Kuliner magelang

Askum Kaskuser smwa....
minta ijin untuk trit ketiga ane yg masih tentang MAGELANG,Lebih fokusnya ke WISATA KULINER MAGELANG
langsung saja ea...

1.Soto ayam 'Pringgading' Semarang, Jl.Pahlawan (Botton) Magelang
rasa ** harga wajar, suasana cukup nyaman, parkir mudah
Spoiler for Soto Ayam Pringgading:

2.Ayam Bakar/ Goreng "Larasati". Menu : Ayam Bakar/ Goreng, Bebek Goreng, Steak. Lokasi : Jl. Yogyakarta Km. 4 Prajenan Mertoyudan Magelang. Harga : Standar. Rasa : **
Spoiler for Ayam Larasati:

3.Bakso Enak Kutoarjo. Lokasi : Jl. Jend. Sudirman No. 33 Rejowinangun Magelang. Harga Rp 8.000,-. Rasa **
Spoiler for Baso Kutoarjo:

4.Juice 'jamaica' jl.kalingga (sablongan) magelang
ngetop banget di kalangan anak muda magelang
Spoiler for Juice Jamaica:

5.Jenthik manis isi pisang
per biji IDR.1500 bisa didapatkan di pasar Tukangan, pusat oleh2 di Magelang atau ibu2 penjual tenongan
Spoiler for Jenthik Manis Isi Pisang:

6.Es pleret roti gula jawa .......
rasa ** harga IDR.2000 bisa dibeli di depot es 'unik' jl.sriwijaya, magelang (bogeman wetan/karet <depan es 'murni'> kiri jalan.
Spoiler for Es Plered:

7.Soto sapi 'mBah Kromo' rasa ** harga wajar (IDR.5000,-) lokasi : Jl.Singosari (Karangkidul) dekat SMP Muhammadiyah, suasana nyaman parkir luas
Spoiler for Soto Mbah Kromo:

8.Nasi pecel lapangan RINDAM IV/DIP (Minggu pagi)
harga IDR.6000,00 rasa * suasana nyantai, parkir luas
Spoiler for Sego Pecel Rin:

9.Warung Bakmi Mbak Yanti. Menu : Nasi/ Bakmi Goreng, Nasi/ Bakmi Godog. Lokasi : Tegal Slerem Pasar Muntilan. Harga terjangkau. Rasa **
Spoiler for Bakmi mBak Yanti:

10.Kerapu Bakar dari R.M Ikan Bakar Jagoan
Jl. Gatot Subroto (depan Drive In Golf), Jagoan
kelas Resto
Spoiler for R.M. Ikan Bakar Jagoan:

11.Bakso (uleg) Lombok Ijo Pak Di
pojok SkyLight Plassa, Jl. Tentara Pelajar Ngesengan, Bayeman
Spoiler for Bakso Uleg Lombok Ijo:

12.Sop Senerek Pisangan. Samping kolam renang Pisangan. Sop Senerek, Brongkos, Pecel, dll. Harga terjangkau, rasa ***
Spoiler for Senerek Pisangan:

13.Bakso Urat PAK LAN, Tuguran
Rasa ***
Spoiler for Baso Urat Pak Lan:

14.Warung makan lombok ijo 'mBok Kucir'
lokasi bersebelahan dengan pasar burung Magelang
Spoiler for mBok Kucir:

15."Waroeng Makan Voor de Tidar", rumah makan yg bernuansa lain dari yg lain, lokasi di Jl.Gatot Subroto Magelang, daftar menu dan harga bisa dilihat di album ini, rasa ** suasana nyaman, tempat parkir memadai
Spoiler for Voor de Tidar:

16.Bakmi Jawa "Whenny" : Cap Cay Goreng/ Rebus, Bakmi Goreng/ Rebus, Nasi Goreng/ Rebus, Snenjong Goreng/ Rebus, Bihun Goreng/ Rebus. Lokasi : Jl. Tidar Ruko Rejotumoto (Shoping Depan Bank BII). Buka jam 18.00. Harga rata2 Rp 9000,-. Rasa ★★★
Spoiler for Bakmi mBak Whenny:

