kuthukbalapAvatar border
TS
kuthukbalap
[Share] Info Serba Serbi RADIATOR
Jika berkenan mohon di /:rate5/
TS berharap /:cendolbig/ jika bermanfaat, silakan click disini!

Meskipun perkembangan teknologi mesin sudah sangat pesat, mesin masih belum sepenuhnya efisien dalam mengubah energi kimia menjadi energi mekanik. Sebagian besar energi dalam bensin (mungkin 70%) dikonversikan menjadi panas, dan itu adalah tugas dari sistem pendingin untuk menjaga panas itu. Bahkan, sistem pendingin pada mobil setara dengan mengurangi panas mobil saat dikendarai di jalan bebas hambatan yang cukup untuk memanaskan dua rumah berukuran rata-rata! Tugas utama dari sistem pendinginan adalah untuk menjaga mesin dari overheating dengan memindahkan panas ini ke udara, namun sistem pendingin juga memiliki beberapa pekerjaan penting lainnya.

diagram sistem pendingingan mobil dapat digambarkan sbb:



Mesin di mobil Anda berjalan terbaik pada suhu yang cukup tinggi. Ketika mesin dingin, komponen aus lebih cepat, dan mesin kurang efisien dan mengeluarkan lebih banyak polusi. Jadi pekerjaan lain yang penting dari sistem pendinginan adalah untuk memungkinkan mesin untuk memanaskan secepat mungkin, dan kemudian untuk menjaga mesin pada suhu konstan.

Pada artikel ini, kita akan belajar tentang bagian-bagian dari mobil sistem pendingin dan bagaimana mereka bekerja. Pertama, mari kita lihat beberapa dasar pengertian.

BASIC

Di dalam mesin mobil Anda, bahan bakar selalu terbakar. Banyak panas dari pembakaran ini berjalan keluar ke sistem pembuangan, tetapi sebagian menyebar ke dalam mesin dan memanaskan. Mesin berjalan terbaik saat pendingin adalah sekitar 200 derajat Fahrenheit (93 derajat Celsius).
Pada suhu ini, ruang pembakaran cukup panas untuk sepenuhnya menguapkan bahan bakar, memberikan pembakaran lebih baik dan mengurangi emisi.
Minyak digunakan untuk melumasi mesin memiliki kekentalan yang lebih rendah (itu lebih tipis), sehingga komponen mesin bergerak lebih bebas dan tenaga yang terbuang dari mesin lebih kecil.

Ada dua jenis sistem pendingin ditemukan pada mobil: liquid-cooled dan air cooled.


Pendingin Cair/liquid cooled
Sistem pendingin pada mobil liquid-cooled mensirkulasi cairan melalui pipa dan lorong-lorong dalam mesin. Cairan ini melewati mesin, menyerap panas, dan mendinginkan mesin. Setelah itu, cairan melewati sebuah penukar panas (heat exchanger), atau radiator, yang mentransfer panas dari cariran ke udara yang dihembuskan melalui exchanger.

Pendingin udara/water cooled
Beberapa mobil tua, dan mobil modern sangat sedikit, yang berpendingin udara. Blok mesin ditutupi sirip aluminium yang berfungsi membuang panas dari silinder. Sebuah kipas yang kuat menghembuskan udara di atas sirip ini, yang mendinginkan mesin dengan memindahkan panas ke udara.


PIPING

Sistem pendingin di dalam mobil memiliki banyak pipa. Kita mulai dari pompa, cara kerja melalui sistem, dan pada bagian selanjutnya kita akan berbicara tentang masing-masing bagian dari sistem lebih terinci.

Pompa mengirim cairan ke blok mesin, di mana cairan berjalan melalui bagian dalam mesin sekitar silinder. Lalu cairan kembali melalui kepala silinder mesin. Termostat ini terletak dimana cairan meninggalkan mesin. Pipa saluran cairan di sekitar thermostat mengirimkan kembali cairan untuk dipompa langsung jika thermostat tertutup. Jika terbuka, cairan berjalan melalui radiator pertama dan kemudian kembali ke pompa.

Ada juga sirkuit terpisah untuk sistem pemanas kabin (untuk mobil eropa/daerah yang memiliki musim dingin). Sirkuit ini mengambil cairan dari kepala silinder dan dibagikan melalui inti pemanas dan kemudian kembali ke pompa.

Berikut gambar ilustrasinya:

Pada saat start, kondisi mesin dingin:




Pada saat memanasi mesin:




Pada saat mesin beroperasi:




Saat memanaskan ruangan kabin:



CAIRAN PENDINGIN/RADIATOR COOLANT

Mobil beroperasi di berbagai temperatur, dari di bawah titik beku sampai lebih dari 100 F (38 C). Jadi, apa pun fluida digunakan untuk mendinginkan mesin harus memiliki titik beku yang sangat rendah, titik didih tinggi, dan harus memiliki kapasitas untuk mengadakan banyak panas.

Air merupakan salah satu cairan yang paling efektif untuk menahan panas, tetapi air membeku pada suhu terlalu tinggi untuk digunakan dalam mesin mobil. Cairan yang kebanyakan mobil digunakan adalah campuran air dan ethylene glycol (C2H6O2), juga dikenal sebagai antibeku. Dengan menambahkan glikol etilena ke air, didih dan titik beku ditingkatkan secara signifikan.

Berikut tabel titik beku dan titik didih radiator coolant:


Suhu pendingin kadang-kadang bisa mencapai 250-275 F (121-135 C). Bahkan dengan penambahan ethylene glycol, suhu ini dapat mendidihkan coolant, sehingga sesuatu harus ditambahkan untuk meningkatkan titik didih.

Sistem pendingin menggunakan tekanan untuk lebih meningkatkan titik didih cairan pendingin. Sama seperti suhu didih air lebih tinggi dalam pressure cooker, suhu didih cairan pendingin adalah lebih tinggi jika Anda menekan sistem. Kebanyakan mobil memiliki batas tekanan 14 sampai 15 pon per inci persegi (psi), yang meningkatkan titik didih lain F 45 (25 C) sehingga cairan pendingin dapat bertahan pada suhu tinggi.

Antibeku juga mengandung aditif untuk menahan korosi.


POMPA

Sebuah pompa sentrifugal digunakan dalam mobil Anda Pompa air adalah pompa sentrifugal sederhana yang digerakkan oleh sabuk yang terhubung ke poros engkol mesin. Pompa mensirkulasi cairan pendingin saat mesin berjalan.

Pompa radiator menggunakan kekuatan sentrifugal untuk mengirim cairan ke luar saat berputar, menyebabkan cairan ditarik ke pusat pompa secara terus menerus. Jalan masuk pompa terletak di dekat pusat sehingga cairan kembali dari radiator, terkena baling-baling pompa. Baling-baling pompa melemparkan cairan ke luar dari pompa, sehingga masuk ke mesin.

Cairan meninggalkan pompa mengalir pertama melalui blok mesin dan kepala silinder, kemudian ke radiator dan akhirnya kembali ke pompa.


MESIN

Blok mesin dan kepala silinder memiliki banyak lorong-lorong untuk aliran cairan pendingin. Lorong-lorong ini langsung mendinginkan daerah yang paling kritis dari mesin.

Tampak bahwa dinding silinder cukup tipis, dan blok mesin sebagian besar hampa.

Suhu dalam ruang bakar mesin bisa mencapai 4.500 F (2.500 C), sehingga pendinginan daerah sekitar silinder sangat penting. Daerah sekitar katub buang sangat penting, dan hampir semua ruang di dalam kepala silinder sekitar katup yang tidak diperlukan untuk struktur diisi dengan pendingin. Jika mesin berjalan tanpa pendingin untuk waktu yang lama, mesin dapat macet. Ketika ini terjadi, sebenarnya logam piston telah mendapat cukup panas untuk ngelas dirinya pada silinder.



Kepala mesin juga memiliki lorong-lorong pendingin yang besar.

Salah satu cara yang menarik untuk mengurangi kebutuhan pada sistem pendingin adalah untuk mengurangi jumlah panas yang dipindahkan dari ruang pembakaran ke bagian logam mesin. Beberapa mesin melakukan ini dengan melapisi bagian dalam dari bagian atas kepala silinder dengan lapisan tipis keramik. Keramik adalah konduktor panas yang buruk, sehingga lebih sedikit panas yang diteruskan melaluinya ke logam dan cenderung keluar dari knalpot.


PRESSURE CAP

Tutup radiator sebenarnya meningkatkan titik didih pendingin sekitar 45 F (25 C). Bagaimana tutup sederhana ini melakukan hal tersebut? Cara yang sama pada pressure cooker meningkatkan suhu didih air. Tutup sebenarnya adalah katup pelepasan tekanan, dan di mobil biasanya diatur ke 15 psi. Titik didih air meningkat ketika air berada di bawah tekanan.

Ketika cairan dalam sistem pendingin memanas, mengembang, menyebabkan tekanan bertambah. Tutup adalah satu-satunya tempat di mana tekanan ini dapat melarikan diri, sehingga setting pada tutup menentukan tekanan maksimum dalam sistem pendingin. Ketika tekanan mencapai 15 psi, tekanan mendorong katup terbuka, yang memungkinkan cairan pendingin untuk melarikan diri dari sistem pendingin. Cairan Pendingin mengalir melalui tabung luapan ke bagian bawah tangki overflow. Pengaturan ini membuat udara keluar dari sistem. Ketika radiator mendingin kembali turun, terjadi kevakuman dalam sistem pendingin yang menarik membuka katup lain, menghisap air kembali dari bagian bawah tangki meluap untuk mengganti air yang dikeluarkan.



sekedar mengingatkan TS berharap /:cendolbig/bagi yang sudah iso, silakan click disini!/:cendolbig/
0
17.6K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan