan yang dipasang di bagian atas mobil.

Rapid Braking : teknik pengereman tanpa menginjaknya terlalu dalam tapi bertubi-tubi, biasa dilakukan mobil yang belum dilengkapi ABS.



S

Sand Ladder : Pelat baja yang digunakan sebagai landasan Jip saat menyebrangi tanah lembek atau parit.

Seling : tali yang terbuat dari lilitan kawat baja yang memiliki kekuatan besar, biasanya digunakan sebagai tali winch atau yang lebih tipis digunakan sbg pelindung kaca dari terjangan ranting2 pohon.

Shackle : kata untuk anting per.

Snatch Strap : Strap elastis yang digunakan untuk menarik mobil yang memiliki gaya kinetik.

Snatch Block : Semacam katrol yang berfungsi membelokan arah tali derek, digunakan untuk memindahkan beban Winch dengan sistem katrol.

ST : Soft Top, penutup atap yang berbahan non-hard (biasanya kanvas atau vinyl).

SWB : Short Wheel Base, klasifikasi mobil jip dengan sumbu roda kurang dari 2.540mm.

Sand Braking : Teknik yang digunakan dalam medan offroad untuk melakukan pengereman di atas pasir yang mencegah terjeratnya ban oleh pasir.



T

Tirfor : tipe alat derek tangan (hand winch) dengan manggunakan tambang.

Torsion Bar : Tipe per, bar dan batang yang dikelilingi gerakan suspensi, biasanya dipakai suspensi depan yang independen.

Transfer-case : Girboks yang digunakan untuk memindahkan penggerak 4x4 dan 4x2, umumnya disertai pilihan 2 rasio gigi.

Transmission Wind-Up : Tekanan yang terjadi pada siterm transmisi yang menyebabkan roda berbeda traveling nya, sering terjadi saat melibas tikungan.



U

Unimog : Tipe truk 4x4 produksi Mercedes Benz.



V

Viscous Coupling : Kopling basah yang tersusun dari dua pelat yang melekat sehingga mampu memberikan tenaga yang sama pada lengannya untuk berputar secara bersamaan.

V-6 : konvigurasi mesin enam silinder V, ada juga V-8, V-10, V-12 atau bahkan W-12



W

Winch : alat derek yang dipasang untuk keperluan tenaga derek tinggi, terdapat berbagai jenisnya, abik elektrik maupun mekanik bekerjasama dengan girboks.

Winching Point : Titik tempat mengaitkan ujung winch yang aenjadi tumpuan.

Wiring : pengurutan atau pemasangan kabel bodi yang menyangkut sistem kelistrikan mesin.

Wishbone : Bagian komponen dari sistem suspensi Independen



X

Xtra Grip : salah satu jenis/type ban yang dikeluarkan oleh pabrikan Goodyear bercompund hard dan memiliki kembang yang dinilai efektif juga tergolong ekonomis.

Surat2 & Legalitas

Quote:Original Posted By biancastafiore
mau ganti mesin apa om?
kalo dari bensin ke diesel sih mending diurus sampe bener, kalo pas diberhentiin polisi dan polisinya ngeh kalo suratnya bensin tapi mesinnya begeter kan bisa panjang urusannya

kalo bensin ke bensin ato diesel ke diesel bolehlah kita bermain
bahaya yang mengintai cuman waktu cek fisik aja.
kalo ngeliat kawan-kawan sih, ada 3 cara umum yang dipake..

1. mesin asli disimpan dirumah. Pas "ulang taun" pake biro jasa, jadi cek fisik bisa dirumah dengan alasan mobil dibengkel.
temen-temen saya biasa pake cara ini nih, itu tuh, yang pake mesin pengganti favoritnya adalah 4JB1-T :

2. potongan mesin ditempel langsung ke mesin yang baru.
ini sih biasanya ngawininin antara mobil utuh yang bodong, dan surat lengkap (termasuk potongan nosis dan noka)
jadi biasanya dipeke antara donor - resipien merek dan type yang sama.

3. mesin baru diketrik. ketriknya bukan sembarang ketrik pake tangan. Tapi pake mesin CNC. asal mesin aselinya ato gesekan mesin yang dulunya masih ada, bisa dibuatin. cuman agak mahal karena emang hasilnya presisi banget.

mau ngurus sampe jadi sah, itu yang sangat amat dianjurkan. tapi biasanya bakal keluar angka-angka yang ajaib
Dan jadinya tuh macem-macem, ada yang bisa beres dengan satu BPKB.
tapi dulu ada juga orang jualan FJ40 tapi BPKBnya 2! jadi 2 BPKB dari mobil dan mesin itu dibendel jadi satu dan memang ada keterangannya tu mobil ganti mesin. Dan BPKB satunya tulisannya mesin sudah dipindah ke mobil dengan noka bla bla bla : Tapi liat gitu sih saya mundur teratur,

Dan yang terbaru, (masih saya anggep gosip, karena saya belum pernah liat langsung). kawan saya bercerita, kalo temen dia punya cherokee tembus ganti mesin.
katanya -sekali lagi katanya- bisa mobil ganti mesin dan tembus di BPKB, tapi tu mobil gak akan bisa dibalik nama. Nah lo...
Quote:Original Posted By lumpurkeramat
bicara pengalaman nih gan,dulu sya pernah pake cj swap pake mesin baru,bbrp kali ada operasi selalu lolos krn pol ga pernah buka2 kap..

tp pas mau perpanjang, minta surat dr penjual mesin,kalo pedagang legal mereka mau ngasih...setau ane di samsat kota besar ada kok pelayanan swap engine,ini muncul jg karena "ulah" offroader2 yg pd saat itu jg banyak dari kalangan pol....kalo biaya kurang lebih sama dg BBN gan..(dg catatan mesin legal ya)...

salam,

LK
Quote:Original Posted By ashoeta

sebenernya yg SJ kasus ane itu bukan ketrikan jg sih om, nomor asli dipotong dan dipindahin ke mesin baru, cm kan kalo itu masuknya kriminal brati ketrikan juga kurang lebih sama aja kali yak pemalsuan.. cuma kasus sama pernah kejadian di temen ane, temen punya BMW bodong, trus nemu BMW bekas teguling, dipotong lah noka nya doang dipindahin,, hasilnya rapih banget : sampe sekarang aman.. malah yg beli belum ada komplen

iya sih tancep lah yg paling ampuh, tapi emang jarang banget sih bro yg ampe buka kap mesin, kecuali tu pokis emang udah ngincer dan pengen iseng

iya bro surat bengkel juga penting kalo emang agan mau gurus resmi, plus faktur 2mesin jg jadi syarat klo ga salah kaya kata bro biancastafiore..

nah urusan ganti warna sama om bro.. kudu bawa surat bengkel.. tapi ada dua nih.. yang ganti STNK doang atau yang resmi dengan BPKB, kalo yang STNK doang paling kena 200rb an, jadi yang cara dicoret gitu, BPKB ga dirubah.. ane pernah tuh 2kali ky gitu, motor ama mobil
tapi kalo yang resmi ane gtau berapa.. ga nyampe 1jut ko bro.. tapi ada itungannya juga kalo ga salah menyesuaikan dengan Pajak mobil..
ebused udeh jadi pengurus aja gw.. hahaha ade2 ane si om jerman.. siap deh kita ramaikan diskusi seputaran offroad..
topik diskusinya mana?
ane coba masukin dulu sedikit indeks yan biasa dipake atau indikator2 yang tertera di panel2 tertentu..sebut aja kamus offroad deh.. terutama dalam offroad gabungan dengan offroader luar negri pasti agan perlu ,jangan lupa tambahin terus ya juragan2 sekalian,,

2H : Penggerak Roda 2 dengan rasio tinggi
4H : Pengerak Roda 4 dengan rasio tinggi
4L : Penggerak Roda 4 dengan rasio rendah

4x2 : Penggerak 2 roda (FWD maupun RWD)
4x4 : Penggerak 4 roda
6x6 : Penggerak 6 roda
8x8 : Penggerak 8 roda

85/90/110/130 : sebutan sumbu roda yang bisa dipakai Jip jenis Land Rover yang berarti jarak sumbu roda dalam satuan inchi


A
Anti-Roll Bar : Batang yang menghubungkan titik roda kanan dan kiri untuk menyelaraskan posisi as dengan posisi sasis yang berfungsi meredam efek rolling.

Approach Angle : sudut imajiner yang terbentuk dari titik paling luar ban depan dengan titik paling luar bodi. Ini mengindikasika kemampuan jip dalam menanjaki sebuah gundukan tanpan takut nyangkut, makin mendekati sudut 90derajat makin bagus juga u/ offroad.

A/T : All Terrain, istilah untuk ban Jip yang memilki motif tapak segala medan.

ATV : All Terrain Vehicle, kendaraan yang de desain untuk seluruh kondisi medan.



B
Bench Test : pengetesan mekenis untuk mesin, girboks dan lain-lain sebelum dipasangkan pada tempatnya.

Bleed : istilah lain yang digunakan pada saat mengeluarkan oli.

Blind Spot : Istilah yang dipakai Offroader untuk menyenit titik tanjakan atau turunan yang tidak terlihat dari kabin jip.

Bull Bar : Palang besi tambahan yang diletakan di bumper depan untuk melindungin jip dari benturan berat.

Bush Bar : Palang besi yang terletak di bumper depan untuk melindungi hidung jip dari terjangan semak2.



C
CJ : Civillian Jeep, Jip yang diproduksi untuk keperluan sipil.

Crew-Cab : Konfigurasi bodi dua jajar tempat duduk dengan epat pintu dengan tambahan bagasi terbuka (pick up), atau di negera kita biasa disebut double cabin.

Crossmember : Palang besi yang melintang dari bagian sasis ke sasis lain berfungsi memperkuat sasis dan penahan mesin bila lepas dari dudukannya.

CV-joint : Constant Velocity Joint, dipakai di as kopel, input dari mesin dan outputnya bisa berputar dengan kecepatan sama dan konstan.



D
Departure Angle : Sudut imajiner yang terbentuk dari titik paling luar ban belakang dan bodi belakang untuk mengukur kemempuan jip menuruni bukit, bisanya Jip panjang memilii departure angle lebih kecil.

Dew point : istilah untuk mewakili titik pengembunan.

Differential : Susunan gigi untuk membedakan putaran roda kanan dan kiri.

Differential Lock : Peranti yang Berfungsi menyamakan putaran roda kanan dan kiri.

E
Ex-MOD : Jip eks militer yang sudah dipensiunkan kemudian diperjual belikan untuk sipil.

sampe E aja dulu deh.. ntar sambung lagi ya.. monggo juragan offroader lainnya untuk menambahkan..
Ikutan nangkring gan..
Quote:Original Posted By secobanana
Ikutan nangkring gan..


silakan gaannn.. di bagi2 juga ilmunya dong..
Quote:Original Posted By secobanana
Ikutan nangkring gan..


hwidih mantab avatar nya gan s

coba mampir juga kesini gan http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=8239214
numpang landing ah....
ngga punya 4x4 tp
cm punya SUV yg 4x4nya sudah disunat dari pabrik T.T
tp pernah offroad

Spoiler for pic SUV:
Quote:Original Posted By GEnamBelasA
numpang landing ah....
ngga punya 4x4 tp
cm punya SUV yg 4x4nya sudah disunat dari pabrik T.T
tp pernah offroad

Spoiler for pic SUV:


bukan vitara ya gan? mantaabbb nih..

nampang juga ahh.. ngetes ngerendem mesin yang baru dibiin waterproof.. sampe air setinggi handle pintu masih anteng.. pas mau keluar malah mati ternyata ada yang masih kena alergi air..

Quote:Original Posted By GEnamBelasA
numpang landing ah....
ngga punya 4x4 tp
cm punya SUV yg 4x4nya sudah disunat dari pabrik T.T
tp pernah offroad

Spoiler for pic SUV:


mantappp bro..:
keren jg tuh peleknya si GV, itu gramlights ya?