17.gethuk 'Gondok'
lokasi emperan toko tekstil 'Panorama' Jl.Mataram (depan bekas Pasar Rejowinangun yg terbakar) Magelang
Spoiler for Gethuk Gondok:

18.Warung Seafood "Bajak Laut". Lokasi : Sebelum SPBU Ponggol, Muntilan. Harga 10ribuan, rasa ★★★
Spoiler for Seafood Bajak Laut:

19.'Soto Semarang' Jl.Sriwijaya Magelang
rasa *** harga wajar ; suasana nyaman ; parkir mudah
Spoiler for Soto Semarang:

20.sego gurih (dibuat tanpa menggunakan santan) bisa didapatkan di Warung Makan 'AA' jalan Panca Arga (Sekaran) ; rasa *** harga rp.12.000,- per porsi (qmplit / +lauknya)
Spoiler for Sego gurih:

21rumah makan 'ketep pass' ; lokasi di obyek wisata 'ketep pass' (lereng g.merapi) kab.magelang ; menyediakan aneka macam makanan dan minuman al.bakso, bakmi, nasi goreng, pisang goreng keju, kopi/teh, aneka juice, soft drink dsb ; rasa ** ; harga wajar ; suasana sangat nyaman dan bikin betah ; parkir luas
Spoiler for R.M. Ketep Pass:

22.RM 'Es Eny' yg pertama (lokasi di jl.daha / perempatan ngarakan, magelang)
Spoiler for Es Eny:

23.Warung Makan Mbak Sih (Cabang Bu Carik Parakan) : Spesial Brongkos, ada juga pecel, sambel goreng tempe, sambel goreng krecek, babat iso, dsb. Lokasi : Jambon depan pertigaan ke lapangan Kwarasan. ★★★
Spoiler for W.M. mBak Sih:

24.Cafetaria Trio Plaza : bermacam2 jenis masakan jawa (oseng2 tempe, sayur tahu, sayur buncis, sambel terong, dll) dan bermacam2 minuman
Spoiler for Trio Plaza:

25.Sate dan Tongseng Kambing Mbak Ning Bojong Mendut. Rasa lumayan harga standar
Spoiler for Tongseng mBak Ning:

26.martabak manis / telor 'San Francisco' di magelang juga ada loh
lokasi di jl.tentara pelajar (bayeman, depan perguruan 'al iman' magelang
Spoiler for Martabak San Fransisco:

27.yang kepingin sensasi lain, di magelang juga ada loh,SATE JARAN/KUDA
lokasi di jl.daha (dekat perempatan ngarakan) magelang(dekat rumah TS)
Spoiler for Sate Jaran:

28.cafetaria 'Cemara Dua' jl.majapahit (njuritan) magelang ;
cafetaria yg legendaris di kota magelang ; tersedia aneka macam juice, bakmi, bakso, nasi goreng, sop dll. rasa ** harga wajar, suasana cukup nyaman, tempat parkir memadai
Spoiler for Cemdu:

29.SEGO MEGONO (+ gereh layur) dari KOPI KLOTHOK , Krincing, Secang.
Paket Puas Rp.8.500,- , rasa **
Spoiler for Sego Megono:

30.sate kambing (dan tongseng) "meriah" ; emperan (timur) shopping magelang, buka mulai j.05.30 pm : rasa ** ; harga per porsi rp.17.000,- ; suasana cukup nyaman ; parkir mudah
Spoiler for Sate Meriah:

31.warung swikee p.togog, jl.sriwijaya magelang
yg punya penggemar khusus
Spoiler for Swieke Pak Togog:

32.Soto ayam p.Trimo, nJambon Kidul Magelang ; buka mulai jam 06.00 am, rasa ** harga wajar, tempat cukup nyaman, (aksesoris al.tempe goreng, sate ayam / telor puyuh dll),parkir mudah
Spoiler for Soto Pak Trimo:

33.RM ayam goreng Ninit ; Jl.Ikhlas (Magersari) Magelang, special ayam goreng, rasa ** harga wajar, suasana cukup nyaman, parkir agak sulit
Spoiler for Ninit:

34.teras kuliner / bakso kepala sapi
jl.jen.g.soebroto magelang, menyediakan aneka macam bakso, aneka mie juga aneka minuman / juice, ada juga roti kebab ; rasa ** harga wajar, suasana nyaman dan tempat parkir cukup luas
Spoiler for Baso Kepala Sapi:

35.Jenang Jawa
Jl.Tentara Pelajar (depan bekas gedung bioskup Bayeman) ; buka mulai pagi hari
Spoiler for Jenang Jawa:

36.sate / tongseng p.darmo, samban utara, belakang skka pius-x, seberang k.manggis (dahulu buka di dalam pasar rejowinangun sebelum terbakar) buka mulai jam 09.00 am, harga perporsi rp.17.000,- rasa *** suasana cukup nyaman, parkir di seberang kali (mobil)
Spoiler for Tongseng Pak Darmo:

37.sego godog khas magelangan
bisa dipesan di wr.makan mbak yulli jl.p.senopati (depan rs harapan) magelang ; per porsi rp.6000,-
warung makan mBak Yulli, Jl.P.Senopati (depan RS Harapan) Magelang ; tersedia aneka masakan bakmi, nasi goreng, ayam dan sea food, buka mulai jam 17.30 ; harga makanan per porsi mulai Rp.6000,- minuman mulai Rp.2000,- ; rasa **** suasana cukup nyaman, parkir luas
Spoiler for Sego Magelangan:


Update selanjutnya menyusul gan...


Mohon dg sangat kerelaan agan" dan aganwati semua untuk
Dan jgn lupa
Insya Allah jgn sampe kena

Thx buat yg udah
UPDATE : KUPAT TAHU PAK PANGAT (Salah Satu Ikon Magelang n Khas Magelang) --> Wajib dicoba...
Langsung disimak ampe ngiler ea bos...
Nikmatnya Tahu Kupat Pak Pangat \t\t\t
Sebagai hidangan khas Kota Magelang, tahu kupat otomatis menjadi sajian yang mudah ditemukan di Jawa Tengah itu. Hidangan ini ditawarkan mulai dari pedagang keliling, warung, hingga rumah makan. Warung Tahu Kupat Pak Pangat adalah salah satu di antaranya. Tidak usah terlalu ragu untuk menanyakan kelezatannya karena pada waktu makan siang hari, pengunjung selalu datang berjejal mengisi bangku-bangku panjang di ruangan yang berukuran 4 x 8 meter persegi itu.
”Pada hari-hari biasa, kami bisa menjual 200 porsi per hari,” terang Supangat (48), si empunya warung ketika ditemui beberapa waktu lalu.
Pada hari Minggu atau hari libur, penjualan pun bisa mencapai 250 hingga 300 porsi per hari. Bahkan, pada musim libur Lebaran, tahu kupat Pak Pangat ini bisa terjual hingga 800 porsi per hari!
Soal bahan-bahan yang digunakan, Supangat mengatakan bahwa hidangan yang dia sajikan tidak berbeda dengan yang disajikan di warung-warung lain. Kendatipun demikian, setiap penjaja tahu kupat pasti memiliki komposisi racikan bumbu masing-masing.
”Khusus di warung saya, keistimewaannya terletak dari banyaknya kacang tanah yang dipakai,” papar Supangat.
Untuk membumbui satu piring tahu kupat, Supangat biasanya menggunakan satu sendok makan kacang tanah. Di warung-warung lain, menurut dia, takaran ini bisa digunakan untuk tiga hingga empat piring tahu kupat.
Diulek di piring
Namun, tentu saja, racikan bumbu hidangan ini bukanlah semata-mata terdiri dari kacang tanah. Bagi yang belum pernah mencicipi, tahu kupat sebenarnya merupakan hidangan yang memiliki keistimewaan dari paduan bumbu yang diulek langsung di atas piring pelanggan. Kalau di Jakarta, cara menguleknya seperti sajian khas Betawi, ketoprak.
”Dengan diulek di atas piring, maka rasa bahan-bahan yang dipakai akan langsung menempel pada hidangan dan tidak tertinggal di cobek,” tutur Supangat.
Untuk bumbu, bahan utama adalah kacang tanah, kemudian bawang putih, dan cabai. Setelah diulek, bumbu ini ditambahi cairan gula merah yang sudah disiapkan di dalam botol. Kemudian juga ditambahi kecap.
”Agar benar-benar orisinal, kecap ini pun sengaja kami buat sendiri,” ujar Supangat.
Kecap ini sengaja dibikin setiap lima hari sekali. Tidak hanya dari gula merah dan kedelai hitam, adonan kecap ini pun ditambah dengan jeruk pecel. Dalam satu kali produksi, biasanya dibuat sekitar 120 kilogram kecap yang biasanya cukup untuk dipakai memenuhi kebutuhan selama 10 hari.
