KASKUS

Poll: BBM apa yang sering agan pake??

This poll is closed View Polling Result
PREMIUM 47% (8 votes)
PERTAMAX 35% (6 votes)
PERTAMAX PLUS 18% (3 votes)
SOLAR 0% (0 votes)
BBM Lainnya.. 18% (3 votes)

Lightbulb [SHARE] Jenis-jenis BBM (Bahan Bakar Minyak)

Mungkin agan gak asing dengan yang dinamakan BBM ato Bahan Bakar Minyak (bukan BlackBerry Messenger )

Nah di trit ane ini, ane pengen share jenis-jenis BBM kepada agan2 sekalian..
moga aja gak repost


Quote:Apa sih BBM itu?

BBM adalah singkatan dari Bahan Bakar Minyak, yaitu hasil dari penyulingan minyak mentah yang untuk dipergunakan pada berbagai kebutuhan yang sebagai sumber energinya menggunakan bahan bakar fosil yang berbentuk cair



Quote:Apa aja jenis BBM?
Quote:AVGAS ( Aviation Gasoline)
Bahan Bakar Minyak ini merupakan BBM jenis khusus yang dihasilkan dari fraksi minyak bumi. Avgas didisain untuk bahan bakar pesawat udara dengan tipe mesin sistem pembakaran dalam (internal combution), mesin piston dengan sistem pengapian. Performa BBM ini ditentukan dengan nilai octane number antara nilai dibawah 100 dan juga diatas nilai 100 . Nilai octane jenis Avgas yang beredar di Indonesia memiliki nilai 100/130.




Quote:AVTUR (Aviation Turbine)
Bahan Bakar Minyak ini merupakan BBM jenis khusus yang dihasilkan dari fraksi minyak bumi. Avtur didisain untuk bahan bakar pesawat udara dengan tipe mesin turbin (external combution). performa atau nilai mutu jenis bahan bakar avtur ditentukan oleh karakteristik kemurnian bahan bakar, model pembakaran turbin dan daya tahan struktur pada suhu yang rendah
Aviation Turbine Fuel (AVTUR) atau secara internasional lebih dikenal dengan nama Jet A-1 adalah bahan bakar untuk pesawat terbang jenis jet atau turbo jet (baik tipe jet propulsion atau propeller).
AVTUR harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, seperti memiliki titik beku (freeze point) maksimum -47°C dan titik nyala (flash point) minimum 38°C (100° F)





Quote:BENSIN (Petrol)
Jenis Bahan Bakar Minyak Bensin merupakan nama umum untuk beberapa jenis BBM yang diperuntukkan untuk mesin dengan pembakaran dengan pengapian. Di Indonesia terdapat beberapa jenis bahan bakar jenis bensin yang memiliki nilai mutu pembakaran berbeda. Nilai mutu jenis BBM bensin ini dihitung berdasarkan nilai RON (Randon Otcane Number). Oktan adalah angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan di dalam mesin sebelum bensin terbakar secara spontan. Berdasarkan RON tersebut maka BBM bensin dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

Quote:Premium (RON 88) : Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Warna kuning tersebut akibat adanya zat pewarna tambahan (dye). Penggunaan premium pada umumnya adalah untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti : mobil, sepeda motor, motor tempel dan lain-lain. Bahan bakar ini sering juga disebut motor gasoline atau petrol
Quote:Pertamax (RON 92) : ditujukan untuk kendaraan yang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal (unleaded). Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990 terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection dan catalytic converters.
Quote:Pertamax Plus (RON 95) : Jenis BBM ini telah memenuhi standar performance International World Wide Fuel Charter (WWFC). Ditujukan untuk kendaraan yang berteknologi mutakhir yang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan ramah lingkungan. Pertamax Plus sangat direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi ratio > 10,5 dan juga yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTi), (VTI), Turbochargers dan Catalytic Converters.







Quote:MINYAK TANAH (Kerosene)
Minyak tanah atau kerosene merupakan bagian dari minyak mentah yang memiliki titik didih antara 150 °C dan 300 °C dan tidak berwarna. Digunakan selama bertahun-tahun sebagai alat bantu penerangan, memasak, water heating, dll. Umumnya merupakan pemakaian domestik (rumahan), usaha kecil




Quote:MINYAK SOLAR (HSD)
High Speed Diesel (HSD) merupakan BBM jenis solar yang memiliki angka performa cetane number 45, jenis BBM ini umumnya digunakan untuk mesin trasportasi mesin diesel yang umum dipakai dengan sistem injeksi pompa mekanik (injection pump) dan electronic injection, jenis BBM ini diperuntukkan untuk jenis kendaraan bermotor trasportasi dan mesin industri


Quote:MINYAK DIESEL (MDF)
Minyak Diesel adalah hasil penyulingan minyak yang berwarna hitam yang berbentuk cair pada temperatur rendah. Biasanya memiliki kandungan sulfur yang rendah dan dapat diterima oleh Medium Speed Diesel Engine di sektor industri. Oleh karena itulah, diesel oil disebut juga Industrial Diesel Oil (IDO) atau Marine Diesel Fuel (MDF)


Quote:MINYAK BAKAR (MFO)
Minyak Bakar bukan merupakan produk hasil destilasi tetapi hasil dari jenis residu yang berwarna hitam. Minyak jenis ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi dibandingkan minyak diesel. Pemakaian BBM jenis ini umumnya untuk pembakaran langsung pada industri besar dan digunakan sebagai bahan bakar untuk steam power station dan beberapa penggunaan yang dari segi ekonomi lebih murah dengan penggunaan minyak bakar. Minyak Bakar tidak jauh berbeda dengan Marine Fuel Oil (MFO)



