Thumbs up Melihat Sejarah Pembangunan Bendungan Jatiluhur



: Markas N.T.A. :

Spoiler for HT#1:



Sejarah Pembangunan Bendungan Jatiluhur


Quote:Sekilas tentang Waduk, Bendungan, dan Jatiluhur

Quote:Quote:Quote:
Waduk Jatiluhur terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta (±9 km dari pusat Kota Purwakarta).Bendungan Jatiluhur adalah bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan itu dinamakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3/tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia. Di dalam Waduk Jatiluhur, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dengan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kwh setiap tahun, dikelola oleh PT. PLN (Persero).
Quote:Quote:
Waduk Jatiluhur memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Trita II. Selain berfungsi sebagai PLTA, dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi seperti hotel dan bungalow, bar dan restoran, lapangan tenis, bilyar, perkemahan, kolam renang, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air dan fasilitas lainnya. Di dalam waduk ini juga terdapat budidaya ikan keramba jaring apung, yang memungkinkan kita untuk memancing di waktu siang maupun malam. Selain itu, dikawasan ini terdapat Stasiun Satelit Bumi yang dikelola PT. Indosat sebagai alat komunikasi internasional. Pokoknya lengkap, termasuk pusat Training Center atlit nasional dayung dan dragon boat Indonesia.


Quote:Sejarah Pembangunan Bendungan Jatiluhur dan PLTA-nya
Quote:Quote:Proses perencanaan pembangunan bendungan di Sungai Citarum dimulai dari penetapan lokasi. Berdasarkan gagasan awal Prof. Dr. Ir. W.J. van Blommestein berjudul “Integrated Water Resources Development in the Western Part of Java Island”, direncanakan dibangun tiga buah bendungan di Jatiluhur. Penyelidikan-penyelidikan pertama dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang waktu itu masih dibawah Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga, dengan mempekerjakan tenaga-tenaga ahli dari Perancis.
Quote:Quote:
Quote:Pada tahun 1950, Ir. Agus Prawiranata selaku Kepala Jawatan Irigasi memikirkan pengembangan jaringan irigasi untuk mengantisipasi kecukupan beras dalam negeri, dan ide itu menjadi bahan tertawaan karena Indonesia tidak memiliki cukup uang untuk itu. Ide tersebut dibicarakan dengan Ir. Sediyatmo, selaku Kepala Direksi Konstruksi Badan Pembangkit Listrik Negara. Kemudian Ir. Sediyatmo menugaskan Ir. PK. Haryasudirja (sekarang Prof. Dr. Ir. PK. Haryasudirja) untuk merancang bendungan jatiluhur ini.
Haryasudirja membuat spesifikasi bendungan Jatiluhur meniru gaya bendungan terbesar di dunia, yaitu bendungan Aswan di Mesir dengan menggunakan konsultan dari Perancis yang sudah berpengalaman dalam membangun bendungan besar.


DESAIN
Quote:Desain Awal (Preliminary Design)

Bendungan Jatiluhur dirancang pertama kali oleh Neyrpic Laboratory (sejak tahun 1955 Neyrpic Laboratory berubah menjadi Sogreah), sekitar tahun 1953. Sogreah (dulu Neyrpic Laboratory) adalah perusahaan Perancis yang bergerak dibidang konsultasi perencanaan yang juga memiliki pabrik pembuatan unit pembangkit listrik (khusus pembuatan turbin dan waterways).
Spoiler for desain awal:
Spoiler for ilustrasi:
Code:
Tipe Bendungan : Urugan Batu dengan inti tanah liat.
Lebar puncak : 6 m.
Elevasi puncak bendungan: +111,00 m.
Kemiringan lereng : U/S 1 : 1,4, (D/S) juga 1 : 1,4.
Pelimpah : Pelimpah samping saluran terbuka, menggunakan 4 buah pintu pengeluaran lebar masing-masing 8 m, dengan elevasi udik pelimpah +88,00 m dan hilir +21,00 m. Lebar saluran pelimpah 20 m.
PLTA : 4 unit, berada di hilir bendungan. Lokasi sekitar tubuh bendungan yang sekarang. Intake memanfaatkan diversion tunnel kanan.
Elevasi puncak cofferdam udik : +41 m.
Saluran Pengelak :berjumlah dua buah,dengan diameter masing-masing 10,50 m.