Setelah adonan bumbu selesai dibuat, baru selanjutnya dimasukkan bahan-bahan pokok, seperti tahu, ketupat, bakwan, dan irisan kubis. Untuk kubis, Supangat pun menerapkan perlakuan khusus. Sayuran itu hanya dicelupkan selama satu menit ke dalam minyak panas beberapa saat sebelum dihidangkan.
”Dengan begitu, kubis pun terbebas dari kuman, tetapi masih tetap segar dan renyah saat dimakan,” jelas Supangat. Tak ketinggalan, di atas tumpukan potongan bahan-bahan itu ditambahkan kerupuk untuk memeriahkan hidangan.
Kendati diolah dari bahan-bahan sederhana, tahu kupat Pak Pangat memang menghadirkan rasa nikmat dan khas. Paduan cita rasa segar, sedikit asam, pedas (sesuai selera) membuat hidangan ini mantap disantap saat siang hari.
Saran pelanggan
Supangat mengaku, resep memadupadankan bahan-bahan ini dia peroleh melalui proses panjang. Kendatipun dia buat sendiri, racikan bumbu itu diakui Supangat berasal dari masukan pelanggan semasa dia masih menjajakan tahu kupat berkeliling.
”Dari masukan para pelanggan inilah saya terus berusaha mengembangkan rasa tahu kupat terus hingga akhirnya ditemukan racikan bumbu seperti yang sekarang ini,” ujar warga asli Kelurahan Jurangombo, Kota Magelang itu.
Usaha berdagang tahu kupat secara berkeliling sudah dia jalani sejak tahun 1985. Setelah berhasil mengumpulkan uang, pada tahun 1997 dia menyewa kios di Jalan P Senopati di Kota Magelang, bersebelahan dengan Rumah Sakit Harapan, dan hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari rumahnya.
Awalnya, menurut Supangat, para pelanggan di warung adalah konsumen lama yang sebelumnya biasa menyantap tahu kupatnya yang dijajakan berkeliling. Dari situ, penggemar tahu kupat Pak Pangat terus berkembang.
”Sekarang saya bahkan sudah memiliki pelanggan tetap dari luar kota, seperti Solo, Temanggung, Yogyakarta, dan Semarang,” ujar Supangat. Para pelanggan luar kota ini biasanya datang setiap akhir pekan.
Animo masyarakat pun terus meningkat. Jika sebelumnya hidangan baru habis terjual pada pukul 21.00, selama tiga tahun terakhir serbuan pelanggan membuat warung tahu kupat Pak Pangat sudah tutup pada sore hari.
Tidak Sembarangan Menaikkan Harga
Kendatipun banyak pesaing, Supangat, pemilik Warung Tahu Kupat Pak Pangat di Magelang, Jawa Tengah, mengaku tidak pernah resah.
Selain tetap menjaga resep andalannya, dia pun terus berusaha mempertahankan minat pelanggan dengan tidak sembarangan menaikkan harga.
”Dengan kenaikan harga bahan-bahan pokok sekarang ini, rasanya tidak pantas kalau saya seenaknya menaikkan harga,” ujar Supangat.
Kendatipun kenaikan harga kedelai memicu kenaikan harga tahu dan kecap juga kenaikan harga BBM menyebabkan biaya dan harga-harga bahan makanan naik, Supangat berusaha untuk tidak sembarangan menaikkan harga tahu kupatnya.
Juga dengan ukuran tahu yang makin diperkecil, dia pun tetap berupaya tidak mengecewakan pelanggan dengan menambah jumlah potongan tahu, sesuai dengan permintaan.
”Saya selalu berusaha membalikkan setiap keadaan ke diri saya sendiri. Kalau ingin diperlakukan baik oleh orang lain, maka saya harus memperlakukan pelanggan dengan baik,” terang Supangat.
Dengan prinsip itu, Supangat pun sama sekali tidak menetapkan takaran yang pas untuk bahan-bahan yang dipakai, kecuali racikan bumbu. Setiap pembeli dipersilakan sesuka hati menetapkan seberapa banyak kubis, kupat, tahu atau bakwan yang akan disantap.
Untuk memberikan layanan terbaik, Supangat pun saat ini sudah berupaya mendirikan warung yang lebih besar, berukuran 9 x 11 meter persegi. Dengan begitu, para pelanggan diharapkan tidak usah makan berdesak- desakan seperti saat menempati warung sekarang.

Pict Kupat Tahu Pak Pangat :
Spoiler for Tahu Pak Pangat:

Spoiler for Tahu Pak Pangat:

Spoiler for Tahu Pak Pangat:

Spoiler for Tahu Pak Pangat:

Spoiler for Tahu Pak Pangat:

Spoiler for Tahu Pak Pangat:



Monggo Dicicipi....dijamin prothol kuncir panejengan menawi dhahar kupat tahu damelanipun pak pangat....
Matur suwun...
kupat tahu sama tongseng kok gak gan..?
adoh gan
ane lagi puasa sunah
liat ginian jadi ngiler :
sabar sabar.... bentar lagi
Belum gan soalna td mo upload tp agi maintenance....
Tar pasti diupdate agi ko....referensi ane masih banyak gan....
Iya tu...kupat tahu yang deket alun-alun...mantap !!
Quote:Original Posted By pee peace
Iya tu...kupat tahu yang deket alun-alun...mantap !!


kalem bos...Kupat Tahu Pojok n Kupat Tahu Pak Pangat segera menyusul...
yang nomor 9 gan, deket rumah ane

masukin tongseng pak kurdi gan, yang di mendut ntu..
pernah masuk acaranya pak bondan tuh...

maknyusss...
es pleretnya kayaknya enak tuh gan

wah ssuk nak pas nng magelang mampir ah..
enak tenan kui.
ntar kalo kenasa, ane cobain gan
kupat tahu mblabak kae yo lumayan enak gan
oleh2he(cemilan) yo akeh gan
- pothel
- wajik week
- gethuk trio
- klepon
- kripik gethuk
- aneka gethuk : gethuk cothot, gethuk lindri, gethuk marem, gethuk mawur(pasar tradisional akeh)
- balok singkong

sebagian di pudat oleh2 ada, sebagian besar di pasar tradisional
Quote:Original Posted By de.lancert
yang nomor 9 gan, deket rumah ane

masukin tongseng pak kurdi gan, yang di mendut ntu..
pernah masuk acaranya pak bondan tuh...

maknyusss...

ditunggu aja bos,tar pasti muncul ko...
Quote:Original Posted By djancoook
kupat tahu mblabak kae yo lumayan enak gan
oleh2he(cemilan) yo akeh gan
- pothel
- wajik week
- gethuk trio
- klepon
- kripik gethuk
- aneka gethuk : gethuk cothot, gethuk lindri, gethuk marem, gethuk mawur(pasar tradisional akeh)
- balok singkong

sebagian di pudat oleh2 ada, sebagian besar di pasar tradisional



slondok ama salak pondoh (daerah ane nih) gan kalao oleh2 mas
Quote:Original Posted By djancoook
kupat tahu mblabak kae yo lumayan enak gan
oleh2he(cemilan) yo akeh gan
- pothel
- wajik week
- gethuk trio
- klepon
- kripik gethuk
- aneka gethuk : gethuk cothot, gethuk lindri, gethuk marem, gethuk mawur(pasar tradisional akeh)
- balok singkong

sebagian di pudat oleh2 ada, sebagian besar di pasar tradisional


mengko mesthi njedhul kabeh kok nang trit iki...seko sing regane Rp 500.- sampai yg puluhan ribu pasti muncul....
aduh gan... asallamu'allaikum kok di singkat
wew jarinmgan eblez...bikin jd dopost mulu
rikues : mi goreng/ godhok pak min njambon mas gan... enak ui...., kupat tahune sing neng mblabak kae.. ndomplenk.. trus karo bakso krikil neng mbadak'an...
dadi kangen magelang