Quote:BIO DIESEL
Jenis Bahan Bakar ini merupakan alternatif bagi bahan bakar diesel berdasar-petroleum dan terbuat dari sumber terbaharui seperti minyak nebati atau hewan. Secara kimia, ia merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran mono-alkyl ester dari rantai panjang asam lemak. Jenis Produk yang dipasarkan saat ini merupakan produk biodiesel dengan campuran 95 persen diesel petrolium dan mengandung 5 persen CPO yang telah dibentuk menjadi Fatty Acid Methyl Ester (FAME)




Quote:PERTAMINA DEX
Adalah bahan bakar mesin diesel modern yang telah memenuhi dan mencapai standar emisi gas buang EURO 2, memiliki angka performa tinggi dengan cetane number 53 keatas, memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm, jenis BBM ini direkomendasikan untuk mesin diesel teknologi injeksi terbaru (Diesel Common Rail System), sehingga pemakaian bahan bakarnya lebih irit dan ekonomis serta menghasilkan tenaga yang lebih besar.


update...

Quote:PERTAMAX RACING
Bahan bakar ini termasuk jenis bensin gan, tapi di khususkan buat bahan bakar balap. Yang selama ini masi memakai Avgas ato Benzol. Tentu saja ini bukan pilihan yang tepat, sebab Avgas bukan peruntukan bahan bakar darat karena mengandung Tetra Ethyl Lead (TEL) yang tinggi dan sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat merusak sistem syaraf dan menurunkan IQ.
Berbeda dengan bahan bakar biasa yang memiliki angka oktan 88 sampai dengan 95, PERTAMAX RACING memiliki angka oktan minimal 100 dan diformulasikan secara khusus dengan penambahan additive yang berperan sebagai corossion inhibitor, antioksidan dan detergensi serta ditambahkan bio ethanol sehingga menjadi produk yang high grade dan ramah lingkungan
Termasuk produk baru pertamina. Harga bahan bakar minyak ini dijual di kisaran Rp50-60 ribu/liter.


Quote:banyak bilang oktan?? oktan itu apa sih..
nih disini --->> [page2]Apa itu oktan

trus bedanya ama shell apa..
nih ---> BBM produk si kerang


- SEKIAN DAN TERIMA KASIH -



pertamax mahal ya gan?
minyak semakin susah dicari gan, minyak tanah terutama

BAHAN BAKAR DARI SHELL

Quote:SHELL SUPER: Bahan bakar dari luar produk Pertamina yang memiliki tingkat formula oktan atau RON 92, diciptakan untuk merawat mesin kendaraan agar tetap bersih dari kerak. Pada produk pertamina setara dengan produk PERTAMAX
Quote:SHELL SUPER EXTRA : Bahan bakar produksi Shell, adalah bahan bakar dengan komposisi RON 95 yang diciptakan untuk performa terbaik bagi kendaraan serta memberikan tenaga lebih untuk kendaraan dan menjaga mesin kendaraan tetap bersih. Pada produk pertamina setara dengan produk Pertamax Plus
Quote:SHELL DIESEL : Bahan bakar yang direkomendasikan untuk penggunaan kendaraan bermesin diesel dan menjaga mesin tetap bersih dari kerak dan kotoran sisa pembakaran

Quote:Original Posted By TheKocaxxKid



pertamax mahal ya gan?


SELAMAT GAN anda mendapatkan PERTAMAX..

Quote:Original Posted By LuciaGlory
minyak semakin susah dicari gan, minyak tanah terutama


iya gan.. mahal pula
Quote:Original Posted By feb1.aditya
SELAMAT GAN anda mendapatkan PERTAMAX..



iya gan.. mahal pula




maksud ane bukan pertamax-nya kaskus, tapi pertamax beneran
Mohon mangap gan thread ente sebelumnya udah ada, detected
Quote:Original Posted By TheKocaxxKid
maksud ane bukan pertamax-nya kaskus, tapi pertamax beneran


hehehe iya gan.. ane kira
nice share gan..,
lengkap bner..,
calon HT nih..,
ane masih pake RON88 gan
ane masih pake bensin gan
Belum ada bahan bakar yang berasal bukan dari barang tambang ya gan?
Kalo pake barang tambang terus, lama2 bisa habis tuh. Mesti dipikirin buat ngolah bahan bakar yang terbuat dari sumber daya alam yang tidak berasal dari perut bumi. Ramah lingkungan, juga menghemat pengeluaran, IMO.
premium langganan ane..
wahhh baru tau ane nih gan ternyata ada jenis-jnisnya ya,,

jadi pengusaha BBM luamyan juga tuh sukesenya...prosepknya bagus
nice info gan
tmbah pgetahuan
ternyata masih ada BBM peswat selain avtur
Quote:Original Posted By demonade
Belum ada bahan bakar yang berasal bukan dari barang tambang ya gan?
Kalo pake barang tambang terus, lama2 bisa habis tuh. Mesti dipikirin buat ngolah bahan bakar yang terbuat dari sumber daya alam yang tidak berasal dari perut bumi. Ramah lingkungan, juga menghemat pengeluaran, IMO.


sejauh ini sudah ada sih gan, tapi tetep aja masih bergantung ama Bahan Bakar Fosil, listrik contohnya, gak sepenuhnya pake listrik.

Quote:Original Posted By enrinal25
ternyata masih ada BBM peswat selain avtur


hehe ada gan tuh si Avgas..
Quote:Original Posted By ROL25YTW
wahhh baru tau ane nih gan ternyata ada jenis-jnisnya ya,,

jadi pengusaha BBM luamyan juga tuh sukesenya...prosepknya bagus


bener gan,, untungnya juga gede.. tapi modal juga kagak cekak...
nice share gan
mantab banget nih:
nice trit gan
semakin hari minyak semaki mahal
×