KASKUS

Jalak dan Semua Jenisnya.

Permisi om mod, para agan dan agin, ane mohon ijin buka tread baru tentang Burung Jalak, sepertinya belum ada yg mewadahi tentang burung satu ini di forum tercinta kita, namun demikian jika kurang berkenan bisa di delete aja, dan barang kali tread ini agak repost dari tread sebelumnya yg mengulas tentang jalak dari agan2 semua.

untuk para pecinta jalak juga bisa di share segala ilmunya biar saling belajar..


Jalak (Ingg. starling) adalah nama sekelompok burung pengicau dari suku Sturnidae. Burung yang umumnya berukuran sedang (sekitar 20-25 cm), gagah, dengan paruh yang kuat, tajam dan lurus. Berkaki panjang sebanding dengan tubuhnya. Bersuara ribut, dan berceloteh keras, kadang-kadang meniru suara burung lainnya. Di alam, burung ini kebanyakan bersarang di lubang-lubang pohon.

Burung jalak relatif mudah dijinakkan. Dalam kandang burung ini sangat aktif bergerak dan berkicau. Karena itu penggemar burung kicau memelihara burung ini untuk melatih jenis burung kicau lain.

Pakan
Memakan hampir seluruh jenis makanan. Diet utama di penangkaran biasanya berupa voer, buah pisang, kroto, dan serangga kecil.

Jenis kelamin
Sangat sulit membedakan jalak jantan dan betina. Biasanya dilakukan pemeriksaan daerah kloaka. Jalak jantan memiliki bagian kloaka menonjol.

Ragam jenis
Terdapat sekitar 25 spesies jalak dan kerabat dekatnya, yaitu perling dan beo, di seluruh Indonesia. Beberapa jenis jalak yang sering dipelihara orang di antaranya:
Jalak suren (Sturnus contra)
Jalak putih (S. melanopterus)
Jalak bali (Leucopsar rothschildi)
Jalak kerbau atau Kerak kerbau (Acridotheres javanicus)


PERINGATAN

Burung Jalak Putih dan Jalak Bali termasuk satwa liar yang dilindungi undang-undang, sebagaimana tertuang dalam Lampiran PP No. 7 Tahun 1999, dan ada kententuan dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 bahwa:
Barangsiapa dengan Sengaja menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup;
(Pasal 21 ayat (2) huruf a), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).
(Pasal 40 ayat (2));
Barang Siapa Dengan Sengaja menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan mati
(Pasal 21 ayat (2) huruf b), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).
(Pasal 40 ayat (2));
Dengan Sengaja memperniagakan, menyimpan atau memiliki kulit, tubuh, atau bagian-bagian lain satwa yang dilindungi atau barang-barang yang dibuat dari bagian-bagian tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia;
(Pasal 21 ayat (2) huruf d), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

jalak suren (strurnus contra jalla)

jalak suren


Uploaded with ImageShack.us

Burung yang satu ini termasuk yg digemari penghobi kicau mania, selain memiliki kicau yg merdu juga mempunyai daya tarik dari keindahannya.

jalak suren bahasa latinnya disebut dengan strurnus contra jalla sebenarnya bisa ditemukan diseluruh pelosok Indonesia, namun dengan perburuan yg begitu gencar mengakibatkan rusaknya habitat jalak suren, era sebelum tahun 2000 jalak suren begitu langka dan harga melonjak tinggi, untung para pecinta kicau berhasil membudidayakannya..sehingga saat ini stok jalak suren berlimpah..dari tangan2 yg peduli akan kelestarian dialam dapat terjaga, tapi tetap aja diburu, hingga habitatnya semakin langka di alam kita.

Jalak suren dilambangkan sebagai burung jinak penjaga rumah, karena dengan memelihara burung ini maka situasi rumah akan selalu terjaga oleh kepekaan dari burung itu sendiri. Dalam artian siapapun yang akan datang kerumah maka burung ini akan memberikan efek suaranya yang keras dan bervariasi.
Selain untuk kesenangan dikalangan para kicaumania jalak suren juga merupakan burung andal yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai burung masteran.
dalam hal penangkaran, jalak suren juga boleh dibilang mudah. Asalkan kita bisa memberikan kenyamanan maka niscaya produktifitas dari indukannnya akan selalu bisa kita jaga.
Disamping faktor lainnya seperti cukupnya sinar matahari juga memperngaruhi produktifitas.
Jalak suren jantan memiliki tubuh yang lurus dengan ukuran relatif lebih besar dari betina, dengan bulu kepala dan punggung berwarna hitam legam,mata lebih cerah,serta ekornya sedikit lebih panjang dan menyatu.
Sedangkan untuk yang betina memiliki bentuk tubuh bulat dan pendek dengan warna hitam dan putihnya agak suram dan kurang lincah ataupun agresif dibandingkan dengan yang jantan.

