- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengenal Instrumen-instrumen di Dalam Cockpit Pesawat Terbang Modern


TS
worldliner
Mengenal Instrumen-instrumen di Dalam Cockpit Pesawat Terbang Modern
Quote:
Welcome back to my thread.
Quote:
Kali ini saya masih membahas tentang pesawat terbang, yaitu tentang Instrumen-instrumen dalam Cockpit Pesawat Terbang Modern
Quote:
Budayakan komen bermutu dan mohon tidak nge-junk. Mudah-mudahan gak REPOST
Cockpit
Quote:
Cockpit/Flight Deck adalah sebuah ruangan khusus yang biasanya terdapat di bagian depan pesawat yang dari dalamnya pilot bisa mengendalikan pesawat terbang. Cockpit terdiri dari Flight Instrumentdan Flight Control yang memungkinkan pilot untuk mengendalikan pesawat.
Spoiler for cockpit:

Flight Instrument
Quote:
Flight Instrument adalah instrumen-instrumen yang terdapat di dalam cockpit pesawat yang memberikan informasi tentang situasi penerbangan dari pesawat yang sedang dikendalikan, seperti ketinggian, kecepatan, dsb.
Secara umum, flight instrument terdiri atas :
- Altimeter
Quote:
Altimeter menunjukkan ketinggian dari pesawat yang dihitung dari atas permukaan laut (ASL/Above Sea Level).
Spoiler for Altimeter:
- Attitude Indicator
Quote:
Attitude Indicator/Artificial Horizon menunjukkan letak pesawat terhadap garis horison. Instrumen ini dapat memberi informasi ketinggian nose pesawat terhadap garis horison saat sedang mengudara sehingga dapat menghindari peristiwa stall akibat nose yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.
Spoiler for Attitude Indicator:
- Airspeed Indicator
Quote:
Airspeed Indicator menampilkan kecepatan pesawat (dalam knot) relatif terhadap keadaan udara di sekitar pesawat atau biasa disebut IAS (Indicated Airspeed). IAS merupakan kecepatan pesawat (TAS/True Airspeed) yang dipengaruhi oleh kepadatan udara (dipengaruhi oleh ketinggian, suhu, dan kelembaban) di sekitar pesawat.
Spoiler for Airspeed Indicator:
- Magnetic Compass
Quote:
Kompas menampilkan arah maju pesawat (heading) relatif terhadap kutub utara bumi.
Spoiler for Magnetic Compass:
- Heading Indicator
Quote:
Heading Indicator atau Directional Gyro merupakan instrumen yang menunjukkan heading dari pesawat relatif terhadap arah utara berdasarkan letak geografis bumi. Instrumen ini dikalibrasi berdasarkan arah utara kutub magnet bumi (dari Magnetic Compass) untuk meningkatkan kepresisian penunjukan arah. Pada pesawat-pesawat jet saat ini, Heading Indicator digantikan oleh HSI (Horizontal Situation Indicator) yang selain menampilkan informasi heading juga menampilkan informasi navigasi (VOR/ILS).
Spoiler for Heading Indicator:
Spoiler for HSI:
- Turn Indicator
Quote:
Turn Indicator menampilkan pergerakan aileron dan rudder yang digunakan untuk membelokkan pesawat.
Spoiler for Turn Indicator:
Spoiler for Control Surface:
- Vertical Speed Indicator
Quote:
Instrumen ini menampilkan kecepatan pendakian/penurunan pesawat setiap waktu (dinyatakan dalam feet/minute). Jika bernilai positif, artinya pesawat sedang melakukan pendakian (climbing), sebaliknya jika negatif artinya pesawat sedang menurun (descending).
Spoiler for VSI:
- Course Deviation Indicator
Quote:
Instrumen ini digunakan sebagai informasi navigasi yang mengindikasikan posisi pesawat berdasarkan jalur yang telah didaftarkan sebelumnya, juga bisa menunjukkan informasi VOR/ILS. Instrumen ini diintegrasikan dengan Heading Indicator yang dikenal dengan sebutan HSI (Horizontal Situation Indicator).
Spoiler for CDI:
- Radio Magnetic Indicator
Quote:
Radio Magnetic Finder biasanya berpasangan dengan ADF (Automatic Direction Finder) yang berguna untuk penentuan posisi bandara menggunakan NDB (Non-directional Beacon).
Spoiler for RMI:
Dari semua instrumen di atas, terdapat enam instrumen dasar yang diletakkan tepat di depan pilot yang disusun dalam bentuk T arrangement, yaitu: Airspeed Indicator, Attitude Indicator, VSI, Altimeter, Heading Indicator, dan Turn Indicator.
Spoiler for Six Pack:

Spoiler for Cockpit Cessna 340A:

Instrumen Cockpit Saat Ini
Quote:
Tren cockpit pada pesawat terbang modern adalah penggunaan Glass Cockpitatau Electronic Cockpit, yaitu cockpit yang instrumen-instrumennya berupa layar monitor yang menampilkan berbagai informasi secara terkomputerisasi. Instrumen-instrumen ini tidak dapat dipisahkan dari instrumen dasar yang saya jelaskan di atas, tetapi instrumen-instrumen ini menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai pesawat yang dikendalikan pilot.
- MCP (Mode Control Panel)
Quote:
MCP terletak tepat di tengah pada panel (biasanya di bagian atas main panel). Pada MCP terdapat knob untuk mengatur heading (HDG), kecepatan (SPD), ketinggian (ALT), vertical speed (V/S), vertical navigation (VNAV), dan lateral navigation (LNAV), yang dapat diaktifkan dengan mengaktifkan autopilot dan/atau autothrottle (untuk SPD). MCP merupakan desain mode penerbangan otomatis (autoflight) yang dibuat Boeing. Pada pesawat keluaran Airbus, mode autoflight diatur pada FCU (Flight Control Unit).
Spoiler for MCP:
Spoiler for FCU:
- PFD (Primary Flight Display)
Quote:
PFD terletak pada main panel tepat pada arah pandang pilot/copilot. PFD merupakan gabungan dari fungsi altimeter, attitude indicator, airspeed indicator, heading indicator, dan VSI. Selain itu, PFD juga dapat menampilkan status dari MCP apakah aktif atau tidak.
Spoiler for PFD:
- ND (Navigation Display)
Quote:
ND menampilkan informasi rute pesawat dan waypoint selanjutnya yang telah didaftarkan pada flightplan. ND juga menampilkan kecepatan angin (wind speed) dan arah angin (wind direction).
Spoiler for ND:
- EICAS/ECAM
Quote:
EICAS (Engine Indication and Crew Alerting System)/ECAM (Electronic Centralized Aircraft Monitor) menampilkan informasi tentang kondisi mesin (seperti nilai N1, N2, dan N3), temperatur dan jumlah bahan bakar, sistem electric, suhu dan tekanan cockpit dan kabin, serta menampilkan informasi control surfaces. EICAS digunakan pada pesawat Boeing, sedangkan ECAM digunakan oleh Airbus.
Spoiler for EICAS:
Spoiler for ECAM:
- FMS/FMC
Quote:
FMS (Flight Management System)/FMC (Flight Management Computer) adalah instrumen yang digunakan pilot untuk mengatur flightplan sehingga MCP (terutama LNAV dan VNAV) dapat diaktifkan. Flightplan meliputi jalur yang akan dilewati pesawat, kecepatan saat take-off, cruising, dan landing, serta informasi lainnya yang harus disiapkan sebelum penerbangan dimulai. Pada pesawat Airbus, informasi flightplan diatur menggunakan FMGC (Flight Management Guidance Computer).
Spoiler for FMC:
Spoiler for FMGC:
Spoiler for Cockpit Boeing 737-900:

Spoiler for Sumber:
Tambahan dari kaskuser
Quote:
Quote:
Sepertinya banyak yg mengira klo TS pilot atau bekerja di penerbangan. Sekedar konfirmasi, TS cuma mahasiswa IT yg hobi maen Flight Simulator. Berbagai pengetahuan ttg dunia aviasi TS dapat dari baca2 artikel dan jg dr Flight Simulator. Thanks atas kunjungan agan2 di thread ane. Semoga informasi yg saya sampaikan bermanfaat.. 



Quote:
Klo berkenan, bagi yang udah ISO, TS tidak menolak
, dan mohon tidak ditimpuk 


Quote:
Yang belum ISO cukup 

Quote:
Terima Kasih buat agan yang udah bersedia berbagi

Spoiler for Cendol:

If we never fly, we will never get fall. Nonetheless, we will never know how nice is flying..
Thread ane yang laen :
Spoiler for tentang Pesawat:
Mengenal Instrumen-instrumen Pada Cockpit Pesawat Terbang Modern
Winglet Pada Pesawat Terbang dan Macam-macamnya
visit my blog : http://turquoise-me.blogspot.com
0
41.2K
Kutip
587
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan