KASKUS

emang begitulah hidup gan
sebenernya tidak ada pembagian yang adil di dunia ini
karena kita hanyalah manusia
coba agan pikir jika smua orang menjadi orang yang kaya
tapi tidak ada petani
tapi pembagian hartanya saja yang kurang adil
Selamat pagi indonesia

Selamat pagi kaskuser
duhh miris banget gan , seharusnya pemerintah lebih perhatikan lagi petani di indonesia yah supaya kesejahteraan petani lebih baik lagi
Tengkulak punya andil juga memiskinkan petani .... Sedangkan petani jarang punya akses langsung ke pasar ....
negara kita memang sudah bukan negara agraris... miris sekali memang...



miris emang gan negara kita yg katanya negara agraris dgn tanah subur ternyata tidak cukup subur utk mensejahterakan petani.keuntungan yg didapat yg tidak sama dengan jumlah modal yg dikeluarkan(walaupun masih dikatakan untung ya gan) mgkin hanya cukup bertahan utk bbrpa bulan ato bahkan minggu saja.keuntungan berlipat malah didapatkan oleh tengkulak2 yg kadang seenaknya memainkan harga saat membeli hasil petani.secara harga kebutuhan skrg udh makin mahal.belum utk kebutuhan sekunder yg ingin dipenuhi,alhasil bnyk ptani yg berutang untuk tetap bertahan
tengkulak ya gan?
tp klo pemerintah nya bs ngstabilin harga si sbenernya bs d pecahkan mslh it
Kesian amat Petani-nya gan
Ane gan biar ke sundul
Tau nih tengkulak pada gila ngasih harga..

Pemerintah harus langsung turun tangan
mereka udah kerja keras tapi yang lain dapet untungnya

untungnya dikit bangat ya gan.... capeknya bukan maen tuh nyangkulin sawah.. tapi ga kebayar sama hasilnya
Quote:Original Posted By official4jp
Bismillah..

Spoiler for untuk petani:

Lokasi responden : Cawas, Klaten
Masa Tanam : akhir 2010
Variable yg ane pake cm 5gan yaitu,
1. Luas lahan
2. Bibit
3. Pupuk
4. Pestisida
5. Tenaga kerja
Ttg transportasi n konsumsi blm ni gan..


Kita mulai adja ya..
1. Luas lahan, Satu (1) pathok kn klo 1ha 10.000 mpersegi, di daerah ane satu patok cm 0,22ha gan ato 2200an lah..
Ukuran baku/ kabiasaan daerah ane untuk setiap luas lahan 0,22ha tsb setaun’a kita bias menyewa 1jt rupiah jd kalo 1tahun itu daerah cawas cm 2X panen.. kn kita butuh Rp. 500.000,- (uang pertama yg hrs di keluarkan/ biaya tetap walaupun lahan milik sendiri hrs tetap d perhitungkan gan)

2. Bibit, Setiap 0,22ha tsb biasa’a pake 15kg bibit benih padi yg berkualitas..
Dgn memakai bibit Ciheurang dgn hrga Rp. 7000/kg maka satu pathok kita kluar lg duit Rp. 105.000,-

3. Pupuk, Secara wajar n ga berlebih2an pupuk kita peroleh seharga Rp.210.000,- dgn 125kg. yaitu campuran Urea KCL mess.
Ini di berikan dr persemaian sampai panen secara wajar gan, scor ato pemupukan saat mau panen yg hamper gagal tidak saya masukkan..

4. Pestisida, Di sini ada yg make ada tidak make gan, nah responden ane make duit Rp. 35.000,- buat beli puradam dan apa gt saya lupa nama’a.

5. Tenaga kerja, Di sini agak rumut gan, hrs dari buku ngitung’a..
1pria itu 1hr org kerja pria
1wanita 0,7hr org kerja pria
1anak itu 0,5 pria
Dengan satu hari kerja itu 7jam, catatan kalo pas lagi perawatan cm pagi n siang adja biasanya..
Fantastis kita butuh Rp. 900.000,- dgn perincian per7jam itu kita hargai Rp30.000 dan yg di dapet dari total jam semenjak pembenihan sampai pemanenan yg hasilnya adalah 30HOK (hari orang kerja)

Sampai di sini kira-kira biaya tetap’a uda sedikit ketauan kan..

SAMPAI
Pemanenan tiba, si narasumber dapet Rp. 2.900.000,- dr si penebas krn emang ga d bawa pulang hasil’a.. kalo perkilo harga gabah basah 2400 mgkn cm dapet 1200kg lah..



LALU KITA ITUNG SAMA2
LABA = Hasil Panen – (biaya luas lahan + biaya bibit + biaya pupuk + biaya pestisida + biaya tenaga kerja)
LABA = 2.900.000 – (500.000 + 105.000 + 210.000 + 35.000 + 900.000)
= 2.900.000 – 1.750.000
= 1.150.000


Nah gan, cm skitar Rp. 1.150.000,- keuntungan petani itu KALO PANEN, miris gan soal'a tahun kmrn 2x ga panen..
"ENTEK DI PANGAN WERENG MASSS!", kata beliau..



biaya apa2 skrg mahal.. inilah sedikit gambaran ttg nasib petani yg di kuasai tengkulak..





Ngadek dadi cagak nyonggo piringe anak, Panasmu ngungkuli geni, Kena angin soyo ndadi, Panas udan ra dirasakne


Spoiler for komen2:


bener gan bokap ane jg petani ga jauh beda ma yg dibilang TS, lahan punya orang pula, biarpun masi sodara
miris gan
Wah miris ane bacanya gan, harusnya pemerintah ngebantu petani yang gini nih
keluarga ane juga petani gan
trus mau di gimanain gan....? semua orang dagang pasti yang di cari untung.....
hitung2annya kok rumit banget gan...
ane anak desa gan, rata2 pencaharian penduduk dikampung ane bertani..
tapi hitung2annya gak serumit itu...
mungkin karna di desa ane lahan ma bibitnya punya sendiri kali ya...
susahnya bertani dlm skala kecil, kalo di luar negeri skala besar dan lebih modern hasilnya pasti beda lah
wahh.. keuntungan-nya gak seberapa dibandingkan kerja keras mereka gan..
kasian banget ya gan. Padahal petani butuh tenaga extra gan.
kecil amat gan,kasian mrk
×