Rencana ini tidak diteruskan karena berdasarkan hasil penyelidikan geologi menunjukkan bukit tumpuan kanan terdapat sinklin dengan pelapisan yang miring kearah hilir. Sedangkan kondisi geologi lokasi spillway kurang baik.

Quote:Desain Kedua.

Desain bendungan berikutnya dilakukan oleh A. Coine & J. Beller Consulting Engineers Paris. Desain yang dibuat masih berbentuk busur, namun arahnya berlawanan dengan desain sebelumnya, yaitu berbentuk busur ke hilir. Mempertimbangkan kondisi geologi yang ada, maka bukit tumpuan bendungan digeser ke hilir, kurang lebih sekitar 100 m. Lokasi bukit tumpuan dalam desain kedua ini persis sama dengan lokasi bukit tumpuan bendungan saat ini.
Spoiler for desain kedua:
Code:
Tipe Bendungan :Urugan Batu dengan inti tanah liat miring.
Lebar puncak : 10 m.
Elevasi puncak bendungan : +114,50 m.
Kemiringan lereng : U/S 1 : 1,4, (D/S) juga 1 : 1,4.
Menara pelimpah utama : Tipe Morning Glory, Ogee, 14 jendela, tanpa pintu, elevasi mercu +107 m, panjang mercu 151,5 m, dengan 14 buah jendela. Kapasitas 3.000 m3/s pada elevasi maksimum. Diameter menara terluar 90 m. Tinggi menara 110 m.
Elevasi puncak cofferdam udik : +65 m.
Saluran Pengelak : satu buah, dengan diameter 10,50 m, berada di kanan menara, berlawanan dengan desain sebelumnya.

Quote:Desain Akhir.

Desain akhir bendungan sebagian besar sama dengan desain kedua. Yang membedakannya adalah tapak dan kemiringan inti tanah liat bendungan. Pada desain akhir ini bentuk as bendungan digeser ke udik, sehingga mengakibatkan jarak tubuh bendungan dengan bangunan menara menjadi semakin dekat. Perubahan lainnya adalah inti tanah liat yang memiliki kemiringan lebih tegak dibandingkan sebelumnya.
Spoiler for akhir:
Spoiler for akhir:
Spoiler for akhir:
Spoiler for akhir:
Spoiler for akhir:

Pada tahun 1996 dilakukan Remedial Work dengan tujuan untuk memperbaiki kestabilan tubuh bendungan. Salah satu kegiatan Remedial Work tersebut adalah melandaikan lereng bendungan utama bagian udik dan hilir.


Quote:FOTO PEMBANGUNAN
Spoiler for foto:

lanjutan Poto Terbaru dan Rahasia Jatiluhur dr penghuni sana di POST#3


SUMBER
SUMBER
SUMBER


Quote:Sekian Thread dari SenAtDorm
Semoga Bermanfaat

Quote: Kalau Berkenan
Pertamax gan
Spoiler for comment:

Foto2 Lainnya

Quote:
Spoiler for pembangunan:

Spoiler for pembangunan:

Spoiler for pembangunan:

Spoiler for pembangunan:

Spoiler for pembangunan:

Spoiler for pembangunan:


Foto Pembangunan Menara
Spoiler for menara:

Spoiler for menara:

Spoiler for menara:

Spoiler for menara:

Spoiler for menara:

Spoiler for menara:

Spoiler for menara:

Spoiler for menara:

Spoiler for menara:


Quote:Ternyata gan, negara kita jaman dulu hebat ya, habis dijajah belanda, baru merdeka beberapa tahun,udah bisa mendirikan bendungan besar dan bermanfaat kyk gini..salute gan..



Quote:Bagaimana menurut agan?

Quote:Quote:Original Posted By .bulbulzaemon.
wah ini sih cuma 11 km dr rumah ane gan
ane bantu aja deh

ane punya beberapa pictnya gan,,ini tempat nongkrong ane sama temen2 kalo lg galau sapa tau bisa di taro d pejwan

Spoiler for tanggul jatiluhur:

Spoiler for tanggul jatiluhur:

Spoiler for tanggul jatiluhur:

Spoiler for tanggul jatiluhur:

Spoiler for tanggul jatiluhur:


foto skrg kotor gan..

Quote:Original Posted By febrizaputra
wah deket banget sama rumah ane tuh gan....
itu bendungan berdiri di bawah naungan PN Jatiluhur dulu gan, nih sejarah singkatnya :

Perum Jasa Tirta II yang lebih dikenal dengan PJT II adalah BUMN berbentuk Perusahaan umum (Perum) yang bergerak dalam bidang pengelolaan sumber daya air di wilayah sungai citarum. Berdasarkan pada tulisan Prof. Dr. Ir. W. J. Blommenstein (1948), merancang untuk memadukan potensi sumberdaya air mulai dari sungai Ciujung di Propinsi Banten sampai dengan Kali Rambut di Propinsi Jawa Tengah dengan Sungai Citarum sebagai sumber daya air utamanya untuk mengaliri areal areal irigasi seluas 520.000ha.

Tulisan tersebut kemudian dikaji ulang oleh Ir. Van Schravendijk dan Ir. Abdullah Angudi tahun 1950 dengan menyederhanakan menjadi integrasi potensi sumber daya air di bagian Utara Jawa Barat dari Sungai Ciliwung di ujung barat sampai dengan Sungai Cilalanang di Kabupaten Indramayu untuk mengaliri lahan 253.000 hektar.

tulisan tsb diambil dari laporan magang ane gan hehe

kalo berkenan taro di pejwan yah gan


thanks info tmbhannya.. :

Quote:Original Posted By KasKuserBiru
ane pny video pembangunan bendungan karangkates di malang gan..
taun 65,, keren jaman ntu Indonesia dah pny megaproyek ky gt...

tp kontraktornya dari jepang...
moga Engineer2 Indonesia kedepannya bs bersaing dg Engineer2 luar u tuk kedepannya..
biar kita g jadi 'budak' era globalisasi...


Quote:Original Posted By seattle
ane pernah gan kesana & masuk ke dalam ruang mesinnya. keren gan, mantab. serasa tempat setting film transformer. haha
pas dari atas, ngeliat ke lubang tengahnya, dalem banget


Quote:Original Posted By kambingoranye
ane pernah baca kalo dulu buat bikin bendungan ini, satu kampung ditiban ma air
dan sewaktu pengen dibuat beton-beton tulangnya, gak pernah berhasil mulu. sampe-sampe kontraktor asing bingung kenapa

akhirnya ketauan, kalo ternyata ada makhluk gaib yang minta korban, ada satu cewek yang dibius, trus dipakein baju tari2 khas sunda gitu, dijatuhin ke galian dan disemen hidup-hidup, dari situ pembangunan bendungan bisa dimulai

katanya sih gitu


Quote:Original Posted By kambingoranye
biasa kali bro, tempat-tempat berair kayak gitu pasti ada apa2nya

dulu waktu bokap ane tugas kerja di irian, banyak desas desus setiap mau bangun jembatan pasti minta semacam korban, korbannya anak kecil yang disemen hidup2 sebagai tiang pancang jembatan

gan..
Quote:Original Posted By the-goodfather
Wah si TS anak PU ya.. kok bisa dapet foto-foto keren gitu?

bukan gan..lulusan IPB,teknik mesin gan..
Quote:Original Posted By priavespa
gw pernah nginep semalem nih , tidurnya di atas air ditengah danaunya pake rakit..
ospeekkk bangkeeee !!!
untung gw gk nyebur pas tidur..

aja deh ane gan..
Quote:Original Posted By rosdianasari
Deket rumah tuh gan,,,I sayang katanya sekarang umum gak boleh masuk ke areal pembagkitnya, padahal seru tuh ada travo besar yang kalo kita jalan keliling lama, bayangin tuh travo Guedeeeeee bgt.

iya gan.cm bolehnya atas nama organisasi,bwt belajar gan..
Quote:Original Posted By asatrio
wah mantebh nih Gan...
gak nyangka ternyata bikinnya dahsyat juga ya, tp sayang kagak pernah masuk Nat Geo ya.

