KASKUS

weh... penjelasannya keren... :
gw ikut menyimak
selamat sore tman2 abhm

mohon restu dan doa dr thread ABHM utk ane(prince.kaskus) bertanding dlm dtag kali ini hingga juara debate enthusiast..

I do the best, Lord do the rest..

Rahayu...
Quote:Original Posted By Rakshasa
weh... penjelasannya keren... :
gw ikut menyimak


wahh salam hormat ama puh Rakshasa dulu
Quote:Original Posted By Rakshasa
weh... penjelasannya keren... :
gw ikut menyimak


gan Rakshasa, numpang tanya, klo buku2 Siwa Purana itu masuk kategori Veda apa gan?... kmrn liat2 di toko buku, pengen baca2 lagi....
Quote:Original Posted By pixelfreax
ijin jawab, klo salah, tolong dikoreksi ya,

kalau pura / sanggah (altar kecil) didirikan di tempat hiburan malam, memang jadi keharusan di tradisi bali. karena untuk menghormati 3 penguasa alam (bhur bvah svah)

karena spt yang telah dijelaskan sesepuh2 diatas, tuhan dalam tradisi hindu itu dualisme, ia baik dan jahat, maha suci dan maha kotor jg. tetapi ia tdk terpengaruh oleh sifat2 kekotoran alam material bumi ini, sebaliknya ia tetap menguasai segala kekotoran, meski ia bermanifestasi dlm bentuk yang mengerikan dan kotor.

contoh dewi parwati yang sangat suci di alam svah,


dan saat ia mengambil bentuk dewi kali, yang sangat kejam, bengis, saat berada di alam bhur.


sanggah itu merupakan vessel dari beberapa penunggu karang (bhuta) untuk menjaga keamanan / aura proteksi utk bisnis yang dijalankan

dan juga sanggah itu berfungsi jg sebagai puja utk penglaris, bisa utk puja dewi laxmi (alam svah), atau avatara2 penguasa alam bhur.


Terima Kasih Gan atas jawabannya, dah mudeng ane sekarang
Quote:Original Posted By pixelfreax


salam kenal sesepuh yggsdrasill


salam kenal juga gan

tulisan-tulisannya sangat menarik, keep posting ya gan
Quote:Original Posted By prince.kaskus
selamat sore tman2 abhm

mohon restu dan doa dr thread ABHM utk ane(prince.kaskus) bertanding dlm dtag kali ini hingga juara debate enthusiast..

I do the best, Lord do the rest..

Rahayu...


rahayu...

semoga menang ya gan
Quote:Original Posted By pixelfreax


wahh salam hormat ama puh Rakshasa dulu


Saya fans banget nih sama sepuh pix : !!
Salam kenal ya semuanya
Quote:Original Posted By prince.kaskus
selamat sore tman2 abhm

mohon restu dan doa dr thread ABHM utk ane(prince.kaskus) bertanding dlm dtag kali ini hingga juara debate enthusiast..

I do the best, Lord do the rest..

Rahayu...

gw dukung gan, moga sukses deh

Quote:Original Posted By pixelfreax


wahh salam hormat ama puh Rakshasa dulu

namaste gan, nice post... dilanjut yah

Quote:Original Posted By pixelfreax


gan Rakshasa, numpang tanya, klo buku2 Siwa Purana itu masuk kategori Veda apa gan?... kmrn liat2 di toko buku, pengen baca2 lagi....

Purana masuk di smerti, cek pict di post #2 depan

Quote:Original Posted By goro.kult


Saya fans banget nih sama sepuh pix : !!
Salam kenal ya semuanya

lam kenal gan :
Quote:Original Posted By goro.kult


Saya fans banget nih sama sepuh pix : !!
Salam kenal ya semuanya

hlo puh goro.kult, apa kbrnya?

puh goro ini ahlinya herbal dan magick spell
Quote:Original Posted By Rakshasa

Purana masuk di smerti, cek pict di post #2 depan


ohh smerti ya gan, ok gan sy cek di depan.
Quote:Original Posted By Rakshasa

rumah di canggu-badung... bro tinggal dimana??


waduh... gw seangkatan berwin, malah lebih tua...
biar yg lebih muda aja ikutan... gw menyimak

#ngeles lagi dah gw


ngak jelas... diminta sih tuk melanjutkan kehidupan di bumi dgn membikin keturunan oleh Dewa Brahma, tapi mereka menolak dan betah jadi anak2.

sudah di Bali bli?

Quote:Original Posted By Rakshasa


wuih... pengalamannya keren :
istilah2 kek gitu gw kurang ngeh... soalnya gw kurang teori2 yg beginian, palingan dikasi tau langsung praktek aja
jadi agak ego dikit, klo pengetahuan kek gitu tuk pribadi ajah... belom tuk yg lain, kasian ntar yg nerima info

share info juga, mungkin gw lebih tertarik Tantra [yg menjurus Siva] sedangkan filsafatnya [di Hindu] gw demen ama samkhya... malahan pembimbing meditasi gw [yg intens] penganut Buddhist.

gw harap bro bisa berbagi masalah begituan disini, klo di sebelah [ABBM] ada biksu choa... klo di sini kan ada juga...

asik, nanti ane berguru Samkhya ke ente ya...

Quote:Original Posted By pixelfreax


wahh salam hormat ama puh Rakshasa dulu

salam hormat mbah puh
Quote:Original Posted By patih.djelantik

sudah di Bali bli?

asik, nanti ane berguru Samkhya ke ente ya...

salam hormat mbah puh


ahh sy bukan sesepuh, sy baru belajar kok. bro patih.djelantik itu yang sesepuh hehehe
Quote:Original Posted By prince.kaskus
selamat sore tman2 abhm

mohon restu dan doa dr thread ABHM utk ane(prince.kaskus) bertanding dlm dtag kali ini hingga juara debate enthusiast..

I do the best, Lord do the rest..

Rahayu...


semoga menang gan,
argumen debatnya TOP


Mau nanya,
jaman dulu pas masih kerajaan2 Hindu di Indonesia,
cewek2nya pada pake penutup dada engga?
Quote:Original Posted By widya poetra


Mau nanya,
jaman dulu pas masih kerajaan2 Hindu di Indonesia,
cewek2nya pada pake penutup dada engga?


hmm
nunggu penjelasan yg lebih lengkap

hasil analisa sy, khususnya bali di tempo dulu (yg msh menggunakan sistem kerajaan)
untuk wanita yg bertelanjang dada lebih ke wanita dalam masyarakat biasa
semakin ke atas (bangsawan) semakin lengkap dan tertutup

wanita dalam keluarga kerajaan
Spoiler for lengkap:


wanita dalam masyarakat biasa (berdagang)
Spoiler for telanjang:


entah untuk kerajaan Hindu yang lain

cmiiw
Quote:Original Posted By yggsdrasill


hmm
nunggu penjelasan yg lebih lengkap

hasil analisa sy, khususnya bali di tempo dulu (yg msh menggunakan sistem kerajaan)
untuk wanita yg bertelanjang dada lebih ke wanita dalam masyarakat biasa
semakin ke atas (bangsawan) semakin lengkap dan tertutup

wanita dalam keluarga kerajaan
Spoiler for lengkap:


wanita dalam masyarakat biasa (berdagang)
Spoiler for telanjang:


entah untuk kerajaan Hindu yang lain

cmiiw


ooohhh ada perbedaan ya gan.... i see
Quote:Original Posted By pixelfreax


ooohhh ada perbedaan ya gan.... i see


jaman dulu memakai sistem feodal
jika tdk salah ada istilah "memada-mada ida"
jadi rakyat biasa dilarang utk bersikap seperti bangsawan (mungkin termasuk ke cara berpakaian)
duduknya pun harus di bawah
sistem kerajaan umumnya memang begini
bener ga ya itu jawabannya ..
Quote:Original Posted By patih.djelantik

sudah di Bali bli?


asik, nanti ane berguru Samkhya ke ente ya...


salam hormat mbah puh

udah... posisi ente dimana nih??
sorry ngak sempat bawa apa, waktu mepet... pas pulang selanjutnya aja tak bawa buku2 pesenan ente
samkhya gw masih nol... tanya ama bli sepuh sakradeva aja

Quote:Original Posted By widya poetra


Mau nanya,
jaman dulu pas masih kerajaan2 Hindu di Indonesia,
cewek2nya pada pake penutup dada engga?

Quote:Original Posted By yggsdrasill


hmm
nunggu penjelasan yg lebih lengkap

hasil analisa sy, khususnya bali di tempo dulu (yg msh menggunakan sistem kerajaan)
untuk wanita yg bertelanjang dada lebih ke wanita dalam masyarakat biasa
semakin ke atas (bangsawan) semakin lengkap dan tertutup

wanita dalam keluarga kerajaan
Spoiler for lengkap:


wanita dalam masyarakat biasa (berdagang)
Spoiler for telanjang:


entah untuk kerajaan Hindu yang lain

cmiiw

menurut gw sih ketersediaan bahan ato kain tsb sebagai penutup dan bisakah masyarakat dgn ekonomi yg kurang bisa membeli tuh kain.

banyak kok pict2 lama yg pake penutup dada walaupun seadanya, nih contoh yg gw temukan;
Spoiler for pict jadul:
Di salah satu pict diatas ada nama user ID ane gan,


Kayaknya ada di sumber sejarah seperti prasati atau catatan pengembara dari luar negeri tentang pola kehidupan (berpakaian) masyarakat Nusantara di jaman kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu.

Ato mungkin bs liat arca Prajnaparamitha (yang dulu sering diidentikkan dengan Ken Dedes, skrg ada teori kalau arca tsb adalah Gayatri Rajapatni), kan bertelanjang dada. Sepertinya jaman dulu telanjang dada itu biasa
×