oh hello plen..
met hari raya nyepi ea

tnya dong gan manusia yg ada di dunia pertma kali siapa nma nya?

cwe apa cwo duluan ?
BisA dijelaskan gak apa itu reinkarnasi, gmna prosesnya, knpa anda percaya ada reinkarnasi? Makasih
SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA NYEPI....
Quote:Original Posted By yggsdrasill


oh hello plen..
met hari raya nyepi ea



ogoh-ogoh model iklan coolgate -_-
Om swastiastu..

Selamat th baru caka,

Selamat menyepi..

nyepi cm ada di bali doang yak, di india ada gak?

selamat hari raya nyepi gan
halo rekan2 ABHM

kami mengundang kalian2 semua kontributor disini untuk ikut acara turnamen debate enthusiast. Khusus kontributor ABxM akan diistimewakan sbg penghargaan kontribusi kalian.

Ayo ikut gan
Quote:Original Posted By Almarhum13
Salam




.>0>


Saya adalah penganut agama HINDU dan saya bangga karenanya..


Om Swastyastu juragan, mod, mimin dan rekan kaskuser sekalian..
tujuan dan maksud saya membuat thread ini adalah untuk mengasah pengetahuan saya sebagai umat Hindu

mengapa dengan thread ini saya bisa mengasah pengetahuan saya ??
karena ketika rekan kaskuser semua bertanya dan saya tidak bisa memberikan jawaban karena ketidak tahuan saya maka saya akan berusaha mencari jawabannya



dalam thread ini saya juga akan berusaha menjawab semua pertanyaan kaskuser, agar tidak ada lagi kesimpang siuran tentang agama Hindu sendiri..
bagi yang berkenan membantu saya untuk menjawab dipersilahkan juga.


Akhir kata semoga thread saya ini bisa bermanfaat dan membuat bangsa ini lebih indah dalam kehidupan damai dalam beragam

Weda
Code:
http://www.parisada.org/index.php?option=com_content&task=view&id=35&Itemid=29


Gayatri Mantram

Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=409013101&postcount=71


TriMurti.
Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=439292282&postcount=785



5 keyakinan dalam agama HINDU



Awatara
Code:
http://balirage.blogspot.com/2009/01/dasa-awatara.html


Kosmologi penciptaan alam semesta menurut Hindu
Code:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kosmologi_Hindu


Bhagawadgita
Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=409986981&postcount=148


Literatur untuk melengkapi Trit ini
Code:
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=877386



sedikit mengutip dari tokoh Mahatma Gandhi





untuk yang ingin tahu kronologi pewahyuanweda silahkan
Code:
http://narayanasmrti.com/2009/08/12/poster-kronologi-pewahyuan-veda/

untuk yang ingin tahu sejarah agama HINDU

Code:
http://www.parisada.org/index.php?option=com_content&task=view&id=37&Itemid=29


Hindu bali dan Hindu india
Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=408871825&postcount=30
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...9&postcount=31
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...ount=32


Apa itu reinkarnasi ?
Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=408878644&postcount=34


Fenomena Gerbang kematian dalam Hindu
Code:
http://www.parisada.org/index.php?option=com_content&task=view&id=1090&Itemid=79


Penjelasan mengenai Awatara (avatara)
Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=408955811&postcount=56


Pandangan Hindu tentang dosa
Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=408957900&postcount=57


Mengenai Banten
Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=476380132&postcount=3126

http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=3127

http://old.kaskus.co.id/showpost.php...nt=3128


Vedasastra
Code:
http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=444712088&postcount=1043


Teologi Hindu
Code:
http://www.parisada.org/index.php?option=com_content&task=view&id=508&Itemid=79


Gambaran singkat mengenai Weda
Code:
http://www.kaskus.co.id/show_post/000000000000000671175680/7566



Om Shanti, Shanti, Shanti

Penjawab Resmi




Terima kasih untuk bantuan agan berikut





Ps: dimohon tidak melakukan Flamming atau berkata kasar, juga tidak hit and run


Hare Krishna,

Salam kenal to TS, sy ingin sekedar bertamu saja. Semoga trit ini membawa damai, dan pencerahan bagi kita semua.
Damai dan persatuan bagi saudara2ku umat Hindu Dharma di bali, damai dam persatuan bagi para brahmacari, prabu dan mataji di seluruh temple ISKON di Indonesia, saudara/i di Sai Ashram, saudara/i di Brahma Kumaris Temple di seluruh Indonesia.

Sukses terus to TS dan aktivis Hindu disini dalam membagikan mutiara pengetahuan Veda yang sangat sangat berharga, jerih payah kalian akan menghasilkan karma baik beratus-ratus kali lipat. Om.

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Om Shanti Shanti Shanti Om _/l\_
Quote:Original Posted By RendyEsTe
Om Swastyastu

gan bagaimana hindu bisa mengingat masa lalu, masa ribuan tahun yg lalu

dan Lapisan langit

Menurut agama Hindu, langit yang menyelimuti bumi terdiri dari tujuh lapisan. Tujuh lapisan tersebut dikenal dengan istilah Saptaloka. Bhurloka adalah lapisan yang paling bawah atau lapisan langit yang menyentuh bumi; Bhuwahloka adalah lapisan udara di atasnya, antara langit dan matahari; Swahloka atau Swargaloka adalah kediaman Dewa Indra; Maharloka adalah kediaman Resi Bhrigu; Janaloka adalah kediaman para putera Brahma; Tapaloka merupakan kediaman ras makhluk yang disebut Weragi; Satyaloka atau Brahmaloka merupakan kediaman Brahma..

apa itu yg dimaksud manusia langit dalam hindu? bagaimana bentuk dan ras dari setiap lapisan?

Om swastyastu gan,
tuk mengingat masa lalu, klo dalam Hindu yg gw tau dgn metode meditasi...
dalam meditasi tsb coba aja akses 'pengetahuan' alam semesta,
menurut gw alam semesta menyimpan berbagai memori apa yg telah terjadi di alam ini.

kemudian tentang mahluk alam atas [lagi2 mesti gw bilang yg gw tau ]ngak mesti bentuknya begini ato begitu karena unsur badan yg dipake udah bukan panca mahabhuta yg utuh lagi, mungkin aja cuman salah satu unsur dari panca mahabhuta tsb... malah para mahluk suci level atas mungkin cuman "cahaya" doang karena cuman itu aja yg diperlukan.

dan sepertinya ngak tepat juga disebut mahluk [bukan manusia doank yah] langit karena alam bawah juga sepertinya ada di langit klo pake bumi sebagai titik pengamatan.

Quote:Original Posted By BHUWONO
Rahayu....

Salam sejahtera bagi kita dan seluruh alam semesta....

Melalui thread ini saya ingin berdiskusi mengenai asal kata AGAMA....yg saya yakini berasal dari sanksrit....oleh sebab itu saya mohon bantuan sepuh2 disini....apakah kata agama juga dipakai dalam kitab suci wedha dan apa maknanya ???...terima kasih sebelumnya

paling gampang ada di BG, 2.14.
klo kata kamus artinya mfn. not going, unable to go, m. a mountain L. : a tree
cek aja disini biar lebih jelas,
Code:
http://en.wikipedia.org/wiki/%C4%80gama_%28Hinduism%29


Quote:Original Posted By .rudal.


kenapa di hindu tasbeh syiwa dan wisnu berbeda


secara umum sih pake 108 yg memiliki banyak makna, tapi dibeberapa bagian penganut Siva maka jumlahnya 50 biji sehingga bernama "aksamala" yg maksudnya adalah dari aksara 'a' ke 'ksa' dalam huruf sanskrit.
tapi ada beberapa juga yg memakai 32 biji.

rudraksha atau genitri atau japamala sekarang sih umum dipake 108 biji yg mengambil simbol dari 'penekanan'/pengendalian sad ripu [6x6] yg kemudian dihubungkan dgn tri gunas [sattvam, rajas, tamas] makanya jadi 108.
atau dihubungkan [menjelaskan] tentang 4 bagian dari 27 sistem perbintangan di Hindu [nakshatra]...
atau 108 itu disimbolkan sebagai titik sensasi yg terdapat di tubuh [ini berhubungan dgn ajur veda]....
dan 108 itu dihubungkan dgn jumlah nama Wisnu dan Siva dalam Mahabharata.

Quote:Original Posted By L10nelmess1
tnya dong gan manusia yg ada di dunia pertma kali siapa nma nya?

cwe apa cwo duluan ?

klo yg ada didunia sepertinya cowok dan cewek, karena kelompok Manu pertama adalah Manu dan istrinya Satarupa... tapi klo yg dibikin pertama menurut gw adalah sanat kumara.
Quote:Original Posted By Rakshasa

Om swastyastu gan,
tuk mengingat masa lalu, klo dalam Hindu yg gw tau dgn metode meditasi...
dalam meditasi tsb coba aja akses 'pengetahuan' alam semesta,
menurut gw alam semesta menyimpan berbagai memori apa yg telah terjadi di alam ini.


Om Svastiastu,

salam kenal bro Rakshasa
Quote:Original Posted By pixelfreax


Hare Krishna,

Salam kenal to TS, sy ingin sekedar bertamu saja. Semoga trit ini membawa damai, dan pencerahan bagi kita semua.
Damai dan persatuan bagi saudara2ku umat Hindu Dharma di bali, damai dam persatuan bagi para brahmacari, prabu dan mataji di seluruh temple ISKON di Indonesia, saudara/i di Sai Ashram, saudara/i di Brahma Kumaris Temple di seluruh Indonesia.

Sukses terus to TS dan aktivis Hindu disini dalam membagikan mutiara pengetahuan Veda yang sangat sangat berharga, jerih payah kalian akan menghasilkan karma baik beratus-ratus kali lipat. Om.

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Om Shanti Shanti Shanti Om _/l\_


Quote:Original Posted By pixelfreax


Om Svastiastu,

salam kenal bro Rakshasa


Om Swastyastu,
salam kenal bro... wuih penghuni supra mampir disini

sering2 mampir disini bro, bagi2 pengetahuannya juga
Quote:Original Posted By endamanti
BisA dijelaskan gak apa itu reinkarnasi, gmna prosesnya, knpa anda percaya ada reinkarnasi? Makasih

reinkarnasi versi Hindu adalah perpindahan atman dari satu 'bentuk' ke 'bentuk' lainnya.

prosesnya jika suatu 'bentuk' udah selesai waktunya maka atman yg sebelumnya mengisi 'bentuk' tsb akan menempati 'bentuk' yg baru... jadi kayak mengganti baju yg telah usang trus menggantinya dgn baju yg baru.

gw percaya karena gw ngak percaya kelahiran/hidup gw karena sebuah kebetulan apalagi kebetulan gw lahir dalam keluarga gw sekarang...

Quote:Original Posted By afganism2nd
nyepi cm ada di bali doang yak, di india ada gak?

jelas ngak gan, klo di Indonesia maka pergantian taon baru itu dirayakan dgn 'menyepikan diri' makanya disebut nyepi, sedangkan klo di tempat lain merayakan taon baru itu mungkin dgn cara lain.

Quote:Original Posted By Hashimi
halo rekan2 ABHM

kami mengundang kalian2 semua kontributor disini untuk ikut acara turnamen debate enthusiast. Khusus kontributor ABxM akan diistimewakan sbg penghargaan kontribusi kalian.

Ayo ikut gan

udah gw baca peraturannya gan, sayang post gw belom mencukupi
jadi yah.. menyimak doank

thanks undangannya.
Quote:Original Posted By Rakshasa
Om Swastyastu,
salam kenal bro... wuih penghuni supra mampir disini

sering2 mampir disini bro, bagi2 pengetahuannya juga


Suksema bro,....

saya ini yang butuh pengetahuan ttg veda... mohon bimbingannya bro Rakshasa _/l\_
Quote:Original Posted By pixelfreax


Suksema bro,....

saya ini yang butuh pengetahuan ttg veda... mohon bimbingannya bro Rakshasa _/l\_


bro pixel HK/ISKCON??
perasaan dulu2 sering main di supra beda yah??
atau memang udah dari dulu??
sorry, cuman tertarik tau aja...
Quote:Original Posted By Rakshasa


bro pixel HK/ISKCON??
perasaan dulu2 sering main di supra beda yah??
atau memang udah dari dulu??
sorry, cuman tertarik tau aja...


iya bro, baru belajar HK dr nov 2012 kemaren.

main di supra dan medit masih jg bro ampe skrg...

tinggal dmn bro Rakshasa?...
Quote:Original Posted By Rakshasa

udah gw baca peraturannya gan, sayang post gw belom mencukupi

jadi yah.. menyimak doank



thanks undangannya.


gapapa gan buat kontributor ABxM ada keistimewaan
mau gak gan?
Quote:Original Posted By Rakshasa
Om swastyastu gan,
tuk mengingat masa lalu, klo dalam Hindu yg gw tau dgn metode meditasi...
dalam meditasi tsb coba aja akses 'pengetahuan' alam semesta,
menurut gw alam semesta menyimpan berbagai memori apa yg telah terjadi di alam ini.

kemudian tentang mahluk alam atas [lagi2 mesti gw bilang yg gw tau ]ngak mesti bentuknya begini ato begitu karena unsur badan yg dipake udah bukan panca mahabhuta yg utuh lagi, mungkin aja cuman salah satu unsur dari panca mahabhuta tsb... malah para mahluk suci level atas mungkin cuman "cahaya" doang karena cuman itu aja yg diperlukan.

dan sepertinya ngak tepat juga disebut mahluk [bukan manusia doank yah] langit karena alam bawah juga sepertinya ada di langit klo pake bumi sebagai titik pengamatan.



paling gampang ada di BG, 2.14.
klo kata kamus artinya mfn. not going, unable to go, m. a mountain L. : a tree
cek aja disini biar lebih jelas,
Code:
http://en.wikipedia.org/wiki/%C4%80gama_%28Hinduism%29




secara umum sih pake 108 yg memiliki banyak makna, tapi dibeberapa bagian penganut Siva maka jumlahnya 50 biji sehingga bernama "aksamala" yg maksudnya adalah dari aksara 'a' ke 'ksa' dalam huruf sanskrit.
tapi ada beberapa juga yg memakai 32 biji.

rudraksha atau genitri atau japamala sekarang sih umum dipake 108 biji yg mengambil simbol dari 'penekanan'/pengendalian sad ripu [6x6] yg kemudian dihubungkan dgn tri gunas [sattvam, rajas, tamas] makanya jadi 108.
atau dihubungkan [menjelaskan] tentang 4 bagian dari 27 sistem perbintangan di Hindu [nakshatra]...
atau 108 itu disimbolkan sebagai titik sensasi yg terdapat di tubuh [ini berhubungan dgn ajur veda]....
dan 108 itu dihubungkan dgn jumlah nama Wisnu dan Siva dalam Mahabharata.



klo yg ada didunia sepertinya cowok dan cewek, karena kelompok Manu pertama adalah Manu dan istrinya Satarupa... tapi klo yg dibikin pertama menurut gw adalah sanat kumara.


sanat kumara itu cwe apa cwo jenis ny gan?