jalak suren malaysia



Uploaded with ImageShack.us

jalak ini begitu dekat dan mirip dengan jalak suren indonesia, hanya bedanya dikepala agak putih.
celotehan juga hampir sama namun menurut ane JS ini lebih kencang dan mudah dimaster, jinaknya lebih sulit tidak seperti JS Indonesia.

read sebelumnya juga sudah dibahas disini
http://www.kaskus.co.id/showthread.p...5595946&page=3

RIO-RIO (Grosbeak Starling Scissirostrum dubium)



Uploaded with ImageShack.us

Alt. Common Name :\tGrosbeak Myna, Finch-billed Myna, Celebes Starling, Celebes Myna, Latham's Myna, Scissorbill Starling
Bird Family :\tSturnini - Starlings & mynas
Bird Group :\tPASSERIFORMES
Red Data Status :\tUnspecified\t
Taxonomic Notes :\tSpecies endemic to Sulawesi, Bangka, Lembeh, Butung, Banggai and Togian Islands of Indonesia.

RIO-RIO termasuk dalam keluarga jalak (starling), dahulu burung ini dianggap sebelah mata dengan penampilannya yg jelek suara ngk ngek ngek...paling mahal pun dulu cuma 10 ribu rupiah, namun dengan perkembangannya setelah burung ini dirawat suara yg dihasilkan sungguh mempesona hingga bisa dipakai buat master burung lomba.

Tak dipungkiri memang ,sebelum adanya lomba burung-burung masteran nama burung rio-rio tak terdaftar sebagai burung lomba ataupun burung favorite melainkan hanya sebagai burung pelengkap saja yaitu sebagai pemaster burung lomba lainnya.
Akan tetapi sejak adanya lomba khusus masteran, burung asal Sulawesi inipun jadi terangkat pamornya dan mulai dilirik oleh para kicau mania terlebih aksinya di arena lomba sangatlah memukau dan menghibur para kicau mania karena faktor kemampuannya sendiri yang sudah mampu menirukan berbagai jenis suara burung lainnya.
Kini rio-rio sudah sangat ramai dipasaran,bakalanpun laku keras. Tak heran kalau harganyapun jadi melonjak naik. Jangan heran kalau rio-rio berprestasi akan bisa menembus kisaran harga jutaan.
Indah diwarna,hebat disuara serta mudah rawatannya merupakan alasan pokok saat ini mengapa banyak kicaumania yang menyenanginya.
Dengan rawatan mandi ,jemur serta pemberian pisang ataupun buah-buahan yang segar serta extrafoding sedikit sudah mampu membuat burung tersebur siap bertanding.
Kunci utamanya adalah dari pemberian buah yang intensive serta berkala atau terpola bisa membuat staminanya tetap prima.
penampilan jantan dan betina ditandai dengan bulu rawis merah di punggungnya.

Camperling-cucak keling



Uploaded with ImageShack.us

camperling, burung yg serba hitam dengan mata merah saga, burung ini juga family jalak-jalakan, dulu burung ini sangat murah sama seperti kerabatnya rio-rio, namun sekarang burungini sudah banyak peminatnya, gaya telernya disertai suara 2tajam membuat penghobi kicau mengoleksinya sebagai master.
perwatan cukup mudah...pisang pur dan kandang selalu bersih sudah lebih dari cukup..terlebih ditambah jangkrik atau ef lainnya..tambah dehh ocehannya

jantan warna hitam pekat dari paruh sampai kaki,..hanya mata nya mirip biji SaGA.sedangkan betina burik di dada,...tapi sayap tetap hitam..
(jantan dan betina sama2 bisa nembak sempritan..)

di pasaran ada 2 jenis camperling,..

yang body kecil dengan ekor pendek,.cenderung berkilau ungu.., sedangkan yang body agak besar dengan ekor panjang,..berkilau ijo metallic pada kpekatan hitam nya..
baru tau om kalo rio rio itu jenis jalak jg
di jatim sempat ada lombanya, tp ga lama
lumayan juga suaranya ane pernah punya
kalo jalak kebo rio2 bukan ya ?
Quote:Original Posted By jadul0kem


Uploaded with ImageShack.us

camperling, burung yg serba hitam dengan mata merah saga, burung ini juga family jalak-jalakan, dulu burung ini sangat murah sama seperti kerabatnya rio-rio, namun sekarang burungini sudah banyak peminatnya, gaya telernya disertai suara 2tajam membuat penghobi kicau mengoleksinya sebagai master.
perwatan cukup mudah...pisang pur dan kandang selalu bersih sudah lebih dari cukup..terlebih ditambah jangkrik atau ef lainnya..tambah dehh ocehannya

jantan warna hitam pekat dari paruh sampai kaki,..hanya mata nya mirip biji SaGA.sedangkan betina burik di dada,...tapi sayap tetap hitam..
(jantan dan betina sama2 bisa nembak sempritan..)

di pasaran ada 2 jenis camperling,..

yang body kecil dengan ekor pendek,.cenderung berkilau ungu.., sedangkan yang body agak besar dengan ekor panjang,..berkilau ijo metallic pada kpekatan hitam nya..


kalo menurut ane ini bukan termasuk jenis jalak deh gan..
karna namanya aja cucak keling..
ini keluarga cucak-cucakan gan
maaf kalo salah
Quote:Original Posted By baksoku
baru tau om kalo rio rio itu jenis jalak jg
di jatim sempat ada lombanya, tp ga lama
lumayan juga suaranya ane pernah punya


rio-rio sudah ada lombanya namun masih jarang, yg membuat burung ini laris manis..suara besetan2annya buat master ok bangett dahhh...disertai gaya telernya yg lucu sambil bunyi besetan2

Quote:Original Posted By arjo9
kalo jalak kebo rio2 bukan ya ?

bukan gannnn, nanti saya ulas jalak kebonya, dari segi suara, postur dan coraknya beda.

Quote:Original Posted By cimiwiw.35
kalo menurut ane ini bukan termasuk jenis jalak deh gan..
karna namanya aja cucak keling..
ini keluarga cucak-cucakan gan
maaf kalo salah

cucak keling nama indonesianya aja seperti halnya rio-rio namun burung ini digolongkan dalam jalak-jalakan (Glossy Starling Aplonis panayensis)
sumber http://orientalbirdimages.org/search...yword=starling

jalak ungu/kebo/kaleng - acridotheres javanicus - javan myana



Uploaded with ImageShack.us
penyebaran jalak ini cukup luas jawa, bali, sulawesi, china dan asia timur

Banyak pengemar menyukai burung ini, selain harganya yg relatif terjangkau ocehannya juga rame suara melengking sampai siulan2 manusia burung ini bisa lakukan, ditambah gampang jinak dan bisa begitu dekat dengan perawatnya.

ciri jalak penyu yg baik : mata putih, kaki putih/kuning keputihan, suaranya lebih ngerol dan banyak ditambah mentalnya bagus digantang dimana aja bunyii dahh..

untuk menentukan kelaminnya..cukup mudah dari segi warna dan penampilan sudah beda...jantan lebih cerah dan berkilau, besar, kepala besar..ce kebalikannya.
seperti pic diatas

kerabat jalak kebo
Crested Myna Acridotheres cristatellus brevipennis ( penang, malaysia)


Uploaded with ImageShack.us



Uploaded with ImageShack.us
Quote:Original Posted By jadul0kem


Uploaded with ImageShack.us
penyebaran jalak ini cukup luas jawa, bali, sulawesi, china dan asia timur

Banyak pengemar menyukai burung ini, selain harganya yg relatif terjangkau ocehannya juga rame suara melengking sampai siulan2 manusia burung ini bisa lakukan, ditambah gampang jinak dan bisa begitu dekat dengan perawatnya.

ciri jalak penyu yg baik : mata putih, kaki putih/kuning keputihan, suaranya lebih ngerol dan banyak ditambah mentalnya bagus digantang dimana aja bunyii dahh..

untuk menentukan kelaminnya..cukup mudah dari segi warna dan penampilan sudah beda...jantan lebih cerah dan berkilau, besar, kepala besar..ce kebalikannya.
seperti pic diatas


ane punya atu tuh gan.....suara mayan bagus, bs niru2 suara orng jg (walaupun g seperti beo), variasi jg mayan bnyk, kl lg ngoceh, palanya angguk, rame kalo pas ujan....Tapi, makan banyak, otomatis pup nya jg banyak....
Quote:Original Posted By rhoed
ane punya atu tuh gan.....suara mayan bagus, bs niru2 suara orng jg (walaupun g seperti beo), variasi jg mayan bnyk, kl lg ngoceh, palanya angguk, rame kalo pas ujan....Tapi, makan banyak, otomatis pup nya jg banyak....


jinak burungnya
rame suaranya
banyak makannya
banyak juga kotorannya heheheheheheh

itu dia kelebihan jalak bisa buat alaram rumah dan sangat sopan bila bertemu orang....crak..crak...sambil angguk2an kepalanya. klo dah mapan sayapnya juga di buka loh broo.
Quote:Original Posted By jadul0kem
jinak burungnya
rame suaranya
banyak makannya
banyak juga kotorannya heheheheheheh

itu dia kelebihan jalak bisa buat alaram rumah dan sangat sopan bila bertemu orang....crak..crak...sambil angguk2an kepalanya. klo dah mapan sayapnya juga di buka loh broo.


wew, baru tau ane gan kl bisa sampe segitunya buka sayap sgla, secara pny ane belm sampe buka sayap.....baru sampe angguk, ketok2 pintu, sama suara orang ngedumel, apalagi kalo dah d ksh jangkrik, ampuunn....semangat skali ngocehnya, rakus pula. Beli goceng, abis sehari doang buat dia...
Quote:Original Posted By rhoed
wew, baru tau ane gan kl bisa sampe segitunya buka sayap sgla, secara pny ane belm sampe buka sayap.....baru sampe angguk, ketok2 pintu, sama suara orang ngedumel, apalagi kalo dah d ksh jangkrik, ampuunn....semangat skali ngocehnya, rakus pula. Beli goceng, abis sehari doang buat dia...


ngk usah di jor gann...cukup jangkrik 3-3 aja, pur, pisang/buah klo ada...rajin mandi dan bersihin biar si burung sehat..agan sekeluarga juga sehattt
Quote:Original Posted By jadul0kem
ngk usah di jor gann...cukup jangkrik 3-3 aja, pur, pisang/buah klo ada...rajin mandi dan bersihin biar si burung sehat..agan sekeluarga juga sehattt


Alhmdulillah sehat semua gan, kapan mampir k rmh ? lho kok....
Btw, buah2an dah ane kash tiap minggu gan, pisang ato pepaya. tapi kaga nahan baunya kl abis d kash buah...
share rawatan js dunx mas bro
js yg d rumah : jangkrik 4/4 mandi cepuk, jemur 2jam
yg keluar dominan siulan, pengen nya besetannya yg dominan bisa ga d ubah lewat pola rawatan ?
thx b4
Quote:Original Posted By jadul0kem
Spoiler for .:

penyebaran jalak ini cukup luas jawa, bali, sulawesi, china dan asia timur

Banyak pengemar menyukai burung ini, selain harganya yg relatif terjangkau ocehannya juga rame suara melengking sampai siulan2 manusia burung ini bisa lakukan, ditambah gampang jinak dan bisa begitu dekat dengan perawatnya.

ciri jalak penyu yg baik : mata putih, kaki putih/kuning keputihan, suaranya lebih ngerol dan banyak ditambah mentalnya bagus digantang dimana aja bunyii dahh..

untuk menentukan kelaminnya..cukup mudah dari segi warna dan penampilan sudah beda...jantan lebih cerah dan berkilau, besar, kepala besar..ce kebalikannya.
seperti pic diatas

kerabat jalak kebo
Crested Myna Acridotheres cristatellus brevipennis ( penang, malaysia)
Spoiler for .:


pernah lihat tapi gak tahu jenisnya
emang jalak itu ada berapa jenis gan?
Quote:Original Posted By Okutet
pernah lihat tapi gak tahu jenisnya
emang jalak itu ada berapa jenis gan?


banyak, gan..
tapi ane lupa...

kita tunggu tsnya saja
Quote:Original Posted By arjo9
share rawatan js dunx mas bro
js yg d rumah : jangkrik 4/4 mandi cepuk, jemur 2jam
yg keluar dominan siulan, pengen nya besetannya yg dominan bisa ga d ubah lewat pola rawatan ?
thx b4

suara burung keluar karena biasa dia dengar..mungkin selama ini agan dan semua yg menggoda si suren selalu bersiul sambil mencetek2 tangan...ini faktor utamanya gan.

namun jalak suren dapat kok dimaster..dan saya anggap paling cerdas dari semua jenisnya...
perawatan agan dah bagus, mungkin perlu sedikit ditambah
sehabis jemur....coba tuh jalak di kerodong stelin masteran2 yg membeset2, seperti rio2, srendit, dsb..bahkan JS bisa kemaster cililin gan...anggukannya keluarnya cililin.
biasanya sore hari pas dikerodong dibuka JS akan triak2 dia merasa kegirangan akan suasana alam yg indahh hehehehe


Quote:Original Posted By Okutet
pernah lihat tapi gak tahu jenisnya
emang jalak itu ada berapa jenis gan?

klo jalak jenisnya buanyak sekali gannnn...coba nanti satu persatu ane tampilkan.

barang kali bagi agan2 yg mau share tentang jalaknya..dan perawatannya ane dengan senang hati menyimaknya gan...
Quote:Original Posted By Okutet
pernah lihat tapi gak tahu jenisnya
emang jalak itu ada berapa jenis gan?


banyak gan..
seingget ane sih gan..
ada jalak hongkong,jalak nias, jalak kebo,jalak uren, jalan suren,jalak bali, jalak emas, jalak putih, jalak rio-rio, jalak perak dll
dari semu di atas ane dah pernah peihara semua tuh gan..
kecuali jalak bali..

selain mahal bgt sudah lagi ijinnya
×