Ane beberapa kali kesono Gan, nginep di perumahan2 yang dulu dihuni sama orang2 bule yang mbangun tuh Bendungan.
Pagi2 bisa jalan2, udaranya seger... sayang jalannya nanjak, jadi jogging cepet capek hihihi..
Tp tenang, agan2 kalo capek, laper, banyak tempat makan yang ciamik. Ikan jadi andalan hidangan disono. Dan tentu saja sop daging di deket pos masuk, maknyooos Gan...

mantap.. :
Quote:Original Posted By nomEdEuLb
ane pernah kesana gan
view asik, bener2 alami
disana rata2 warga nya berubah jadi pengusaha semua
soalnya mereka buka rumah makan + penginapan
btw, harga ikan disana murah euy

ksana gann..
Quote:Original Posted By nateri
selaku anak sipil ane bertrima kasih pada agan yg udh bwt thread ini
karena thread ni ane bsa ngerjain tgas dan dapat nilai A

gan



Young On TOP : Kenapa Agan Tidak Bahagia?

8 HAL YANG MEMPENGARUHI ANDA DALAM BEKERJA

SILO DIUBAH JADI TEMPAT REKREASI PANJAT TEBING

TUBUH ADALAH IDENTITAS PRIBADI KITA

RESTORAN NUANSA BAJAK LAUT

BENDUNG KATULAMPA, PEMBAWA AIR DARI BOGOR


Quote:Quote: Hamdallah HT #1
Spoiler for HT:
kapan tuh selesai ny gan

MaMpiR JuRaGaNSS
Quote:menghasilkan Rp.1.800.000 di internet dengan modal klik iklan
:maho
Bendungan Jatiluhur itu dimana gan?
wih....si agan calon HT nih....


keren gan.....

tanpa waduk jatiluhur...mungkin ane ga bisa ngaskus.....
tinggal dijaga dan dirawat aja jangan sampe jeboll
Quote:Monumen natural bridges national, utah
itu pembuatannya tahun 64 ya gan? foto lama bener tuh
wah gitu yaa sejarahnyaa


mampir ke blog ane donk gan..! download film gratis..

http://satriadownload9.blogspot.com

bukan jebakan betmen,kl jebakan bata ane deh..! isinya download film gratis..
nih lagi ada promosi film narnia 3 lagi HOTLINK, jdi kl ente2 download sebagai free user, ente dapat layanan kayak premium user, bisa multiple download+speednya kenceng..! tunggu apa lagi coba, masuk ke blog ane..! buatan anak indonesia
Quote:Original Posted By asmi.ananta
Bendungan Jatiluhur itu dimana gan?


Jawa Barat gan,,Tepatnya Purwakarta,, (baca tritnya makanya)
Quote:Original Posted By Nguga12
Pertamax gan
Spoiler for comment:


iya gan..meski jadul tapi tetep mantap sampek skrg..
:
Quote:Original Posted By King.Pertamax
rasakan batanya..


pertamaks junker..
kaga dapet pasang poto gede..
mantaaaaaaaaaaaap

gambar nya detail amad gan

calon HT nih gan
nice inpo gann.. semoga hsl pembangunannya bs bantu masyarakat sekitar
bendungan jatiluhur, sering denger namanya, tapi belum pernah kesana ane gan
btw, lumayan majang di trid caloh HT


nice thread gan
sejarah yang keren ni gan,,,
semoga jadi HT,,, ane bantu rate deh
semoga bendungannya kuat, tahan lama, dan tahan dari segala macam bencana



thanks dah share

ane punya cerita rahasia tentang pembangunan waduk itu gan..kapan waktu ane kupas di sini